First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
audimr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sun Jun 09, 2013 17:25

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by audimr »

Sepertinya kalo mau beli mobil ini yang worthed cuman versi trd sportivo ya, masa yang varian dibawahnya masih pake drum?

Untuk mesin ane ga mempermasalahkan, soalnya kalo update lagi ya cuman pasang direct injectiom, nanti orang malah complain lagi gabisa premios

Transmisi sih yang ane rada kuciwa, masa masi main 4at? Fiesta udah dsg, jazz tar rencana mau cvt. mungkin alasanya masi pake 4at gara2 reliability kali ya, kecewa nih tam ga mengakomodasi para speedgoers yang gamau capek2an kena macet dijalan hmmmm

Penasaran sama VSA jazz 2014, signifikan gak sih sensasi nyetirnya? Kalo ga worthed mending ambil ini aja
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by montirangin »

audimr wrote:Sepertinya kalo mau beli mobil ini yang worthed cuman versi trd sportivo ya, masa yang varian dibawahnya masih pake drum?

Untuk mesin ane ga mempermasalahkan, soalnya kalo update lagi ya cuman pasang direct injectiom, nanti orang malah complain lagi gabisa premios

Transmisi sih yang ane rada kuciwa, masa masi main 4at? Fiesta udah dsg, jazz tar rencana mau cvt. mungkin alasanya masi pake 4at gara2 reliability kali ya, kecewa nih tam ga mengakomodasi para speedgoers yang gamau capek2an kena macet dijalan hmmmm

Penasaran sama VSA jazz 2014, signifikan gak sih sensasi nyetirnya? Kalo ga worthed mending ambil ini aja
dsg apa bro?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by evolution21 »

Bantu jawab ya, dsg transmisi kopling ganda milik vw, kalo di ford disebut dual clutch
Perpindahannya paling cepet dan penyaluran tenaga lebih optimal dibanding cvt dan transmisi konvensional lainnya
Tp minusnya ga nyaman utk pemakaian dalkot, ndut ndutan, geter2
Tp sekali dah jalan... Transmisi jenis ini ga ada lawan d

Mungkin master lain bisa menjelaskan lebih detail lg
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by WongZo »

audimr wrote:Sepertinya kalo mau beli mobil ini yang worthed cuman versi trd sportivo ya, masa yang varian dibawahnya masih pake drum?

Untuk mesin ane ga mempermasalahkan, soalnya kalo update lagi ya cuman pasang direct injectiom, nanti orang malah complain lagi gabisa premios

Transmisi sih yang ane rada kuciwa, masa masi main 4at? Fiesta udah dsg, jazz tar rencana mau cvt. mungkin alasanya masi pake 4at gara2 reliability kali ya, kecewa nih tam ga mengakomodasi para speedgoers yang gamau capek2an kena macet dijalan hmmmm

Penasaran sama VSA jazz 2014, signifikan gak sih sensasi nyetirnya? Kalo ga worthed mending ambil ini aja
Yup mending ambil TRD Sportivo, ane liat jg dijalan lebih bnyk yg TRD :big_peace: . Klw transmisi 4AT kynya udh terbukti kuat jdi mereka ga akan pusing kena komplain :big_grin: . Dan mnurut ane klw dikasih 5AT tenaga bwahnya pst bkal lebih boyo walaupun tarikan atasnya pasti mantap :mky_01: . VSA tergantung pemakaian kynya om, klw yg senang kebut" an atau sering ke luar kota cocok bnget pke mobil yg ad VSA. Tpi klw sehari-hari cmn di dalkot yg macet" an mh ga terlalu berguna hehehehhe :big_grin: .
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by evolution21 »

5at bikin boyo di putaran bawah kan tergantung enginerrignya gimana ngatur gearnya um

yg menarik kalo andai bisa di upgrade pake transgo (seperti yg turboman pernah bahas)

btw ane dah tanya2 tentang transgo
ternyata di indonesia hanya ada satu2nya di jkt yg jual

sayangnya hanya jual utk toyota hilux dan inovah saja
dengan alasan pihak usa hanya memberi info kode transmisi saja, tidak mau tau aplikasinya utk mobil apa
hal tsb berakibat reseller di indo ga brani ambil resiko utk ambil item lain misalnya.. utk yaris tapi setibanya disini ternyata beda tipe transmisi dengan yaris usa


sayang banget.........
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by madcat015 »

evolution21 wrote:Bantu jawab ya, dsg transmisi kopling ganda milik vw, kalo di ford disebut dual clutch
Perpindahannya paling cepet dan penyaluran tenaga lebih optimal dibanding cvt dan transmisi konvensional lainnya
Tp minusnya ga nyaman utk pemakaian dalkot, ndut ndutan, geter2
Tp sekali dah jalan... Transmisi jenis ini ga ada lawan d

