Honda CBR 150 R VS Yamaha V-Ixion!!!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
brarti beda denganku, justru jok standarnya fu terasa nyaman dalam arti gak cepet bikin pant*t pegel dan panas. Kalo dibilang gak nyaman bener juga, karena terlalu tinggi terhadap setang. Sedangkan kalau dipapas, bisa bikin nyaman karena riding position pas, tapi pant*t jadi cepet pegel bin panas.
wah kayaknya bingung dibacanya ya, gw juga bingung nulisnya...
jadi rekomendasinya, kalau pilih kenyamanan, jangan beli motor ini. lebih tepat, ini cenderung motor hobby..
wah kayaknya bingung dibacanya ya, gw juga bingung nulisnya...
jadi rekomendasinya, kalau pilih kenyamanan, jangan beli motor ini. lebih tepat, ini cenderung motor hobby..
semoga selamat sampai duluan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
menurut pengalaman bro tomy_i gimana?tomy_j wrote:Oo, pake sealer toh.<br/>Sealer yg gmana bro?<br/><br/>Gak pernah dgr atau baca F150 rawan overheat deh.<br/><br/><br/><br/><br/><i>.osted via WAP:.</i>
gak pernah ada gejala overheat?
gw juga tertarik ama neh motor, tapi karena berita yg gw dapet soal gampang panas itu, jadinya kepikiran aja..
logikanya bisa diterima sih.. radiator yg rada kecil itu, apa seimbang buat dinginin mesin Satria 150?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
@123stu
bener bro ama yg dibilang bro tomy_j...!
FU gak pernah overheat...!
itu akibat penggunaan oil cooler (bukan menggunakan radiator)...
sebenernya tujuannya sama, untuk mengurangi panas yg terdapat pd mesin motor sehingga temperatur mesin tetap ideal...
tp ada satu lg kelebihan di FU, mesinnya dapat dikatakan lbh cepat melepaskan panas karena bahannya menggunakan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material).
SCEM fungsinya selain mempercepat melepaskan panas, jg dpt memperingan bobot motor...
mangkanya si FU bobotnya cuman 95 kg...
:D
bener bro ama yg dibilang bro tomy_j...!
FU gak pernah overheat...!
itu akibat penggunaan oil cooler (bukan menggunakan radiator)...
sebenernya tujuannya sama, untuk mengurangi panas yg terdapat pd mesin motor sehingga temperatur mesin tetap ideal...

tp ada satu lg kelebihan di FU, mesinnya dapat dikatakan lbh cepat melepaskan panas karena bahannya menggunakan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material).
SCEM fungsinya selain mempercepat melepaskan panas, jg dpt memperingan bobot motor...
mangkanya si FU bobotnya cuman 95 kg...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
wadoohhh...!!tomy_j wrote:Oo, pake sealer toh.<br/>Sealer yg gmana bro?<br/><br/>Gak pernah dgr atau baca F150 rawan overheat deh.<br/><br/><br/><br/><br/><i>.osted via WAP:.</i>
sealer ndak tau bro..?
sama...................... gubrakkkk....

becanda deng...

ada yg sebut sealer itu sebagai silicone sealer, bentuknya mirip odol gigi ato pasta gigi tp agak gedean dikit bentuknya...

biasanya digunakan untuk menutup celah2 kecil yg dpt ditembus air...
selaen buat cop busi, buat knalpot jg boleh...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
gitu ya Bro?riofhaloho wrote:@123stu
bener bro ama yg dibilang bro tomy_j...!
FU gak pernah overheat...!
itu akibat penggunaan oil cooler (bukan menggunakan radiator)...
sebenernya tujuannya sama, untuk mengurangi panas yg terdapat pd mesin motor sehingga temperatur mesin tetap ideal...
tp ada satu lg kelebihan di FU, mesinnya dapat dikatakan lbh cepat melepaskan panas karena bahannya menggunakan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material).
SCEM fungsinya selain mempercepat melepaskan panas, jg dpt memperingan bobot motor...
mangkanya si FU bobotnya cuman 95 kg...:D
wah gw baru tw neh..
emank harus dari orang2 yg pengalaman neh nanyanya. he33x..
sory ya bro.. nanya yg gak2.
karena kbr ini yg paling gw pkrn tentang neh motor.
trus, pake gak tempat water cooler kyk CBR?
nanya lagi y bro... boleh kan?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
^sama bro, gw jg baru tau... 
di FU gak ada tempat khusus spt water cooler bro..!
oil cooler saat bekerja awalnya dengan mengalirkan oli ke oil cooler dgn tujuan dpt mendinginkan oli yg berada didalam mesin sehingga kondisi oli tetap optimal dalam mengurangi gesekan antar tiap2 bagian didalam mesin... CMIIW

di FU gak ada tempat khusus spt water cooler bro..!
oil cooler saat bekerja awalnya dengan mengalirkan oli ke oil cooler dgn tujuan dpt mendinginkan oli yg berada didalam mesin sehingga kondisi oli tetap optimal dalam mengurangi gesekan antar tiap2 bagian didalam mesin... CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
^bener bro...
FU cuman make OIL COOLER bro...
oil cooler awalnya mendinginkan oli..
kemudian oli jg ikut membantu menurunkan suhu mesin motor bro! CMIIW
kl suhu oli bs dibuat dlm suhu optimal brarti oli tidak terlalu lama menyimpan panas mesin kan bro?
nah itu dia... hehehe...
beda ama radiator, air didalam radiator akan langsung mengalir disekitar mesin buat menjaga suhu mesin agar tetap optimal...
selanjutnya diharapkan dpt jg menjaga suhu oli agar tetap optimal saat melapisi mesin CMIIW
FU cuman make OIL COOLER bro...

oil cooler awalnya mendinginkan oli..
kemudian oli jg ikut membantu menurunkan suhu mesin motor bro! CMIIW
kl suhu oli bs dibuat dlm suhu optimal brarti oli tidak terlalu lama menyimpan panas mesin kan bro?
nah itu dia... hehehe...

beda ama radiator, air didalam radiator akan langsung mengalir disekitar mesin buat menjaga suhu mesin agar tetap optimal...
selanjutnya diharapkan dpt jg menjaga suhu oli agar tetap optimal saat melapisi mesin CMIIW

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
Aku blom pernah jajal F150, jd gak bs komen :-D<br/><br/>Tapi aku yakin oil cooler nya dah cukup meredam panas berlebihan.<br/><br/>Sealer nya yg silikon buat lem kaca atau yg buat ngelem paking blok mesin nih? :-D<br/><br/>95 kg lumayan enteng tuh.<br/>Rasio kg/dk nya pasti lebih mantap, 5.9kg/dk.<br/><br/>Kalo rasio kg/dk CBR150 sama V-Ixion brp ya?<br/><br/> <br/><br/><br/><i>.
osted via WAP:.</i>

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
gitu yaaa....riofhaloho wrote:^bener bro...
FU cuman make OIL COOLER bro...
oil cooler awalnya mendinginkan oli..
kemudian oli jg ikut membantu menurunkan suhu mesin motor bro! CMIIW
kl suhu oli bs dibuat dlm suhu optimal brarti oli tidak terlalu lama menyimpan panas mesin kan bro?
nah itu dia... hehehe...
beda ama radiator, air didalam radiator akan langsung mengalir disekitar mesin buat menjaga suhu mesin agar tetap optimal...
selanjutnya diharapkan dpt jg menjaga suhu oli agar tetap optimal saat melapisi mesin CMIIW

belum kebayang di otak bro...
he33x.. maap... kita bukan anak motor..
cuma demen motor..

Oil cooler nya kudu diisi lagi gak?
ditambah kalo dah habis gitu?
ato gimana?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
sama aj bro... gw jg penggemar motor tp cuman sanggup FU doank123stu wrote: gitu yaaa....![]()
belum kebayang di otak bro...
he33x.. maap... kita bukan anak motor..
cuma demen motor..![]()
Oil cooler nya kudu diisi lagi gak?
ditambah kalo dah habis gitu?
ato gimana?

bro, kl oil cooler gak spt radiator lho...!
oil cooler hanya mendinginkan dan jg memanfaatkan oli yg udah ada di mesin...
oli yg ada dimesin disirkulasikan melalui mesin ke oil cooler, kemudian dari oil cooler dialirkan kembali kedalam mesin motor, demikian seterusnya...
jd gak perlu nambah oli lg.. kan cuman manfaatin oli yg ada didalam mesin...
kl radiator beda ama oil cooler bro,
radiator menggunakan air (ato yg khusus disebut water coolant)...
air yg didalam radiator secara periodik harus diganti ato ditambahkan agar tetap cukup untuk bersikulasi disekitar mesin motor...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
gw coba bantu yah bro, kl salah tolong dikoreksi:tomy_j wrote:Aku blom pernah jajal F150, jd gak bs komen :-D<br/><br/>Tapi aku yakin oil cooler nya dah cukup meredam panas berlebihan.<br/><br/>Sealer nya yg silikon buat lem kaca atau yg buat ngelem paking blok mesin nih? :-D<br/><br/>95 kg lumayan enteng tuh.<br/>Rasio kg/dk nya pasti lebih mantap, 5.9kg/dk.<br/><br/>Kalo rasio kg/dk CBR150 sama V-Ixion brp ya?<br/><br/> <br/><br/><br/><i>.osted via WAP:.</i>
Vixion : 14.88 hp / 114 kg = 0.130 hp/kg @ 8,500 rpm
CBR 150 : 21 ps / 115 kg = 0,182 ps/kg
FU : 16 hp / 95 kg = 0,168 hp/kg @ 9,500 rpm
buat yg CBR 150 gw agak ragu kl satuannya make ps, mungkin bs lbh tinggi dr yg hp CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
@123stu
gak perlu di isi ulang spt radiator, tp motor kan hrs rutin ganti oli...
kl masalah oli biasanya cocok2an deh bro...
krn hrs nyesuaian ama suhu lingkungan jg
btw, ampe saat ini FU gw msh cocok ama MOTUL 1500 yg 15/50..
kl dr suzuki, rekomendasinya cuman make oli yg punya suzuki doank... hehehehe...
@novasonic
iya nih bro, jd gak etis jg kl satria doank...
btw, takaran oli udah cukup make yg 1 liter bro
FU vs VIXION, diatas kertas sih bs menang FU...
tp spec diatas kan.. Vixion msh di 8500 RPM bro..
ntar deh kl vixion udah bersiliweran di jalan, hrs dicoba dl head to head..
gak perlu di isi ulang spt radiator, tp motor kan hrs rutin ganti oli...

kl masalah oli biasanya cocok2an deh bro...
krn hrs nyesuaian ama suhu lingkungan jg
btw, ampe saat ini FU gw msh cocok ama MOTUL 1500 yg 15/50..
kl dr suzuki, rekomendasinya cuman make oli yg punya suzuki doank... hehehehe...

@novasonic
iya nih bro, jd gak etis jg kl satria doank...

btw, takaran oli udah cukup make yg 1 liter bro
FU vs VIXION, diatas kertas sih bs menang FU...
tp spec diatas kan.. Vixion msh di 8500 RPM bro..
ntar deh kl vixion udah bersiliweran di jalan, hrs dicoba dl head to head..

Last edited by riofhaloho on Sun May 27, 2007 16:25, edited 1 time in total.