BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

@bro deez
Ok deh...nti sore dicoba lagi. Trims..

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

baybhut wrote:
micogilbert wrote:
baybhut wrote:Bro-Bro sekalian... mau nanya nih...
Tabung knalpot blazerku bocor... waktu aku bawa ke tukang knalpot... katanya tabung knalpotnya sudah kosong.. (entah apa yang dimaksud 'tabung kosong').

nambahin aja y bro...
yang dimaksud "udah kosong" tuh.. didalam tabung knalpot setiap mobil ada semacam peredam... bentuknya seperti serat, pastinya kalo udah kelamaan serat ini lama2 habis terbakar karena panas dari mesin. nah itu dia "udah kosong"... biasanya kalo tabungnya udah kosong suara knalpotnya akan terdengar lebih keras dari sebelumnya...

thx,
Betul tuh Bro Mico... emang suara knalpotnya jadi agak sember... apalagi kalo RPM diatas 2500... sember banget...
Apakah itu bisa dibetulin atau harus diganti???
Kalo diganti... tabung knalpot merek apa yang bagus?
kl knalpot bocor bisa ditambal dgn cara dilas , kl sdh habis saringan yg didalam mau gak mau harus ganti , blm lama saya ganti tabung knalpot yg besar , bengkel khusus knalpot deket rumah harga kisaran 700 rb .
ST .
User avatar
micogilbert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Sep 08, 2008 13:29
Location: Selatan Jakarta

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by micogilbert »

baybhut wrote: Betul tuh Bro Mico... emang suara knalpotnya jadi agak sember... apalagi kalo RPM diatas 2500... sember banget...
Apakah itu bisa dibetulin atau harus diganti???
Kalo diganti... tabung knalpot merek apa yang bagus?
kalo dibetulin : tabung aslinya mesti di bedah dulu baru di isi lagi peredamnya.... (tapi masangnya lagi harus bener2 bagus... biar g cepet bocor... )

kalo diganti : di bengkel biasanya sudah ready yang mereka bikin yang mirip dengan punya kebo.... jd bisa tinggal pasang. ( tp kalo blm ready y terpaksa nunggu dibikin dulu.... agak lama niy... hehehe...) kalo diganti sebaiknya tabung aslinya dibawa pulang juga... sayang materialnya bagus... siapa tau lagi iseng bisa dibagusin/dibikin lagi.. :-)

merk knalpotnya : hmmmmm.... blm pernah nyoba yang bermerk niy om.... mungkin bisa aja pake merk apa saja tp biasanya kalo yang bermerk harganya mahal dan jarang yang asli....

untuk hal ini sepertinya bro penyu turbo niy yang bisa lebih jelas ngasih infonya....
semoga monitor disini juga....
BIC-655 | Kebo Gembel 4x4
User avatar
micogilbert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Sep 08, 2008 13:29
Location: Selatan Jakarta

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by micogilbert »

@ pa' abdusy

kalo pasang "penipu ECU"nya di depan ngambil kabel dari mana.....?? apa kalo didepan lebih mudah y.....??
BIC-655 | Kebo Gembel 4x4
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

micogilbert wrote:@ pa' abdusy

kalo pasang "penipu ECU"nya di depan ngambil kabel dari mana.....?? apa kalo didepan lebih mudah y.....??
bisa saja bro mico yg di bypas kabel yg di MAP toh kabelnya itu2 juga nyambung dgn yg di ECU
disaranken sih yg di ECU saja lebih leuasa dan juga utk menghindari resiko grounding & panas temperatur mesin .
ST .
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

riadi33b wrote:
micogilbert wrote:@ pa' abdusy

kalo pasang "penipu ECU"nya di depan ngambil kabel dari mana.....?? apa kalo didepan lebih mudah y.....??
bisa saja bro mico yg di bypas kabel yg di MAP toh kabelnya itu2 juga nyambung dgn yg di ECU
disaranken sih yg di ECU saja lebih leuasa dan juga utk menghindari resiko grounding & panas temperatur mesin .
setuju ama om riadi....
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

@om riadi dan om lainnya :
aku mau kuras radiator ni rencanannya, kemarin tu om riadi bilang cabut aja selangnya trus idupin mesin sambil digas perlahan sampe cairannya habis, pertanyaanku :
1. selangnya yang mana ya om? klo bisa di post fotonya dong, biar jangan salah.
2. klo cairannya udh abis sementara mesin idup, apa gak overheat?
3. dulu aku pake coolant prestone, setelah sampe di sini susah nyari prestone sehingga kemarin2 pake coolant merk lain, mumpung mau dikuras....ada coolant rekomendasi dari para dukun gak nih?

tengkiu....
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

@om Mico
Betul kata om Riadi, klo di mesin, ambilnya dari MAP. Gampang bgt. Tapi yg agak repot klo mau puter kiri-kanan gitu...kudu buka kap mesin.

@om teunget
(*coba menjawab....kmrn baru nguras radiator mengikuti petunjuk om Riadi di milis*)
1. selang yg paling depan pada tangki cadangan air...
2. Yah...jgn sampe over head...khan kita bisa pantau suhu
3. Saya kmrn dapetnya coolant Top 1..hrg 45k.

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

abdusy wrote:@om Mico
Betul kata om Riadi, klo di mesin, ambilnya dari MAP. Gampang bgt. Tapi yg agak repot klo mau puter kiri-kanan gitu...kudu buka kap mesin.

@om teunget
(*coba menjawab....kmrn baru nguras radiator mengikuti petunjuk om Riadi di milis*)
1. selang yg paling depan pada tangki cadangan air...
2. Yah...jgn sampe over head...khan kita bisa pantau suhu
3. Saya kmrn dapetnya coolant Top 1..hrg 45k.
Siaaaap....om !!

tengkiu, besok libur tgl 21 mo beres2 blazer dulu, bersih2 detil dll, sekalian cek wiring dan kuras radiator, daripada di rumah gak ada kegiatan, hihihihihi.
btw, yang top 1 maknyus gak om coolant-nya?
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by ibar78 »

hai semua salam kenal :big_peace: mo curhat aja. menurut gw tongkrongan blazer keren abis. dulu gw hunting setiap diler untuk dapetin LT DOHC. tapi rata-rata di diler mobkas jarang yang kondisinya oke, pertama buka kap mesin langsung perasaan gw down setelah lihat kabel ga karuan. belon lagi denger suara mesinnya, indikator n kaki2nya......plus setiap pulang berburu suka ketemu blazer mogok atau deket rumah lihat blazer beberapa sedang ditinggal pemiliknya. setelah menunggu dan menunggu, akhirnya gw beralih ke lain hati. seminggu dah beli yg lain, ehhh dasar gw ditawarin LT DOHC merah maroon kesukaaan....yah terpaksa gigit jari, padahal setelah tes ternyata mesin n lainnya masih 99,99 persen maknyus.....yahh...dasar bukan rezeki dah.... :
:popcorn:
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

ibar78 wrote:hai semua salam kenal :big_peace: mo curhat aja. menurut gw tongkrongan blazer keren abis. dulu gw hunting setiap diler untuk dapetin LT DOHC. tapi rata-rata di diler mobkas jarang yang kondisinya oke, pertama buka kap mesin langsung perasaan gw down setelah lihat kabel ga karuan. belon lagi denger suara mesinnya, indikator n kaki2nya......plus setiap pulang berburu suka ketemu blazer mogok atau deket rumah lihat blazer beberapa sedang ditinggal pemiliknya. setelah menunggu dan menunggu, akhirnya gw beralih ke lain hati. seminggu dah beli yg lain, ehhh dasar gw ditawarin LT DOHC merah maroon kesukaaan....yah terpaksa gigit jari, padahal setelah tes ternyata mesin n lainnya masih 99,99 persen maknyus.....yahh...dasar bukan rezeki dah.... :
kalo membaca curhat2 (baik di forum ini maupun di milist blazer_montera) tentang hunting blazer....memang mengasikkan dan unik, di mana para hunter itu seakan-akan memang ada unsur "jodoh-jodohan" dengan blazer yang akan "dipinang", klo memang gak jodoh....ke ujung dunia dicari gak nemu yang sesuai, tapi klo jodoh malahan gampang bener dapetnya.

@om ibar78 :
membaca curhat om ibar....kok rasanya tersirat bahwa om ibar masih sangat "cinta" pada blazer walaupun sudah meminang mobil lain, kalo saran-ku om....daripada om tekanan bathin....mending wujudkan "cinta" itu, jangan sampe terbawa dalam mimpi....hihihihihihi.
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

@om teunget
Coolant top1..belum ketahuan kualitasnya...habis kuras radiator, kebonya masih dikandangin aje....belum diangon kemana-mana..

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by gmx »

ibar78 wrote:hai semua salam kenal :big_peace: mo curhat aja. menurut gw tongkrongan blazer keren abis. dulu gw hunting setiap diler untuk dapetin LT DOHC. tapi rata-rata di diler mobkas jarang yang kondisinya oke, pertama buka kap mesin langsung perasaan gw down setelah lihat kabel ga karuan. belon lagi denger suara mesinnya, indikator n kaki2nya......plus setiap pulang berburu suka ketemu blazer mogok atau deket rumah lihat blazer beberapa sedang ditinggal pemiliknya. setelah menunggu dan menunggu, akhirnya gw beralih ke lain hati. seminggu dah beli yg lain, ehhh dasar gw ditawarin LT DOHC merah maroon kesukaaan....yah terpaksa gigit jari, padahal setelah tes ternyata mesin n lainnya masih 99,99 persen maknyus.....yahh...dasar bukan rezeki dah.... :
si ibar ini ngga dapet blazer terus gigit jari sambil nyetir pajero.. senasib lah sama gw hehehe.. akhirnya mico yang jadi korban, at least jadi bisa tuker2an lah.. :mrgreen: :mrgreen:

tapi bukan tuker2an sama frandika ya.. :big_peace:
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

abdusy wrote:@om teunget
Coolant top1..belum ketahuan kualitasnya...habis kuras radiator, kebonya masih dikandangin aje....belum diangon kemana-mana..
oke om, tengkiu...
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
micogilbert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Sep 08, 2008 13:29
Location: Selatan Jakarta

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by micogilbert »

Ada berita dari BIC yogja niy...... siapa tau ada teman2 yang kebetulan dekat/melintas didaerah sana....

Kepada pengangon kebo ..

Harap siap-siap, Kamis 21 Mei 2009 pukul 05.30 sudah harus standby di SPBU / Lapangan Melati Sleman (Jl. Magelang) Jogja dalam kondisi tanki sudah penuh.

Akan ada - paling tidak - 28 kebo siap beriringan

Jaga kondisi & kesehatan, jangan begadang di malam sebelumnya :)


Nti malem ada acara kumpul2 g y......??
om tumis, om riadi, om Rian, om uch.... ditunggu beritanya..... hehehehe.... :e-dance:
BIC-655 | Kebo Gembel 4x4
baybhut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 17, 2008 5:03

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by baybhut »

micogilbert wrote:
baybhut wrote: Betul tuh Bro Mico... emang suara knalpotnya jadi agak sember... apalagi kalo RPM diatas 2500... sember banget...
Apakah itu bisa dibetulin atau harus diganti???
Kalo diganti... tabung knalpot merek apa yang bagus?
kalo dibetulin : tabung aslinya mesti di bedah dulu baru di isi lagi peredamnya.... (tapi masangnya lagi harus bener2 bagus... biar g cepet bocor... )

kalo diganti : di bengkel biasanya sudah ready yang mereka bikin yang mirip dengan punya kebo.... jd bisa tinggal pasang. ( tp kalo blm ready y terpaksa nunggu dibikin dulu.... agak lama niy... hehehe...) kalo diganti sebaiknya tabung aslinya dibawa pulang juga... sayang materialnya bagus... siapa tau lagi iseng bisa dibagusin/dibikin lagi.. :-)

merk knalpotnya : hmmmmm.... blm pernah nyoba yang bermerk niy om.... mungkin bisa aja pake merk apa saja tp biasanya kalo yang bermerk harganya mahal dan jarang yang asli....

untuk hal ini sepertinya bro penyu turbo niy yang bisa lebih jelas ngasih infonya....
semoga monitor disini juga....
@ Bro Riadi
Apa perbedaan tabung knalpot yang besar sama yang kecil?
Waktu ke bengkel knalpot deket rumah.. ditawari tabung knalpot... kata orang bengkelnya.. kalo tabung knalpot blazer ada 3 saringan, sedangkan yang dia jual di dalamnya ada 5 saringan. Emangnya jumlah saringan itu pengaruhnya dimana??


@Bro Mico
Mengenai bahan tabung knalpot.. bagaimana ya??? Kata orang bengkel... tabung knalpot blazer dari aluminium, sedangkan yang dia jual.. bahannya dari plat/besi tebal biasa, lumayan berat sih..
Kira2 bahan mana yang lebih bagus... aluminium atau plat.besi biasa?
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

@baybhut .....utk ukuran tabung yg bukan standarnya biasanya ditujukan utk menambah performa atau akslerasi , ukuran tabung yg kecil katanya begitu .......

mengenai bahan kl saya pilih alumunium ........lebih tahan terhadap karat & ringan .
ST .
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

@bro Frandika & Deez.
Gimana hasil FC setelah pake HCS ? Bisa nembus brp per liternya?

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by Diki_Oke_Deh »

Blazer tahun 2000 yang sohc aja(lebih mudah perawatannya) pasarannya berapa ya????
Jadi pengen punya. Harganya murah ,tongkrongan macho,banyak penggemar/klub , dan nyaman. Dulu pernah punya Blazer LT 99 , udah dijual saat km 90.000. Jadi kangen ama blazerku dulu , untuk mobil hobi oke juga tuh.......

BTW: Coolant Top One: warnanya hijau muda. Feeling aja kok rasanya kurang manteb gitu. Yang paling banyak kandungan silicon inhibitornya(secara kasat mata(feeling aja sih) prestone hijau pekat).
Ehh... ternyata saat ditest lab oleh Majalah Otomotif , emang bener2 paling banyak kandungannya dan jadi pilihan (top Choice). Manteb dah.....
dari dulu pake prestone nggak kelain hati.. Toast :beer:
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by frandika »

abdusy wrote:@bro Frandika & Deez.
Gimana hasil FC setelah pake HCS ? Bisa nembus brp per liternya?
FC terakhir sebelum benerin tutup HCS yg suka kebuka, di kisaran 1:7,8 kondisi dalkot
setelah tutup HCS udah dibenerin kemungkinan bisa lebih irit karena kerjanya optimal, akan tetapi belakangan saya (bro deez jg) lebih suka bypass si penipu ECU untuk lebih menikmati tenaga HCS yang nikmattt.. :mrgreen:
-------#BIC-701#--------
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

Diki_Oke_Deh wrote: BTW: Coolant Top One: warnanya hijau muda. Feeling aja kok rasanya kurang manteb gitu. Yang paling banyak kandungan silicon inhibitornya(secara kasat mata(feeling aja sih) prestone hijau pekat).
Ehh... ternyata saat ditest lab oleh Majalah Otomotif , emang bener2 paling banyak kandungannya dan jadi pilihan (top Choice). Manteb dah.....
dari dulu pake prestone nggak kelain hati.. Toast :beer:
ternyata gitu ya om....? pantesan sewaktu pake prestone suhu gak penah nembus 100, ke 90 aja kayaknya susah betul nembusnya, sekarang setelah pake merk lain sering nembus ke 100, padahal kondisi jalan/rute sama, kondisi blazer juga sama, waduuuh....kenapa prestone gak masuk ke daerahku ya? mo nitip kirim ke sini....mahal di ongkir (berat soalnya, heheheheh), yaaa....pake yang ada aja dulu, ntar klo udh masuk ke sini prestone-nya....kuras lagi, trim's ya om udh share....
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

saya pake Top1, suhu selalu pada 70...itu AC on terus.

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

abdusy wrote:saya pake Top1, suhu selalu pada 70...itu AC on terus.
coba dicek jangan2 fannya sdh dijumper .......suhu kerja yg optimal sekitar 97 , efeknya kl mesin bekerja dibawah suhu optimal bensinnya jd boros .
ST .
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by frandika »

riadi33b wrote:
abdusy wrote:saya pake Top1, suhu selalu pada 70...itu AC on terus.
coba dicek jangan2 fannya sdh dijumper .......suhu kerja yg optimal sekitar 97 , efeknya kl mesin bekerja dibawah suhu optimal bensinnya jd boros .
sama seperti di kebo gw, pake coolant prestone yg udah di refill air buangan AC rumah, suhu selalu pada 70 kalo AC on, emang sengaja dijumper walaupun bensin jd lebih boros tapi lebih banyak manfaatnya di kebo jadul seperti AC jauh lebih dingin dan tekanan oli ga pernah deket2 daerah merah saat lagi idle :big_weee:
-------#BIC-701#--------
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

Kebo saya kayaknya masih standar deh.....belum ada yg di-jumper segala. Klo ga pake AC, suhu bisa mencapai 100.

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France