BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Andhyka »

b0ku wrote: Thu Feb 29, 2024 11:01 ev 2023 all time high tapi mereka produksi terlalu banyak dan jd stock mati yang laku ya cuma tesla, ini yang saya omong dari dulu terusin aja sampe tinggi banget jualannya ntar suatu hari bakalan jatoh nyungsep karena makin banyak pakai makin banyak tau kekurangannya dan mereka bakalan keabisan konsumen yang fomo ya sekarang ud mulai deh :big_bored:

lagian di awal kemunculan mobil ev itu ud sempet merajai market :big_biglaugh:
Untuk mobil EV, Jarak tempuh efektif itu cuma 300-350 km, sehingga radius perjalanan yg bisa dijangkau 150 km terus balik lagi 150 km.

EV stagnan di Amrik karena memang kurang cocok untuk kondisi di sana dimana ukuran kota sangat luas dan jarak antar kota sangat jauh. Sebagai contoh ini panjang kota LA dari ujung ke ujung:
Screenshot 2024-03-02 052853.jpg


Kita bandingkan dengan kota Surabaya:
Screenshot 2024-03-02 053127.jpg


Misal kota Surabaya dilebarkan 100 km maka diameternya sampai Stadium Kanjuruhan di Kepanjen.
Screenshot 2024-03-02 053241.jpg


Otomatis akan sangat merepotkan punya mobil EV di Amrik karena jarak tempuhnya yg terbatas. Mau keliling dalam kota yg lebar kotanya 100 km ya cepat habis juga. Mau ke luar kota juga kesusahan mesti cari charger sana sini karena perlu nyetrum 2-3x untuk mencapai 1 tujuan.

Beda dengan mobil ICE dengan kapasitas tanki 70 liter dan fc 14 km/l bisa menempuh jarak 1.000 km untuk 1 tangki penuh. Mobil EV dgn klaim 400 km biasanya cuma dapet 300-350 km (sisa baterai tidak disarankan <15%).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4267
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Andhyka wrote: Fri Mar 01, 2024 23:00
Untuk mobil EV, Jarak tempuh efektif itu cuma 300-350 km, sehingga radius perjalanan yg bisa dijangkau 150 km terus balik lagi 150 km.

EV stagnan di Amrik karena memang kurang cocok untuk kondisi di sana dimana ukuran kota sangat luas dan jarak antar kota sangat jauh. Sebagai contoh ini panjang kota LA dari ujung ke ujung:

Screenshot 2024-03-02 052853.jpg



Kita bandingkan dengan kota Surabaya:

Screenshot 2024-03-02 053127.jpg



Misal kota Surabaya dilebarkan 100 km maka diameternya sampai Stadium Kanjuruhan di Kepanjen.

Screenshot 2024-03-02 053241.jpg



Otomatis akan sangat merepotkan punya mobil EV di Amrik karena jarak tempuhnya yg terbatas. Mau keliling dalam kota yg lebar kotanya 100 km ya cepat habis juga. Mau ke luar kota juga kesusahan mesti cari charger sana sini karena perlu nyetrum 2-3x untuk mencapai 1 tujuan.

Beda dengan mobil ICE dengan kapasitas tanki 70 liter dan fc 14 km/l bisa menempuh jarak 1.000 km untuk 1 tangki penuh. Mobil EV dgn klaim 400 km biasanya cuma dapet 300-350 km (sisa baterai tidak disarankan <15%).
soalnya orang sana banyakan tinggal di suburb kerjanya di kota kayak adek saya malah kerja di antah berantah ud kesana cuma belajar kerja duit pas pasan suruh pake EV mana sanggup ya ud di belilah accord bobrok matic 2000usd dia pake deh pergi kerja ac aja gak fungsi yang penting gelinding kalo EV mana bisa kek gini :big_bored:

sebenernya itu mobil2x bobrok aka saya bilang [cencored] banyak dikit pengaruh ke ekonomi justru gara2x mobil bobrok itu orang2x susah jadi punya mobil dan mereka bisa pakai buat transport usaha kecil2x annya, disini aja banyak warteg pake carry butut :mky_03:

ya ntar kalo semua EV mana ada lagi orang2x kek gini wong batrenya jebol ud game over buat mereka jgnkan batre motor listrik kena aja mereka ud gak bakalan sanggup ganti harganya gila :big_bored:

dan adek saya sekarang di ausie pun dia kerja di sydney kerja naek kereta dia juga punya outlander dia beli bekas pas dia beli itu mobil sih kmnya ud gila banget sekitaran 200rban saya aja puyeng denger odonya cuma sampe sekarang awet tuh masih dia pake ud 5thn ada kali dia bilang kalo ganti juga ntar beli bekas aja kalo ev mana bisa kayak gini :mky_03:

dengan model ekonomi gini benefitnya ke firsthand owner harga mobilnya kuat jd mereka jd mereka bisa nambah lebih dikit buat mobil barunya yang pemakai bekasnya dapet benefit mobil harga lebih murah tapi masih aman di pakai lama contoh aja tuh modelan kek soluna harga 50jt masih bisa buat keliling tanpa pusing parts murah meriah :big_biglaugh:

model ekonomi EV ud harga nyungsep karena pasti sejelek2xnya mereka prefer unit baru karena lebih bagus lebih canggih pastinya semurah2xnya tuh EV karena lebih aman :big_bored:

dan pemerintah harusnya ud pada tau bakalan kek gini makanya liat aja nih another undang2x banci
EU Seeks Rule To Ban Repairs On Cars Older Than 15 Years
https://www.technocracy.news/eu-seeks-r ... LCgPyjbVew



katanya superior tapi sama mobil tua aja takut :mky_07: :wkkk:

susah lah kalo ud inferior tapi maksa orang pake akhirnya jadi bences deh.......... :ngacir:
Druid
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jan 14, 2023 16:31

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Druid »

Bisa jadi ev terlaris yabg antri yg spk dan td. Oweh sendiri spk dolphin buat replace sirion tua. Cukuplah buat sehari harinanti mo masang solar panel juga dirumah 7000 kwh. Setuju ev lebih buat light and public transport bukan utk sport n touring jauh2. About batere liat katanya bisa 2500 cycles dikali 400 km bisa 1 jt km. Semoga awetlah 20 tahun amin
:big_exellent:
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

Veyron wrote: Fri Mar 01, 2024 10:23
Achien wrote: Thu Feb 29, 2024 5:44 untuk Jakarta chinese EV bakalan laris, dengan segala keterbatasan nya,
dikarenakan ada plus point :
-bebas ganjil genap
-pajak murah
-tidak kena progresif
-fitur berlimpah
-pulang rumah tinggal colok listrik, tidak perlu antri2 saat isi bensin


Semoga nanti mobil jepang bisa mengeluarkan lineup PHEV nya dengan harga yang kompetitif juga,
sehingga konsumen indonesia bisa punya banyak pilhan.
Nah, hal2 di atas yang buat orang beli EV kalo di Jakarta. Cuma pemakaian ya sebatas jabodetabek, paling jauh mgkn ke bandung. Kalau buat longtrip ke semarang, surabaya dll, paling aman pakai ICE. Isi BBM penuh, sampe surabaya masih sisa 1/3 tangki. Nggak perlu mikirin nge-charge lama. Bisa gaspol terus :big_grin:
Memang biasanya yang beli EV, kebanyakan pasti punya mobil ICE di rumahnya.
EV sebatas hanya pemakaian dalam kota dan sekitarnya.

untuk BYD Masih sebenarnya ada beberapa hal yang belum bisa dijawab oleh sales maupun tim socmed mereka,
dalam hal ini BYD di Indonesia, seperti:
-Jaminan jika terbakar saat charging itu siapa yang bertanggung jawab
-Towing / emergency recharge saat kehabisan baterai di jalan
-Plat sementara sembari menunggu plat asli, dikarenakan plat CBU pasti nya lebih lama dibanding yang CKD

Launchingnya masif dan besar tetapi banyak hal teknis yang seperti di atas belum ada informasi.

Setuju, sebagian besar EV buyers itu bukan mobil pertama mereka.
Ya mudah2an nanti brand Jepang bisa masuk dengan PHEV, yang juga bisa menjadi jawaban atas kekurang siapan China EV (range anxiety, kesiapan pelayanan aftersales, dll),
tentu nya brand Jepang juga harus all out, jangan pelit2 kasih fitur dan produk yang bagus.

Tambahan sedikit:


Kalo saya tidak salah ingatan nya , reviewer indonesia tidak ada yang bahas satupun mengenai reduce power ,
Bukan saat low battery, tapi di bawah 70 sepertinya sudah reduce, walaupun bukan yang sampai lemot.

Oh ya ada opini di internet, bahwa saat macet parah, EV lebih tahan lama durasi nya, apakah ini berlaku buat semua EV tanpa memandang mesin / jenis mobil / jenis baterai ? atau apakah ini hanya propaganda belaka?
Last edited by Achien on Sat Mar 02, 2024 1:46, edited 2 times in total.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Bibieight »

Andhyka wrote: Fri Mar 01, 2024 23:00 Untuk mobil EV, Jarak tempuh efektif itu cuma 300-350 km, sehingga radius perjalanan yg bisa dijangkau 150 km terus balik lagi 150 km.

EV stagnan di Amrik karena memang kurang cocok untuk kondisi di sana dimana ukuran kota sangat luas dan jarak antar kota sangat jauh. Sebagai contoh ini panjang kota LA dari ujung ke ujung:

Screenshot 2024-03-02 052853.jpg



Kita bandingkan dengan kota Surabaya:

Screenshot 2024-03-02 053127.jpg



Misal kota Surabaya dilebarkan 100 km maka diameternya sampai Stadium Kanjuruhan di Kepanjen.

Screenshot 2024-03-02 053241.jpg



Otomatis akan sangat merepotkan punya mobil EV di Amrik karena jarak tempuhnya yg terbatas. Mau keliling dalam kota yg lebar kotanya 100 km ya cepat habis juga. Mau ke luar kota juga kesusahan mesti cari charger sana sini karena perlu nyetrum 2-3x untuk mencapai 1 tujuan.

Beda dengan mobil ICE dengan kapasitas tanki 70 liter dan fc 14 km/l bisa menempuh jarak 1.000 km untuk 1 tangki penuh. Mobil EV dgn klaim 400 km biasanya cuma dapet 300-350 km (sisa baterai tidak disarankan <15%).
Tapi sebenernya setelah pakai 2 tahun, Jawa itu 100% cocok buat full EV lho. Terutama buat EV yg WLTP range > 400 km. Bolak-balik bawa Ioniq 5 ke Surabaya, nyetir patuh kecepatan tol + tidak nyruduk bahu jalan, cukup 1x charge di Semarang. Ke Bali berarti max 3x charge, Semarang, Surabaya, Probolinggo/Banyuwangi. Dalkot ndak usah ditanya, rsnge segitu 3 hari sekali baru charge jg bisa, dipake narik taxi yg BYD e6 full charge+sekali dua opprtunity charge bisa.

Ketersediaan charger 3-4 tahun lagi kayaknya aman, jd kalo mau selektif ya mulai dari Jawa dulu. Insentif di Jawa digedein (diskon stroom, gage seluruh ibu kota propinsi, mall&wajib sedia charger). Ters kuota BBM subsidi di Jawa dikecilin, motor jg aman, merek bejibun harga lebih murah dr Honda, mau beli Honda ya risiko mahal ditanggung ndiri.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4267
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 1:49
Andhyka wrote: Fri Mar 01, 2024 23:00 Untuk mobil EV, Jarak tempuh efektif itu cuma 300-350 km, sehingga radius perjalanan yg bisa dijangkau 150 km terus balik lagi 150 km.

EV stagnan di Amrik karena memang kurang cocok untuk kondisi di sana dimana ukuran kota sangat luas dan jarak antar kota sangat jauh. Sebagai contoh ini panjang kota LA dari ujung ke ujung:

Screenshot 2024-03-02 052853.jpg



Kita bandingkan dengan kota Surabaya:

Screenshot 2024-03-02 053127.jpg



Misal kota Surabaya dilebarkan 100 km maka diameternya sampai Stadium Kanjuruhan di Kepanjen.

Screenshot 2024-03-02 053241.jpg



Otomatis akan sangat merepotkan punya mobil EV di Amrik karena jarak tempuhnya yg terbatas. Mau keliling dalam kota yg lebar kotanya 100 km ya cepat habis juga. Mau ke luar kota juga kesusahan mesti cari charger sana sini karena perlu nyetrum 2-3x untuk mencapai 1 tujuan.

Beda dengan mobil ICE dengan kapasitas tanki 70 liter dan fc 14 km/l bisa menempuh jarak 1.000 km untuk 1 tangki penuh. Mobil EV dgn klaim 400 km biasanya cuma dapet 300-350 km (sisa baterai tidak disarankan <15%).
Tapi sebenernya setelah pakai 2 tahun, Jawa itu 100% cocok buat full EV lho. Terutama buat EV yg WLTP range > 400 km. Bolak-balik bawa Ioniq 5 ke Surabaya, nyetir patuh kecepatan tol + tidak nyruduk bahu jalan, cukup 1x charge di Semarang. Ke Bali berarti max 3x charge, Semarang, Surabaya, Probolinggo/Banyuwangi. Dalkot ndak usah ditanya, rsnge segitu 3 hari sekali baru charge jg bisa, dipake narik taxi yg BYD e6 full charge+sekali dua opprtunity charge bisa.

Ketersediaan charger 3-4 tahun lagi kayaknya aman, jd kalo mau selektif ya mulai dari Jawa dulu. Insentif di Jawa digedein (diskon stroom, gage seluruh ibu kota propinsi, mall&wajib sedia charger). Ters kuota BBM subsidi di Jawa dikecilin, motor jg aman, merek bejibun harga lebih murah dr Honda, mau beli Honda ya risiko mahal ditanggung ndiri.
100% ev?? mudik aja hobbynya odol gak yang gede gak yang kecil :big_biglaugh:

s&knya pasti bejibun kek garansi batre :wkkk:
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 1:49
nyetir patuh kecepatan tol
buat kaum serayamotor penyiksaan diri ini :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3472
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 1:49
Andhyka wrote: Fri Mar 01, 2024 23:00 Untuk mobil EV, Jarak tempuh efektif itu cuma 300-350 km, sehingga radius perjalanan yg bisa dijangkau 150 km terus balik lagi 150 km.

EV stagnan di Amrik karena memang kurang cocok untuk kondisi di sana dimana ukuran kota sangat luas dan jarak antar kota sangat jauh. Sebagai contoh ini panjang kota LA dari ujung ke ujung:

Screenshot 2024-03-02 052853.jpg



Kita bandingkan dengan kota Surabaya:

Screenshot 2024-03-02 053127.jpg



Misal kota Surabaya dilebarkan 100 km maka diameternya sampai Stadium Kanjuruhan di Kepanjen.

Screenshot 2024-03-02 053241.jpg



Otomatis akan sangat merepotkan punya mobil EV di Amrik karena jarak tempuhnya yg terbatas. Mau keliling dalam kota yg lebar kotanya 100 km ya cepat habis juga. Mau ke luar kota juga kesusahan mesti cari charger sana sini karena perlu nyetrum 2-3x untuk mencapai 1 tujuan.

Beda dengan mobil ICE dengan kapasitas tanki 70 liter dan fc 14 km/l bisa menempuh jarak 1.000 km untuk 1 tangki penuh. Mobil EV dgn klaim 400 km biasanya cuma dapet 300-350 km (sisa baterai tidak disarankan <15%).
Tapi sebenernya setelah pakai 2 tahun, Jawa itu 100% cocok buat full EV lho. Terutama buat EV yg WLTP range > 400 km. Bolak-balik bawa Ioniq 5 ke Surabaya, nyetir patuh kecepatan tol + tidak nyruduk bahu jalan, cukup 1x charge di Semarang. Ke Bali berarti max 3x charge, Semarang, Surabaya, Probolinggo/Banyuwangi. Dalkot ndak usah ditanya, rsnge segitu 3 hari sekali baru charge jg bisa, dipake narik taxi yg BYD e6 full charge+sekali dua opprtunity charge bisa.

Ketersediaan charger 3-4 tahun lagi kayaknya aman, jd kalo mau selektif ya mulai dari Jawa dulu. Insentif di Jawa digedein (diskon stroom, gage seluruh ibu kota propinsi, mall&wajib sedia charger). Ters kuota BBM subsidi di Jawa dikecilin, motor jg aman, merek bejibun harga lebih murah dr Honda, mau beli Honda ya risiko mahal ditanggung ndiri.
Mau nanya om kalo in real world katakan lah lg ke luar kota itu waktu chargenya biasanya brp lama om di spklu? Kalo ga salah biasa kan fast charging sampe batere 80% doang kan ya? Misalkan ngisi dari 20%an ke 80% gitu apakah lebih dari 1 jam? (Nyatanya ya om bukan diatas kertas biasa brosur2 mobil :mky_01: )
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

Tambahan informasi yang baru saya tonton dari youtube di malaysia sbb:

BYD EV hanya bisa menerima single phase AC charging.
Sedangkan provider charging AC, ada yang menyediakan three phase AC Charging.

Sebagai contoh:
3phase 11kW AC Charging station dengan 16A
maka akan masuk ke BYD dengan rate chargingnya di sekitar 3,5kW

maka untuk 3phase AC charging supaya maximal di 7kW harus menggunakan 32A, yang ada di charging 22kW AC 3phase.

untuk instalasi di rumah sudah pasti 7kW single phase AC.

cmiiw
Last edited by Achien on Sat Mar 02, 2024 4:16, edited 2 times in total.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1674
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Fri Mar 01, 2024 22:47
saya amaze liat video speedonya 68-64% dalam 30detik 4% kalo di itung2x 100-0% dalam 12 menitan bisa record tuh :mky_03:


masa cuma setara type R kalah pula katanya 0-100 3.8 det mustinya setara GTR donk mana lebih mahal dari type r lagi masih kencengan type r yang cuma 5.4 det :big_bored:

ud lah seruan ini lagian padahal lebih lemot :mky_03:



soalnya keliatan tuh hyundai di tikungan waktunya abis buat benerin setir terus dia recovery pas lurus :big_biglaugh:
batere berat um :big_biglaugh:

muter nurburg di gaspol tanpa overheat itu ud sebuah achievement buat EV, tesla aja kepanasan mulu :big_biglaugh:

sampe energy density batere nyaingin bensin sih masih jauh :big_biglaugh:

batere masih mentok 500wh/kg, bensin 12000wh/kg :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15679
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

linschneider wrote: Sat Mar 02, 2024 2:18
Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 1:49
nyetir patuh kecepatan tol
buat kaum serayamotor penyiksaan diri ini :big_biglaugh:
buat 80% lebih rakyat indonesa juga siksa diri itumah om apalagi yg ekonomi kelas menengah atas baru mampu beli mobil turbodiesel atau sese besar.

ya liat aja yang di toll emang ada yg bener bener 100% patuh, tuh trio leder diesel aja ngas polll mulu kl ketemu blom pernah sekali ketemu yg sopan. blom lmpv nekat nekat ma pikup sayur. blm suv monocoque >2000cc atau 1.5turbo jg pada ngas polllll.

blm pas musim mudik. tambah load banyak makin nyiksa.

blm drama antri charging spklu kalo mudik :upss:

kl nyuruh orang patuh kecepatan tol yg maksimal 100 kph, keknya orang jerman dan itali gak bakal relate jg sih sama sama hobby ngas polll. :upss:

ane patuh kecepatan toll kalo bawa espander, elsegese, ma nissin kicks. malah bukan cuma patuh ane sopan di kiri. mo nyalip nyalipan gak mampu. perna pengalaman bawa kicks sosoan nantang 2GD ya bablas.... 2GD nya yang bablas lewatin maksudnya di atas 120 bye bye langsung. :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

barusan cek kolong byd seal awd di pameran, jaraknya ngepas dgn panjang hp oe samsung s22 standard pake casing (146+ mm), kondisi depan full penumpang. kayanya bener postingan user kmrn 12 cm itu titik terendah mobil di plastik bemper depan, bukan di baterai.

pamerannya kesan rame tp isinya pegawai be ce ah semua. kelihatan dr seragam, nasabah dikit. dr yg dtg, stan byd dikerumunin terus, tapi overall sepi buat hr pertama. nongki makan ama temen yg lg jaga, dpt info br 1 spk dr semua kenalan dy yg tembus setelah berjam2.



















... yaitu nik 2024 kijang innova manual diesel. :ngacir:
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

ChZ wrote: Sat Mar 02, 2024 6:02
linschneider wrote: Sat Mar 02, 2024 2:18
Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 1:49
nyetir patuh kecepatan tol
buat kaum serayamotor penyiksaan diri ini :big_biglaugh:
buat 80% lebih rakyat indonesa juga siksa diri itumah om apalagi yg ekonomi kelas menengah atas baru mampu beli mobil turbodiesel atau sese besar.

ya liat aja yang di toll emang ada yg bener bener 100% patuh, tuh trio leder diesel aja ngas polll mulu kl ketemu blom pernah sekali ketemu yg sopan. blom lmpv nekat nekat ma pikup sayur. blm suv monocoque >2000cc atau 1.5turbo jg pada ngas polllll.

blm pas musim mudik. tambah load banyak makin nyiksa.

blm drama antri charging spklu kalo mudik :upss:

kl nyuruh orang patuh kecepatan tol yg maksimal 100 kph, keknya orang jerman dan itali gak bakal relate jg sih sama sama hobby ngas polll. :upss:

ane patuh kecepatan toll kalo bawa espander, elsegese, ma nissin kicks. malah bukan cuma patuh ane sopan di kiri. mo nyalip nyalipan gak mampu. perna pengalaman bawa kicks sosoan nantang 2GD ya bablas.... 2GD nya yang bablas lewatin maksudnya di atas 120 bye bye langsung. :upss:
hahah ngga 80% la om, mayoritas masih cruising 80-120 di lajur tengah, seenggaknya di jatimbahn ya, jurusan banyuwangi rute oe nguli dan bagi oe relatip sepi. klo tol satelit ato dalkot mau 120 aja ga bisa konstan krn padat. arah pandaan malang pun mgkn sama apalagi pas musim macet, salah satunya ntar cingbing ini. oe klo bawa bini ma buntut di tengah jg spido jarang pentok kanan.

