Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by maskopat »

madcat015 wrote: @om walid: betul... tapi ada sedikit orang yang menghargai arti sebuah sejarah atau bahkan hanya untuk nostalgia. Kalo ga, pasar dan kecintaan akan mobil klasik atau lawas tidak akan berkembang.
ini nyindir ane???? :mky_06:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

maskopat wrote:
madcat015 wrote: @om walid: betul... tapi ada sedikit orang yang menghargai arti sebuah sejarah atau bahkan hanya untuk nostalgia. Kalo ga, pasar dan kecintaan akan mobil klasik atau lawas tidak akan berkembang.
ini nyindir ane???? :mky_06:
*menjura mohon ampun*

Image


Bukan nyindir om... :ungg:

Ane justru salut dgn orang2 yg menghargai mobil lawas nya dan memperlakukan mobil tsb dengan sangat layak.

Seperti om kopat dengan SL nya, atau bro ryan dengan Jin Merah nya... atau om asunu dengan Mini Mk.1

Individual2 seperti itu yg menurut nubie, merupakan individual yg luar biasa.

They are already part of their cars' history...

:ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by VanzMatic »

y_anjasrana wrote:Ga pernah nyetir mobil honda, pernahnya cuma mengendarai motor honda....... :ngacir:
Miauww...miauww...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by maskopat »

madcat015 wrote:
maskopat wrote:
madcat015 wrote: @om walid: betul... tapi ada sedikit orang yang menghargai arti sebuah sejarah atau bahkan hanya untuk nostalgia. Kalo ga, pasar dan kecintaan akan mobil klasik atau lawas tidak akan berkembang.
ini nyindir ane???? :mky_06:
*menjura mohon ampun*

Image


Bukan nyindir om... :ungg:

Ane justru salut dgn orang2 yg menghargai mobil lawas nya dan memperlakukan mobil tsb dengan sangat layak.

Seperti om kopat dengan SL nya, atau bro ryan dengan Jin Merah nya... atau om asunu dengan Mini Mk.1

Individual2 seperti itu yg menurut nubie, merupakan individual yg luar biasa.

They are already part of their cars' history...

:ungg:
wkwkwk.... makasih om... :cupss:
SL sudah hampir 32 tahun nemenin ane om... :)
sekarang lg ngejogrok di carport lagi gak bisa ngegelinding.. :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ChZ »

madcat015 wrote: Bukan nyindir om... :ungg:

Ane justru salut dgn orang2 yg menghargai mobil lawas nya dan memperlakukan mobil tsb dengan sangat layak.

Seperti om kopat dengan SL nya, atau bro ryan dengan Jin Merah nya... atau om asunu dengan Mini Mk.1

Individual2 seperti itu yg menurut nubie, merupakan individual yg luar biasa.

They are already part of their cars' history...

:ungg:
idem... makanya miara mobil lawas bukan pilihan bagi orang awam otomotif... mending duitnya di DP buat beli LCGC :upss:

mobil lawas hanya untuk orang yg bisa menghargai nilai historis dari mobil tersebut.... :big_grin:

ane ga bs bayangin Mercedes 300SL gullwing jatuh di tangan orang awam ga ngerti merc.... :big_slap: ngeliat banyak W124 jatuh di tangan yang salah aja udah bikin hati miris :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by maskopat »

Image

Image
:frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
:mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad: :mad:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by artoodetoo »

Saya boleh urun rembug yach :mky_01:
Meski mungkin sebagian besar sama dengan yg sudah2. :big_grin:
Dan ini semua pendapat pribadi, kalo salah mohon diberi angpau ... eh mohon dimaafkan.

Dari sejarahnya, pendiri Honda, yaitu Soichiro Honda, memang sudah menyukai hal2 berbau sport. Tahun 1937 saat berusia 31, dia sudah melakukan tune sebuah mobil untuk balap.
Lalu dia mendirikan pabrik piston ring dan menyuplai Toyota tapi akhirnya kontrak dibatalkan karena kualitas buruk. Lalu dia belajar mati2an tentang konsep kontrol kualitas Toyota dan akhirnya produk piston ringnya bisa diterima Toyota. Toyota sendiri saat itu sudah banyak memproduksi passenger car.

Nah, dari sini mungkin timbul semacam "dendam" dalam artian positif. Karena pernah ditolak, Honda kesal, tapi kekesalannya diarahkan secara positif, yaitu penasaran tentang konsep kontrol kualitas Toyota dan mempelajarinya hingga berhasil.

Saat mulai memproduksi mobil sendiri, saya menduga Honda tau, gak mungkin menang jika head-to-head dengan Toyota, makanya dia menciptakan sesuatu yang niche. Jika Toyota lebih cenderung ke passenger car dan fokus ke reliability, maka Honda cenderung sporty dan berani menggunakan teknologi terobosan2 terbaru. Dan saya pikir itu berhasil. Orang2 yg car enthusiasts pasti akan cenderung memilih Honda. Orang2 yang gak suka take a risk dan lebih suka main aman seperti saya, pasti ambil Toyota. :upss:

*halah ndobos, lha kok berani ambil Mirage, batch pertama pula* :big_slap:

Tapi tentu sekarang zaman sudah berubah. Krisis terjadi di mana2, persainganpun makin ketat. Mengambil kata2 orang bijak "if you can't convince them, confuse them" ... eh bukan, apa yaaa? :big_think: halah lupa ya pokokmen itulah.

Bagaimanapun, manusia pasti memiliki pride .... dan greed :big_grin:
Honda merasa berhasil dengan konsep niche-nya, tergoda untuk jadi sebesar Toyota dan bikin produk sama seperti Toyota.
Lah Toyota juga sami mawon wong sekarang mbikin mobil2 yg desainnya "agresif" (meski ya begitulah) dan keluar pakem Toyota selama ini.

Dan begitulah hasilnya. Produk2 mobil sekarang kebalik2. Si A yg dulunya mobilnya X jadi Y, si B yg dulunya Y jadi X, dll. Ya akhirnya konsumen apalagi die hard fans jadi confused. Eh, berarti betul ya yg "if you can't convince them, confuse them" tadi itu. Halah :upss:

Trus jadi kesimpulannya saya mau ngomong apa ini ya tadi :big_think:
Ya pokoknya feel Honda udah gak sama gitu deh.

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
M90
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by M90 »

Sorry Mod Kopat, kalo tersungging..... :big_grin:

Itu berdasarkan pengamatan ane di jaman SMA dan kuliah dulu.

Perhatikan lagi, kalimat ane " terbaik di kelasnya" artinya di cc yg sama. Civic Nouva di adu sama Lancer GTI, ya jelas kalah Civic Nouva. Kalah cc mesin, kalah teknologi (injection vs Karburator)

Dalam keadaan mesin2 sama2 sehat. Civic Excellent jika diadu samaCorolla DX atopun Lancer SL. Ane tetap pegang Civic Excellent. Dulu, ane udah pernah buktiin dulu soalnye...., di jamin itu Lancer SL hanya jadi trend dibikin ceper doang....... :mky_03:

Di era civic wonder "setrikaan" dan civic nouva....mobil merk lain yg "sekelas" spt starlet, mazda 323, dll udah keder duluan kalo mau lawan Honda.
Para speed freak yg make Honda Estilo berani adu nyali sama Ford TX3 ataupun Mitsu GTI

Ane setuju, jika Mitsu salah satu pilihan favorit para speed freak, siapa yg kenal tagline Mitsu "Born To Run"
Tp mesin Honda adalah mesin yg gampang di oprek utk meningktakan kemampuannya.

Pernah denger, cerita legendaris pembalap Nasional Aswin Bahar yg pake Civic Wonder melibas mobil2 yg secara kemampuan diatasnya.
Di jaman sekarang juga, kejayaan Honda di dunia balap tanah air masih terlihat.
Di kelas 1500 cc, nggak ada merk lain yg sanggup menghadapi dominasi Honda Jazz.
Di kejuaraan slalom test nasional, Honda Jazz masih jadi favorit.

Just Sharing, No Offense.... :big_peace:




maskopat wrote:
M90 wrote:Di era 80-an dan 90-an, Bokap ane pernah punya Honda Civic 3 generasi, Civic Excellent, Civic Wonder dan Grand Civic LX dan Civic Nouva. Di eranya, Civic tsb bisa dibilang memiliki mesin terbaik di kelasnya dan tentu saja handling khas honda yg nikmat diajak dansa di jalanan.

Di jaman itu juga Honda lagi jaya2nya di F1. Punya Honda rasanya bangga, mempunyai mobil Jepun yg "superior" dibanding Toyota, Mazda dll.
tahun 80-90-an? hehehe... speed freak gak akan pilih honda... :big_weee:
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by hitutbaw »

Mgkn masalah feel itu subyektif kah?

Tapi mksd trit ini feel itu sesuai yg abstrak atau hrs terukur parameternya?

Inget2 jadul pernah nyobain eterna gti ganass..Dan Gan Gti jg ganass. Kencang powerfulll.
Dan di rally mitsu jaman itu kan raja nya?

Tapi kl sy setir maestro pgmf1 ya kl gak salah wkt itu lawannya eterna? Cobain rute puncak bdg-jkt "feel" bawa honda itu yg lebih nikmat. Gitu jg kalau setir wonder, genio atau estillo.. Kalah otot rasanya tp wkt injek kopling, mindahin gigi, injek gas, belokin setir...feel nya itu loh gimanaaa gitu ya..haha kacaww.
Ferio jg gitu...mau nyusul kijang aja repot hrs mepet red line.. Tp enaaak...rasanya menyatu gitu, mau ambil tikungan.. Pas belokin nya...ambil gas lagi..

Jgn2 feel itu terlanjur kerasukan ya mensugesti kl honda pasti begitu rasanya..

Tp dirasa rasa.. Bawa yg skrg dibanding jepang yg lain masih ada juga kok rasa honda nya..plus praktikalitas.

Ge8 kerasa kurang otot, keras luar biasa, redaman suara ancur2an.. Malah feed back setir jg kurang, walau kerasa akurat dan linear steeringnya. Tp kl red line bawa kenceng belok2in masih adalah rasa honda nya.. Dibanding bawa yaris misalnya, gmn sih karakter yaris..gak ada kesan. Bukannya yaris jelek ya, torsi bawah kuat ringan di kota, lebih manusiawi bantingannya dr jazz tp "Feel"?..Imho subyektif ya gak ada yg jd terkesan gt..

Sy ikut om kompresorz... Kl honda bikin kangen setirnya.. Bukannya itu yg mksdnya "feel".

Mau jd plastik jelek, mesin kejar efisien, steering elektrik.. Tapi desain, praktikalitas, durable, dan "feel" honda masih ada ...kalau bener2 mau nostalgia "feel" honda cb aja jazz, brio transmisi manual, civic manual, accord manual (ada gak ya hehe)..
Crv itu no 1 ya di dunia..accord, civic jg teratas terus bareng camry di amrik yg pasarnya gaban so? Jazz no 1 di jepun, jg raksasa salesnya di dunia... So?

Mobilinyong nih yg ngikutin strategi toyota buat "regional spesific vehicle" haha apa atulah istilahnya sesuai selera penduduk setempat.. Kita tunggu sukses apa nggak tuh mobilio.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

Based on my comment:
AD74YA wrote:Tret yang cukup menarik...

Banyak pendapat yang bagus, tapi lebih banyak yang misleading...
I started with this:

axala wrote:"DI HONDA KAMI MENGHARGAI INVESTASI ANDA DENGAN INOVASI"

Begitulah tagline honda yg sampai saat ini dikenal oleh banyak masyarakat indonesia
honda dikenal sebagai produk buatan jepang yg juga dikenal pada sisi "fun to drive" nya, dikenal begitu dengan eksistensi honda didunia balap dan juga dalam sisi sporty nya dalam berkendara

dikenal juga sebagai produsen yg memproduksi mobil2 "semi" eksklusif dahulu yang juga penuh dengan inovasi yg berbeda dari pesaing2 nya dahulu :big_smoking:
seperti honda accord maestro yg ditahun 1993 itu memiliki ac auto climate control digital ,dimana fitur itu dizaman itu baru dimiliki oleh mobil2 mewah kelas atas semacam BMW Seri 7 dan lain2nya

honda dikenal sebagai produsen yg praktis dan memberikan banyak kelebihan dibanding pesaingnya :mky_01: :mky_01:

Nah..tujuan nubie membuat thread ini ialah nubitol ini mau mencari tahu apakah sebuah honda masihkah sebuah honda yg kita kenal dulu, atau honda yg kita kenal dulu sudah berubah menjadi sesuatu yg tidak kita kenal sebagai honda, bagaikan manusia yg diswap menjadi robot pekerja yg terprogam melakukan sesuatu terus menerus tanpa hasrat dan jiwa
OK.

Pertama, Honda adalah brand multi-national dari Jepang, dan masih asli Jepang dari dulu sampai sekarang. Dengan mengambil kasus Brio dan produk yang hanya beredar di Indonesia atau beberapa negara Asia dan membenturkannya dengan principle Honda Global, maka akan timbul sebuah kesimpulan yang misleading.

Karena:
1. Demand dan sudut pandang konsumen yang sangat berbeda di suatu region.
2. Sebagai perusahaan otomotif multi-nasional, pabrikan mobil selalu memiliki batasan otoritas menentukan arah perusahaan sendiri.
3. Seindah apapun bahasanya, sektor regional hanyalah "proyek pendukung" dari tujuan besar global perusahaan kedepannya.

Jadi? Gimana caranya tau principle inti perusahaan otomotif donk kalau gitu? Jawabannya cukup simple sebenernya: tinggal melihat produk apa yang mereka produksi untuk pasar global. Karena investasi terbesar perusahaan akan terletak di pengembangan produk yang akan mereka pasarkan secara global, dan pastinya merupakan demand perusahaan untuk memberikan signature di produknya berupa company principle yang masih "asli" (tolong jangan di salah artikan).

Mobil yang diproduksi Honda sebelum tahun 2000 keatas secara tidak langsung adalah "produk global" karena pengembangannya 90% berada di HQ nya di Jepang. Didesain, dibangun disana, baru ekspor ke negara-negara lain - atau di desain, dibangun disana, prototype machinery dan produknya dikirim ke US yang punya pabrik dan pasar Honda sendiri. Jadi dalam istilah konsumen nya "kualitas" produknya dalam hal principle "masih terjaga". Hal ini mulai berubah ketika perusahaan harus expand dengan membangun pabrik di banyak tempat untuk memenuhi demand nya.. Perusahaan harus bisa fleksibel dalam skala regional, karena itu otoritas merupakan keharusan, dan akan sedikit berdampak "fleksibel" juga terhadap kebiasaan penentuan standar produk prinsipal pusat dan global.

Jadi, inti yang mau saya bilang, adalah komen pertama bro axala sekilas mengacak-aduk antara principle Honda Global dan HPM, karena walau dasarnya sama, fleksibilitas terhadap pasar yang membuat karakteristik mereka Harus berbeda. Tinggal berikutnya, sedikit atau banyakkah perbedaannya hingga Honda Indonesia masih layak disebut Honda, nah ini yang akan memberikan jawaban variatif tergantung sudut pandang masing-masing.. Kalau mengutip dari filsuf terkenal, Vicky Prasetyo, akan menimbulkan "Kontroversi Hati" - ndak bakal selesai-selesai dibahas.

Nah... Berikutnya, biar ngerti nih... Honda yang sekarang masih sama gak sih dengan Honda yang dulu?.... Kita harus sedikit belajar sejarah... Tolong jangan ngantuk ye... :upss:

"THE POWER OF DREAM"

Itu adalah tagline global Honda, dan lucunya banyak yang mengira tagline ini baru dibuat diatas tahun 2000, padahal Soichiro Honda sudah membentuk prinsip ini dari awal membangun Honda di tahun 1930, dipadu dengan kata-katanya yang paling terkenal mengenai engineering:

"Engineering without Personality doesn't have much value."

Personality menjadi kata kunci Honda dalam melakukan bisnis dari dulu (wajib diingat, walau bagaimanapun bisnis tetap bisnis, patokan utamanya untuk mencari keuntungan). Soichiro selalu bertanya kepada tim desainernya ketika membangun sesuatu yang baru, "What part of this new? What part is different from other makes?". Dari sini kita bisa lihat bahwa dari segi konstruksi, Honda tetap berpatokan kepada produsen lain, tetapi tidak 100% mengikuti prinsipnya, justru agar dapat membuat produk yang totally different tetapi masih sesuai demand pasar dan memberikan nilai tambah yang tidak dimiliki pesaingnya.

Dimulai dari desain mesin motor "chimney" sebagai pengembangan mesin konvensional 2-tak. Mesin desain Honda lebih irit plus lebih kencang, walau akhirnya tidak jadi masuk jalur produksi massal. Hal ini menjadi salah satu signature Honda, yaitu Efisiensi Kinerja mesin; ini untuk counter komen misleading yang bilang kalau Honda sekarang terlalu fokus di mobil irit seperti, mohon maaf, oom Jekael :
jekael wrote: Hando sekarang sepertinya udah belok arah, dari strength perform ke efisiensi, dari eksklusifitas ke market volume oriented.
Hando masih belum pengalaman buat mobil merakyat,
Sedikit salah kaprah karena:
1. Dalam pengembangan mesin, Honda selalu menempatkan performa dan keiritan dalam level yang sama.
2. Honda justru tulang punggungnya di kendaraan rakyat. Mobil pertama Honda adalah Pickup T360, dilanjutkan dengan sportcar pertamanya Honda S500, keduanya membawa inovasi besar di bidang efisiensi mesin dan harga yang terjangkau. Mungkin dalam hal ini oom Jekael lihat dalam scope regional, tapi wajar saja sih, saya juga mengerti kok... :frm_salut:

Nah... Hal lucu lain yang merupakan prinsip Honda adalah 3 Joyful:
1. The Joy of Buying
2. The Joy of Selling
3. The Joy of Creating

Honda merupakan manufaktur pertama di dunia yang memperkenalkan prinsip ini sebagai fokus utama pengembangan perusahaan. Jadi Honda bukan berfokus kepada penjualan atau jor-joran ngasih kelebihan di produknya, tetapi costumer dan supplier engagement yang merupakan fokus utama.. Linked-environment inilah inovasi terbesar Honda sampai sekarang, dan seperti kata oom Madcat dari segi bisnis: ASS merupakan yang utama bagi Honda dan inilah yang paling terlihat di Indonesia. Sayangnya, seperti kata oom Madcat, betul hal ini merupakan justifikasi Honda dalam mencanangkan harga jual..

Tapi hal ini merupakan counter bagi yang bilang kalau Honda jaman dulu memiliki lebih banyak "fitur" ketimbang sekarang (ada di page awal-awal yang bilang masalah climate control, lalu lanjut ke softpad, dll.. ), dipadu dengan prinsip pertama yang saya sebut, karena dari awal sebenarnya hal ini bukan hal penting bagi Honda.. Hanya saja kalau mereka tidak bisa mendapatkan hal "inovatif" yang dapat membedakan dirinya dengan merk lain, maka Honda akan ikut mainstream... Bingung? Maksudnya gini; karena jaman dulu yang besar macem Toyota masih spartan interiornya, Honda bikin full softpad, seperti aplikasi penggunaan pelapis beludru di mobil juga Honda yang pertama... Di masa sekarang, mereka lebih strategis dengan mendesain Interior se menarik mungkin sebagai pembeda dengan rival-rival terdekatnya dan, sayangnya, justifikasi hilangnya luxury trimming. Contoh simpel ya desain open-cafe dash Freed, speedo double step di Civic FD, touch screen AC di new Oddys, dll.... Tapi balik lagi, memang kelengkapan fitur dan luxury trimming nggak pernah jadi forte utama Honda, dan ini yang harus dipahami biar gak asal jadi Fanboy... :ngacir:

Dan, balik ke unsur Joy tadi, benang merahnya adalah di reliabilitas produk, hanya di tambahkan sedikit "Fun" di dalamnya -> bersangkutan dengan desain, fitur dan performa. Jadi betul sekali kalau oom Kopat bilang, Honda dari dulu dari segi performa mobil passenger nggak pernah jadi gacoan utama yang beneran speed freak; mereka akan lebih milih Mitsu yang mesinnya superior dibanding Honda yang satu generasi.. Tapi Honda menang dalam strateginya memproduksi "Cheap and Cheerful" cars, mobil biasa, tapi bisa memiliki potensi pengembangan luar biasa karena di dukung oleh "The Joy of Creating". Honda merupakan produsen pertama Jepang yang push supplier, baik in-house, outsource, maupun 3rd party untuk develop parts agar konsumen dapat memodifikasi mobilnya semaksimal mungkin, berbarengan dengan demam modifikasi pony cars jadi muscles di America. Nah inilah forte utama Honda di performa jaman dulu, pada jaman sekarang dengan konstruksi makin automated dan green, dan demand pasar yang udah shifting dari modifikasi mesin ke mesin standar tapi superior.

Yang koplak, ane pernah baca di majalah AB (majalah kecintaan kita semua) dimana Jonfis pakai prinsip Joy of Creating ini sebagai tameng downgrade di Indonesia dalam acara Jazz Tuning Contest. Mengatakan kalau pasar Honda utamanya untuk anak muda dan memberikan kesempatan sebesarnya untuk modifikasi bla bla bla. Biasa, logic-turning orang marketing.

...

Beh capek kali awak ngetik.... Masih ada satu komen paling menggelitik buat ane, dan so wrong in so many level, yaitu dari bro Walid, mohon maaf, ane akan luruskan sedikit:
walid_007 wrote:Ohh y
Mobil honda itu hanya bermain di kelas "bawah" hargany aja ga ada yg lebih dr 600 jt
Mereka membuat untuk fungsionalitas berpindah dari titik a ke b
Mereka ingin meniru toyota, yang kuat dan minim perawatan alais 0

Kenapa mereka meniru boyota?
Krn dia market leader
Dimana mana , yg namany leader pasti akad ditiru, disaingi, bahkan saling begal membegal....klo bisa dibunuh agar dia yang jadi penggantiny

Kembali ke fungsionalitas tadi, yang diharuskan ya kekuatan...

Kmbli ke contoh
Ketika anda beli crv sekarang dan cx 5 sekarang ,, dalam 10 tahun si cx5 pasti udah ga karuan,, rusak dsb,, sedangkan si crv bisa saja masih sehat
Dan itu udah diterapkan boyota dari dulu jaman jebott... sejak anak tk pun tau

Jadi klo mau driving pleasure ,pliz deh jgn beli boil sekalas civic atau apalah.... silahkan beli sport car
Poin harga, jelas Oddys harganya 700 juta, itu udah kesalahan pertama. Yang kedua, pakai harga patokan Indonesia untuk Honda dan Toyota secara global, itu lebih salah lagi... Nggak perlu tanya kenapa kan? :mrgreen:

Yang poin tiru-meniru, tidak salah 100%, akan tetapi masalah tiruan, begal membegal, membunuh itu udah salah kaprah lhor karena ternyata Honda dan Toyota itu berteman baik dari dulu... Neh sejarahnya:
1. Honda supply piston mesin buat Toyota dari jaman sebelum perang dunia kedua..
2. Automated machinery Toyota di awal-awal tahun produksinya siapa yang bikin? Honda
3. Pabrik mesin Honda yang rusak tahun 44 dan 45 karena perang dan gempa bumi yang beli aset nya siapa? Toyota. Uang yang didapat Honda jadi modal pertama bikin perusahaan kendaraan bermotor (motor dan mobil)
4. Develop hybrid engine modern pertama dan membantu Toyota develop Prius untuk mass-production siapa? Honda
5. Dll.. Dsb..

Karena mereka berteman dekat, bahkan Soichiro pernah kerja di Toyota, dalam mendevelop mobil, Soichiro paling anti menyamakan diri dengan Toyota. Dan itulah Honda dari dulu sampai sekarang.. Strategi perusahaannya saja berbeda 180 derajat pada generasi yang sama... Mau bukti?

1. Walau sudah bisa produksi mobil, core competence Honda adalah di motorcycle development hingga 1980-an
2. Yang pertama meluncurkan Luxury product pertama adalah Honda dengan Acura di 1986, Toyota sejujurnya kalang kabut pada saat itu, dengan buru-buru menelurkan Lexus di 1989 yang hasilnya adalah ES250 yang nggak banyak orang bisa bedain dengan Camry biasa..
3. Dana R&D Honda 2x lipat Toyota pada awal-awal development produknya, dan gak cuman mobil, gardening dan robotics yang mereka kembangkan secara ekstensif. Sedangkan Toyota berfokus untuk develop Mall dan infrastruktur Toyota City.
4. Toyota sibuk bikin Sport car kayak GT2000, sorry, Soichiro mikir bakal jadi keputusan pendek kalau ngikut, dan memutuskan masuk ke F1. Hasilnya? Honda meluluh-lantakkan F1. Ferrari? Nggak berkutik. Sampai Lotus, Spirit, Tyrell, Williams, bahkan McLaren pakai mesin Honda buat F1.. Honda juga jadi produsen pertama Jepang yang punya All-Japanese construction mulai dr engine, transmission, body, technical ke team members-spec F1 team, sesuatu yang tadinya hanya dimiliki oleh Ferrari yang all-Italian. Hasil dari F1 di jalan raya bagi Honda adalah NSX, dan sorry sekali lagi buat Toyota, Steve McQueen beli Honda NSX, dan gak beli Supra.
5. Sekarang lagi developing Honda Aircraft Company.. Toyota?
6. Dsb, Dll... Belum tentang developing engine, chassis, transmission, safety equipments...

Dan lagi, Takanobu Ito, CEO Honda saat ini mengatakan bahwa benchmark mereka adalah Ford dan Mercedes Benz, so, no Toyota. Trace nya gampang dilihat kok.. Dalam sizing ukuran model passenger car Honda lebih mirip ke Ford, Full-size Accord malah 11-12 ukurannya sama E-class. Parkir otomatis yang jadi standar Ford juga udah diaplikasi, bentar lagi connectivity yang bakal ada di Honda seakan terispirasi dari Ford juga. Pengembangan global product Honda juga tahun 2015 akan dicanangkan 60% berada di Inggris dan menuju 80% di develop Inggris pada tahun 2020, juga mengikuti strategi global Ford yang sekarang mulai dari Fiesta, Focus, hingga sedan mewahnya semua di develop di Inggris. (note: next gen Honda Fit memiliki mesin yang di desain, di produksi di Inggris, dan di ekspor ke Jepang).

Nggak perlu malu, justru ini strategi cerdas Ito menurut ane, karena mereka berkaca pada dua produsen terbaik di masing-masing benua asing.

...

Yang perlu di beri Note memang, sejak kepemimpinan Kawamoto, Honda sudah memutuskan berhenti dari produksi Coupe dan F1, dan fokus ke recreational cars (SUV, Van). Legal mulai tahun 1991. Penyebabnya? Karena demand pasar maunya recreational vehicle, cuman itu aja. Sekali lagi, bisnis tetep bisnis.

...

Nahhhhhhhh......... Balik ke asumsi oom walid tentang CX-5 yang bakal ancur 10 taun, ane no komen.... Berhubung ane bukan cenayang... Ane gak punya ilmu buat bahas ini.

Sekian... Moga-moga dikit kilas balik sejarahnya bisa buat paham kenapa Honda sekarang seperti Honda sekarang...

NAH... pertanyaan pamungkasnya... Bagaimana HPM?

Biar oom Madcat saja lah yang jawab :upss:


...


Mohon CMIIW yaaa

:thanks:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by imsus2c »

^^^
viva Hyundai....!!!


...eh, salah ya... :ngacir:

Yg penting masih sama2 pakai logo H
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
idhamwahyudi23
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sun Jan 19, 2014 15:40

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by idhamwahyudi23 »

Ane Pedagang mobil di bawah 100jt udh berjalan 1 th.
Sering jual beli mobil 50'an
Honda : model body, lekukan body, pandangan ke depan luas, nilai the best
Kalah di interior.
Kalau dr pengalaman ane nih, yg beli Honda era 90'an sampe 2002. Itu yg udh punya mobil sebelumnya.
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by hitutbaw »

@adjaya
Wah mantap mod jay..

Kl ngikutin judul trit, kesimpulannya gmn menurut om helm tentang feel itu...
Hahaha..
Abis ini ntar ada trit feel nissan, mitsu, mazda..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by maskopat »

mod helm, kalo emang NSX adalah hasil dari F1 di jalan raya, kenapa mesinnya dipasang melintang? bukan memanjang kek pada umumnya mid engine lainnya? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by axala »

Ane luluh..........ngebaca pendapatnya modstig... :mky_01: :mky_01: :mky_01:

dan ane simpulkan ini thread salah judul :mky_01: :mky_01: :mky_01:
harusnya = " perbandingan "feel" honda di indonesia dari masa-kemasa"

karena honda itu global company dan kasus material,fitur dan brio bukan masalahnya honda global

melainkan masalahnya HPM dari si jonpis :big_smoking:
Last edited by axala on Thu Jan 30, 2014 5:21, edited 1 time in total.
Pursuit of Perfection
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

hitutbaw wrote:@adjaya
Wah mantap mod jay..

Kl ngikutin judul trit, kesimpulannya gmn menurut om helm tentang feel itu...
Hahaha..
Abis ini ntar ada trit feel nissan, mitsu, mazda..
Eh... Oh... Eh....... Piye iki... :big_chicken:

Kan kan... Si CEO udah ganti arah Honda dari Coupe ke Recreational Vehicle (SUV and Vans) jadi mungkin ini ada kaitannya kali ya sama feel.... Ane masih nubie jadi ndak paham dan ndak berani ngasih kesimpulan.... Cuman biar satu frame sama sejarahnya aja oom... itupun cuman sekilas yang ane pahami... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
maskopat wrote:mod helm, kalo emang NSX adalah hasil dari F1 di jalan raya, kenapa mesinnya dipasang melintang? bukan memanjang kek pada umumnya mid engine lainnya? :e-think:
Mengenai transverse engine nampaknya lebih ke distribusi bobot master... tapi exact nya kenapa ane kurang paham... yang ane tau, NSX itu showcase kapabilitas Honda dalam derivatif teknologi F1 ke jalan....

Contoh:
1. NSX merupakan mobil massal pertama yang menggunakan all-aluminium monocoque body, dengan aluminium-alloy frame, dan suspensi.
2. Mesin V6 pertama di jalan raya dari full aluminium dan dipasang mid-engine
3. Titanium connecting rod biar mesinnya bisa super high RPM juga dari F1 (8000 RPM, kalau gak salah revving mesin jalan raya yang tertinggi saat itu, Ferrari cuman sampai 7000-an pada masa yang sama)
4. VTEC VVT system dan ETC pertama Honda di jalan raya
5. Mobil jalan pertama dengan Forged Pistons
6. Ndak penting, tapi mobil pertama yang punya 23 layer paint, untuk mengurangi drag coefficiency...

Semuanya dari F1 tuh master Kopat.... Cuman sebatas itu yang ane tau.. :ungg:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by jekael »

@ adjaya
Thanks buat koreksinya Om. Salut buat wawasannya yang luas dan ulasannya yang sangat mantap.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ZombiEE »

Tunggu ye...pelan2 cerna dulu, maklum kelas tahu
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

axala wrote:Ane luluh..........ngebaca pendapatnya modstig... :mky_01: :mky_01: :mky_01:

dan ane simpulkan ini thread salah judul :mky_01: :mky_01: :mky_01:
harusnya = " perbandingan "feel" honda di indonesia dari masa-kemasa"

karena honda itu global company dan kasus material,fitur dan brio bukan masalahnya honda global

melainkan masalahnya HPM dari si jonpis :big_smoking:
Mengenai judul, nggak papa sih... malah lebih asik melihat skala global, lalu regional... Asik tret nya oom... ane puyeng... uwkwkwk
jekael wrote:@ adjaya
Thanks buat koreksinya Om. Salut buat wawasannya yang luas dan ulasannya yang sangat mantap.
Mohon maaf ya oom, ane juga blom tentu bener... Sama2 belajar kita oom.. :cupss:
ZombiEE wrote:Tunggu ye...pelan2 cerna dulu, maklum kelas tahu
Kan... kan... kan... mulai...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by imingwahyudi »

:big_chicken:

*berondok ke lantai atas*
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by artoodetoo »

Meski tulisan saya juga menyinggung2 sejarah, emang beda kalo yg nulis adalah masternya.
*menjura ke mod AD74YA*
:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:


BTW, baru sadar kalo emot ini -> :frm_salut: aneh, masa hormat pake tangan kiri :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by kariage »

Oooh.. Honda
Ternyata kamu memiliki sejarah dan masa depan yg mengagumkan.

*sambil memandang my honda (sepeda motor) :e-boohoo:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ZombiEE »

Jadi feel nya gimana ya? Hmmmmm
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

tengyu oom iming, mod droid... :cupss:
ZombiEE wrote:Jadi feel nya gimana ya? Hmmmmm
[cencored] simpulkan jem...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ZombiEE »

Ya ga tau mas....belum pernah kendarai homda2 baru...
Kalau kau sotoy sih mnrt ane baik2 aja...antara honda stagnan smentara kompetitor nya inovatif atau honda rest on its laurel...