All About Hyundai H1

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: All About Hyundai H1

Post by diesel mania »

Lagi minat sama H1 coz anak sudah 3 so suv 7 seater pun terasa kurang lega. Bawa istri,anak babysitter,mertua belum lagi kalo anak2 berantem gara2 rebutan tempat, haduuuhhh. Saya makin tertarik lagi coz selidik punya selidik mesinnya sama percis yang dipake pajero dakar. 4D56 VGT. Belum lagi dia RWD lho. Klop dah serasa naik pajero dengan kabin yang luass. Membaca sejarahnya di korea hyundai/kia sangat hobi pake mesin mitsu. Dulu hyundai H1 ato lebih dikenal dengan hyundai starex, generasi awal pake body yang berbagi platform dengan mitsubishi delica. Dimana mereka berdua selalu setia mengusung mesin 4D56T turbo intercooled yg masih non commonrail . Ini sedikit liputannya:

https://youtu.be/8WFsYI1qyL8

Mereka berdua jago offroad. Delica dulu terkenal dengan minibus yg pakai 4x4. Bahkan generasi yang pualing awal delica ternyata adalah nama L300 versi luar dgn mesin 4D56 pertama. Sayang dalam perkembangannya delica malah jadi minibus banci cuma mengusung mesin bensin fwd. Hanya ground clearance yg masih agak tinggi yg diklaim mitsu pernah menjadi legenda minibus offroad.
Justru hyundai H1/Starex lah yg sampai saat ini masih setia dengan mesin 4D56 terbaru VGT dan RWD. Even versi luar terbaru H1/Starex tetap ada yg pake 4WD.

https://youtu.be/t4A7Dl4vWpA

Kalo diadu sebenernya antara hiace mesin innova 2KD non VNT sangat head to head dgn H1 ini. Melanjutkan perang SUV diesel toyota vs mitsu. Tapi kalo pake hiace gimana bisa parkir dalem mall. Klo H1 masih bisa masuk mall. Sayangnya pihak hyundai masih malu, bahkan gak pernah mempromosikan mesinnya yang ternyata sama dengan pajero sport. Padahal itu adalah salah satu nilai jual.
Sementara alpret cuma ada bensin fwd, ga cocok buat diesel freak n mobil macho macem saya. Harganya juga, hehe..
Siapa tau nemu limbah 4WD starex korea bisa dipasang di H1 lokal sini..
Diesel in my head
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: All About Hyundai H1

Post by adrevolution »

diesel mania wrote: Sun Jul 30, 2017 15:32 Lagi minat sama H1 coz anak sudah 3 so suv 7 seater pun terasa kurang lega. Bawa istri,anak babysitter,mertua belum lagi kalo anak2 berantem gara2 rebutan tempat, haduuuhhh. Saya makin tertarik lagi coz selidik punya selidik mesinnya sama percis yang dipake pajero dakar. 4D56 VGT. Belum lagi dia RWD lho. Klop dah serasa naik pajero dengan kabin yang luass. Membaca sejarahnya di korea hyundai/kia sangat hobi pake mesin mitsu. Dulu hyundai H1 ato lebih dikenal dengan hyundai starex, generasi awal pake body yang berbagi platform dengan mitsubishi delica. Dimana mereka berdua selalu setia mengusung mesin 4D56T turbo intercooled yg masih non commonrail . Ini sedikit liputannya:

https://youtu.be/8WFsYI1qyL8

Mereka berdua jago offroad. Delica dulu terkenal dengan minibus yg pakai 4x4. Bahkan generasi yang pualing awal delica ternyata adalah nama L300 versi luar dgn mesin 4D56 pertama. Sayang dalam perkembangannya delica malah jadi minibus banci cuma mengusung mesin bensin fwd. Hanya ground clearance yg masih agak tinggi yg diklaim mitsu pernah menjadi legenda minibus offroad.
Justru hyundai H1/Starex lah yg sampai saat ini masih setia dengan mesin 4D56 terbaru VGT dan RWD. Even versi luar terbaru H1/Starex tetap ada yg pake 4WD.

https://youtu.be/t4A7Dl4vWpA

Kalo diadu sebenernya antara hiace mesin innova 2KD non VNT sangat head to head dgn H1 ini. Melanjutkan perang SUV diesel toyota vs mitsu. Tapi kalo pake hiace gimana bisa parkir dalem mall. Klo H1 masih bisa masuk mall. Sayangnya pihak hyundai masih malu, bahkan gak pernah mempromosikan mesinnya yang ternyata sama dengan pajero sport. Padahal itu adalah salah satu nilai jual.
Sementara alpret cuma ada bensin fwd, ga cocok buat diesel freak n mobil macho macem saya. Harganya juga, hehe..
Siapa tau nemu limbah 4WD starex korea bisa dipasang di H1 lokal sini..
Anu om, bener enginenya H1 CRDi sama ama PS dakar? Soalnya dr kapasitas mesin udah beda (2497cc di H1 vs 2477cc di 4D56 VGT punya dakar lama)
Cmiiw
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: All About Hyundai H1

Post by diesel mania »

Yup. Trims buat masukannya.
Jadi 4d56 di produksi sendiri oleh hyundai/kia dan dikasih kode d4bh, d4bf dan d4bh. Banyak mobil korea yang pakai mesin itu tahun 2000an awal. Hyundai galoper, h1/starex,h100 etc.
Sementara untuk grand starex atau H1 baru dieselnya pakai kode mesin d4cb. Saya pikir masih satu generasi sama 4d56. Setelah saya nemu videonya n saya pelototin ternyata udah beda sm 4d56u pajero. Hehe. Maap ya.
https://youtu.be/2FscADAlB2U
Diesel in my head
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10470
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: All About Hyundai H1

Post by ak4ng »

Setau saya di brosur H1 pun disebutkan kode mesinnya 4D56, tapi ternyata kalau diteliti unitnya beda sm 4D56 dakar
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: All About Hyundai H1

Post by adrevolution »

diesel mania wrote: Mon Jul 31, 2017 1:15 Yup. Trims buat masukannya.
Jadi 4d56 di produksi sendiri oleh hyundai/kia dan dikasih kode d4bh, d4bf dan d4bh. Banyak mobil korea yang pakai mesin itu tahun 2000an awal. Hyundai galoper, h1/starex,h100 etc.
Sementara untuk grand starex atau H1 baru dieselnya pakai kode mesin d4cb. Saya pikir masih satu generasi sama 4d56. Setelah saya nemu videonya n saya pelototin ternyata udah beda sm 4d56u pajero. Hehe. Maap ya.
https://youtu.be/2FscADAlB2U
No probs sir :frm_salut:
Memang mesin hyundai era 90an akhir - 2000an awal banyak yg rebadge mesin mitsu, baik diesel maupun bensin.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
n1ghtfly3r
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri May 30, 2008 11:51

Re: All About Hyundai H1

Post by n1ghtfly3r »

Wah threadnya terakhir 2017, di tahun 2024 ini padahal semakin bnyk pemakai H1 baik bensin / diesel
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: All About Hyundai H1

Post by Poporing »

n1ghtfly3r wrote: Fri Jun 07, 2024 11:55 Wah threadnya terakhir 2017, di tahun 2024 ini padahal semakin bnyk pemakai H1 baik bensin / diesel
pemakai gajah ini ramenya di grup FB om
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3030
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: All About Hyundai H1

Post by KielConstantine »

H-1 bagus seh. Apalagi engine dy diesel crdi. Solusi buat yg mau alphard seken tp budgetnya blom nyampe

Denger2 bisa isi biosolar jg. Lumayan + cheat code wkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: