
Hanya avanza yg bisa begini
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Permisiiii 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Yup over-quota underlicensed ...trend baru urusan product cloning di zhonghua ...dikasih max production ceiling 15,000 units ...bikinnya 25,000 units
FAW jilin-senya m80 EV at the 12th teheran motor show, 2012. Pre opening session
FAW jilin-senya m80 EV at the 12th teheran motor show, 2012. Pre opening session
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Hanya avanza yg bisa begini
wuih kapan keluar avanza listrik nih? tapi mahal ah batrenya kalau rusak
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Ganti batre ukuran AA aja... 

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Tue Apr 01, 2014 11:19
Re: Hanya avanza yg bisa begini
sayangi nyawa gan.. :ngakak
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Hanya avanza yg bisa begini
kalo R3 KW8 yang hobi sruntulan dan "jogging" di jalan bijimane om VMVanzMatic wrote:Segelintir orang yang mengacau di jalan, langsung jadi legitimasi ya?
Hmmm.... mau juga ngga, saya sebut satu satu mobil mewah yang juga demen mengacau di jalan tol? Kebetulan memang selama setaun terakhir saya di tol, udah ngga banyak tuh apaniah yang sruntulan di tol.
Atau, jangan jangan, yang bikin legitimasi itu lah pelakunya sendiri?
Oia, barusan siang tadi kami dua keluarga jalan jalan ke Bogor. 5 dewasa, 2 anak anak, 2 remaja.
Santai santai lah 80-90km/jam, karena speedlimit di Jagorawi kan 60-100km/jam. No bahu jalan, no sruntulan, just enjoying the journey.

masa ntar dibilang semua R3 ga punya attitude padahal yg ngacau KW8 nya




1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Hanya avanza yg bisa begini
...................ChZ wrote:kalo R3 KW8 yang hobi sruntulan dan "jogging" di jalan bijimane om VMVanzMatic wrote:Segelintir orang yang mengacau di jalan, langsung jadi legitimasi ya?
Hmmm.... mau juga ngga, saya sebut satu satu mobil mewah yang juga demen mengacau di jalan tol? Kebetulan memang selama setaun terakhir saya di tol, udah ngga banyak tuh apaniah yang sruntulan di tol.
Atau, jangan jangan, yang bikin legitimasi itu lah pelakunya sendiri?
Oia, barusan siang tadi kami dua keluarga jalan jalan ke Bogor. 5 dewasa, 2 anak anak, 2 remaja.
Santai santai lah 80-90km/jam, karena speedlimit di Jagorawi kan 60-100km/jam. No bahu jalan, no sruntulan, just enjoying the journey.![]()
masa ntar dibilang semua R3 ga punya attitude padahal yg ngacau KW8 nya![]()
sebelum dicakar kucing
![]()

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Wew seru juga.
Kebetulan saya minggu kemaren ada urusan ke Jakarta bawa apanjah 1.3 G manual punya kantor yg masih rada gress, odo blom nyampe 20rebu. Kali ini ngga mau disopirin karena pengen nyobain sensasi nyetir mobil semilyar umat.
Secara umum bawa apanjah enak juga buat ugal-ugalan (oops
), waktu ngegas enteng bener serasa flywheel dipapas abis.
Ngga koq saya ngga ugal-ugalan, biarpun dibekali 2 srs airbag tetep aja ngeri bawa apanjah > 100kpj, lha blom denger apanjah mengalami crash test sih, jadi ngga tau airbagnya bisa ngembang apa ngga...hehe.
Soalnya pernah baca di tablo otomotip, harga airbag mobil-mobil toyota ternyata macem-macem.
Yang dipasang di agya harganya 2.5 jeti, yg dipasang di inopah nyampe 30 jeti.
Lha koq bisa jauh gitu harganya ya? jangan-jangan yg di agya pake balon buat ulang tahun itu?
Sedangkan harga apanjah dual airbag ini lebih mahal 3 jeti dari yg non airbag (belum tentu harga airbagnya segitu ya).
Apanjah versi yg dulu kan sokbreker yg ajrut-ajrutan, yg sekarang udah minim ngajrut.
Tapi penyakit mesin ndut-ndut-an saat deselerasi belom sembuh-sembuh.
Selain setelan mesin yg entah gimana koq bisa gitu, saya curiga ini karena sumbangsih RWD, dimana engine break...eh..brake
mendapat bantuan yg ngga perlu dari gear di gardan belakang, jadi over dosis deh engine brake nyah.
Baru kemungkinan yah, cuman analisis amatiran nih.
Selain itu, raungan mesinnya selalu minta masuk kabin. Baru menyadari kalo raungan mesin apanjah ini emang berisik justru setelah beberapa hari bawa Lio yg bunyi mesinnya sunyi senyap itu
.
Tapi itu karena mesin 1.3 kali yah, soalnya buat lari 100kpj ajah RPM minimal kudu di 3000, dan mungkin juga ada bonus suara
putaran as dan gear dari gardan.
Coba deh mundur pake apanjah dan dengarkan suara gear nya waktu mundur, "ngeeeeeeeng" nya keras bener, jadi inget suara truk jaman dulu
.
Kebetulan saya minggu kemaren ada urusan ke Jakarta bawa apanjah 1.3 G manual punya kantor yg masih rada gress, odo blom nyampe 20rebu. Kali ini ngga mau disopirin karena pengen nyobain sensasi nyetir mobil semilyar umat.
Secara umum bawa apanjah enak juga buat ugal-ugalan (oops

Ngga koq saya ngga ugal-ugalan, biarpun dibekali 2 srs airbag tetep aja ngeri bawa apanjah > 100kpj, lha blom denger apanjah mengalami crash test sih, jadi ngga tau airbagnya bisa ngembang apa ngga...hehe.
Soalnya pernah baca di tablo otomotip, harga airbag mobil-mobil toyota ternyata macem-macem.
Yang dipasang di agya harganya 2.5 jeti, yg dipasang di inopah nyampe 30 jeti.
Lha koq bisa jauh gitu harganya ya? jangan-jangan yg di agya pake balon buat ulang tahun itu?

Sedangkan harga apanjah dual airbag ini lebih mahal 3 jeti dari yg non airbag (belum tentu harga airbagnya segitu ya).
Apanjah versi yg dulu kan sokbreker yg ajrut-ajrutan, yg sekarang udah minim ngajrut.
Tapi penyakit mesin ndut-ndut-an saat deselerasi belom sembuh-sembuh.
Selain setelan mesin yg entah gimana koq bisa gitu, saya curiga ini karena sumbangsih RWD, dimana engine break...eh..brake
mendapat bantuan yg ngga perlu dari gear di gardan belakang, jadi over dosis deh engine brake nyah.
Baru kemungkinan yah, cuman analisis amatiran nih.
Selain itu, raungan mesinnya selalu minta masuk kabin. Baru menyadari kalo raungan mesin apanjah ini emang berisik justru setelah beberapa hari bawa Lio yg bunyi mesinnya sunyi senyap itu

Tapi itu karena mesin 1.3 kali yah, soalnya buat lari 100kpj ajah RPM minimal kudu di 3000, dan mungkin juga ada bonus suara
putaran as dan gear dari gardan.
Coba deh mundur pake apanjah dan dengarkan suara gear nya waktu mundur, "ngeeeeeeeng" nya keras bener, jadi inget suara truk jaman dulu

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Belum pernah nonton crashtest all new apanjah di yucup? Kmane aje..?
Hari gini masi demen manual? Plis deh...
Kuda diesel juga hirev enjin, dan fine fine aja tuh... beda ama panty yg lowrev. Masalah selera aja sih.
Kalo mw lowrev lagi, mesin diesel mercy di bus OH, redline di 2750rpm. Enjoy..!
Hari gini masi demen manual? Plis deh...
Kuda diesel juga hirev enjin, dan fine fine aja tuh... beda ama panty yg lowrev. Masalah selera aja sih.
Kalo mw lowrev lagi, mesin diesel mercy di bus OH, redline di 2750rpm. Enjoy..!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Hanya avanza yg bisa begini
@dogar
mungkin pendapat om bisa beda dikit klo om pakenya veloz 2 srs airbag hehe (veloz stlh diskon bisa jd lbih rendah dr lio prestige)
1.3g dbanding lio 1.5 ya kurang tepat ya...
masing2 punya klebihan+tgantung kbutuhan user, ngeri/tdk >100kpj tgantung yg bw jg
mobil jg ga akan dpake mundur terus jalannya hehe
mungkin pendapat om bisa beda dikit klo om pakenya veloz 2 srs airbag hehe (veloz stlh diskon bisa jd lbih rendah dr lio prestige)
1.3g dbanding lio 1.5 ya kurang tepat ya...
masing2 punya klebihan+tgantung kbutuhan user, ngeri/tdk >100kpj tgantung yg bw jg
mobil jg ga akan dpake mundur terus jalannya hehe
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Betul om liep... hanya orang sinting yg ngegeber MPV sampe 170kpj+... 
Cukup 80-100kpj lharrr... tergantung batas kecepatan di tol...
Mohon untuk lebih berhati2 dalam mengemudi...

