pisangGoreng007 wrote: Sat Apr 10, 2021 17:12
rendr wrote: Thu Feb 25, 2021 8:20
pisangGoreng007 wrote: Thu Feb 25, 2021 4:38
Selamat siang om om semunya,
saya penguna yaris bakpao 2006 (mobil bekas), KM saat ini sudah sekitar 120rb KM
sebelumnya saya pakai oli TMO biru 10w-40 & rutin ganti setiap 5000km.
kemarin saat tune up besar, saya iseng buka bak mesin ternyata cukup banyak sludge & sisa karbon pembakaran.
berhubung ini mobil lumayan tua dan KM nya udh lumayan banyak jg, apa om2 punya rekomendasi oli mesin sekaligus oli matic untuk saya?
Thanks om
ganti dan beli oli TMO nya dimana?
banyak palsunya nih oli, jgnkan palsu, oli dari beres aja cepet jd sludge, ga cmn 1 2 mobil yg udh kena
coba boleh di upload kesini om foto mesinnya
kalo dari saya, udh kadung sludge gini :
flush mesin :
1. tuang schaeffer neutra 1/3 botol 500km sblm ganti oli, atau
2. tuang ptt flushing oil sblm tuang oli baru
pake oli :
1.SGO/ecstar diesel 5w30 Acea A5/B5 harga +- 360k/galon (beres)
2.PTT 10w30 Crdi harga 90-95k/L (toda, tokped dkk)
ATF mengikuti seperti subes2 diatas udh sebut.... hehehe
Malam om2,
ini kondisi blok mesin yaris yang dibuka, sebelum menggunakan engine flush.
WhatsApp Image 2021-04-10 at 11.52.54 PM.jpeg
saat pergantian kemarin, sempat coba flushing pakai liqui moly engine flush plus & sudah coba pakai redline nya
namun kayaknya dalaman mesin masih kotor, karena kerak & sisa2 karbon nya masih terlihan kalau di intip dari lubang pengisian oli.
apa engine flush itu perlu di lakukan lebih dari sekali ya?
sekarang lagi coba pakai ptt evoctec 10w30, berikut yang saya rasain:
- suara mesin terdengar lebih halus
- sudah jalan hampir 1000km, namun oli belum ada yang berkurang
- kecepatan agak susah naik di km 100an, mungkin mentok sekitar 110 - 120. sebelumnya bisa sampai 140
- bau asap mobil nya, lebih tercium (kalo dirasa rasa seperti bau oli ptt nya), sebelum nya enggak kecium apa2 saat pakai TMO
saya baca2 postingan tentang aditif oli seperti MANNOL Ester Additive dari group FB. apakah ada yang punya pengalaman pakai aditif pakai oli & apakah worthed untuk digunakan di mobil berumur?
thanks
Nubie biasa mangkal d musatek numpang komen yah
Itu biasa pake oli apa, ganti per brapa km, ganti dimana, filter oli dganti tiap ganti oli ga, mesin perna kepanasan overheat ?
Kl ud varnish tebel ampe berkerak pun ga akan rontok mo pake enjin flush apapun, tuh channel yutub nya m539 restoration aj ud buktiin di bimmer2 nya dia pake liqui moly enjin flush sgala ampe 2 kali
Jd yah buang2 wang aja
Nah pas d buka cover gt, skrg diliat aj, apakah cuman murni coklat2 tua kaya gt doank, atau apakah ampe ada gel2, lumpur, atau kaya endapan2 kerak d sela2 mesin.. kl cuman sekedar warna coklat tua doank tanpa sgala gel, kerak dsb.. ya ud ga usa d apa2in.. lanjut aj pake oli yg bagusan, ganti per 5000 km, percaya deh, ntar pelan2 (makan waktu) akan bersih dikit2
Atauuu
Kl jiwa nge montir sendiri nya kuat, maka saran saya, buka cover head dan oil pan dibawah.. modalin kuas ama solar, ama stick eskrim atau spatula lidah, pelan2 dibersihin, kerak2 yg rontok diserok, trakir disirem dr atas pake sliter oli
Oil pan sblom dipasang pastikan bagian strainer pick up nya ga mampet..