
Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
wah bro.. bunyi nya ngga gruuuduuukkk.. cuman grukk.. gitu.. kl gruuduuukk.. serem ah..dion wrote:bro john, apa bunyinya kayak di boil manual waktu pindah dari gigi '1' ke 'R' ya? gruudduuuk gitu macam boil2 dxxhatxu
mmh.. saya kurang tau kl dxx dari gigi 1 k R..
emang ada yg ngalamin hal yg sama??
kl parkir di tanjak'an n kyk transmisi ngunci gitu.. pas dipindahin dari P k N bunyi..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
banyak yang bilang boleh, banyak juga yang gak nyaranin.......johnlegend wrote:mmh.. baru cari2 di internet jg.. kok ada yg bilang gpp yah? katanya untuk save fuel..
yg ngga boleh/ngga disarankan itu kalo kita cruising.. trus kita pindah N.. trus mobil masi jalan.. kita masuk'in D lagi.. katanya yg ngerusak pas kita masuk'in k D nya.. ngga tau bener kaga.. -_-"

kalo dilihat dari transmisinya sendiri, kayaknya "dibolehkan"untuk pindah dari N ke D (vice versa), karena dapat dilakukan kapan aja walaupun dalam keadaan mobil berjalan, tidak spt dari N ke R atau R ke P yang memerlukan mobil untuk berhenti dulu (jalan pelan sekali) baru tuas bisa dipindah.

tapi kalo secara logika, untuk apa kita menggeser tuas dari D ke N kalo memang kita tidak ada niat untuk berhenti.......jadi mungkin tidak direkomendasikan

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
gw juga sama nih urutan nya kaya gini......johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*

soalnya gw pernah coba mobil berenti, masuk P dulu baru tarik rem parkir, pas mo jalan lagi tetep susah digerakkin dari P
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Untuk hemat BBM ..... Power = Torque x RPM ... Kalau dipindahin ke N ... RPM jadi turun ... BBM nya kan berkurang .... hehehehe itu orang amrik ... yang jalannya notabene lurus-lurus ... datar (naik turun dikit aje). Kalau di kite mana bisa ... banyak naik turun ... pengkolan sana sini ... jalan berjogging (cipularang) ...Risol1 wrote: tapi kalo secara logika, untuk apa kita menggeser tuas dari D ke N kalo memang kita tidak ada niat untuk berhenti.......jadi mungkin tidak direkomendasikan

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
hehehe......berapa sih BBM yang bisa dihemat dengan cara spt itu?....malahan agak berbahaya karena mobil jadi "kosong" ........PenyuTurbo wrote:Untuk hemat BBM ..... Power = Torque x RPM ... Kalau dipindahin ke N ... RPM jadi turun ... BBM nya kan berkurang .... hehehehe itu orang amrik ... yang jalannya notabene lurus-lurus ... datar (naik turun dikit aje). Kalau di kite mana bisa ... banyak naik turun ... pengkolan sana sini ... jalan berjogging (cipularang) ...Risol1 wrote: tapi kalo secara logika, untuk apa kita menggeser tuas dari D ke N kalo memang kita tidak ada niat untuk berhenti.......jadi mungkin tidak direkomendasikan
kalo orang amrik emang pengen hemat BBM, mungkin lebih baik kalo dia orang gak beli mobil SUV yang segede bagong, plus mesin V8 6000cc yang minum bensin 1 galon "cuma" 12 miles

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
ya itu lah di us.. beli mobil kaga mikir.. yg penting gaya duluan.. kl gw personally.. at least uda punya kekayaan 10x harga mobil yg bakal dibeli.. nah baru gw beli.. ngga lucu lah mobil keren.. tp isi bensin nya aja susah.. gaya hidup terpengaruh.. kudu irit2an.. apa lagi beli mobil kaga bisa dibilang invest.. harga nya declining terus..Risol1 wrote:hehehe......berapa sih BBM yang bisa dihemat dengan cara spt itu?....malahan agak berbahaya karena mobil jadi "kosong" ........PenyuTurbo wrote:Untuk hemat BBM ..... Power = Torque x RPM ... Kalau dipindahin ke N ... RPM jadi turun ... BBM nya kan berkurang .... hehehehe itu orang amrik ... yang jalannya notabene lurus-lurus ... datar (naik turun dikit aje). Kalau di kite mana bisa ... banyak naik turun ... pengkolan sana sini ... jalan berjogging (cipularang) ...Risol1 wrote: tapi kalo secara logika, untuk apa kita menggeser tuas dari D ke N kalo memang kita tidak ada niat untuk berhenti.......jadi mungkin tidak direkomendasikan
kalo orang amrik emang pengen hemat BBM, mungkin lebih baik kalo dia orang gak beli mobil SUV yang segede bagong, plus mesin V8 6000cc yang minum bensin 1 galon "cuma" 12 miles
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ya bergantung berapa lama jalan kenceng lurus dengan RPM idle ... RPM idle untuk 1 jam (cc besar) sekitar 1 galon ... dan kalau di "D" ... pada kondisi diatas ... 1 jam habis 2 galon ... berarti hemat 1 galon ....Risol1 wrote:hehehe......berapa sih BBM yang bisa dihemat dengan cara spt itu?....malahan agak berbahaya karena mobil jadi "kosong" ........PenyuTurbo wrote:Untuk hemat BBM ..... Power = Torque x RPM ... Kalau dipindahin ke N ... RPM jadi turun ... BBM nya kan berkurang .... hehehehe itu orang amrik ... yang jalannya notabene lurus-lurus ... datar (naik turun dikit aje). Kalau di kite mana bisa ... banyak naik turun ... pengkolan sana sini ... jalan berjogging (cipularang) ...Risol1 wrote: tapi kalo secara logika, untuk apa kita menggeser tuas dari D ke N kalo memang kita tidak ada niat untuk berhenti.......jadi mungkin tidak direkomendasikan
kalo orang amrik emang pengen hemat BBM, mungkin lebih baik kalo dia orang gak beli mobil SUV yang segede bagong, plus mesin V8 6000cc yang minum bensin 1 galon "cuma" 12 miles

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Sat Sep 29, 2007 15:38
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Sat Sep 29, 2007 15:38
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24