Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

LRP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Nov 27, 2008 15:29

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by LRP »

AD74YA wrote:
hbobo wrote:tapi bro jaya, lebih irit mana itu juga penting. hehehe...coba yah bayangin saya yah yang setiap hari traveling bisa sekitar 120-150km per hari. seminggu aja bisa hampir 1000km. rata rata penggantian oli saya sekitar 5-6 minggu sekali. :e-doh:
dalam hal ini fuel efficiency penting sekali, ditambah lagi rute yang saya lewat itu cuma one way up and one way down, yang lewat kelas mobil truk yang gedenya amit amit dan leletnya tiada duanya. jadi musti sering nyalip nyalip, disana tenaga mobil saya butuhkan buat nyalip di tanjakan. makanya pas saya mau ambil cx5 saya sempet dilematis banget, saya cobain di tanjakan, cuma saya sendiri doank padahal dalam mobil, dan tanjakan lumayan tinggi sih (testing di tanjakan parkiran masuk ke ta yang langsung sampe di P11) disana cx5 nafasnya kaya abis. pas cobain captiva sih mantep banget, cuma yah banyak sekali yang komplain build qualitynya, untuk hal ini saya hampir tidak sempat buat sering sering ke beres untuk ngebenerin kerusakan kerusakan atau hal hal yang seharusnya tidak terjadi.

uda bingung bingung yah balik lagi aja deh ke crv. saya pake crv gen3 nga ada masalah di tanjakan, dan soal bensin yah masih cukup bisa ditoleransi fc nya. jujur kalo dari model dan fitur sih udah ngiler banget liat cx5.

maaf kalo ada yang salah.
Agak kontra ni oom... Butuh irit, tapi butuh buat nyalip juga. Pasti ada 1 yang gak didapat.. hehehe

CRV good choice lah.. Cocok-cocok aja.. Boros pastinya. Kalau CX5 kan menangnya di iritnya (katanyaaaaa...) :ngacir: :ngacir:
kalo mau irit + bertenaga, coba tungguin tiguan 1.4 TSi trus d chip up.. irit + bertenaga.. hehehhe :ngacir: :ngacir:
LRP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Nov 27, 2008 15:29

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by LRP »

DOHC wrote:wow... baru ada satu ini ane liat yg cancel inden crv baru ini... sgitu jelek nya kahh kualitas si crv ini ?
not worth for the money u spend for... cuma itu aja alesannya... lbh prefer ane bertahan d gen 3 drpd ganti gen 4.. yg anggepannya gen 3 yg ganti baju model lbh menarik tp bahan lbh jelek....
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by evolution21 »

coba tunggu taun depan, kalo cx5 2500cc keluar pasti ok punya
dan bisa berharap jg sama ford escape baru, mesinnya 1600 trubo ecoboost di usa. perkiraan ane 2 suv ini kalo bener masuk dan harga bersaing, dimata ane bakal jd suv bensin plg menarik
LRP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Nov 27, 2008 15:29

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by LRP »

pdm wrote:@LRP: sudah testr drive cx5?
Kalo menkeu saya lebih suka-nya crv, berasa lebih lega dan mewah kata-nya :D
udah...
keluham di CX5 buat sy sih
-interior yg gak seluas CRV (gak tll penting, paling cuma d pake ber 2 jarang sekampung)
-tenaga rada berat d tanjakan (tiap hari PP bdg - lembang soalnya) jd ini krusial juga
-peredaman mesin koq kaenya kurang bagus ya, masuk smua suaranya

yg lain definitely lbh oke drpd CRV... for me....
LRP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Nov 27, 2008 15:29

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by LRP »

evolution21 wrote:coba tunggu taun depan, kalo cx5 2500cc keluar pasti ok punya
dan bisa berharap jg sama ford escape baru, mesinnya 1600 trubo ecoboost di usa. perkiraan ane 2 suv ini kalo bener masuk dan harga bersaing, dimata ane bakal jd suv bensin plg menarik
ini sebenernya yg d tunggu2... 2500 nya apa dengan kompresi 1:13 jg ya?? :mky_03:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by evolution21 »

kayanya kompresi tinggi jg um.. tp ngeliat reputasi reliability mazda rasanya ga takut, misal mazda6 yg versi sekarang ini yah, ane pernah coba googling nyaris zero complaint lho.. ini hebat banget
teknologi mazda jg sebenernya masi ga setinggi merk europe, tp hebatnya bisa ngebuat mobil jd terasa enak sekali, fun to drive

kalo ford ane berpendapat ni merk jg lumayan jaga kualitas produk, mesin ecoboostnya dapet penghargaan disana sini, jd kayaknya jaminan enak punya, tinggal problem printilan khas mobil non japannya yg ada aja. yah liat dr ford fiesta n focus misalnya..

kalo ane cari suv bensin sih pasti tunggu 2 ini ya, tp kalo diesel dah banyak pilihan bagus sekarang
imo :frm_salut:
LRP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Nov 27, 2008 15:29

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by LRP »

betul.. ane malah masi punya 1 mazda d rmh..
mazda lantis 95.. menurut ane enak banget mblnya.. bahkan d banding mobil baru2.. tp jgn bicara fitur ya, jelas kalah secara udah sweet seventeen taun ini... heheheehe

SUV diesel yg rekomend apa yah...
pengen captiva AWD, tp koq takut dengan ketahanan dan ketangguhannya...
pajero sport koq terlalu minim fitur.. fitur2nya malah yg useless smua...
User avatar
toonafish
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by toonafish »

Newbie numpang nimbrung. @bos LRP: bos, waktu test drive CX-5 gmana akselerasi-nya menurut u? Saya abis test drive gen 4 sama CX-5 kok menurut saya tarikannya jauh lebih mantep and lebih enak crv yak? :ungg: Cuman penasaran aja nih... Soalnya situ kan ada note mengenai tarikan gen 4 yang belet, sama tuh kesimpulannya dengan majalah autobild. Penasaran apa saya yang "salah" cara test drive apa bijimana? :oops: Trus juga ada beberapa temen yang komentar tarikan sih lebih enak gen 4 daripada gen 3. Thanks before.
LRP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Nov 27, 2008 15:29

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by LRP »

akselerasi CX5 klo d banding dengan CRV gen 4 (2.4 yg sy coba), dalam feeling, CX 5 lebih gesit, gen 4 kurang gesit cenderung lemot.. tp skali lg itu feeling.. feeling G nya, feeling pertambahan kecepatannya... tp kalau dengan alat ukur resmi, blm d coba.. klo menurut AB sih CX5 lbh cepet.. :e-think:

CRV menang torsi, iya lah cc nya beda 400 cc... yg membantu kalo lg overtaking dan nanjak... tp dengan ratio gear yg aneh itu, rasanya grafik torsi nya jg jadi aneh, apalagi puncaknya diraih di RPM lbh tinggi dr gen 3...

ada info lain dr bengkel langganan, mungkin belet nya tarikan CRV itu karena mobil ms enrien, dan khas honda yg harus stel celah klep.. dimana menurut bengkel tsb, dia blom pernah nemu 1 mobil honda dengan settingan klep pabrik yang sesuai dengan manual repair, pada berantakan, yang pasti berpengaruh sama tenaga...

oh ya, sales mengakui kalo mobil TD nya di isi premium... mungkin itu jg pengaruh, secara kompresi 1:10...

tapi, sy bandingin dengan gen 3 sy dengan KM 32.000 dimana yg pake bokap, filter udara gak pernah d bersihin, mesin gak pernah d tune up, bahkan oli aja udah lewat masa pakai dan BBM premium.. itu ms lbh enak gen 3 nya... :frm_bang_head:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by evolution21 »

LRP wrote: tapi, sy bandingin dengan gen 3 sy dengan KM 32.000 dimana yg pake bokap, filter udara gak pernah d bersihin, mesin gak pernah d tune up, bahkan oli aja udah lewat masa pakai dan BBM premium.. itu ms lbh enak gen 3 nya... :frm_bang_head:
hahaha ini enaknya mobil jepang
service ga usah tepat2 amat, masih anteng aja bisa jalan terus

kalo diesel boleh pilih di tahun ini, karena semua jagoan2 dah dikeluarin semua
captiva facelift, fortuner vgt, santa fe, Pjs Dakkar
mungkin.. tahun depan tinggal berharap new everest, tp sampe sekarang jg blom ada gambarnya sama sekali
n mungkin kia sorento, tp ini jg kembarannya santafe
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by AD74YA »

denny3ck wrote:ikut ijin gabung ya teman2, btw review nya baru baca dan mantab um :off_good_job:
AD74YA wrote:jangan lupakan Chevy Orlando yang pure korea
wah baru tau orlando pure korea pantes kotaknya kyk sportage versi lama, harga orlando malah lebih muahal dari all new kia sportage dgn cc yg lbh besar pula. :e-doh:
tapi ada aja yang beli suka liat juga di jalan.. :mky_03:
Yah emang lucu sih... Kapan lagi punya mobil kotak sabun? :ngacir:
DigitALL wrote:Reviewnya mantep banget go :off_good_job: Siap2 tuker tambah nih keliatannya :mky_03:
Tadinya mau nyaranin ente ganti... tapi dah beli RX270, awak mingkem dah... :e-wall:
DOHC wrote:wow... baru ada satu ini ane liat yg cancel inden crv baru ini... sgitu jelek nya kahh kualitas si crv ini ?
Banyak yang cancel inden kok oom.. Terutama karena Prestige molor..


evolution21 wrote:kayanya kompresi tinggi jg um.. tp ngeliat reputasi reliability mazda rasanya ga takut, misal mazda6 yg versi sekarang ini yah, ane pernah coba googling nyaris zero complaint lho.. ini hebat banget
teknologi mazda jg sebenernya masi ga setinggi merk europe, tp hebatnya bisa ngebuat mobil jd terasa enak sekali, fun to drive
amin..
LRP wrote:akselerasi CX5 klo d banding dengan CRV gen 4 (2.4 yg sy coba), dalam feeling, CX 5 lebih gesit, gen 4 kurang gesit cenderung lemot.. tp skali lg itu feeling.. feeling G nya, feeling pertambahan kecepatannya... tp kalau dengan alat ukur resmi, blm d coba.. klo menurut AB sih CX5 lbh cepet.. :e-think:

CRV menang torsi, iya lah cc nya beda 400 cc... yg membantu kalo lg overtaking dan nanjak... tp dengan ratio gear yg aneh itu, rasanya grafik torsi nya jg jadi aneh, apalagi puncaknya diraih di RPM lbh tinggi dr gen 3...

ada info lain dr bengkel langganan, mungkin belet nya tarikan CRV itu karena mobil ms enrien, dan khas honda yg harus stel celah klep.. dimana menurut bengkel tsb, dia blom pernah nemu 1 mobil honda dengan settingan klep pabrik yang sesuai dengan manual repair, pada berantakan, yang pasti berpengaruh sama tenaga...

oh ya, sales mengakui kalo mobil TD nya di isi premium... mungkin itu jg pengaruh, secara kompresi 1:10...

tapi, sy bandingin dengan gen 3 sy dengan KM 32.000 dimana yg pake bokap, filter udara gak pernah d bersihin, mesin gak pernah d tune up, bahkan oli aja udah lewat masa pakai dan BBM premium.. itu ms lbh enak gen 3 nya... :frm_bang_head:
Permasalahannya bukan jumlah torsi atau gimana, CX-5 settingannya bisa mencapai puncak torsi dengan RPM lebih rendah dibanding CRV.. Itulah kenapa tarikan terasa lebih kencang...

Cuman udah lewat 100 kpj pasti dibabat CRV
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by M-90 »

Kalo hasil komparasi test di majalah AB, CRV Gen 4 kalah akselerasi 0 -100 kpj dgn CX5, X Trail 2.5 bahkan juga kalah dgn Kia Sportage.

Tp utk akeselerasi 100 -120 kpj, CRV Gen 4 membabat habis lawan2nya.

Kemungkinan besar CRV Gen 4 dirancang dgn Final Gear yg lebih kecil dibanding lawan2nya. Ane pake CRV hanya butuh RPM sekitar 1700an utk mencapai 100 kpj.

Ane udah pake CRV Gen 4 sdh 3 minggu, BBM pake Pertamax atau Shell Super. Di banding boil ane sebelumnya Ipah 2.0 VVTi, akselerasi CRV udah cukup lumayan (yaiyaalah 2400cc vs 2000cc), bahkan dlm ECO Mode yg udah cukup utk melibas Avanza pecicilan di jln Tol.

Ane pernah TD All New Sportage, secara feeling utk akselerasi jarak pendek (0 s/d 80 kpj), feelingnya 11-12 dgn CRV Gen 4, tp kalo udah diatas 100 kpj udah pasti ANS dibabat CRV. :big_smoking:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by AD74YA »

Kencang atau tidaknya akselerasi bukan hanya dari cc, paling penting justru melihat jumlah torsi berapa pada puncak rpm berapa..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by M-90 »

AD74YA wrote:Kencang atau tidaknya akselerasi bukan hanya dari cc, paling penting justru melihat jumlah torsi berapa pada puncak rpm berapa..

Dan bukan hanya Torsi puncak pd rpm brp yg dibutuhkan utk akselarasi, rasio transmisi dan final gear dan putaran mesin juga berpengaruh cukup signifikan.

Besarnya Power suatu mesin ditentukan 2 variabel utama yaitu Torsi yg dihasilkan dan Putaran Mesin. Torsi suatu mesin juga banyak dipengaruhi oleh cc suatu mesin dan jenis mesin itu sendiri Spark Ignition (mesin bensin) atau Compression Ignition (diesel).

Mesin Diesel punya Torsi ug lebih besar dari mesin bensin tp kalah di putaran mesin. Tp kelemahan ini bisa diminilisir dgn mesin diesel menggunakan transmisi yg lebih baik, misal transmisi 6 speed AT akan mempunyai akselarasi yg lebih baik dari 4 speed AT, krn rasio transmisi bisa dibuat lebih rapat.

CRV Gen 4 punya power lebih besar dari CRV Gen 3 krn dapat mencapai putaran mesin yg lebih tinggi.
User avatar
toonafish
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by toonafish »

Newbie numpang nanya.

Spec mesin cx-5:
Maximum torque 200/4000RPM
Gear ratio 3.552 / 2.022 / 1.452 / 1.000 / 0.708 / 0.599

Spec mesin crv:
Maximum torque 222/4400RPM
Gear ratio 2.651 / 1.516 / 1.037 / 0.738 / 0.537

ket: spec diambil langsung dari website resmi.

Pertanyaan newbie, gear ratio semakin kecil apakah artinya semakin gampang untuk mencapai RPM tinggi?
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by M-90 »

toonafish wrote:Newbie numpang nanya.

Spec mesin cx-5:
Maximum torque 200/4000RPM
Gear ratio 3.552 / 2.022 / 1.452 / 1.000 / 0.708 / 0.599

Spec mesin crv:
Maximum torque 222/4400RPM
Gear ratio 2.651 / 1.516 / 1.037 / 0.738 / 0.537

ket: spec diambil langsung dari website resmi.

Pertanyaan newbie, gear ratio semakin kecil apakah artinya semakin gampang untuk mencapai RPM tinggi?

Nggak ada info Final Gear-nya ya Bro Toonafish ?

Dari rasio transmisi diatas jelas CX5 mempunyai rasio transmisi yg lebih tinggi dibanding CRV sehingga akan mendukung kemampuan akselerasinya.

Gear Ratio yg lebih kecil akan lebih sulit utk mencapai RPM tinggi dibanding gear ratio yg lebih besar namun speed yg dihasilkan akan lebih tinggi utk putaran mesin yg sama.
User avatar
toonafish
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by toonafish »

Ooo, thanks for the explanation bos. :frm_salut:

Untuk final gear:
CX-5: Final 4.625
crv: Final 4.437
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by M-90 »

toonafish wrote:Ooo, thanks for the explanation bos. :frm_salut:

Untuk final gear:
CX-5: Final 4.625
crv: Final 4.437

Sama2 Bro :frm_salut:

Data Final Gear diatas dimana Final Gear Ratio CX 5 yg lebih besar dibanding CRV sangat mendukung kemampuan akselerasi CX5 di 0 -100 kpj dan mengalahkan CRV, tp akselerasi diatas 100 kpj CX5 harus tunduk sama CRV, begitu juga dgn Top Speed CX5 yg lebih rendah dari CRV.
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by hbobo »

ini nih pengalaman ane udah nyobain dua duanya. kalo soal tarikan awal dari posisi diam, itu lebih cepat cx5, tapi kalo dibilang cx5 lebih gesit, soal ini sih menurut ane sama crv 11-12. kalo soal comfort, jelas menang cx5. cuma kalo udah soal tanjakan, jujur aja disitulah letak kelemahan cx5. buat dalkot doank enakan cx5. cuma jujur aja, apa ente yakin selamanya pake mobil nga akan ketemu tanjakan tinggi? nga akan dibawa liburan ke puncak? or nga akan di bawa ke daerah yang banyak tanjakan dan turunan? so itu balik lagi kebutuhan lah.

kalo buat ane sih enak enak aja tuh naek crv. buat ngelibas mobil pecicilan di tol mah enteng aja. sekali di bejek gasnya langsung deh lewat semua. nah kalo ngelawan apancah, ane cuma nga tega aja, itu mobil ibaratnya cuma kaleng dikasih roda doank dan rem seadanya aja. kalo di ladenin, nanti yang setir apancah makin tarik juga mobilnya, kalo sampe nga bisa ngerem kan jadi merasa berdosa juga kalo sampe tuh apancah langsung melintir
one small step for a man, a giant leap for mankind
LRP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Nov 27, 2008 15:29

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by LRP »

bimbang dah...
tp gw kurang cocok dengan karakter CRV gen4 secara keseluruhan... prefer irit, nyaman, enak dalem kota..
kalo maw ngebut jg, maw jalan brp sih emang? toh udah ada mobil 1 lg yg emang peruntukannya kebut2an.. hehehe
LRP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Nov 27, 2008 15:29

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by LRP »

mau jual

Surat Pemesanan kendaraan (SPK) All new CRV 2.4 prestige...

mobil dapet di februari, FYI indent skrg sudah sampai mei..

indent di Honda ahmad yani bandung
alesan jual: batal beli, jadinya ambil mazda CX5..

yg berminat bisa call/sms 081802237115

tq
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by kompresorz »

dengan harga cx 5 n crv beda tipis mending pilih crv 2.4...
bawa mobil cc besar tuh kondisi apapun tetap stabil rpm n larinya..soal boros paling beda 1 kilo n 2 kilo.
klo bagi saya mobil jepang yang kualitas interior crv kurang bagus gak masalah...yang penting interior n eksterior keren modelnya..
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by pdm »

kompresorz wrote:dengan harga cx 5 n crv beda tipis mending pilih crv 2.4...
bawa mobil cc besar tuh kondisi apapun tetap stabil rpm n larinya..soal boros paling beda 1 kilo n 2 kilo.
klo bagi saya mobil jepang yang kualitas interior crv kurang bagus gak masalah...yang penting interior n eksterior keren modelnya..
Kalo masalah keren2an sih selera ya om :mky_01:
udah ditest drive ke2 unit yang disebut? Memang cc lebih kecil gak stabil rpm-nya di speed berapa?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by kompresorz »

ya kalo lg muatan penuh atau tanjakan cc besar tuh masih enteng aja tarikan bawah n atas..
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by hbobo »

masih pada debatin crv sama cx5 nih. udah nga usa di debatin, masing masing ada enaknya dan ada nga enaknya. coba deh bawa cx5 jalan jalan ke puncak satu keluarga, pengen liat yang duduk di baris kedua nasibnya jadi kaya apa, trus pas di tanjakan tinggi, bakalan di ketawain sama apancah sama ipah. kok mobil 400jtan pas di tanjakan beletnya minta ampun, jangan kaget lo kalo pas di puncak, cx5 di kentutin sama angkot yang kadang isi penumpangnya penuh. tapi kalo crv, disini terasa bedanya pas tarikan di tanjakan dan sangat membantu fitur hill start assistnya. very usefull features. dan fitur ini yang bikin gua jadi demen sama crv. sampe nyesel banget kenapa cx5 fitur begitu lengkap tapi nga ada HSA.

nah giliran crv nih, wah keren nih, crv baru yah, dijawab iyah iyah. kecengan baru naek mobil, udah pede nih. lah ini crv kok material dalemnya nga beda sama ipah. huahahahahahaha...
trus pas udah duduk, lagi mau ngerayu cewe, eh ketemu lobang, bletak. mas ini mobil crv baru apa gerobak sih. kok bantingannya kaya gerobak. ROFL again...pembelaan crv nih, ini gua buktiin sendiri. pas minggu kemaren gua pergi satu keluarga, sama bokin, anak gua, suster dan mertuwir gua. pas udah full orang yah. ditambah emang gua ada box sound system yang lumayan berat dan bagasi isi barang perang anak gua. dengan kondisi full load aja, gua masih bisa kentutin apancah yang pecicilan di tol dan dalam keadaan full load, bantingan crv justru terasa lebih empuk. dibandingin cuma sendiri/berdua. coba sendiri deh. gua aja sampe kaget, gua pikir mertuwir gua bakalan tereak, karena lobang lumayan gua gua libas, kenyataannya malah bikin gua kaget karena nga segerobak yang gua bayangin kalo dalam keadaan full load.

crv cocok buat family ppl...kalo cx5 cocok buat yang lebih anak muda. hahaha...
makanya om helm suka cx5, soalnya si om masih demen cari anak sma dan maen basah basahan. huahahahaha...

crv menurut gua lebih family car yang perginya sekampung, kalo cx5 menurut gua lebih target ke eksmud yang sedang mencari damud.

so pilihan di tangan masing masing. menkeu ikut pergi, kita naek crv, jadi family man. pas menkeu nga ikut pergi, kita naek cx5, jadi eksmud dan cari damud. hahaha...
one small step for a man, a giant leap for mankind