Cukup 80-100kpj lharrr... tergantung batas kecepatan di tol...
Mohon untuk lebih berhati2 dalam mengemudi...

Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Hanya avanza yg bisa begini
errrr..... boil fwd juga ada gardan.. di dalamnya ada finalgear yg ngoreksi ratio juga,,...... sama aja.dengan rwd..dogar wrote: Selain setelan mesin yg entah gimana koq bisa gitu, saya curiga ini karena sumbangsih RWD, dimana engine break...eh..brake
mendapat bantuan yg ngga perlu dari gear di gardan belakang, jadi over dosis deh engine brake nyah.
Baru kemungkinan yah, cuman analisis amatiran nih.
Selain itu, raungan mesinnya selalu minta masuk kabin. Baru menyadari kalo raungan mesin apanjah ini emang berisik justru setelah beberapa hari bawa Lio yg bunyi mesinnya sunyi senyap itu.
Tapi itu karena mesin 1.3 kali yah, soalnya buat lari 100kpj ajah RPM minimal kudu di 3000, dan mungkin juga ada bonus suara
putaran as dan gear dari gardan.
Coba deh mundur pake apanjah dan dengarkan suara gear nya waktu mundur, "ngeeeeeeeng" nya keras bener, jadi inget suara truk jaman dulu.
bedanya ga ada kopel aja.
dan,....coba.gugle asean ncap ... avania uda ada dan dapat 4 bintan setara dengan Pajero sport mirage dll..... dmn klw mau 5 bintang salah satu saratnya harus ada ESP

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Hanya avanza yg bisa begini
R3 lari 194kpj?madcat015 wrote:Betul om liep... hanya orang sinting yg ngegeber MPV sampe 170kpj+...
Cukup 80-100kpj lharrr... tergantung batas kecepatan di tol...
Mohon untuk lebih berhati2 dalam mengemudi...

siapa yak itu...

R3 nya bukan ori... KW8 pulak.... masa MPV KW8 dibawa lari segitu... orang sinting kali yg bawa

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Hanya avanza yg bisa begini
bener ta om kucing cuma 80-100kpj aj pas di tol? beneran taat ama batas kcepatan? ane ga yakin tuh hehehe
madcat015 wrote:Betul om liep... hanya orang sinting yg ngegeber MPV sampe 170kpj+...
Cukup 80-100kpj lharrr... tergantung batas kecepatan di tol...
Mohon untuk lebih berhati2 dalam mengemudi...
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Hanya avanza yg bisa begini
dogar wrote: Yang dipasang di agya harganya 2.5 jeti, yg dipasang di inopah nyampe 30 jeti.
Lha koq bisa jauh gitu harganya ya? jangan-jangan yg di agya pake balon buat ulang tahun itu?![]()
Sedangkan harga apanjah dual airbag ini lebih mahal 3 jeti dari yg non airbag (belum tentu harga airbagnya segitu ya).

ente ngeliatnya berdasarkan pricelist yak? dari ipah G ke V?
ipah G ke V kan ada banyak yang diubah... dapet tambahan ABS (modul ABS mahal lho...



contoh aja Fortuner non-VNT ke VNT... pricelist naik bbrp juta... tapi kalo ente mau upgred non-VNT ke VNT? ga dapet segitu masbroo... ratusan jeteng tuh...
makanya mending beli non-VNT seken dikasih piggy.... VNT putus



1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Hanya avanza yg bisa begini
@bro chz: anuuuu... ituuu... GPS nya ngawur... 
@om liep: sekarang iya om. Dulu ane matikan driving alert di kapal. Skr ane nyalakan lagi. Kl melebihi rambu, ntar ada peringatan suara "Warning, speed limit exceeded".
Jd skr, ya cruise santai aja, om... lebih hemat bbm pulak...
*kecuali ada Miata putih di depan. Baru ane uber...*

@om liep: sekarang iya om. Dulu ane matikan driving alert di kapal. Skr ane nyalakan lagi. Kl melebihi rambu, ntar ada peringatan suara "Warning, speed limit exceeded".
Jd skr, ya cruise santai aja, om... lebih hemat bbm pulak...

*kecuali ada Miata putih di depan. Baru ane uber...*

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Ohohoho
Sayang harga kapal masi mahal....kalo Mzd5 alias kapal yg lebih kecil bagus juga gak ya


Sayang harga kapal masi mahal....kalo Mzd5 alias kapal yg lebih kecil bagus juga gak ya

Pursuit of Perfection
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Hanya avanza yg bisa begini
klo ane sih fitur driving alertnya pas naik apanja vlz beda om kucing, klo ud setir ringan banget+pas belok2 sdh agak limbung+barang2 pd loncat2 di belakang, nah itu uda >100kpj wakakaka
madcat015 wrote:@bro chz: anuuuu... ituuu... GPS nya ngawur...
@om liep: sekarang iya om. Dulu ane matikan driving alert di kapal. Skr ane nyalakan lagi. Kl melebihi rambu, ntar ada peringatan suara "Warning, speed limit exceeded".
Jd skr, ya cruise santai aja, om... lebih hemat bbm pulak...
*kecuali ada Miata putih di depan. Baru ane uber...*
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Blom liat om, makanya ngga tau.VanzMatic wrote:Belum pernah nonton crashtest all new apanjah di yucup? Kmane aje..?
Bagus deh kalau apanjah udah lulus crash test, jadi lebih tenang kalo sewaktu-waktu mesti bawa apanjah lagi.
Fleet di kantor 30 biji setengah apanjah setengah lagi inopah.
Selama ber tahun-tahun pake mobil kantor seringnya jadi penumpang ajah, baru kemaren ini maksa bawa sendiri.
Ternyata jok di belakang setir apanjah itu enak dan nyaman, jauh bener dgn kondisi jok penumpang di baris tengah
yg bikin pegel punggung karena setelan kemiringan sandarannya sangat terbatas.
Buat yg baru belajar nyetir pake apanjah pasti lancar deh ngga perlu adaptasi ini itu, sangat mudah dikendalikan.
Cuman ndut-ndutan nya itu yg mana tahan.
Apanjah yg saya ceritain itu mobil kantor. Gerobak saya sekarang metik semua om, kecuali si apepeh yg dalam periode MPP dan udah sebulan bengong di garasi karena blom sempet diiklanin, gara-gara ada si Lio hehe.Hari gini masi demen manual? Plis deh...
Mesin diesel itu karakternya mengutamakan high torque di RPM rendah.Kuda diesel juga hirev enjin, dan fine fine aja tuh... beda ama panty yg lowrev. Masalah selera aja sih.
Kalo mw lowrev lagi, mesin diesel mercy di bus OH, redline di 2750rpm. Enjoy..!
Makanya mesin kapal, kereta api, traktor sampe tank itu ya diesel semua, karena yg dikejar itu torsi.
Dulu pernah agak sering bawa panther punya kakak, tiap start selalu di gigi 2 soalnya kalo di gigi 1 kegedean torsinya jadi kayak loncat gitu.
Kalo ada mesin diesel hirev kayaknya aneh juga ya.
IMO, hirev=boros (selain bising).
Kalo saya peratiin eco sign di Lio, itu lampu baru nyala dengan syarat:
1. Kecepatan < 100kpj DAN RPM < 2000
2. Jika RPM > 2000 maka kecepatan harus > 100kpj
Diluar kondisi itu jarang diganjar nyala lampu eco.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Hehehe, ngga semua org bisa mudah memahami statistik kayanya om.....VanzMatic wrote:Segelintir orang yang mengacau di jalan, langsung jadi legitimasi ya?
Hmmm.... mau juga ngga, saya sebut satu satu mobil mewah yang juga demen mengacau di jalan tol? Kebetulan memang selama setaun terakhir saya di tol, udah ngga banyak tuh apaniah yang sruntulan di tol.
Atau, jangan jangan, yang bikin legitimasi itu lah pelakunya sendiri?
Oia, barusan siang tadi kami dua keluarga jalan jalan ke Bogor. 5 dewasa, 2 anak anak, 2 remaja.
Santai santai lah 80-90km/jam, karena speedlimit di Jagorawi kan 60-100km/jam. No bahu jalan, no sruntulan, just enjoying the journey.
Ntar ada yg nambahi komen lagi, avanza paling banyak yg rusak soalnya di bengkel paling banyak populasinya...

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Hanya avanza yg bisa begini
ini um avanza crashtestdogar wrote:Blom liat om, makanya ngga tau.VanzMatic wrote:Belum pernah nonton crashtest all new apanjah di yucup? Kmane aje..?
Bagus deh kalau apanjah udah lulus crash test, jadi lebih tenang kalo sewaktu-waktu mesti bawa apanjah lagi.
Fleet di kantor 30 biji setengah apanjah setengah lagi inopah.
Selama ber tahun-tahun pake mobil kantor seringnya jadi penumpang ajah, baru kemaren ini maksa bawa sendiri.
Ternyata jok di belakang setir apanjah itu enak dan nyaman, jauh bener dgn kondisi jok penumpang di baris tengah
yg bikin pegel punggung karena setelan kemiringan sandarannya sangat terbatas.
Buat yg baru belajar nyetir pake apanjah pasti lancar deh ngga perlu adaptasi ini itu, sangat mudah dikendalikan.
Cuman ndut-ndutan nya itu yg mana tahan.
Apanjah yg saya ceritain itu mobil kantor. Gerobak saya sekarang metik semua om, kecuali si apepeh yg dalam periode MPP dan udah sebulan bengong di garasi karena blom sempet diiklanin, gara-gara ada si Lio hehe.Hari gini masi demen manual? Plis deh...
Mesin diesel itu karakternya mengutamakan high torque di RPM rendah.Kuda diesel juga hirev enjin, dan fine fine aja tuh... beda ama panty yg lowrev. Masalah selera aja sih.
Kalo mw lowrev lagi, mesin diesel mercy di bus OH, redline di 2750rpm. Enjoy..!
Makanya mesin kapal, kereta api, traktor sampe tank itu ya diesel semua, karena yg dikejar itu torsi.
Dulu pernah agak sering bawa panther punya kakak, tiap start selalu di gigi 2 soalnya kalo di gigi 1 kegedean torsinya jadi kayak loncat gitu.
Kalo ada mesin diesel hirev kayaknya aneh juga ya.
IMO, hirev=boros (selain bising).
Kalo saya peratiin eco sign di Lio, itu lampu baru nyala dengan syarat:
1. Kecepatan < 100kpj DAN RPM < 2000
2. Jika RPM > 2000 maka kecepatan harus > 100kpj
Diluar kondisi itu jarang diganjar nyala lampu eco.
http://www.youtube.com/watch?v=AsUGievpwSM
namun... namanya crash test cuma di 64kmh ......... gmn klw tabrakan di kecepatan "normal" jln tol indo 100-120kmh.... so.. tetep hati2.... dan ane lebih suka fitur preventif seperti suspensi yg baik, ESP, hingga min ABS aja...... mending ngehindar dri pada nabrak.......
untuk kereta api sih... errr at least yg kebanyakan di indo... motor diesel berkerja sebagai generator, ngasilin listrik untuk motor listrik yg gerakin kereta.
dan ya motor listrik bisa ngasilin torsi jauhh lebih besar dan dari 0 rpm
umm maksud om VM kuda diesel tergolong highrev n.a diesel karna peak powernya 4200-4500 an dan redline di 5000 salah satu keuntungan indirect injection yg lebih highrev, diesel lain seperti panther rev4000 an juga uda redline. dan yup benar om kebanyakan diesel n.a itu low rev.. kuat d rpm rendah di atas ngeden terutama direct injection.
dan err high rev diesel
http://www.youtube.com/watch?v=eet8Q-Y5 ... D_sJXJRVDg
diesel that rev to 8000rpm....................
turbo diesel kebanyakan juga justru di low rev kosong........ bgtu masuk rentang turbo biasanya 1700-2000> baru deh keluar tenaganya hingga redline.
dan yup highrev pasti lebih boros dari low rev. salah satu alasan juga knp diesel lebih irit dari bensin saat highload...... diesel ga perlu rev tinggi untuk ngail torsi puncaknya.
namun gasoline modern seperti ford ecoboost juga kini punya torsi puncak yang membentang dari rpm sangat rendah hingga tinggi... so jaman sudah berubah hehe

utk relax cruising memang lebih enak rev serendah mungkin... 100kmh @ <2000 rpm...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Betul, fwd atau rwd pasti ada gardannya, kalo ngga ada mah ya ngga bisa muter ban nyabillyd1773dz wrote:errrr..... boil fwd juga ada gardan.. di dalamnya ada finalgear yg ngoreksi ratio juga,,...... sama aja.dengan rwd..dogar wrote: Selain setelan mesin yg entah gimana koq bisa gitu, saya curiga ini karena sumbangsih RWD, dimana engine break...eh..brake
mendapat bantuan yg ngga perlu dari gear di gardan belakang, jadi over dosis deh engine brake nyah.
Baru kemungkinan yah, cuman analisis amatiran nih.
Selain itu, raungan mesinnya selalu minta masuk kabin. Baru menyadari kalo raungan mesin apanjah ini emang berisik justru setelah beberapa hari bawa Lio yg bunyi mesinnya sunyi senyap itu.
Tapi itu karena mesin 1.3 kali yah, soalnya buat lari 100kpj ajah RPM minimal kudu di 3000, dan mungkin juga ada bonus suara
putaran as dan gear dari gardan.
Coba deh mundur pake apanjah dan dengarkan suara gear nya waktu mundur, "ngeeeeeeeng" nya keras bener, jadi inget suara truk jaman dulu.
bedanya ga ada kopel aja.

Berbeda dgn fwd yg gardannya di dalem gearbox, kalo di rwd kan gardan terpisah (jauh) dari gearbox yg tentunya
perlu tambahan gear sana sini untuk menggerakkan gardan belakang.
Putaran propeller shaft dan gear-gear di dalem gardan itu akan menyumbang noise ke dalam kabin selain membebani kinerja
mesin lebih berat ketimbang fwd.
Jadi keliatannya ini faktor yg membuat avanza kurang senyap dan timbulnya gejala ndut-ndut-an saat deselerasi.
Semua gerobak saya yg rwd (apv, katana) punya karakteristik yg mirip-mirip: bising dan "extra" engine brake kalo deselerasi.
Tengkyu infonyadan,....coba.gugle asean ncap ... avania uda ada dan dapat 4 bintan setara dengan Pajero sport mirage dll..... dmn klw mau 5 bintang salah satu saratnya harus ada ESP

Ternyata baru ditest di thn 2013 ya. Biarpun rada telat, tapi sebuah kemajuan nih buat TAM.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Thx infonya. Airbag itu memang part yg dibutuhkan untuk safety, tapi part yg paling tidak kita harapkan untuk "bekerja"billyd1773dz wrote: ini um avanza crashtest
http://www.youtube.com/watch?v=AsUGievpwSM
namun... namanya crash test cuma di 64kmh ......... gmn klw tabrakan di kecepatan "normal" jln tol indo 100-120kmh.... so.. tetep hati2.... dan ane lebih suka fitur preventif seperti suspensi yg baik, ESP, hingga min ABS aja...... mending ngehindar dri pada nabrak.......

Secara psikologis nyetir mobil ber-airbag terasa lebih tenang, biarpun samasekali bukan jaminan bahwa airbag itu penyelamat
(inget kasus Lady Di, kurang gimana coba safety di mercy W140 S series nya).
Intinya sih keselamatan itu 90% ada di tangan kita sendiri, makin ngebut ya makin gede kemungkinan celaka.
Sisanya yg 10% faktor "sial" aja (lagi pekan-pelan ujug-ujug diseruduk mobil orang misalnya).
Wah ini ilmu baru lagi buat saya. Terus terang baru tau nih. tengkyu lagiuntuk kereta api sih... errr at least yg kebanyakan di indo... motor diesel berkerja sebagai generator, ngasilin listrik untuk motor listrik yg gerakin kereta.
dan ya motor listrik bisa ngasilin torsi jauhh lebih besar dan dari 0 rpm

Kirain yg namanya KRD itu penggerak rodanya ya mesin dieselnya itu.
Barusan googling ternyata loko yg roda penggeraknya langsung dari mesin dieselnya justru tenaganya kecil yah.
http://id.wikipedia.org/wiki/Lokomotif
Saya blom pernah sih pake diesel turbo, yg pernah pake semua dieselnya n.a.umm maksud om VM kuda diesel tergolong highrev n.a diesel karna peak powernya 4200-4500 an dan redline di 5000 salah satu keuntungan indirect injection yg lebih highrev, diesel lain seperti panther rev4000 an juga uda redline. dan yup benar om kebanyakan diesel n.a itu low rev.. kuat d rpm rendah di atas ngeden terutama direct injection.
dan err high rev diesel
http://www.youtube.com/watch?v=eet8Q-Y5 ... D_sJXJRVDg
diesel that rev to 8000rpm....................
turbo diesel kebanyakan juga justru di low rev kosong........ bgtu masuk rentang turbo biasanya 1700-2000> baru deh keluar tenaganya hingga redline.
dan yup highrev pasti lebih boros dari low rev. salah satu alasan juga knp diesel lebih irit dari bensin saat highload...... diesel ga perlu rev tinggi untuk ngail torsi puncaknya.
Kalo gasoline turbo pernah, tapi jadul punya, umumnya baru nge-boost di rpm 3000 keatas.
Kalo yg udah nge-boost di rpm rendah itu yg supercharger (mercy kompressor).
Iya tuh ecoboost bikin ngiler, mesin 1 liter dipasangin turbo.namun gasoline modern seperti ford ecoboost juga kini punya torsi puncak yang membentang dari rpm sangat rendah hingga tinggi... so jaman sudah berubah heheuda g selalu mengikat diesel selalu low rev dan gasoline selalu highrev.
utk relax cruising memang lebih enak rev serendah mungkin... 100kmh @ <2000 rpm...
Sayang harganya ngga bikin ngiler.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Hanya avanza yg bisa begini
Macem-macem tergantung nempel di merk mobil apawalid_007 wrote:Harga airbag brp sih??

Dari 1,5 juta sampe 20 juta, tapi ini berita bulan september 2013.
Harga sekarang pasti lebih mahal lagi.
https://id.berita.yahoo.com/air-bag-and ... 39123.html
Air Bag Anda Pecah? Ini Harga Spare Part Tiap Merk Mobil
TRIBUNnews.comTRIBUNnews.com – Min, 29 Sep 2013
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mobil-mobil keluaran baru saat ini seperti berlomba-lomba meningkatkan fitur keamanan bagi pengendara, terutama jika terjadi kecelakaan. Satu di antaranya adalah menyediakan air bag, yang berfungsi untuk melindungi pengemudi maupun penumpang dari kecelakaan parah.
Namun bagaimana jika air bag tersebut pecah? Masing-masing merk mobil menawarkan harga berbeda untuk penggantian air bag. Misalnya Toyota, yang membanderol spare part air bag seharga Rp 20 juta.
"Sebenarnya tidak memungkinkan diganti karena mahal. Selama ini belum pernah (ada air bag pecah). Kalau ganti, Rp 20 juta. Itu tidak dijual umum, harus lewat dalam," kata Nucholis kepada Tribun, seorang sales di booth Toyota dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Minggu (29/9/2013).
Sementara itu, Honda membanderol spare part air bag yang pecah seharga Rp 15 juta. "Bisa, ada spare partnya untuk semua tipe. Harganya Rp 15 juta," kata seorang sales Honda.
Sedangkan Daihatsu, jika air bag terbuka dan ingin mengembalikannya normal lagi, maka harus merogoh kocek sebesar Rp 1,5 juta. Namun tak diterangkan berapa harga bila harus mengganti air bag yang pecah. "Satu set Rp 1,5 juta. Beli angin sama pompanya. Di Astra Sunter sudah ada," kata Lukman, seorang sales di both Daihatsu.
Untuk merk Suzuki, jika air bag pecah maka harus menyiapkan Rp 10 juta untuk menggantinya. "Klaim dulu ke bengkel resmi, karena itu pesan di Tambun. Harganya Rp 10 juta," ujar seorang sales Suzuki.
Sama seperti Suzuki, Chevrolet juga membanderol spare part air bag yang pecah seharga Rp 10 juta. "Bawa ke bengkel resmi, sekitar Rp 10 juta (harga spare part air bag)," ujar seorang sales Chevrolet, Zulkifli.