Attention, data yang saya jabarkan ini belom mencangkup kasus AirAsia dan Germanwings
ChZ wrote:
Keliatan sih kalo nonton ACI kalo gak salah paling sering kena accident Douglas punya terutama MD-11
A320 sama B737 persentase accident nya lebih banyak mana ya bro ?
737 kalo digabungkan seluruh seri mulai dari "Jurassic/Original", "Classic", hingga "NG" itu angkanya lebih dari 1 (satu) koma, penjabarannya sebagai berikut (per 1 juta keberangkatan)
1. Boeing 737-100/200 (Original) =
1.75 Accident Rate (0.89 with Fatalities)
2. Boeing 737-300/400/500 (Classic) =
0.52 Accident Rate (0.25 with Fatalities)
3. Boeing 737-600/700/800/900 (NG) =
0.26 Accident Rate (0.13 with Fatalities)
Total for Boeing 737 series =
2.53 Accident Rate
sekarang untuk Airbus A320 family (A318, A319, A320, A321) =
0.26 Accident Rate (0.16 with Fatalities)
well, karena populasi 737 jauh lebih banyak dari A320 dan 737 juga lahir di era 1960an dimana safety belom sebagus sekarang, ya wajar saja Accident rate nya angkanya tinggi dibanding Airbus,
but still, both aircraft are one of the safest and reliable aircraft in the sky..
Boeing 737 Family =
8428 Pesawat (Data Januari 2015)
Airbus A320 Family =
6452 Pesawat (Data Februari 2015)
grandis_GT wrote:Kalo gak salah pesawatnya ini buatan tahun 90 yg berarti udah 25 tahun , pernah baca" di forum if , batas umur pakai pesawat yg di sarankan hanya 25 tahun , berarti seharusnya ini pesawat udah di phase out/grounded , benarkan om harist atau om turbo ?

Airbus A320 itu lifespannya di angka 48000 jam terbang, tapi ada program memperpanjang umur pesawat ke 60000 jam terbang, D-AIPX ini bekas pakai induknya Germanwings, Lufthansa...dan melihat history Lufthansa yang suka mempekerja-keraskan pesawatnya hingga titik akhir, pesawat ini telah melalui program
"Up Grade" tersebut, D-AIPX saat kejadian telah "mengantongi" 58813 jam terbang, masih oke untuk 4000-5000 jam lagi sebelum diistirahatkan..
