Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Jun 01, 2025 15:21
kayukayuthe5th wrote: Sat May 31, 2025 2:44
Suryaputra wrote: Sat May 31, 2025 1:30

sebetulnya mopang ya dr dulu lifecycle produknya relatif lama:
- Buttlift = tiap 3-4 thn sekali
- Ganti model total = 7-8 thn sekali

Kondisi psikologis milih produk:
- Dulu.. we get used to it
- Sekarang.. benchmarknya krn lihat mobcin, keluarin model udh kaya model Handphone, tiap tahun facelift

wkwkwkwkw
masih medning facelift, ganti model dong ahahaha :big_biglaugh:
Beyede banget :big_biglaugh:
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

Pugman wrote: Mon Jun 02, 2025 3:22
b0ku wrote: Sun Jun 01, 2025 21:45
fatmike21 wrote: Sun Jun 01, 2025 15:04
Masa2 suram Honda Spoon :big_biglaugh:

civic babi gemuk, mesin tenaga torsinya gede dari turbo nafasnya pendek , beban di roda depan semua remnnya sama bannya kepanasan itu :mky_07:

itu MARKX asumsi N/A no turbo lag 3,5 nafas panjang mobil emang berat cuma RWD n/a torsi lebih flat beban rem kebagi2x depan belakang rodanya juga :mky_07:

emang FWD itu enak buat ngetrack tapi power sama bobotnya terbatas banget kalo kegemukan sama kegedean power ya susah sendiri :ngacir:

makannya civic FD saya gak suka terlalu GEDE fb suka karena sedikit compact di banding FD eh sejak FK keatas ud males mah cipik karena jd lebar dan panjang :big_dunno:
Saya juga kaget waktu lihat Drift King kelihatan ga bisa enjoy bawa NSX di track. Terus setelah facelift, NSX hampir ga ada kabarnya lagi.
kesalhaan NSX gen 2, didevelop by acura, not honda :big_grin:
b0ku wrote: Mon Jun 02, 2025 10:12
Jenson wrote: Mon Jun 02, 2025 9:38
Coba kita liat pricing tanggal 10 Juni ntar HRV hybrid. Kalo masi ngawur, siap2 aj mereka bangkrut sana sini
mau bagus kek apa juga bakalan fail kok :big_biglaugh:
HRV hybriditu fail EU banyak komplain finishing payah (gwa bingung juga sih hampir semua lini ga 2w ma 4w pada keluhin QC payah di rezim mibe ini :big_chicken: )
MobilNPC wrote: Mon Jun 02, 2025 8:59 Honda kalau mau bangkit sebenernya bisa sih, tinggal balikin brand image mereka yang sperti 2000-2012an saja saat lineup gak neko" & ngebingungin kaya skrg. Mau fun to drive ? jazz/brio , Mau praktis & tebas segala medan ? ada HRV/CRV.

Kalo skrg City HB harga nya udh bukan harga anak muda lagi & body nya udh segede bagong, gimana mau fun to drive, belum lagi WRV yg secara gk langsung makanin market entry levelnya HRV.

entah mau kemana arah HPM ini, sedih ngelihatnya sebagai salah satu honda user & enthusiast.
bukan salah HPM, emang dari pusat atleast on regional ASPAC n Global souths aja aneh (terlepas yang saya uarakan sebelumnya, ternyata PF1 platform dari Thai based ini ternyata ga "murah")

ANYWAY BREAKING NEWS: subaru announced new WRX imprezza , nanti full announcement di japan mobility show 30-31 oktober :big_exellent: :big_exellent:
Image
Last edited by kayukayuthe5th on Mon Jun 02, 2025 12:56, edited 2 times in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:07
kayukayuthe5th wrote: Sat May 31, 2025 9:00 cr-z itu tapi bagus manual hybrid kalo ditelanin bisa jadi mantap. ada yang ngetune misimoto ampe 500hp loh
NSX menurut gwa mestinya di 700hpish manteph kalo 500hpish ma sorry tosay levelnya 570s ama 911 turbo pada jamnnya
Clarity ma FCX itu yang aneh tiba2 diskontinu aja gatau kenapa ? (niatnya kan ini full fledged electrified lineup doi)

ito conceptnya FN2 cman dilanjut FK8 jaman hachigo dan brings back to US.......it works!

