Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Yang warna merah keren juga ya..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
untung ada brio merah depannya, jd tau seberapa merah si xpander nih,
keliatan lebih gelap dan gak candy kayak brio, ..memang confirm keren merahnya, apalagi velg nya sudah ganti item
lampu belakang jg jd saru...makin keliat simple mantep..
keliatan lebih gelap dan gak candy kayak brio, ..memang confirm keren merahnya, apalagi velg nya sudah ganti item
lampu belakang jg jd saru...makin keliat simple mantep..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Abis test drive yang manual setelah nyari nyari di jakarta susah bener carinya.
Masuk gigi gampang
Tarikan linier sampe putaran atas
Mesin halus
Bantingan halus
Rem mantep
Wah uda deh, tahun depan mertua pke ini aja. Berat pindah lain hati. Kualitas paling bagus so far. Diluar dari performance yang ga bagus amat or jelek amat.
Masuk gigi gampang
Tarikan linier sampe putaran atas
Mesin halus
Bantingan halus
Rem mantep
Wah uda deh, tahun depan mertua pke ini aja. Berat pindah lain hati. Kualitas paling bagus so far. Diluar dari performance yang ga bagus amat or jelek amat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 906
- Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
poor camouflageIndra97 wrote: Wed Nov 08, 2017 8:46 Xpander mulai wara wiri di thailand
http://www.headlightmag.com/spyshot-mit ... -thailand/

2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Saya juga kesengsem dengan merahnya xpander ini.. tapi saya pribadi, penggunaan kaca film gelap membuat mobil terlihat makin kusam.. mungkin ganti vkool20 or 40, agak green dan menerawang tapi lebih fresh..
#bukansalesvkool #teamkacafilmbening hahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Kamuflase paling useless yang pernah saya lihatIndra97 wrote: Wed Nov 08, 2017 8:46 Xpander mulai wara wiri di thailand
http://www.headlightmag.com/spyshot-mit ... -thailand/

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
hasil review GridOto dengan Trybowo Laksono.
https://www.youtube.com/watch?v=Ob91i4Q28zY
Kekurangan :
Performa 0-100 KM/jam : kurang responsive 13.x detik. Dibawah Mobilio dan dibawah Avanza. Lebih dari grad Livina dan Ertiga
Irit BBM : Mobilio lebih irit karena lebih ringan.
Handling : karena tinggi jadi waktu belok kurang stabil
Feedback steer : Setelah belok harus balikin steer sendiri, karena steer tidak otomatis balik sendiri
Kelebihan :
Kenyamanan karena jok tebal
Kekedapan bagus
Jalan jelek enak karena ban tebal
https://www.youtube.com/watch?v=Ob91i4Q28zY
Kekurangan :
Performa 0-100 KM/jam : kurang responsive 13.x detik. Dibawah Mobilio dan dibawah Avanza. Lebih dari grad Livina dan Ertiga
Irit BBM : Mobilio lebih irit karena lebih ringan.
Handling : karena tinggi jadi waktu belok kurang stabil
Feedback steer : Setelah belok harus balikin steer sendiri, karena steer tidak otomatis balik sendiri
Kelebihan :
Kenyamanan karena jok tebal
Kekedapan bagus
Jalan jelek enak karena ban tebal
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Wed Oct 16, 2013 15:27
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Om vp920b kalo ga salah punya hrv e cvt juga ya om?vp920b wrote: Tue Nov 07, 2017 7:38 Abis test drive yang manual setelah nyari nyari di jakarta susah bener carinya.
Masuk gigi gampang
Tarikan linier sampe putaran atas
Mesin halus
Bantingan halus
Rem mantep
Wah uda deh, tahun depan mertua pke ini aja. Berat pindah lain hati. Kualitas paling bagus so far. Diluar dari performance yang ga bagus amat or jelek amat.
Compare to hrv e cvt milih mana om ? Dari segi suspensi, kekedapan, handling dan transmisi
Saya lagi menimbang antara hrv e cvt dengan xpand ultimate, tanpa mempertimbangkan bangku row 3
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Jul 28, 2010 7:15
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Profith83 wrote: Wed Nov 08, 2017 11:51 hasil review GridOto dengan Trybowo Laksono.
https://www.youtube.com/watch?v=Ob91i4Q28zY
Kekurangan :
Performa 0-100 KM/jam : kurang responsive 13.x detik. Dibawah Mobilio dan dibawah Avanza. Lebih dari grad Livina dan Ertiga
Irit BBM : Mobilio lebih irit karena lebih ringan.
Handling : karena tinggi jadi waktu belok kurang stabil
Feedback steer : Setelah belok harus balikin steer sendiri, karena steer tidak otomatis balik sendiri
Kelebihan :
Kenyamanan karena jok tebal
Kekedapan bagus
Jalan jelek enak karena ban tebal
Untuk feedback setir, saya waktu test drive ultimate, saat putar balik bisa otomatis balik sendiri kok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Iya kok, kalau saya kok feedback setirnya lumayan ya, daripada miras mending inimasheru wrote: Thu Nov 09, 2017 4:37Profith83 wrote: Wed Nov 08, 2017 11:51 hasil review GridOto dengan Trybowo Laksono.
https://www.youtube.com/watch?v=Ob91i4Q28zY
Kekurangan :
Performa 0-100 KM/jam : kurang responsive 13.x detik. Dibawah Mobilio dan dibawah Avanza. Lebih dari grad Livina dan Ertiga
Irit BBM : Mobilio lebih irit karena lebih ringan.
Handling : karena tinggi jadi waktu belok kurang stabil
Feedback steer : Setelah belok harus balikin steer sendiri, karena steer tidak otomatis balik sendiri
Kelebihan :
Kenyamanan karena jok tebal
Kekedapan bagus
Jalan jelek enak karena ban tebal
Untuk feedback setir, saya waktu test drive ultimate, saat putar balik bisa otomatis balik sendiri kok
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
bannya kan kurang dari 60% ratio nya, 205/55/16, kok dibilang tebal ya, apa LMPV ada yang lebih tipis lagi ya ukuran bannya...Profith83 wrote: Wed Nov 08, 2017 11:51 hasil review GridOto dengan Trybowo Laksono.
https://www.youtube.com/watch?v=Ob91i4Q28zY
Kekurangan :
Performa 0-100 KM/jam : kurang responsive 13.x detik. Dibawah Mobilio dan dibawah Avanza. Lebih dari grad Livina dan Ertiga
Irit BBM : Mobilio lebih irit karena lebih ringan.
Handling : karena tinggi jadi waktu belok kurang stabil
Feedback steer : Setelah belok harus balikin steer sendiri, karena steer tidak otomatis balik sendiri
Kelebihan :
Kenyamanan karena jok tebal
Kekedapan bagus
Jalan jelek enak karena ban tebal

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Saya punyanya HRV 1.8E JBL edition dan ane kecewa sih ama mobilnya. Bukan masalah teknikal tapi masalah ga suka CVT dan tidak spesial banget mobilnya.Whitevalentine wrote: Thu Nov 09, 2017 3:57Om vp920b kalo ga salah punya hrv e cvt juga ya om?vp920b wrote: Tue Nov 07, 2017 7:38 Abis test drive yang manual setelah nyari nyari di jakarta susah bener carinya.
Masuk gigi gampang
Tarikan linier sampe putaran atas
Mesin halus
Bantingan halus
Rem mantep
Wah uda deh, tahun depan mertua pke ini aja. Berat pindah lain hati. Kualitas paling bagus so far. Diluar dari performance yang ga bagus amat or jelek amat.
Compare to hrv e cvt milih mana om ? Dari segi suspensi, kekedapan, handling dan transmisi
Saya lagi menimbang antara hrv e cvt dengan xpand ultimate, tanpa mempertimbangkan bangku row 3
Kalau mau ngirit beli xpander aja yang exceed. More than enough n irit uang.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Wed Oct 16, 2013 15:27
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Kalo peredaman hrv sm xpand menang mana om ?vp920b wrote: Thu Nov 09, 2017 9:39Saya punyanya HRV 1.8E JBL edition dan ane kecewa sih ama mobilnya. Bukan masalah teknikal tapi masalah ga suka CVT dan tidak spesial banget mobilnya.Whitevalentine wrote: Thu Nov 09, 2017 3:57Om vp920b kalo ga salah punya hrv e cvt juga ya om?vp920b wrote: Tue Nov 07, 2017 7:38 Abis test drive yang manual setelah nyari nyari di jakarta susah bener carinya.
Masuk gigi gampang
Tarikan linier sampe putaran atas
Mesin halus
Bantingan halus
Rem mantep
Wah uda deh, tahun depan mertua pke ini aja. Berat pindah lain hati. Kualitas paling bagus so far. Diluar dari performance yang ga bagus amat or jelek amat.
Compare to hrv e cvt milih mana om ? Dari segi suspensi, kekedapan, handling dan transmisi
Saya lagi menimbang antara hrv e cvt dengan xpand ultimate, tanpa mempertimbangkan bangku row 3
Kalau mau ngirit beli xpander aja yang exceed. More than enough n irit uang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Kedap xpander. Suara ban HRV sangat bising n mengganggu. Padahal dapet Turanza bannya.Whitevalentine wrote: Thu Nov 09, 2017 10:21Kalo peredaman hrv sm xpand menang mana om ?vp920b wrote: Thu Nov 09, 2017 9:39Saya punyanya HRV 1.8E JBL edition dan ane kecewa sih ama mobilnya. Bukan masalah teknikal tapi masalah ga suka CVT dan tidak spesial banget mobilnya.Whitevalentine wrote: Thu Nov 09, 2017 3:57
Om vp920b kalo ga salah punya hrv e cvt juga ya om?
Compare to hrv e cvt milih mana om ? Dari segi suspensi, kekedapan, handling dan transmisi
Saya lagi menimbang antara hrv e cvt dengan xpand ultimate, tanpa mempertimbangkan bangku row 3
Kalau mau ngirit beli xpander aja yang exceed. More than enough n irit uang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
sudah bisa ditebak ... pasti ada yang gak suka mobil kesayangannya dibilang kurang ... santai saja. Itu kan yang bilang Trybowomichaelgiri93 wrote: Thu Nov 09, 2017 6:07Iya kok, kalau saya kok feedback setirnya lumayan ya, daripada miras mending inimasheru wrote: Thu Nov 09, 2017 4:37Profith83 wrote: Wed Nov 08, 2017 11:51 hasil review GridOto dengan Trybowo Laksono.
https://www.youtube.com/watch?v=Ob91i4Q28zY
Kekurangan :
Performa 0-100 KM/jam : kurang responsive 13.x detik. Dibawah Mobilio dan dibawah Avanza. Lebih dari grad Livina dan Ertiga
Irit BBM : Mobilio lebih irit karena lebih ringan.
Handling : karena tinggi jadi waktu belok kurang stabil
Feedback steer : Setelah belok harus balikin steer sendiri, karena steer tidak otomatis balik sendiri
Kelebihan :
Kenyamanan karena jok tebal
Kekedapan bagus
Jalan jelek enak karena ban tebal
Untuk feedback setir, saya waktu test drive ultimate, saat putar balik bisa otomatis balik sendiri kok
Kalau memang feedback bagus ya sudah tidak perlu pakai "kok" ... Eh ayam berko"kok" Nanti kalau memang feedback bagus kan Trybowo gak laku lagi reviewnya. Tapi kalau memang feedback minim dan harus balik setir lagi kan banyak yang complaint.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Mon Nov 02, 2015 2:06
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Kalau tonton videonya baik-baik, yang dimaksud itu bukan belok (semisal ketemu putaran dll) tapi digerakin dikit ke kiri atau kanan.. kalo biasa bawa sebangsa livina feelingnya sama, efek stir kalau ringan gini... kalau masih kurang yakin,ditonton lagi videonya.. heheProfith83 wrote: Thu Nov 09, 2017 11:52sudah bisa ditebak ... pasti ada yang gak suka mobil kesayangannya dibilang kurang ... santai saja. Itu kan yang bilang Trybowomichaelgiri93 wrote: Thu Nov 09, 2017 6:07Iya kok, kalau saya kok feedback setirnya lumayan ya, daripada miras mending inimasheru wrote: Thu Nov 09, 2017 4:37
Untuk feedback setir, saya waktu test drive ultimate, saat putar balik bisa otomatis balik sendiri kok
Kalau memang feedback bagus ya sudah tidak perlu pakai "kok" ... Eh ayam berko"kok" Nanti kalau memang feedback bagus kan Trybowo gak laku lagi reviewnya. Tapi kalau memang feedback minim dan harus balik setir lagi kan banyak yang complaint.
Kalo kenyamanan, reviewernya juga nyebutin, kalau ini karena efek suspensi (bukan hanya ban dan jok tebel). Reviewernya juga bilang ini pilihan paling pas saat ini kalau nyari lmpv ( entah tahun depan ya.. perang sesungguhnya lmpv indo)
#bukanfansMitsu, blm pernah beli
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Untuk diputar ringan memang ada disebutin. Tetapi juga ada disebutin kalau setelah putar setir tidak balik sendiri.
Efek suspensi memang juga nyaman.
Maksud saya ban nya tapak bannya lebar jadi lebih meredam. Jok juga tebal.
Memang nyaman mobil ini, saya pernah duduk di dalamnya.
Dibanding kekurangan memang kelebihannya lebih berguna.
Sesuaikan saja kebutuhan tidak ada mobil yang sempurna.
Efek suspensi memang juga nyaman.
Maksud saya ban nya tapak bannya lebar jadi lebih meredam. Jok juga tebal.
Memang nyaman mobil ini, saya pernah duduk di dalamnya.
Dibanding kekurangan memang kelebihannya lebih berguna.
Sesuaikan saja kebutuhan tidak ada mobil yang sempurna.
Angular wrote: Thu Nov 09, 2017 12:49
Kalau tonton videonya baik-baik, yang dimaksud itu bukan belok (semisal ketemu putaran dll) tapi digerakin dikit ke kiri atau kanan.. kalo biasa bawa sebangsa livina feelingnya sama, efek stir kalau ringan gini... kalau masih kurang yakin,ditonton lagi videonya.. hehe
Kalo kenyamanan, reviewernya juga nyebutin, kalau ini karena efek suspensi (bukan hanya ban dan jok tebel). Reviewernya juga bilang ini pilihan paling pas saat ini kalau nyari lmpv ( entah tahun depan ya.. perang sesungguhnya lmpv indo)
#bukanfansMitsu, blm pernah beli
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
feedback setir kurang
alarm immobilizer yang masih dipertanyakan keamanannya
apalagi ya?
mantau sambil bikin checklist kekurangannya
alarm immobilizer yang masih dipertanyakan keamanannya
apalagi ya?


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Kayaknya merahnya sama ama hero colornya eclipse cross ya. Keren juga. Nama lengkap warna merahnya apa ya om?
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
kurang irit kalau dibanding Mobilio om. Karena Mobilio memang lebih ringandaftar wrote: Thu Nov 09, 2017 13:35 feedback setir kurang
alarm immobilizer yang masih dipertanyakan keamanannya
apalagi ya?mantau sambil bikin checklist kekurangannya
0-100 KM/jam nya lebih lambat akselerasi dibanding Mobilio dan avanza
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Feedback menurut ane sih standard om, tpi klo soal setirnya gk balik sendiri emang setirnya gk balik sendiri sih (reviewer Fitra Eri juga ud pernah kasih tahu sih). Untuk alarm yah mirip2 sama rata2 immob hrsnya toh systemnya satu paket ama mirage dan outlander punya kos sih. Notes: setelah 1000km setirnya kerasa sedikit lebih berat dibanding mobil TDdaftar wrote: Thu Nov 09, 2017 13:35 feedback setir kurang
alarm immobilizer yang masih dipertanyakan keamanannya
apalagi ya?mantau sambil bikin checklist kekurangannya

Untuk speed emang kurang cepat, tpi masih bisa ngekor2in dikit ama honda jazz walaupun KO juga di 160km/h (top speed jazz lebih tinggi). Buat yang ambil AT dan ada ESC coba di nonaktifkah, response acceleratornya berubah dikit. Konon klo punya MUT-3 tenaganya masih bisa dinaikin lgi loh dan konon space mesinnya cukup buat mesin 2000cc dan 1500cc turbo cuma klo dibanding mesin series 4b emang 4a lebih ribet dimodif ktny.
Suspensi depan lebih keras daripada suspensi belakang jdi mobilnya lebih nyaman buat penumpang belakang daripada depan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Kemarin Jumat malam, 10 Nov dpt Email dr Misubishi, harga naik 5 jutaan sodara-sodara.
![Image]()
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Dikit amat ya...daftar wrote: Thu Nov 09, 2017 13:35 feedback setir kurang
alarm immobilizer yang masih dipertanyakan keamanannya
apalagi ya?mantau sambil bikin checklist kekurangannya
Ga seru nih expander...

Padahal hrv sama os baru keluar aja dah banyak keluhan...
EDIT:
Lah ini page 6 banyak yg bahas kekurangan expander
Kok yg dichecklist cuma 2 doank gimana sih...

steakikan wrote: Mon Oct 30, 2017 15:40 The lacking:
1. Gigi AT cuma 4 tanggung amat, dan giginya kadang2 agak ragu2
2. Ban Bridgestonenya kurang menggigit mnrt ane
3. Lampu depan kok senjanya putih tpi lampu malamnya kuning, hrsnya disamain biar keren (klo bisa foglampnya juga putih)
4. AC belum digital dan tidak ada tombol untuk matikan kompressor
5. KFnya kok dptnya bukan seri 60-20 Ice-Q ya? Malah dptnya seri RS 40-10
6. MID kurang outside temperature nih, tanggung amat
7. AC belakang tidak otomatis mati mengikut AC depan (gk thu mobil sekelas ky gmn sih)
The Ugly:
1. Belum Autolock (hari gini belum auto lock?)
2. Audio standar, terutama di sisi bass yang sepertinya kurang kick (klo liat ukuran speaker midnya kynya sama ky speaker mid mirage)
Yah kira2 impression 1000km awal begitulah
michaelgiri93 wrote: Mon Oct 30, 2017 17:22 Negatifnya:
-gak dapet sensor parkir (bisa sih beli harga 300.000an tp ya gimana gitu)
-audionya biasa (mending dibanding veloz sih) dan menurut telinga saya gak beda jauh sih yang ultimate dan exceed
-koplingnya terlalu ringan, feelnya gak dapet (untuk saya pribadi)
-autolock? (Buat saya gak masalah karena udah terbiasa ngunci manual, tapi tetep untuk beberapa pihak pasti mengganggu)
-built quality di body (ada gap yg sedikit mengganggu di antara bemper dan fender)
-klaksonnya astaga
Oh iya itu mobil warna silver, jadi saya gak lihat belang yang terjadi di warna putih
Untuk power cukup, gak lebih2 tapi gak kurang2, dan ini mobil enak buat santai, tapi gak lincah karena ukurannya.
Untuk fake stitching saya gak anggep ini masalah karena kelas lmpv kok minta real stitching...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mitsubishi XM Concept - Xpander - Part 02
Itu yg video youtubePRBS wrote: Thu Oct 26, 2017 1:34Kalau batere mau habis, nanti bakal ada warning icon semacam logo baterai di MIDnya.. dan kalau dibiarin gak diganti baterainya, bakal ga bisa nyalain mesin..steakikan wrote: Wed Oct 25, 2017 14:30 Akhirnya unit saya datang, so far masih perawan bngt pas nerima di dealer (km masih 12)![]()
Ud saya test om, gk akan kekunci, dia ada warning kunci masih di dalam. Tetapi feeling saya klo battere habis maka resikonya ada klo ketinggalan karena signalnya tidak di transmit ke sensor penerimaan, cmiiw.
Itu kalo immob di mobil lain ya..
Kejadiannya ga normal banget tuh
Lihat videonya di detik 0:35
Lihat spion yg sebelah kiri (yg pintu tertutup)
Pas pintu driver masih kebuka spionnya kelipat sendiri
Aturan ga bisa begitu... kemungkinan seperti yg di jawab di youtube oleh owner video, errornya gara2 sistem kelistrikan dibyoas biar aki ga soak
Terus ngomong kuncinya batrenya mau habis
Saran sih langsung siapin baterai cadangan di tempat naruh baterai cadangan atau di dash board mobil
Itu kuncinya dapat 2 1 buat dipake 1 cadangan
Tapi dari pengalaman saya make OS sama adik saya make HRV, baterai kedua kuncinya kompak habis baterainya
Jadi pas kunci 1 terdeteksi mau habis baterainya
Pas ganti kunci cadangan juga terdeteksi baterainya mau habis, padahal lom pernah dipake tuh kunci cadangan..