





Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
sebenernya apa yg bro maksudkan ya sudah ada di kalimat ane sih bro..dan juga sudah saya paparkan juga kan produk2 honda yg dimaksud..Bueuk_32 wrote:Justru itu, emang anda ga nyadar desain mazda itu ga blink2? kalo niatnya pengen bikin kepala orang lain muter, bukannya lebih baik ngambil yg desainnya blink2 ya?Primatech wrote: Sebenarnya kalo bro baca lagi udah kejawab kali bro![]()
saya copas lagi yaa..
"tapi ane sih sneng banget punya mobil yg bagus, dan turn heads banget..karena itu yg gw rasakan ketika gw pake mazda 2, 6 lama yg polisi, dan dulu lantis, dbanding ane pake jazz, accord, dan dulu genio..."
bisa dong bedakan dengan pernyataan om yg satunya? disini saya bilang sepengalaman saya di mobil yg saya pakai, produk honda kalah turnhead dibanding mazda, liat kan saya tidak genealisir produk honda sperti itu, tapi saya sampaikan apa yg saya rasakan ketika pakai mobil honda.
turnheads, dalam hal secara desain bagus dan jarang di jalan, bahkan pas nongkrong ditempat cuci mobil, ngbrol2 sama polisi highway patrol nanya2 tentang mazda trus dia cerita dia pernah nyoba 6 yg katanya enak banget handlingnya, dan mesinnya mumpuni banget. dan seringjuga pas lagi maen2 k bengkel atau toko aksesori juga nanya2 dan bilang desainnya menarik ya.
well tapi balik lagi itu pengalaman saya yaa![]()
kalau humble memang iya, memang g pernah nyadar knapa desain mazda g suka blink2 dibanding merk lain?Mazda sih lebih ke yg ingin menikmati berkendara tapi gak terlalu suka “tampil” kayanya. Tapi kecuali mazda6 baru kali ya? Merahnya seksehhh… meskipun tampangnya mirip mcqueen di film cars wkwkwkwk tapi ya ini sih perasaan ane doang, boleh dong ane juga pake perasaan?
Kasian aja gitu dg standar ganda anda, ketika anda meminta orang lain menggunakan data hasil penelitian yg panjang agar statementnya bisa dipercaya, anda sendiri lebih mengandalkan perasaan sendiri untuk justifikasi mazda lebih turnhead dari honda.
Bukannya inkonsistensi ttg standar seperti itu ya yg di trit lain anda kena skakmat nya bro risol soal fortuner?![]()
Tidak mengeneralisir? Harusnya anda mengatakan kalimat “sepengalaman saya di mobil yg saya pakai, genio kalah turnhead dibanding lantis” bukan kalimat “sepengalaman saya di mobil yg saya pakai, produk honda kalah turnhead dibanding mazda”.![]()
Tempo hari ane lagi jalan bareng temen cewek ane, ada cx5 lewat, meskipun ane kurang sreg dg bokongnya, tapi ane sih suka dg front fascia cx5. Ane goda tuh cewe, “cakep ya? Jadi pengen punya”, eh doi cuek2 aja. Giliran di parkiran, disamping GL yg ane pake ada crv, ane yg balik digoda, doi bilang “kapan ya bisa beli”. Wew dasar cewek malah lebih suka crv. Jadi perasaan ane sih (eh boleh kan pake perasaan ya?) crv (honda) lebih turnhead dari cx5 (mazda). Tapi toh bukan persoalan kan? Memang mazda bukan untuk blink2.
Hehe, tapi peace ah bro, ane ga mau debat kusir, ane bukan mau nyari musuh disini, ane cuma mau belajar otomotif. Ane minta maaf kalo postingan ane menyinggung. Ane juga sebenernya berharap penjualan cx5 di indo bisa melesat mengganggu eksistensi crv. Bukan apa2, dominasi crv sebenernya ga sehat untuk iklim kompetisi antar pabrikan. Dan yang kasian kan sebenernya user crv, harus puas dg sunatan massal ala jonfis. Jadi fans crv mungkin harus ikut mendoakan rival crv dari pabrikan lain penjualannya melesat. wkwkwkwk
Yu ah lanjut, jadi TS nya milih apa nih? Tiguan aja bro, kayanya di SM belum ada yg punya tuh, jadi ga ada reviewnya. Hehehe *saran-gak-obyektif*
PLUS AWDevolution21 wrote:ya pengennya jg gitu
pilih cx5 kecuali mesinnya pake tsi
transmisi pake cx5 aja
nunggu bentar lagi bro, CX-5 yg 2500cc sudah AWD, semoga jadi dimasukin ke Indonesia ya. Biar jonpis masukin CRV yg AWD jugaPrimatech wrote:PLUS AWDevolution21 wrote:ya pengennya jg gitu
pilih cx5 kecuali mesinnya pake tsi
transmisi pake cx5 aja
Primatech wrote: sebenernya apa yg bro maksudkan ya sudah ada di kalimat ane sih bro..dan juga sudah saya paparkan juga kan produk2 honda yg dimaksud..
"sepengalaman saya di mobil yg saya pakai, produk honda kalah turnhead dibanding mazda"
masa ane ngulang2 lagi sih..
tapi y sudah lah..
pengalaman vs penelitian panjangPrimatech wrote:No offense, Ini nih isu yg sering dihembuskan sama sales2..
...
itu butuh penelitian yg panjang..dan sampai saat itu tibaa...
ya statement ini g bisa dipercaya...
Mitsu sudah dioverlap habis2an tuh oommaskopat wrote:Widih duo ginseng banyak juga penjualannya....
Tyt mobil offroader kurang peminat ya macam LC, Prado... atau beda kelas jd gak dimasukin?
Intinya omongan om sorak sorai itu adalah CRV lebih laris dari CX5, pembaca pun semestinya bisa nangkep.Primatech wrote:Tambahan ni om, kan katanya ahli ekonomi..
ane mau nanya ni emang definisi "laris' itu apa sih?
karena gini, kalo mnurut gw ya, definisi laris itu produk gw terjual mencapai target penjualan, atau target revenue ane, jadi misal ane bisa produksi baju 100, target kejual untuk bisa break even 60, dan bisa capai target income 70, trus kenyataannya ane bisa jual 80, brarti menurut ane itu laris, bener g om?
nah kasus mazda cx5 dan crv, om bisa bilang kalo cx5 g laris itu dapat data dari mana? emang om baca lapkeuangan MMI/ mazda jepang? karena berdasarkan berita yg ane baca kok malah mazda jepang ningkatin kapasitas produksi karena banyak permintaan ya?
jadi boleh dong kalo ane bilang bawa tanpa data yg jelas yg menunjukkan bahwa penjualan cx5 compare to target penjualan itu dibawah, statement om yg menyatakan bahwa cx5 itu g laris itu g valid ya?
karena mnurut ane, cx5 dan crv sama2 laris, tapi dalam level dan kapasitasnya sendiri..![]()
FYI, laris dalam kamus besar bahasa indonesia itu: cepat laku/ amat laku, jadi tau kan kenapa ane bilang ukuran laris itu relatif dari tiap pabrikan..
tapi mungkin definisi laris menurut anda itu ya dari segi angka penjualan dan crv lebih banyak di jalan, ya itu memang benar, karena gini dari segi kapasitas produksi, terus cakupan distribusi dan dealer yg lebih luas yg berarti market area dari honda juga lebih banyak, maka jelas honda akan lebih banyak terjual secara kuantitas (which is not kaos to kaos-bosen jualan apple mulu)..tapi balik lagi, masalah laris itu beda lagi om..karena laris itu om mesti bandingkan nilai penjualan dan target penjualan![]()
jadi g usah bawa2 laris deh..bilang aj banyak di jalan/ pasaran![]()
tapi yaaa, itu pengalaman ane waktu jual baju sih..
Kalo buat kita2 sih ngerti waktu ente ngomong "Honda banyak banget potong fitur" itu artinya fitur2 honda engga sebanyak saingannya. Tapi kalo tiba2 ada Primatech #2 yg nyeletuk gini gimana nih:Primatech wrote:jadi smpe skarg ane g tau tu poin plusnya pake honda? karena mobil sama2 bagus, handling enakan mazda, sparepart juga gampang2 aj...value for money bagusan mazda karena honda banyak banget potong fitur, jadi apa ya poin plusnya secara produk?
kayanya yg bisa dibanggain cuma laris?
btw om sempet bilang kalo mazda g ada fitur kecil macam auto lock, ane juga sempet mikir sih waktu dapet accord dari kantor, kok fitur kecil macam lampu projector, g usah yg bisa belok2 kaya 6 deh, projector kecil aj g ada...ini mobil harganya sgtu kok lampu 11-12 sm jazz begini...![]()
ya lampu fitur kecil siiih...cuma buat menerangi jalan agar lebih aman..ya ngga om?
Yg ane tau nih saat ini besi yg 1800mpa di CX5 itu cuma ditaro di beam di bemper depan dan belakang, udah cuma 2 garis steel beams di bemper aja. Mungkin nanti buat mazda 6 baru bakal dipakein lebih banyak.Primatech wrote:And that's why like pak adjaya said, cuma orang2 yg ngerti mobil yg tau bagusnya mazda..AD74YA wrote:Kalau material yang di maksud as in steel, maka saat ini New Mazda6 yang paling tinggi.
Kalau yang edar di Indonesia, peringkatnya AFAIK sebagai berikut:
1. Mazda CX-5 (1800 MPa - megapascal) ; UHTS (Ultra-High Tensile Steel grade)
2. Volvo XC60 (1500 MPa) ; UHTS
3. VW Golf (1200 MPa) ; High Tensile Steel grade
4. Ford Focus (1200 MPa)
Future reference ada sebagai berikut:
1. Honda Accord 2014 (1500 MPa)
2. VW Golf (1500 MPa)![]()
no blink2, no trivial fuzz, straight forward dengan keluguannya, keunikan dan enthusiasticnya dalam buat suatu mobil, and that's why slogannya Zoom zoom..suatu pabrikan mobil kecil yg dengan prinsipnya menyenangkan driver dengan pengalaman berkendara yang luar biasa![]()
Jadi TS pilihan mulai terang benderang kan?
Bukan SkyAktip lagi bro...MonSTER_GTR wrote:coba aja CX-5 pake mesin TSI![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Emang lucu kalo udah fanboy...sampe bisa2nya bilang gak mikirin profit wkwkwk. Nah itu jaman dulu Mazda MR-90 mobil enthusiast banget wkwkwkwk...gak kok ga nyari untung!Risol1 wrote:Mazda juga gak segitu "mulia"nya dengan konsepnya yg "harus unique, gak pentingin profit, dll"....gak juga. Initnya sih tujuan utama pabrik mobil (apalagi mobil kelas massal kaya mazda) ya adalah making money, cari untung....itu tujuan no 1 lah.
Buktinya mazda itu kemaren2 juga sering banget kanibalan platform dan mesin sama ford. Mazda tribute rasa ford karena pake mesin duratec + interior sama persis (apakah ini bisa dibilang luguuuu, unikkk, enthuse banget thd produknya?)
Nope, ane bilang sih itu cuma survival modenya mazda aja, bertahan modal sekecil2nya, untung segede2nya.
Juga di tahun2 depan mazda juga udah kerja sama sama toyota mao bikin mobil murah hybrid (emblem toyota, platform mazda 2). Faktor yg paling penting sekarang ini sih bukan lagi idealisme, melainkan cari greenbacks sebanyak2nya (kalopun masih ada, gak mungkin bisa ngalahin faktor profit)
mantap omIntinya omongan om sorak sorai itu adalah CRV lebih laris dari CX5, pembaca pun semestinya bisa nangkep.
Kata siapa juga kalo laris itu harus selalu dibandingkan dengan target penjualan? apalagi kalo melihatnya dalam konteks membandingkan 2 produk (laris mana a atau b) dari mata konsumen.
wahhh parah banget yak om, emang yg bilang g mikirin profit itu siapa yaaa, kata2 mana yaFortunerMan wrote:Emang lucu kalo udah fanboy...sampe bisa2nya bilang gak mikirin profit wkwkwk. Nah itu jaman dulu Mazda MR-90 mobil enthusiast banget wkwkwkwk...gak kok ga nyari untung!Risol1 wrote:Mazda juga gak segitu "mulia"nya dengan konsepnya yg "harus unique, gak pentingin profit, dll"....gak juga. Initnya sih tujuan utama pabrik mobil (apalagi mobil kelas massal kaya mazda) ya adalah making money, cari untung....itu tujuan no 1 lah.
Buktinya mazda itu kemaren2 juga sering banget kanibalan platform dan mesin sama ford. Mazda tribute rasa ford karena pake mesin duratec + interior sama persis (apakah ini bisa dibilang luguuuu, unikkk, enthuse banget thd produknya?)
Nope, ane bilang sih itu cuma survival modenya mazda aja, bertahan modal sekecil2nya, untung segede2nya.
Juga di tahun2 depan mazda juga udah kerja sama sama toyota mao bikin mobil murah hybrid (emblem toyota, platform mazda 2). Faktor yg paling penting sekarang ini sih bukan lagi idealisme, melainkan cari greenbacks sebanyak2nya (kalopun masih ada, gak mungkin bisa ngalahin faktor profit)
![]()
Risol1 wrote: Mazda juga gak segitu "mulia"nya dengan konsepnya yg "harus unique, gak pentingin profit, dll"....gak juga. Initnya sih tujuan utama pabrik mobil (apalagi mobil kelas massal kaya mazda) ya adalah making money, cari untung....itu tujuan no 1 lah.
Buktinya mazda itu kemaren2 juga sering banget kanibalan platform dan mesin sama ford. Mazda tribute rasa ford karena pake mesin duratec + interior sama persis (apakah ini bisa dibilang luguuuu, unikkk, enthuse banget thd produknya?)
Nope, ane bilang sih itu cuma survival modenya mazda aja, bertahan modal sekecil2nya, untung segede2nya.
Juga di tahun2 depan mazda juga udah kerja sama sama toyota mao bikin mobil murah hybrid (emblem toyota, platform mazda 2). Faktor yg paling penting sekarang ini sih bukan lagi idealisme, melainkan cari greenbacks sebanyak2nya (kalopun masih ada, gak mungkin bisa ngalahin faktor profit)
Sori kalo keliatannya ane nuduh ente ngomong sesuatu yg anda engga.Primatech wrote:wahhh parah banget yak om, emang yg bilang g mikirin profit itu siapa yaaa, kata2 mana ya?
AD74YA wrote:Saya bukan die hard fans Mazda.Primatech wrote:And that's why like pak adjaya said, cuma orang2 yg ngerti mobil yg tau bagusnya mazda..AD74YA wrote:Kalau material yang di maksud as in steel, maka saat ini New Mazda6 yang paling tinggi.
Kalau yang edar di Indonesia, peringkatnya AFAIK sebagai berikut:
1. Mazda CX-5 (1800 MPa - megapascal) ; UHTS (Ultra-High Tensile Steel grade)
2. Volvo XC60 (1500 MPa) ; UHTS
3. VW Golf (1200 MPa) ; High Tensile Steel grade
4. Ford Focus (1200 MPa)
Future reference ada sebagai berikut:
1. Honda Accord 2014 (1500 MPa)
2. VW Golf (1500 MPa)![]()
no blink2, no trivial fuzz, straight forward dengan keluguannya, keunikan dan enthusiasticnya dalam buat suatu mobil, and that's why slogannya Zoom zoom..suatu pabrikan mobil kecil yg dengan prinsipnya menyenangkan driver dengan pengalaman berkendara yang luar biasa![]()
Jadi TS pilihan mulai terang benderang kan?
Saya hanya pengamat saja. Dan berhubung saya memperlakukan mobil dengan berinteraksi layaknya dia makhluk hidup (car as a friend, not tools), hal paling penting dari mobil yang saya cari adalah karakter.
Oleh karena itu setiap review saya, pasti saya bahas mengenai karakteristik, dan perbandingan dengan generasi sebelumnya.
Saya suka dan memilih Mazda, karena bagi saya ini satu dari sedikit pabrikan yang berani untuk tidak berubah dari prinsip awal perusahaan ini dibangun. Secara bisnis, Mazda sangat bodoh, itulah kenapa berulang kali bangkrut, gak gede-gede. Tapi ya itu... Mereka tetep patokan dengan sejarahnya. Saat Golf mk1 (rabbit) mengambil alih dunia dengan demam hot hatchback dan membunuh pasar convertible, what the hell, Mazda bikin MX-5..
hihii..pan ane nubie om..Risol1 wrote:Intinya omongan om sorak sorai itu adalah CRV lebih laris dari CX5, pembaca pun semestinya bisa nangkep.Primatech wrote:Tambahan ni om, kan katanya ahli ekonomi..
ane mau nanya ni emang definisi "laris' itu apa sih?
karena gini, kalo mnurut gw ya, definisi laris itu produk gw terjual mencapai target penjualan, atau target revenue ane, jadi misal ane bisa produksi baju 100, target kejual untuk bisa break even 60, dan bisa capai target income 70, trus kenyataannya ane bisa jual 80, brarti menurut ane itu laris, bener g om?
nah kasus mazda cx5 dan crv, om bisa bilang kalo cx5 g laris itu dapat data dari mana? emang om baca lapkeuangan MMI/ mazda jepang? karena berdasarkan berita yg ane baca kok malah mazda jepang ningkatin kapasitas produksi karena banyak permintaan ya?
jadi boleh dong kalo ane bilang bawa tanpa data yg jelas yg menunjukkan bahwa penjualan cx5 compare to target penjualan itu dibawah, statement om yg menyatakan bahwa cx5 itu g laris itu g valid ya?
karena mnurut ane, cx5 dan crv sama2 laris, tapi dalam level dan kapasitasnya sendiri..![]()
FYI, laris dalam kamus besar bahasa indonesia itu: cepat laku/ amat laku, jadi tau kan kenapa ane bilang ukuran laris itu relatif dari tiap pabrikan..
tapi mungkin definisi laris menurut anda itu ya dari segi angka penjualan dan crv lebih banyak di jalan, ya itu memang benar, karena gini dari segi kapasitas produksi, terus cakupan distribusi dan dealer yg lebih luas yg berarti market area dari honda juga lebih banyak, maka jelas honda akan lebih banyak terjual secara kuantitas (which is not kaos to kaos-bosen jualan apple mulu)..tapi balik lagi, masalah laris itu beda lagi om..karena laris itu om mesti bandingkan nilai penjualan dan target penjualan![]()
jadi g usah bawa2 laris deh..bilang aj banyak di jalan/ pasaran![]()
tapi yaaa, itu pengalaman ane waktu jual baju sih..
Kata siapa juga kalo laris itu harus selalu dibandingkan dengan target penjualan?apalagi kalo melihatnya dalam konteks membandingkan 2 produk (laris mana a atau b) dari mata konsumen.
By the way, apakah anda juga merasa selalu ngomong pake vocab yg selalu tepat, sesuai kamus bhs indonesia?![]()
Gimana sekarang kalo omongan ente dibalikin gini:Kalo buat kita2 sih ngerti waktu ente ngomong "Honda banyak banget potong fitur" itu artinya fitur2 honda engga sebanyak saingannya. Tapi kalo tiba2 ada Primatech #2 yg nyeletuk gini gimana nih:Primatech wrote:jadi smpe skarg ane g tau tu poin plusnya pake honda? karena mobil sama2 bagus, handling enakan mazda, sparepart juga gampang2 aj...value for money bagusan mazda karena honda banyak banget potong fitur, jadi apa ya poin plusnya secara produk?
kayanya yg bisa dibanggain cuma laris?
btw om sempet bilang kalo mazda g ada fitur kecil macam auto lock, ane juga sempet mikir sih waktu dapet accord dari kantor, kok fitur kecil macam lampu projector, g usah yg bisa belok2 kaya 6 deh, projector kecil aj g ada...ini mobil harganya sgtu kok lampu 11-12 sm jazz begini...![]()
ya lampu fitur kecil siiih...cuma buat menerangi jalan agar lebih aman..ya ngga om?
ane mau nanya ni emang definisi "potong fitur' itu apa sih?
menurut saya "potong fitur" itu artinya Honda produksi 100 features, tapi dikasi kita cuma 80 features, sisa 20 features lagi dipotong (gak dikasi), gitu dong?
Sedangkan honda accord yg model year 2008 itu memang gak ada yg pake projector headlights, mao yg USDM sekalipun. Jadi kalo standardnya aja gak ada, gimana mao bilang potong fitur?
Kenapa kita engga pernah bilang mobil mercy "potong fitur" terbang? Karena fitur terbang engga pernah ada in the first place, jadi gak ada yg dipotong, gitu kan?
FYI, menurut kamus bahasa indonesia, "Potong" itu artinya ......
Jadi engga usah bawa2 "potong fitur" deh, bilang aja "standardnya gak ada"
Nah kalo gitu gimana tuh?
Kalo om sorak sorai lagi ngomongin net income atau profit atau health diantara 2 perusahaan, yep ane setuju 100%.Primatech wrote:mantap omIntinya omongan om sorak sorai itu adalah CRV lebih laris dari CX5, pembaca pun semestinya bisa nangkep.
Kata siapa juga kalo laris itu harus selalu dibandingkan dengan target penjualan? apalagi kalo melihatnya dalam konteks membandingkan 2 produk (laris mana a atau b) dari mata konsumen.![]()
cuma kasih persepsi beda aj dari segi produsenkarena gini..secara jangkauan dealer, kapasitas produksi, tiap pabrik pasti beda2, nah, kalau bandingin langsung dengan plek2an satu sama lain jumlah akumulasi penjualan seluruh indonesia, kira2 comparable ga om? karena menurut ane yaa, scalenya beda..
![]()
analoginya sih gini, kalo banding net income dua perusahaan, a sama b, a lebih besar dua kali lipat dibanding b, kalo dibandingin plek2an sih kayanya menguntungkan a ya, tapi kalo misal diliat dibandingkan dengan nilai asset yg dimiliki, ternyata untuk generate income segitu, a butuh lebih banyak asset/ equity dibanding b, apakah ini kta bisa bilang lagi kalo a lebih menguntungkan?
ini yg sbeenrny ditakutkan dari statistik, karena membandingkan sesuatu yg sebenernya scalenya beda, ngga kaos to kaos gtu..
ya tapi ini sih buat kasih pandangan lain aja..
Nah itu oom maksudnya, dalam perusahaan tam sndiri, laris versi LC dan versi avanza beda kanRisol1 wrote:Kalo om sorak sorai lagi ngomongin net income atau profit atau health diantara 2 perusahaan, yep ane setuju 100%.Primatech wrote:mantap omIntinya omongan om sorak sorai itu adalah CRV lebih laris dari CX5, pembaca pun semestinya bisa nangkep.
Kata siapa juga kalo laris itu harus selalu dibandingkan dengan target penjualan? apalagi kalo melihatnya dalam konteks membandingkan 2 produk (laris mana a atau b) dari mata konsumen.![]()
cuma kasih persepsi beda aj dari segi produsenkarena gini..secara jangkauan dealer, kapasitas produksi, tiap pabrik pasti beda2, nah, kalau bandingin langsung dengan plek2an satu sama lain jumlah akumulasi penjualan seluruh indonesia, kira2 comparable ga om? karena menurut ane yaa, scalenya beda..
![]()
analoginya sih gini, kalo banding net income dua perusahaan, a sama b, a lebih besar dua kali lipat dibanding b, kalo dibandingin plek2an sih kayanya menguntungkan a ya, tapi kalo misal diliat dibandingkan dengan nilai asset yg dimiliki, ternyata untuk generate income segitu, a butuh lebih banyak asset/ equity dibanding b, apakah ini kta bisa bilang lagi kalo a lebih menguntungkan?
ini yg sbeenrny ditakutkan dari statistik, karena membandingkan sesuatu yg sebenernya scalenya beda, ngga kaos to kaos gtu..
ya tapi ini sih buat kasih pandangan lain aja..
Tapi kan dia cuma lagi bandingin banyakan mana jualan produknya.
Kalo net incomenya si TAM jualan 10 Land Cruiser SAMA DENGAN (=) jualan 1000 Avanza
Lalu si TAM di bulan ini berhasil jualan 10 TLC dan 999 Avanza, apakah si TAM tetep harus bilang larisan TLC?
Apakah orang2 di jalan (kalo sampe tau itung2annya si TAM pun) tetep harus bilang larisan/Cepat laku-an si TLC? walaupun kenyataanya di lapangan jauh lebih banyak si Avanza (999 > 10)
Wah Tiguan boleh juga market sharenya ya.... mungkin CX5 relatif masih baru ya jadi penjualannya msh blm terlihatsoraksorai wrote:Ternyata secara global Tiguan masuk peringkat 3, dan baru tahu kalo Hyundai ix35/Tucson laris juga ya.....
mungkin Mazda CX-5 bakal masuk list tahun ini (2013), kalau mesinnya sudah 2500 cc.
Peringkat Penjualan SUV Global tahun 2012
Model Penjualan
1 Honda CR-V 635,256
2 Hyundai ix35 494,453
3 VW Tiguan 429,013
4 Toyota RAV4 428,514
5 Ford Kuga/Escape 403,841
6 Kia Sportage 387,142
7 Nissan Qashqai 298,066
8 Dacia/Renault Duster 295,096
9 Chevrolet Equinox 293,152
10 Hyundai SantaFe 237,562
boilers wrote:Buat om peesong, sekedar buat baca2 pas ada comparison antara VW Tiguan 1.4 vs CX-5 dari majalah spore:
http://www.sgcarmart.com/news/review.php?AID=550