All About Pulsar - Part 04

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
altops
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Jul 22, 2008 8:20
Location: Karawang

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by altops »

@nikki
oli rembes ke busi dari mana bro? Ada dua jalan oli bs rembes ke ruang bakar satu dari ring seher yg udah ga bener dua dari seal klep yg dah ga beres. Ada satu lg sih lwt jalur intake tapi mang motor kt 2 tak hehe oli campur bensin. kalo kasus ente tuh kyknya bukan oli yg rembes. Kalo oli rembes tuh knalpot pasti ngebul putih dan busi pasti rada basah oli d sekitar ujungnya. Dugaan kuat gue itu endapan karbon aja yg nempel sisa pembakaran.
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.
User avatar
altops
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Jul 22, 2008 8:20
Location: Karawang

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by altops »

@nikki
Bs jadi juga kalo ente masukkin ky aditif petrol or fuel treatment gitu.Dulu Di busi shogun g juga kyk gt. Item2 ilangnya kl d amplas.
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.
nikki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
Location: Depok

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by nikki »

@altops
Gw emang kmrn pake petroltank bro.buat bersihin tanki dr air yg kcampur.. Apa bs jg krn itu? Trus jdnya aman gk klo kt pk gt2an?? Businya kering sih,gada cair oli gt.. Kr2 yg gw alamin bahaya gk ye?? Bntar gw cb fotoin dh..
THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
Surz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 24, 2008 15:46

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by Surz »

Bantu Tongolin poto2 kopdar di Semarang bersama Bro Jeskoneng ( foto dari bro Bejogeboy )

Niy...gw upload gambar2 kopdar kemaren ya

1. Kloter pertama. Kiri-ke-kanan :darkwolf, MzD, eka, bejogeboy, jeskoneng
Image
2. Kloter susulan. kiri-ke-kanan : bejogeboy, guilano(kaskus)/Surz(SM). jeskoneng, Nuvan (Ketua PC Smg)
Image
* guilano/surz kaya' imam 88 gak ?
3. darkwolf jadi sukarelawan pertama buat nyobain motor jeskoneng. MzD masih mikir2 mau uji nyali berani apa kagak,hehehehehe...
Image
4. darkwolf ketawa cengingas-cengingis mau ngo*pol,karena takut kenceng2,wakakakakak.... ;)
Image
5. Yang ini paling seru! Tangannya gemetaran stelah nyobain motor bro jeskoneng,huahahahahahahaha...kaya' megang cewe' pertama kali aja ;)
Image
6. Niy...klonengan imam88 ikut nyobain juga. nekat juga niy bocah
Image
7. Acara makan siang di warung rujak cingur. Mantap!!! Om jeskoneng habis 3 porsi (rujak cingur, es cao, sm es bubur kolak! Lapar apa doyan om???)
Image

Kapan2 ngumpul2 lagi ya
Makasih atas waktu yg disempet2in buat kopdar.
User avatar
mouse555
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Wed Aug 13, 2008 8:51
Location: Jakarta

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by mouse555 »

weits manstap d foto2xnya, salam kenal buat bro2x yang di Semarang, om torri mang sip d, lintas jawa mondar mandir euy....., ane coba tongolin bbrp foto hasil kopdar PLL & Prides kmrn minggu

buat lengkapnya bisa lsg klik http://mouselima.multiply.com/photos/album/5
IMG_0655.JPG
IMG_0656.JPG
IMG_0674.JPG
IMG_0694.JPG
IMG_0705.JPG
IMG_0709.JPG
IMG_0735.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
altops
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Jul 22, 2008 8:20
Location: Karawang

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by altops »

@surz
mantab bro! Bro jes mmg pecinta kuliner sejati tuh sekaligus pecinta speed sejati. Hehe.
@nikki
nang aja bro buktinya shogun g gak papa tuh rutin g kasih stp petrol tretmen tiap 6000km
@ all n suhu-suhu
gue pengen kita bahas ini nih. TRICS on pulsar !
Apa ya kepanjangan Trics ini ? Trus fungsinya apa? Kenapa cdi reaktor di pasang di jalurnya trics? Dan ini yg paling g bingung kenapa kalo kabel trics ga d pasang motor jd tambah kenceng? Efek ke cdi bgmn kalo trics ga di pake aja?
Ayo bro semua kita geledah dan telanjangì apa dan bagaimana Trics itu. Karena tadi siang gue heran pas abis service 3 dan pas motor g tes kok larinya enak bangets asli enak ! Masih d beres tuh abis tes, g liat2 n cek2 sktr karbu eh kok ada kabel lepas nih. G tanya mekaniknya eh ternyata kabel trics lupa d pasang / d colok. Nah loh? Kok bs jadi enak gitu ya? G bilang mas kalo trics g copot aja gak d pasang bgmn? Dy cm jawb bs boros ktnya. Gak puas neh ma jwbnnya. Ayo bro kt test lab kl perlu sampe kt tau brp volt yg d alirkan trics ke cdi d tiap rpmnya. Ato sinyal seperti apa yg d kirim karbu ke cdi?
Bgmna bro hanx bro jes n bro gading{smg msh mantau2} bs membantu penasaran ane?
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.
Surz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 24, 2008 15:46

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by Surz »

@altops : kabel TRICS ? ga pernah tau tuh ttg kabel trics :big_slap:

gw juga pensaran nih ..

hehe


@ atas :

foto biar bisa nongol pake attachment gmn bro ? kok poto2 yg gw tongolin lsg nongol ya ga pake attachment ?

hehe .. :big_slap:
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by SarItem200 »

@altops: oooh kabel trics itu kabel yg nyolok ke karbu toh, gue juga sempet heran ngapain kabel nyambung ke karbu.....belom test sih kalo tuh kabel di copot (berarti canggih juga tuh karbu ada elektroniknya kali didalem), ayo u bedah trus laporan dah disini.....:D

lapor lampu senja gue yg kelap2 kayaknya sekarat, mungkin led gak bagus pake AC ? (pijar lebih awet...maybe)......well balik ke lampu std dulu dah.....:)
nikki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
Location: Depok

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by nikki »

susah amat upload foto..

Pkknya busi gw kyk kaya kesemprot pilox gt dh,cuma di 1 sisi.. Itu jg cm terjadi d busi kiri doang kl gk salah. Trus di ulir bagian atasnya jg item kyk gosong gt.. Knapa yah?? Normal ga yah? Help dungs..

Ohya td gw dkasi tau orang beres,kabel yg nyambung ke karbu klo dcopot bs bikin busi dua2nya nyala mpe d atas 6000rpm..
THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
BlueSeagel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Wed Aug 13, 2008 1:16

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by BlueSeagel »

altops wrote:@surz
mantab bro! Bro jes mmg pecinta kuliner sejati tuh sekaligus pecinta speed sejati. Hehe.
@nikki
nang aja bro buktinya shogun g gak papa tuh rutin g kasih stp petrol tretmen tiap 6000km
@ all n suhu-suhu
gue pengen kita bahas ini nih. TRICS on pulsar !
Apa ya kepanjangan Trics ini ? Trus fungsinya apa? Kenapa cdi reaktor di pasang di jalurnya trics? Dan ini yg paling g bingung kenapa kalo kabel trics ga d pasang motor jd tambah kenceng? Efek ke cdi bgmn kalo trics ga di pake aja?
Ayo bro semua kita geledah dan telanjangì apa dan bagaimana Trics itu. Karena tadi siang gue heran pas abis service 3 dan pas motor g tes kok larinya enak bangets asli enak ! Masih d beres tuh abis tes, g liat2 n cek2 sktr karbu eh kok ada kabel lepas nih. G tanya mekaniknya eh ternyata kabel trics lupa d pasang / d colok. Nah loh? Kok bs jadi enak gitu ya? G bilang mas kalo trics g copot aja gak d pasang bgmn? Dy cm jawb bs boros ktnya. Gak puas neh ma jwbnnya. Ayo bro kt test lab kl perlu sampe kt tau brp volt yg d alirkan trics ke cdi d tiap rpmnya. Ato sinyal seperti apa yg d kirim karbu ke cdi?
Bgmna bro hanx bro jes n bro gading{smg msh mantau2} bs membantu penasaran ane?
ini info dari BAI. Setau g alat ini gunanya untuk pengiritan CMIIW
TRICS III (Throttle Responsive Ignition Control System)
Fungsi dari TRICS adalah pemicu pengapian pertama dan kedua untuk pembakaran yang sempurna terhadap campuran udara dan bensin pada berbagai posisi throttle guna mendapatkan power dan performa yang optimal.
XtraOrdinary
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Wed Jul 30, 2008 9:15

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by XtraOrdinary »

@ mouse555
maren yg nanya Wolverine bro...tp Rosi jg ga ada barang kykna...

@ vega
brng uda g kirim bro...atas nama Adi kan ya?

@ Ijunk
bagus2....ente pinter jg pidatonya...hahahaha...

@ Blade
oh, itu testsu...kykna lu dendam bngt ma dy ma...hahahaha

@ okep
kalo kg bsk tanya2 bang Ito deh kep, marenan kan dy br dari puncak tuh...kalo ga salah sih dy inep...kalo tmptnya enak, bole kita pke lagi...bisna kan kykna dy ikud ke puncak....kalo mau survey, ajak nikki , saritem n ijunk aja tuh...semangatnya kan 45....tancap terus....kalo malem kan br pada buka bro wisata mlm...kan biasa lu yg ngajakin gua....ayam2 kan br pd keluar tuh....bagi cendol dong kep...

@ aru
itu yg lu jual br ato second brur???oiya, maren setelan lu ke motor g kata bro Jo kekecilan bro...hrs lebih gede lagi...sekarang uda mayan enak neh motor...tp kata dy hrs cek tensioner ama balancer dl...

@ tetsu
maaf bro...marenan suara ente kecil sih...jadi kaga kedengeran cm karna ga enak ya g sih iya2 aja...hohohoho....tp sekarang uda apal kok...yg parah mah si okep, masa anggota sendiri ada yg gatau namanya...ckckckcck...(parah lu kep)..



@ all
oiya, sblm kelupaan...jangan lupa siapken safety gear masing2 ya....sepatu n helm...kalo bs helmnya full face....n dr tgl 2-15 minimal kita hrs check up ke bengkel sekali sebelum jalan...ok??
Jual xado, coil racing, electronic bosster -->> 0818 07 KRISNA / 929 888 76
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by wenk »

@surz
kok ane gak bisa liat foto2nya yah?? :ungg:

@all
Tolong dunk tongolin foto2 nya dari Bro Surz.
Thanks b4............ :thanks:
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by wenk »

@XO
Kalau memungkinkan Jas Ujan juga kudu di bawa. Kan dah mulai musim nya neh. Kan gak lucu pergi keren2 gitu pulang pada basah kuyup kayak kucing di guyur..... :big_peace:
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by wenk »

@XO
kalo masalah check up ke bengkel ya pasti lah, trus periksa tekanan ban.
Yang paling penting jgn lupa bawa DUIT....... heheheehehehehehe :big_weee: :big_peace:
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by wenk »

@aru
Wah nawarin racun baru neh.
Gmn dgn daya tahan aki nya bro?? G cm takutnya aki nya gak tahan lama.
tet5u
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Oct 09, 2008 3:42

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by tet5u »

@ XO
jgn sampe lupa ane yg mana :ungg:
emang klo bro BlaDe masih dendam ke ane kayaknya
gara - gara ane dah punya cewe :big_smoking:
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by wenk »

@all
Tetangga down lagi yah??
User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by Tners »

wenk wrote:@aru
Wah nawarin racun baru neh.
Gmn dgn daya tahan aki nya bro?? G cm takutnya aki nya gak tahan lama.
hmm, gw sih pake pivot sebelumnya buat mobil.
pas dipake, air aki malah jadi awet.
jarang ngisi.
berarti akinya ga pernah berkerja keras yg mengakibatkan airnya mendidih dan menguap.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
BlueSeagel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Wed Aug 13, 2008 1:16

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by BlueSeagel »

wenk wrote:@aru
Wah nawarin racun baru neh.
Gmn dgn daya tahan aki nya bro?? G cm takutnya aki nya gak tahan lama.
racun apa bro....?
User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by Tners »

Surz wrote: 7. Acara makan siang di warung rujak cingur. Mantap!!! Om jeskoneng habis 3 porsi (rujak cingur, es cao, sm es bubur kolak! Lapar apa doyan om???)
Image

Kapan2 ngumpul2 lagi ya
lho, koq ada ijunk tuh?
yg pake baju abu2 honda.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
okep
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Mon Jun 02, 2008 5:55

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by okep »

XtraOrdinary wrote:@ mouse555

@ okep
kalo kg bsk tanya2 bang Ito deh kep, marenan kan dy br dari puncak tuh...kalo ga salah sih dy inep...kalo tmptnya enak, bole kita pke lagi...bisna kan kykna dy ikud ke puncak....kalo mau survey, ajak nikki , saritem n ijunk aja tuh...semangatnya kan 45....tancap terus....kalo malem kan br pada buka bro wisata mlm...kan biasa lu yg ngajakin gua....ayam2 kan br pd keluar tuh....bagi cendol dong kep...



@ tetsu
maaf bro...marenan suara ente kecil sih...jadi kaga kedengeran cm karna ga enak ya g sih iya2 aja...hohohoho....tp sekarang uda apal kok...yg parah mah si okep, masa anggota sendiri ada yg gatau namanya...ckckckcck...(parah lu kep)..


yup ntar bro ito gue tlp btw..no ny brapa ya..waktu itu gue tlp ke esia nya ga aktif.... ada yg tau???


nb : yang di cetak tebal jgn di publish dong..kan ga enak....

btw kaskus di hack ya?? kok coba akses malah "page Not Found"



absen pagi sambil makan bubur ayam...hmmmmm
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by wenk »

Tners wrote:
wenk wrote:@aru
Wah nawarin racun baru neh.
Gmn dgn daya tahan aki nya bro?? G cm takutnya aki nya gak tahan lama.
hmm, gw sih pake pivot sebelumnya buat mobil.
pas dipake, air aki malah jadi awet.
jarang ngisi.
berarti akinya ga pernah berkerja keras yg mengakibatkan airnya mendidih dan menguap.
Jadi DC-S tuh fungsi nya kurang lebih sama dengan pivot ya bro?
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by wenk »

BlueSeagel wrote:
wenk wrote:@aru
Wah nawarin racun baru neh.
Gmn dgn daya tahan aki nya bro?? G cm takutnya aki nya gak tahan lama.
racun apa bro....?
Liat di halaman sebelum nya d bro, racun nya ada di sana.
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by wenk »

@okep
iya tuh Kep, kaskus lg down neh.....
Lari nya ke SM dah. heheehehehehe :big_smoking:
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: All About Pulsar - Part 04

Post by hanx13 »

altops wrote:@surz
mantab bro! Bro jes mmg pecinta kuliner sejati tuh sekaligus pecinta speed sejati. Hehe.
@nikki
nang aja bro buktinya shogun g gak papa tuh rutin g kasih stp petrol tretmen tiap 6000km
@ all n suhu-suhu
gue pengen kita bahas ini nih. TRICS on pulsar !
Apa ya kepanjangan Trics ini ? Trus fungsinya apa? Kenapa cdi reaktor di pasang di jalurnya trics? Dan ini yg paling g bingung kenapa kalo kabel trics ga d pasang motor jd tambah kenceng? Efek ke cdi bgmn kalo trics ga di pake aja?
Ayo bro semua kita geledah dan telanjangì apa dan bagaimana Trics itu. Karena tadi siang gue heran pas abis service 3 dan pas motor g tes kok larinya enak bangets asli enak ! Masih d beres tuh abis tes, g liat2 n cek2 sktr karbu eh kok ada kabel lepas nih. G tanya mekaniknya eh ternyata kabel trics lupa d pasang / d colok. Nah loh? Kok bs jadi enak gitu ya? G bilang mas kalo trics g copot aja gak d pasang bgmn? Dy cm jawb bs boros ktnya. Gak puas neh ma jwbnnya. Ayo bro kt test lab kl perlu sampe kt tau brp volt yg d alirkan trics ke cdi d tiap rpmnya. Ato sinyal seperti apa yg d kirim karbu ke cdi?
Bgmna bro hanx bro jes n bro gading{smg msh mantau2} bs membantu penasaran ane?
TRICS itu switch dualband CDI. KAyak punya BRT dualband gitu. Cuman switchnya ditaruh di throttle butterfly valve biar switchnya aktif sesuai gerakan/putaran gas.

Trics tu terdiri dari Magnetic reed switch, jdnya berdasarkan magnet, klo di karisma kan switchnya bunyi "ceklik".
Klo setengah bukaan gas ato lebih, posisi magnet bergeser dan switch keadaan off, maka map kurva pengapian di CDI pindah ke map ke 2 (yg lebih retard). Gunanya apa kog retard??
- mengantisipasi knocking klo kita buka gas mendadak gas polll...
- bisa mencapai top speed lebih tinggi

Nah bro altops bilang klo dilepas kog kerasa enak,,, itu tergantung BBMnya. Klo pake Oktan tinggi tentunya timing pengapian bisa lebih maju(advance) daripada pake bensin oktan rendah... Klo TRICS dilepas tentunya timing pengapian, tetep normal gak ada retard, klo pake oktan tinggi, bisa lebih enak.

Pengen tau pas ato gak nya??
- silahkan liat busi masing2.
biasanya klo gw (pakke premium), TRICS tak copot, maka ujung elektroda dan porselen warnanya jd keputih2an. Klo gak tetep merah bata. Itu indikasi timing terlalu tinggi....




Mau ngetes TRICS???
Gampang... sedia AVOmeter aja,, posisikan di OhmMeter...
soket yg nancep di CDI silahkan dilepas. Tes aja di situ ujung2 pen testernya. Ntar keliatan klo gak ada hambatan alias "konek".
sekarang, coba tarik gasnya sampe keliatan magnet2 itu gak berdempetan lg, pasti, ntar hambatan jd tak terhingga alias "diskonek"... :mrgreen:


that's it,,, itu aja fungsinya...

jd buat temen2 yg pasang BRT dualband + Karbu std... TRICSnya jgn dicopot,, pasang aja tinggal nyesuain soket aja,,, daripada bikin switch lg.... ;)

nikki wrote:susah amat upload foto..

Pkknya busi gw kyk kaya kesemprot pilox gt dh,cuma di 1 sisi.. Itu jg cm terjadi d busi kiri doang kl gk salah. Trus di ulir bagian atasnya jg item kyk gosong gt.. Knapa yah?? Normal ga yah? Help dungs..

Ohya td gw dkasi tau orang beres,kabel yg nyambung ke karbu klo dcopot bs bikin busi dua2nya nyala mpe d atas 6000rpm..

Masak orang Beres salah,emang trainingnya di mana.....??

coba aja dicopot bro kabel TRICSnya, terus busi kiri copnya dilepas, coba aja gas,, bisa ampe 10.000rpm gak....
dijamin gak bisa,,,,,
Image