Omnibus
punten bukan mau ngajarin, tapi sekedar berbagi...
jadi kalo alternator sudah kelepas dari bracket, kira-kira seperti ini contohnya :
IMG_20210914_111418.jpg
buka 3 mur kunci 8mm pengiket cover belakang (yang dilingkar merah). ada sebagian alternator yang musti ngelepas ebonit penahan kabel setrum utama dulu, baru si cover bisa kelepas.
IMG20210914110718.jpg
nanti setelah cover belakang kebuka, langsung keliatan carbon brush holder-nya, buka pake obeng PH atau socket bit PH juga boleh, mana yang paling nyaman aja.
kalau saya, tempelin obeng PH ke bautnya, abis itu ketok sedikit kepala obeng pake palu kecil 1-2x buat bantu ngendorin. kadang 1x ketok pelan juga udah kebuka.
carbon brush holder :
IMG20210914110843.jpg
IMG20210914110908.jpg
paling enak ganti 1 set karena nggak ribet pake bongpas carbon brush segala. tapi buat yang lagi super irit, boleh beli carbon brush-nya aja, 50rb dapet 3 set.
bagian ini yang musti dipanasin solder buat ngelepas carbon brush-nya :
IMG_20210914_111501.jpg
IMG_20210914_111527.jpg
hati-hati, akan ada per yang mencolot kalau timah sudah lumer semua...
untuk carbon brush, disesuaikan musti pake yang kabel samping atau kabel atas. tiap mobil pasti beda posisi kabel tapi pada umumnya ukuran carbon brush sama.
ini contoh carbon brush yang kabel samping :
IMG_20210914_111543.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.