Fl5 itu menrutuku yah bodinya kegedean, terlalu maksa interiornya , ama suspensinya lebih lembut dari FK8

yah gataulah makanya di forum sebelah ane bilang kan kalo honda bakal gini2 ae wes sampe ganti CEO (taun depan sih) fetish elektrik ma tech geeks :mky_01:
iya tuh NSX saya juga kaget lah konsep udah se wow itu, V6 + 3 motor, keluar tenaga cuma 500an hp. with so many chances to go wrong karena electric based (dioprek 1000hp motornya overheat mana tau kan) saya as a fan juga bingung dulu sama NSX. gak terlalu gimana2 soal NSX, kalo type R hepi banget.

bingungnya kenapa di FK8 itu kesannya mereka mempertahankan analog sampe bikin 3 knalpot soalnya yang tengah buat resonator. di NSX serba electrified.

ya orang milih R35 yang kuno karena ngopreknya lebih enak juga banyak yang sampe 1500hp juga tuh R35.

FK8 ke FL5 itu udah kayak Golf 7 ke Golf 8. insignificant.

ya FL5 gak seancur GTI 8, tapi tetep aja gendut. 15hp tambahannya nyaris gak guna.
NSX itu masalahnya dibuat di US not japan. yang gen 1 mana dulu yang nyetir ayrton senna legedns pake hugo-boss pake kaos kaki putih ma fantofel berasa boss mafia :mky_03: (yah ayrton bener2 di situ n bantu developments, gahanya model aja)
itu aja hampir dicancel waktu ito karena ga bisa capai target 500hp. untung "diselesein" ama hachigo dan ok aja hasilnya.

NSX itu malesnya sih kata hondata ma ktune itu ECU di motor listik bikin susah. plus tuner saat itu belum bisa tune hybrid kan. *skrg kalo gasalah revuelto twinturbo terakhir hybrid yang udah bisa tune 3000whp ama zr-1.

FK8 mantep walaupun agak ricer dikit hehe. cman kalo pilih FK8 ma FL5 orang pada2 pilih FK8 karena distribusi bobot amahandling enak di FK8. FL5 lebih controlable tapi yah itu makin bongsor pasti efek ke driving dynamics :big_grin:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3214
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by walid_007 »

ekosistem seken hand honda juga gaada support (even sebelom era online) beda banged sama astra grup yg buat mobil88.
makanya harga honda bekas indentik dengan anjlok.
ini diluar bicara kualitas fanatik dll ya.
tp ekosistem itu ngak ada dan itu pemgaruh . hingga sekarang.

padahal belom telat2 banged. coba lihat bmw dgn bmw selection. pelan tapi pasti apalagi dgn tagline beli servis jual. dan its work
sy oengalaman lgsg pake bmw selection (sesi jual) harga plg tinggi dan proses cepat.
perlahan tp pasti lihat penjualan bmw di indonesia udah melampaui mercedes (mercy ada tp kesannya kyk ga konek se indonesia)
engine roaring!
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 586
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Jenson »

walid_007 wrote: Mon Jun 02, 2025 15:03 ekosistem seken hand honda juga gaada support (even sebelom era online) beda banged sama astra grup yg buat mobil88.
makanya harga honda bekas indentik dengan anjlok.
ini diluar bicara kualitas fanatik dll ya.
tp ekosistem itu ngak ada dan itu pemgaruh . hingga sekarang.

padahal belom telat2 banged. coba lihat bmw dgn bmw selection. pelan tapi pasti apalagi dgn tagline beli servis jual. dan its work
sy oengalaman lgsg pake bmw selection (sesi jual) harga plg tinggi dan proses cepat.
perlahan tp pasti lihat penjualan bmw di indonesia udah melampaui mercedes (mercy ada tp kesannya kyk ga konek se indonesia)
Sekarang di bberapa dealer ahond uda mulai ada honda used car selection, salah satunya yg d Prima Autoland Kelapa Gading. Cuman ya gt, harganya cenderung lebih tinggi (agak jauh) dr dealer mobkas lain
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16737
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

walid_007 wrote: Mon Jun 02, 2025 15:03 padahal belom telat2 banged. coba lihat bmw dgn bmw selection. pelan tapi pasti apalagi dgn tagline beli servis jual. dan its work
sy oengalaman lgsg pake bmw selection (sesi jual) harga plg tinggi dan proses cepat.
perlahan tp pasti lihat penjualan bmw di indonesia udah melampaui mercedes (mercy ada tp kesannya kyk ga konek se indonesia)
premium selection brandingnya bagus tuh, bisa beli BMW bekas rasa mobil baru. proper banget emang. yang mau BMW masih demen tipe lama tapi gak mau random cari unit di luaran krn harus repot restorasi interior dll.

honda bisa lah revitalisasi aja unit yang <10 tahun. HRV lama atau Jazz lama banyak yang cari, jual agak up harga pasar tapi kasih garansi unit sehat dan free servis.

lawannya di market murah murah tapi kondisi random ancur bunyi klutuk klutuk dibiarin, kilometer puteran :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
brzkr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Jun 26, 2023 6:10
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by brzkr »

ChZ wrote: Tue Jun 03, 2025 3:45
premium selection brandingnya bagus tuh, bisa beli BMW bekas rasa mobil baru. proper banget emang. yang mau BMW masih demen tipe lama tapi gak mau random cari unit di luaran krn harus repot restorasi interior dll.

honda bisa lah revitalisasi aja unit yang <10 tahun. HRV lama atau Jazz lama banyak yang cari, jual agak up harga pasar tapi kasih garansi unit sehat dan free servis.

lawannya di market murah murah tapi kondisi random ancur bunyi klutuk klutuk dibiarin, kilometer puteran :mky_07:
Setau saya beberapa dealer honda dah bisa om, ini dari webnya honda https://www.honda-indonesia.com/promoti ... asnya/MTAx
AML-CFT
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1372
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Penikmat_Kopi »

makin mahal kali
sparepart mahal kali
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3290
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Salvanost »

HRV Hybrid mana bisa nyelamatin honda...
Penjualan hybrid di Indonesia kurang...
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 823
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by pradit_d »

Ini dari ngobrol2ama tmn2 sekitar yg bukan petrolhead, pada males sih beli mobil2 baru sekarang (bukan hanya me4ek honda) karena ngerasa beli mobil baru sekarang kayak dipaksa buat beli kendaraan yang rasa beli barang elektronik yg umur pakainya pendek n banyak gimmick aja. Pandangan mereka itu buat efisiensi biaya n memenuhi regulasi konsumsi bahan bakar n emisi. Makanya mereka pada tetep pakai mobil2 mereka yg keluaran 2017-2018. Lagian klo mau mobil yg menurut mereka tangguh kayak mobil saat ini ya pilihannya masih mobil yg sama kayak mobil yg mereka pakai, belum berubah kok modelnya, jadi ngapain ganti. Ane jg sepaham dengan mereka. Mungkin ini jg yg bikin klo ada pabrikan yg keluarin mobil2 bukan trim level bawah dengan mesin ice tanpa hybrid, bahkan masih kasih opsi transmisi manual bakal dapet atensi tinggi, misal macam nissan 400z cukup rame waktu itu, tapi sayangnya bukan mobil sehari2 kyk suv atau sejenisnya
:big_peace:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by darrelund »

kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 02, 2025 12:42
bukan salah HPM, emang dari pusat atleast on regional ASPAC n Global souths aja aneh (terlepas yang saya uarakan sebelumnya, ternyata PF1 platform dari Thai based ini ternyata ga "murah")
idem, ini tebakan oe dari kemaren

yg betingkah bukan HPM, dia org cuma "manut" aja

problemnya di regional honda, soalna klo lihat 1 ASEAN mahal semua dan bentuknya seragam semua

toyota kyknya lebih "pinter" soal ngurusin regional, contoh kyk di malon dapat harrier, disini ada rav4 ama prius dll. tiap pasar masih bisa adjust tipis" utk konsumennya. headunit aja bisa beda"
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by marama »

Tadi siang saya habis servis di bengkel resmi H yang cukup besar di tangerang selatan, sambil nunggu saya iseng2 main ke showroomnya kebetulan ketemu sales dl saya ambil unit disana. Infonya memang bener penjualan paling drop di mei kmrn, bahkan saya ditawari HRV SE diskonnya cukup gede (ktnya mau facelift bulan2 ini HRV), dan beberapa tipe trim2 nanggung di dealer tsb stoknya kosong mungkin dealer takut gambling juga ya
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

darrelund wrote: Tue Jun 03, 2025 7:38
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 02, 2025 12:42
bukan salah HPM, emang dari pusat atleast on regional ASPAC n Global souths aja aneh (terlepas yang saya uarakan sebelumnya, ternyata PF1 platform dari Thai based ini ternyata ga "murah")
idem, ini tebakan oe dari kemaren

yg betingkah bukan HPM, dia org cuma "manut" aja

problemnya di regional honda, soalna klo lihat 1 ASEAN mahal semua dan bentuknya seragam semua

toyota kyknya lebih "pinter" soal ngurusin regional, contoh kyk di malon dapat harrier, disini ada rav4 ama prius dll. tiap pasar masih bisa adjust tipis" utk konsumennya. headunit aja bisa beda"
betul karena toyota itu selalu care ama kebutuhan "regional",RnDnya juga banyak sg,my,id,thai honda ini cman ada di thai doang itupun menurut gwa sorry to say ga sip.
honda ini asli jelek banget RnD plus QC nya pada ngeluh rattling even on EUKUS.

gwa juga waktu WR-V awal juga launching udah agak :takut: terutama liat steering placements & seating postiion. dan iya ini di grup WR-V pada komplain pemakian 2-3 tahun pada pegel2 karena krg ergonomis :upss: (malesnya kalo di RnD thailand test drivernya pada pendek2 biasanya :big_bored: )

paleng gasuka mibe itu. saat ngomongin global south cman motor doang, itupun kalo saat profti kaia 2 tahun ini. harusnya kedepan sih global south (kalo itungan CEO 5 years cycle , taun depan doi ganti yah) masuk dalam tahap RnD, its okay kalo pusat dah gamau dev. ICE let the rest regional doing it so. :big_grin: :big_grin:
dan PF1 (city, wrv, brv and rumored upcoming brio).......gagal
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

brzkr wrote: Tue Jun 03, 2025 4:40
ChZ wrote: Tue Jun 03, 2025 3:45
premium selection brandingnya bagus tuh, bisa beli BMW bekas rasa mobil baru. proper banget emang. yang mau BMW masih demen tipe lama tapi gak mau random cari unit di luaran krn harus repot restorasi interior dll.

honda bisa lah revitalisasi aja unit yang <10 tahun. HRV lama atau Jazz lama banyak yang cari, jual agak up harga pasar tapi kasih garansi unit sehat dan free servis.

lawannya di market murah murah tapi kondisi random ancur bunyi klutuk klutuk dibiarin, kilometer puteran :mky_07:
Setau saya beberapa dealer honda dah bisa om, ini dari webnya honda https://www.honda-indonesia.com/promoti ... asnya/MTAx
yah masih countdwon :big_slap:
marama wrote: Tue Jun 03, 2025 8:25 Tadi siang saya habis servis di bengkel resmi H yang cukup besar di tangerang selatan, sambil nunggu saya iseng2 main ke showroomnya kebetulan ketemu sales dl saya ambil unit disana. Infonya memang bener penjualan paling drop di mei kmrn, bahkan saya ditawari HRV SE diskonnya cukup gede (ktnya mau facelift bulan2 ini HRV), dan beberapa tipe trim2 nanggung di dealer tsb stoknya kosong mungkin dealer takut gambling juga ya
faceliftnya super minor cek aja di jepun cman nambah andro ama carplay plus wireless charger and ganti bumper......depan plus masukin hybrid
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 810
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by pcx »

Turboman wrote: Thu May 29, 2025 7:26 sejarah terulang

The Death of Samurai : Robohnya Sony, Panasonic, Sharp, Toshiba dan Sanyo


Hari-hari ini, langit diatas kota Tokyo terasa begitu kelabu. Ada kegetiran yang mencekam dibalik gedung-gedung raksasa yang menjulang disana. Industri elektronika mereka yang begitu digdaya 20 tahun silam, pelan-pelan memasuki lorong kegelapan yang terasa begitu perih.

Bulan lalu, Sony diikuti Panasonic dan Sharp mengumumkan angka kerugian trilyunan rupiah. Harga-harga saham mereka roboh berkeping-keping. Sanyo bahkan harus rela menjual dirinya lantaran sudah hampir kolaps. Sharp berencana menutup divisi AC dan TV Aquos-nya. Sony dan Panasonic akan mem-PHK ribuan karyawan mereka. Dan Toshiba? Sebentar lagi divisi notebook-nya mungkin akan bangkrut (setelah produk televisi mereka juga mati).

Adakah ini pertanda salam sayonara harus dikumandangkan? Mengapa kegagalan demi kegagalan terus menghujam industri elektronika raksasa Jepang itu? Di Senin pagi ini, kita akan coba menelisiknya.

Serbuan Samsung dan LG itu mungkin terasa begitu telak. Di mata orang Jepang, kedua produk Korea itu tampak seperti predator yang telah meremuk-redamkan mereka di mana-mana. Di sisi lain, produk-produk elektronika dari China dan produk domestik dengan harga yang amat murah juga terus menggerus pasar produk Jepang. Lalu, dalam kategori digital gadgets, Apple telah membuat Sony tampak seperti robot yang bodoh dan tolol.

What went wrong? Kenapa perusahaan-perusahaan top Jepang itu jadi seperti pecundang? Ada tiga faktor penyebab fundamental yang bisa kita petik sebagai pelajaran.

Faktor 1 : Harmony Culture Error. Dalam era digital seperti saat ini, kecepatan adalah kunci. Speed in decision making. Speed in product development. Speed in product launch. Dan persis di titik vital ini, perusahaan Jepang termehek-mehek lantaran budaya mereka yang mengangungkan harmoni dan konsensus.

Datanglah ke perusahaan Jepang, dan Anda pasti akan melihat kultur kerja yang sangat mementingkan konsensus. Top manajemen Jepang bisa rapat berminggu-minggu sekedar untuk menemukan konsensus mengenai produk apa yang akan diluncurkan. Dan begitu rapat mereka selesai, Samsung atau LG sudah keluar dengan produk baru, dan para senior manajer Jepang itu hanya bisa melongo.

Budaya yang mementingkan konsensus membuat perusahaan-perusahaan Jepang lamban mengambil keputusan (dan dalam era digital ini artinya tragedi).

Budaya yang menjaga harmoni juga membuat ide-ide kreatif yang radikal nyaris tidak pernah bisa mekar. Sebab mereka keburu mati : dijadikan tumbal demi menjaga “keindahan budaya harmoni”. Ouch.


https://strategimanajemen.net/2012/09/0 ... dan-sanyo/
Couldn't agree more Um@Turbo

The Death of Samurai chapter 2

Padahal waktu itu sektor otomotif Jepun masih aman ternyata sekarang juga mulai megap2 dihajar otomaker Tiongkok

Nissan....H tegak ...who is next ? :e-think:

:drinking:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

pcx wrote: Tue Jun 03, 2025 10:23
Turboman wrote: Thu May 29, 2025 7:26 sejarah terulang

The Death of Samurai : Robohnya Sony, Panasonic, Sharp, Toshiba dan Sanyo


Hari-hari ini, langit diatas kota Tokyo terasa begitu kelabu. Ada kegetiran yang mencekam dibalik gedung-gedung raksasa yang menjulang disana. Industri elektronika mereka yang begitu digdaya 20 tahun silam, pelan-pelan memasuki lorong kegelapan yang terasa begitu perih.

Bulan lalu, Sony diikuti Panasonic dan Sharp mengumumkan angka kerugian trilyunan rupiah. Harga-harga saham mereka roboh berkeping-keping. Sanyo bahkan harus rela menjual dirinya lantaran sudah hampir kolaps. Sharp berencana menutup divisi AC dan TV Aquos-nya. Sony dan Panasonic akan mem-PHK ribuan karyawan mereka. Dan Toshiba? Sebentar lagi divisi notebook-nya mungkin akan bangkrut (setelah produk televisi mereka juga mati).

Adakah ini pertanda salam sayonara harus dikumandangkan? Mengapa kegagalan demi kegagalan terus menghujam industri elektronika raksasa Jepang itu? Di Senin pagi ini, kita akan coba menelisiknya.

Serbuan Samsung dan LG itu mungkin terasa begitu telak. Di mata orang Jepang, kedua produk Korea itu tampak seperti predator yang telah meremuk-redamkan mereka di mana-mana. Di sisi lain, produk-produk elektronika dari China dan produk domestik dengan harga yang amat murah juga terus menggerus pasar produk Jepang. Lalu, dalam kategori digital gadgets, Apple telah membuat Sony tampak seperti robot yang bodoh dan tolol.

What went wrong? Kenapa perusahaan-perusahaan top Jepang itu jadi seperti pecundang? Ada tiga faktor penyebab fundamental yang bisa kita petik sebagai pelajaran.

Faktor 1 : Harmony Culture Error. Dalam era digital seperti saat ini, kecepatan adalah kunci. Speed in decision making. Speed in product development. Speed in product launch. Dan persis di titik vital ini, perusahaan Jepang termehek-mehek lantaran budaya mereka yang mengangungkan harmoni dan konsensus.

Datanglah ke perusahaan Jepang, dan Anda pasti akan melihat kultur kerja yang sangat mementingkan konsensus. Top manajemen Jepang bisa rapat berminggu-minggu sekedar untuk menemukan konsensus mengenai produk apa yang akan diluncurkan. Dan begitu rapat mereka selesai, Samsung atau LG sudah keluar dengan produk baru, dan para senior manajer Jepang itu hanya bisa melongo.

Budaya yang mementingkan konsensus membuat perusahaan-perusahaan Jepang lamban mengambil keputusan (dan dalam era digital ini artinya tragedi).

Budaya yang menjaga harmoni juga membuat ide-ide kreatif yang radikal nyaris tidak pernah bisa mekar. Sebab mereka keburu mati : dijadikan tumbal demi menjaga “keindahan budaya harmoni”. Ouch.


https://strategimanajemen.net/2012/09/0 ... dan-sanyo/
Couldn't agree more Um@Turbo

The Death of Samurai chapter 2

Padahal waktu itu sektor otomotif Jepun masih aman ternyata sekarang juga mulai megap2 dihajar otomaker Tiongkok

Nissan....H tegak ...who is next ? :e-think:

:drinking:
kalo gwa sebenernya declines of japan itu abenomics......ngejual patent keren macem dark factory (yang skrg dipake cina buat manufactur) , semicon dsb. *in sake of sociopolitical issue sorry but no ssory buat abe-fans
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16737
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

pradit_d wrote: Tue Jun 03, 2025 7:15 Ini dari ngobrol2ama tmn2 sekitar yg bukan petrolhead, pada males sih beli mobil2 baru sekarang (bukan hanya me4ek honda) karena ngerasa beli mobil baru sekarang kayak dipaksa buat beli kendaraan yang rasa beli barang elektronik yg umur pakainya pendek n banyak gimmick aja. Pandangan mereka itu buat efisiensi biaya n memenuhi regulasi konsumsi bahan bakar n emisi. Makanya mereka pada tetep pakai mobil2 mereka yg keluaran 2017-2018. Lagian klo mau mobil yg menurut mereka tangguh kayak mobil saat ini ya pilihannya masih mobil yg sama kayak mobil yg mereka pakai, belum berubah kok modelnya, jadi ngapain ganti. Ane jg sepaham dengan mereka. Mungkin ini jg yg bikin klo ada pabrikan yg keluarin mobil2 bukan trim level bawah dengan mesin ice tanpa hybrid, bahkan masih kasih opsi transmisi manual bakal dapet atensi tinggi, misal macam nissan 400z cukup rame waktu itu, tapi sayangnya bukan mobil sehari2 kyk suv atau sejenisnya
me as a petrolhead menghadapi dilema yang sama om.

i like certain new cars. new CRV itu buat saya mobil enak sekali setupnya. tapi kalo harus inget

depresiasi CRV lama saya, harus nambah gopek lagi buat beli new. mau beli yang hybrid pun penghematannya gak akan nutup sampe kapanpun.

belum trend industry yang sekarang berubah-berubah, not too long ago semua bilangnya EV, sekarang pada balik kucing ke hybrid, china pun balik ngembangin hybrid. nanti who knows ternyata gak lama hydrogen udah jadi massal? iya fans EV china sekarang boleh bilang gak mungkin, dulu tapi waktu jepang meragukan china, kan ternyata mungkin toh?

industry shift ini yang bikin uncertainty juga oom. gimana dengan jangka panjang, ketersediaan spare parts, jaringan bengkel? mungkin ngga ini jangan2 cuma FOMO sejenak.

makanya ide saya dari kemaren2 selalu saya tulis : hapuskan PPnBM. itu udah paling make sense. kalo menperin dan presiden peduli dengan keberlanjutan industri otomotif +62 dan mau halt dumpingnya mobil tiongkok. kalo perlu insentif buat barang CKD supaya itu stok cepet habis dan pabrik beroperasi meminimalisir gelombang PHK.

berdarah-darah dulu gpp lah, saya tau pakpres mau genjot MBG, langkah bersih-bersihnya saya apresiasi, tapi yuk bisalah selametin dulu itu pabrikan2 yang berdarah-darah. itung-itung balikin trust investor luar supaya mau investment di sini.

inget loh hyundai, wuling, juga berdarah karena udah kadung ikut regulasi sebelumnya. jadi ngga jepang doang ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 367
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Ibet »

saya baca - baca

lha april lalu honda buka dealer baru di lombok
https://lombokpost.jawapos.com/ekonomi- ... tim?page=1

ternyata yg di bandung tutup juga di kota bandung udah ada 2 dealer lain
surabaya juga sama, ada 2 dealer lain

biasa lah itu nutup dealer, 1 kota radius 15 - 30 km ngapain sampe 3 dealer rebutan konsumen
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 976
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by zonepublic »

ChZ wrote: Wed Jun 04, 2025 3:35

me as a petrolhead menghadapi dilema yang sama om.

i like certain new cars. new CRV itu buat saya mobil enak sekali setupnya. tapi kalo harus inget

depresiasi CRV lama saya, harus nambah gopek lagi buat beli new. mau beli yang hybrid pun penghematannya gak akan nutup sampe kapanpun.

belum trend industry yang sekarang berubah-berubah, not too long ago semua bilangnya EV, sekarang pada balik kucing ke hybrid, china pun balik ngembangin hybrid. nanti who knows ternyata gak lama hydrogen udah jadi massal? iya fans EV china sekarang boleh bilang gak mungkin, dulu tapi waktu jepang meragukan china, kan ternyata mungkin toh?

industry shift ini yang bikin uncertainty juga oom. gimana dengan jangka panjang, ketersediaan spare parts, jaringan bengkel? mungkin ngga ini jangan2 cuma FOMO sejenak.

makanya ide saya dari kemaren2 selalu saya tulis : hapuskan PPnBM. itu udah paling make sense. kalo menperin dan presiden peduli dengan keberlanjutan industri otomotif +62 dan mau halt dumpingnya mobil tiongkok. kalo perlu insentif buat barang CKD supaya itu stok cepet habis dan pabrik beroperasi meminimalisir gelombang PHK.

berdarah-darah dulu gpp lah, saya tau pakpres mau genjot MBG, langkah bersih-bersihnya saya apresiasi, tapi yuk bisalah selametin dulu itu pabrikan2 yang berdarah-darah. itung-itung balikin trust investor luar supaya mau investment di sini.

inget loh hyundai, wuling, juga berdarah karena udah kadung ikut regulasi sebelumnya. jadi ngga jepang doang ini.
Ppnbm dihilangkan itu mustahil,saya yakin pemerintah lebih berani biarin atpm mundur daripada hilangkan ppnbm,kenapa?
1 sumber pemasukan negara yang signifikan
2 atpm juga butuh sustainability price harga mobil bekasnya terjaga tidak terlalu anjlok karena berhubungan dengan brand image,makannya macam merk T land cruiser,kijang,corolla,model2 lama makin baru makin mahal harganya
Dulu aja waktu covid ada pembebasan ppnbm harga mobil tidak berkurang signifikan juga
3 traffic control supaya volume kendaraan di jalan tidak meledak tiba2
Jadi sebenernya pemerintah ga sepenuhnya salah,atpm juga keterlaluan juga maennya
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Mz175 »

Ibet wrote: Wed Jun 04, 2025 3:48 saya baca - baca

lha april lalu honda buka dealer baru di lombok
https://lombokpost.jawapos.com/ekonomi- ... tim?page=1

ternyata yg di bandung tutup juga di kota bandung udah ada 2 dealer lain
surabaya juga sama, ada 2 dealer lain

biasa lah itu nutup dealer, 1 kota radius 15 - 30 km ngapain sampe 3 dealer rebutan konsumen
Ini terjadi di bandar lampung. Di pusat kota ada 1x. Di pinggiran kota ada 1x. Trus ada lagi di daerah lampung selatan 1x, tapi dekat juga dengan pinggiran bandar lampung. Kyk antar dealer honda ini diadu. Meskipun katanya penjualan nggak boleh langgar batas wilayah, tapi kenyataannya ya gitu deh, saling melanggar