(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah salut tuk bro imsus, pecinta dan lover sejati santi sampe R & D skalia

bener khan kubilag bro imsus bener SUHU SANTI..... peace
sangat bermanfaat buat lainnya
:off_good_job:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

imsus2c wrote:Himbauan....

Kita harus akui sekstor kelistrikan di santi emang ringkih....so please extra caution and care....
Berikutnya, jangan tunda servis/tune up, terutama untuk sektor kelistrikan...kalo lagi servis, mendingan minta discan semuanya atau dibersihkan
Khusus untuk MAF (kasus santi saya), kemungkinan besar errornya disebabkan
1. Terlalu kotor, karena santi sering saya ajak AKAP....maka itu, rajin-rajin periksa dan bersihkan filter
2. Volumetrik ruang bakar sudah berubah akibat overhaul dan PortingPolished yang dulu saya lakukan...kata pak mekanik, ukuran dan bacaan sensor MAF ini juga dipengaruhi kondisi volumetrik ruang bakar mesin
Ini sekaligus menjawab pertanyaan saya, kalau memang bisa disetel, kenapa pabrikan membuat MAF ini "semi paten/permanen", terlihat dari adanya lubang sekrup sensor yang hanya 1 posisi (tidak bisa dimiringkan)
Itu karena sensor sudah disesuaikan dengan ukuran mesin dan volumetrik aslinya
Sekaligus menjawab keingintahuan/pertanyaan bro benzz, kenapa tidak bisa pakai MAF dari tipe mobil lain...ya itu, jawabnya, program ECU dan volumetrik harus sinkron


Ok deh....capek nulis dan upload :off_sleep:

Ditunggu sharing dan komentarnya :drinking:
Trims bro Imsus untuk penjelasan-nya yang panjang-lebar & mendalam, kita2 yg msh newbie jd bisa lebih paham tentang si suspect "MAF" ini. Will U please received my great salute to U bro :frm_salut: cos U really deserved the honour :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

Berarti kesimpulan-nya santi produksi th 2002 up memiliki beberapa "perbedaan" dalam electrical system-nya which is seharus-nya juga ada perbedaan dalam "rasa"-nya...either dalam output tenaga/torsi or dalam FC-nya. Demikiankah???

Belum lg dr segi harga si MAF ini yg lebih dr 2x lipat compare to santi yg produksi di atas 2002. To be frank sy msh bingung dimanakah letak "perbedaan" di antara kedua MAF ini. Kl selisih-nya dekat2 aja sih krn perbedaan th produksi yah msh bisa kita terima dengan akal sehat, tp ini beli 1 dapat 2 bro...msh dpt kembalian-nya lagi :e-doh:

Pertanyaan sy berikut-nya adalah, apakah dengan adanya modifikasi spt: porting-polished+slyp head, pasang module, turbo+intercooler, exhaust system dll akan mempengaruhi kinerja dan juga usia pakai dr si MAF ini???

Apabila hal2 tersebut diatas memang benar mempengaruhi kinerja si MAF, maka pada waktu di engine scan oleh Beres berarti hasil scan sudah tidak akurat atau si engine scan tool sudah tidak bisa "men-standard-kan" lagi atau "men-tune-in" engine kita? dengan kata lain si sensor MAF ini harus di tuning secara manual untuk mendapatkan semua kriteria (pengapian, udara, bensin dll) dalam kondisi yang paling optimal? atau hal ini bisa di manipulasi (data ke ECU-nya) oleh module?

Maaf bro agak banyak pertanyaan nih.... maklum masih newbie sih :e-think: , mohon pencerahan-nya dr para master suhu (santiers) lainnya :drinking: .
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:
Trims bro Imsus untuk penjelasan-nya yang panjang-lebar & mendalam, kita2 yg msh newbie jd bisa lebih paham tentang si suspect "MAF" ini. Will U please received my great salute to U bro :frm_salut: cos U really deserved the honour :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

Berarti kesimpulan-nya santi produksi th 2002 up memiliki beberapa "perbedaan" dalam electrical system-nya which is seharus-nya juga ada perbedaan dalam "rasa"-nya...either dalam output tenaga/torsi or dalam FC-nya. Demikiankah???
Belum lg dr segi harga si MAF ini yg lebih dr 2x lipat compare to santi yg produksi di atas 2002. To be frank sy msh bingung dimanakah letak "perbedaan" di antara kedua MAF ini. Kl selisih-nya dekat2 aja sih krn perbedaan th produksi yah msh bisa kita terima dengan akal sehat, tp ini beli 1 dapat 2 bro...msh dpt kembalian-nya lagi :e-doh:
Pertanyaan sy berikut-nya adalah, apakah dengan adanya modifikasi spt: porting-polished+slyp head, pasang module, turbo+intercooler, exhaust system dll akan mempengaruhi kinerja dan juga usia pakai dr si MAF ini???
You're welcome bro...that's the point of sharing :e-dance:

Untuk keluaran output, secara logika tidak beda karena spek sama

Itulah yg smell-fishy kenapa saya ga langsung beli replacementnya, beda harganya bisa separoh....padahal secara spek mesin sama
Yg mencurigakan lagi, untuk unit ECUnya sendiri (jika lihat di http://www.riajayamotor.com/) ada 2 P/N:
39106-37500 harga Rp. 9jutaan
39121-38460 harga Rp. 6jutaan
Buat para santier yg sering konsultasi ke BeRes, coba tolong ditanyakan hal ini...

Sesuai yang saya diskusikan dengan pak mekanik, jika terjadi perubahan (drastis) di volumetrik ruang bakar, secara logika akan mempengaruhi bacaan MAF ini..., bukan berarti MAF-nya rusak atau turun kinerjanya, tapi lebih cenderung tidak sinkron aja kalau tidak dituning ulang.
Beda halnya jika dipasang modul penipu (piggyback) karena intinya jalur info ke ECU banyak yang di bypass alias memang dibikin buta-tuli, setelah itu dimasuki data manipulasi dari modul ke ECU supaya ECU bisa kasih perintah ke mesin sesuai instruksi modul
Maksud perubahan volumetrik disini, perubahan kapasitas fisik mesin, misalnya bore up
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote: Apabila hal2 tersebut diatas memang benar mempengaruhi kinerja si MAF, maka pada waktu di engine scan oleh Beres berarti hasil scan sudah tidak akurat atau si engine scan tool sudah tidak bisa "men-standard-kan" lagi atau "men-tune-in" engine kita? dengan kata lain si sensor MAF ini harus di tuning secara manual untuk mendapatkan semua kriteria (pengapian, udara, bensin dll) dalam kondisi yang paling optimal? atau hal ini bisa di manipulasi (data ke ECU-nya) oleh module?
karena langsung didiagnosa melalui ECU, memang terbaca disana kondisi MAF error, jadi ga bisa kasih info ke ECU
Padahal setelah overhaul kemarin, spek mesin santi lumayan ada perubahan, misalnya di kompresinya
Justru itulah, besok saat ganti oli/servis, saya tetap mau didiagnosa lewat ECU dengan scanner, apakah dengan posisi MAF yg sekarang saya miringkan, bisa terbaca dengan baik

Menurut saya, karena sudah dipasang modul, seharusnya semua info yang masuk ke ECU didapatkan dari modul, jadi tidak dari input sensor2 lagi...cmiiw
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote: Maaf bro agak banyak pertanyaan nih.... maklum masih newbie sih :e-think: , mohon pencerahan-nya dr para master suhu (santiers) lainnya :drinking: .
Seperti disclaimer saya sebelumnya :mrgreen: jujur aja saya juga belum terlalu percaya diri kalau metode saya ini sudah akurat...toh baru dicoba 1-2 minggu terakhir

Intinya, saya tetep mau trial+error sampai mentok

Tapi saya juga ada input dari pak mekanik, ketika MAF-nya diperiksa secara individual item, tidak terjadi kerusakan parah....artinya, toh meskipun saya ganti MAF baru, tidak menjamin hasilnya bagus tanpa tuning ulang....bisa2 malah sama saja...kan jadi sakit hati keluarin duit 6 juta for nothing :mrgreen:

Yang jelas, apapun hasilnya, gagal atau sukses (semoga sukses tentunya), akan tetep saya sharingkan disini

Jadwal tune up saya ada di pertengahan/akhir Januari 2010 besok....so please be patient ya :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah pada semua have nice long week end
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

belom ada yang absen lagi nih... :ungg: persiapan libur panjang ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

mengucapkan selamat merayakan hari natal 2009 bagi yang merayakan, dan selamat tahun baru 2010 buat semuanya :D

kebetulan masih di depan kompie nih, jadi sempetin absen dulu, siapa tau besok sudah ga bisa OL

btw, weekend ini saya mudik ke semarang, 350KM.... weekend minggu depan bawa ke MJK lagi... jadi total (perkiraan), santi akan jalan 800-1000KM seminggu ini.... kesempatan untuk uji coba hasil otak-atik MAF...yaa anggap aja semi-long road test gitu :e-whistle:

semoga semuanya baik dan hasilnya nanti saya sharingkan disini lagi :angel:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Abu2 »

titi dj dedi dores ya Om Imsuss :frm_tumbright:
sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

SELAMAT HARI NATAL DAN TAHUN BARU 2010 !!
SEMOGA TAHUN DEPAN LEBIH SUKSES, SEHAT DAN BAHAGIA
MERDEKA INDONESIA !!

BTW SEMOGA COUNT DOWN 2012 TIDAK DIMULAI...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

absen terakhir sebelum offline panjang....

mungkin baru bisa OL lagi weekend minggu depan...

selamat liburan semuanya, semoga semuanya selalu sehat dan baik...






btw, pagi ini saya tembus 33,
puji syukur saya masih selalui dikaruniai kesehatan dan kecukupan....
kira-kira apakah ada santier yang lebih junior dari saya ?
kalau tidak ada, mohon saya jangan dipanggil pak atau om lagi :big_peace:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Agus Winaryo
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Oct 18, 2009 14:04

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Agus Winaryo »

Bro, si santi habis rawat jalan di beres hyundai lampung dan palembang dari kluhan busi no.2 yg susah di lepas. dr hasil diagnosa si santi hrs di opname dl slm 2 - 3 hr dgn estmasi biaya 1.5 jt blm trmsuk material yg muncul. Si santi smntr msh ane hold dl smbil mikir jln kluarnya. Saran mesin di warming up smpai temp. panas udh di coba tp msh blm kelar juga. Saran beres buka deksel dan lubang dratnya di tap lg dgn biaya di atas 1.5 jt. Gmn ya...?
satriana
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Jan 02, 2010 15:09

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by satriana »

buat para senior di thread ini, sebagai pemilik baru Santa Fe 2002 (bekas, baru sebulan beli dari pemilik lama) mohon ijin untuk diterima jadi member diskusi.. siapa tahu masalah-masalah yang saya alami selama pakai Santi sebulan ini bisa teratasi.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

your welcome bro satriana
wah tambah banyak neh.... member soci, smoga kita bs saling membantu atasi masalah si santi

:big_peace:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

imsus2c wrote:
benzz89 wrote: Maaf bro agak banyak pertanyaan nih.... maklum masih newbie sih :e-think: , mohon pencerahan-nya dr para master suhu (santiers) lainnya :drinking: .
Seperti disclaimer saya sebelumnya :mrgreen: jujur aja saya juga belum terlalu percaya diri kalau metode saya ini sudah akurat...toh baru dicoba 1-2 minggu terakhir

Intinya, saya tetep mau trial+error sampai mentok

Tapi saya juga ada input dari pak mekanik, ketika MAF-nya diperiksa secara individual item, tidak terjadi kerusakan parah....artinya, toh meskipun saya ganti MAF baru, tidak menjamin hasilnya bagus tanpa tuning ulang....bisa2 malah sama saja...kan jadi sakit hati keluarin duit 6 juta for nothing :mrgreen:

Yang jelas, apapun hasilnya, gagal atau sukses (semoga sukses tentunya), akan tetep saya sharingkan disini

Jadwal tune up saya ada di pertengahan/akhir Januari 2010 besok....so please be patient ya :upss:

Salut dan selamat atas perjuangan Bro Imsus....benar2 mengaggumkan... :e-clap: :e-clap: :frm_salut: :frm_salut: :e-snooty:

Mudah2an Percobaan ini bener2 berhasil dan memuaskan...dan sisanti bisa ditunggangi tanpa ada masalah yang besar lagi...tapi ane masih bingung karena secara visual ( Dimensi pin socket dan signal ), MAFS ini ga ada bedanya dengan yg digunakan di santi ane ( 2002 ), tapi kalo dilihat di situs spare parts P/N untuk keduanya berbeda dan begitu juga harganya....MAFS untuk santi 2001 jauh lebih mahal.

Sebetulnya apa sih yang membedakan....??? ane coba cari di website Hyundai service belum ketemu perbedaannya...!!??

Bro Imsus, sebetulnya didalam sensor MAF ada dua sensor dimana yang satu berfungsi mendeteksi flow udara ( MAF ) dan yg satu lagi mendeteksi temp. udara ( IAT : Air Intake Temp ), tapi sensornya jadi satu element, seperti yang ditampilkan pada fotonya bro Imsus. Element sensor itu berupa : Hot Film dan thermistor ( cmiiw ). Karena kalau lihat Pin Socket ada 5 Pin ( spt pada attachment ) disana ada Flow dan Temp.

Untuk antisipasi dari infonya bro Imsus yang Informatif dan mencerahkan, socket MAFS ane kasih tanda pada setiap jointnya, karena bila akan dibuka atau diassambling posisi kemiringan dan letak sensor akan kembali keposisi semula, sehingga bisa meminimalisir perubahan posisi saat adjustment.

Thanks Bro Imsus dan selamat untuk keberhasilannya....sungguh sangat mencerahkan...!!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

inoz wrote:your welcome bro satriana
wah tambah banyak neh.... member soci, smoga kita bs saling membantu atasi masalah si santi

:big_peace:

Selamat bergabung Bro Satriana, semoga media ini bisa memenuhi harapannya untuk saling berbagi dan bercerita tentang Santi kesayangan kita...!!

Untuk semua Santier, mohon lama ga absen...kebetulan lagi ada kerjaan yang belum rampung2....salam untuk semua dan " SELAMAT TAHUN BARU 2010 "

Salam dan jabat Erat...!! :big_peace: :big_peace:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

imsus2c wrote:TAHAP 3

Bersihkan sensor utama-nya dengan disemprot angin, habis itu semprot dengan contact cleaner
ditahap ini, sensor diperiksa dengan multitester, apakah masih nyambung, ternyata rangkaian internalnya masih nyambung...jadi si MAF ini sebenarnya belum tewas total....dinyatakan tewas karena pemeriksaannya lewat diagnosa ECU

Tampak bagian depan sensor...sensor utamanya sebenarnya seutas kawat yang diberikan tahanan resistor...bisa kelihatan digambar bawah ini:
Image
Hati-hati, barang ini memang kelihatan ringkih...
Nah...seutas kawat itulah yang nantinya dilewati/terpapar oleh udara yang masuk ke ruang bakar/TB, perubahan temperatur kawat saat dilewati udara inilah yang nantinya dikirim sebagai sinyal-sinyal yang kemudian diterjemahkan oleh ECU untuk kalkulasi perintah berikutnya ke mesin, injektor, dsb...


Sesudah dibersihkan total, bagian belakang yg bisa dilepas,ditutup dengan sealant, nampak seperti gambar dibawah
Image
Perhatikan juga diujung kanan itu ada arah panah...PENTING!!! itu adalah arah hembusan udara yang menuju TB/ruang bakar, jadi jangan terbalik nantinya saat pasang sensor utama ini



Bro Imsus, dibagian yang diberi sealant ga ada foto jeroannya ya....??? :e-doh: :e-think: :e-think:
satriana
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Jan 02, 2010 15:09

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by satriana »

bro imsus, bro kuruma, bro inoz, dan temen-teman..

terimakasih atas sambutannya.
seneng rasanya punya banyak temen buat sharing masalah Santi..

ini ceritanya ada orang habis diplonco sama Santi yang baru dibelinya (dibeli pd awal Des. 2009).

Santi saya (saya namai BlackEagle) ketika saya beli, kondisi mobilnya secara visual (kata orang-orang) istimewa.
kondisinya standard, tangan kedua (KM-nya 76ribuan), warna hitam, lengkap dengan aksesories (roof rack, tanduk muka belakang, footstep kanan kiri, penutup bagasi dalam, fog lamp di bumper depan, dll.).
Berdasarkan cerita pemilik lama, mobil ini dipakainya 6 tahun, dari tangan pertama. Pemilik lama sendiri saking senengnya dengan Santi, dia kemudian beli New Santa Fe keluaran terbaru.
Semua perawatan dan servis dilakukannya di Beres.

Yang menjadi sedikit ganjalan saat itu adalah sebagian dashboard dan panel pembuka pintu yang bahannya tampak kotor dan lengket-lengket. Kata pemilik lamanya, itu banyak terjadi pada Santi yang dijual di Indonesia.
dua hari pertama, saya bawa itu mobil ke Beres yang sudah nangani dia bertahun-tahun, diganti laker roda belakang kirinya (dengan yang punya trajet), diganti relay klaksonnya, dan dibersihin blower ACnya.

Masalah baru timbul ketika Santi mau saya bawa mudik ke Jogja liburan akhir tahun ini.
Start jam 22 dari Jakarta, lagi enak-enaknya lari di tol (meski AC kadang ga dingin) sampai di tol Cipularang jam 23 si BlackEagle ini loss power (padahal saat itu di lajur paling kanan). Terpaksalah kita hidupin hazard, langsung pelan-pelan menepi.
Setelah menunggu semenit, mesin masih mau dihidupin lagi.
Melihat situasi itu, mobil saya bawa ke Rest Area terdekat (kalo tidak salah di KM 57).
Pas masuk Rest Area, mesin loss power lagi, langsung mati. Tunggu lagi semenit, mobil kita jalankan untuk parkir di area parkir.

Saat itu saya langsung telp hotline Hyundai. Mereka merespon dengan penjelasan singkat bahwa mungkin itu karena pompa bensin atau pengapiannya yang ga beres. Hotline Hyundai Jakarta itu kemudian menyarankan ke Hyundai Bandung yang akhirnya saya telp juga, dan sarannya untuk dibawa ke Bandung. Sambil mati hidup-mati hidup, pelan-pelan mobil sampai juga di Beres Bandung.

Saat dicek pake komputer (saya tdk tahu namanya apa, sejenis alat kotak warna kuning pakai display digital dengan beberapa kabel dihubungkan ke mobil) montir bilang tidak ada masalah. Tapi setelah dicek secara manual (kap mesin dibuka, tutup mesin juga dibuka, mesin dihidupkan, ternyata kabel dari koil bocor sehingga apinya tidak memantik seperti seharusnya. Rekomendasinya sementara dilem pakai plastic steel (karena jam 01 malam itu spareparets center-nya masih tutup padahal malam itu juga saya mau bawa ke Jogja). Disarankan juga, begitu memungkinkan diganti koil no.4 dan kabel businya no.3, dan AC tidak dinyalakan terus menerus karena mungkin ada frosting yang membuat AC tidak dingin.

Jam 1.30 pagi itu saya bawa kembali Santi ke jalan, bablas ke Jogja. Di 6 jam pertama perjalanan relatif ga ada masalah, baru di Kebumen (sekitar jam 8 pagi) mobil kumat lagi. Kali ini berenti pas lampu merah, jadi mesti dorong-dorong ke pinggir. Ditunggu 2-3 menit, mesin hidup lagi, tancep lagi. Demikian berulang 3 kali sampai ke Jogja.

Di Jogja, mobil saya bawa ke bengkel umum (bukan Beres) yang kebetulan montirnya dulunya adalah orang Hyundai. Analisis selintas pakai kompputer dengan "model" yang sama, ganti pompa bensin. Setelah ganti, mobil seharian ga ada masalah. Baru malamnya masalah yang sama terjadi lagi. Akhirnya rekomendasi Hyundai Bandung diikuti, dengan mengganti koil ori Hyundai, kabel busi, dan semua businya (pakai champion -standardnya Hyundai).

Dua harian juga ga ada masalah lagi, sampai Sabtu kemarin waktu mau balik Jakarta, sudah berangkat 30 menitan, si Santi kumat lagi. orang bengkel yang datang melihat kemungkinan ada masalah di katup CMV atau apa gitu yang soketnya retak kemudian diplester.
setelah itu, distater mesin nyala lgi, ga ada masalah.
Sesampai Kulon Progo (kira-kira 45 menitan perjalanan dari Jogja) si Santi kumat lagi. Bengkel yang sama kita telp, menyarankan untuk balik Jogja saja untuk dicek lebih lanjut.

Di bengkel, trnyata tidak cuma itu, dari sisi kelistrikan kabel-kabelnya banyak bermasalah karena ternyata ada "bangkai" unit alarm (bekas milik pemilik lama) yang sudah tidak aktif lagi tapi karena dulunya mungkin masang instalasinya ga rapi dan asal comot arus, menimbulkan beberapa kortsleting.

Akhirnya si BlackEagle harus opname dulu di Jogja. Ga jadi ikut balik ke Jakarta.
Sedih juga bro, mobil yang sudah diidamkan sekian lama dan bahkan sudah saya ganti ban dan velgnya biar tambah gagah (ban saya ganti dengan Kumho 255/55/18, velgnya saya pasang Carlson 18 inch), malah jadi harus opname.

Hari ini saya pantau dari Jakarta, saya lagi minta pak montir untuk recheck wiringnya, relay-relaynya, soket-soketnya, termasuk MAF dan IAT (istilah ini saya dapat dari tulisan bro imsus) meski menurut montirnya sejauh ini ga ada masalah.

Para senior, demikian cerita sepintas saya tentang si BlackEagle.
Untuk fotonya, besok kalo sudah bisa upload akan saya share di sini (maklum, baru sekarang ikutan forum semacam ini belum ngerti cara naikin gambar/foto).

mohon masukan dan saran bro sekalian.
thanks..
sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

yth bro Satriana
Ini kutipan posting saya beberapa waktu yang lalu, semoga bermanfaat..
" Ms.Ilovesantafe
wah saya agak "gimana" gitu mengetahui ibu mulai pindah kelain hati dari santy
sebelum ibu benar-benar pindah ke lain hati coba ikuti saran saya
Pertama membeli santy saya "The Raptor" ada satu hal yang paling penting dilaksanakan
yaitu membersihkan filter fuel yang juga merangkap sebagai pompa fuel
letaknya diatas fuel tank (dibawah jok belakang)
bagian itu yang pertama kali dibersihkan oleh tehnisi mobil saya saat baru beli bulan agustus lalu, tehnisi ini adalah mantan tehnisi KIA-Hyundai yang dikirim selama setahun penuh ke Korea Selatan untuk belajar di pabrik Kia-Hyundai, selanjutnya menjadi tehnisi team balap Korea di Jakarta. Dia belajar mulai dari mobil masih komponen sampai mobil jadi, dan trouble shooting serta kunci-kunci perawatan lainnya
Tehnisi santy saya ini bilang bahwa yang "paling tidak disentuh" oleh bengkel resmi adalah fuel pump/filter ini, karena memang bengkel resmi pasti akan menyarankan ganti saja...
saat membuka fuel pump/filter mobil saya memang cukup kotor, meskipun oleh pemilik lama selalu menggunakan bensin super/pertamax namun pasti tetap harus dibersihkan
yang jelas meski secara teratur dirawat bahkan turun mesion oleh bengkel resmi, namun bagian ini (fuel pump/filter) "tidak pernah/belum pernah" dibuka oleh tehnisi bengkel resmi, saya juga lihat di kwintansi, bon serta catatan pemeliharaan dari sejak beli (sangat rapi) oleh pemilik lama tidak ada satupun menulis tentang perawartan fuel pum/filter itu. Jasdi tidak heran jika santy yang pernah/sedang menggunakan kombinasi super/pertamax dengan bensin biasa atau sepenuhnya bensin biasa cepat atau lambat akan mengalami masalah karena tersumbat seluruh/parsial di fuel filter/pumpnya
coba minta bengkel (yang tidak resmi) namun tahu hyundai untuk membersihkan dengan sabun cuci dan air panas serta dicuci dengan bensin dan dikeringkan pakai kompresor udara, insya Allah tidak akan mogok tanpa alasan dan tanpa penjelasan...pokoknya santy masuk angin, biasanya penjelasannya 'gitu
juga untuk accu/battery dilihat apa amperenya cukup memadai, karena yang makan banyak listrik adalah AC, jadi AC agak rusak juga membuat battery jadi tekor...disamping itu kadang-kadang sistem audio yang ditambahkan memerlukan arus listrik yang lebih besar, akibatnya battery selalu kurang listrik.....
pokoknya bila battery sudah bagus, alternator sudah beres dan fuel pump/filter sudah bersih namun masih ada gangguan...kemungkinan AC sudah nggak beres sehingga saat start menghabiskan listrik banyak.....
btw santy itu mobil Amerika...harusnya hanya mogok kalau bensinnya habis
kalau ibu perlu,saya bisa minta tehnisi santy saya memeriksa santy ibu
semoga santy ibu cepat beres, dan tidak pindah ke lain hati"
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Turut Prihatin atas masalah pada BlackEaglenya bro Satriana, ane mo nanya bro...saat sisanti Lost power dan ketika distart...suara saat distart lost engine atau masih ada suara start tapi mesin brebettt....???
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

satriana wrote:bro imsus, bro kuruma, bro inoz, dan temen-teman..

terimakasih atas sambutannya.
seneng rasanya punya banyak temen buat sharing masalah Santi..

ini ceritanya ada orang habis diplonco sama Santi yang baru dibelinya (dibeli pd awal Des. 2009).

Santi saya (saya namai BlackEagle) ketika saya beli, kondisi mobilnya secara visual (kata orang-orang) istimewa.
kondisinya standard, tangan kedua (KM-nya 76ribuan), warna hitam, lengkap dengan aksesories (roof rack, tanduk muka belakang, footstep kanan kiri, penutup bagasi dalam, fog lamp di bumper depan, dll.).
Berdasarkan cerita pemilik lama, mobil ini dipakainya 6 tahun, dari tangan pertama. Pemilik lama sendiri saking senengnya dengan Santi, dia kemudian beli New Santa Fe keluaran terbaru.
Semua perawatan dan servis dilakukannya di Beres.

Yang menjadi sedikit ganjalan saat itu adalah sebagian dashboard dan panel pembuka pintu yang bahannya tampak kotor dan lengket-lengket. Kata pemilik lamanya, itu banyak terjadi pada Santi yang dijual di Indonesia.
dua hari pertama, saya bawa itu mobil ke Beres yang sudah nangani dia bertahun-tahun, diganti laker roda belakang kirinya (dengan yang punya trajet), diganti relay klaksonnya, dan dibersihin blower ACnya.

Masalah baru timbul ketika Santi mau saya bawa mudik ke Jogja liburan akhir tahun ini.
Start jam 22 dari Jakarta, lagi enak-enaknya lari di tol (meski AC kadang ga dingin) sampai di tol Cipularang jam 23 si BlackEagle ini loss power (padahal saat itu di lajur paling kanan). Terpaksalah kita hidupin hazard, langsung pelan-pelan menepi.
Setelah menunggu semenit, mesin masih mau dihidupin lagi.
Melihat situasi itu, mobil saya bawa ke Rest Area terdekat (kalo tidak salah di KM 57).
Pas masuk Rest Area, mesin loss power lagi, langsung mati. Tunggu lagi semenit, mobil kita jalankan untuk parkir di area parkir.

Saat itu saya langsung telp hotline Hyundai. Mereka merespon dengan penjelasan singkat bahwa mungkin itu karena pompa bensin atau pengapiannya yang ga beres. Hotline Hyundai Jakarta itu kemudian menyarankan ke Hyundai Bandung yang akhirnya saya telp juga, dan sarannya untuk dibawa ke Bandung. Sambil mati hidup-mati hidup, pelan-pelan mobil sampai juga di Beres Bandung.

Saat dicek pake komputer (saya tdk tahu namanya apa, sejenis alat kotak warna kuning pakai display digital dengan beberapa kabel dihubungkan ke mobil) montir bilang tidak ada masalah. Tapi setelah dicek secara manual (kap mesin dibuka, tutup mesin juga dibuka, mesin dihidupkan, ternyata kabel dari koil bocor sehingga apinya tidak memantik seperti seharusnya. Rekomendasinya sementara dilem pakai plastic steel (karena jam 01 malam itu spareparets center-nya masih tutup padahal malam itu juga saya mau bawa ke Jogja). Disarankan juga, begitu memungkinkan diganti koil no.4 dan kabel businya no.3, dan AC tidak dinyalakan terus menerus karena mungkin ada frosting yang membuat AC tidak dingin.

Jam 1.30 pagi itu saya bawa kembali Santi ke jalan, bablas ke Jogja. Di 6 jam pertama perjalanan relatif ga ada masalah, baru di Kebumen (sekitar jam 8 pagi) mobil kumat lagi. Kali ini berenti pas lampu merah, jadi mesti dorong-dorong ke pinggir. Ditunggu 2-3 menit, mesin hidup lagi, tancep lagi. Demikian berulang 3 kali sampai ke Jogja.

Di Jogja, mobil saya bawa ke bengkel umum (bukan Beres) yang kebetulan montirnya dulunya adalah orang Hyundai. Analisis selintas pakai kompputer dengan "model" yang sama, ganti pompa bensin. Setelah ganti, mobil seharian ga ada masalah. Baru malamnya masalah yang sama terjadi lagi. Akhirnya rekomendasi Hyundai Bandung diikuti, dengan mengganti koil ori Hyundai, kabel busi, dan semua businya (pakai champion -standardnya Hyundai).

Dua harian juga ga ada masalah lagi, sampai Sabtu kemarin waktu mau balik Jakarta, sudah berangkat 30 menitan, si Santi kumat lagi. orang bengkel yang datang melihat kemungkinan ada masalah di katup CMV atau apa gitu yang soketnya retak kemudian diplester.
setelah itu, distater mesin nyala lgi, ga ada masalah.
Sesampai Kulon Progo (kira-kira 45 menitan perjalanan dari Jogja) si Santi kumat lagi. Bengkel yang sama kita telp, menyarankan untuk balik Jogja saja untuk dicek lebih lanjut.

Di bengkel, trnyata tidak cuma itu, dari sisi kelistrikan kabel-kabelnya banyak bermasalah karena ternyata ada "bangkai" unit alarm (bekas milik pemilik lama) yang sudah tidak aktif lagi tapi karena dulunya mungkin masang instalasinya ga rapi dan asal comot arus, menimbulkan beberapa kortsleting.

Akhirnya si BlackEagle harus opname dulu di Jogja. Ga jadi ikut balik ke Jakarta.
Sedih juga bro, mobil yang sudah diidamkan sekian lama dan bahkan sudah saya ganti ban dan velgnya biar tambah gagah (ban saya ganti dengan Kumho 255/55/18, velgnya saya pasang Carlson 18 inch), malah jadi harus opname.

Hari ini saya pantau dari Jakarta, saya lagi minta pak montir untuk recheck wiringnya, relay-relaynya, soket-soketnya, termasuk MAF dan IAT (istilah ini saya dapat dari tulisan bro imsus) meski menurut montirnya sejauh ini ga ada masalah.

Para senior, demikian cerita sepintas saya tentang si BlackEagle.
Untuk fotonya, besok kalo sudah bisa upload akan saya share di sini (maklum, baru sekarang ikutan forum semacam ini belum ngerti cara naikin gambar/foto).

mohon masukan dan saran bro sekalian.
thanks..



Bro Satriana, sejauh ini yang sudah dilakukan penggantian:
Ganti Coil No.4, Ganti Cable Busi No.3, Ganti Semua Busi danGanti Fuel Pump
Tetapi belum diperoleh hasil yang maksimal, coba saat terjadi lost power langsung buka kap mesin dan lepas salah satu saja cable busi tapi tetap terkoneksi ke coil…kemudian start engine perhatikan pada busi tersebut apakah masih terjadi adanya api ( percikan api ), kalau masih ada berarti pengapian tidak ada masalah, dan untuk Fuel feed karena Pompanya sudah diganti jadi tidak perlu lagi melakukan pengecekan terhadap kerja pompa bbm

Tapi kalau percikan api tidak ada sama sekali kemungkinan ada masalah dengan Sensor CKP ( Crankshaft Position sensor ) atau CMP ( Camshaft position sensor ), tapi melihat lokasi sensor CKP yang dekat dengan engine bawah kemungkinan rusak sensor ini menjadi hal yang patut untuk dicurigai, dan hal ini pernah juga ane alami pada bulan juli 2008 yang lalu, dan kalau mau cari coba search dgn oum google “ masalah pada crankshaft position sensor “.

Yang kedua bisa juga disebabkan karena ada terminal power yang kendor, sehingga pada saat mesin panas ada terminasi yg kurang kencang yang berakibat kurangnya daya pada system electrical, jadi saran ane periksa semua terminasi daya.

Yang ketiga coba periksa IC regulator dari dynamo ampare, ane khawatir ada penyearah/dioda yang kadang terjadi masalah sesaat sehingga menyebabkan terjadinya lost power….tapi saat terjadi sisanti ngambek lampu didashboard nyala ga ya…???

Mungkin hanya itu yang bisa ane kasih masukan, dan mungkin ada senior atau pujangga lainnya yang bias menambahkan.

Semoga bisa membantu…….!!!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

halo semuanya...

semoga semuanya sehat-sehat setelah libur lama kemarin... :D

maaf baru sempet OL lagi hari ini

itupun baru sekedar absen, belum bisa baca-baca atau posting dulu, maklum...masih lumayan ribet dikerjaan habis libur kemarin :e-doh:

nanti sambung lagi yah.... :big_peace:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

bro satriana ikut berduka cita atas musibah yg dialami the eagle nya
smoga saja bisa ketemu penyekit utamanya dan bisa running weel lagi deh, wah jadi kurang menyenangkan yaaa santinya
santi pernah dibawa ke bromo jkt PP gak maslaah dan maslahnya tdk sampe separah santimu

bro kuruma, sharky, imsus selamat th baru, mana yg laen neh kok pada belum muncul lagi....

sekedar OL dan absen aja dolo...
:off_good_job:
satriana
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Jan 02, 2010 15:09

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by satriana »

Bro kuruma, bro inoz, bro sharky, bro imsus..

Thanks masukan dan sarannya. Mohon ijin malam ini masukan-masukan itu saya download dan saya kirim via email ke Jogja untuk dicetak dan di-deliver ke montir di Jogja yang juga sedang menganalisis dan mencoba-coba semua kemungkinan, supaya menjadi tambahan inspirasi buat dia.

Dari hasil pantauan jarak jauh hari ini, seperti permintaan saya kemarin ke montirnya, wiring, relay dan sensor-sensor di tubuh si BlackEagle lagi dicek satu persatu. Sepagian dicoba buat jalan, masih beberapa kali lost power dan berenti-berenti di jalan.

Sementara montir saya belum membuat rekomendasi final, masukan dari bro kuruma dan bro sharky (kpd Ms. Ilovesantafe) tentang IC Regulator dan Terminal Power akan saya sampaikan besok via hardcopy ke Jogja.

Untuk bro kuruma, saat lost power waktu itu, Santi ini masih bisa distater meski hanya terdengar suara staternya saja dan mesin tetap tidak hidup, kecuali kalau kita tunggu 2-3 menit, dengan sedikit ditekan pedal gasnya, baru mesinnya nyala lagi. Semakin sering berenti, semakin lama waktu toleransi mesin untuk hidup lagi (setelah berenti yang ketiga Sabtu lalu, saya perlu kira-kira 10 menit untuk mencoba starter dan akhirnya mesin bisa hidup lagi).

Buat bro imsus dan bro inoz, makasih sambutannya.
semoga BlackEagle segera sembuh dan bisa main ke tempat teman-teman barunya di jakarta.. :e-pray:

------------------------------------------------------------------------------------
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

@Bro Satriana: Melihat gejala yg terjadi dgn si Black Eagle, saya setuju dgn analisa bro Kuruma yaitu suspect terbesar adalah si Sensor CKP ( Crankshaft Position sensor ) atau CMP ( Camshaft position sensor ). Btw santi bro Satriana th berapa? karena si pemilik tangan ke dua saja sdh 6 th sehingga besar kemungkinan si Black Eagle ini lumayan sudah cukup berumur.

Santi saya-pun pernah mengalami hal yg sama yaitu tiba2 saya engine mati tp tidak sering dan saya jg sudah mengganti salah satu atau dua2-nya sensor di atas tp saya lupa. Karena kata mekanik Beres sensor ini berbahaya apabila tidak di ganti yaitu mesin bisa tiba2 saja mati tanpa ada sebab dan gejala apa-pun. Memang hal ini-lah yg menjadi kelemahan si santi yaitu pada electrical system-nya sehingga kita2 sebagai penggunanya hrs benar2 memperhatikan hal ini.

Harga sensor ini lumayan mahal juga bro Satriana tetapi kl msh mau pakai jangka panjang saran saya sdh waktu-nya di ganti. Sedangkan masalah AC coba di cek thermis-nya bro, ada kemungkinan thermis-nya jg sdh di makan umur dan sdh lemah sehingga jg sdh waktu-nya di ganti, tp harga-nya tidak terlalu mahal kok.

Semoga santi bro Satriana segera sembuh & selamat bergabung di forum ini.