Megalontong wrote:Tetep aja risol memungkiri segala reliability rendah itu padahal sudah dibeber. Malah membuat teori baru jatuhnya harga BMW karena sebab lain. Malah bicara popularitas, padahal BMW di indonesia ini termasuk populer juga. Tapi fakta di lapangan harganya hancur lebur.
Bukan membuat teori baru, tapi memang begitu keadaannya. Resale value itu juga bergantung dari faktor2 lain misalnya harga perdana waktu baru dan popularitas, bisa juga tergantung dari model generasi dan tahun. Itu fakta.
Misalnya nih ane kasi contoh:
Pake basis dari
http://www.autocarprices.com/ yg diupdate tiap bulan sebagai patokan harga. Basis harga yg dipake di website ini juga mirip2 dengan harga di pasaran (misal harga actual mobil di kapanlagi.com)
ML320 W163 yg pake mesin M112 (mesin yg sama dengan E320 V6 thn 98-02), dan juga mungkin share sebagian besar parts mesin, cooling system, transmisi, elektrikal dengan saudaranya si W210, harganya:
Thn 01 = 220 juta
Thn 02 = 240 juta
BMW X5 E53 yg pake mesin M54 (mesin yg sama dengan 530 E39), dan bukan cuma share parts lagi, tapi juga share platform dengan E39, harganya:
Thn 01 = 270 juta
Thn 02 = 290 juta
Kenapa bisa begitu? Kalo memang BMW kalah di reliability, maka yg tetep bisa bikin dia punya harga resale lebih tinggi adalah faktor2 lain itu kan? (harga baru lebih tinggi, lebih populer di market sini, dsb)
Bukan cuma yg model jadul aja, coba cek harga bekas ML W164 (2006-11) dengan X5 E70
Kalo sifat ane spt ente, ane semestinya sekarang udah koar2 dong, Wahhh BMW lebih reliable daripada mercedes hehehe....kan engga, karena harga bekas aja bukan satu2nya patokan reliability
