Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
T3ChNo16 wrote:
ge disini adalah sebagai berikut.... kulen sama si water di campur dulu (dijerigen ato dimana gitu..) baru dimasuken ke lobang radiator -----ataw---- dimasukin secara terpisah misal si water dulu 4 liter.. terus si kulen 4 liter...
baru males ke BeRes Boss... trauma dan masi teringat kenangan lama ku bersama si VICS... hiks hiks hiks
ohhhh.................... sebaiknya spt yg ane dah tulis.... yaitu air dulu, tp jangan banyak2 ya.... buat mendeteksi apakah ada kebocoran apa kaga.... klo ga ada kebocoran baru dimasukkan coolantnya.... setelah itu sisanya pake air......
ya udah... klo gitu coba tanya2 ama yg punya mbl sejenis........ mudah2an bisa membantu................
Di mobil jazz ge8 ane masih pake coolant bawaan pabrik sewaktu masih baru sampe sekarang udah sekitar 10 tahun belum pernah di kuras pas ane cek masih bagus warna biru bening ga ada karat sama sekali, cm kadang pas kurang dikit2 ane tambahin air aki aja..ga ada masalah sampe skrg
di fortuner bensin ane udah sekitar 11 tahun pake coolant bawaan pabrik toyota ga pernah di kuras juga tapi sempet ada kebocoran di selang bypass cm ane tambahin air aki juga, sampe pada akhir nya coolant nya tak tersisa karna sering bocor. Lalu ane kuras karna penasaran takut ada karat, ternyata pas dikuras air nya bener2 bening tidak ada warna coklat nya sama sekali, terus ane isi lagi deh pake coolant toyota beli di atrium senen
Sejak pakai avanza G tahun 2004 sampai skg pake GNKI 2013, selalu pake coolant nya toyota. Karena kebetulan mobilnya toyota
Kuras tiap 40rb km atau 2 tahun sekali.
Tapi coolant nya toyota juga lumayan oke sih, ane rekomendasiin ke temen yg pake Suzuki, Honda, Mitsu jg. Semua pada pakai dan komentarnya positif semua.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
masih pakai prestone hijau yang ready to use. penggantian setahun sekali waktu mau mudik lebaran. gak lihat jarak. dulu pernah pakai pertamina coolant tapi karena semakin susah di dapat jadi nya pindah prestone
Kalau saya pake yg OEM pabrikan yg long life Coolant Warna biru utk top up reservoir coolant bila kurang dari middle point nya. Selama 46 bulan pake mobil dari baru dak pernah ganti atau kuras coolantnya cuma top up aja.
Coolant temperature wajarnya nyentuh berapa Celcius sih maksimal para senior sekalian? Ceritanya saya beberapa bulan lalu ada beli OBD Bluetooth murah meriah buat pake ke mobil umur ampir 4 tahun, baru seminggu terakhir perhatiin Coolant temp kadang bisa toel angka 102 derajat kalau di siang bolong. Masih normal kah? Mostly sih di angka 96-97 kalau siang bolong, kalau sore atau pagi hari macet2an palingan 88- paling max 93 derajat.
vp920b wrote: Wed Feb 21, 2018 8:09
Coolant saya pilihannya adalah Hyundai punya. Karena 100% konsentrat, dicampur air distilasi atau air accu biru beres.
Dijamin % coolantnya banyak. Bisanya saya pakai ratio 50:50 or 40:60(Coolant:Air distilasi).
Tidak tertipu dengan yang sudah premixed, karena premixed kayanya cuma dicampur 5% aja mentok 10% coolant, sisanya air distilasi.
Harga termasuk murah, 1L cuma 50-60rb bisa beli di BeRes hyundai.
Minta tolong penampakan label botolnya om.
Penasaran.
vp920b wrote: Wed Feb 21, 2018 8:09
Coolant saya pilihannya adalah Hyundai punya. Karena 100% konsentrat, dicampur air distilasi atau air accu biru beres.
Dijamin % coolantnya banyak. Bisanya saya pakai ratio 50:50 or 40:60(Coolant:Air distilasi).
Tidak tertipu dengan yang sudah premixed, karena premixed kayanya cuma dicampur 5% aja mentok 10% coolant, sisanya air distilasi.
Harga termasuk murah, 1L cuma 50-60rb bisa beli di BeRes hyundai.
Minta tolong penampakan label botolnya om.
Penasaran.
Monggo dilihat penampakannya di attachment.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Singkat cerita, liat di OBD suhu coolant kadang bisa toel 102-104 derajat celcius kalau macet2an parah di pagi-siang hari. Selama ini belum pernah ganti air radiator bawaan mobil Honda yang menurut bukman adalah long life (10 years/200k KM).
DIY sendiri ganti prestone tanpa flush (bener2 cuman drain and refill), liat OBD 2 hari belakangan kok bisa turun maksimal cuman 98 derajat celcius.
Apakah ada pengaruhnya karena Prestone "hanya" 33% concentrated sedangkan bawaan Ahond long life 100% concentrated? Apa ya, pernah baca di sini dan forum2 luar kalau lebih banyak porsi air biasanya maka kapasitas kalornya lebih tinggi...otomatis suhu mesin malah bisa lebih rendah. Apakah benar seperti itu?
Coolant temperature wajarnya nyentuh berapa Celcius sih maksimal para senior sekalian? Ceritanya saya beberapa bulan lalu ada beli OBD Bluetooth murah meriah buat pake ke mobil umur ampir 4 tahun, baru seminggu terakhir perhatiin Coolant temp kadang bisa toel angka 102 derajat kalau di siang bolong. Masih normal kah? Mostly sih di angka 96-97 kalau siang bolong, kalau sore atau pagi hari macet2an palingan 88- paling max 93 derajat.
normal, ane juga colok OBD clone. kalo suhu mo lewat 105 C baru deh tuh Dual fan motor lsg mode high speed. terus suhu turun ke 100an. kalo pas panas2nya sambil macet, kalo lagi cruising sih sktr 90~ 95 an.
josomba wrote: Sun Feb 25, 2018 9:40
Singkat cerita, liat di OBD suhu coolant kadang bisa toel 102-104 derajat celcius kalau macet2an parah di pagi-siang hari. Selama ini belum pernah ganti air radiator bawaan mobil Honda yang menurut bukman adalah long life (10 years/200k KM).
DIY sendiri ganti prestone tanpa flush (bener2 cuman drain and refill), liat OBD 2 hari belakangan kok bisa turun maksimal cuman 98 derajat celcius.
Apakah ada pengaruhnya karena Prestone "hanya" 33% concentrated sedangkan bawaan Ahond long life 100% concentrated? Apa ya, pernah baca di sini dan forum2 luar kalau lebih banyak porsi air biasanya maka kapasitas kalornya lebih tinggi...otomatis suhu mesin malah bisa lebih rendah. Apakah benar seperti itu?
krn kita tinggal di daerah tropis yg ngak ada suhu rendah extrim, tdk perlu kandungan "Ethylene Glycol" banyak. kebanyakan "EG" mengurangi heat transfer coolant, 30/70 spt punya pertam* coolant dah cukup.
D rumah mobil uda 2tahun langsung kuras. Yg lama buang langsung ganti prestone warna hijau. Kurasnya pas sekalian ganti oli di SND. Habis itu ac mendadak sejuk dingin.