komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

basing wrote:
@oom mdid,
kalu buat corolla 4x2 ga ada treknya ya? soalnya pajero ama L200 masih diburu. wah jadi tambah ngiler.

setuju tuh kalu bikin thread baru tentang oprut, teknik dan trik2nya, sapa tau para propecional ikutan gabung.
Atur saj Boss, yang penting ngumpul. Yang belum punya pakai yang sudah punya, yang sudah ngiler buru buru ambil aja yang ada. Driver Indonesia mah fast learner , khususnya dari kota besar JKT, SBY, Medan dll sudah terbiasa oprut dan rally, setiap hari praktek di jalanan coba bayangin dari lobang gede, galian kabel telkom/pln, banjir, polisi jongkok, lompat trotoar, pemisah jalan ,separator busway, ngejar lampu hijau, dikejar polisi, ngadapin motor lawan arus . Jadi begitu turun lapangan baik sentul atau pondok cabe secara naluri udah bisa secara lewat 1-2 putaran, gampang kok asal tidak keterusan jadi keracunan untuk bangun mobil lalu di rusak rusakin.

Corolla bisa dicoba tapi pastikan saja jalannya yang rata ,tapi kayaknya ngak ada. Paling baik2 in gmx ato billy dengan traktirin sate kiloan yang ada di sana :frm_salut:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

om basing kapan kira2 mau nyari, saya hampir tiap hari beli poskota.. gw bukan mau nyari mobil, tapi seneng aja baca2 pasaran mobil, window shopping ke PMK.. kadang2 kalo ada iklan di koran yang menarik ya gw telp jg, walaupun ga beli :big_smoking:
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

gmx wrote:om basing kapan kira2 mau nyari, saya hampir tiap hari beli poskota.. gw bukan mau nyari mobil, tapi seneng aja baca2 pasaran mobil, window shopping ke PMK.. kadang2 kalo ada iklan di koran yang menarik ya gw telp jg, walaupun ga beli :big_smoking:
Mo usul, kalo dari koran lihat harga pasaran saja. Tapi cari barang lebih baik di bengkel resmi, data perawatan dan kondisi kendaraan jelas dan bagus daripada beli di showroom atau iklan koran, kondisi mobil sudah dirubah menarik agar siap jual bukan pakai lama. Susah dan jarang bisa dapat kayak gmx punya.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

mdid wrote:
gmx wrote:om basing kapan kira2 mau nyari, saya hampir tiap hari beli poskota.. gw bukan mau nyari mobil, tapi seneng aja baca2 pasaran mobil, window shopping ke PMK.. kadang2 kalo ada iklan di koran yang menarik ya gw telp jg, walaupun ga beli :big_smoking:
Mo usul, kalo dari koran lihat harga pasaran saja. Tapi cari barang lebih baik di bengkel resmi, data perawatan dan kondisi kendaraan jelas dan bagus daripada beli di showroom atau iklan koran, kondisi mobil sudah dirubah menarik agar siap jual bukan pakai lama. Susah dan jarang bisa dapat kayak gmx punya.
betul om, ngeri kalo liat mobil2 di PMK lagi diacak2 sebelum dijual, saya window shopping ke PMK kalo lagi pengen tau aja mobil ini kayak apa sih, mobil itu gimana, kalo hunting beneran saya pilih nyari langsung dari pemilik, di koran juga banyak pemakai langsung.

btw, tolong ramein thread http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 64#p224464 biar rame2 offroad :mrgreen:
User avatar
basing
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Oct 25, 2008 10:37
Location: Doha, Qatar

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by basing »

mdid wrote:
gmx wrote:om basing kapan kira2 mau nyari, saya hampir tiap hari beli poskota.. gw bukan mau nyari mobil, tapi seneng aja baca2 pasaran mobil, window shopping ke PMK.. kadang2 kalo ada iklan di koran yang menarik ya gw telp jg, walaupun ga beli :big_smoking:
Mo usul, kalo dari koran lihat harga pasaran saja. Tapi cari barang lebih baik di bengkel resmi, data perawatan dan kondisi kendaraan jelas dan bagus daripada beli di showroom atau iklan koran, kondisi mobil sudah dirubah menarik agar siap jual bukan pakai lama. Susah dan jarang bisa dapat kayak gmx punya.
@oom gmx; thankz tuk bantuannya, saya juga sering mantau di mobilku, mallmobil, iklan baris kompas. etc. tapi susah buat yang dua (pajero ma L200) itu. minggu depan insyaaloh dah liburan, jadi bisa panteng langsung koran. anyway ane langsung meluncur ke thread baru.

@oom mdid; ya emang, kalu liat di showroom mobkas emang mulus2, ga tau jeroannya. kemaren baca kompas e-paper (sekitar dua-tiga hari yang lalu) di suara pembaca ada yang tulis; dia beli Jazz di showroom mobkas, km di lihat 30-rban, begitu di bawa ke beres, disitu ada service record-nya, ternyata km aslinya sudah 70 rb lebih. kan jadi serem nih beli mobkas. rekan SMers yang punya showroom, gimana pendapatnya?

emang bisa nyari mobkas di bengkel resmi? dimana? setiap beres? ada garansi? (ih..kebanyakan tanya) mohon jawabannya.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

om basing,
coba bikin thread di www.modifikasi.com di forum bursa mobil 2nd, coba aja kasih judul (WTB) L200 Strada, atau nyari L200 Strada atau apa.. di sana lalu lintas perdagangan mobil ke pemilik langsung lumayan rame, mobil aneh2 juga ada
User avatar
basing
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Oct 25, 2008 10:37
Location: Doha, Qatar

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by basing »

gmx wrote:om basing,
coba bikin thread di http://www.modifikasi.com di forum bursa mobil 2nd, coba aja kasih judul (WTB) L200 Strada, atau nyari L200 Strada atau apa.. di sana lalu lintas perdagangan mobil ke pemilik langsung lumayan rame, mobil aneh2 juga ada
meluncoooor........... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

om mdid,

ada yang pajeronya kena nih di forum sebelah, kasian.. sebaiknya gimana nih kalo udah gini, ada bengkel yg bisa bantu? engine 4M41
iYa Boss,, swaktu saya beli pake solar pertamina biasa tenaganya nahan..
saya ganti solar DEX, kndsi mbl enak bgt Lalu dgn saudara saya diganti pake solar shell dgn asumsi agar konsumsi bahan bakar lebih terjamin...
stelah pemakaian 1 bulan mobil ngebul parah...
lalu saya diagnosis ke mitsubishi injectornya yg rusak..
dan harus diganti..................
wah, betul bgt pak.
saya sudah analisa saluran solar nya tidak ada masalah, solar naik ke injection tp sistem elektriknya uyg sudah rusak...
karena sudah 3 bulan saya mondar-mandir bawa injection pump ga ada hasil...
kira-kira saya hrs gmn ?
Terima kasih
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

gmx wrote:om mdid,

ada yang pajeronya kena nih di forum sebelah, kasian.. sebaiknya gimana nih kalo udah gini, ada bengkel yg bisa bantu? engine 4M41
iYa Boss,, swaktu saya beli pake solar pertamina biasa tenaganya nahan..
saya ganti solar DEX, kndsi mbl enak bgt Lalu dgn saudara saya diganti pake solar shell dgn asumsi agar konsumsi bahan bakar lebih terjamin...
stelah pemakaian 1 bulan mobil ngebul parah...
lalu saya diagnosis ke mitsubishi injectornya yg rusak..
dan harus diganti..................
wah, betul bgt pak.
saya sudah analisa saluran solar nya tidak ada masalah, solar naik ke injection tp sistem elektriknya uyg sudah rusak...
karena sudah 3 bulan saya mondar-mandir bawa injection pump ga ada hasil...
kira-kira saya hrs gmn ?
Terima kasih
@gmx, coba suruh telp ke untung diesel di cempaka putih di 7646688 atau 0815 9420 200, mereka bisa bantu service atau jual injection pump dengan harga yang lebih murah daripada bengkel resmi.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

tengkyu om, wis tak post di sana
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

gmx wrote:tengkyu om, wis tak post di sana

@ gmx, thread nya yang mana ya? mobil pajero juga, baru beli second ya ?
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

basing wrote:
oom mdid; ya emang, kalu liat di showroom mobkas emang mulus2, ga tau jeroannya. kemaren baca kompas e-paper (sekitar dua-tiga hari yang lalu) di suara pembaca ada yang tulis; dia beli Jazz di showroom mobkas, km di lihat 30-rban, begitu di bawa ke beres, disitu ada service record-nya, ternyata km aslinya sudah 70 rb lebih. kan jadi serem nih beli mobkas. rekan SMers yang punya showroom, gimana pendapatnya?

emang bisa nyari mobkas di bengkel resmi? dimana? setiap beres? ada garansi? (ih..kebanyakan tanya) mohon jawabannya.
KM ngak bisa jadi patokan, bisa asli atau modifikasi. Kalau pun juga bukan jaminan tidak akan banyak masalah kemudian hari. namanya mobil bekas, pasti ada resiko karena kita tidak tahu bagaimana keadaan dan perawatan pemilik sebelumnya.

Bengkel resmi tidak ada jual beli mobil bekas. Cuma hunting pemiliknya disana, baikin frontman atau "nyumbang" info nya seperti record,alamat dan no tel pemilik. pajero yang aku dapat juga begitu, ceritanya lihat pajero di ranch market kebon jeruk, dekatin dan ternyata supir yang bawa. Tanya ini itu ama sopirnya ,tahu kalo mobil di service di bengkel kebon jeruk. Kebetulan bengkel itu langanan waktu pakai pajero 3.0 kayak Gxm punya. Cek data dan perawatan bagus banget, semua part diganti baru dan rajin dirawat, lansung kontak pemiliknya ketemu di bengkel, kebetulan sama sama dari sumatra selatan dan punya interest di mobil SUV juga akhirnya jadi pindah tangan.

Garansi ??? tidak semua pemilik lama mengerti dan tahu masalah mobilnya apalagi yang akan rusak dalam waktu apa lagi gimana kasih garansi, dia mau kasih keadaan dan tindakan yang sejujurnya sudah lebih dari cukup . Hampir semua pemlik pajero adalah hobi, jadi pasti merawat dengan baik dan benar mobil mereka ke bengkel resmi, betul ngak @gmx. Meskipun usia 10 tahun lebih, komponen SUV besar seperti pajero dibuat lebih kuat dari pada mobil umum lainnya, jadi masih aman. Kebanyakan pemilik mobil begini pakai mobil nya lama bisa 4-6 tahun atau lebih dan kalo tidak ada masalah serius banget tidak buru buru di jual ke showroom atau koran. Jadi pendekatan pribadi via bengkel lebih mulus.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

mdid wrote:
@ gmx, thread nya yang mana ya? mobil pajero juga, baru beli second ya ?
threadnya di modifikasi dot com, mobilnya pajero juga, saya ajak dia ngobrol2 di sini
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

mdid wrote:Meskipun usia 10 tahun lebih, komponen SUV besar seperti pajero dibuat lebih kuat dari pada mobil umum lainnya, jadi masih aman.
part mobil sekelasnya emang awet banget. saya punya kenalan yg punya FJ55 '79 dari baru, katanya mobilnya dari baru belum ada masalah, paling2 fast moving parts standard aja.. denger gitu, saya mikir saya mesti punya yg kayak gini, biar ga pusing ganti mobil 3-5 tahun sekali, cuma beli sekali, insha Allah for lifetime.. kerasa sih pajero saya ini walaupun udah 11 tahun masih seperti mobil baru, standardnya ga usah di modif aja udah enak
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

basing wrote:ga heran...? maksud anda?
maksudnya ga heran mahalnya bro..

krn solar sini kurang sebagus luar, mendingan rajin2 kuras tanki, purging, yah biar pump nya tahan lama lah. Filter solar jg rawan bocor, krn kualitas solarnya.
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

billyd1773dz wrote:hihihi toyota lover yah om? nda oot dunk kan judul treatnnya sama prado juga...
bener om.. klw sya sih udah ngebedain kelasnnya khususnya di indonesia ini LC sih sampai seri VX105 termasuk seri LC prado 75 ...
maniac tyt sih ga jg. Cm gout lebih familiar lc sejak hardtop, vx80 & 100. Klo pajero kurang gitu tau. Tp br tau jg ternyata ada lc type seri ganjil kyk 75, mungkin itu panggilan prado ya...ga familiar sm variant prado, tau nya prado aja.
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

mdid wrote:@cruizer, menurut saya bagus tidak design mobil sangat personal. Untuk Large Suv seperti Range Rover, pajero, Patrol, landcuiser dll rata rata 8-10tahun ganti model, sedangkan small Suv 4-6 tahun seperti CRV, XTRAIL dll ganti model. Jadi kalau saya adalah type pembosanan saya akan memilih model Small SUV yang lebih cepat ganti modelnya.
Menurut saya, Pajero tahun 97 atau gen II tidak tua, malah masih gagah dan punya kharisma untuk penampilan. Kebetulan populasi Pajero tidak banyak , jadi kalau di jalanan ada papasan dengan Pajero tsb saya masih menatapnya dengan kagum, sekalipun saya dulu pernah mengunakan Pajero 3.0 tahun 97 selama 4 tahun. Secara personal lagi Prado LC 70 lama lebih bagus penampilan daripada LC 90 sekarang, terutama tampak dan lampu belakang LC 90 kalah sama LC 70.
gout jg se7, design memang sesuai selera masing2. Berhub mr zombiee mengulas lc vx-r80, jd nya gout ikut bandingin. Seandainya lc vx-r80 disampingin dgn pajero yg sama2 thn 97, rasa2nya sih lebih garang dan lebih besar vxr80, sampe skrg pun lebih byk seliweran di jln ketimbang pajero nya. Apalg sejak design body pajero byk ditiru panther...

Dulu pas pajero lg trendy nya, gout jg suka, tp ga bertahan lama. New pajero keren, tp gout ga yakin bs setahan image lc vx100 atau 200. Mungkin krn design pajero rata2 agak futuristik dr kompetitor nya, hasilnya jd cpt bosan. No offense to pajero lover. Bisa diliat mitsu triton strada agak2 futuristik, tampang dpnnya mirip2 lancer/galant hiu/diamante/magna, mungkin klo sedan masih wajar.
trus mr zombiee jg bilang vx-r80 lebih thn nelen solar lokal yg kualitas nya masih blm baik, itu gout setuju secara vx-r80 blm cmmnrail, dan pengalaman gout memang ini mobil yg sangat badak!
lc 90 prado bukan ya? gout agak kurang ngerti klo prado. Pas thn 96an, liat prado, ga tau klo ternyata 1 fam dgn lc nya. Jd ya rasa2nya prado kurang seperti LC big bro nya gitu, feeling gout aja lho.

tentang large suv, design range rover tua, merc 280ge/g320, lc vx-r80 '95-'97 walaupun udah lwt dr 10thn tampangnya msh ganteng, patrol yg muda, msh ok. Tp patrol 'ktt' udah ga sreg lg.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

gmx wrote:
billyd1773dz wrote: hihihi toyota lover yah om? nda oot dunk kan judul treatnnya sama prado juga...
bener om.. klw sya sih udah ngebedain kelasnnya khususnya di indonesia ini LC sih sampai seri VX105 termasuk seri LC prado 75 (klw LC70 d sebutnnya bundera setelah itu yang long disebut prado) yg masih rigid jelas spesialis medan berat..... no compare with those IFS or FISS vehicle.

klw prado 90 dan 120 yang IFS memang di buat bwat nyerang kelasnnya pajero gen2 bwat medan menengah, tpi dgn diesel yang lebih bertenaga dan irit.

sedangkan pajero gen3 DID yg FISS lebih condong untuk crosscountry dan traveling adventure medan light

thx
:beer:
Om,
ga deny deh kalo gw juga suka sama prado, malah sebenernya dulu pengennya prado 75, tapi nyarinya di pasaran lebih sulit daripada nyari pajero seri II (nyari pajero aja udah susah, apalagi nyari prado) dan harganya juga belum terjangkau sama saya karena harganya masih di atas pajero, mungkin karena brand image toyota

tapi setelah pake pajero 97, wah kok uuueenak ya, kayaknya selama jarak dari rumah masih terjangkau dengan mobil, ga lengkap kalo ga pake pajero, walaupun sekarang dipaksain deh ngantor pake mobil lain, supaya pajeronya awet, untuk event khusus aja..
wah untung aja ambil pajero om....

klw dgn LC 75 prado itu sih, sya yakin enggak bakal se enak pajero bwat harian, prado 75 itu masih pke perdaun, axle rigid,pasti keras tu bantingannya mesinnya juga diesel 2LT nda bakal se nendang V6nnya pajero. angkatannya sama dgn pajero gen1, dgn pajero gen 1 aja masih enakan pajero. axlennya pajero dri gen1 sudah IFS. prado 75 dan pajero gen1 itu yang potongannnya mirip taft.

tpi untuk ketangguhan komponen dan medan berat memang prado rigid lebih jempolan.

iyah om, langka bngt Lc 75 itu, lebih jarang dri bundera untuk d pulau jawa ini, mungkin bisa di hitung jari hehehe

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

cruizer wrote:
mdid wrote:@cruizer, menurut saya bagus tidak design mobil sangat personal. Untuk Large Suv seperti Range Rover, pajero, Patrol, landcuiser dll rata rata 8-10tahun ganti model, sedangkan small Suv 4-6 tahun seperti CRV, XTRAIL dll ganti model. Jadi kalau saya adalah type pembosanan saya akan memilih model Small SUV yang lebih cepat ganti modelnya.
Menurut saya, Pajero tahun 97 atau gen II tidak tua, malah masih gagah dan punya kharisma untuk penampilan. Kebetulan populasi Pajero tidak banyak , jadi kalau di jalanan ada papasan dengan Pajero tsb saya masih menatapnya dengan kagum, sekalipun saya dulu pernah mengunakan Pajero 3.0 tahun 97 selama 4 tahun. Secara personal lagi Prado LC 70 lama lebih bagus penampilan daripada LC 90 sekarang, terutama tampak dan lampu belakang LC 90 kalah sama LC 70.
gout jg se7, design memang sesuai selera masing2. Berhub mr zombiee mengulas lc vx-r80, jd nya gout ikut bandingin. Seandainya lc vx-r80 disampingin dgn pajero yg sama2 thn 97, rasa2nya sih lebih garang dan lebih besar vxr80, sampe skrg pun lebih byk seliweran di jln ketimbang pajero nya. Apalg sejak design body pajero byk ditiru panther...

Dulu pas pajero lg trendy nya, gout jg suka, tp ga bertahan lama. New pajero keren, tp gout ga yakin bs setahan image lc vx100 atau 200. Mungkin krn design pajero rata2 agak futuristik dr kompetitor nya, hasilnya jd cpt bosan. No offense to pajero lover. Bisa diliat mitsu triton strada agak2 futuristik, tampang dpnnya mirip2 lancer/galant hiu/diamante/magna, mungkin klo sedan masih wajar.
trus mr zombiee jg bilang vx-r80 lebih thn nelen solar lokal yg kualitas nya masih blm baik, itu gout setuju secara vx-r80 blm cmmnrail, dan pengalaman gout memang ini mobil yg sangat badak!
lc 90 prado bukan ya? gout agak kurang ngerti klo prado. Pas thn 96an, liat prado, ga tau klo ternyata 1 fam dgn lc nya. Jd ya rasa2nya prado kurang seperti LC big bro nya gitu, feeling gout aja lho.

tentang large suv, design range rover tua, merc 280ge/g320, lc vx-r80 '95-'97 walaupun udah lwt dr 10thn tampangnya msh ganteng, patrol yg muda, msh ok. Tp patrol 'ktt' udah ga sreg lg.
iyah om, desainer mitsu memang selalu membuat mobil dgn desain futuristik, karena targetnnya memang konsumen yang masih d d usia relatif muda <40thun , dan punnya pikiran terbuka dan berjiwa sport.

hehehe ini juga yang bikin gw selalu bikin gw debat ma bokap.... gw bilang triton modelnnya bagus futuristik justru keren.. lha bokap gw malah bilang jelek, modelnnya nyeleneh... sama halnnya dgn DiD gw bilang bagus bngt bentuknnya dan klw mau melihat secara objektif juga, memang mobil itu yg paling sesuai dgn kebutuhan.. tpi bokap masih kekeuh enggak suka bentuknnya... :frm_bang_head: :frm_bang_head: sampai skrng masih tahap ngerayu nih...

kalau toyota, landrover series sampai defender, jeep willys sampai JK, itu punnya sejarah yang pangjang, dri tahun 1930an juga sudah mulai buat SUV, semenjak itu sudah punnya penggemar fanatic, kalau sudah gini mereka tak punnya alasan untuk, membuat desain yang benar2 beda, kalau di buat desain yang terlalu beda mereka khawatir image yang sudah dibangun puluhan tahun bisa ancur. jadi mereka tetep mempertahankan wajah produk mereka.

beda dgn mitsu yang membuat SUV tidak selama pesaingnnya, SUV pertama mitsu itu willys mitsubishi, tahun 1950an namun selanjutnnya, desainya benar2 di rubah, jd pajero gen1 kaki2 pun di rbah IFS yang membuat ketangguhannya turun drastis, tentu saja masyarakat menggapnnya mobil yang benar benar beda d banding moyangnnya willysmitsubshi. untung saja kiprah di paris dakar begitu gemilang sehingga, kembali bisa menciptakan image di konsumen. nah sekarang pajero besar karena sebuah event lomba, beda dgn toyota jeep landi yang besar, karena memang di uji langsung oleh konsumen, dan promosinnya pun melalui mulut ke mulut konsumen yang puas.sehingga 3 vendor itu harus menjaga image sesuai yang di tangkep konsumen, sedangkan pajero yang besar melalui lomba, cukup mengikutsertakan model barunnya di lomba, dan image paris dakarnnya akan terus menempel d nama pajero.

itulah pentingnnya sebuah nama dan image di dunia perdagangan, kalau udah punnya naman, mau membuat mobil se overpriced gmn juga tetep ada yang beli hehehehe....

:big_peace:

VX80 ber engine 1HD-T itu diesel paling ganas yang pernah gw coba.... 165ps dan 420Nm.. hehehe non commonrail, non ECU membuat jd diesel tangguh. FCnya seboros2nnya 1:9 yg matic. axle rigid+coilspring ini yang bikin ni mobil walau KMrannya udah 200rb lebih juga tetep aja di atas 300jt.... syangnya gw bilang terlalu besar untuk di indo hehe harga copotan mesin GB matic + axle dan suspensi di pasar limbah eks luar bisa sampai 100jt lho..

nda tau nih 1VD-FTV di LC200 bisa se "badak" 1HD-T VX80 tdk..

selain itu di dri segi model, gw bukan peganut desain konservatif, jd gw lebih demen desain DiD ukurannya pas enggak kebesaran hehehe

iyah btul om, sejauh ini ada 3 generasi toyota yang di sebut prado seri 7x (yang sasis panjang) 90 dan 120 prado ini adalah toyota yang tidak mengikuti pakem desain LC hehehe ini juga aga futuristik om?

oh yah seri 70 sampai sekarang masih di produksi, jadi seri 78 dan 79, modelnnya tetep sama beda facelift aja pke lampu kristal, lain lainnya masih sama,, pke rigid axle,skrng pke coilspring, mesin.. ada yang 1HZ 135ps 280Nm 1HD-FTE 203ps 430Nm non CRD ECU, dan 1VD-FTV 4.5ltr V8 265ps 650Nm. ni boil mungkin yang di bilang paling awet desainnya d kubu toyota dri tahun 80an (LC70bundera)blm bnyk berubah, hargannya varian termurah (troopcarrier 1HZ) lebih mahal dri prado 120 termahal....... wkekekeke gila enggak? yang beli? ada dunk biasannya yang beli perusahaan, tambang besar atau PBB. ni mobil di kenal mobil yg enggak pernah rusak lebih thought dri nissan GQ atw landy

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

billyd1773dz wrote:
cruizer wrote:
mdid wrote:@cruizer, menurut saya bagus tidak design mobil sangat personal. Untuk Large Suv seperti Range Rover, pajero, Patrol, landcuiser dll rata rata 8-10tahun ganti model, sedangkan small Suv 4-6 tahun seperti CRV, XTRAIL dll ganti model. Jadi kalau saya adalah type pembosanan saya akan memilih model Small SUV yang lebih cepat ganti modelnya.
Menurut saya, Pajero tahun 97 atau gen II tidak tua, malah masih gagah dan punya kharisma untuk penampilan. Kebetulan populasi Pajero tidak banyak , jadi kalau di jalanan ada papasan dengan Pajero tsb saya masih menatapnya dengan kagum, sekalipun saya dulu pernah mengunakan Pajero 3.0 tahun 97 selama 4 tahun. Secara personal lagi Prado LC 70 lama lebih bagus penampilan daripada LC 90 sekarang, terutama tampak dan lampu belakang LC 90 kalah sama LC 70.
gout jg se7, design memang sesuai selera masing2. Berhub mr zombiee mengulas lc vx-r80, jd nya gout ikut bandingin. Seandainya lc vx-r80 disampingin dgn pajero yg sama2 thn 97, rasa2nya sih lebih garang dan lebih besar vxr80, sampe skrg pun lebih byk seliweran di jln ketimbang pajero nya. Apalg sejak design body pajero byk ditiru panther...

Dulu pas pajero lg trendy nya, gout jg suka, tp ga bertahan lama. New pajero keren, tp gout ga yakin bs setahan image lc vx100 atau 200. Mungkin krn design pajero rata2 agak futuristik dr kompetitor nya, hasilnya jd cpt bosan. No offense to pajero lover. Bisa diliat mitsu triton strada agak2 futuristik, tampang dpnnya mirip2 lancer/galant hiu/diamante/magna, mungkin klo sedan masih wajar.
trus mr zombiee jg bilang vx-r80 lebih thn nelen solar lokal yg kualitas nya masih blm baik, itu gout setuju secara vx-r80 blm cmmnrail, dan pengalaman gout memang ini mobil yg sangat badak!
lc 90 prado bukan ya? gout agak kurang ngerti klo prado. Pas thn 96an, liat prado, ga tau klo ternyata 1 fam dgn lc nya. Jd ya rasa2nya prado kurang seperti LC big bro nya gitu, feeling gout aja lho.

tentang large suv, design range rover tua, merc 280ge/g320, lc vx-r80 '95-'97 walaupun udah lwt dr 10thn tampangnya msh ganteng, patrol yg muda, msh ok. Tp patrol 'ktt' udah ga sreg lg.
iyah om, desainer mitsu memang selalu membuat mobil dgn desain futuristik, karena targetnnya memang konsumen yang masih d d usia relatif muda <40thun , dan punnya pikiran terbuka dan berjiwa sport.

hehehe ini juga yang bikin gw selalu bikin gw debat ma bokap.... gw bilang triton modelnnya bagus futuristik justru keren.. lha bokap gw malah bilang jelek, modelnnya nyeleneh... sama halnnya dgn DiD gw bilang bagus bngt bentuknnya dan klw mau melihat secara objektif juga, memang mobil itu yg paling sesuai dgn kebutuhan.. tpi bokap masih kekeuh enggak suka bentuknnya... :frm_bang_head: :frm_bang_head: sampai skrng masih tahap ngerayu nih...

kalau toyota, landrover series sampai defender, jeep willys sampai JK, itu punnya sejarah yang pangjang, dri tahun 1930an juga sudah mulai buat SUV, semenjak itu sudah punnya penggemar fanatic, kalau sudah gini mereka tak punnya alasan untuk, membuat desain yang benar2 beda, kalau di buat desain yang terlalu beda mereka khawatir image yang sudah dibangun puluhan tahun bisa ancur. jadi mereka tetep mempertahankan wajah produk mereka.

beda dgn mitsu yang membuat SUV tidak selama pesaingnnya, SUV pertama mitsu itu willys mitsubishi, tahun 1950an namun selanjutnnya, desainya benar2 di rubah, jd pajero gen1 kaki2 pun di rbah IFS yang membuat ketangguhannya turun drastis, tentu saja masyarakat menggapnnya mobil yang benar benar beda d banding moyangnnya willysmitsubshi. untung saja kiprah di paris dakar begitu gemilang sehingga, kembali bisa menciptakan image di konsumen. nah sekarang pajero besar karena sebuah event lomba, beda dgn toyota jeep landi yang besar, karena memang di uji langsung oleh konsumen, dan promosinnya pun melalui mulut ke mulut konsumen yang puas.sehingga 3 vendor itu harus menjaga image sesuai yang di tangkep konsumen, sedangkan pajero yang besar melalui lomba, cukup mengikutsertakan model barunnya di lomba, dan image paris dakarnnya akan terus menempel d nama pajero.

itulah pentingnnya sebuah nama dan image di dunia perdagangan, kalau udah punnya naman, mau membuat mobil se overpriced gmn juga tetep ada yang beli hehehehe....

:big_peace:

VX80 ber engine 1HD-T itu diesel paling ganas yang pernah gw coba.... 165ps dan 420Nm.. hehehe non commonrail, non ECU membuat jd diesel tangguh. FCnya seboros2nnya 1:9 yg matic. axle rigid+coilspring ini yang bikin ni mobil walau KMrannya udah 200rb lebih juga tetep aja di atas 300jt.... syangnya gw bilang terlalu besar untuk di indo hehe harga copotan mesin GB matic + axle dan suspensi di pasar limbah eks luar bisa sampai 100jt lho..

nda tau nih 1VD-FTV di LC200 bisa se "badak" 1HD-T VX80 tdk..

selain itu di dri segi model, gw bukan peganut desain konservatif, jd gw lebih demen desain DiD ukurannya pas enggak kebesaran hehehe

iyah btul om, sejauh ini ada 3 generasi toyota yang di sebut prado seri 7x (yang sasis panjang) 90 dan 120 prado ini adalah toyota yang tidak mengikuti pakem desain LC hehehe ini juga aga futuristik om?

oh yah seri 70 sampai sekarang masih di produksi, jadi seri 78 dan 79, modelnnya tetep sama beda facelift aja pke lampu kristal, lain lainnya masih sama,, pke rigid axle,skrng pke coilspring, mesin.. ada yang 1HZ 135ps 280Nm 1HD-FTE 203ps 430Nm non CRD ECU, dan 1VD-FTV 4.5ltr V8 265ps 650Nm. ni boil mungkin yang di bilang paling awet desainnya d kubu toyota dri tahun 80an (LC70bundera)blm bnyk berubah, hargannya varian termurah (troopcarrier 1HZ) lebih mahal dri prado 120 termahal....... wkekekeke gila enggak? yang beli? ada dunk biasannya yang beli perusahaan, tambang besar atau PBB. ni mobil di kenal mobil yg enggak pernah rusak lebih thought dri nissan GQ atw landy

cmiiw

thx
:beer:
Wah hebat penjelasan dan penguasaan teknisnya, kayak wikipedia berjalan saja :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: . Jadi penasaran ama Billy kerja ada relevansi dengan mobil atau semacamnya ???

Kalo Billy dari teknis, saya mo share VR 80 dan Vx 100 dari pemakaian harian dengan bahasa awam.
Kelebihan VR 80 dan VX 100 di offroad ; tidak ada yang diragukan dan dipertanyakan, semua OK.
Tapi kalo di pakai dalam kota atau harian ini ini + dan - nya

(+) suspensi empuk banget, saking empuk laju kencang lewati polisi tidur rem dikit dah cukup, ngak rem sama sekali jg dijamin pantat masih nempel manis di jok.
Kalo sudah jalan, rasanya tidak sedang bawa mobil besar ,mungkin kayak bawa innova. Aneh sih ?
Jok lega dan ruang kaki lega banget cuma baris 1 dan 2.
Tenaga dan torsi yang banget pas kalo lagi full loading, akselasi di jalan nanjak, akselari tengah ngak malu in terutama di 80 -120 ( rpm 2000-3000an) saat di tol ato nyalip 2-3 mobil didepan, jadi ngak perlu narik panjang dari jauh.
Filter oli bisa kongsi punya toyota dyna, murah daripada innova D4D. kampas rem tidak terlalu mahal.
Ada mini kulkas di bawah arm rest, tapi hanya buat ukuran kaleng cocacola.
Suara mesin halus BANGET, phanter,innova diesel, pajero diesel kalah (no offence buat pemilik phanter n innnova diesel) meski belum CRD
Untuk VX 100 LTD , bisa naik turun body pakai suspensi hidrolik, bukan udara. Lebih awet sih dan harga masih diatas 500 jt.

(-)kalo sudah kenceng ngeri berhentinya. body 2.5 ton tanpa ABS dan apalagi ayun ayun lagi untuk versi VX 80. sedangkan VX 100, sudah ABS tapi untuk taon <2003, sensor ABS rem depan suka ngaco kalo service di bengkel ngak di bersihin.
Saat kecepatan tinggi menikung, tanpa sadar tangan akan pegangan kuat. kalo yang pertama kali bawa LC dan sebelum bawa sedan honda akan keluar keringat dingin . Limbung banget terutama untuk type VX 80.
Meski panjang gitu jOK baris ketiga kala lega dibandingakan kijang kapsul, kayak innova sekarang yag dimundurin jok keduanya.
cooler di armrest ,harus di control kalo lupa keringnya bau nya tidak enak
Radius putar gede, parkir susah. Kalo di tanah abang, mangga dua tukang parkir ogah lihat LC pas sudah selesai baru nonggol tukang parkirnya.
Interior usang untuk ukuran mobil sekarang, pipa duct AC baris kedua jadi barang aneh
VR 80 matic males dan tidak pintar, cuma 4 speed tapi ngak cepat jebol. start awal mesti sabar tunggu turbo nyala baru beranai.
Buat jalan penurunan dan tikungan harus nginjak rem terus. Kalo ketemu sekelas honda jazz berjiwa besar untuk ngalah dan kasih jalan dulu, toh mereka segera menghilang jauh, nikmati saja sebentar pantat kecil.
Sparepart banyak dan mahal, aki 100 Amp 2 biji, listrik 24 volt, oli plus filter 11 Ltr, ban cepat makan sebelah, ukuran 275/70/16 OWT brigestone @ 1.7 jt.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

cruizer wrote:
basing wrote:ga heran...? maksud anda?
maksudnya ga heran mahalnya bro..

krn solar sini kurang sebagus luar, mendingan rajin2 kuras tanki, purging, yah biar pump nya tahan lama lah. Filter solar jg rawan bocor, krn kualitas solarnya.
Setuju 100%.
Cara diatas juga berlaku untuk semua pemakai mobil diesel.
MO share lebih detail nya filter oli dan solar mending ganti bareng di Km 5000 ato 10000. tangki solar di turun dan kuras min 2 tahun sekali, kalo sering keluar kota 1 setaon sekali turun dan kuras, beda antara turun dan kuras doang. Kalo yang punya L300, colt diesel atau toyota dyna coba deh sesekali turun kuras tangki dan liat isinya kayak tong sampah. ongkos turun tangki di bengkel resmi 200 ribuan , sekalian bersih in filter didalam tangkinya. Percuma kalo hanya sering ganti filter solar di mesin kalo ngak bersih in yang ditankgi karena akibatnya injection pump panas dan jeboollll. semua terbayarkan dengan tarikan enteng, solar irit, knalpot ngak kayak metromini, jarang kalibrasi atau yang menakutkan itu ganti jantung eh injection pump nya.
Pernah setelah pulang dari sumatra, tarikan pajero tidak ada tenaga di putaran tinggi dan tanjakan. periksa sana sini ok, setelah di turunkan tangki kuras ketemu filter dalam tangki diselubungi plastik plastik kecil dan tipis transparan.

Kalo purging aku sendiri belum pernah. Tapi selalu pakai additive solar saat isi solar.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

gmx wrote:
mdid wrote:Meskipun usia 10 tahun lebih, komponen SUV besar seperti pajero dibuat lebih kuat dari pada mobil umum lainnya, jadi masih aman.
part mobil sekelasnya emang awet banget. saya punya kenalan yg punya FJ55 '79 dari baru, katanya mobilnya dari baru belum ada masalah, paling2 fast moving parts standard aja.. denger gitu, saya mikir saya mesti punya yg kayak gini, biar ga pusing ganti mobil 3-5 tahun sekali, cuma beli sekali, insha Allah for lifetime.. kerasa sih pajero saya ini walaupun udah 11 tahun masih seperti mobil baru, standardnya ga usah di modif aja udah enak
Cuma hati hati kalo bekas pakai proyek atau daerah pedalaman, semua yang diatas bisa berbeda arah. usia mobil 3-5 taon udah banyak masalah, minta gonta ganti ini itu, bolak balik bengkel !
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

mdid wrote:Setuju 100%.
Cara diatas juga berlaku untuk semua pemakai mobil diesel.
MO share lebih detail nya filter oli dan solar mending ganti bareng di Km 5000 ato 10000. tangki solar di turun dan kuras min 2 tahun sekali, kalo sering keluar kota 1 setaon sekali turun dan kuras, beda antara turun dan kuras doang. Kalo yang punya L300, colt diesel atau toyota dyna coba deh sesekali turun kuras tangki dan liat isinya kayak tong sampah. ongkos turun tangki di bengkel resmi 200 ribuan , sekalian bersih in filter didalam tangkinya. Percuma kalo hanya sering ganti filter solar di mesin kalo ngak bersih in yang ditankgi karena akibatnya injection pump panas dan jeboollll. semua terbayarkan dengan tarikan enteng, solar irit, knalpot ngak kayak metromini, jarang kalibrasi atau yang menakutkan itu ganti jantung eh injection pump nya.
Pernah setelah pulang dari sumatra, tarikan pajero tidak ada tenaga di putaran tinggi dan tanjakan. periksa sana sini ok, setelah di turunkan tangki kuras ketemu filter dalam tangki diselubungi plastik plastik kecil dan tipis transparan.

Kalo purging aku sendiri belum pernah. Tapi selalu pakai additive solar saat isi solar.
Hah?! plastik?!! buset, yg jual solar udah kayak penjual gorengan aja dicampur plastik minyaknya...

bener, mendingan kuras tanki, yah at least 6bln sekali lah, drpd kena pump injection atau fuel filter..wuih..hrg nya..kalibrasi jg ribet euyy....
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

mdid wrote:Kalo Billy dari teknis, saya mo share VR 80 dan Vx 100 dari pemakaian harian dengan bahasa awam.
Kelebihan VR 80 dan VX 100 di offroad ; tidak ada yang diragukan dan dipertanyakan, semua OK.
Tapi kalo di pakai dalam kota atau harian ini ini + dan - nya

(+) suspensi empuk banget, saking empuk laju kencang lewati polisi tidur rem dikit dah cukup, ngak rem sama sekali jg dijamin pantat masih nempel manis di jok.
Kalo sudah jalan, rasanya tidak sedang bawa mobil besar ,mungkin kayak bawa innova. Aneh sih ?
Jok lega dan ruang kaki lega banget cuma baris 1 dan 2.
Tenaga dan torsi yang banget pas kalo lagi full loading, akselasi di jalan nanjak, akselari tengah ngak malu in terutama di 80 -120 ( rpm 2000-3000an) saat di tol ato nyalip 2-3 mobil didepan, jadi ngak perlu narik panjang dari jauh.
Filter oli bisa kongsi punya toyota dyna, murah daripada innova D4D. kampas rem tidak terlalu mahal.
Ada mini kulkas di bawah arm rest, tapi hanya buat ukuran kaleng cocacola.
Suara mesin halus BANGET, phanter,innova diesel, pajero diesel kalah (no offence buat pemilik phanter n innnova diesel) meski belum CRD
Untuk VX 100 LTD , bisa naik turun body pakai suspensi hidrolik, bukan udara. Lebih awet sih dan harga masih diatas 500 jt.

(-)kalo sudah kenceng ngeri berhentinya. body 2.5 ton tanpa ABS dan apalagi ayun ayun lagi untuk versi VX 80. sedangkan VX 100, sudah ABS tapi untuk taon <2003, sensor ABS rem depan suka ngaco kalo service di bengkel ngak di bersihin.
Saat kecepatan tinggi menikung, tanpa sadar tangan akan pegangan kuat. kalo yang pertama kali bawa LC dan sebelum bawa sedan honda akan keluar keringat dingin . Limbung banget terutama untuk type VX 80.
Meski panjang gitu jOK baris ketiga kala lega dibandingakan kijang kapsul, kayak innova sekarang yag dimundurin jok keduanya.
cooler di armrest ,harus di control kalo lupa keringnya bau nya tidak enak
Radius putar gede, parkir susah. Kalo di tanah abang, mangga dua tukang parkir ogah lihat LC pas sudah selesai baru nonggol tukang parkirnya.
Interior usang untuk ukuran mobil sekarang, pipa duct AC baris kedua jadi barang aneh
VR 80 matic males dan tidak pintar, cuma 4 speed tapi ngak cepat jebol. start awal mesti sabar tunggu turbo nyala baru beranai.
Buat jalan penurunan dan tikungan harus nginjak rem terus. Kalo ketemu sekelas honda jazz berjiwa besar untuk ngalah dan kasih jalan dulu, toh mereka segera menghilang jauh, nikmati saja sebentar pantat kecil.
Sparepart banyak dan mahal, aki 100 Amp 2 biji, listrik 24 volt, oli plus filter 11 Ltr, ban cepat makan sebelah, ukuran 275/70/16 OWT brigestone @ 1.7 jt.
pengalaman gout dgn vx / vx-r80:
- walaupun blm cmmnrail, diesel nya msh lebih halus dr panther/kuda/kijang capsul diesel...
- klo vx ga ada kulkas dan manual, klo vx-r ada kulkas dan a/t
- suspensi sama, menurut gout sih ga empuk2 amat, tapi mantep aja. gout jg udah coba ban standard dan yg 33, mantep2 ajah...
- radius belok besar, wajar, krn memang mobil besar, perlu adaptasi bg yg tdnya biasa bw mobil kecil
- interior dijamannya terlihat keren, tp klo yg terawat bersih, bagus kok, walupun model nya aja yg beda dgn modern.
- row ke 3 ga seluas row ke 3 nya merc benz g klass yg muat 4 org, memang beda sih penempatannya, tp tetep aja leg dan head room nya sangat spacey
- soal a/t dulu memang msh begitu, yah namanya teknologi 11 thn yg lalu.
- klo tikungan balap dgn sedan kecil pasti ga bs, bobot nya besar, sama aja kayak rottweiler ngejer mini pincher. pinter2 main gear aja.
- soal kenceng2an sih, tergantung masing2 org, gout pernah smp 160kmh, bangsa soluna/greco gitu gout tempel suruh minggir hehehe...apalg klo ditanjakkan, mobil2 bensin yg torque nya kecil jgn coba2 deh kekekek
- bawanya mirip innova?..ga lah bro..ini jauh lebih besar...
- parkir? klo udah biasa mah ga masalah. Ada pernah tk parkir komen ke gout..wah ini mah bukan mobil, tapi truk!...heheh3x...pikir2 bener jg..klo sampingin sama truk colt hampir sama tinggi nya.
- plat body nya kuat, pernah ada kyk iring2an di daerah, terus ada kuda nya. gout minggir dan berhenti, eh tau2 nya kuda2nya lg bete kali dan ngamuk, gout udah ngeri bgt takut tuh kuda nendang2 kena mobil, tiba2 badannya mental ke body kanan boil gout, asli goyang banget di dalem. Gout sih udah "yah penyok deh, gimana nih..ah..nyuruh ganti jg kaga mungkin", pas tuh iringan lewat, gout turun, ternyata bodynya gpp...untung bgt dah..
- kalo rem versi ini, memang perlu penyesuaian, blakangnya jg masih drum. Tp pengalaman gout sih msh terbilang cukup lah. sering bersihin aja.
- aki masih satu
- soal ban aus sebelah, harus spooring aja bro. pengalaman gout ga nemu aus sebelah.

klo vx100 sahara/aussie version:
- wah dieselnya halus
- tenaga okeh banget banget, power nya gedueee...
- a/t nya lebih halus
- suspensi mantap walaupun masih konvensional bukan hydrolic versi jepangnya. Empuk ga, keras jg ga. Mungkin maksud mr. mdid, suspensi nya tidak bouncy atau mantul, alias peredam nya okeh.
- rear a/c udah beda dgn 80series, ada kulkas, interior jg lumayan
- rem nya? waduh mantep euy serasa rem new crv/ xtrail, beda dgn 80 nya...
- aki nya ada 2

klo gout sih ogah deh lc yg bisa naik turun suspensi nya, "bola2" suspensi nya mahal, itu semacam penampung hydraulic oil nya. Biasanya klo dipake di indo krn jln byk berlubang, bisa cepet rusak. Asli, muahal banget satu bola nya..ada 4 suspensi jadi empat bola. Klo shock ganti, bola jg harus ganti...widih...gout ga deh, mending yg sahara ajaah...

80 dan 100 series pokoke mobil gahar dehh!!! hehehe...yg 200 malah agak futuristik, tp depannya keren sih..apa blm terbiasa kali liat nya ya...

uh..kok daku jd ngomongin vx 80 dan 100..maap yah..oot
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

cruizer wrote:
mdid wrote:Kalo Billy dari teknis, saya mo share VR 80 dan Vx 100 dari pemakaian harian dengan bahasa awam.
Kelebihan VR 80 dan VX 100 di offroad ; tidak ada yang diragukan dan dipertanyakan, semua OK.
Tapi kalo di pakai dalam kota atau harian ini ini + dan - nya

(+) suspensi empuk banget, saking empuk laju kencang lewati polisi tidur rem dikit dah cukup, ngak rem sama sekali jg dijamin pantat masih nempel manis di jok.
Kalo sudah jalan, rasanya tidak sedang bawa mobil besar ,mungkin kayak bawa innova. Aneh sih ?
Jok lega dan ruang kaki lega banget cuma baris 1 dan 2.
Tenaga dan torsi yang banget pas kalo lagi full loading, akselasi di jalan nanjak, akselari tengah ngak malu in terutama di 80 -120 ( rpm 2000-3000an) saat di tol ato nyalip 2-3 mobil didepan, jadi ngak perlu narik panjang dari jauh.
Filter oli bisa kongsi punya toyota dyna, murah daripada innova D4D. kampas rem tidak terlalu mahal.
Ada mini kulkas di bawah arm rest, tapi hanya buat ukuran kaleng cocacola.
Suara mesin halus BANGET, phanter,innova diesel, pajero diesel kalah (no offence buat pemilik phanter n innnova diesel) meski belum CRD
Untuk VX 100 LTD , bisa naik turun body pakai suspensi hidrolik, bukan udara. Lebih awet sih dan harga masih diatas 500 jt.

(-)kalo sudah kenceng ngeri berhentinya. body 2.5 ton tanpa ABS dan apalagi ayun ayun lagi untuk versi VX 80. sedangkan VX 100, sudah ABS tapi untuk taon <2003, sensor ABS rem depan suka ngaco kalo service di bengkel ngak di bersihin.
Saat kecepatan tinggi menikung, tanpa sadar tangan akan pegangan kuat. kalo yang pertama kali bawa LC dan sebelum bawa sedan honda akan keluar keringat dingin . Limbung banget terutama untuk type VX 80.
Meski panjang gitu jOK baris ketiga kala lega dibandingakan kijang kapsul, kayak innova sekarang yag dimundurin jok keduanya.
cooler di armrest ,harus di control kalo lupa keringnya bau nya tidak enak
Radius putar gede, parkir susah. Kalo di tanah abang, mangga dua tukang parkir ogah lihat LC pas sudah selesai baru nonggol tukang parkirnya.
Interior usang untuk ukuran mobil sekarang, pipa duct AC baris kedua jadi barang aneh
VR 80 matic males dan tidak pintar, cuma 4 speed tapi ngak cepat jebol. start awal mesti sabar tunggu turbo nyala baru beranai.
Buat jalan penurunan dan tikungan harus nginjak rem terus. Kalo ketemu sekelas honda jazz berjiwa besar untuk ngalah dan kasih jalan dulu, toh mereka segera menghilang jauh, nikmati saja sebentar pantat kecil.
Sparepart banyak dan mahal, aki 100 Amp 2 biji, listrik 24 volt, oli plus filter 11 Ltr, ban cepat makan sebelah, ukuran 275/70/16 OWT brigestone @ 1.7 jt.
pengalaman gout dgn vx / vx-r80:
- walaupun blm cmmnrail, diesel nya msh lebih halus dr panther/kuda/kijang capsul diesel...
- klo vx ga ada kulkas dan manual, klo vx-r ada kulkas dan a/t
- suspensi sama, menurut gout sih ga empuk2 amat, tapi mantep aja. gout jg udah coba ban standard dan yg 33, mantep2 ajah...
- radius belok besar, wajar, krn memang mobil besar, perlu adaptasi bg yg tdnya biasa bw mobil kecil
- interior dijamannya terlihat keren, tp klo yg terawat bersih, bagus kok, walupun model nya aja yg beda dgn modern.
- row ke 3 ga seluas row ke 3 nya merc benz g klass yg muat 4 org, memang beda sih penempatannya, tp tetep aja leg dan head room nya sangat spacey
- soal a/t dulu memang msh begitu, yah namanya teknologi 11 thn yg lalu.
- klo tikungan balap dgn sedan kecil pasti ga bs, bobot nya besar, sama aja kayak rottweiler ngejer mini pincher. pinter2 main gear aja.
- soal kenceng2an sih, tergantung masing2 org, gout pernah smp 160kmh, bangsa soluna/greco gitu gout tempel suruh minggir hehehe...apalg klo ditanjakkan, mobil2 bensin yg torque nya kecil jgn coba2 deh kekekek
- bawanya mirip innova?..ga lah bro..ini jauh lebih besar...
- parkir? klo udah biasa mah ga masalah. Ada pernah tk parkir komen ke gout..wah ini mah bukan mobil, tapi truk!...heheh3x...pikir2 bener jg..klo sampingin sama truk colt hampir sama tinggi nya.
- plat body nya kuat, pernah ada kyk iring2an di daerah, terus ada kuda nya. gout minggir dan berhenti, eh tau2 nya kuda2nya lg bete kali dan ngamuk, gout udah ngeri bgt takut tuh kuda nendang2 kena mobil, tiba2 badannya mental ke body kanan boil gout, asli goyang banget di dalem. Gout sih udah "yah penyok deh, gimana nih..ah..nyuruh ganti jg kaga mungkin", pas tuh iringan lewat, gout turun, ternyata bodynya gpp...untung bgt dah..
- kalo rem versi ini, memang perlu penyesuaian, blakangnya jg masih drum. Tp pengalaman gout sih msh terbilang cukup lah. sering bersihin aja.
- aki masih satu
- soal ban aus sebelah, harus spooring aja bro. pengalaman gout ga nemu aus sebelah.

klo vx100 sahara/aussie version:
- wah dieselnya halus
- tenaga okeh banget banget, power nya gedueee...
- a/t nya lebih halus
- suspensi mantap walaupun masih konvensional bukan hydrolic versi jepangnya. Empuk ga, keras jg ga. Mungkin maksud mr. mdid, suspensi nya tidak bouncy atau mantul, alias peredam nya okeh.
- rear a/c udah beda dgn 80series, ada kulkas, interior jg lumayan
- rem nya? waduh mantep euy serasa rem new crv/ xtrail, beda dgn 80 nya...
- aki nya ada 2

klo gout sih ogah deh lc yg bisa naik turun suspensi nya, "bola2" suspensi nya mahal, itu semacam penampung hydraulic oil nya. Biasanya klo dipake di indo krn jln byk berlubang, bisa cepet rusak. Asli, muahal banget satu bola nya..ada 4 suspensi jadi empat bola. Klo shock ganti, bola jg harus ganti...widih...gout ga deh, mending yg sahara ajaah...

80 dan 100 series pokoke mobil gahar dehh!!! hehehe...yg 200 malah agak futuristik, tp depannya keren sih..apa blm terbiasa kali liat nya ya...

uh..kok daku jd ngomongin vx 80 dan 100..maap yah..oot
karena itu pajero lebih pas mengisi segment yang banyak di pakai dalam kota tanpa kelemahan diatas untuk pemakaian sesekali luarkota dan offroad yang bukan kelas rainforest challenge atau camel trophy. @ billy, ada kosa kata baru RFC ,aku pernah ikut LIHAT doang waktu di Trengano, Malaysia 2002. Dikota besar yang padat seperti di taiwan, hongkong, Sarawak malyasia, new zealand, brasil populasi pajero dan prado lebih besar dibanding Vx series. Tapi unik di Jakarta fenomema LC VX 200 atau LX 570 yang mahal dan ukuran extra L banyak terlihat di jalan macet, mall yang susah parkir, atau segitiga sudirman yang pagi sore tidak ada space kosong di gedung atau jalanannya. mungkin lebih banyak dibandingkan new corolla altis atau daihatsu grandmax, ya.