Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Poporing wrote: Mon Dec 07, 2020 8:12
sori kalo ane kelewatan, tpi itu bisa lengket setelah polish ya? mosok lengket waktu wipe pake MF?
awalnya pake apa om?
berarti kerja 2 kali ya?
nganu om, saya ud pernah baca2 soal sticky paint itu.. biasa ada di japs car daripada di euro car... etc
cuma, sy jg ga tau kenapa bisa begitu...
karena rata2 baru tau setelah diproses langkah keberapa...
nah, buat om mobil merah menyala itu, dijelasin abis diwipe pake MF lgsg lengket..
saya emang belum pernah lap mobil pake mf pas kering... tp pas basah2 ya ud sering...
jadi, itu om Canoekovski baru tau itu cat lunak di step yg keberapa... pas mau dipolish kah? atau pas setelah claying? atau gmn?
gituu..... salah nanya ya saya? hahahaha
Poporing wrote: Mon Dec 07, 2020 8:12
nganu om, saya ud pernah baca2 soal sticky paint itu.. biasa ada di japs car daripada di euro car... etc
cuma, sy jg ga tau kenapa bisa begitu...
karena rata2 baru tau setelah diproses langkah keberapa...
nah, buat om mobil merah menyala itu, dijelasin abis diwipe pake MF lgsg lengket..
saya emang belum pernah lap mobil pake mf pas kering... tp pas basah2 ya ud sering...
jadi, itu om Canoekovski baru tau itu cat lunak di step yg keberapa... pas mau dipolish kah? atau pas setelah claying? atau gmn?
gituu..... salah nanya ya saya? hahahaha
sharing aja jadi sticky/lengket muncul waktu moles pake kompon abrasif tinggi dan bahkan pake kompon finishing macam menzerna 3800..karena yang salah tekniknya..mesin kelamaan nempel di panel jadi panas akhirnya walaupun pake kompon finishing tetep aja bisa sticky/lengket residunya berlaku untuk mesin rotary dan DA (pengalaman pribadi)..
jadi intinya sih (setelah dapat petuah dari para sesepuh detailing) gimana caranya biar panel ga terlalu panas aja..clear coat yang sticky itu sensitif sama panas..
Canoekovski wrote: Mon Dec 07, 2020 13:17
sharing aja jadi sticky/lengket muncul waktu moles pake kompon abrasif tinggi dan bahkan pake kompon finishing macam menzerna 3800..karena yang salah tekniknya..mesin kelamaan nempel di panel jadi panas akhirnya walaupun pake kompon finishing tetep aja bisa sticky/lengket residunya berlaku untuk mesin rotary dan DA (pengalaman pribadi)..
jadi intinya sih (setelah dapat petuah dari para sesepuh detailing) gimana caranya biar panel ga terlalu panas aja..clear coat yang sticky itu sensitif sama panas..
sekian penjelasan nubie
Tp yg unik di kasus om pake SF3800 + soft pad aja masih sticky ya. Itu DA yg om pake orbit berapa kah? Itu juga padahal udah dikit2 semprot air/qd ke pad ya?
Dilema seh ... paling sebel kalau dapet solid black nissan/hondut .... terus yg scratch - swirl-nya parah ..... kagak boleh speed kenceng2 + ga bisa pake hard compound + pad juga ane maksimum medium aja .... kerja bisa 2x lebih lama dr yg seharusnya
Canoekovski wrote: Mon Dec 07, 2020 13:17
sharing aja jadi sticky/lengket muncul waktu moles pake kompon abrasif tinggi dan bahkan pake kompon finishing macam menzerna 3800..karena yang salah tekniknya..mesin kelamaan nempel di panel jadi panas akhirnya walaupun pake kompon finishing tetep aja bisa sticky/lengket residunya berlaku untuk mesin rotary dan DA (pengalaman pribadi)..
jadi intinya sih (setelah dapat petuah dari para sesepuh detailing) gimana caranya biar panel ga terlalu panas aja..clear coat yang sticky itu sensitif sama panas..
sekian penjelasan nubie
Tp yg unik di kasus om pake SF3800 + soft pad aja masih sticky ya. Itu DA yg om pake orbit berapa kah? Itu juga padahal udah dikit2 semprot air/qd ke pad ya?
Dilema seh ... paling sebel kalau dapet solid black nissan/hondut .... terus yg scratch - swirl-nya parah ..... kagak boleh speed kenceng2 + ga bisa pake hard compound + pad juga ane maksimum medium aja .... kerja bisa 2x lebih lama dr yg seharusnya
orbit itu maksudnya putaran per menitnya ya om?
berarti buat tau itu cat lunak atau bukan, pas mau poles harus dicolek2 dikit ya?
trus itu clear coat yg lembek itu harus dilapisin lg ga om?
josomba wrote: Tue Dec 08, 2020 2:04
Tp yg unik di kasus om pake SF3800 + soft pad aja masih sticky ya. Itu DA yg om pake orbit berapa kah? Itu juga padahal udah dikit2 semprot air/qd ke pad ya?
Dilema seh ... paling sebel kalau dapet solid black nissan/hondut .... terus yg scratch - swirl-nya parah ..... kagak boleh speed kenceng2 + ga bisa pake hard compound + pad juga ane maksimum medium aja .... kerja bisa 2x lebih lama dr yg seharusnya
Pake DA orbit 15mm (cuma punya ini satu²nya) speed 3 ajah dan udah pernah coba semprot air dan QD ke panel dan ke pad masih sama aja nyobain 2 pas aja gerakan agak ngebut malah hazing parah..
nyoba ganti obat langsung deh lancar..tapi test spot pake abrasif tinggi + rotary + speed 1200 rpm panel sempet panas tapi di wipe lancar jaya kombo yang cakep itu wool dan kompon panel dijamin ga cepet panas..foam buat finishing aja
dan ya emang ane masih blom bisa 1 step aja di sticky paint ini jadi kerja harus 2x
cutting (babat swirl dan baret medium ke ringan) dan finishing
sekalian minta saran mbah kain MF yang ga gampang buluan beli di mana yah apa harus beli yang >50rb ya? soalnya tiap beli yang 20-30rb wipe residu kompon sama buff wax pasti bulu pada nempel..ampun deh
Poporing wrote: Tue Dec 08, 2020 4:19
orbit itu maksudnya putaran per menitnya ya om?
berarti buat tau itu cat lunak atau bukan, pas mau poles harus dicolek2 dikit ya?
trus itu clear coat yg lembek itu harus dilapisin lg ga om?
Orbit/radius area dr titik tengahnya gitu om
makin gede orbitnya, less heat di pad. So far pake 15mm, buat ngadepin sticky paint masih oke walau tetep kudu semprot2 pad.
Poporing wrote: Tue Dec 08, 2020 4:19
orbit itu maksudnya putaran per menitnya ya om?
berarti buat tau itu cat lunak atau bukan, pas mau poles harus dicolek2 dikit ya?
trus itu clear coat yg lembek itu harus dilapisin lg ga om?
Orbit/radius area dr titik tengahnya gitu om
makin gede orbitnya, less heat di pad. So far pake 15mm, buat ngadepin sticky paint masih oke walau tetep kudu semprot2 pad.
Singkat cerita krn dongkol mobil ane disemprot disinfektan rata body & baru sempet cuci 3 hari setelahnya, alhasil timbul bercak2 spt kerak air di seluruh body, kaca & plastik2..
Akhirnya niat pengen belajar moles mobil muncul lagi, akhirnya beli di toko ijo:
- ryu rpo 180
- pad busa
- dan menzerna yg direpack dalam kemasan 100ml (1000, 2400, 3800 & sealent wax)
Belajar dari nonton orang moles di yutub, akhirnya memberanikan diri mulai.
Test pakai 2400 & pad medium cut ternyata cukup ampuh buat ilangin bekas disinfektan, swirl & baret halus. Kemudian dipoles lagi pakai 3800 & pad polishing, puas banget sama hasilnya. Terakhir pakai sealent wax & pad waxing..
Setelah itu main ke ig menzernya, ternyata sealent wax cm bertahan 2-3 bulan (buset kudu rajin moles dong) dan timbul keinginan untuk cari produk yg punya daya tahan lebih lama.. kira2 suhu2 ada sarankah buat nubie ini?
Oiya sama cara ilangin bekas kerak disinfektan di plastik & kaca pakai apa ya yg aman?
black2345 wrote:Singkat cerita krn dongkol mobil ane disemprot disinfektan rata body & baru sempet cuci 3 hari setelahnya, alhasil timbul bercak2 spt kerak air di seluruh body, kaca & plastik2..
