Bro Imsus, kira2 "cara kerja" si air flow sensor ini gimana ya? Trus bs "divonis tewas" itu kategori-nya spt apa yah? Jd penasaran jg nih "ngakalin"-nya
Memang dibutuhkan daya juang yg sgt tinggi untuk kategori ngakalin ky gini, spt dulu jg cb ngakalin ECU mbl

Pengalaman wkt mbl kerendam banjir kt orng beres hrs-nya kabel aki di copot spy si ECU tdk korslet. Padahal wkt itu mbl tdk sy start...sy pikir sih paling ECU di keringin masalah beres. Ternyata kabel aki jg hrs di copot

yaa mana tau wong kejadiannya malam2 kerendam-nya trus pas pgi sdh surut genangan-nya hanya pas buka pintu....byuurrr ada air keluar dr kabin
Akhirnya krn sy ada teman yg ahli arus listrik lemah dan kebetulan dia jg prnh kerja di mercedes, minta bantuan dia akalin dan kira2 3 minggu-an akhirnya mbl bs hidup. Itu-pun hrs di tes pasang ke mobil-nya 2x bru bs hidup. Tes pertama mbl sdh mau di strater tp tdk mau hidup, disimpulkan perintah ECU untuk pengapian dan udara yg masuk sdh oke tp bensin-nya yg blom di perintah utk keluar. Dari sini lalu di simpulkan lg bhw bagian yg korslet ini adalah jalur perintah si ECU untuk mengeluarkan bensin. Krn jalur pd PCB-nya sdh rusak kena air lumpur mk bagian ini di akalin dgn cara di jumper tp konsekuesi-nya tdk blh pada posisi ACC terlalu lama krn bensin akan banjir. Ya sdh akhirnya tes kedua...hidup jg tuh mbl. Orang beres-nya sampe bingung2 sendiri, krn menurut mrk ECU-nya sudah di "vonis is death" tdk ada cara lain selain ganti yg baru.
Sy hny keluarkan dana beberapa puluh ribu sj utk gantikan IC regulator atau semacamnya & kompensasi ke teman sy tsb, meskipun sebenarnya dia tdk terlalu mau jg untuk akalin ECU ini tp ya sy "paksa" dgn iming2 kompensasi kl berhasil.

Habis benar spt kt bro Imsus, kaya-nya blom rela aja keluar uang segitu sih krn dalam kasus sy (mbl terendam) msh banyak lagi dana yg hrs dikeluarkan untuk perbaikan yg lainnya...dan salah satu yg plng mahal yg itu td si ECU.
Trauma jg sih dgn kasus mbl terendam & ECU yg rusak tp hikmah-nya ya dpt pengalaman "ngakalin" si ECU yg sdh di vonis mati tsb. Krn mbl biasa di pakai oleh istri & krn alasan keamanan maka setelah pakai 1 taonan lg di jual deh itu mbl. BTW letak ECU si santi ada di atas "gundukan" consule tengah. Jd hati2 sj bro air jgn sampai di posisi ini, msh selamat deh tu si santi
Semoga bro Imsus berhasil "mengakali" si sensor air flow yach....
