ak4ng wrote:jal,. ada mobil penumpang lain gak yg masi per daun??
FortunerMan wrote:Ford Everest juga pake daun...
Ijin nambahin: Isuzu Panther....
Everest masih terbilang nyaman per daunnya...panther terlalu empuk...bagaimana dgn evalia? Tes Otomotif edisi 14/XXII 2-8 Agt 2012 menyebutkan mobil dimuati 7 penumpang & mencobanya di jalan rusak. Bantingannya lebih lembut dari rival2nya (APV, Luxio & Freed). Yang masih jadi pertanyaan adalah :
- bagaimana kenyamanan penumpang dgn joknya yg tipis itu?
- bagaimana handlingnya dgn full load di jalan bergelombang, berlubang2 atau jalan mulus naik turun sarat tikungan? (Innova dgn per keong di jalan sarat tikungan naik turun masih bikin penumpang baris ke-3nya mual...)
Everest & Panther per daunnya lebih dari satu, jika salah satu patah, masih ada yg menopang mobil. Evalia pernya cuma 1...kalo patah pas lagi high speed, apa yg terjadi?
Kemudian soal performa, Evalia dgn mesin depan yg torsinya paling gede (143 Nm/4000 rpm) injektor ganda lagi, FWD & body monokok yg ringan (1375 kg) ternyata cuma setara dgn APV yg notabene lebih berat & kalah mesin:
Apalagi soal konsumsi BBM, Evalia yg bobotnya cuma kalah ringan dari Honda Freed, FWD, torsi badak ternyata tidak bisa lebih irit dari Luxio yg lebih berat & mesinnya lebih inferior:

(Note: APV:1950 kg, Luxio: 1850 kg, Freed: 1330 kg, Evalia: 1375 kg)
Kesan sekilas melihat pameran Evalia: posisi nyetirnya agak aneh, mirip2 APV/Luxio...terasa masih lebih enak avania...
Material dashboardnya dari plastik keras terlihat murahan, apalagi jika ditekan2, ornamen di speedo terasa gak kenceng.
Ruang diantara jok depan kosong, namun bukan ditutup karpet, tapi ada semacam alas plastik...buat apa ya? Naruh barang?
Jendela di baris ke-2 terasa tinggi (kayak anak kecil naik bus kota, jendelanya nun jauh tinggi diatas...), tidak ada arm rest di trim pintu...

Yang parah jendela tipe SV tdk bisa dibuka...

Di tipe XV bukaaan jendelanya kayak loket, dari dalem terlihat jelek banget framenya.
Joknya memang tipis, mungkin agar tdk ngabisin tempat jika dilipet...gimana buat perjalanan jauh ya?
Terasa sekali aura mobil barangnya...
Desain pantatnya sungguh aduhai jeleknya...jendela tipis, lampu stop nyempil di samping menyisakan bidang lebar yg hanya memuat pelat nomer...ini kayaknya yg membuat Nissan akhirnya menambahkan garnish diantara lampu stop & pelat nomer, tp jadinya tambah ancur krn gak padu dgn desain lampu stopnya... Masih bagusan desain pantat Luxio.
Buat ane, nilai plus Evalia ini cuma di posisi mesin di depan, kapasitas kargo yg lumayan luas (walau masih kalah dari Luxio) & pintu geser...