hehe..
ngulik hid smpe ballast jebol 2 kali..


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
oo..ngerti ngerti. bener sih yg pabrik udah diperhitungin. cuma biar lebih awet aja gt.sjamsul wrote: maksud ane disene adalah yg after market, bukan yg bawaan pabrik, krn klo yg bawaan pabrikan biasanya dah diperhitungkan, jadi nampaknya aman2 aja.
Mengenai jangan sering2 main passing itu agak sulit diterapkannya, krn menurut ane passing dilakukan klo ada keperluan, misalkan mau nyalip ato tanda terimakasih klo kita diberi jalan saat macet. Jadi pada saat itulah passing diperlukan. Nah pada keadaan ini si lampu harus siap diperintah ama pengemudinya. Klo saat diperlukan itu lampu, tapi si pengemudinya ragu2 krn takut rusak, maka bisa menimbulkan resiko berbahaya. tul ga?![]()
bener memang udah rancangan pabrik. klo spt harrier camry lama, klo siang, ngedim low nya ikut nyala nah itu tuh. Gw pernah iseng tanya toko, agak ogah ubah settingan itu. kalo kayak ctv atau bmw kan enak, ngedim yg nyala cm high beam aja.poeticmind wrote:actually kuat2 saja hid mati nyala begitu pada waktu high beam... wong sudah dirancang oleh pabrikan kan, soal putus ya namanya juga lampu... bisa putus besok or tahun depan or next 2years... or lebih.
high beam digunakan pada waktu malam kan tidak tiap waktu... pemakaian hid sebenernya sudah cukup terang tanpa high beam. asal, arah posisi sinar hid diatur sesuai dengan kenyamanan saat berkendara, dan (penting) tidak menyilaukan pengendara di depan kita.
saya mencoba hid h4 yg 2-2nya menyala saat highbeam (malam hari), menurut saya hampir tidak ada efeknya, karena sinar dari lampu halogen kalah dengan sinar dari lampu hid.
dan menurut saya, penggunaa hid lebih tepat dengan projector lamp... lebih fokus dan lebih terang. jika masih memakai batok lampu ber-reflektor akan menyebar.
tapi tu orang blom bales ngebeam pake hidnya kan?roadtrain99 wrote: halogen kalah sama hid? wah..belum tentu bro. pernah ada org hid nya silau bgt, gw beam pake h4 100w phillips, tembus, orgnya sampe nyipitin mata gitu ihaihaihaa..
tu org hid low beam nya aja mencar ke atas, apalagi hi beam nya malah nyorot ke langit kali hehehe...hid 100watt belum ada lahh..ngerusak batok lampu...fadhlil wrote: tapi tu orang blom bales ngebeam pake hidnya kan?
100watt halogen tu di lawannya dengan 100watt HID donk bro, biar fair wattnya
gw br tau nih ada yg 140, merk apa? dulu pernah make yg 90/110.satyr wrote:140 watt udah setara HID 4300 K
hid terang sih terang. cuma kalo halogen agak kekuningan dan yg watt besar cahayanya lebih tebal. Gw pernah bandingin yg 5500k dgn yg 90w hampir2 sama. Kalo halogen yg 55/60, pasti terangan hid. Cuma kekurangannya halogen lebih panas. Rally2 sptnya masih byk pk hallogen.satyr wrote:halogen std 100/90 watt tuh high beam paling 2300 lumen, low beam paling 1300 lumens
HID kalo 6000 K itu 2900 lumens
bisa diliat sapa yg menang
klo mo fair lagi HID dikasih 12 volt dung, jangan 20 ribu volt. Tapi apakah HID bisa idup klo cuma dikasih 12 volt aja, DC lagi, sedangkan HID itu arusnye AC, jadi agak susah klo mo dibilang fair. Makanye di HID itu ada alat tambahannya lagi (klo kaga salah namanye ballast) yg gunanye merubah arus 12 volt DC menjadi sekitar 20 ribu Volt AC.fadhlil wrote:tapi tu orang blom bales ngebeam pake hidnya kan?roadtrain99 wrote: halogen kalah sama hid? wah..belum tentu bro. pernah ada org hid nya silau bgt, gw beam pake h4 100w phillips, tembus, orgnya sampe nyipitin mata gitu ihaihaihaa..
100watt halogen tu di lawannya dengan 100watt HID donk bro, biar fair wattnya
walah, teknis amat, stm bgt neh bhsnya hehehe...sjamsul wrote: klo mo fair lagi HID dikasih 12 volt dung, jangan 20 ribu volt. Tapi apakah HID bisa idup klo cuma dikasih 12 volt aja, DC lagi, sedangkan HID itu arusnye AC, jadi agak susah klo mo dibilang fair. Makanye di HID itu ada alat tambahannya lagi (klo kaga salah namanye ballast) yg gunanye merubah arus 12 volt DC menjadi sekitar 20 ribu Volt AC.
masa sih? ... yg gw tau lumens lampunya tetap sama (*merk yg sama/satu merk) hanya beda di kakinya (u/ socket).roadtrain99 wrote: *imo* hid yg h4 kurang terang dibanding H lainnya.
100watt? ada koq bos, tapi gada yang mau beli.. (sumber: mbah google)roadtrain99 wrote:tu org hid low beam nya aja mencar ke atas, apalagi hi beam nya malah nyorot ke langit kali hehehe...hid 100watt belum ada lahh..ngerusak batok lampu...fadhlil wrote: tapi tu orang blom bales ngebeam pake hidnya kan?
100watt halogen tu di lawannya dengan 100watt HID donk bro, biar fair wattnya
bukan soal terangnya bro, sebab tu org ga re-adjust angle nya biar ga menyilaukan org lain. Makanya gw kasih beam, ternyata halogen tembus sampe ke dalam mobil dia, hehehe..
iya yah.. hehe.sjamsul wrote:klo mo fair lagi HID dikasih 12 volt dung, jangan 20 ribu volt. Tapi apakah HID bisa idup klo cuma dikasih 12 volt aja, DC lagi, sedangkan HID itu arusnye AC, jadi agak susah klo mo dibilang fair. Makanye di HID itu ada alat tambahannya lagi (klo kaga salah namanye ballast) yg gunanye merubah arus 12 volt DC menjadi sekitar 20 ribu Volt AC.fadhlil wrote:tapi tu orang blom bales ngebeam pake hidnya kan?roadtrain99 wrote: halogen kalah sama hid? wah..belum tentu bro. pernah ada org hid nya silau bgt, gw beam pake h4 100w phillips, tembus, orgnya sampe nyipitin mata gitu ihaihaihaa..
100watt halogen tu di lawannya dengan 100watt HID donk bro, biar fair wattnya
iya bro, gw jg ga tau knp. yg gw liat begitu. gw cb stock h4 hid di navara, rasanya kurang terang dibanding non h4. pas low beam nya jg ga seterang sebiasanya hid.maxx wrote:masa sih? ... yg gw tau lumens lampunya tetap sama (*merk yg sama/satu merk) hanya beda di kakinya (u/ socket).roadtrain99 wrote: *imo* hid yg h4 kurang terang dibanding H lainnya.
njrit..130/160?!?!?! puanasnya kayak apa tuuuu..bisa rajin2 service batook dehhh...satyr wrote:@roadtrain: ada 90/130, 100/130,100/140, dan 130/160 -> yg ini HID kalah bro... gw pernah pake di taft gw dulu
maksud trit aki masif aktif apa yah?.roadtrain99 wrote:@sjamsul
trit aki masih aktif? udah banyak tuh chargeran aki di ace hrdwr hehehe...
mungkin saat itu lo beamnya lagi putus, jadi dia pake hi beam spy kaga ditilang ama seseorang. Sedikit saran neh, klo nt kesiloan ama kendaraan lain saat berpapasan, nt jangan liatin itu lampu orang tsb, tapi nt liat jalan di sebelah kiri nt buat patokan saat papasan spy kaga terjadi hal2 yg tidak diinginkan.roadtrain99 wrote:
Tadi papasan avanza, halogen std, kyknya dia ga sadar hi beam nya nyala, silo banget.
hella yg di pake rally berapa w ya, ada yg tau? terang buangettt...
betul, tapi untuk mendapatkan hasil yg maksimal diperlukan part yg baik guna mendukung tercapainya lumens maksimum. Misalkan untuk bohlam halogen, diperlukan kabel rly yg baik guna mendapatkan hasil yg maksimum pula n perlu diingat juga klo memilih kabel rly yg baik itu jangan diliat hanya dari penampilan kabelnya saja n harga yg murah, tapi perhatikanlah kabel yg digunakan n harga yg sesuai.maxx wrote:masa sih? ... yg gw tau lumens lampunya tetap sama (*merk yg sama/satu merk) hanya beda di kakinya (u/ socket).roadtrain99 wrote: *imo* hid yg h4 kurang terang dibanding H lainnya.
Dan kata bos sjamsul.. ukuran terang atau tidak nya sebuah lampu (*ga peduil HID ato halogen) >> adalah Lumens, semakin besar Lumens maka semakin terang << betulkan bos Sjam??
klo input ato output bisa diukur dg menggunakan tang amper. Pada bohlam halogen menggunakan tang amper DC, sedangkan Hid pake tang amper AC (outputnye)fadhlil wrote: iya yah.. hehe.
klo ngebandingin input dan outputnya gmana bos?
kemungkinannya adalah yg non h4 itu lbh focus, shg terlihat lbh terang, sedangkan buat yg h4 itu lbh menyebar shg dirasakah kurang terang, padahal keduanya sama2 terang.roadtrain99 wrote:iya bro, gw jg ga tau knp. yg gw liat begitu. gw cb stock h4 hid di navara, rasanya kurang terang dibanding non h4. pas low beam nya jg ga seterang sebiasanya hid.maxx wrote:masa sih? ... yg gw tau lumens lampunya tetap sama (*merk yg sama/satu merk) hanya beda di kakinya (u/ socket).roadtrain99 wrote: *imo* hid yg h4 kurang terang dibanding H lainnya.