mdid wrote:Kalo Billy dari teknis, saya mo share VR 80 dan Vx 100 dari pemakaian harian dengan bahasa awam.
Kelebihan VR 80 dan VX 100 di offroad ; tidak ada yang diragukan dan dipertanyakan, semua OK.
Tapi kalo di pakai dalam kota atau harian ini ini + dan - nya
(+) suspensi empuk banget, saking empuk laju kencang lewati polisi tidur rem dikit dah cukup, ngak rem sama sekali jg dijamin pantat masih nempel manis di jok.
Kalo sudah jalan, rasanya tidak sedang bawa mobil besar ,mungkin kayak bawa innova. Aneh sih ?
Jok lega dan ruang kaki lega banget cuma baris 1 dan 2.
Tenaga dan torsi yang banget pas kalo lagi full loading, akselasi di jalan nanjak, akselari tengah ngak malu in terutama di 80 -120 ( rpm 2000-3000an) saat di tol ato nyalip 2-3 mobil didepan, jadi ngak perlu narik panjang dari jauh.
Filter oli bisa kongsi punya toyota dyna, murah daripada innova D4D. kampas rem tidak terlalu mahal.
Ada mini kulkas di bawah arm rest, tapi hanya buat ukuran kaleng cocacola.
Suara mesin halus BANGET, phanter,innova diesel, pajero diesel kalah (no offence buat pemilik phanter n innnova diesel) meski belum CRD
Untuk VX 100 LTD , bisa naik turun body pakai suspensi hidrolik, bukan udara. Lebih awet sih dan harga masih diatas 500 jt.
(-)kalo sudah kenceng ngeri berhentinya. body 2.5 ton tanpa ABS dan apalagi ayun ayun lagi untuk versi VX 80. sedangkan VX 100, sudah ABS tapi untuk taon <2003, sensor ABS rem depan suka ngaco kalo service di bengkel ngak di bersihin.
Saat kecepatan tinggi menikung, tanpa sadar tangan akan pegangan kuat. kalo yang pertama kali bawa LC dan sebelum bawa sedan honda akan keluar keringat dingin . Limbung banget terutama untuk type VX 80.
Meski panjang gitu jOK baris ketiga kala lega dibandingakan kijang kapsul, kayak innova sekarang yag dimundurin jok keduanya.
cooler di armrest ,harus di control kalo lupa keringnya bau nya tidak enak
Radius putar gede, parkir susah. Kalo di tanah abang, mangga dua tukang parkir ogah lihat LC pas sudah selesai baru nonggol tukang parkirnya.
Interior usang untuk ukuran mobil sekarang, pipa duct AC baris kedua jadi barang aneh
VR 80 matic males dan tidak pintar, cuma 4 speed tapi ngak cepat jebol. start awal mesti sabar tunggu turbo nyala baru beranai.
Buat jalan penurunan dan tikungan harus nginjak rem terus. Kalo ketemu sekelas honda jazz berjiwa besar untuk ngalah dan kasih jalan dulu, toh mereka segera menghilang jauh, nikmati saja sebentar pantat kecil.
Sparepart banyak dan mahal, aki 100 Amp 2 biji, listrik 24 volt, oli plus filter 11 Ltr, ban cepat makan sebelah, ukuran 275/70/16 OWT brigestone @ 1.7 jt.
pengalaman gout dgn vx / vx-r80:
- walaupun blm cmmnrail, diesel nya msh lebih halus dr panther/kuda/kijang capsul diesel...
- klo vx ga ada kulkas dan manual, klo vx-r ada kulkas dan a/t
- suspensi sama, menurut gout sih ga empuk2 amat, tapi mantep aja. gout jg udah coba ban standard dan yg 33, mantep2 ajah...
- radius belok besar, wajar, krn memang mobil besar, perlu adaptasi bg yg tdnya biasa bw mobil kecil
- interior dijamannya terlihat keren, tp klo yg terawat bersih, bagus kok, walupun model nya aja yg beda dgn modern.
- row ke 3 ga seluas row ke 3 nya merc benz g klass yg muat 4 org, memang beda sih penempatannya, tp tetep aja leg dan head room nya sangat spacey
- soal a/t dulu memang msh begitu, yah namanya teknologi 11 thn yg lalu.
- klo tikungan balap dgn sedan kecil pasti ga bs, bobot nya besar, sama aja kayak rottweiler ngejer mini pincher. pinter2 main gear aja.
- soal kenceng2an sih, tergantung masing2 org, gout pernah smp 160kmh, bangsa soluna/greco gitu gout tempel suruh minggir hehehe...apalg klo ditanjakkan, mobil2 bensin yg torque nya kecil jgn coba2 deh kekekek
- bawanya mirip innova?..ga lah bro..ini jauh lebih besar...
- parkir? klo udah biasa mah ga masalah. Ada pernah tk parkir komen ke gout..wah ini mah bukan mobil, tapi truk!...heheh3x...pikir2 bener jg..klo sampingin sama truk colt hampir sama tinggi nya.
- plat body nya kuat, pernah ada kyk iring2an di daerah, terus ada kuda nya. gout minggir dan berhenti, eh tau2 nya kuda2nya lg bete kali dan ngamuk, gout udah ngeri bgt takut tuh kuda nendang2 kena mobil, tiba2 badannya mental ke body kanan boil gout, asli goyang banget di dalem. Gout sih udah "yah penyok deh, gimana nih..ah..nyuruh ganti jg kaga mungkin", pas tuh iringan lewat, gout turun, ternyata bodynya gpp...untung bgt dah..
- kalo rem versi ini, memang perlu penyesuaian, blakangnya jg masih drum. Tp pengalaman gout sih msh terbilang cukup lah. sering bersihin aja.
- aki masih satu
- soal ban aus sebelah, harus spooring aja bro. pengalaman gout ga nemu aus sebelah.
klo vx100 sahara/aussie version:
- wah dieselnya halus
- tenaga okeh banget banget, power nya gedueee...
- a/t nya lebih halus
- suspensi mantap walaupun masih konvensional bukan hydrolic versi jepangnya. Empuk ga, keras jg ga. Mungkin maksud mr. mdid, suspensi nya tidak bouncy atau mantul, alias peredam nya okeh.
- rear a/c udah beda dgn 80series, ada kulkas, interior jg lumayan
- rem nya? waduh mantep euy serasa rem new crv/ xtrail, beda dgn 80 nya...
- aki nya ada 2
klo gout sih ogah deh lc yg bisa naik turun suspensi nya, "bola2" suspensi nya mahal, itu semacam penampung hydraulic oil nya. Biasanya klo dipake di indo krn jln byk berlubang, bisa cepet rusak. Asli, muahal banget satu bola nya..ada 4 suspensi jadi empat bola. Klo shock ganti, bola jg harus ganti...widih...gout ga deh, mending yg sahara ajaah...
80 dan 100 series pokoke mobil gahar dehh!!! hehehe...yg 200 malah agak futuristik, tp depannya keren sih..apa blm terbiasa kali liat nya ya...
uh..kok daku jd ngomongin vx 80 dan 100..maap yah..oot