Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
di states : kalau mau pindah jalur, kepala harus menengok.. kanan-kiri.. dan merupakan syarat utama pada waktu ujian SIM. Kalau mau masuk jalur lain, harus berhenti dulu kecuali ada tanda boleh langsung. Sebelum masuk perempatan atau simpangan, jarak beberapa meter harus mulai mengurangi kecepatan.... si penguji sangat memperhatikan hal ini...
Orang Ina yang biasa slonong-slonong biasanya gagal di bagian ini...
Orang Ina yang biasa slonong-slonong biasanya gagal di bagian ini...
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Laporan Service Honda City Odo 40.000 km
DOB September 2006
-Ganti Oli mesin Mobil 1 10W-40 dan Oli transmisi Honda CVT-F
-isi Coolant + Brake fluid.
Parts yang diganti
- Oil Filter
- Fuel Strainer (saringan bensin tapi full assembly / besar sekali). mungkin karena selalu pakai Premium.
- Element Air Filter
- Pad Set
- Spark Plug 8 buah
total biaya Rp.2.2 jt.
DOB September 2006
-Ganti Oli mesin Mobil 1 10W-40 dan Oli transmisi Honda CVT-F
-isi Coolant + Brake fluid.
Parts yang diganti
- Oil Filter
- Fuel Strainer (saringan bensin tapi full assembly / besar sekali). mungkin karena selalu pakai Premium.
- Element Air Filter
- Pad Set
- Spark Plug 8 buah
total biaya Rp.2.2 jt.
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
bukankah 40rb km tuh biasanya emg major service bro?:)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
€lj€p€ wrote: Parts yang diganti
- Oil Filter
- Fuel Strainer (saringan bensin tapi full assembly / besar sekali). mungkin karena selalu pakai Premium.
- Element Air Filter
- Pad Set
- Spark Plug 8 buah
total biaya Rp.2.2 jt.
bro €lj€p€ , oil filter , air filter , fuel strainer berapa harganya?
fuel strainer tuh saringan bensin ya ? umurnya biasanya lifetime , agak panjang. cmiiw

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
fuel strainer tergantung jg sih sama kualitas bensin yg biasa kita pakai,..emang sih di manual book nya tertulis lifetime, so as ATF., tapi liat kondisi pemakaian juga sih..CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Ini harga bengkel resmi ya... berhubung urusannya sama kantor....handling wrote:
bro €lj€p€ , oil filter , air filter , fuel strainer berapa harganya?
fuel strainer tuh saringan bensin ya ? umurnya biasanya lifetime , agak panjang. cmiiw
Oil Filter Rp.27.000,-
Element Air Filter Rp.97.000,-
Front Pad Set Rp.340.000,-
Fuel Strainer / Saringan bensin Rp.185.000,-
Mungkin karena sejak baru pakai bensin Premium... maklum lah... mobil operasional kantor... jadi banyak mondar-mandir.... terpaksa cari bensin yang ekonomi.
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
yah...tapi memang katanya mesin i-dsi ini kan cuman perlu BBM RON88 kan?hehehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
pernah pake suzuki jimny yang dobel gardan, busyet kayak naek dokar...apalagi saat siang, sambil bawa handuk bro... Pernah coba Nissan Terano, bawa jarak jauh, rasanya kok limbung, kayak naik perahu aja, Kuda exced kaku mantab buat jarak jauh, Lancer GTi 90. hem mantap tenaganya cuman karena udah tua masalah kaki-kaki terutama bannya udah nggak balance lagi, piringan cakram juga udah perlu di bubut lagi,...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
masa sih bro terrano tuh limbung?..zamannya..ini termasuk line up nissan yg mewah lho..ehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
persisnya terano spirit,... nggak tau ya, kayaknya shockbrekersnya kelembutan...ZombiEE wrote:masa sih bro terrano tuh limbung?..zamannya..ini termasuk line up nissan yg mewah lho..ehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Masak Terrano mewah si? Apalagi yang Spirit.ZombiEE wrote:masa sih bro terrano tuh limbung?..zamannya..ini termasuk line up nissan yg mewah lho..ehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
nissan terrano tuh mobil idaman ku tuk kumiliki tapi danaku terbatas jadi hanya mimpi aja dan belum pernah nyoba
cuman pernah ikut naik X Trail, enak empuk, tapi spatbor kanan dan kiri dari bahan lentur gitu gak tahu apa fungsinya ?
Carnival GS 2000 juga agak limbung klo jalan diatas 140 KPJ, apalagi lebih kenceng trus alarmnya bunyi tit...tittttt...tiiiit tanda limitasi kecepatan, jadi musti jati2 padahal bodi bongsor
cuman pernah ikut naik X Trail, enak empuk, tapi spatbor kanan dan kiri dari bahan lentur gitu gak tahu apa fungsinya ?
Carnival GS 2000 juga agak limbung klo jalan diatas 140 KPJ, apalagi lebih kenceng trus alarmnya bunyi tit...tittttt...tiiiit tanda limitasi kecepatan, jadi musti jati2 padahal bodi bongsor
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
iya bro ddaru..terrano itu pathfinder kalo ga salah..jadi termasuk mewah, line up nya di atas x-trail, cuman ga ganti2 model yah jadi ga gt mewah.hahahaha
kalo ga salah tuh spakbor termasuk fitur keamanan yah?:)
iya sih..mobil lembut bantingannya py tendensi limbung yah..hehehehe...
ayo..sapa lagi yah?:)
kalo ga salah tuh spakbor termasuk fitur keamanan yah?:)
iya sih..mobil lembut bantingannya py tendensi limbung yah..hehehehe...
ayo..sapa lagi yah?:)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Justru lumayan loh kalo dapet mobil yang suspensi aslinya empuk. Pengen keras & rada sporty dikit, per & shock absorber asli tinggal diganti yang aftermarket yang rata-rata lebih keras, banyak banget pilihannya. Kalo emang mobil suspensinya dari sononya keras, susah juga cari peranti aftermarket yang justru lebih empuk, kecuali untuk mobil-mobil tertentu kayak Avanza/Xenia & Rush/Terios.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
yeah..bro ddaru...ada bener nya jg sih:)
mksdnya keq avansa tuh gmn?:)
mksdnya keq avansa tuh gmn?:)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Untuk Avanza/Xenia dan Rush/Terios, di pasaran banyak yang jual per & shockbreaker yang justru lebih empuk dari aslinya, karena aslinya banyak yang ngeluh kalo terlalu keras.
Coba cari per yang lebih empuk buat mobil kayak Swift, Yaris, ato Jazz... Yang ada malah yang lebih keras dari aslinya, ato paling engga sama empuknya sama aslinya tapi lebih pendek.
Coba cari per yang lebih empuk buat mobil kayak Swift, Yaris, ato Jazz... Yang ada malah yang lebih keras dari aslinya, ato paling engga sama empuknya sama aslinya tapi lebih pendek.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Haha, jadi inget forum sebelah..judulnya sama tapi TS-nya beda..ga tau yg mana yg pelopor.
Honda Accord Vti M/T '2006
Kekurangan :
1. Bantingan keras, kynya ini udah tradisi Honda
2. Accu cepet bgt abis, tiap tahun ganti..udah gitu Accu impor & mahal. Gwe udah konformasi ke pemilik lain Accord model ini, problem ini memang ada.
3. Pajak sangat tinggi
4. Putaran bawah tarikannya biasa aja (<4000rpm), sepertinya karakter mesin2 Honda powernya emg di high RPM
5. Harga jual lumayan jatuh.
6. Kompressor AC sensitif, pernah tiba2 AC ga dingin, taunya kompressornya bermasalah & hrs diganti, mahal pula, untung masih garansi.
Kelebihan :
1. Interior Mewah, finishingnya rapih. Walopun masih ada material plastik, tapi kualitasnya bagus.
2. Suara mesin halus bgt ditambah kabin hening, raungan khas honda-nya baru kedengeran diatas 4000rpm.
3. Sound quality standar pabrik udah bagus,
4. Kabinnya luas bgt, di kursi belakang bisa duduk sambil silangin kaki
5. Posisi mengemudi enak, ga bikin cape klo jalan jauh.
6. Mesin : K24-A4, 2.4L DOHC i-Vtec putaran atasnya (>4000rpm) enak bgt, range 100kpj - 200kpj bisa cepat didapat
7. Handling mantap utk mobil sekelasnya. speed 200kpj msh stabil, ga ada gejala melayang & msh bisa manuver
8. Topspeed 225 kpj. (Speed limit @ 5500 Rpm, gear 5)
9. Service/perawatan ga semahal yg dikira byk orang, ini yg gwe heran.
10. Remnya pakem, jadi aman klo kecepatan tinggi. Tapi kalo rem keras, ada sedikit getaran, gw ga tau, ada yg bilang itu normal kerja ABS, ada jg yg bilang cakram standar pabrik yg tidak rata.
11. Lumayan irit klo gaya nyetirnya tidak agrasif..1:8 dalkot, 1:13 tol.
Overall sangat puas sama mobil ini.
Honda Accord Vti M/T '2006
Kekurangan :
1. Bantingan keras, kynya ini udah tradisi Honda
2. Accu cepet bgt abis, tiap tahun ganti..udah gitu Accu impor & mahal. Gwe udah konformasi ke pemilik lain Accord model ini, problem ini memang ada.
3. Pajak sangat tinggi
4. Putaran bawah tarikannya biasa aja (<4000rpm), sepertinya karakter mesin2 Honda powernya emg di high RPM
5. Harga jual lumayan jatuh.
6. Kompressor AC sensitif, pernah tiba2 AC ga dingin, taunya kompressornya bermasalah & hrs diganti, mahal pula, untung masih garansi.
Kelebihan :
1. Interior Mewah, finishingnya rapih. Walopun masih ada material plastik, tapi kualitasnya bagus.
2. Suara mesin halus bgt ditambah kabin hening, raungan khas honda-nya baru kedengeran diatas 4000rpm.
3. Sound quality standar pabrik udah bagus,
4. Kabinnya luas bgt, di kursi belakang bisa duduk sambil silangin kaki
5. Posisi mengemudi enak, ga bikin cape klo jalan jauh.
6. Mesin : K24-A4, 2.4L DOHC i-Vtec putaran atasnya (>4000rpm) enak bgt, range 100kpj - 200kpj bisa cepat didapat
7. Handling mantap utk mobil sekelasnya. speed 200kpj msh stabil, ga ada gejala melayang & msh bisa manuver
8. Topspeed 225 kpj. (Speed limit @ 5500 Rpm, gear 5)
9. Service/perawatan ga semahal yg dikira byk orang, ini yg gwe heran.
10. Remnya pakem, jadi aman klo kecepatan tinggi. Tapi kalo rem keras, ada sedikit getaran, gw ga tau, ada yg bilang itu normal kerja ABS, ada jg yg bilang cakram standar pabrik yg tidak rata.
11. Lumayan irit klo gaya nyetirnya tidak agrasif..1:8 dalkot, 1:13 tol.
Overall sangat puas sama mobil ini.

Increase speed = increase Risk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
hello bro..hehehehe..saya bkn dari forum sebelah:)
met kenal btw...
wah...pernah hanjar sampe 225kpj?buset dah..hehehe/./.tapi ini membuktikan kestabilan mobil ini, bukan kah begitu?
met kenal btw...
wah...pernah hanjar sampe 225kpj?buset dah..hehehe/./.tapi ini membuktikan kestabilan mobil ini, bukan kah begitu?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Met kenal juga bro ZombiEE,,maaf lupa memperkenalkan diri.ZombiEE wrote:hello bro..hehehehe..saya bkn dari forum sebelah:)
met kenal btw...
wah...pernah hanjar sampe 225kpj?buset dah..hehehe/./.tapi ini membuktikan kestabilan mobil ini, bukan kah begitu?
ya, mobil ini ga sulit utk mencapai topspeed,,makanya saya puas pakainya.
Btw ini ada barang bukti, saya sempat foto ketika hampir topspeed..

maaf gambarnya agak bergetar, permukaan jalan di Tol simatupang tidak terlalu mulus.

Increase speed = increase Risk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
salut aku bro....bnr2 deh..bisa ada pic nya lagi:)thumbs up!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Sat May 05, 2007 5:48
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Hi rekan2 SM-ers gw mo sharing pengalaman, tapi untuk problematika aja ya,
xtrail 2006 :
kekurangan :
- bunyi geter2 plastik, solusinya mesti rajin2 ngencengin bagian tersebut
- sensitif terhadap BBM buruk, pernah isi premium di pom "tua" langsung mesin ga keruan, abis itu gw pakein "racun" pembersih
udah normal lagi, trus gw tetep pake premium belinya di pom yg baru buka taun 2007, sampe sekarang fine2 aja. tenaga sedikit drop drpd pake pertamax tapi bedanya tipis kok.
- headlampnya jelek, mau pake HID pun masi kurang terang (perbandingan headlamp sx4 bagus, lampu standar jg dah terang)
- kalo nyetir sendiri kecepatan 140km/h udah mulai kek mo melayang (cobain grandis 140km/h ga krasa apa2)
Peugeot 307
kekurangan :
- sangat amat sensitif ama BBM buruk, mesti pertamax plus neh
- tombol2 di dashboad, lampu sein, electric window rawan rusak bila pemakaian kasar, mesti alus pakenya ( ga kayak mobil jepang )
- bantingan keras, tapi kalo buat kecepatan tinggi stabil banget!!
xtrail 2006 :
kekurangan :
- bunyi geter2 plastik, solusinya mesti rajin2 ngencengin bagian tersebut
- sensitif terhadap BBM buruk, pernah isi premium di pom "tua" langsung mesin ga keruan, abis itu gw pakein "racun" pembersih
udah normal lagi, trus gw tetep pake premium belinya di pom yg baru buka taun 2007, sampe sekarang fine2 aja. tenaga sedikit drop drpd pake pertamax tapi bedanya tipis kok.
- headlampnya jelek, mau pake HID pun masi kurang terang (perbandingan headlamp sx4 bagus, lampu standar jg dah terang)
- kalo nyetir sendiri kecepatan 140km/h udah mulai kek mo melayang (cobain grandis 140km/h ga krasa apa2)
Peugeot 307
kekurangan :
- sangat amat sensitif ama BBM buruk, mesti pertamax plus neh
- tombol2 di dashboad, lampu sein, electric window rawan rusak bila pemakaian kasar, mesti alus pakenya ( ga kayak mobil jepang )
- bantingan keras, tapi kalo buat kecepatan tinggi stabil banget!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
kelebihannya apa bang?hehehehe...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
ikut report..........
apv gx 2005 estede km 37000 kurang lebih..........
-bensin boros...g ngerti knapa, pd hal msh estede trus ganti gear sblm rpm 3000...dlm kota aja paling mentok-tok 1:9 an
-gear ratio pendek2.....jd klo abis lampu merah suka telat akselerasi
-suspensi blkng msh pk per daun.....klo lwt jln jelek uda ky naek grobak
-blindspot nya br ktauan pas jalan2 k puncak.....pilar a.....bahaya bgt klo nikung tajem kenceng2
-spion gede ky truk.....
enak bgt dah.....smua kliatan !!!! hehehehehe
-klo mo isi bensin kudu turun trus dbuka manual pk kunci......
-g ada arm rest sebelah kiri......klo lg mudik rada pegel jg sey...
-overall audio system rada lumayan karena d dukung kabin lega n hu jvc
-pilot seat tinggi......make apv brasa nyupir truk dah......hehehehe kliatan smua jalanan....(mnurut gw sey nilai plus) gara2 ini jg gw jd sk "salting" klo pk sedan
-bodi cukup stabil s/d sekitar 140 kpj (dah pk stabiliser) asal jgn sambil nyalip2 kanan-kiri heheheheehehehe
lebih dari itu kudu konsentrasi 200%
-blank spot ky nya di bemper blkg deh......soale prnh nyangkut patok pas mundur.....

apv gx 2005 estede km 37000 kurang lebih..........
-bensin boros...g ngerti knapa, pd hal msh estede trus ganti gear sblm rpm 3000...dlm kota aja paling mentok-tok 1:9 an
-gear ratio pendek2.....jd klo abis lampu merah suka telat akselerasi
-suspensi blkng msh pk per daun.....klo lwt jln jelek uda ky naek grobak

-blindspot nya br ktauan pas jalan2 k puncak.....pilar a.....bahaya bgt klo nikung tajem kenceng2
-spion gede ky truk.....

-klo mo isi bensin kudu turun trus dbuka manual pk kunci......

-g ada arm rest sebelah kiri......klo lg mudik rada pegel jg sey...
-overall audio system rada lumayan karena d dukung kabin lega n hu jvc
-pilot seat tinggi......make apv brasa nyupir truk dah......hehehehe kliatan smua jalanan....(mnurut gw sey nilai plus) gara2 ini jg gw jd sk "salting" klo pk sedan
-bodi cukup stabil s/d sekitar 140 kpj (dah pk stabiliser) asal jgn sambil nyalip2 kanan-kiri heheheheehehehe

-blank spot ky nya di bemper blkg deh......soale prnh nyangkut patok pas mundur.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
wow..rupanya APV tuh mayan boros yah...
oiya bro.daya angkut nya bukannya bagus X?
oiya bro.daya angkut nya bukannya bagus X?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Mobil pertama :
Suzuki Carry pick up... hehe.... km ga inget, umur 14 tahun-an waktu saya beli
kelebihan :
tarikannya yahud.
perawatan murah.
kekurangan :
terlalu banyak untuk disebutkan
kedua :
Daihatsu Espass km tinggi deh, 100rb-an kalo ga salah
kelebihan :
kenceng, 1.600cc untuk body kaleng krupuk = bikin cepet mati.
kekurangan :
ngelitik ngga ilang2, walau udah pake pertamax, ganti CDI, sampe jengkel akhirnya dijual
ketiga :
Toyota great corolla km 60rb-90rb
kelebihan :
irit, responsif, empuk
kekurangan :
perawatan tidak murah, spare part yg rentan rusak : kaki2, selang AC (letaknya di depan sekali) dan power steering (ini yang mahal bo...)
keempat :
Benz Masterpiece E220 : km 60rb-70rb
kelebihan :
irit (ya, lebih irit daripada Innova), empuk, tampil mewah (cocok buat marketing
), awet, perawatan murah
kekurangan :
apa yah, pajaknya kali yah.... untuk mobil 2.200cc taon 95, pajak 3 jt emang agak keterlaluan sih....
oh ya, bak oli mesinnnya gede, 5,5 liter untuk mesin 2.200cc, dan 7,5 liter untuk yang 3.200cc.
kelima :
Daihatsu Ceria km 25rb-skrg
kelebihan :
irit walaupun sebetulnya sama aja sama Honda Jazz & Nissan livina, mobil paling murah yang paling muda tahunnya,
tarikan yahud, Karimun lewat jauuuuh.
kekurangan :
umur baru 3 taon, kopling dah abis, tipikal mobil ringan : kayak naik kereta kuda, gedumbrangan !
3 silinder pula, getarannya top, jadi ngga usah beli vibrator lagi
keenam :
Toyota Camry Grande km 65rb-skrg
kelebihan : nyaman, empuk, bertenaga (walau masih kalah sama Accord V6 dan Infiniti I30), nyalain AC, tenaga ngga kurang, jok elektrik, relatif irit untuk mesin 3.000cc matic pula : 1:10 mixed dalam kota & luar kota mixed premium+pertamax
kekurangan : ngelitik, walau sudah pake pertamax, pajak 4jt
Suzuki Carry pick up... hehe.... km ga inget, umur 14 tahun-an waktu saya beli
kelebihan :
tarikannya yahud.
perawatan murah.
kekurangan :
terlalu banyak untuk disebutkan

kedua :
Daihatsu Espass km tinggi deh, 100rb-an kalo ga salah
kelebihan :
kenceng, 1.600cc untuk body kaleng krupuk = bikin cepet mati.
kekurangan :
ngelitik ngga ilang2, walau udah pake pertamax, ganti CDI, sampe jengkel akhirnya dijual
ketiga :
Toyota great corolla km 60rb-90rb
kelebihan :
irit, responsif, empuk
kekurangan :
perawatan tidak murah, spare part yg rentan rusak : kaki2, selang AC (letaknya di depan sekali) dan power steering (ini yang mahal bo...)
keempat :
Benz Masterpiece E220 : km 60rb-70rb
kelebihan :
irit (ya, lebih irit daripada Innova), empuk, tampil mewah (cocok buat marketing

kekurangan :
apa yah, pajaknya kali yah.... untuk mobil 2.200cc taon 95, pajak 3 jt emang agak keterlaluan sih....
oh ya, bak oli mesinnnya gede, 5,5 liter untuk mesin 2.200cc, dan 7,5 liter untuk yang 3.200cc.
kelima :
Daihatsu Ceria km 25rb-skrg
kelebihan :
irit walaupun sebetulnya sama aja sama Honda Jazz & Nissan livina, mobil paling murah yang paling muda tahunnya,
tarikan yahud, Karimun lewat jauuuuh.
kekurangan :
umur baru 3 taon, kopling dah abis, tipikal mobil ringan : kayak naik kereta kuda, gedumbrangan !
3 silinder pula, getarannya top, jadi ngga usah beli vibrator lagi

keenam :
Toyota Camry Grande km 65rb-skrg
kelebihan : nyaman, empuk, bertenaga (walau masih kalah sama Accord V6 dan Infiniti I30), nyalain AC, tenaga ngga kurang, jok elektrik, relatif irit untuk mesin 3.000cc matic pula : 1:10 mixed dalam kota & luar kota mixed premium+pertamax
kekurangan : ngelitik, walau sudah pake pertamax, pajak 4jt