btw tyt uda ada yg bawa sepupunya seal di otoban



dan tak perlu ditanya lagi, komplennya "..180 doang?.." :big_biglaugh:
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by faizzz »

b0ku wrote: Fri Mar 01, 2024 23:27
soalnya orang sana banyakan tinggal di suburb kerjanya di kota kayak adek saya malah kerja di antah berantah ud kesana cuma belajar kerja duit pas pasan suruh pake EV mana sanggup ya ud di belilah accord bobrok matic 2000usd dia pake deh pergi kerja ac aja gak fungsi yang penting gelinding kalo EV mana bisa kek gini :big_bored:

sebenernya itu mobil2x bobrok aka saya bilang [cencored] banyak dikit pengaruh ke ekonomi justru gara2x mobil bobrok itu orang2x susah jadi punya mobil dan mereka bisa pakai buat transport usaha kecil2x annya, disini aja banyak warteg pake carry butut :mky_03:

ya ntar kalo semua EV mana ada lagi orang2x kek gini wong batrenya jebol ud game over buat mereka jgnkan batre motor listrik kena aja mereka ud gak bakalan sanggup ganti harganya gila :big_bored:

dan adek saya sekarang di ausie pun dia kerja di sydney kerja naek kereta dia juga punya outlander dia beli bekas pas dia beli itu mobil sih kmnya ud gila banget sekitaran 200rban saya aja puyeng denger odonya cuma sampe sekarang awet tuh masih dia pake ud 5thn ada kali dia bilang kalo ganti juga ntar beli bekas aja kalo ev mana bisa kayak gini :mky_03:

dengan model ekonomi gini benefitnya ke firsthand owner harga mobilnya kuat jd mereka jd mereka bisa nambah lebih dikit buat mobil barunya yang pemakai bekasnya dapet benefit mobil harga lebih murah tapi masih aman di pakai lama contoh aja tuh modelan kek soluna harga 50jt masih bisa buat keliling tanpa pusing parts murah meriah :big_biglaugh:

model ekonomi EV ud harga nyungsep karena pasti sejelek2xnya mereka prefer unit baru karena lebih bagus lebih canggih pastinya semurah2xnya tuh EV karena lebih aman :big_bored:

dan pemerintah harusnya ud pada tau bakalan kek gini makanya liat aja nih another undang2x banci
EU Seeks Rule To Ban Repairs On Cars Older Than 15 Years
https://www.technocracy.news/eu-seeks-r ... LCgPyjbVew



katanya superior tapi sama mobil tua aja takut :mky_07: :wkkk:

susah lah kalo ud inferior tapi maksa orang pake akhirnya jadi bences deh.......... :ngacir:
Engga usah kuatir Om, di sini sih aman, pejabat sama polusi... I mean politisi kita masih banyak yang punya kepentingan di batu bara dan minyak, mobil ICE bakal bertahan lama. Mobil favorit mereka juga (Fotruner, Pajero, Land Cruiser, Alphard, dll) masih ICE :mky_03:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Bibieight »

kendibocor wrote: Sat Mar 02, 2024 3:18 Mau nanya om kalo in real world katakan lah lg ke luar kota itu waktu chargenya biasanya brp lama om di spklu? Kalo ga salah biasa kan fast charging sampe batere 80% doang kan ya? Misalkan ngisi dari 20%an ke 80% gitu apakah lebih dari 1 jam? (Nyatanya ya om bukan diatas kertas biasa brosur2 mobil :mky_01: )
Pendeknya : pengalaman pake Ioniq 5 LR itu 70 kW usable (2 kW-nya buffer buat Aging batere), 20% ke 80% itu 60% = 42 kW, di UFC 200 kW saya rata2 20an menit, di FC 60 kW 40an menit, di 50 kW 50 menit ampir sejam, semua rata2 kondisi batere panas (32-33C) karena udah dipake jalan 300-400 km ya, jadi Ioniq 5 itu brosurnya jujur :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Detailnya : urusan kecepatan charging di SPKLU itu ada 3 faktor, 2 teknis, 1 kultur. Buat teknis itu ada di mesin SPKLU-nya sama mobilnya sendiri.

SPKLU : di Jawa, 100% SPKLU masih PLN atau Hyundai. Ada 3 jenis, yg paling tua itu SPKLU 50 kW, adanya di 207-208 sama di Saradan (lupa km berapa), terus SPKLU 60 kW, adanya di kantor2 PLN kelas A di ibukota propinsi. Terakhir mesin 200 kW peninggalan KTT G20, ini di rest area tipe A dah banyak. Paling bolot itu 50 kW, kalo ada 2 mobil ya per mobil cuma dapet 25 kW. Sweet spot buat saya di 60 kW, batere ndak panas2 banget, waktu cukup buat istirahat. 200 kW banyak yg cuma teori, sendirian mentok 150 kW, berdua rata2 dapet lah 80an kW per mobil, tapi katanya yg 309 itu sering bisa mentok 200 kW sih….

Mobil : nah ini yg orang sering overlook, Ioniq itu arsitektur 800V, amper kecil, taruh digenjot 200kW, max amper di 250A, makanya dia bisa max di 300 kW meskipun ndak bisa lama2. Pengalaman pake 200kW, start 100 kW cuman bentar, lansung gas pol 150 kW, suhu batere di 47C baru charge rate dethrottle ke 100kW, sampe batere turun ke 43C-44C. Nah, ini yg perlu dipastikan di merek2 Tiongkok, itu arsitektur kan cuma 400V, kalo dia klaim bisa 20 menit itung2an ampernya naik sampe seberapa, soalnya tambah gede amper tambah panas kan….

Nah kultur ini yg gelap, sejauh ini si early adopter sopan2 semua yg main fast DC, ketemu 50kW udah ada yg lagi cas cek dulu, kalo dah 70% tunggu colok, yg lagi colok ya sopan, dah 80% ndak dipentokin 100%, lsg pindah. Kalo yg colokan CCS2 cuma satu, dah 80% kalo ada yg antri pindah. Nah ini, new crop EV harga 400-500 juta kelakuannya gimana masih gelap…. :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by faizzz »

Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 8:48
kendibocor wrote: Sat Mar 02, 2024 3:18 Mau nanya om kalo in real world katakan lah lg ke luar kota itu waktu chargenya biasanya brp lama om di spklu? Kalo ga salah biasa kan fast charging sampe batere 80% doang kan ya? Misalkan ngisi dari 20%an ke 80% gitu apakah lebih dari 1 jam? (Nyatanya ya om bukan diatas kertas biasa brosur2 mobil :mky_01: )
Pendeknya : pengalaman pake Ioniq 5 LR itu 70 kW usable (2 kW-nya buffer buat Aging batere), 20% ke 80% itu 60% = 42 kW, di UFC 200 kW saya rata2 20an menit, di FC 60 kW 40an menit, di 50 kW 50 menit ampir sejam, semua rata2 kondisi batere panas (32-33C) karena udah dipake jalan 300-400 km ya, jadi Ioniq 5 itu brosurnya jujur :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Detailnya : urusan kecepatan charging di SPKLU itu ada 3 faktor, 2 teknis, 1 kultur. Buat teknis itu ada di mesin SPKLU-nya sama mobilnya sendiri.

SPKLU : di Jawa, 100% SPKLU masih PLN atau Hyundai. Ada 3 jenis, yg paling tua itu SPKLU 50 kW, adanya di 207-208 sama di Saradan (lupa km berapa), terus SPKLU 60 kW, adanya di kantor2 PLN kelas A di ibukota propinsi. Terakhir mesin 200 kW peninggalan KTT G20, ini di rest area tipe A dah banyak. Paling bolot itu 50 kW, kalo ada 2 mobil ya per mobil cuma dapet 25 kW. Sweet spot buat saya di 60 kW, batere ndak panas2 banget, waktu cukup buat istirahat. 200 kW banyak yg cuma teori, sendirian mentok 150 kW, berdua rata2 dapet lah 80an kW per mobil, tapi katanya yg 309 itu sering bisa mentok 200 kW sih….

Mobil : nah ini yg orang sering overlook, Ioniq itu arsitektur 800V, amper kecil, taruh digenjot 200kW, max amper di 250A, makanya dia bisa max di 300 kW meskipun ndak bisa lama2. Pengalaman pake 200kW, start 100 kW cuman bentar, lansung gas pol 150 kW, suhu batere di 47C baru charge rate dethrottle ke 100kW, sampe batere turun ke 43C-44C. Nah, ini yg perlu dipastikan di merek2 Tiongkok, itu arsitektur kan cuma 400V, kalo dia klaim bisa 20 menit itung2an ampernya naik sampe seberapa, soalnya tambah gede amper tambah panas kan….

Nah kultur ini yg gelap, sejauh ini si early adopter sopan2 semua yg main fast DC, ketemu 50kW udah ada yg lagi cas cek dulu, kalo dah 70% tunggu colok, yg lagi colok ya sopan, dah 80% ndak dipentokin 100%, lsg pindah. Kalo yg colokan CCS2 cuma satu, dah 80% kalo ada yg antri pindah. Nah ini, new crop EV harga 400-500 juta kelakuannya gimana masih gelap…. :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Thanks for the insight Om, informasi yang bermanfaat buat yang pengen nyobain EV
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9837
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 8:48
kendibocor wrote: Sat Mar 02, 2024 3:18 Mau nanya om kalo in real world katakan lah lg ke luar kota itu waktu chargenya biasanya brp lama om di spklu? Kalo ga salah biasa kan fast charging sampe batere 80% doang kan ya? Misalkan ngisi dari 20%an ke 80% gitu apakah lebih dari 1 jam? (Nyatanya ya om bukan diatas kertas biasa brosur2 mobil :mky_01: )
Pendeknya : pengalaman pake Ioniq 5 LR itu 70 kW usable (2 kW-nya buffer buat Aging batere), 20% ke 80% itu 60% = 42 kW, di UFC 200 kW saya rata2 20an menit, di FC 60 kW 40an menit, di 50 kW 50 menit ampir sejam, semua rata2 kondisi batere panas (32-33C) karena udah dipake jalan 300-400 km ya, jadi Ioniq 5 itu brosurnya jujur :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Detailnya : urusan kecepatan charging di SPKLU itu ada 3 faktor, 2 teknis, 1 kultur. Buat teknis itu ada di mesin SPKLU-nya sama mobilnya sendiri.

SPKLU : di Jawa, 100% SPKLU masih PLN atau Hyundai. Ada 3 jenis, yg paling tua itu SPKLU 50 kW, adanya di 207-208 sama di Saradan (lupa km berapa), terus SPKLU 60 kW, adanya di kantor2 PLN kelas A di ibukota propinsi. Terakhir mesin 200 kW peninggalan KTT G20, ini di rest area tipe A dah banyak. Paling bolot itu 50 kW, kalo ada 2 mobil ya per mobil cuma dapet 25 kW. Sweet spot buat saya di 60 kW, batere ndak panas2 banget, waktu cukup buat istirahat. 200 kW banyak yg cuma teori, sendirian mentok 150 kW, berdua rata2 dapet lah 80an kW per mobil, tapi katanya yg 309 itu sering bisa mentok 200 kW sih….

Mobil : nah ini yg orang sering overlook, Ioniq itu arsitektur 800V, amper kecil, taruh digenjot 200kW, max amper di 250A, makanya dia bisa max di 300 kW meskipun ndak bisa lama2. Pengalaman pake 200kW, start 100 kW cuman bentar, lansung gas pol 150 kW, suhu batere di 47C baru charge rate dethrottle ke 100kW, sampe batere turun ke 43C-44C. Nah, ini yg perlu dipastikan di merek2 Tiongkok, itu arsitektur kan cuma 400V, kalo dia klaim bisa 20 menit itung2an ampernya naik sampe seberapa, soalnya tambah gede amper tambah panas kan….

Nah kultur ini yg gelap, sejauh ini si early adopter sopan2 semua yg main fast DC, ketemu 50kW udah ada yg lagi cas cek dulu, kalo dah 70% tunggu colok, yg lagi colok ya sopan, dah 80% ndak dipentokin 100%, lsg pindah. Kalo yg colokan CCS2 cuma satu, dah 80% kalo ada yg antri pindah. Nah ini, new crop EV harga 400-500 juta kelakuannya gimana masih gelap…. :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Nice experience mbah.
Klo compare ke ICE, road trip trans jawa bahn overall asik mana? Consider experience vs anxiety factor nya

To be concrete versus F30 nya mbah bibie :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 9:37
Nice experience mbah.
Klo compare ke ICE, road trip trans jawa bahn overall asik mana? Consider experience vs anxiety factor nya

To be concrete versus F30 nya mbah bibie :mky_02:
Range anxiety pasti ada lah, pertama kali bawa Ioniq ke Surabaya saya ngecas 4 kali , sekali di 208, abis gitu di Jatingaleh, ketiga di rest area madiun, udah gitu keluar Waru belok ke PLN Ketintang cas lagi :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Kalo sekarang sih dah berani cuma sekali cas di 379, tapi harus 100% ya disitu, soalnya pas ditengah2 antara Jakarta-Surabaya, kalo cuma 80%, bisa top up ke 80% lagi di rest area Kertosono, mesinnya 60kW disitu…..

Kalo pake EV jangan pernah percaya kata pabrik, pake sebulan, itung dalkot berapa, kira2 lukot patuh korting 80%, pedal to the kampret korting 50% dikali kapasitas batere, itu kapasitas sebenarnya. Ilustrasi Ioniq : dalkot 1:7, lukot patuh 1:6, pedal to the kampret 1:3.5. Jadi patuh tu dapet 6x63kWh = 379, pas rest area. Kalo pedal to the kampret mampir dulu di 308. Itung2an saya T&C apply ya, arsitektur Ioniq 800v, lebih irit, kebuang panas dikit, terus controllernya udah pake IGBT bukan MOSFET, regennya ada 3 level, udah ada one pedal drive (ini yg bikin irit stroom), jadi bangsa BYD, MG, Chery perlu dites dulu tuh sampe 379 sisa berapa……

Kalo omong asik, terus terang sebagai driver asik G20, menang juaaauuuh banget di handling kan dia, kalo Ioniq kan kayak badak, tapi penumpang ndak ada yang mau naik G20 kalo jalan jauh, pada demo gak jadi pergi :big_peace: :big_peace: :big_peace:. Tapi kalo ndak pingin cepet cape ya saya seneng Ioniq sih, longgar, lega, tinggal bawa santai 100-120, idupin ADAS, sampe Surabaya masih seger, kalo bawa G20 bawanya pingin selip2 mulu, jadi cepet cape :big_bored: :big_bored: :big_bored: ….. Makanya kemaren di Oz buat banding2in saya bela2in sewa EV, Polestar 2 ama Tesla 3. Konsensus supir+penumpang, urutannya tetep : Ioniq, Polestar baru tu Tesla :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ….


Transjawabahn itu enaknya cuma antara 456-Surabaya, Cipali-Palikanci musuhnya truk odol, Pejagan-Semarang banyak lobang segede galian tambang, belun kamera e-tle. Saya terus terang pedal to the kampret beraninya dari arah Surabaya, polisi di tol Semarang jarang, banyaknya arisan di exit Simo kan. Coba pedal to the kampret 160-180 harus cas di rest area Madiun, batere sisa 8% doang :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9837
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 11:06
Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 9:37
Nice experience mbah.
Klo compare ke ICE, road trip trans jawa bahn overall asik mana? Consider experience vs anxiety factor nya

To be concrete versus F30 nya mbah bibie :mky_02:
Range anxiety pasti ada lah, pertama kali bawa Ioniq ke Surabaya saya ngecas 4 kali , sekali di 208, abis gitu di Jatingaleh, ketiga di rest area madiun, udah gitu keluar Waru belok ke PLN Ketintang cas lagi :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Kalo sekarang sih dah berani cuma sekali cas di 379, tapi harus 100% ya disitu, soalnya pas ditengah2 antara Jakarta-Surabaya, kalo cuma 80%, bisa top up ke 80% lagi di rest area Kertosono, mesinnya 60kW disitu…..

Kalo pake EV jangan pernah percaya kata pabrik, pake sebulan, itung dalkot berapa, kira2 lukot patuh korting 80%, pedal to the kampret korting 50% dikali kapasitas batere, itu kapasitas sebenarnya. Ilustrasi Ioniq : dalkot 1:7, lukot patuh 1:6, pedal to the kampret 1:3.5. Jadi patuh tu dapet 6x63kWh = 379, pas rest area. Kalo pedal to the kampret mampir dulu di 308. Itung2an saya T&C apply ya, arsitektur Ioniq 800v, lebih irit, kebuang panas dikit, terus controllernya udah pake IGBT bukan MOSFET, regennya ada 3 level, udah ada one pedal drive (ini yg bikin irit stroom), jadi bangsa BYD, MG, Chery perlu dites dulu tuh sampe 379 sisa berapa……

Kalo omong asik, terus terang sebagai driver asik G20, menang juaaauuuh banget di handling kan dia, kalo Ioniq kan kayak badak, tapi penumpang ndak ada yang mau naik G20 kalo jalan jauh, pada demo gak jadi pergi :big_peace: :big_peace: :big_peace:. Tapi kalo ndak pingin cepet cape ya saya seneng Ioniq sih, longgar, lega, tinggal bawa santai 100-120, idupin ADAS, sampe Surabaya masih seger, kalo bawa G20 bawanya pingin selip2 mulu, jadi cepet cape :big_bored: :big_bored: :big_bored: ….. Makanya kemaren di Oz buat banding2in saya bela2in sewa EV, Polestar 2 ama Tesla 3. Konsensus supir+penumpang, urutannya tetep : Ioniq, Polestar baru tu Tesla :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ….


Transjawabahn itu enaknya cuma antara 456-Surabaya, Cipali-Palikanci musuhnya truk odol, Pejagan-Semarang banyak lobang segede galian tambang, belun kamera e-tle. Saya terus terang pedal to the kampret beraninya dari arah Surabaya, polisi di tol Semarang jarang, banyaknya arisan di exit Simo kan. Coba pedal to the kampret 160-180 harus cas di rest area Madiun, batere sisa 8% doang :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Wow g20 toh
Sulit emg ya versus shir driving plisur :mky_01:

Comprehensive experience mbah :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1674
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 12:56 Comprehensive experience mbah :big_exellent:
super user mah jgn ditanya um

org mobil di eman", belio baterena ud hajar batu ampe penyok :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1674
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 11:06 arsitektur Ioniq 800v, lebih irit, kebuang panas dikit, terus controllernya udah pake IGBT bukan MOSFET, regennya ada 3 level, udah ada one pedal drive (ini yg bikin irit stroom),
ngmg arsitektur 800V jadi inget biyadi seal

dia org bilang pake 800V, tapi charging max 150kW doank

berarti ad yg kena sunat kannn, logikanya justru 800V malah enak buat UFC++

bisa kabel, bisa batere, bisa componen lain kyk controller inverter dll



you get what you pay, peak charging 330kW :big_biglaugh:
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Andhyka »

Cepat atau lama charging mobil EV tergantung kapasitas baterai kWh dan besar kW charger. Misal kapasitasnya 40kWh dan kemampuan chargernya 40 kW ya butuh waktu 1 jam untuk isi penuh 0-100%, atau 1/2 jam untuk isi separuh 30-80%.

Tapi masalahnya semakin besar kW charger -> muncul panas suhu tinggi -> degradasi baterai lebih cepat. Jika tidak ada yg mendinginkan baterai saat fast charging, umur baterai yg terdampak. Pengaruhnya jangka panjang dalam 10 tahun, umur baterai berkurang 10-20% lebih cepat.

Sebaiknya fast charging digunakan KHUSUS mobil yg water cooled karena mobilnya mampu mendinginkan baterai. Mobil yg air cooled sebaiknya hindari fast charging deh, pakai hand charger 2kW atau home charger 7kW aja.
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9837
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Sat Mar 02, 2024 16:21
Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 12:56 Comprehensive experience mbah :big_exellent:
super user mah jgn ditanya um

org mobil di eman", belio baterena ud hajar batu ampe penyok :big_biglaugh:
Cb pk Seal yah.
Itu batunya nyangkut di bumper doang kayanya
Gak nyangsang ke kolong :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9837
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

Andhyka wrote: Sat Mar 02, 2024 23:43 Cepat atau lama charging mobil EV tergantung kapasitas baterai kWh dan besar kW charger. Misal kapasitasnya 40kWh dan kemampuan chargernya 40 kW ya butuh waktu 1 jam untuk isi penuh 0-100%, atau 1/2 jam untuk isi separuh 30-80%.

Tapi masalahnya semakin besar kW charger -> muncul panas suhu tinggi -> degradasi baterai lebih cepat. Jika tidak ada yg mendinginkan baterai saat fast charging, umur baterai yg terdampak. Pengaruhnya jangka panjang dalam 10 tahun, umur baterai berkurang 10-20% lebih cepat.

Sebaiknya fast charging digunakan KHUSUS mobil yg water cooled karena mobilnya mampu mendinginkan baterai. Mobil yg air cooled sebaiknya hindari fast charging deh, pakai hand charger 2kW atau home charger 7kW aja.
Klo ioniq 5 bukan water cooled lagi.

Freon Cooled / Pk AC.
Radiator cooled udah gk cukup :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4267
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 1:06
darrelund wrote: Sat Mar 02, 2024 16:21
Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 12:56 Comprehensive experience mbah :big_exellent:
super user mah jgn ditanya um

org mobil di eman", belio baterena ud hajar batu ampe penyok :big_biglaugh:
Cb pk Seal yah.
Itu batunya nyangkut di bumper doang kayanya
Gak nyangsang ke kolong :upss:
batrenya selamet bayar body repair lebih murah :mky_03: