pradit_d wrote: Tue Jun 03, 2025 7:15
Ini dari ngobrol2ama tmn2 sekitar yg bukan petrolhead, pada males sih beli mobil2 baru sekarang (bukan hanya me4ek honda) karena ngerasa beli mobil baru sekarang kayak dipaksa buat beli kendaraan yang rasa beli barang elektronik yg umur pakainya pendek n banyak gimmick aja. Pandangan mereka itu buat efisiensi biaya n memenuhi regulasi konsumsi bahan bakar n emisi. Makanya mereka pada tetep pakai mobil2 mereka yg keluaran 2017-2018. Lagian klo mau mobil yg menurut mereka tangguh kayak mobil saat ini ya pilihannya masih mobil yg sama kayak mobil yg mereka pakai, belum berubah kok modelnya, jadi ngapain ganti. Ane jg sepaham dengan mereka. Mungkin ini jg yg bikin klo ada pabrikan yg keluarin mobil2 bukan trim level bawah dengan mesin ice tanpa hybrid, bahkan masih kasih opsi transmisi manual bakal dapet atensi tinggi, misal macam nissan 400z cukup rame waktu itu, tapi sayangnya bukan mobil sehari2 kyk suv atau sejenisnya
me as a petrolhead menghadapi dilema yang sama om.
i like certain new cars. new CRV itu buat saya mobil enak sekali setupnya. tapi kalo harus inget
depresiasi CRV lama saya, harus nambah gopek lagi buat beli new. mau beli yang hybrid pun penghematannya gak akan nutup sampe kapanpun.
belum trend industry yang sekarang berubah-berubah, not too long ago semua bilangnya EV, sekarang pada balik kucing ke hybrid, china pun balik ngembangin hybrid. nanti who knows ternyata gak lama hydrogen udah jadi massal? iya fans EV china sekarang boleh bilang gak mungkin, dulu tapi waktu jepang meragukan china, kan ternyata mungkin toh?
industry shift ini yang bikin uncertainty juga oom. gimana dengan jangka panjang, ketersediaan spare parts, jaringan bengkel? mungkin ngga ini jangan2 cuma FOMO sejenak.
makanya ide saya dari kemaren2 selalu saya tulis : hapuskan PPnBM. itu udah paling make sense. kalo menperin dan presiden peduli dengan keberlanjutan industri otomotif +62 dan mau halt dumpingnya mobil tiongkok. kalo perlu insentif buat barang CKD supaya itu stok cepet habis dan pabrik beroperasi meminimalisir gelombang PHK.
berdarah-darah dulu gpp lah, saya tau pakpres mau genjot MBG, langkah bersih-bersihnya saya apresiasi, tapi yuk bisalah selametin dulu itu pabrikan2 yang berdarah-darah. itung-itung balikin trust investor luar supaya mau investment di sini.
inget loh hyundai, wuling, juga berdarah karena udah kadung ikut regulasi sebelumnya. jadi ngga jepang doang ini.