Akhirnya niat pengen belajar moles mobil muncul lagi, akhirnya beli di toko ijo:
- ryu rpo 180
- pad busa
- dan menzerna yg direpack dalam kemasan 100ml (1000, 2400, 3800 & sealent wax)
Belajar dari nonton orang moles di yutub, akhirnya memberanikan diri mulai.
Test pakai 2400 & pad medium cut ternyata cukup ampuh buat ilangin bekas disinfektan, swirl & baret halus. Kemudian dipoles lagi pakai 3800 & pad polishing, puas banget sama hasilnya. Terakhir pakai sealent wax & pad waxing..
Setelah itu main ke ig menzernya, ternyata sealent wax cm bertahan 2-3 bulan (buset kudu rajin moles dong) dan timbul keinginan untuk cari produk yg punya daya tahan lebih lama.. kira2 suhu2 ada sarankah buat nubie ini?
Oiya sama cara ilangin bekas kerak disinfektan di plastik & kaca pakai apa ya yg aman?
Super nubi coba ikutan comment, sealant wax bisa 2-3 bulan dikondisi iklim +62 itu sudah sesuatu bgt om. Saya pake tw polish ice (pasta) kira2 segituan juga, yg menurut saya sudah cukup kuat.
Kalau kerak dikaca saya biasa pake clay bar, tapi memang capek dan harus berulang2. Kalau kerak blm lama mestinya bisa.
black2345 wrote: Mon Dec 14, 2020 22:52
Singkat cerita krn dongkol mobil ane disemprot disinfektan rata body & baru sempet cuci 3 hari setelahnya, alhasil timbul bercak2 spt kerak air di seluruh body, kaca & plastik2..
Akhirnya niat pengen belajar moles mobil muncul lagi, akhirnya beli di toko ijo:
- ryu rpo 180
- pad busa
- dan menzerna yg direpack dalam kemasan 100ml (1000, 2400, 3800 & sealent wax)
Belajar dari nonton orang moles di yutub, akhirnya memberanikan diri mulai.
Test pakai 2400 & pad medium cut ternyata cukup ampuh buat ilangin bekas disinfektan, swirl & baret halus. Kemudian dipoles lagi pakai 3800 & pad polishing, puas banget sama hasilnya. Terakhir pakai sealent wax & pad waxing..
Setelah itu main ke ig menzernya, ternyata sealent wax cm bertahan 2-3 bulan (buset kudu rajin moles dong) dan timbul keinginan untuk cari produk yg punya daya tahan lebih lama.. kira2 suhu2 ada sarankah buat nubie ini?
Oiya sama cara ilangin bekas kerak disinfektan di plastik & kaca pakai apa ya yg aman?
Nubi nimbrung, kalau buat "penutup" dr menzerna pake powerlock aja om..
Kalau mau + added gloss dikit, ditimpa lg (sesudah 24 jam) pake meguiars m26 juga oke
black2345 wrote: Mon Dec 14, 2020 22:52
Singkat cerita krn dongkol mobil ane disemprot disinfektan rata body & baru sempet cuci 3 hari setelahnya, alhasil timbul bercak2 spt kerak air di seluruh body, kaca & plastik2..
Akhirnya niat pengen belajar moles mobil muncul lagi, akhirnya beli di toko ijo:
- ryu rpo 180
- pad busa
- dan menzerna yg direpack dalam kemasan 100ml (1000, 2400, 3800 & sealent wax)
Belajar dari nonton orang moles di yutub, akhirnya memberanikan diri mulai.
Test pakai 2400 & pad medium cut ternyata cukup ampuh buat ilangin bekas disinfektan, swirl & baret halus. Kemudian dipoles lagi pakai 3800 & pad polishing, puas banget sama hasilnya. Terakhir pakai sealent wax & pad waxing..
Setelah itu main ke ig menzernya, ternyata sealent wax cm bertahan 2-3 bulan (buset kudu rajin moles dong) dan timbul keinginan untuk cari produk yg punya daya tahan lebih lama.. kira2 suhu2 ada sarankah buat nubie ini?
Oiya sama cara ilangin bekas kerak disinfektan di plastik & kaca pakai apa ya yg aman?
Nubie kemarin sore ikut nimbrung
kalau kerak pake waterspot remover boleh coba atau di clay aja kalau belum lama biasanya langsung keangkat pake clay..jangan lupa pake lubricant waktu clay, bisa pake QD atau shampoo cuci mobil..
buat LSP ngikut mbah josomba aja itu powerlock mantep bikin cat basah dan licin, waktu itu mau coba keburu kepincut fusso coat gara² 11.11 di bla bla..*bukan sales wax kalengan
Canoekovski wrote: Tue Dec 15, 2020 4:04
Nubie kemarin sore ikut nimbrung
kalau kerak pake waterspot remover boleh coba atau di clay aja kalau belum lama biasanya langsung keangkat pake clay..jangan lupa pake lubricant waktu clay, bisa pake QD atau shampoo cuci mobil..
buat LSP ngikut mbah josomba aja itu powerlock mantep bikin cat basah dan licin, waktu itu mau coba keburu kepincut fusso coat gara² 11.11 di bla bla..*bukan sales wax kalengan
Om ... fusso coat "mudah" ndak pas buffing out-nya? Saya 2 taun lalu pernah coba Fusso F7, kok resek ya cem carlack .....
josomba wrote: Tue Dec 15, 2020 6:52
Om ... fusso coat "mudah" ndak pas buffing out-nya? Saya 2 taun lalu pernah coba Fusso F7, kok resek ya cem carlack .....
tricky mbah
waktu itu coba 2 panel keburu kering..buffingnya bikin tangan jadi seperti popeye..percobaan ke-2 1 panel langsung buff asal applicator foam bawaannya di basahin trus di peres (lembab) lancar jaya..
kebetulan mobil apply 2 layer..layer ke-2 apply besoknya setelah apply pertama..di kap sempet ada smearing buff pake MF lembab lanjut MF kering aman..
josomba wrote: Tue Dec 15, 2020 6:52
Om ... fusso coat "mudah" ndak pas buffing out-nya? Saya 2 taun lalu pernah coba Fusso F7, kok resek ya cem carlack .....
tricky mbah
waktu itu coba 2 panel keburu kering..buffingnya bikin tangan jadi seperti popeye..percobaan ke-2 1 panel langsung buff asal applicator foam bawaannya di basahin trus di peres (lembab) lancar jaya..
kebetulan mobil apply 2 layer..layer ke-2 apply besoknya setelah apply pertama..di kap sempet ada smearing buff pake MF lembab lanjut MF kering aman..
sekian report nubie
Jadi mirip2 carlak ya ini, perlu MF lembab biar nggak sengsara.
Canoekovski wrote: Tue Dec 08, 2020 4:49
Pake DA orbit 15mm (cuma punya ini satu²nya) speed 3 ajah dan udah pernah coba semprot air dan QD ke panel dan ke pad masih sama aja nyobain 2 pas aja gerakan agak ngebut malah hazing parah..
nyoba ganti obat langsung deh lancar..tapi test spot pake abrasif tinggi + rotary + speed 1200 rpm panel sempet panas tapi di wipe lancar jaya kombo yang cakep itu wool dan kompon panel dijamin ga cepet panas..foam buat finishing aja
dan ya emang ane masih blom bisa 1 step aja di sticky paint ini jadi kerja harus 2x
cutting (babat swirl dan baret medium ke ringan) dan finishing
sekalian minta saran mbah kain MF yang ga gampang buluan beli di mana yah apa harus beli yang >50rb ya? soalnya tiap beli yang 20-30rb wipe residu kompon sama buff wax pasti bulu pada nempel..ampun deh
Wah maap om ke-skip...
Dah pake medium throw padahal ya DA-nya. Ajaib juge...
Betul pake wool itu less heat tp ati2 daya babatnya tinggi... Wkwkwk...
Buat MF saya biasa pake 40-50ribuan sih um, biasa beli di car care consultant/si otogeek2 itu.. btw cuci lapnya gimana um? Ga dijemur matahari dan ga pake pelembut kan?
josomba wrote: Tue Dec 15, 2020 14:04
Wah maap om ke-skip...
Dah pake medium throw padahal ya DA-nya. Ajaib juge...
Betul pake wool itu less heat tp ati2 daya babatnya tinggi... Wkwkwk...
Buat MF saya biasa pake 40-50ribuan sih um, biasa beli di car care consultant/si otogeek2 itu.. btw cuci lapnya gimana um? Ga dijemur matahari dan ga pake pelembut kan?
Ya bener mbah..ngatur panel biar ga panas ini butuh jam terbang ga bisa pake teori tertulis dan dunia maya..harus coba langsung
MF di car care yang warna ijo abu itu yah kalo yang di oto yang epic biru itu yah
indeskey wrote: Tue Dec 15, 2020 1:06
Super nubi coba ikutan comment, sealant wax bisa 2-3 bulan dikondisi iklim +62 itu sudah sesuatu bgt om. Saya pake tw polish ice (pasta) kira2 segituan juga, yg menurut saya sudah cukup kuat.
Kalau kerak dikaca saya biasa pake clay bar, tapi memang capek dan harus berulang2. Kalau kerak blm lama mestinya bisa.
Kasih mic ke suhu @josomba
Well noted.. agak susah ya berarti yg bagian plastik & kaca..
hehehe
josomba wrote: Tue Dec 15, 2020 1:47
Nubi nimbrung, kalau buat "penutup" dr menzerna pake powerlock aja om..
Kalau mau + added gloss dikit, ditimpa lg (sesudah 24 jam) pake meguiars m26 juga oke
Om kalau ditutup pakai coating gimana?
Kan banyak itu di toko ijo yg jual coating dari harga ratusan ribu hingga jutaan per botol
Mbah shifu Josomba...
Kl untuk hilangkan water spot di kap atau bagian atas mobil pake apa ya?sama kl kaca itu biar bisa bersih banget gmn ya mbah? Adakah perawatan khususnya?
black2345 wrote: Sat Dec 19, 2020 5:49
Om kalau ditutup pakai coating gimana?
Kan banyak itu di toko ijo yg jual coating dari harga ratusan ribu hingga jutaan per botol
Wah kalau coating ane gabisa berkomentar banyak nih om. Seumur2 cuman pernah pake Cquartz UK doang 2x. Salah satunya di entril dengan soft and sticky paint laknatnya. Yg murah2 setau ane pernah ada yg review lama2 menguning atau ga gitu durable.
$_35.JPG
Yg ini gambar comot dr web, dulu lupa foto botolnya pas pake
20151214_130027.jpg
PhotoGrid_1450605261791.jpg
blloewy wrote: Sat Dec 19, 2020 6:45
Mbah shifu Josomba...
Kl untuk hilangkan water spot di kap atau bagian atas mobil pake apa ya?sama kl kaca itu biar bisa bersih banget gmn ya mbah? Adakah perawatan khususnya?
Kalau waterspot sih selama ini coba2 dulu clay + compound/polish medium cut dlu ... kalau dah parah banget, mau gamau kudu pake mesin sih biar oke cuttingnya... Kalau kaca sih saya selama ini sering2 clay aja
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Kalau waterspot sih selama ini coba2 dulu clay + compound/polish medium cut dlu ... kalau dah parah banget, mau gamau kudu pake mesin sih biar oke cuttingnya... Kalau kaca sih saya selama ini sering2 clay aja
clay ama compoundnya pake apa mbah shifu?
kl yg kaca clay nya juga pake apa?
itu semua ngga perlu pake mesin khan ya?
soalnya ngga pny mesin poles2 di rumah
blloewy wrote: Sat Dec 19, 2020 13:44
clay ama compoundnya pake apa mbah shifu?
kl yg kaca clay nya juga pake apa?
itu semua ngga perlu pake mesin khan ya?
soalnya ngga pny mesin poles2 di rumah
clay segala permukaan bisa asal tidak berpori2.
compound pake tangan juga bisa kalau mau latihan bisep trisep.
lebih baik ke detailer terdekat. lebih mahal memang tapi terima beres.
josomba wrote: Mon Nov 16, 2020 4:06
20201116_104703.jpg
20201116_104625.jpg
Mencoba semacem SiO2 spray ala reload tp buatan lokal (eh tapi cmiiw ya, polysiloxane sama SiO2 itu sama atau ndak).
Silox58 merk-nya. Beli dr Vyde* tokonya d gresik. Biasa sih puas sama waterless wash-nya. Tp kali ini penasaran sama silox 58 ini.
Pas apply tinggal semprot2 n lap sesuai petunjuk. Somehow sedikit streaky d mobil saya cuman cukup yakin next mandi ni mobil akan hilang streak-nya.
Glossy-nya oke lah dan slick. Yg jelas hemat waktu tp durability harusnya ga se-memble spray wax pada umumnya. Ada swirl deket2 kap mesin, cukup tersamarkan secara visual.
Nanti coba 1 bulan lg ane bikin reviewnya lg kalau inget
Kalo yang buat waterless washnya gimana om hasilnya? Barangkali boleh liat heheh