Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Innova saya thn 2012 G AT diesel.
Coolant saya ganti di July 2020. Setelah saya ganti, mobil dipakai tiap 2-3 hari sekali karena Covid.
Sampai sekarang setiap sekitar 2 minggu sd 1 bulan sekali air coolant berkurang, jadinya di tengah2x antara L dan F.
Setiap kali diisi sampai F, satu sampai 2 kali pakai tetap di F.
Setelah beberapa kali pakai turun lagi dan selali di tengah antara L dan F .... ada yang pernah alami hal yang sama? kenapa yah?
Capek isi setipa 2 minggu atau 1 bulan sekali. Total kira kira sudah masuk 8 liter lebih, padahal waktu kuras cuma keluar 6 sd 7 liter, lupa tepatnya berapa. waktu kura yang dibuka cuma baut plastik kupu di radiator.
Dicheck tidak ada kebocoran, jadi bingung. Kalau bocor dari mana bocornya?
Tapi dulu sebelum diganti coolant selalu di posisi F
2KD kayanya memang proses buang anginnya lama om... di ane jg begitu sampe tes kompresi cooling system segala ke beres, kirain ada yg bocor halus kali, hasil tes gak ada yg bocor.
Kl posisi coolant di reservoir sdh anteng (tidak turun2 lg) antara L & F ya sudah diamkan saja om, berarti sdh selesai dia proses buang anginnya.
Ngobrol2 ama SA beres mereka jg bilang begitu hrs nambah2 terus, bahkan pertama kali sehabis kuras coolant pasti dihajar itu reservoir sampai posisi di B (paling atas) krn sdh yakin pasti turun banget sampe ke L, lalu hrs tambah beberapa kali lg sampai F.
Kasus di 2KD ane itu ta hajar sampai di atas F sikit, lalu sering2 cek beberapa hari & ada bekas rembesan di reservoir (kaya meluap) setelah itu dia sdh anteng pas di bawah F dikit (waktu dingin di pagi hari) & ane sdh gak nambah2 lagi hingga saat ini. Kalau lagi jalan sih pasti diatas F posisinya.
Masalahnya krn WFH maka proses buang anginnya terkesan jd tambah lama lagi krn mobil jarang jalan, ini jg sama kasusnya di ane, kl mobil jalan tiap hari & jaraknya jauh2 pasti lebih cepat buang angin & stabilnya itu posisi coolant di reservoir. Semoga membantu yah om.
Tapi yang anehnya tuh tiap kali dimasukin F turunnya ke setengahnya, pernah dipakai 2-3 bulan. Tiap 2 atau 3 hari tetap pakai.
Turunnya selalu tengah antara L dan F(Pagi hari). Kalau habis pakai selalu diatas F.
Isi lagi sampai F, jalan 1 sd 2 minggu. Lah turunnya kok sama di tengah antara L dan F, padahal sebelumnya dipakai 2-3 bulan juga turun pas di tengah antara L dan F
Apa karena ada udara yang terjebak yah?
BTW kalau mesin kepanasan, mobil kijang LGX dulu kan ada air dari penampungan bisa tumpah, nah kalau sekarang apa bisa air penampungan tumpah yah? karena tidak lihat selang overflow/pembuangannya
Coolant bisa aja rembes keluar om dr reservoirnya om kalau over filling isi diatas F, kayanya dari tutup pentil kecil yg warna item itu.
Waktu proses leaking tes di beres kan mesin jalan terus & tutup reservoir sering di buka tutup, waktu berangkat pagi2 posisi di F nah pas balik dr bengkel besok paginya langsung di L, turun jauh.
Beres suruh datang lagi utk di cek ulang, tp krn ane penasaran feeling kayanya anginnya sdh banyak kebuang saat leaking test jd ane pake jalan aja dulu beberapa hari, ehh msh turun dikit sekali, lalu top up deh sampai diatas F, gak lama rembes dr atas reservoir, setelah itu turun sikit lg & stabil sampai sekarang, ya sdh ane diemin aja di F kurang sikit posisinya kl pagi2.
Coba si om buka tutup reservoir lalu hidupkan mesin 30-60 menit, tujuannya spy apabila masih ada angin yg kejebak di dalam cooling system bisa keluar. Besok paginya cek lagi, apabila ada penurunan maka top up sampai F lagi.
Setelah itu cek lg apakah msh ada penurunan, kl msh ada coba ulangi cara diatas tp durasinya lebih pendek aja sekitar 15-30 menit. Imho buang angin sambil idle spt ini kayanya lebih cepat banding sambil jalan & reservoir tertutup. Ini berdasar pengalaman ane waktu leaking test di beres yah om.
benzz89 wrote: Mon May 31, 2021 7:45
2KD kayanya memang proses buang anginnya lama om... di ane jg begitu sampe tes kompresi cooling system segala ke beres, kirain ada yg bocor halus kali, hasil tes gak ada yg bocor.
Kl posisi coolant di reservoir sdh anteng (tidak turun2 lg) antara L & F ya sudah diamkan saja om, berarti sdh selesai dia proses buang anginnya.
Ngobrol2 ama SA beres mereka jg bilang begitu hrs nambah2 terus, bahkan pertama kali sehabis kuras coolant pasti dihajar itu reservoir sampai posisi di B (paling atas) krn sdh yakin pasti turun banget sampe ke L, lalu hrs tambah beberapa kali lg sampai F.
Kasus di 2KD ane itu ta hajar sampai di atas F sikit, lalu sering2 cek beberapa hari & ada bekas rembesan di reservoir (kaya meluap) setelah itu dia sdh anteng pas di bawah F dikit (waktu dingin di pagi hari) & ane sdh gak nambah2 lagi hingga saat ini. Kalau lagi jalan sih pasti diatas F posisinya.
Masalahnya krn WFH maka proses buang anginnya terkesan jd tambah lama lagi krn mobil jarang jalan, ini jg sama kasusnya di ane, kl mobil jalan tiap hari & jaraknya jauh2 pasti lebih cepat buang angin & stabilnya itu posisi coolant di reservoir. Semoga membantu yah om.
Tapi yang anehnya tuh tiap kali dimasukin F turunnya ke setengahnya, pernah dipakai 2-3 bulan. Tiap 2 atau 3 hari tetap pakai.
Turunnya selalu tengah antara L dan F(Pagi hari). Kalau habis pakai selalu diatas F.
Isi lagi sampai F, jalan 1 sd 2 minggu. Lah turunnya kok sama di tengah antara L dan F, padahal sebelumnya dipakai 2-3 bulan juga turun pas di tengah antara L dan F
Apa karena ada udara yang terjebak yah?
BTW kalau mesin kepanasan, mobil kijang LGX dulu kan ada air dari penampungan bisa tumpah, nah kalau sekarang apa bisa air penampungan tumpah yah? karena tidak lihat selang overflow/pembuangannya
Coolant bisa aja rembes keluar om dr reservoirnya om kalau over filling isi diatas F, kayanya dari tutup pentil kecil yg warna item itu.
Waktu proses leaking tes di beres kan mesin jalan terus & tutup reservoir sering di buka tutup, waktu berangkat pagi2 posisi di F nah pas balik dr bengkel besok paginya langsung di L, turun jauh.
Beres suruh datang lagi utk di cek ulang, tp krn ane penasaran feeling kayanya anginnya sdh banyak kebuang saat leaking test jd ane pake jalan aja dulu beberapa hari, ehh msh turun dikit sekali, lalu top up deh sampai diatas F, gak lama rembes dr atas reservoir, setelah itu turun sikit lg & stabil sampai sekarang, ya sdh ane diemin aja di F kurang sikit posisinya kl pagi2.
Coba si om buka tutup reservoir lalu hidupkan mesin 30-60 menit, tujuannya spy apabila masih ada angin yg kejebak di dalam cooling system bisa keluar. Besok paginya cek lagi, apabila ada penurunan maka top up sampai F lagi.
Setelah itu cek lg apakah msh ada penurunan, kl msh ada coba ulangi cara diatas tp durasinya lebih pendek aja sekitar 15-30 menit. Imho buang angin sambil idle spt ini kayanya lebih cepat banding sambil jalan & reservoir tertutup. Ini berdasar pengalaman ane waktu leaking test di beres yah om.
Bener om benz. Coolant ane jg kemaren sempet ngurang. Jadi ceritanya gini.
Kan ganti thermostat 76 drajat di tempat si mbah bebonk. Dy bilang skalian kuras radiator aja. Yaudah deh, yg lama dikuras sampe abis, tuangin coolant baru lg . Amsoil coolant seinget ane. Ud di isi sampe batas F (Full) kan . Beres kelar, abis tu bayar2 trus pulang .
Thermostat 76 drajat @Auto Cartrix
Nah kemaren kan roadtrip ya ke Bali (jarak sebulan setelah ganti thermostat) . Via tol transjawabahn . Ane rest di RA KM 300 an brapa gitu. Isi solar & iseng buka kap mesin, ga taunya posisi coolant ada di bawah L (Low)
Jd ane kg pernah buka2 kap mesin lg ceritanya semenjak abis kuras coolant itu. Selama 1 bulanan
Ngeri2 takut gegara bejek gaspol terus coolant jd abis apa gimana. Akhirnya ane tambahin aja aer aqua sampe batas F . Udah kan tuh. Jalan lagi skitar 300 kilo sampe RA km 600an ud hampir sampe surabaya. Nahhh ane buka kap mesin lg.. ga taunya skarang posisi coolant malah diatas F (full) lumayan jaraknya 2 jari wkwkwkwkwk.
Yo wess dah lanjut gas lagi sampe ujung banyuwangi. Sampe malem ud kg cek2 kap mesin lg. Males
Profith83 wrote:
Tapi yang anehnya tuh tiap kali dimasukin F turunnya ke setengahnya, pernah dipakai 2-3 bulan. Tiap 2 atau 3 hari tetap pakai.
Turunnya selalu tengah antara L dan F(Pagi hari). Kalau habis pakai selalu diatas F.
Isi lagi sampai F, jalan 1 sd 2 minggu. Lah turunnya kok sama di tengah antara L dan F, padahal sebelumnya dipakai 2-3 bulan juga turun pas di tengah antara L dan F
Apa karena ada udara yang terjebak yah?
BTW kalau mesin kepanasan, mobil kijang LGX dulu kan ada air dari penampungan bisa tumpah, nah kalau sekarang apa bisa air penampungan tumpah yah? karena tidak lihat selang overflow/pembuangannya
Coolant bisa aja rembes keluar om dr reservoirnya om kalau over filling isi diatas F, kayanya dari tutup pentil kecil yg warna item itu.
Waktu proses leaking tes di beres kan mesin jalan terus & tutup reservoir sering di buka tutup, waktu berangkat pagi2 posisi di F nah pas balik dr bengkel besok paginya langsung di L, turun jauh.
Beres suruh datang lagi utk di cek ulang, tp krn ane penasaran feeling kayanya anginnya sdh banyak kebuang saat leaking test jd ane pake jalan aja dulu beberapa hari, ehh msh turun dikit sekali, lalu top up deh sampai diatas F, gak lama rembes dr atas reservoir, setelah itu turun sikit lg & stabil sampai sekarang, ya sdh ane diemin aja di F kurang sikit posisinya kl pagi2.
Coba si om buka tutup reservoir lalu hidupkan mesin 30-60 menit, tujuannya spy apabila masih ada angin yg kejebak di dalam cooling system bisa keluar. Besok paginya cek lagi, apabila ada penurunan maka top up sampai F lagi.
Setelah itu cek lg apakah msh ada penurunan, kl msh ada coba ulangi cara diatas tp durasinya lebih pendek aja sekitar 15-30 menit. Imho buang angin sambil idle spt ini kayanya lebih cepat banding sambil jalan & reservoir tertutup. Ini berdasar pengalaman ane waktu leaking test di beres yah om.
Bener om benz. Coolant ane jg kemaren sempet ngurang. Jadi ceritanya gini.
Kan ganti thermostat 76 drajat di tempat si mbah bebonk. Dy bilang skalian kuras radiator aja. Yaudah deh, yg lama dikuras sampe abis, tuangin coolant baru lg . Amsoil coolant seinget ane. Ud di isi sampe batas F (Full) kan . Beres kelar, abis tu bayar2 trus pulang .
Thermostat 76 drajat @Auto Cartrix
Nah kemaren kan roadtrip ya ke Bali (jarak sebulan setelah ganti thermostat) . Via tol transjawabahn . Ane rest di RA KM 300 an brapa gitu. Isi solar & iseng buka kap mesin, ga taunya posisi coolant ada di bawah L (Low)
Jd ane kg pernah buka2 kap mesin lg ceritanya semenjak abis kuras coolant itu. Selama 1 bulanan
Ngeri2 takut gegara bejek gaspol terus coolant jd abis apa gimana. Akhirnya ane tambahin aja aer aqua sampe batas F . Udah kan tuh. Jalan lagi skitar 300 kilo sampe RA km 600an ud hampir sampe surabaya. Nahhh ane buka kap mesin lg.. ga taunya skarang posisi coolant malah diatas F (full) lumayan jaraknya 2 jari wkwkwkwkwk.
Yo wess dah lanjut gas lagi sampe ujung banyuwangi. Sampe malem ud kg cek2 kap mesin lg. Males
Waduhhh... coolant keraton di campur ama air aqua rakjat jelata, kalo ketahuan ama mbah Omni sih bisa diomelin tuh... nehi2 kata dia & pasti dikuras ulang itu coolantnya wakwkwkw [emoji1787]
Kalo baru kuras coolant sih baiknya beli cadangan 1 botol yg kecil isi 1 liter taro di dalam mobil, buat jaga2 aja kl msh butuh top up ditengah jalan, apalagi pas mau keluar kota, gak berapa duit juga sih kl yg TMO, ntah kl yg keraton merek si mbah suhu DIY itu [emoji5]
Gimana om kiel rasanya pake thermo 76°? Lebih kenceng gak mobilnya hahahah... kl yg ane notice sih jarum indikator di speedo turun sikittt yah banding yg 82° ntah apa perasaan ane aja, coba deh si om perhatiin juga, mana tau bener begitu [emoji16]
KielConstantine wrote:
Bener om benz. Coolant ane jg kemaren sempet ngurang. Jadi ceritanya gini.
Kan ganti thermostat 76 drajat di tempat si mbah bebonk. Dy bilang skalian kuras radiator aja. Yaudah deh, yg lama dikuras sampe abis, tuangin coolant baru lg . Amsoil coolant seinget ane. Ud di isi sampe batas F (Full) kan . Beres kelar, abis tu bayar2 trus pulang .
Thermostat 76 drajat @Auto Cartrix
Nah kemaren kan roadtrip ya ke Bali (jarak sebulan setelah ganti thermostat) . Via tol transjawabahn . Ane rest di RA KM 300 an brapa gitu. Isi solar & iseng buka kap mesin, ga taunya posisi coolant ada di bawah L (Low)
Jd ane kg pernah buka2 kap mesin lg ceritanya semenjak abis kuras coolant itu. Selama 1 bulanan
Ngeri2 takut gegara bejek gaspol terus coolant jd abis apa gimana. Akhirnya ane tambahin aja aer aqua sampe batas F . Udah kan tuh. Jalan lagi skitar 300 kilo sampe RA km 600an ud hampir sampe surabaya. Nahhh ane buka kap mesin lg.. ga taunya skarang posisi coolant malah diatas F (full) lumayan jaraknya 2 jari wkwkwkwkwk.
Yo wess dah lanjut gas lagi sampe ujung banyuwangi. Sampe malem ud kg cek2 kap mesin lg. Males
Waduhhh... coolant keraton di campur ama air aqua rakjat jelata, kalo ketahuan ama mbah Omni sih bisa diomelin tuh... nehi2 kata dia & pasti dikuras ulang itu coolantnya wakwkwkw [emoji1787]
Kalo baru kuras coolant sih baiknya beli cadangan 1 botol yg kecil isi 1 liter taro di dalam mobil, buat jaga2 aja kl msh butuh top up ditengah jalan, apalagi pas mau keluar kota, gak berapa duit juga sih kl yg TMO, ntah kl yg keraton merek si mbah suhu DIY itu [emoji5]
Gimana om kiel rasanya pake thermo 76°? Lebih kenceng gak mobilnya hahahah... kl yg ane notice sih jarum indikator di speedo turun sikittt yah banding yg 82° ntah apa perasaan ane aja, coba deh si om perhatiin juga, mana tau bener begitu [emoji16]
Biarin dah .. Amsoil campur aer .... Kmaren keknya cuman 200 rb apa brapa gitu per galon . Ntar emang mau kuras lg sih om, pas ganti radiator koyorad #eh
Noted. Ntar rampok 2 galon aja dari si mbah dukun wkwkwk
Ngaruh tuh thermostat. Lucu deh, kan misalnya abis pake jalan jauh suhu manteng di jarum stengah gitu kan di spedo. Nah turun bentar di rest area, buat makan 30-40 menitan . Mobil engine off. Pas di stater lagi kelar makan. itu jarum posisi ud turun di 1/4 lebih dikit ..
Ane ngerasa rada aneh aja kek nih mobil cepet dinginnya, biasanya pas stater suhu kan paling di 1/2 kurang jaman dulu pake thermostat bawaan pabrik wkwkwk .. di bawa lari2an lg sih naek lg ke posisi 1/2 . Trus ud manteng aja disitu terus kg naek2 ...
Kenceng sih berasa lebih padet tarikannya, soalnya instal dibarengin EGR delete kit. Keknya ngefek gegara si EGR delete kit wkwkwk .. yg pasti suhu adem teruss liatin itu jarum di posisi 1/2 trus .. padahal posisi gaspol mulu
Posisi terpasang , udara segar mengalir dari pipa intercooler —> EGR delete block —> menuju throttle body
Jadi main konsepnya tu ilangin/delete besi yg ditengah (gambar 1) krn menghambat aliran udara. Dan model lebih sederhana drpd OEM..
Otomatis stelah ganti EGR delete block, check engine nyala krn ada kabel sensor yg dicabut (gambar1) bagian atas kepalanya itu tempat sensor gitu. Jadi butuh di retune ulang ECU nya sama si mbah, buat ilangin vault code sama sempurnain map lagi
Ane ngerjain 2 kerjaan pas visit . Ganti thermostat 76 drajat & EGR delete itu. Berasa sih tarikan jauh lebih padet & ngisi dari RPM bawah. Enggak gimana significant, tp lumayan lahhh hahaha. Not dynoed yet. Baru by perasaan
Buat fortuner 2kd VNT jg bisa itu pasang egr delete ..
#colek om benzz89
KielConstantine wrote:
Bener om benz. Coolant ane jg kemaren sempet ngurang. Jadi ceritanya gini.
Kan ganti thermostat 76 drajat di tempat si mbah bebonk. Dy bilang skalian kuras radiator aja. Yaudah deh, yg lama dikuras sampe abis, tuangin coolant baru lg . Amsoil coolant seinget ane. Ud di isi sampe batas F (Full) kan . Beres kelar, abis tu bayar2 trus pulang .
Thermostat 76 drajat @Auto Cartrix
Nah kemaren kan roadtrip ya ke Bali (jarak sebulan setelah ganti thermostat) . Via tol transjawabahn . Ane rest di RA KM 300 an brapa gitu. Isi solar & iseng buka kap mesin, ga taunya posisi coolant ada di bawah L (Low)
Jd ane kg pernah buka2 kap mesin lg ceritanya semenjak abis kuras coolant itu. Selama 1 bulanan
Ngeri2 takut gegara bejek gaspol terus coolant jd abis apa gimana. Akhirnya ane tambahin aja aer aqua sampe batas F . Udah kan tuh. Jalan lagi skitar 300 kilo sampe RA km 600an ud hampir sampe surabaya. Nahhh ane buka kap mesin lg.. ga taunya skarang posisi coolant malah diatas F (full) lumayan jaraknya 2 jari wkwkwkwkwk.
Yo wess dah lanjut gas lagi sampe ujung banyuwangi. Sampe malem ud kg cek2 kap mesin lg. Males
Waduhhh... coolant keraton di campur ama air aqua rakjat jelata, kalo ketahuan ama mbah Omni sih bisa diomelin tuh... nehi2 kata dia & pasti dikuras ulang itu coolantnya wakwkwkw [emoji1787]
Kalo baru kuras coolant sih baiknya beli cadangan 1 botol yg kecil isi 1 liter taro di dalam mobil, buat jaga2 aja kl msh butuh top up ditengah jalan, apalagi pas mau keluar kota, gak berapa duit juga sih kl yg TMO, ntah kl yg keraton merek si mbah suhu DIY itu [emoji5]
Gimana om kiel rasanya pake thermo 76°? Lebih kenceng gak mobilnya hahahah... kl yg ane notice sih jarum indikator di speedo turun sikittt yah banding yg 82° ntah apa perasaan ane aja, coba deh si om perhatiin juga, mana tau bener begitu [emoji16]
Biarin dah .. Amsoil campur aer .... Kmaren keknya cuman 200 rb apa brapa gitu per galon . Ntar emang mau kuras lg sih om, pas ganti radiator koyorad #eh
Noted. Ntar rampok 2 galon aja dari si mbah dukun wkwkwk
Ngaruh tuh thermostat. Lucu deh, kan misalnya abis pake jalan jauh suhu manteng di jarum stengah gitu kan di spedo. Nah turun bentar di rest area, buat makan 30-40 menitan . Mobil engine off. Pas di stater lagi kelar makan. itu jarum posisi ud turun di 1/4 lebih dikit ..
Ane ngerasa rada aneh aja kek nih mobil cepet dinginnya, biasanya pas stater suhu kan paling di 1/2 kurang jaman dulu pake thermostat bawaan pabrik wkwkwk .. di bawa lari2an lg sih naek lg ke posisi 1/2 . Trus ud manteng aja disitu terus kg naek2 ...
Kenceng sih berasa lebih padet tarikannya, soalnya instal dibarengin EGR delete kit. Keknya ngefek gegara si EGR delete kit wkwkwk .. yg pasti suhu adem teruss liatin itu jarum di posisi 1/2 trus .. padahal posisi gaspol mulu
2KD saya jg memang turunnya cepet Om, naiknya jg lama sih bisa 15-20 menit dr nyalain mesin sampe suhu kerja normal 81-82.
BTW cek via OBD juga gak itu ECT nya real 76 atau lebih? Temen ada yg ganti thermostat 76 jg di VNT 295hp itu dibejek pol ECT nya mentok di 80-81, tp kalo udah dibawa normal lg ya balik ke 76-77
Impresi nya memang suara mesin lebih adem dan surprisingly ternyata bs lebih irit sedikit. Lumayan lah 0,5 km/liter
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
benzz89 wrote: Tue Jun 01, 2021 1:44
Waduhhh... coolant keraton di campur ama air aqua rakjat jelata, kalo ketahuan ama mbah Omni sih bisa diomelin tuh... nehi2 kata dia & pasti dikuras ulang itu coolantnya wakwkwkw [emoji1787]
Kalo baru kuras coolant sih baiknya beli cadangan 1 botol yg kecil isi 1 liter taro di dalam mobil, buat jaga2 aja kl msh butuh top up ditengah jalan, apalagi pas mau keluar kota, gak berapa duit juga sih kl yg TMO, ntah kl yg keraton merek si mbah suhu DIY itu [emoji5]
Gimana om kiel rasanya pake thermo 76°? Lebih kenceng gak mobilnya hahahah... kl yg ane notice sih jarum indikator di speedo turun sikittt yah banding yg 82° ntah apa perasaan ane aja, coba deh si om perhatiin juga, mana tau bener begitu [emoji16]
Biarin dah .. Amsoil campur aer .... Kmaren keknya cuman 200 rb apa brapa gitu per galon . Ntar emang mau kuras lg sih om, pas ganti radiator koyorad #eh
Noted. Ntar rampok 2 galon aja dari si mbah dukun wkwkwk
Ngaruh tuh thermostat. Lucu deh, kan misalnya abis pake jalan jauh suhu manteng di jarum stengah gitu kan di spedo. Nah turun bentar di rest area, buat makan 30-40 menitan . Mobil engine off. Pas di stater lagi kelar makan. itu jarum posisi ud turun di 1/4 lebih dikit ..
Ane ngerasa rada aneh aja kek nih mobil cepet dinginnya, biasanya pas stater suhu kan paling di 1/2 kurang jaman dulu pake thermostat bawaan pabrik wkwkwk .. di bawa lari2an lg sih naek lg ke posisi 1/2 . Trus ud manteng aja disitu terus kg naek2 ...
Kenceng sih berasa lebih padet tarikannya, soalnya instal dibarengin EGR delete kit. Keknya ngefek gegara si EGR delete kit wkwkwk .. yg pasti suhu adem teruss liatin itu jarum di posisi 1/2 trus .. padahal posisi gaspol mulu
2KD saya jg memang turunnya cepet Om, naiknya jg lama sih bisa 15-20 menit dr nyalain mesin sampe suhu kerja normal 81-82.
BTW cek via OBD juga gak itu ECT nya real 76 atau lebih? Temen ada yg ganti thermostat 76 jg di VNT 295hp itu dibejek pol ECT nya mentok di 80-81, tp kalo udah dibawa normal lg ya balik ke 76-77
Impresi nya memang suara mesin lebih adem dan surprisingly ternyata bs lebih irit sedikit. Lumayan lah 0,5 km/liter
Ane waktu leak test cooling system di beres itu di cek pakai OBD & ane liat sendiri suhu temperatur di 76°C sih om (sayang ane kaga foto). Thermostat ane jg sdh ganti ke 76°C, tp anehnya mrk org beres pd diem2 aja gak berasa aneh, padahalkan hrsnya di 82°C.
Krn leak test ini rada tricky jd mrk ijinin ane masuk ke workshop & sama2 nyaksiin apakah benar itu kerja alat leak test nya & krn biayanya gak murah jg buat fortuner kena hampir 500 ribu, kl innova 2KD kena 300 ribu kl gak salah padahal mesinnya kan sama... asemmm. Biayanya lumayan mahal krn makan waktu kata SA nya.
Jadilah kita ber 4 sama2 nyaksiin proses leak test dr SA, supervisor & mekaniknya. Cek berkali2 sampe cek OBD & tes jalan jg. Susah tes beginian, istilahnya special case gitu [emoji5]
Biarin dah .. Amsoil campur aer .... Kmaren keknya cuman 200 rb apa brapa gitu per galon . Ntar emang mau kuras lg sih om, pas ganti radiator koyorad #eh
Noted. Ntar rampok 2 galon aja dari si mbah dukun wkwkwk
Ngaruh tuh thermostat. Lucu deh, kan misalnya abis pake jalan jauh suhu manteng di jarum stengah gitu kan di spedo. Nah turun bentar di rest area, buat makan 30-40 menitan . Mobil engine off. Pas di stater lagi kelar makan. itu jarum posisi ud turun di 1/4 lebih dikit ..
Ane ngerasa rada aneh aja kek nih mobil cepet dinginnya, biasanya pas stater suhu kan paling di 1/2 kurang jaman dulu pake thermostat bawaan pabrik wkwkwk .. di bawa lari2an lg sih naek lg ke posisi 1/2 . Trus ud manteng aja disitu terus kg naek2 ...
Kenceng sih berasa lebih padet tarikannya, soalnya instal dibarengin EGR delete kit. Keknya ngefek gegara si EGR delete kit wkwkwk .. yg pasti suhu adem teruss liatin itu jarum di posisi 1/2 trus .. padahal posisi gaspol mulu
2KD saya jg memang turunnya cepet Om, naiknya jg lama sih bisa 15-20 menit dr nyalain mesin sampe suhu kerja normal 81-82.
BTW cek via OBD juga gak itu ECT nya real 76 atau lebih? Temen ada yg ganti thermostat 76 jg di VNT 295hp itu dibejek pol ECT nya mentok di 80-81, tp kalo udah dibawa normal lg ya balik ke 76-77
Impresi nya memang suara mesin lebih adem dan surprisingly ternyata bs lebih irit sedikit. Lumayan lah 0,5 km/liter
Ane waktu leak test cooling system di beres itu di cek pakai OBD & ane liat sendiri suhu temperatur di 76°C sih om (sayang ane kaga foto). Thermostat ane jg sdh ganti ke 76°C, tp anehnya mrk org beres pd diem2 aja gak berasa aneh, padahalkan hrsnya di 82°C.
Krn leak test ini rada tricky jd mrk ijinin ane masuk ke workshop & sama2 nyaksiin apakah benar itu kerja alat leak test nya & krn biayanya gak murah jg buat fortuner kena hampir 500 ribu, kl innova 2KD kena 300 ribu kl gak salah padahal mesinnya kan sama... asemmm. Biayanya lumayan mahal krn makan waktu kata SA nya.
Jadilah kita ber 4 sama2 nyaksiin proses leak test dr SA, supervisor & mekaniknya. Cek berkali2 sampe cek OBD & tes jalan jg. Susah tes beginian, istilahnya special case gitu [emoji5]
Bisa aja itu SA, padahal mah aji mumpung mumpung mobilnya lebih mahal jd charge nya jg bs lebih gede.
Teknisi mungkin patokannya cuma batas atas, kalo udah ngelewatin 83 baru deh dikomenin, kalo stay di 76 ya dianggap wajar
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Malam suhu2 semua. Salam kenal. Minta rekomendasi dong kalau ada info bengkel yg bisa remap 2kd di kaltim (balikpapan atau samarinda). Ane pake inova 2008 standard tingting mulai terasa hampa karena sering pake reborn mobil kantor wkwkwkw jadi ingin remap . Mohon info suhu2 srmuaa
Lilrocket wrote:Malam suhu2 semua. Salam kenal. Minta rekomendasi dong kalau ada info bengkel yg bisa remap 2kd di kaltim (balikpapan atau samarinda). Ane pake inova 2008 standard tingting mulai terasa hampa karena sering pake reborn mobil kantor wkwkwkw jadi ingin remap [emoji16][emoji16][emoji16]. Mohon info suhu2 srmuaa [emoji120]
Kirim aja ECU nya ke Bebonk - ACT
selesai di progfam dikirim balik ke tpt anda en pasang
Lilrocket wrote:Malam suhu2 semua. Salam kenal. Minta rekomendasi dong kalau ada info bengkel yg bisa remap 2kd di kaltim (balikpapan atau samarinda). Ane pake inova 2008 standard tingting mulai terasa hampa karena sering pake reborn mobil kantor wkwkwkw jadi ingin remap [emoji16][emoji16][emoji16]. Mohon info suhu2 srmuaa [emoji120]
Kirim aja ECU nya ke Bebonk - ACT
selesai di progfam dikirim balik ke tpt anda en pasang
Wah emang bisa om diremap tanpa mobilnya ikut? apakah ga pengaruh ke CE dan sebagainya nanti? trimss btw infonya oom, maap nubie hehehe
Lilrocket wrote:Malam suhu2 semua. Salam kenal. Minta rekomendasi dong kalau ada info bengkel yg bisa remap 2kd di kaltim (balikpapan atau samarinda). Ane pake inova 2008 standard tingting mulai terasa hampa karena sering pake reborn mobil kantor wkwkwkw jadi ingin remap [emoji16][emoji16][emoji16]. Mohon info suhu2 srmuaa [emoji120]
Kirim aja ECU nya ke Bebonk - ACT
selesai di progfam dikirim balik ke tpt anda en pasang
Wah emang bisa om diremap tanpa mobilnya ikut? apakah ga pengaruh ke CE dan sebagainya nanti? trimss btw infonya oom, maap nubie hehehe
Kan yg diremap itu ECU nya aja Om, ngga sama body, sasis, dan roda nya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Profith83 wrote:
Tapi yang anehnya tuh tiap kali dimasukin F turunnya ke setengahnya, pernah dipakai 2-3 bulan. Tiap 2 atau 3 hari tetap pakai.
Turunnya selalu tengah antara L dan F(Pagi hari). Kalau habis pakai selalu diatas F.
Isi lagi sampai F, jalan 1 sd 2 minggu. Lah turunnya kok sama di tengah antara L dan F, padahal sebelumnya dipakai 2-3 bulan juga turun pas di tengah antara L dan F
Apa karena ada udara yang terjebak yah?
BTW kalau mesin kepanasan, mobil kijang LGX dulu kan ada air dari penampungan bisa tumpah, nah kalau sekarang apa bisa air penampungan tumpah yah? karena tidak lihat selang overflow/pembuangannya
Coolant bisa aja rembes keluar om dr reservoirnya om kalau over filling isi diatas F, kayanya dari tutup pentil kecil yg warna item itu.
Waktu proses leaking tes di beres kan mesin jalan terus & tutup reservoir sering di buka tutup, waktu berangkat pagi2 posisi di F nah pas balik dr bengkel besok paginya langsung di L, turun jauh.
Beres suruh datang lagi utk di cek ulang, tp krn ane penasaran feeling kayanya anginnya sdh banyak kebuang saat leaking test jd ane pake jalan aja dulu beberapa hari, ehh msh turun dikit sekali, lalu top up deh sampai diatas F, gak lama rembes dr atas reservoir, setelah itu turun sikit lg & stabil sampai sekarang, ya sdh ane diemin aja di F kurang sikit posisinya kl pagi2.
Coba si om buka tutup reservoir lalu hidupkan mesin 30-60 menit, tujuannya spy apabila masih ada angin yg kejebak di dalam cooling system bisa keluar. Besok paginya cek lagi, apabila ada penurunan maka top up sampai F lagi.
Setelah itu cek lg apakah msh ada penurunan, kl msh ada coba ulangi cara diatas tp durasinya lebih pendek aja sekitar 15-30 menit. Imho buang angin sambil idle spt ini kayanya lebih cepat banding sambil jalan & reservoir tertutup. Ini berdasar pengalaman ane waktu leaking test di beres yah om.
Bener om benz. Coolant ane jg kemaren sempet ngurang. Jadi ceritanya gini.
Kan ganti thermostat 76 drajat di tempat si mbah bebonk. Dy bilang skalian kuras radiator aja. Yaudah deh, yg lama dikuras sampe abis, tuangin coolant baru lg . Amsoil coolant seinget ane. Ud di isi sampe batas F (Full) kan . Beres kelar, abis tu bayar2 trus pulang .
Thermostat 76 drajat @Auto Cartrix
Nah kemaren kan roadtrip ya ke Bali (jarak sebulan setelah ganti thermostat) . Via tol transjawabahn . Ane rest di RA KM 300 an brapa gitu. Isi solar & iseng buka kap mesin, ga taunya posisi coolant ada di bawah L (Low)
Jd ane kg pernah buka2 kap mesin lg ceritanya semenjak abis kuras coolant itu. Selama 1 bulanan
Ngeri2 takut gegara bejek gaspol terus coolant jd abis apa gimana. Akhirnya ane tambahin aja aer aqua sampe batas F . Udah kan tuh. Jalan lagi skitar 300 kilo sampe RA km 600an ud hampir sampe surabaya. Nahhh ane buka kap mesin lg.. ga taunya skarang posisi coolant malah diatas F (full) lumayan jaraknya 2 jari wkwkwkwkwk.
Yo wess dah lanjut gas lagi sampe ujung banyuwangi. Sampe malem ud kg cek2 kap mesin lg. Males
coba dah itu merk sher repair plisur di rumah turunin termostat di anugrah...
itu bengkel jualan termostat temperatur dibawah standar....krn ikutin pasar...customer minta dibawah standar...
tar gimana tenaga n bensinnya...
apa nanti berubah jadi V8...
minumnya...
gw sudah sering ocehin sejak lama....
tp sekali lagi krn permintaan customer.....ktnya...
Met sore om2 semua, ipah saya 2kd v at 2012 odo 144rb km.
Maaf mo tanya, ada yg pengalaman lampu indikator oli tetep nyala stlh enjing start? Jumat kmrn pas jalan pulang kantor tiba2 nyala. Trus mlipir dulu di rest area, ngecek gak ada bocor atau rembes oli. perjalanan lanjut 70 km
Bsk paginya saya cek oli lvl msh normal, suara mesin normal. Pgn DIY cek sensor oli, bingung bongkar soketnya. Rencana sekalian ganti filtol jg
Kali om2 ada yg pengalaman..
Permisi om, kijang saya pengen pasang intercooler flex kira2 nambah berapa HP dan torsi ya?
Cuma modif injektor 1 KD, AF Knn, egr delete, sama boost control di 1,1bar dan remap sudah itu saja kenaikan HP 155 torsi 382
DP masih inden di 507
Trima kasih om
Last edited by Dextar on Sat Jun 26, 2021 11:56, edited 1 time in total.
Dextar wrote:Permisi om, kijang saya pengen pasang intercooler flex kira2 nambah berapa HP dan torsi ya?
Cuma modif injektor 1 KD, AF Knn, egr delete, sama boost control di 1,1bar dan remap sudah itu saja kenaikan HP 155 torsi 382
DP masih inden di 507
Trima kasih om
Tujuan FMIC sebetulnya lebih meningkatkan efisiensi mesin, karena udara masuk mesin lebih adem, udara adem jadi lebih padat, pembakaran lebih baik
Dextar wrote:Permisi om, kijang saya pengen pasang intercooler flex kira2 nambah berapa HP dan torsi ya?
Cuma modif injektor 1 KD, AF Knn, egr delete, sama boost control di 1,1bar dan remap sudah itu saja kenaikan HP 155 torsi 382
DP masih inden di 507
Trima kasih om
Tujuan FMIC sebetulnya lebih meningkatkan efisiensi mesin, karena udara masuk mesin lebih adem, udara adem jadi lebih padat, pembakaran lebih baik
Oiya om, saya kira bisa tembus in 170hp & 400nm , dengan modif sejenis kijang saya kayak kurang sesuai keluaran tenaga nya, mungkin efek mesin sudah jalan 100rb lebih
Dextar wrote:Permisi om, kijang saya pengen pasang intercooler flex kira2 nambah berapa HP dan torsi ya?
Cuma modif injektor 1 KD, AF Knn, egr delete, sama boost control di 1,1bar dan remap sudah itu saja kenaikan HP 155 torsi 382
DP masih inden di 507
Trima kasih om
Tujuan FMIC sebetulnya lebih meningkatkan efisiensi mesin, karena udara masuk mesin lebih adem, udara adem jadi lebih padat, pembakaran lebih baik
Oiya om, saya kira bisa tembus in 170hp & 400nm , dengan modif sejenis kijang saya kayak kurang sesuai keluaran tenaga nya, mungkin efek mesin sudah jalan 100rb lebih
Dulu ane belum pasang FMIC dapet segitu juga, tapi dibilangin sama tunernya hati2 EGT sudah tinggi. Jadi buru2 pasang FMIC juga biar makin adem.
Dextar wrote: Sat Jun 26, 2021 11:51
Permisi om, kijang saya pengen pasang intercooler flex kira2 nambah berapa HP dan torsi ya?
Cuma modif injektor 1 KD, AF Knn, egr delete, sama boost control di 1,1bar dan remap sudah itu saja kenaikan HP 155 torsi 382
DP masih inden di 507
Trima kasih om
2KD tahun barapa ?
Yang EDU 3 (MY 2012-2015) nanti bisa dapet 210 hp / 450 nm om. Itu turbo standart bakal diboost 1.4 bar klo intercooler ud terpasang. Downpipe harus ganti ya, model standart kurang baik airflownya. Buatan ronnyhao507 ud paling bagus. Sisa exhaust kebelakang standart gpp, lebih kg berisik. Enjoyy
Suhu2, nanya dong. Dengan budget yang sama, mending ganti AF merk Sprint atau pasang TC ya? Pilih merk sprint soalnya katanya gampang buat maintenance ke depannya, cukup semprot angin.
2kd wrote: Mon Jun 28, 2021 6:18
Suhu2, nanya dong. Dengan budget yang sama, mending ganti AF merk Sprint atau pasang TC ya? Pilih merk sprint soalnya katanya gampang buat maintenance ke depannya, cukup semprot angin.
Saya bingung pertanyaan ini, kenapa yg dibandingkan 2 part yg berbeda fungsi ya?
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2kd wrote: Mon Jun 28, 2021 6:18
Suhu2, nanya dong. Dengan budget yang sama, mending ganti AF merk Sprint atau pasang TC ya? Pilih merk sprint soalnya katanya gampang buat maintenance ke depannya, cukup semprot angin.
Saya bingung pertanyaan ini, kenapa yg dibandingkan 2 part yg berbeda fungsi ya?
Ane juga bacanya binun... mana di singkat2 lg itu hahahah