Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

yuniawhite
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Wed Feb 13, 2019 11:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by yuniawhite »

DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 10:17
yuniawhite wrote: Sat Oct 31, 2020 6:13 temen temen di mari, ada yang bisa kasih informasi apakah "Oli Mesin Mobil Shell Helix HX7 5W-40 (4L)" itu beneran full synthetic 100% seperti hal nya "Oli Mesin Mobil Shell Helix HX8 5W-30", hanya beda di kekentalannya saja atau gmana?

Terus kualitasny dibanding Unil Opal. PTT atau Total gimana? Terimakasih.
Kl hasil diskusi panjang dr tret oli ini sehhh

Bagi kita2 embel full synthetic itu cuman marketing gimmick doank koq , biar kliatan kekinian dan laku

Base synthetic cuman 5 persen pun jg ngaku2 full syn, dan kalo oli2 yg beneran "pure" full syn itu harganya jg ud pasti ga sopan banget..

Btw, kl scara kasta, HX7 itu ya ud pasti dibawah HX8
i see... iya sih harga terlalu murah untuk ngaku ngaku full synt HX7. tapi kalau unil opal 24s 5w40 yang ngaku full synt apakah juga cuma bahasa marketing ya?
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 14:49
ViPerRed wrote: Sun Nov 01, 2020 14:34 ---------

btw, klo ane dgr2 suara mesin jaitnya berasal dr ruang bakar deh bukan dr ruang klep.
kl dr block mesin, suspeknya kl ga metal ya pin piston. kl pin piston caranya tinggal di gas. kl pas digas hilang bunyinya berarti pin piston (bunyi ketika idle rpm). kl pas digas malah tambah cepat seiring naiknya rpm berarti komponen lain.
klo metal kyknya ngga mbah
m15a ane dlu kena metal krn overheat parah, bunyi ketukan nya keras bgt.. ini msh alus kyk bunyi mesin jait electric gress dr pabrik. wkwk.. asumsi newbie msh seputaran oli di bagian timing chain
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Sun Nov 01, 2020 15:20
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 13:59
Suryaputra wrote: Sun Nov 01, 2020 13:46

njess ane ganti oli pertama di 1000 km, selalu pakai amsoil ss. sampai skrg baru 2x pakai amsoil ss. rencana sih kl barangnya ada terus n mobilnya ada sm sy terus mau terus2an pakai itu.

kl cvtnya baru 1x ganti di 10k pakai hcf2 ahond. trus barusan di 12k ganti lagi ke amsoil cvt fluid. kayanya akan terus pakai amsoil cvt sebab pakai oli standar material removal (wear rate) nya cukup banyak. tp nanti kita lihat kl sy udah drain yg ini, liat di magnetic drain plugnya apa msh banyak jg gram nya.

untungnya ngerjain sendiri tuh gini2 bisa terpantau jd langsung bisa corrective action segera sebelum udah keburu aus banyak.
hmmm, someday jandanya bakal banyak yg ngantri tuh :big_peace:
Kapan ya mbah shifu pelihara batu makam....
Jd pengen juga batumakam dipegang mbah shifu bakalan oke ngga jandanya..
Atau mbah shifu cari janda batumakam trs dirawat jd janda kembang 😂
kayanya om yg hrs pindah deh ... pdhl sy udah sengaja lho ambil L15 yg populasinya bejibun. spy enak bahasnya kl ada apa2. :mky_03:

Poporing wrote: Sun Nov 01, 2020 15:21
saya kan ceritanya mo niru pemakaian oli di L15 om..
cvtf pake amsoil cvt fluid...
engine oil pake amsoil SS 5w-30...
nah, itu kenapa pake yg 5w-30 om? bukan 0w-20?
udah pernah mention sih sebelumnya, tp singkatnya sy lebih leaning ke xtra protection aja drpd fuel eco, toh sdh 1:11-12 dalkot. kl narik di tol atau cuaca panas lbh tenang. lagipula V100 nya ga beda banyak, 8.8 vs 10.3 cSt.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 11:24
rendr wrote: Sun Nov 01, 2020 10:56 ngomong2 mesin M15A, yes itu masih flat tappet, pake shim, sampe Scross pun masih begitu.... cuman ada penyempurnaan di bbrp titik aja sama M15A terhadulu, dan udah banyak yg claim ke BeRes untuk penggantian shim sesuai dengan clearance yg berbeda saat di cek.... padahal rata2 masih dibawah 50rb km

di manual book direkomendasikan 0w20 (alasan efisiensi bbm) tapi dengan API Service SL....

udah pindah ke buntut SGO w30 pun tetep kumat mie tekteknya, akhirnya bbrp temen putuskan hubungan dengan SGO pindah ke PTT... terakhir yg report mie tek tek ini pas pake PTT 0w30 setelah bbrp kali drain interval...

terakhir liat cam lobe pas claim shim tappet kemaren di beres emang ada bagian yg aus... tapi entahlah udh pake buntut 30 masih aja begitu... gak deh kalo harus ke buntut 40...

ane skrg pake M1 5w30 NF sih so far kalo cold start aja suka keluar suara tekteknya... kalo udh panas sih adem...
woo udah pakai M1 5w30 NF masih bunyi ya. bawaan orok ini mah, ga usah dilawan kl gitu. tp penasaran sm ongkosnya kl mobil out of warranty berapa bayar benerin di beres labor + parts ya. tp kl ane ownernya sih gatel juga benerin.
kalo parts n labor cost siiii murah om ga gitu pusing ya... cuman kan apa musti ganti shim mulu...


ViPerRed wrote: Sun Nov 01, 2020 14:42
rendr wrote: Sun Nov 01, 2020 10:56 ngomong2 mesin M15A, yes itu masih flat tappet, pake shim, sampe Scross pun masih begitu.... cuman ada penyempurnaan di bbrp titik aja sama M15A terhadulu, dan udah banyak yg claim ke BeRes untuk penggantian shim sesuai dengan clearance yg berbeda saat di cek.... padahal rata2 masih dibawah 50rb km

di manual book direkomendasikan 0w20 (alasan efisiensi bbm) tapi dengan API Service SL....

udah pindah ke buntut SGO w30 pun tetep kumat mie tekteknya, akhirnya bbrp temen putuskan hubungan dengan SGO pindah ke PTT... terakhir yg report mie tek tek ini pas pake PTT 0w30 setelah bbrp kali drain interval...

terakhir liat cam lobe pas claim shim tappet kemaren di beres emang ada bagian yg aus... tapi entahlah udh pake buntut 30 masih aja begitu... gak deh kalo harus ke buntut 40...

ane skrg pake M1 5w30 NF sih so far kalo cold start aja suka keluar suara tekteknya... kalo udh panas sih adem...
M15A aerio ane dlu always 10w40 ato 15w40
bunyi nya gitu2 juga sihh. jd ga prlu naekin visco oli
cuma aerio rekomen oli 10w40/15w40 API SL, SX4 5w30 api SL dan s cross 0w20 api SN.. pdhl mesin nya sama persis ya
emmm setelah liat2, ada hal2 detail yg berbeda, kyk rotor oil pump, coil, dll... kyknya m15a scross ini ada penyempurnaan buat pake oli yg lebih encer... tapi dari jaman dulu udh minta API SL which is oli dgn zddp tinggi ya....
gaspol resing tim
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

si MoBeng promo

* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

rendr wrote: Sun Nov 01, 2020 10:56 ngomong2 mesin M15A, yes itu masih flat tappet, pake shim, sampe Scross pun masih begitu.... cuman ada penyempurnaan di bbrp titik aja sama M15A terhadulu, dan udah banyak yg claim ke BeRes untuk penggantian shim sesuai dengan clearance yg berbeda saat di cek.... padahal rata2 masih dibawah 50rb km

di manual book direkomendasikan 0w20 (alasan efisiensi bbm) tapi dengan API Service SL....

udah pindah ke buntut SGO w30 pun tetep kumat mie tekteknya, akhirnya bbrp temen putuskan hubungan dengan SGO pindah ke PTT... terakhir yg report mie tek tek ini pas pake PTT 0w30 setelah bbrp kali drain interval...

terakhir liat cam lobe pas claim shim tappet kemaren di beres emang ada bagian yg aus... tapi entahlah udh pake buntut 30 masih aja begitu... gak deh kalo harus ke buntut 40...

ane skrg pake M1 5w30 NF sih so far kalo cold start aja suka keluar suara tekteknya... kalo udh panas sih adem...
Kl ampe bagian shim ama camlobe ad yg aus, berarti wajip pake oli dgn antiwear tinggi om.. itu tekanan lobe ke shim nya keras

Tp ad jg mobil2 yg model flat tappet macam batu makam, tp ga sebegitu gampang aus.. saya ud perna liat 1 x enjin qr25 ama beberapa hr15 yg lg buka cover enjin head, rata2 masi pada alus aman lobe dan shim nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 17:35
blloewy wrote: Sun Nov 01, 2020 15:20
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 13:59

hmmm, someday jandanya bakal banyak yg ngantri tuh :big_peace:
Kapan ya mbah shifu pelihara batu makam....
Jd pengen juga batumakam dipegang mbah shifu bakalan oke ngga jandanya..
Atau mbah shifu cari janda batumakam trs dirawat jd janda kembang 😂
.
Bener mbah

Skali2 coba d pliara batu makam

Ga usa yg resing2 lejen macam mbah marmut yg piara datsun triple s

Tp coba yg murmerceng aj macam hr15de, seken nya apalagi yg ogl aj ud bejibun 60an jt doank

Saya brani jamin tarohan 100 igun dan 2 renata, bakalan kepake smua tools2 d rumah mbah, ampe tu extension2 jg djamin bakal kepake
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Nov 02, 2020 3:11
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 17:35
blloewy wrote: Sun Nov 01, 2020 15:20
Kapan ya mbah shifu pelihara batu makam....
Jd pengen juga batumakam dipegang mbah shifu bakalan oke ngga jandanya..
Atau mbah shifu cari janda batumakam trs dirawat jd janda kembang 😂
.
Bener mbah

Skali2 coba d pliara batu makam

Ga usa yg resing2 lejen macam mbah marmut yg piara datsun triple s

Tp coba yg murmerceng aj macam hr15de, seken nya apalagi yg ogl aj ud bejibun 60an jt doank

Saya brani jamin tarohan 100 igun dan 2 renata, bakalan kepake smua tools2 d rumah mbah, ampe tu extension2 jg djamin bakal kepake
ane ga ada waktu mbah buat begitu2. sdh habis waktu ane ngurusin bemper depan anf yg celangap mulu dkt fender kiri. :big_weee:

bener jg trd nih = toyota renggang dikit
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon Nov 02, 2020 3:15
DOHC wrote: Mon Nov 02, 2020 3:11
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 17:35

.
Bener mbah

Skali2 coba d pliara batu makam

Ga usa yg resing2 lejen macam mbah marmut yg piara datsun triple s

Tp coba yg murmerceng aj macam hr15de, seken nya apalagi yg ogl aj ud bejibun 60an jt doank

Saya brani jamin tarohan 100 igun dan 2 renata, bakalan kepake smua tools2 d rumah mbah, ampe tu extension2 jg djamin bakal kepake
ane ga ada waktu mbah buat begitu2. sdh habis waktu ane ngurusin bemper depan anf yg celangap mulu dkt fender kiri. :big_weee:

bener jg trd nih = toyota renggang dikit
beda ya TRD SNI dengan TRD std internesyenel :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by qushay20019 »

Misi SM-ers, Amsoil Sig. Series 5w-30 bisa gak ya buat Cherokee bensin inline 6 4 liter tahun 97? Itu mainan lamanya paman ane, rencana mo ane racunin pake Amsoil. Paman ane kagak tau olinya biasa pake apa, lha ane nyebut 0w-20 ato 5w-30 aja sang paman bilang”Apaan tuh? :upss: :big_peace:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

qushay20019 wrote: Mon Nov 02, 2020 3:23 Misi SM-ers, Amsoil Sig. Series 5w-30 bisa gak ya buat Cherokee bensin inline 6 4 liter tahun 97? Itu mainan lamanya paman ane, rencana mo ane racunin pake Amsoil. Paman ane kagak tau olinya biasa pake apa, lha ane nyebut 0w-20 ato 5w-30 aja sang paman bilang”Apaan tuh? :upss: :big_peace:
mantap, legend tuh.
manual book nya masih ada?

according to Amsoil bisa om,
https://www.amsoil.com/lookup/auto-and- ... =us-volume

5w30 malah lbh cepat pelumasan ketika cold start.
dan ketika sudah di suhu kerja 90-100 C kekentalan sama koq.

*saat cold start, sifat dasar oli itu lbh kental dibanding ketika mesin sudah panas.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by 12punch »

mau ngambil amsoil signature series di cakramotor11 tokopedia rekomen gak om ?

atau ada tempat lain yg rekoomen? domisili tangerang
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

12punch wrote: Mon Nov 02, 2020 4:28 mau ngambil amsoil signature series di cakramotor11 tokopedia rekomen gak om ?

atau ada tempat lain yg rekoomen? domisili tangerang
ane beli disitu om. so far so good.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by qushay20019 »

12punch wrote: Mon Nov 02, 2020 4:28 mau ngambil amsoil signature series di cakramotor11 tokopedia rekomen gak om ?

atau ada tempat lain yg rekoomen? domisili tangerang
Sama ama om Omnibus. Ane domisili Makassar
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by 12punch »

Omnibus wrote: Mon Nov 02, 2020 4:30
12punch wrote: Mon Nov 02, 2020 4:28 mau ngambil amsoil signature series di cakramotor11 tokopedia rekomen gak om ?

atau ada tempat lain yg rekoomen? domisili tangerang
ane beli disitu om. so far so good.
siap om , thankyouuu

ternyata cakra motor ada jg di gading serpong, joss dah lgsg samperin
thankyou2
Last edited by 12punch on Mon Nov 02, 2020 4:38, edited 1 time in total.
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by qushay20019 »

Suryaputra wrote: Mon Nov 02, 2020 4:23 mantap, legend tuh.
manual book nya masih ada?

according to Amsoil bisa om,
https://www.amsoil.com/lookup/auto-and- ... =us-volume

5w30 malah lbh cepat pelumasan ketika cold start.
dan ketika sudah di suhu kerja 90-100 C kekentalan sama koq.

*saat cold start, sifat dasar oli itu lbh kental dibanding ketika mesin sudah panas.
Gak ada buku manual om, soalnya paman ane gak maen oprud lagi. Skarang maenanya HD, ampe turing ke Nu Zilend malah

Thanks infonya om
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by benzz89 »

12punch wrote:
Omnibus wrote: Mon Nov 02, 2020 4:30
12punch wrote: Mon Nov 02, 2020 4:28 mau ngambil amsoil signature series di cakramotor11 tokopedia rekomen gak om ?

atau ada tempat lain yg rekoomen? domisili tangerang
ane beli disitu om. so far so good.
siap om , thankyouuu

ternyata cakra motor ada jg di gading serpong, joss dah lgsg samperin
thankyou2
Ane juga ganti oli di cakra yang di gading serpong om... barang sih dia jamin asli karena import langsung dari Amrik & harga juga paling kompetitif untuk produk oli Amsoil.

Belinya bisa lewat toko ijo dulu (biasa ada cashback) lalu bawa ke sana gratis kok ongkos ganti olinya (om tunjukin bukti transaksi beli dari cakra juga), jadi harga bisa lebih murah lagi banding beli langsung di tokonya, ini asumsi kalau lagi ada program cashback yah om... silahkan dicoba.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Nov 02, 2020 3:15
DOHC wrote: Mon Nov 02, 2020 3:11
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 17:35

.
Bener mbah

Skali2 coba d pliara batu makam

Ga usa yg resing2 lejen macam mbah marmut yg piara datsun triple s

Tp coba yg murmerceng aj macam hr15de, seken nya apalagi yg ogl aj ud bejibun 60an jt doank

Saya brani jamin tarohan 100 igun dan 2 renata, bakalan kepake smua tools2 d rumah mbah, ampe tu extension2 jg djamin bakal kepake
ane ga ada waktu mbah buat begitu2. sdh habis waktu ane ngurusin bemper depan anf yg celangap mulu dkt fender kiri. :big_weee:

bener jg trd nih = toyota renggang dikit
jangkan vrz, itu inofa saya jg gt.. dr beli ud manggap yg kiri, ehh kesenggol tukang sayur lgs manggap gede ampe ga bsa di tutup lg.. akhirnya saya lem paksa pake dextone baru mingkem, tp tetep rada renggang karena dudukan aslinya nya ternyata yg kiri rada turun, ga serapet yg kanan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

DOHC wrote: Mon Nov 02, 2020 3:08
rendr wrote: Sun Nov 01, 2020 10:56 ngomong2 mesin M15A, yes itu masih flat tappet, pake shim, sampe Scross pun masih begitu.... cuman ada penyempurnaan di bbrp titik aja sama M15A terhadulu, dan udah banyak yg claim ke BeRes untuk penggantian shim sesuai dengan clearance yg berbeda saat di cek.... padahal rata2 masih dibawah 50rb km

di manual book direkomendasikan 0w20 (alasan efisiensi bbm) tapi dengan API Service SL....

udah pindah ke buntut SGO w30 pun tetep kumat mie tekteknya, akhirnya bbrp temen putuskan hubungan dengan SGO pindah ke PTT... terakhir yg report mie tek tek ini pas pake PTT 0w30 setelah bbrp kali drain interval...

terakhir liat cam lobe pas claim shim tappet kemaren di beres emang ada bagian yg aus... tapi entahlah udh pake buntut 30 masih aja begitu... gak deh kalo harus ke buntut 40...

ane skrg pake M1 5w30 NF sih so far kalo cold start aja suka keluar suara tekteknya... kalo udh panas sih adem...
Kl ampe bagian shim ama camlobe ad yg aus, berarti wajip pake oli dgn antiwear tinggi om.. itu tekanan lobe ke shim nya keras

Tp ad jg mobil2 yg model flat tappet macam batu makam, tp ga sebegitu gampang aus.. saya ud perna liat 1 x enjin qr25 ama beberapa hr15 yg lg buka cover enjin head, rata2 masi pada alus aman lobe dan shim nya
0222201108a~2.jpg
Bagian yg ane lingkerin kalo diliat dari sisi lain itu ga kinclong kyk sisi2 lainnya.. burem dia warnanya...

Manual book sih emg minta API SL, ane perhitungkan dgn nambah thickness oil film pake buntut 30 ternyata ga mempan juga, mutlak kudu bantal nya yg tebel.. ga cmn selimutnya aja..

bbrp temen udh pake ams sig 5w30 dan sefer 5w30 juga di M15A yg sama... Let see beberapa lama bisa tahan mie tekteknya...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gaspol resing tim
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

12punch wrote: Mon Nov 02, 2020 4:28 mau ngambil amsoil signature series di cakramotor11 tokopedia rekomen gak om ?

atau ada tempat lain yg rekoomen? domisili tangerang
udah paling murmer disana... stok nya juga update terus... kalo ambil sedus bisa kurang dikit buat ongkos.. japri aja hehehehehe

harga di toko udh sama ongkos ganti juga deh kyknya...

saingannya ada Rmoda paling... skrg jualan amsoil juga harga beti sama cakra....



:mky_03:
gaspol resing tim
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Poporing »

Sy td ambil sedus.. tp isi ss 5w-30 ama cvtf.. masing2 4 biji
Ga dpt diskon dari cakra.. haha

Sedus gede kali ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

rendr wrote: Mon Nov 02, 2020 14:10
DOHC wrote: Mon Nov 02, 2020 3:08
rendr wrote: Sun Nov 01, 2020 10:56 ngomong2 mesin M15A, yes itu masih flat tappet, pake shim, sampe Scross pun masih begitu.... cuman ada penyempurnaan di bbrp titik aja sama M15A terhadulu, dan udah banyak yg claim ke BeRes untuk penggantian shim sesuai dengan clearance yg berbeda saat di cek.... padahal rata2 masih dibawah 50rb km

di manual book direkomendasikan 0w20 (alasan efisiensi bbm) tapi dengan API Service SL....

udah pindah ke buntut SGO w30 pun tetep kumat mie tekteknya, akhirnya bbrp temen putuskan hubungan dengan SGO pindah ke PTT... terakhir yg report mie tek tek ini pas pake PTT 0w30 setelah bbrp kali drain interval...

terakhir liat cam lobe pas claim shim tappet kemaren di beres emang ada bagian yg aus... tapi entahlah udh pake buntut 30 masih aja begitu... gak deh kalo harus ke buntut 40...

ane skrg pake M1 5w30 NF sih so far kalo cold start aja suka keluar suara tekteknya... kalo udh panas sih adem...
Kl ampe bagian shim ama camlobe ad yg aus, berarti wajip pake oli dgn antiwear tinggi om.. itu tekanan lobe ke shim nya keras

Tp ad jg mobil2 yg model flat tappet macam batu makam, tp ga sebegitu gampang aus.. saya ud perna liat 1 x enjin qr25 ama beberapa hr15 yg lg buka cover enjin head, rata2 masi pada alus aman lobe dan shim nya
0222201108a~2.jpg

Bagian yg ane lingkerin kalo diliat dari sisi lain itu ga kinclong kyk sisi2 lainnya.. burem dia warnanya...

Manual book sih emg minta API SL, ane perhitungkan dgn nambah thickness oil film pake buntut 30 ternyata ga mempan juga, mutlak kudu bantal nya yg tebel.. ga cmn selimutnya aja..

bbrp temen udh pake ams sig 5w30 dan sefer 5w30 juga di M15A yg sama... Let see beberapa lama bisa tahan mie tekteknya...
Ohhh ta kira baret nya ampe parah

Kl ad sigmat, coba aj d ukur mbah jenong camlobe nya.. kadang baret alus tp kl jenongnya masi belom kemakan mah gapapa

Btw itu smua jenong camlobe sama baret2 alusnya kaya gt, atau cuman sisi tertentu saja ? Mustinya dan harusnya sama rata, tp kl cuman sisi tertentu, coba cek kekencengan baut2 nya tuh, takutnya ad yg out of spec

Ama coba liat aj d kepala bucket shim nya, kl oli nya jelek atau miskin antiwear, biasa d kepala bucket nya kliatan coakan aus nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

Poporing wrote: Mon Nov 02, 2020 14:48 Sy td ambil sedus.. tp isi ss 5w-30 ama cvtf.. masing2 4 biji
Ga dpt diskon dari cakra.. haha

Sedus gede kali ya?

mungkin kemaren pas ada promo kesbek dari toko ijo...


coba di kelitikin lagi om nya :mky_03:


DOHC wrote: Mon Nov 02, 2020 14:53
rendr wrote: Mon Nov 02, 2020 14:10
DOHC wrote: Mon Nov 02, 2020 3:08

Kl ampe bagian shim ama camlobe ad yg aus, berarti wajip pake oli dgn antiwear tinggi om.. itu tekanan lobe ke shim nya keras

Tp ad jg mobil2 yg model flat tappet macam batu makam, tp ga sebegitu gampang aus.. saya ud perna liat 1 x enjin qr25 ama beberapa hr15 yg lg buka cover enjin head, rata2 masi pada alus aman lobe dan shim nya
0222201108a~2.jpg

Bagian yg ane lingkerin kalo diliat dari sisi lain itu ga kinclong kyk sisi2 lainnya.. burem dia warnanya...

Manual book sih emg minta API SL, ane perhitungkan dgn nambah thickness oil film pake buntut 30 ternyata ga mempan juga, mutlak kudu bantal nya yg tebel.. ga cmn selimutnya aja..

bbrp temen udh pake ams sig 5w30 dan sefer 5w30 juga di M15A yg sama... Let see beberapa lama bisa tahan mie tekteknya...
Ohhh ta kira baret nya ampe parah

Kl ad sigmat, coba aj d ukur mbah jenong camlobe nya.. kadang baret alus tp kl jenongnya masi belom kemakan mah gapapa

Btw itu smua jenong camlobe sama baret2 alusnya kaya gt, atau cuman sisi tertentu saja ? Mustinya dan harusnya sama rata, tp kl cuman sisi tertentu, coba cek kekencengan baut2 nya tuh, takutnya ad yg out of spec

Ama coba liat aj d kepala bucket shim nya, kl oli nya jelek atau miskin antiwear, biasa d kepala bucket nya kliatan coakan aus nya
koin shim nya sih ga aus mbah klep, kinclong aja tuh dia.. padahal dia yg ketonjok terus.. nah jenongnya aman tapi cuman di siku2nya ini yg ane poto itu pada aus...

sama beres yg out spec diganti shimnya ama yg tebelan.....

puyeng deh mana dulu beres awal2 kasihnya SGO 0w20 API SM... hahahahaha
gaspol resing tim
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

rendr wrote: Mon Nov 02, 2020 15:36 ---------
puyeng deh mana dulu beres awal2 kasihnya SGO 0w20 API SM... hahahahaha
tenang om, ga usah puyeng. kl emang mitektek udah mengganggu banget langsung beliin camshaft, bearing n tappet baru. valve clearance direset ulang pakai shim baru juga
sekalian port polish n skir klep. abis itu pake oli keraton selamanya. auto jd enjin resing ...


:big_grin:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Fakta spt ini yg bisa bungkam klo ada orang ngomong "mobil rakyat gak perlu oli bagus bagus banget".
Belum lg liner piston dan bearing crankshaft friksinya juga tinggi.

justru karena mbl rakyat kebanyakan masih pk flat/shim/bucket tappet malah punya potensi friksi yg sgt tinggi.

wajib dan kudu sih pk oli yg bagus klo mau panjang umur.
hindari oli dari beres klo bisa :D

sesuai klaimnya amsoil signature,

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri