Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Pak Dosen MedKet, Anda salah masuk ruangan.
Ini kuliah perbandingan anatomi pria dan wanita .... maksud saya Xenia dan Ertiga.
Dipersilakan Anda dan para mahasiswa Anda masuk ke ruangan yang semestinya.
Dimana mana, urusan salip menyalip angka penjualan itu lumrah adanya. Selumrah prestasi anak sekolah yg bisa susul menyusul..
Kecuali bagi segelintir orang yg mungkiiin baru sekali ini liat penjualan xenia tersusul ertiga. Padahal sudah sempat tersusul ertiga sebelumnya, tapi xenia mendahului lagi penjualan ertiga.
Lumrah lah.. bukan hal yang luarbiasa..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Udah pake dua dua nya... dua dua nya bagus pada fungsi dan habitatnya masing masing... jalanan mulus atau bergelombang sedikit?... Ertiga dong... jalanan jelek, berlubang dalam, berlumpur, banjir? Xenia dong yg ane pegang...
Eh, ini trid Xenia vs Ertiga kan?
Ntar dulu ah, mau nyari nyimpen di mana tu foto sticker "I'd Rather Push My Daihatsu Xenia Than Drive a Suzuki Ertiga"
pengalaman pake xenia, memang utk bawa barang lbh mantep, klo terobos banjir ok krn tinggi gak takut kemasukan air klo masih seroda, sparepart murah dan ada dimana2.. tp gw gak sukanya tuh bodynya tipis, pernah di tabrak bajaj, penyoknya kayak dihantam bajaj berkali2 dan buat gw gak terlalu nyaman ya krn desain chassisnya yg begitu, cenderung limbung klo udh > 80km, dashbornya biasa bgt ga ada bgs2nya.. Klo ertiga kan dibuat dari chassis sedan, lbh nyaman, peredam mesin & getarannya buat gw lbh baik ertiga, gak limbung klo udh > 80km, dasbornya gw demen banget..tergantung kebutuhan masing2 aje menilai
gak tau knp, klo gw bawa ertiga gw lbh hati2 dan gak mau mobilnya kotor..klo bawa xenia hajar blehhhh, kotor bodo amat wkwkwkwkwk
IndoMild wrote:pengalaman pake xenia, memang utk bawa barang lbh mantep, klo terobos banjir ok krn tinggi gak takut kemasukan air klo masih seroda, sparepart murah dan ada dimana2.. tp gw gak sukanya tuh bodynya tipis, pernah di tabrak bajaj, penyoknya kayak dihantam bajaj berkali2 dan buat gw gak terlalu nyaman ya krn desain chassisnya yg begitu, cenderung limbung klo udh > 80km, dashbornya biasa bgt ga ada bgs2nya.. Klo ertiga kan dibuat dari chassis sedan, lbh nyaman, peredam mesin & getarannya buat gw lbh baik ertiga, gak limbung klo udh > 80km, dasbornya gw demen banget..tergantung kebutuhan masing2 aje menilai
gak tau knp, klo gw bawa ertiga gw lbh hati2 dan gak mau mobilnya kotor..klo bawa xenia hajar blehhhh, kotor bodo amat wkwkwkwkwk
Hahahahah yang di bold sama banget sama ane wkwkwkw...
Xenia pakai chassis unibody. Ertiga pakai chassis apa ya? Monokok?
Untu pemakaian kerja berat dan di jalan rusak, urutan kenyamanan dimulai dari paling nyaman: ladder frame (chassis tangga), unibody, baru monokok.
Err... kekuatan bodi untuk zaman sekarang mengacu pada tingkat keselamatan penumpang di dalamnya, bukan seberapa rusak mbl. Karena zaman sekarang body mbl dirancang sebagai cangkang. Yg melindungi bukan keras lembeknya body, tapi kekuatan sekaligus kelenturan struktur chassis dalam meredam energi benturan. Cangkang / body mobil zaman sekarang jga dirancang untuk "mengalah" pada energi benturan tubuh manusia, supaya tidak mencederai manusia. Untuk energi benturan lebih keras, itu jatah chassis yg meredamnya.
Jadi, wajar kalau mobil mobil sekarang kena benturan aja udah keriting ga karuan bodynya, tapi orangnya selamat. Karena apabila body mobil dibikin sama kaku dan kerasnya spt era mobil.lemari besi jaman dulu, penumpang di dalamnya malah akan kejepit struktur body yang kaku, karena energi tumbukan tidak terserap sempurna oleh struktur kaku dan tebal, akibatnya malah semakin melesak ke arah kabin.
Imho, cmiiw ya... maaf ngga pakai bahasa teknis...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Untu pemakaian kerja berat dan di jalan rusak, urutan kenyamanan dimulai dari paling nyaman: ladder frame (chassis tangga), unibody, baru monokok.
Err... kekuatan bodi untuk zaman sekarang mengacu pada tingkat keselamatan penumpang di dalamnya, bukan seberapa rusak mbl. Karena zaman sekarang body mbl dirancang sebagai cangkang. Yg melindungi bukan keras lembeknya body, tapi kekuatan sekaligus kelenturan struktur chassis dalam meredam energi benturan. Cangkang / body mobil zaman sekarang jga dirancang untuk "mengalah" pada energi benturan tubuh manusia, supaya tidak mencederai manusia. Untuk energi benturan lebih keras, itu jatah chassis yg meredamnya.
Jadi, wajar kalau mobil mobil sekarang kena benturan aja udah keriting ga karuan bodynya, tapi orangnya selamat. Karena apabila body mobil dibikin sama kaku dan kerasnya spt era mobil.lemari besi jaman dulu, penumpang di dalamnya malah akan kejepit struktur body yang kaku, karena energi tumbukan tidak terserap sempurna oleh struktur kaku dan tebal, akibatnya malah semakin melesak ke arah kabin.
Imho, cmiiw ya... maaf ngga pakai bahasa teknis...
di Ab bilang katanya avx dah sasis monokok...kok kok..kok....
No no no. Big NO. Silakan buka cup... eeh.. kap mesin avanza xenia. Perhatikan dekat bagian dalam spakbor depan diruang mesin. Ada sebongkah chassis tangga disitu. Tapi chassis itu nenyatu saat mulai bagian bawah kabin. Itu lah namanya chassis unibody. Gabungan ladder frame dan monocoque..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Hah?? Bukannya mobil sedan juga ada besi kotak besar palang 2???
Lcgc juga ada tuh,,
!...... maaf omm one koreksi, unibodynya bukan itu omm maksudny,, harusnya ente ngolong, disitu ada besi palang kaya chasis tangga , namun langsung di las ke monokok nya, untuk memperkuat struktur,, bisa juga diamati dengan penggunaan cross member untuk rigiditas dan dudukan tranmisi penggerak belakang,,,
Di spatbor belakangnya, ada nampak chassis dilas jadi rapat. Karena penampakan di spatbor itulah malah ada yang mengira ladder frame.
Cmiiw juga... Sudah malam, ngga bisa photo mobil..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Indeed, Mr. NR.... tambahan lagi buat saya.... biaya pemeliharaannya sangat ramah di kantong.....dalam waktu setaun...
Kalau sehabis ganti oli dan filter, jelas bikin napas saya hampir putus...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "