Tanpa mengurangi rasa hormat ke om momod madcat yang sudah bikin duluan, ane disini bukan mau bikin tandingan, cuma pengen nambahin atau melengkapi kali ya, abis gatel banget sama Honda Mobilio ini
intro, kemarin pulang dari bekasi naik motor lewat Honda Kalimalang, dan coba mampir untuk liat-liat Honda Mobilio, menurut sales Honda Mobilio E CVT indennya sampai Juni Juli, aje gile....
kebetulan dapet warna biru, jadi keliatan jelas lekukan bodi dan printilan-printilannya.... IMHO, lumayan cakep juga dari samping, lebih tinggi dibanding brio, bodinya kaleng parah, mungkin lebih kaleng dari avxen
door handle rasanya kaya oblak, catnya kasar, nggak rapi, dan ditutup dibuka enteng kaya LCGC
kedua bagian ini plastiknya soooo cheapy... persis brio
bagian coak kacanya ini menurut ane bagus banget, terlihat berbeda dan keren
lampu belakangnya kalau nyala ada garis-garis kaya BMW nggak jadi gitu, oh iya modelnya niru X3
bagian yang paling cantik di mobilio ini ada pada bagian belakangnya menurut ane
velgnya cukup oke juga, walau masih lebih oke versi prestige
detailing kolong ban nggak di cat warna item, agak ganggu pas lagi terang gini keliatan kualitas pengerjaannya yang asal
buka kap mesin, enteng banget, ini kayanya pake kaleng coca cola
kebetulan karena dapet unit warna biru keliatan banget ngecatnya asal-asalan dan upfront guardnya jelek parah. disini gua merasa avanza jauh lebih mewah dan rapi
see? kerjanya ngasal
bagian ini mungkin udah sering dibahas ya, nggak ada pelapis atau apa gitu biar rapih
ruang aki nggak bisa di upsize
resin head mesin plastik, sampe bodi mesin yang ada tutup oli nempel itu pake plastik, kaya agya ayla. tapi gpp, bukan berarti plastik lebih jelek kok, lebih lightweight malahan
you know lah bagaimana karetnya
dashboard sama persis sama yang dibilang om madcat
kualitas pengerjaan asal, kalau diteken langsung turun nih plastiknya
panel AC ya begitu deh, cuma lebih oke dibanding avanza karena ada opsi buat kaki sama seletor ventilasinya. lampu foglamp tombolnya di sebelah kanan atas tuh
sudah nggak rapih, sempit pulak glove boxnya
head unit sama kaya punya APV, pertama denger suaranya jelek, pas Loudnya dinyalain langsung ngebass, hampir mirip kaya Honda Jazz. Avanza? jauhlah.... ini lebih bagus kemana-mana suaranya dari avanza, cuma kaya orkes dangdut gitu keluar kemana-mana suaranya
tuas wipernya ampun, kasar dan terasa murahan, disini avanza jadi berasa mewah
bentuk speedometernya nggak banget, mending brio
door trim, ya banyak yang bisa dicela, plastiknya licin, motifnya nggak keluar, nggak ada fabricnya, kaya xenia, tapi xenia lebih bagus menurut ane
driving position good, ada tilt steering, tapi sayang nggak ada height adjuster, sabuk pengaman juga g bisa diatur ketinggiannya. kursi lumayan lah meskipun pala nggak bisa nyender
di bagian yang gua pegang ini kerangka besi kursinya berasa banget, c'mon, ini nyaris 200 juta
door trim belakang, yah gitu deh
kursi tengahnya lega banget, itu yang kanan paling maju n paling tegak, yang kiri paling mundur dan paling rebah. dimajuin paling mentok pun nggak bakal mentok kaki ane
common parts dengan freed
kursi kanan paling rebah, kursi kiri paling tegak, masih nyaman, meskipun rata dan duduk rada dingklik kaya grand livina. tapi headroom lega, legroom lega... good!
mau tahu betapa tipisnya jok mobilio ini? ukur dengan jari anda, hanya 3/4 jari doang tebelnya, rangkanya gampang banget dirasakan baik di kursi pertama, kedua hingga baris terakhir
finishing plastiknya, ada bagian belakang yang kebuka, ane coba teken sampe ketutup bunyi "klek", eh dibiarin nggak sampe 3 detik udah merekah, kebuka lagi... kampret bangetlah quality control dan kepresisian mobil ini
penutup pintu belakang murahan amir, itu kaya dikasih kain pemisah musholla cowok sama cewek, dipegang dikit langsung kiwar kiwir gitu pinggirannya
bagasi bintang lima, luas banget, lebih luas dari innova malah
sayang model lipetnya kaya avanza, harusnya dibuat kaya innova aja gitu ke samping biar lega. anyway no complain lah, bagasinya g perlu dilipet juga udah luas
buat buka ban serep, disini keliatan banget karpet musholla tipisnya.... mana di bagian sambungan antara plastik cover interior nggak rapi, nggak ada lemnya, bisa kiwar kiwir juga, kayanya avanza jadi nggak jelek-jelek amat meskipun sering gua cela dulu
toolkita rapi meskipun keliatan banget kualitas pastiknya yang supir tipis, serius, ini tutupnya kalau dipegang kiwar-kiwir gitu, plastik ember lion star masih lebih tegak and rapi
kualitas sambungannya ya begitu deh....
--------------
Lah kok jadi nunjukin kekurangnnya terus? ada juga kelebihannya kok, menurut ane diantaranya:
+ spacious, the best in its class
+ driving position oke
+ audio oke
+ bagasi luas
+ tampilan eksterior, terutama bagian belakang
minusnya.....
ya liat aja di bagian atas.... wkwkwkwk
Nah belum sampai situ, terus karena penasaran masa Honda Mobilio parah banget sih buatnya kaya gitu, akhirnya ane coba lagi mampir Honda Tendean pas pulang, dan ketemulah si Honda Mobilio abu-abu ini
Ternyata built qualitynya sama aja, cuma untungnya karena warna abu-abu, cat-catan di balik kap mesin nggak begitu sekontras punya yang warna biru....
Nah cuma yang ngeselin disini, kalau E CVT di kalimalang di janjiin Juni-Juli
eh di tendean dijanjiinnya april, apa ini cuma siasat marketing honda aja biar kita ikut-ikutan upping price, atau cuma strategi doang biar kita buruan spk biar dapetnya cepet? Masa inden beda dealer beda unit dateng? padahal unitnya sama
Kesimpulannya, ini Honda Mobilio lebih baik dibikin 1.200 cc aja biar bisa masuk ke kelas LCGC buat nyaingin Datsun GO+ Nusantara....

build quality dan printilannya ini merusak pasar LMPV yang mulai berbenah semenjak ertiga dan spin masuk. Sampe-sampe Avanza di facelift untuk meningkatkan printilan, udah di peslip diskonnya masih belasan juta lagi....
semoga aja mesinnya dan handlingnya sesuai sama yang diharapkan....
itu mungkin impresi ane tentang Honda Mobilio ini, kalau misalnya dianggap menyaingi, yuk monggo digabungi aja sama punya om momod, ane nggak keberatan kok.... makasih.....
