Ke arah tangkuban perahu jg bikin ngos2an si 4AT nyarakyatwkwkland wrote: Sat May 20, 2023 15:24Makanya harus tegaan, hajar 5rb rpm masih okelahSuryaputra wrote: Sat May 20, 2023 15:13klo cipularang bisa pakai OD offrakyatwkwkland wrote: Sat May 20, 2023 15:07
Kalo gear hunting asal tegaan dikit sama mobil dan ga takut fuel cons drop mah hajar aja gigi rendah
Sbg user gerobak yg 4AT nya mirip2 rasionya sama punya xpander, biasa si ane hajar aja gigi rendah rpm tinggi, tenaga auto ngisi terus. Di cipularang kl lg tanjakan matiin o/d biar maks di gigi 3, kalo kecepatan agak rendah dan mau nyalip cepet tinggal hajar ke gigi 2, tarik sampe 80-90 juga masih ada napas, baru naikin ke gigi 3 lagi dan kalo udh speed segitu tenaga pun msh tetep ngisi. Kalo ke lembang ane bawa via punclut hajar di L terus juga gamasalah. Gigi 1 nya itu biasa napasnya panjang, sampe 30an km/h jg msh blm terlalu meraung.
Plusnya lg 4AT engine break sopastie lebih bisa diandalkan. Kalo lg turun lewat punclut misalnya, tahan di L gausa sering2 injek rem![]()
Memang kalo transmisi purbakala gini harus banyak intervensi dari drivernya. Kalo terlalu ngandelin kepintaran mobil mah susah![]()
masalahnya ini jalur sekitar lembang sampai subang, jalan turun naiknya lbh terjal..
- jadi klo pakai 2nd gear: dia meraung sampai RPM >5k, terus pindah gear ke 2... trus spt kekurangan power, dia pindah lagi ke gear ke-1 lagi..
- naik lagi sampai RPM 5k lebih, pindah lagi ke gear 2.. trus kekurangan power, pindah lg ke 1
gtu terus sampai tanjakannya rada mendingan![]()
mana cuma pakai oli mitsu 0w20, gak tega aja gtu denger meraung ditahan di RPM 5k, terus speednya gak nambah
Case yg sama juga terjadi klo pas jalan ke puncak pas![]()
Ane blm pernah ke arah subang sih. Jd gatau seterjal apa. Tp kalo gigi 1 5000 rpm harusnya udah di atas 40 km/h seinget ane, mungkin di kisaran 45an km/h. Harusnya kalo di gigi 2 speed segitu udah hampir 3 ribu rpm. Kalo kekurangan power artinya terjal banget ya tanjakannya.

cuma klo jalur perkotaan + tol sih fine2 aja