Mungkin master lain bisa menjelaskan lebih detail lg
Betul om evo... Jadi dalam satu bonggol transmisi, terdapat dua gearbox, satu untuk gear ganjil 1-3-5, satu untuk gear genap 2-4-6. Saat engage di D, gear 1 lock up dan menggerakkan mobil, di saat bersamaan gear 2 juga sudah lock up, siap mengambil alih apabila gear 1 disengage... Dan saat disengage karena rev optimal, gear 2 lock up, di saat bersamaan gear 3 sudah lock up dan siap. Demikian selanjutnya.

Saat bermacet2 ria atau creeping di jalan, TCU akan bingung, gear 1 engaged, gear 2 engaged... akhirnya terjadi gejala ndut2an akibat dua gearbox saling engaged. Long term dengan kondisi kayak gini, mekatronik kaput. Istilahnya, transmisi bunuh diri.

DSG bagus untuk jalanan yang lancar, dengan kecepatan moderat hingga tinggi. Untuk stop and go, mending konvensional aja.

campoeran wrote:Iya ya makin ke sini sss kok dipikir makin worthed weleh2
Setuju om campoeran. Unit CBU, enjin gede, mekanikal sudah dioprek (suspensi, steering, CVT hi-performance, exhaust), enjin gede 1600cc M16A dengan raungan dan power delivery ala Honda jebot yang bikin ketagihan, interior ajib, jok semi bucket, dan very very fun to drive.

Bungkus yang MT, warna kuning, kasi rim warna putih. Dah! Attention stealer di jalanan... :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by poik99 »

audimr wrote:Sepertinya kalo mau beli mobil ini yang worthed cuman versi trd sportivo ya, masa yang varian dibawahnya masih pake drum?

Untuk mesin ane ga mempermasalahkan, soalnya kalo update lagi ya cuman pasang direct injectiom, nanti orang malah complain lagi gabisa premios

Transmisi sih yang ane rada kuciwa, masa masi main 4at? Fiesta udah dsg, jazz tar rencana mau cvt. mungkin alasanya masi pake 4at gara2 reliability kali ya, kecewa nih tam ga mengakomodasi para speedgoers yang gamau capek2an kena macet dijalan hmmmm

Penasaran sama VSA jazz 2014, signifikan gak sih sensasi nyetirnya? Kalo ga worthed mending ambil ini aja
Bukannya direct injection malah lebih kuat dibanding injection yang biasa macam mpi kalo soal ron? Setau saya sih gtu, kaya contohnya skyactiv engine mazda pake direct engine makannya kompresi tinggi masih bisa pake pertamax or p+

Setau saya sih direct injection sama mobil yang biasa pada umumnya itu beda di bisa lebih anti knocking sama emisi yang jauh lebih rendah

Seharusnya mobil yang pake injection biasa sih dibanding yang pake direct injection malah lebih kuat yang direct kalo minum premium, kalo menurut teori

Kalo AT-nya harusnya dikasi yang 5 gear gtu hhehe + paddle plis sekali"
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by montirangin »

evolution21 wrote:Bantu jawab ya, dsg transmisi kopling ganda milik vw, kalo di ford disebut dual clutch
Perpindahannya paling cepet dan penyaluran tenaga lebih optimal dibanding cvt dan transmisi konvensional lainnya
Tp minusnya ga nyaman utk pemakaian dalkot, ndut ndutan, geter2
Tp sekali dah jalan... Transmisi jenis ini ga ada lawan d

Mungkin master lain bisa menjelaskan lebih detail lg
:big_exellent: :off_good_job:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by montirangin »

WongZo wrote:
audimr wrote:Sepertinya kalo mau beli mobil ini yang worthed cuman versi trd sportivo ya, masa yang varian dibawahnya masih pake drum?

Untuk mesin ane ga mempermasalahkan, soalnya kalo update lagi ya cuman pasang direct injectiom, nanti orang malah complain lagi gabisa premios

Transmisi sih yang ane rada kuciwa, masa masi main 4at? Fiesta udah dsg, jazz tar rencana mau cvt. mungkin alasanya masi pake 4at gara2 reliability kali ya, kecewa nih tam ga mengakomodasi para speedgoers yang gamau capek2an kena macet dijalan hmmmm

Penasaran sama VSA jazz 2014, signifikan gak sih sensasi nyetirnya? Kalo ga worthed mending ambil ini aja
Yup mending ambil TRD Sportivo, ane liat jg dijalan lebih bnyk yg TRD :big_peace: . Klw transmisi 4AT kynya udh terbukti kuat jdi mereka ga akan pusing kena komplain :big_grin: . Dan mnurut ane klw dikasih 5AT tenaga bwahnya pst bkal lebih boyo walaupun tarikan atasnya pasti mantap :mky_01: . VSA tergantung pemakaian kynya om, klw yg senang kebut" an atau sering ke luar kota cocok bnget pke mobil yg ad VSA. Tpi klw sehari-hari cmn di dalkot yg macet" an mh ga terlalu berguna hehehehhe :big_grin: .
VSA Vehicle Stability Assist?
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by montirangin »

madcat015 wrote:
evolution21 wrote:Bantu jawab ya, dsg transmisi kopling ganda milik vw, kalo di ford disebut dual clutch
Perpindahannya paling cepet dan penyaluran tenaga lebih optimal dibanding cvt dan transmisi konvensional lainnya
Tp minusnya ga nyaman utk pemakaian dalkot, ndut ndutan, geter2
Tp sekali dah jalan... Transmisi jenis ini ga ada lawan d

Mungkin master lain bisa menjelaskan lebih detail lg
Betul om evo... Jadi dalam satu bonggol transmisi, terdapat dua gearbox, satu untuk gear ganjil 1-3-5, satu untuk gear genap 2-4-6. Saat engage di D, gear 1 lock up dan menggerakkan mobil, di saat bersamaan gear 2 juga sudah lock up, siap mengambil alih apabila gear 1 disengage... Dan saat disengage karena rev optimal, gear 2 lock up, di saat bersamaan gear 3 sudah lock up dan siap. Demikian selanjutnya.

Saat bermacet2 ria atau creeping di jalan, TCU akan bingung, gear 1 engaged, gear 2 engaged... akhirnya terjadi gejala ndut2an akibat dua gearbox saling engaged. Long term dengan kondisi kayak gini, mekatronik kaput. Istilahnya, transmisi bunuh diri.

DSG bagus untuk jalanan yang lancar, dengan kecepatan moderat hingga tinggi. Untuk stop and go, mending konvensional aja.

campoeran wrote:Iya ya makin ke sini sss kok dipikir makin worthed weleh2
Setuju om campoeran. Unit CBU, enjin gede, mekanikal sudah dioprek (suspensi, steering, CVT hi-performance, exhaust), enjin gede 1600cc M16A dengan raungan dan power delivery ala Honda jebot yang bikin ketagihan, interior ajib, jok semi bucket, dan very very fun to drive.

Bungkus yang MT, warna kuning, kasi rim warna putih. Dah! Attention stealer di jalanan... :mky_02: :mky_02: :mky_02:
berarti ga rekomen buat medan jalan jakarta ya bro meow..cepet rusak maksudnya itu transmisinya..
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by WongZo »

montirangin wrote:
WongZo wrote:
audimr wrote:Sepertinya kalo mau beli mobil ini yang worthed cuman versi trd sportivo ya, masa yang varian dibawahnya masih pake drum?

Untuk mesin ane ga mempermasalahkan, soalnya kalo update lagi ya cuman pasang direct injectiom, nanti orang malah complain lagi gabisa premios

Transmisi sih yang ane rada kuciwa, masa masi main 4at? Fiesta udah dsg, jazz tar rencana mau cvt. mungkin alasanya masi pake 4at gara2 reliability kali ya, kecewa nih tam ga mengakomodasi para speedgoers yang gamau capek2an kena macet dijalan hmmmm

Penasaran sama VSA jazz 2014, signifikan gak sih sensasi nyetirnya? Kalo ga worthed mending ambil ini aja
Yup mending ambil TRD Sportivo, ane liat jg dijalan lebih bnyk yg TRD :big_peace: . Klw transmisi 4AT kynya udh terbukti kuat jdi mereka ga akan pusing kena komplain :big_grin: . Dan mnurut ane klw dikasih 5AT tenaga bwahnya pst bkal lebih boyo walaupun tarikan atasnya pasti mantap :mky_01: . VSA tergantung pemakaian kynya om, klw yg senang kebut" an atau sering ke luar kota cocok bnget pke mobil yg ad VSA. Tpi klw sehari-hari cmn di dalkot yg macet" an mh ga terlalu berguna hehehehhe :big_grin: .
VSA Vehicle Stability Assist?
Yup, emng VSA singkatannya ap lgi selain Vehicle Stability Assit ? :big_grin:
blaksiarpi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Jan 25, 2014 15:50

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by blaksiarpi »

Mungkin bisa saja vehicle speeding alert alias org yg berada di samping.... :upss:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by madcat015 »

VSA = Vehicle Sliding Activator...

Atau

DSC = Drift & Slide Controller...

Atau

ESP = Enormous Sliding Powahhh...

Atau

TSC = Tyre Screeching Capacitor

Atau

VSC = Vehicle Sliding Capacity


*ngibrit* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by ChZ »

poik99 wrote: Bukannya direct injection malah lebih kuat dibanding injection yang biasa macam mpi kalo soal ron? Setau saya sih gtu, kaya contohnya skyactiv engine mazda pake direct engine makannya kompresi tinggi masih bisa pake pertamax or p+

Setau saya sih direct injection sama mobil yang biasa pada umumnya itu beda di bisa lebih anti knocking sama emisi yang jauh lebih rendah

Seharusnya mobil yang pake injection biasa sih dibanding yang pake direct injection malah lebih kuat yang direct kalo minum premium, kalo menurut teori

Kalo AT-nya harusnya dikasi yang 5 gear gtu hhehe + paddle plis sekali"
koreksi,

SKYACTIV Mazda cukup RON91 bukan karena DI, karena desain ruang bakar dan kepala pistonnya yang sudah disesuaikan... secara teori juga, kalo mesin 2000cc kompresi 13 : 1 "normal" outputnya nggak mungkin 155hp dan 200Nm doang... wong CR-V 2.0 yang SOHC biasa aja 155hp 190an Nm kok dgn kompresi 10,6 :big_slap:

plus, Mazda SKYACTIV untuk pasar Indonesia kompresinya "cuma" 13 : 1, bukan 14 : 1 spt di luaran.... alasan : kualitas BBM.

yang tidak melakukan penyesuaian yang ane tau Subaru. Forester XT baru RON95 aja masih ngelitik.... XV RON92 masih ngelitik... WRX STi? Requirement nya RON98, isi RON95 piston kaput, begitu kalo yang ane baca di grup i-SPEC.

theoritically, mobil apapun skrg ga bisa premium... DI lebih berisiko kalo isi premium.... kan fuel nya langsung "ditembak" ke ruang bakar dan langsung dibakar, nggak di "pre-mixing" dulu.... sehingga kalo timing pengapian nggak disesuaikan lebih riskan dibanding indirect injection...

dan tau sendiri seberapa kotornya BBM di Endonesah kita tercinta ini... BBM di endonesah dapat menyebabkan injektor kaput, piston kaput, dan gangguan enjin yang lain.... :big_slap:

CMIIW....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by poik99 »

ChZ wrote:
poik99 wrote: Bukannya direct injection malah lebih kuat dibanding injection yang biasa macam mpi kalo soal ron? Setau saya sih gtu, kaya contohnya skyactiv engine mazda pake direct engine makannya kompresi tinggi masih bisa pake pertamax or p+

Setau saya sih direct injection sama mobil yang biasa pada umumnya itu beda di bisa lebih anti knocking sama emisi yang jauh lebih rendah

Seharusnya mobil yang pake injection biasa sih dibanding yang pake direct injection malah lebih kuat yang direct kalo minum premium, kalo menurut teori

Kalo AT-nya harusnya dikasi yang 5 gear gtu hhehe + paddle plis sekali"
koreksi,

SKYACTIV Mazda cukup RON91 bukan karena DI, karena desain ruang bakar dan kepala pistonnya yang sudah disesuaikan... secara teori juga, kalo mesin 2000cc kompresi 13 : 1 "normal" outputnya nggak mungkin 155hp dan 200Nm doang... wong CR-V 2.0 yang SOHC biasa aja 155hp 190an Nm kok dgn kompresi 10,6 :big_slap:

plus, Mazda SKYACTIV untuk pasar Indonesia kompresinya "cuma" 13 : 1, bukan 14 : 1 spt di luaran.... alasan : kualitas BBM.

yang tidak melakukan penyesuaian yang ane tau Subaru. Forester XT baru RON95 aja masih ngelitik.... XV RON92 masih ngelitik... WRX STi? Requirement nya RON98, isi RON95 piston kaput, begitu kalo yang ane baca di grup i-SPEC.

theoritically, mobil apapun skrg ga bisa premium... DI lebih berisiko kalo isi premium.... kan fuel nya langsung "ditembak" ke ruang bakar dan langsung dibakar, nggak di "pre-mixing" dulu.... sehingga kalo timing pengapian nggak disesuaikan lebih riskan dibanding indirect injection...

dan tau sendiri seberapa kotornya BBM di Endonesah kita tercinta ini... BBM di endonesah dapat menyebabkan injektor kaput, piston kaput, dan gangguan enjin yang lain.... :big_slap:

CMIIW....
wrx sti yang batch 2013 / 2014 liat diberita pada jebol ya pistonnya :big_slap: di berita indo maksudnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by ChZ »

poik99 wrote:
wrx sti yang batch 2013 / 2014 liat diberita pada jebol ya pistonnya :big_slap: di berita indo maksudnya
yup, pistonnya kalah duluan... ada yang baru 3 hari keluar diler langsung kalah tuh piston... :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by montirangin »

madcat015 wrote:VSA = Vehicle Sliding Activator...

Atau

DSC = Drift & Slide Controller...

Atau

ESP = Enormous Sliding Powahhh...

Atau

TSC = Tyre Screeching Capacitor

Atau

VSC = Vehicle Sliding Capacity


*ngibrit* :ngacir:
bro meow..pas TD suruh temennya pake camera goPro videoin aksinya..sekalian taro dibbrp angle sama di cabin..kaki mu yaa biar tau pergerakannya..mau belajarr..nanti malah masukk got lg..need assistance :frm_tumbleft:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by montirangin »

poik99 wrote: koreksi,

SKYACTIV Mazda cukup RON91 bukan karena DI, karena desain ruang bakar dan kepala pistonnya yang sudah disesuaikan... secara teori juga, kalo mesin 2000cc kompresi 13 : 1 "normal" outputnya nggak mungkin 155hp dan 200Nm doang... wong CR-V 2.0 yang SOHC biasa aja 155hp 190an Nm kok dgn kompresi 10,6 :big_slap:

plus, Mazda SKYACTIV untuk pasar Indonesia kompresinya "cuma" 13 : 1, bukan 14 : 1 spt di luaran.... alasan : kualitas BBM.

yang tidak melakukan penyesuaian yang ane tau Subaru. Forester XT baru RON95 aja masih ngelitik.... XV RON92 masih ngelitik... WRX STi? Requirement nya RON98, isi RON95 piston kaput, begitu kalo yang ane baca di grup i-SPEC.

theoritically, mobil apapun skrg ga bisa premium... DI lebih berisiko kalo isi premium.... kan fuel nya langsung "ditembak" ke ruang bakar dan langsung dibakar, nggak di "pre-mixing" dulu.... sehingga kalo timing pengapian nggak disesuaikan lebih riskan dibanding indirect injection...

dan tau sendiri seberapa kotornya BBM di Endonesah kita tercinta ini... BBM di endonesah dapat menyebabkan injektor kaput, piston kaput, dan gangguan enjin yang lain.... :big_slap:

CMIIW....
wrx sti yang batch 2013 / 2014 liat diberita pada jebol ya pistonnya :big_slap: di berita indo maksudnya[/quote]

buat yg demen awd..- point dimeremin semua :big_biglaugh:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by evolution21 »

waduh serepot itu pelihara subaru ckckck
gimana utk long term nya ya
pake ron 95 + aditif ?
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by madcat015 »

montirangin wrote: bro meow..pas TD suruh temennya pake camera goPro videoin aksinya..sekalian taro dibbrp angle sama di cabin..kaki mu yaa biar tau pergerakannya..mau belajarr..nanti malah masukk got lg..need assistance :frm_tumbleft:
Waktu TD Jag kemaren uda direncanakan bawa goPro...

Tapi kehabisan batere... :big_slap:

Kalo ga, bisa dapat aksi Jag sliding... :big_smoking:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
blaksiarpi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Jan 25, 2014 15:50

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by blaksiarpi »

ato pake ini saja...

Image

:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by ChZ »

evolution21 wrote:waduh serepot itu pelihara subaru ckckck
gimana utk long term nya ya
pake ron 95 + aditif ?
pertamax racing... :big_slap:

ungg... ya wajib disetel ulang pengapiannya oom evo.... :ungg:

piston bawaan STi dimari katanya sih mmg agak ringkih... dibanding JDM yang forged piston...

bahkan katanya diganti forged piston pun tetep nggak membantu kalo pengapian nggak diatur ulang.... :big_slap:

mengutip kata-kata salah satu pakar subaru di grup i-SPEC.... (credit : oom bob saurus)
intinya semua mobil STI yg di indo udah pasti knocking. Semua jenis yg pernah kita ketemuin, and kita colok laptop, liat hasilnya semua knocking. So far gak ada yg gak knocking. Termasuk Forester paling baru juga sama. ECU std subaru itu very powerfull and smart sebenernya. kondisi std di dalamnya ada 36 - 38 mapping kalo gak salah. Dia akan terus berusaha mengkoreksi mana yg paling cocok buat si mobil. kalo pun gak ada yg cocok, dia bisa adjust sendiri gimana bikin bener nya. jadi kalo mobil knocking, tiba2 setelah beberapa lama gak knocking lagi, belom tentu karna nemu bensin bagus or karna pake oktan booster etc... bisa aja si ecu coba koreksi terus mana paling bagus. resultnya ilang knocking, tapi.... si mobil jadi boyo. makanya sering org tanya, kok mobil sy gak se kenceng pas baru keluar dari showroom? karna si ecu udah koreksi cari paling "aman" gimana....

problem utama STI 2.5 itu fragile pistons. Beda sama semua JDM 2.0 yg std nya udah pake forged pistons. mobil kalo mau aman jgn di mod. itu pun gak menjamin. banyak di luaran kondisi std pun ringland piston itu tetep masalah utama. biang kerok nya pembakaran itu problem nomor 1. semua yg berhubungan. bensin dan oxygen. penggantian forged piston sama conrod pun kalo pembakaran gak di bebenah sama juga. kita dah pernah nemu kok customer pake forged piston CP ama rod tetep aja leleh sampe bolong 2 pistonnya, gara2 knocking. jadi sering yg kejadian itu problem nya, org beli STI udah berasa punya "Man of Steel" car, langsung di mod, ganti catless downpipe, langsung pasang boost cont, etc etc.. downpipe tanpa cat flow nya lebih bagus karna gak ada hambatan, tp selenoid std itu kurang bagus, makanya pasti timbul boost spike, gak heran spike itu bisa sampe 0.5, baru dia turun lagi pelan2. jadi kalo si mobil dah knocking, tiba2 spike jauh, si piston jadi korban. begitu juga kalo org pasang boost cont tp ecu msh std, biasa kita gak anjurkan. kalo pun si owner maksa, kita bisa cuma naikin 0.2 bar dari std max!!! itu pun sembari kita test di atas dyno and musti ada boost gauge. jadi kalo mau pasang catlles harus punya BOOST Controller, mau pasang Boost Controller harus ECU di proper tuned. Kira2 gitu. ini MUTLAK. kalo mau lebih "AMAN". Di tambah weather di Indo tuh extreme panas. HKS Jepang aja pas berkunjung, kita bilang mau beli oli HKS yg proper asli buat subaru, kekentalan 32 aja dia bilang gak suggest karna liat weather nya. DI suruh tetep pake yg 55 an. Padahal kalo kita order kan tambahan order buat mereka. tp mereka gak anjurin
*just a subaru fan not owner* :ngacir:

kok jadi bahas subie :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by ChZ »

montirangin wrote: buat yg demen awd..- point dimeremin semua :big_biglaugh:
ada masalah dgn penggemar AWD/Subaru? sensi amat sih :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by amfibi »

ChZ wrote:
montirangin wrote: buat yg demen awd..- point dimeremin semua :big_biglaugh:
ada masalah dgn penggemar AWD/Subaru? sensi amat sih :upss:
Sirik doi maybe :upss:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: First Impression & Compare All New Yaris vs Old Yaris

Post by billyd1773dz »

ChZ wrote:
poik99 wrote: Bukannya direct injection malah lebih kuat dibanding injection yang biasa macam mpi kalo soal ron? Setau saya sih gtu, kaya contohnya skyactiv engine mazda pake direct engine makannya kompresi tinggi masih bisa pake pertamax or p+

Setau saya sih direct injection sama mobil yang biasa pada umumnya itu beda di bisa lebih anti knocking sama emisi yang jauh lebih rendah

Seharusnya mobil yang pake injection biasa sih dibanding yang pake direct injection malah lebih kuat yang direct kalo minum premium, kalo menurut teori

Kalo AT-nya harusnya dikasi yang 5 gear gtu hhehe + paddle plis sekali"
koreksi,

SKYACTIV Mazda cukup RON91 bukan karena DI, karena desain ruang bakar dan kepala pistonnya yang sudah disesuaikan... secara teori juga, kalo mesin 2000cc kompresi 13 : 1 "normal" outputnya nggak mungkin 155hp dan 200Nm doang... wong CR-V 2.0 yang SOHC biasa aja 155hp 190an Nm kok dgn kompresi 10,6 :big_slap:

plus, Mazda SKYACTIV untuk pasar Indonesia kompresinya "cuma" 13 : 1, bukan 14 : 1 spt di luaran.... alasan : kualitas BBM.

yang tidak melakukan penyesuaian yang ane tau Subaru. Forester XT baru RON95 aja masih ngelitik.... XV RON92 masih ngelitik... WRX STi? Requirement nya RON98, isi RON95 piston kaput, begitu kalo yang ane baca di grup i-SPEC.

theoritically, mobil apapun skrg ga bisa premium... DI lebih berisiko kalo isi premium.... kan fuel nya langsung "ditembak" ke ruang bakar dan langsung dibakar, nggak di "pre-mixing" dulu.... sehingga kalo timing pengapian nggak disesuaikan lebih riskan dibanding indirect injection...

dan tau sendiri seberapa kotornya BBM di Endonesah kita tercinta ini... BBM di endonesah dapat menyebabkan injektor kaput, piston kaput, dan gangguan enjin yang lain.... :big_slap:

CMIIW....
bearti miras juga donk... ron 92 masih knock...........


err yup skyactiv salah satu triknya tetap bisa ron 91 di kepala piston tp bukan itu saja GDI juga sangat berperan dimana dia bisa nge injeksi lebih dari sekali dalam siklus pembakaran pre dan after injection salah satu tujuanya untuk ngurangin suhu ruang bakar.... GDI juga bisa nge injeksi fuel tepat saat piston di TDC dan sesaat sblm busi ngebakar dengan AFR sangat lean so resiko terjadi detonasi jauh lebih kecil...

meski most of the time demi alasan emisi GDI tetep melakukan injeksi utama saat siklus intake dan AFR tetep 14.7 seperti pada MPI,pre n after injection tetep bisa di lakukan

MPI biasa hanya bisa ngeinjeksi berbarengan di siklus intake. GDI bisa kapan saja, tidak terikat bukaan valve, justru jika di mix dulu di siklus intake kemudian di siklus compresi Air Fuel mixture di tekan dari piston di bawah sampai TDC hingga timing tepat untuk di bakar lebih rawan detonasi akibat terkena tekanan kompresi. GDI fuel bisa di tembak tepat pada saat harus terbakar.

sehingga justru timing injeksi dan pengapian GDI jauh lebih flexybel dri MPI biasa.

selain itu karna header 4-2-1 berukuran panjang mencegah overlap exhaust flow dari cyld lain saat sedang vakum. tujuanya sama menurunkan suhu ruang bakar.

mobil selain skyactiv yang menggunakan GDI n.a rata-rata CRnya 12.5:1 dan some of it minimal fuel tetep ron91.

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz