Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu Apr 20, 2017 10:32
- Location: Bekasi
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
shell helix astra 5w-30 apa sama dgn shel hx 8 5w-30 om turbo?
Cocok dipake berapa lama om?
Cocok dipake berapa lama om?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 177
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Berarti dia masang di rumah filternya ya? Boleh difotoin atau info beli di mana?
Untuk mesin tuir saya baca forum-forum kudu ngetap baut pegangan selang oli (bautnya hollow alias kosong dalemnya, jadi kudu di drill/tap yang bagus aja terus pasang), tapi sampai sekarang belum berani ngerjain.
[/quote]
Nama kerennya oil filter sandwich om.
Dl saya beli di china via lazada. Soalnya dl di tokped/bkalapak beda harganya hampir separuh.
Tp terakhir searching2 di tokped uda ada yg jual murah.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
gak yakin sama persisGpN wrote:shell helix astra 5w-30 apa sama dgn shel hx 8 5w-30 om turbo?
Cocok dipake berapa lama om?
di negara lain ada HX7 - 5W30 juga
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
Tadi siang liat di 1 station
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.
Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Nah mungkin problem nya ini om msh api SMjdm86 wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 6:52 HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.
Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Tue Nov 21, 2017 10:30
- Location: Kediri
- Daily Vehicle: Suzuki_Splash
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
bener om Kendall susah sekarang stock pada kosong di sby, sekarang beralih ke STP full syn yg 5w30 harga mirip2 KendallW42d wrote: ↑Tue Oct 02, 2018 2:45 Pagi om semua, mau minta masukan ni. Avanza ane th 2010 KM 80rb-an, terakhir ganti oli dec 17 pake kendall full syn 5w30. Rencana mau ganti lagi di des 18 dgn KM yg cuma nambah 5rb-6rb. Masalahnya sekarang rada susah ya nyari kendall n harganya uda ga promo lagi. Masih ada sisa 1L pula bekas kmrn ganti oli. Enaknya ganti oli apa ya om? Mau nya yg bisa dipake 1 th, KM ga sampe 10rb, BBM pertalite. Thank you om semua.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Mumpung lagi ngomongin oli Shell, ada yg tau gak dari sekian banyak line produk oli Shell yg mana yg sudah menggunakan base stock VHVI dari kilang GTL nya Shell?
Seingat saya ada yg pernah komen, selain di Qatar, Shell juga bikin kilang GTL di Malaysia
Seingat saya ada yg pernah komen, selain di Qatar, Shell juga bikin kilang GTL di Malaysia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Shell Ultra om,
yang di botolnya ada tulisan Shell PurePlus Technology.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kalau gak salah, semua mobil2 buatan Toyota - Daihatsu - Suzuki yg dijual di sini walaupun keluaran terbaru tetap masih menggunakan flat tappet deh.jdm86 wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 6:52 HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.
Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
Malah banyak yg tidak gunakan HLA.
Honda yg masih menggunakan roller tappet.
CMIIW.
Nyatanya aman2 saja pakai oli SM.
Kelihatannya dilakukan penyesuaian pada profile cam lobe.
Dan untuk mitigasinya, material flat tappet bucketnya dibuat lebih lunak daripada material cam lobe.
Sehingga kalaupun terjadi keausan, cukup mengganti flat tappet bucketnya dengan biaya yg sangat minim.
Flat tappet masih jadi favorit karena selain biaya produksi lebih murah, juga punya keunggulan yg lebih baik timing precisionnya, terutama di high rpm
Last edited by dimasapri on Wed Oct 03, 2018 8:59, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Flat tappet harusnya cocok pake SN atau SL om, pernah ane baca di trit mana gitu, kalo flat tappet malah ga cocok pake SM.jdm86 wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 6:52 HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.
Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
semua tappet solid, tidak ada yang roller. yang pakai roller biasanya rocker arm dan hydraulic lifter.
untuk penggunaan API SM di flat tappet, efeknya tidak dalam jangka pendek. jadi, mau pakai API apapun silahkan apalagi penggunaan mobil hanya 1-3 tahun, mau pakai oli acdc pun sesuka hati.
sama halnya setiap hari sarapan pagi dan ngemil sorenya gorengan yang 2000 perak dapet 3, bukan berarti minggu depan anda mati kan?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: Honda HRV E CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Pake pertamax om turbo dari awal beli mobil. Apa ada yang salah ya om? Atau perasaan saya saja?Turboman wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 5:07ya lebih bagus HX8 - 0W20 drpd SGOangelspeed wrote:Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.
Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Ndut2 an = pake bensin apa ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: Honda HRV E CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Sorry om saya kurang ngerti flat tappet/ API SM. Tapi untuk all new ertiga matic saya apa mending ganti oli lagi ke SGO sesuai beres? Sebenernya sayang karna baru ganti hx8 0w20, tapi kalo memang bukan peruntukannya mau ga mau saya ke beres gantiin olinya lagi. Mohon infonya ya, makasi.jdm86 wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 6:52 HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.
Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Singkat kata di API Service SM ada pengurangan kadar antiwear yang berfungsi melindungi shim / tappet untuk menggerakan valvetrain.angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 9:55
Sorry om saya kurang ngerti flat tappet/ API SM. Tapi untuk all new ertiga matic saya apa mending ganti oli lagi ke SGO sesuai beres? Sebenernya sayang karna baru ganti hx8 0w20, tapi kalo memang bukan peruntukannya mau ga mau saya ke beres gantiin olinya lagi. Mohon infonya ya, makasi.
Nah karena itulah API Service SM ga dianjurkan untuk mesin flat tappet seperti pada ertiga. Mending langsung ke SN , seperti hx8 0w-20 yang om pake.
Masalah ndut2an coba afr / timing di adjust karena om pake pertamax turbo.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Di spbu shell ada jual hx7 5w30 om, botolnya warna biru spt hx7 10w40.
Tp spt nya semi syn krn gak ada tulisan full syn spt hx8 5w30.
Harganya gak sampai 130ribu per liternya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: Honda HRV E CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.jdm86 wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 10:35Singkat kata di API Service SM ada pengurangan kadar antiwear yang berfungsi melindungi shim / tappet untuk menggerakan valvetrain.angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 9:55
Sorry om saya kurang ngerti flat tappet/ API SM. Tapi untuk all new ertiga matic saya apa mending ganti oli lagi ke SGO sesuai beres? Sebenernya sayang karna baru ganti hx8 0w20, tapi kalo memang bukan peruntukannya mau ga mau saya ke beres gantiin olinya lagi. Mohon infonya ya, makasi.
Nah karena itulah API Service SM ga dianjurkan untuk mesin flat tappet seperti pada ertiga. Mending langsung ke SN , seperti hx8 0w-20 yang om pake.
Masalah ndut2an coba afr / timing di adjust karena om pake pertamax turbo.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 13:01Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.jdm86 wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 10:35Singkat kata di API Service SM ada pengurangan kadar antiwear yang berfungsi melindungi shim / tappet untuk menggerakan valvetrain.angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 9:55
Sorry om saya kurang ngerti flat tappet/ API SM. Tapi untuk all new ertiga matic saya apa mending ganti oli lagi ke SGO sesuai beres? Sebenernya sayang karna baru ganti hx8 0w20, tapi kalo memang bukan peruntukannya mau ga mau saya ke beres gantiin olinya lagi. Mohon infonya ya, makasi.
Nah karena itulah API Service SM ga dianjurkan untuk mesin flat tappet seperti pada ertiga. Mending langsung ke SN , seperti hx8 0w-20 yang om pake.
Masalah ndut2an coba afr / timing di adjust karena om pake pertamax turbo.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).
Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: Honda HRV E CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Siap om makasi banyak infonya, saya catet biar ga lupa nanti pas ganti atfnya. 20 ribu km ganti oli atf, kalo 40 rb kuras atf ya.erwinign wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 13:13Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 13:01Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.jdm86 wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 10:35
Singkat kata di API Service SM ada pengurangan kadar antiwear yang berfungsi melindungi shim / tappet untuk menggerakan valvetrain.
Nah karena itulah API Service SM ga dianjurkan untuk mesin flat tappet seperti pada ertiga. Mending langsung ke SN , seperti hx8 0w-20 yang om pake.
Masalah ndut2an coba afr / timing di adjust karena om pake pertamax turbo.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).
Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
Saya baca dibuku manualnya kalau sampe ganti oli diluar SGO dan ketauan beres bisa hangus garansi. Gimana ya? Sekarang saya km 1000 uda ganti hx8 masa nanti diberes ganti lagi pas 5000 km (kalo ikutin garansi beres) ? Apalagi hx8 0w20 bisa 7000 km ya?
Saya kepikiran garansi soalnya ertiga lama saya dulu sempet claim garansi (ganti modul abs, axle beam, dll), lumayan banget kebantu garansi. Kalo sampe ga ada garansi kan repot juga pikir saya. Mudah2an ertiga baru ga ada masalah aneh2
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Nggak kerasa bedanya om.
Saya pernah pake Shell Ultra ini 2x di 2KD.
Rasanya sama seperti Motul CRDi , dari kehalusan, tarikan, dan sama-sama mulai kasar di km 8000.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Di buku manual Dia interval 5000 atau 10.000 km ?angelspeed wrote:Siap om makasi banyak infonya, saya catet biar ga lupa nanti pas ganti atfnya. 20 ribu km ganti oli atf, kalo 40 rb kuras atf ya.erwinign wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 13:13Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 13:01 Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).
Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
Saya baca dibuku manualnya kalau sampe ganti oli diluar SGO dan ketauan beres bisa hangus garansi. Gimana ya? Sekarang saya km 1000 uda ganti hx8 masa nanti diberes ganti lagi pas 5000 km (kalo ikutin garansi beres) ? Apalagi hx8 0w20 bisa 7000 km ya?
Saya kepikiran garansi soalnya ertiga lama saya dulu sempet claim garansi (ganti modul abs, axle beam, dll), lumayan banget kebantu garansi. Kalo sampe ga ada garansi kan repot juga pikir saya. Mudah2an ertiga baru ga ada masalah aneh2
Kalo interval 5000 km pakai aja oli yg biasa2
Kalo interval 10 rb baru deh masukkin yg Full Synth kelas premium
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kl interval yg sy bilang itu rata2 bengkel suzuki kaya gitu om, tp ada bbrp yang std nya di 100rb (ngeyel aja sama mereka kalo std interval bengkel bali gitu, kasian tranny nya). Yg penting tipe atf nya sih om yg saya wanti2. Kl soal oli, setau sy selama garansi hrs pake sgo om (itu di dealer semarang sama bandung, tau lah tujuan nya ke mana kalo ky gitu). Sapa tau yg beres suzuki bali bs bawa oli ndiri lbh baik om, saya slh satu yg cukup kecewa sama oli oem atpm salah satunya sgo iniangelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 14:12Siap om makasi banyak infonya, saya catet biar ga lupa nanti pas ganti atfnya. 20 ribu km ganti oli atf, kalo 40 rb kuras atf ya.erwinign wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 13:13Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).angelspeed wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 13:01
Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).
Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
Saya baca dibuku manualnya kalau sampe ganti oli diluar SGO dan ketauan beres bisa hangus garansi. Gimana ya? Sekarang saya km 1000 uda ganti hx8 masa nanti diberes ganti lagi pas 5000 km (kalo ikutin garansi beres) ? Apalagi hx8 0w20 bisa 7000 km ya?
Saya kepikiran garansi soalnya ertiga lama saya dulu sempet claim garansi (ganti modul abs, axle beam, dll), lumayan banget kebantu garansi. Kalo sampe ga ada garansi kan repot juga pikir saya. Mudah2an ertiga baru ga ada masalah aneh2
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Di buku manual seinget saya 10rb km om, makanya dl saya hajar pake sgo sampe segitu. Trs th lalu mobil mulai jarang sy pake, br jalan 5000km kondisi oli di dipstick udah jelek banget akhirnya ganti kendall (udah ndak garansi lg wkt itu)Turboman wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 15:14Di buku manual Dia interval 5000 atau 10.000 km ?angelspeed wrote:Siap om makasi banyak infonya, saya catet biar ga lupa nanti pas ganti atfnya. 20 ribu km ganti oli atf, kalo 40 rb kuras atf ya.erwinign wrote: ↑Wed Oct 03, 2018 13:13
Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).
Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).
Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
Saya baca dibuku manualnya kalau sampe ganti oli diluar SGO dan ketauan beres bisa hangus garansi. Gimana ya? Sekarang saya km 1000 uda ganti hx8 masa nanti diberes ganti lagi pas 5000 km (kalo ikutin garansi beres) ? Apalagi hx8 0w20 bisa 7000 km ya?
Saya kepikiran garansi soalnya ertiga lama saya dulu sempet claim garansi (ganti modul abs, axle beam, dll), lumayan banget kebantu garansi. Kalo sampe ga ada garansi kan repot juga pikir saya. Mudah2an ertiga baru ga ada masalah aneh2
Kalo interval 5000 km pakai aja oli yg biasa2
Kalo interval 10 rb baru deh masukkin yg Full Synth kelas premium
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Maaf oom moderator, sedikit OOT..
pengen nanya tentang oli tranny manual.
Kalo standard nya adalah API GL4 apakah boleh diganti dengan API GL5?
soalnya viskositas incaran (75W90) adanya yang GL5, sedangkan yang GL4 adanya 80W90.
Makasih sebelumnya
pengen nanya tentang oli tranny manual.
Kalo standard nya adalah API GL4 apakah boleh diganti dengan API GL5?
soalnya viskositas incaran (75W90) adanya yang GL5, sedangkan yang GL4 adanya 80W90.
Makasih sebelumnya
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
diliat di manual book-nya ajabismo16 wrote:Maaf oom moderator, sedikit OOT..
pengen nanya tentang oli tranny manual.
Kalo standard nya adalah API GL4 apakah boleh diganti dengan API GL5?
soalnya viskositas incaran (75W90) adanya yang GL5, sedangkan yang GL4 adanya 80W90.
Makasih sebelumnya
jika diijinkan GL-5 ya monggo
Mau cari 75W90 GL-4 ? Beli aja Wuling MTF di BeRes Wuling - bag spare parts
* Bukan ajakan Beli *