sebelumnya saya jg berpendapat sama ttg St. fe gen1...dr bentuknya yang bulat bulet terbayang saat dipake juga terasa aneh, tapi setelah mencoba langsung, ternyata ride quality nya bagus, jauh dari saya bayangkan sebelumnya...sejak saat itulah saya mulai respect ke merek hyundai.Nightster Guy wrote:Jelas, Korea sudah belajar banyak sekarang. Masih pada inget kan gimana ugly nya desain Hyundai Coupe yang pernah masuk dulu, juga Hyundai Santa Fe gen I yang bulet2 GJ itu.
Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
nah...masalahnya yg diesel versi sebelumnya aja sdh ga dijual lagi (discontinued) di sini...apalagi yg versi R-DieselTurboman wrote:Wah sleeper dah tuh......ban - pelk standard juga misalnya, tapi shock ganti (pake HB atau Bilstein + Sway Bar / Underbrace) brake pad ganti juga, mesin pake 2200 cc CRDi R Spec 192 Bhp + A/T 6 speed + Piggyback + Exhaust free flowimsus2c wrote: sampe pernah ada yg komentar, bagaimana kalo bikin gen baru lagi dengan body gen 1 tapi mesin pakai Hyundai R-diesel atau setidaknya jika yg bensin, sama dengan yg dipakai di generasi sekarang
Seru dah

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
kalo saya yg bilang, tar dikira lebayjalu wrote:sebelumnya saya jg berpendapat sama ttg St. fe gen1...dr bentuknya yang bulat bulet terbayang saat dipake juga terasa aneh, tapi setelah mencoba langsung, ternyata ride quality nya bagus, jauh dari saya bayangkan sebelumnya...sejak saat itulah saya mulai respect ke merek hyundai.Nightster Guy wrote:Jelas, Korea sudah belajar banyak sekarang. Masih pada inget kan gimana ugly nya desain Hyundai Coupe yang pernah masuk dulu, juga Hyundai Santa Fe gen I yang bulet2 GJ itu.

secara populasinya ga banyak, jadi memang ga banyak yg test-ride dan review
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Kebetulan mobil pertama yang saya beli pakai duit sendiri justru adalah Hyundai Santa Fe gen 1. Manual (ngak ada matiknya di Indonesia saat itu). Beli unit bekas karena uang belum banyak saat itu.
Dan saya juga sangat kaget. Saat itu baru tahun 2001. Ride and handling tu mobil enak banget. Lega, pokoknya top deh. Coba kalau ada yang matik. Suara tutup pintu juga mantap. Ngak suara seperti kaleng.
Cuman akhirnya saya jual karena ada 2 masalah. Pertama kadang stall mendadak. Butuh berapa kali kerja sama ama beres, baru akhirnya di temukan ternyata yang bikin kasus adalah flywheelnya. Di ganti langsung sembuh. Cuman saat itu cukup mengganggu, karena kalau stall di tengah jalan kan ngak nyaman.
Cuman ini saya sadar adalah kasus extraordinary. Jarang terjadi. Once in a while. Saya yakin pemakai Hyundai di Indonesia termasuk Santi saat ini sudah tidak ada lagi masalah ini. Karena sudah di temukan solusinya. Sempat di ganti parts lain seperti crankshaft position sensor gituan. Dan dari pengalaman ini saya rasakan beres Hyundai OK kok.
Kepala bengkelnya sangat helpful. Ngak ada main deny gitu. Ngak sewot di repotkan terus. Dia sadar itu tugas dia untuk membantu konsumen. Karena juga bukan salah saya. Pokoknya udah coba ganti ini itu, saya ngak di pungut biaya lagi. Sangat bertanggung jawab.
Dan kasus ini saya sama sekali ngak pernah ngomel ama orang beres, karena saya sadar penuh bahwa yang salah partsnya, ngak ada kaitannya ama mutu kerjaan mechanicnya.
Cuman ngak lama habis kasus itu kompressor ACnya mulai ngak benar, bikin AC problem. Saat tau biaya ganti barunya berapa, ya saya jual deh. Cuman saat itu kurang pengalaman, ekspektasi terlalu tinggi. Gitu aja udah agak panic.
Sekarang baru sadar, mobil Jepang aja once in a while juga ada kasus freak, kalau santi kena stall, merek lain seperti honda pun juga belakangan ada recall untuk kasus extraordinary. Juga masalah kompressor bukan cuman Hyundai, pemilik crv, model sekarang maupun model sebelumnya, yang saya tau juga pernah ada pemiliknya cerita, mereka juga mengalami kompressor AC rusak meskipun usianya belum tua.
Udah tau ini, saya baru sadar, kasus kompressor AC Santi saya toh bukan artinya Santy saya sucks banget saat itu. Wong berapa pemilik honda crv aja kena ? Dan kasus kompressor ac crv yang saya dengar belakangan, bukan 10 tahun lalu.
Saya yakin Santa Fe tua sekarang udah OK semua, karena meskipun di bikin jaman Hyundai belum sepintar sekarang (sebelum tahun 2000), tapi sekarang parts yang baru udah pasti bagus semua.
Ingat saya pernah pakai Santi itu lewatin banjir cukup dalam. Kan tahun 2000-2004 banjirnya edan edan tuh. Sakti juga tuh Santi berenang.
Sejak itu saya selalu pikir, dulu aja ride and handling Hyundai enak gitu, apalagi sekarang ? Udah lihat Tucson. Exterior dan interiornya sangat bagus dan rapi. Ngak bisa di bedakan ama mobil Jepang, malah jauh lebih bagus banding daihatsu / suzuki.
Cuman mukanya aja sedikit kurang sreg, tapi samping dan belakangnya, sangat keren Tucson ini. Interior juga luas banget. Kursi juga enak. Ngak terlalu kecil dan ngak terlalu keras. Thumbs up deh !
Dan Grand New Avega juga beda jauh ama Avega tua. Interior maupun exteriornya.
Yang kenal orang HMI, saya sarankan komporkan mereka untuk CKD New Santa Fe versi 3 baris diesel dan bensin. Di jual di sekitar 300-320 jt. Saya yakin minimal bisa laku ratusan unit sebulan. Karena Tucson aja yang 2 baris lumayan salesnya. Apalagi Santi 3 baris diesel misalnya ?
Karena HMI toh ngak ada senjata lain saat ini. Dari pada pabrik over-capacity dan sales mandek. CKD Santi meskipun ngak bisa jual ribuan sebulan, tapi kan makin banyak pembeli, makin ada kesempatan untuk buktikan ke mereka Hyundai sudah beda. Dan gradually confidence pasti naik lagi.
Tanpa model CKD baru yang menarik, cari pembeli aja susah, apalagi membangun kepercayaan ? Sayang merek kuat ini sangat under-valued di Indonesia. Coba pemilik Hyundai bisa kasih saksi kali, gimana sparepartsnya sekarang, bagus ngak ? Rewel ngak ?
Dan saya juga sangat kaget. Saat itu baru tahun 2001. Ride and handling tu mobil enak banget. Lega, pokoknya top deh. Coba kalau ada yang matik. Suara tutup pintu juga mantap. Ngak suara seperti kaleng.
Cuman akhirnya saya jual karena ada 2 masalah. Pertama kadang stall mendadak. Butuh berapa kali kerja sama ama beres, baru akhirnya di temukan ternyata yang bikin kasus adalah flywheelnya. Di ganti langsung sembuh. Cuman saat itu cukup mengganggu, karena kalau stall di tengah jalan kan ngak nyaman.
Cuman ini saya sadar adalah kasus extraordinary. Jarang terjadi. Once in a while. Saya yakin pemakai Hyundai di Indonesia termasuk Santi saat ini sudah tidak ada lagi masalah ini. Karena sudah di temukan solusinya. Sempat di ganti parts lain seperti crankshaft position sensor gituan. Dan dari pengalaman ini saya rasakan beres Hyundai OK kok.
Kepala bengkelnya sangat helpful. Ngak ada main deny gitu. Ngak sewot di repotkan terus. Dia sadar itu tugas dia untuk membantu konsumen. Karena juga bukan salah saya. Pokoknya udah coba ganti ini itu, saya ngak di pungut biaya lagi. Sangat bertanggung jawab.
Dan kasus ini saya sama sekali ngak pernah ngomel ama orang beres, karena saya sadar penuh bahwa yang salah partsnya, ngak ada kaitannya ama mutu kerjaan mechanicnya.
Cuman ngak lama habis kasus itu kompressor ACnya mulai ngak benar, bikin AC problem. Saat tau biaya ganti barunya berapa, ya saya jual deh. Cuman saat itu kurang pengalaman, ekspektasi terlalu tinggi. Gitu aja udah agak panic.
Sekarang baru sadar, mobil Jepang aja once in a while juga ada kasus freak, kalau santi kena stall, merek lain seperti honda pun juga belakangan ada recall untuk kasus extraordinary. Juga masalah kompressor bukan cuman Hyundai, pemilik crv, model sekarang maupun model sebelumnya, yang saya tau juga pernah ada pemiliknya cerita, mereka juga mengalami kompressor AC rusak meskipun usianya belum tua.
Udah tau ini, saya baru sadar, kasus kompressor AC Santi saya toh bukan artinya Santy saya sucks banget saat itu. Wong berapa pemilik honda crv aja kena ? Dan kasus kompressor ac crv yang saya dengar belakangan, bukan 10 tahun lalu.
Saya yakin Santa Fe tua sekarang udah OK semua, karena meskipun di bikin jaman Hyundai belum sepintar sekarang (sebelum tahun 2000), tapi sekarang parts yang baru udah pasti bagus semua.
Ingat saya pernah pakai Santi itu lewatin banjir cukup dalam. Kan tahun 2000-2004 banjirnya edan edan tuh. Sakti juga tuh Santi berenang.
Sejak itu saya selalu pikir, dulu aja ride and handling Hyundai enak gitu, apalagi sekarang ? Udah lihat Tucson. Exterior dan interiornya sangat bagus dan rapi. Ngak bisa di bedakan ama mobil Jepang, malah jauh lebih bagus banding daihatsu / suzuki.
Cuman mukanya aja sedikit kurang sreg, tapi samping dan belakangnya, sangat keren Tucson ini. Interior juga luas banget. Kursi juga enak. Ngak terlalu kecil dan ngak terlalu keras. Thumbs up deh !
Dan Grand New Avega juga beda jauh ama Avega tua. Interior maupun exteriornya.
Yang kenal orang HMI, saya sarankan komporkan mereka untuk CKD New Santa Fe versi 3 baris diesel dan bensin. Di jual di sekitar 300-320 jt. Saya yakin minimal bisa laku ratusan unit sebulan. Karena Tucson aja yang 2 baris lumayan salesnya. Apalagi Santi 3 baris diesel misalnya ?
Karena HMI toh ngak ada senjata lain saat ini. Dari pada pabrik over-capacity dan sales mandek. CKD Santi meskipun ngak bisa jual ribuan sebulan, tapi kan makin banyak pembeli, makin ada kesempatan untuk buktikan ke mereka Hyundai sudah beda. Dan gradually confidence pasti naik lagi.
Tanpa model CKD baru yang menarik, cari pembeli aja susah, apalagi membangun kepercayaan ? Sayang merek kuat ini sangat under-valued di Indonesia. Coba pemilik Hyundai bisa kasih saksi kali, gimana sparepartsnya sekarang, bagus ngak ? Rewel ngak ?
jalu wrote:sebelumnya saya jg berpendapat sama ttg St. fe gen1...dr bentuknya yang bulat bulet terbayang saat dipake juga terasa aneh, tapi setelah mencoba langsung, ternyata ride quality nya bagus, jauh dari saya bayangkan sebelumnya...sejak saat itulah saya mulai respect ke merek hyundai.Nightster Guy wrote:Jelas, Korea sudah belajar banyak sekarang. Masih pada inget kan gimana ugly nya desain Hyundai Coupe yang pernah masuk dulu, juga Hyundai Santa Fe gen I yang bulet2 GJ itu.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Pokoke, masuk pasar Indo, mo makan kue gede, masukin tipe yang 3 row. Itu selling point utama dulu. Kalo 2 row pun, SUV style, mesti bener2 cakep kayak X Trail gen I dulu menggebrak pasar. Dan bila ditarik mundur ke belakang, y si VES (Vitara Escudo Sidekick).
As simple as that hehehe.... Orang Indo: Mangan ora mangan sing penting ngumpul....
As simple as that hehehe.... Orang Indo: Mangan ora mangan sing penting ngumpul....

Das Beste oder nichts.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Kalo soal Kompressor AC ini memang disayangkan nggak semua merek punya kualitas / ke-badak-an spt Komp AC buatan DENSO (walau gak semua Denso juga bagus)toyotaman wrote: Cuman ngak lama habis kasus itu kompressor ACnya mulai ngak benar, bikin AC problem. Saat tau biaya ganti barunya berapa, ya saya jual deh. Cuman saat itu kurang pengalaman, ekspektasi terlalu tinggi. Gitu aja udah agak panic.
sekarang baru sadar, mobil Jepang aja once in a while juga ada kasus freak, kalau santi kena stall, merek lain seperti honda pun juga belakangan ada recall untuk kasus extraordinary. Juga masalah kompressor bukan cuman Hyundai, pemilik crv, model sekarang maupun model sebelumnya, yang saya tau juga pernah ada pemiliknya cerita, mereka juga mengalami kompressor AC rusak meskipun usianya belum tua.
Hyundai konon menggunakan HCC (Halla), Honda menggunakan KeiHin. CMIIW
Kalo KeiHin hingga hari ini sih yah.....hehehehe.....bisa ditanyakan ke bengkel2 AC dah
Kalo Halla - HCC ini konon dulu gak se-badak Denso, tapi dgn komitmen Hyundai utk meningkatkan kualitas produk2-nya, harusnya dia bisa menuntut HCC utk membuat produk yg lebih reliabe.
Mungkin pemilik Hyundai saat ini bisa cerita bagaimana ttg kompressor AC nya ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Kompressor AC Nissan Serena apakah juga pakai Denso ?
Karena udah saya pakai 7 tahun, ngak pernah ada masalah Kompressor ACnya. Ngak pernah ngak dingin. Saudara saya aja kaget, dia bilang seharusnya AC mobil di maintenance berkala. Seingat saya ngak pernah tuh saya apa apain system ACnya, ngak pernah tambah freon pun. AC rumah aja merek Panasonic kalah awetnya.
Kalau ternyata benar juga merek Denso dan bisa bikin kompressor yang bisa di siksa 7 tahun tanpa masalah gini, hebat tuh !
Cuman sekali agak kurang dan beres langsung tau, bukan Kompressornya ada masalah, cuman sudah saatnya perlu ganti saringan udara cabin microfilter itu yang sudah tua dan kotor / mampet. Begitu di ganti langsung OK lagi.
Lumayan sih kalau bisa dapat kompressor yang awet, karena mahal kalau perlu ganti baru. Kalau cuman di benerin di bengkel AC hasilnya bisa tahan lama ngak ?
Karena udah saya pakai 7 tahun, ngak pernah ada masalah Kompressor ACnya. Ngak pernah ngak dingin. Saudara saya aja kaget, dia bilang seharusnya AC mobil di maintenance berkala. Seingat saya ngak pernah tuh saya apa apain system ACnya, ngak pernah tambah freon pun. AC rumah aja merek Panasonic kalah awetnya.
Kalau ternyata benar juga merek Denso dan bisa bikin kompressor yang bisa di siksa 7 tahun tanpa masalah gini, hebat tuh !
Cuman sekali agak kurang dan beres langsung tau, bukan Kompressornya ada masalah, cuman sudah saatnya perlu ganti saringan udara cabin microfilter itu yang sudah tua dan kotor / mampet. Begitu di ganti langsung OK lagi.
Lumayan sih kalau bisa dapat kompressor yang awet, karena mahal kalau perlu ganti baru. Kalau cuman di benerin di bengkel AC hasilnya bisa tahan lama ngak ?
Turboman wrote:Kalo soal Kompressor AC ini memang disayangkan nggak semua merek punya kualitas / ke-badak-an spt Komp AC buatan DENSO (walau gak semua Denso juga bagus)toyotaman wrote: Cuman ngak lama habis kasus itu kompressor ACnya mulai ngak benar, bikin AC problem. Saat tau biaya ganti barunya berapa, ya saya jual deh. Cuman saat itu kurang pengalaman, ekspektasi terlalu tinggi. Gitu aja udah agak panic.
sekarang baru sadar, mobil Jepang aja once in a while juga ada kasus freak, kalau santi kena stall, merek lain seperti honda pun juga belakangan ada recall untuk kasus extraordinary. Juga masalah kompressor bukan cuman Hyundai, pemilik crv, model sekarang maupun model sebelumnya, yang saya tau juga pernah ada pemiliknya cerita, mereka juga mengalami kompressor AC rusak meskipun usianya belum tua.
Hyundai konon menggunakan HCC (Halla), Honda menggunakan KeiHin. CMIIW
Kalo KeiHin hingga hari ini sih yah.....hehehehe.....bisa ditanyakan ke bengkel2 AC dah
Kalo Halla - HCC ini konon dulu gak se-badak Denso, tapi dgn komitmen Hyundai utk meningkatkan kualitas produk2-nya, harusnya dia bisa menuntut HCC utk membuat produk yg lebih reliabe.
Mungkin pemilik Hyundai saat ini bisa cerita bagaimana ttg kompressor AC nya ?
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Ada yang udh pengalaman memakai GL beserta AC nya...?
Setau saya sih, lebih baik dirawat tiap taun sekali. Ibaratnya, kalau kotor pun ngebersihinnya ngga ribet karena udah mampet. Tukang AC umum juga kasih resep gitu. Takutnya, ada apa2, ngga kedeteksi dari awal / lebih awal. Khan sayang kalo harus bongkar semua hanya karena lalai engga check up.
Setau saya sih, lebih baik dirawat tiap taun sekali. Ibaratnya, kalau kotor pun ngebersihinnya ngga ribet karena udah mampet. Tukang AC umum juga kasih resep gitu. Takutnya, ada apa2, ngga kedeteksi dari awal / lebih awal. Khan sayang kalo harus bongkar semua hanya karena lalai engga check up.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Nissan konon komp AC nya buatan Calsonic - ZEXELtoyotaman wrote:Kompressor AC Nissan Serena apakah juga pakai Denso ?
Kondensor AC nya juga buatan Calsonic
Calsonic ZEXEL punya Kompressor konon juga bagus & badak, cuman denger2 parts-nya agak susah ? CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Sepengetahuan ane, t30 dgn grill honeycomb masih memakai calsonic yang cara kerjanya gak on-off, lain dgn zexel, yang sudah on-off....mengenai ketahanan, ini pengalaman pribadi ya,,,,zexel is not good....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
kyanya si xtrail t31 ane pake denso deh.. dan denso bukannya ada sahamnya toyota juga yak? 

==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Masuk akal kalau Nissan pakai Calsonic, karena ternyata mereka adalah pemegang saham terbesar di Calsonic Kansei :
http://www.calsonickansei.co.jp/english/ir/stock.html
Nissan Motor pegang 41.5% saham Calsonic Kansei ini.
http://www.calsonickansei.co.jp/english/ir/stock.html
Nissan Motor pegang 41.5% saham Calsonic Kansei ini.
Turboman wrote:Nissan konon komp AC nya buatan Calsonic - ZEXELtoyotaman wrote:Kompressor AC Nissan Serena apakah juga pakai Denso ?
Kondensor AC nya juga buatan Calsonic
Calsonic ZEXEL punya Kompressor konon juga bagus & badak, cuman denger2 parts-nya agak susah ? CMIIW
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
dan coba periksa alternator t31... mitsubishi electric...datsu wrote:kyanya si xtrail t31 ane pake denso deh.. dan denso bukannya ada sahamnya toyota juga yak?

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
maksudnya gak on-off dan sudah on-off ini apa ya?ZombiEE wrote:Sepengetahuan ane, t30 dgn grill honeycomb masih memakai calsonic yang cara kerjanya gak on-off, lain dgn zexel, yang sudah on-off....mengenai ketahanan, ini pengalaman pribadi ya,,,,zexel is not good....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
ada kok pak TM, masuk resmi ATPM, tapi yg varian atas, mesinnya V6-2700cc AWD,toyotaman wrote:Kebetulan mobil pertama yang saya beli pakai duit sendiri justru adalah Hyundai Santa Fe gen 1. Manual (ngak ada matiknya di Indonesia saat itu). Beli unit bekas karena uang belum banyak saat itu.
Dan saya juga sangat kaget. Saat itu baru tahun 2001. Ride and handling tu mobil enak banget. Lega, pokoknya top deh. Coba kalau ada yang matik. Suara tutup pintu juga mantap. Ngak suara seperti kaleng.
kelengkapan standardnya (yg tidak terdapat di varian 2400 cc FWD):
- 4-speed matic steptronic
- Electric Sunroof
- Digital AC with climate control
- Dual SRS Airbag
- Leather seat
- Tyre= 225/70R16 (yg 2400 cc, 215/70R15)
Kebetulan salah satu member komunitas santier, pak Benny/vitaraman (Benyamin) yg juga salah satu dedengkot Suzuki VES (pak eljepe/pak uwo kenal dgn pak benyamin ini) punya santa fe gen1 yg varian ini.
Bisa dilihat di: http://www.cardomain.com/ride/3393388/2 ... i-santa-fe atau di http://vitaraman.multiply.com/
kebetulan dari beberapa pengguna santi yg kumpul2 di FB/SM, rasanya belom pernah ada yg ganti flywheel, jd itu mungkin memang kejadian langkatoyotaman wrote: Cuman akhirnya saya jual karena ada 2 masalah. Pertama kadang stall mendadak. Butuh berapa kali kerja sama ama beres, baru akhirnya di temukan ternyata yang bikin kasus adalah flywheelnya. Di ganti langsung sembuh. Cuman saat itu cukup mengganggu, karena kalau stall di tengah jalan kan ngak nyaman.
Cuman ini saya sadar adalah kasus extraordinary. Jarang terjadi. Once in a while. Saya yakin pemakai Hyundai di Indonesia termasuk Santi saat ini sudah tidak ada lagi masalah ini. Karena sudah di temukan solusinya. Sempat di ganti parts lain seperti crankshaft position sensor gituan. Dan dari pengalaman ini saya rasakan beres Hyundai OK kok.
salah satu yg diakui, perangkat elektroniknya lumayan rewel...tapi jangan salah, yg rewel2 itu malah kalau saya lihatin hampir semuanya bermerk BOSCH made in Germany (jd bukan buatan korea), saya sendiri pernah ganti sensor airflow
odometer santi saya saat ini diatas 175.000km and still rocking, di komunitas malah kalo ga salah ingat ada yg diatas 250.000km
jujur, saya pernah ganti AC, mungkin kombinasi dari kurang baiknya kompressor bawaan sama dgn kebiasaan buruk saya nyetir...suka nyetir sambil merokok, buka jendela tapi lupa matiin ac...dan tdk pernah service berkala ac-nya...akhirnya kompressor ngoroktoyotaman wrote: Cuman ngak lama habis kasus itu kompressor ACnya mulai ngak benar, bikin AC problem. Saat tau biaya ganti barunya berapa, ya saya jual deh. Cuman saat itu kurang pengalaman, ekspektasi terlalu tinggi. Gitu aja udah agak panic.
Sekarang baru sadar, mobil Jepang aja once in a while juga ada kasus freak, kalau santi kena stall, merek lain seperti honda pun juga belakangan ada recall untuk kasus extraordinary. Juga masalah kompressor bukan cuman Hyundai, pemilik crv, model sekarang maupun model sebelumnya, yang saya tau juga pernah ada pemiliknya cerita, mereka juga mengalami kompressor AC rusak meskipun usianya belum tua.
Udah tau ini, saya baru sadar, kasus kompressor AC Santi saya toh bukan artinya Santy saya sucks banget saat itu. Wong berapa pemilik honda crv aja kena ? Dan kasus kompressor ac crv yang saya dengar belakangan, bukan 10 tahun lalu.
ganti saat mobil berumur 10 tahun/sekitar 170.000km
kompressor genuine merk HCC (Halla), harga Rp. 2.5 juta
ini salah satu komen dari vitaraman yg saya quote dari sebuah forum, "kalo habis test drive santi, handling CRV langsung berasa hambar"toyotaman wrote: Sejak itu saya selalu pikir, dulu aja ride and handling Hyundai enak gitu, apalagi sekarang ? Udah lihat Tucson. Exterior dan interiornya sangat bagus dan rapi. Ngak bisa di bedakan ama mobil Jepang, malah jauh lebih bagus banding daihatsu / suzuki.
(sorry, no offense ya ....) mungkin maksudnya adalah handling CRV generasi seangkatan santi gen 1
kebetulan vitaraman salah satu entusias otomotif dan punya workshop
biarkan gambar bicara...katanya no pictures=hoaxtoyotaman wrote: Ingat saya pernah pakai Santi itu lewatin banjir cukup dalam. Kan tahun 2000-2004 banjirnya edan edan tuh. Sakti juga tuh Santi berenang.

ini bukan banjir genangan, tapi air yang mengalir deras...
nekat lewat di bantaran bengawan solo secara ada urusan mendadak yg darurat
di daerah perbatasan cepu-bojonegoro thn 2007 saat tanggul bengawan solo jebol,



untuk SUV banci/aspal platform sedan, si santi buat terabas banjir sih lumayan

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
new santa fee 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
betul pak, pakai HCCTurboman wrote: Hyundai konon menggunakan HCC (Halla), Honda menggunakan KeiHin. CMIIW
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
kapan dong?Abu2 wrote:new santa fee

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
@kopat: kalau saya tidak salah....on-off tuh merujuk pada kompresor bisa off sewaktu suhu yang ditarget dicapai, kalau semacam calsonic gak pernah mati kompresor nya, cuman aliran freon dihentikan....cmiiw
@datsu: bukannya calsonic kansei di t31?
Cmiiw, calsonic itu semacam denso to toyota...
@datsu: bukannya calsonic kansei di t31?
Cmiiw, calsonic itu semacam denso to toyota...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
payah bener nyari sekennya ...imsus2c wrote:kapan dong?Abu2 wrote:new santa fee
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
berarti dapat disimpulkan sementara bahwa produk korea, bagus ya, memuaskan, tp varian yg di jual adalah tidak tersedianya mpv 7 seat yg berharga murah serta prinsipal yg blm mau terjun langsung
buka mata buka hati buka telinga..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
hehehehe.. ane blm liat detail ke mesin sih jemb.... tp secara general di t31 masih tetep ada komponen2 berstiker denso.. 

==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Soale disana di Korea Slatan, nggada budaya "mangan ora mangan, kumpul", om...nasywa azalia wrote:berarti dapat disimpulkan sementara bahwa produk korea, bagus ya, memuaskan, tp varian yg di jual adalah tidak tersedianya mpv 7 seat yg berharga murah serta prinsipal yg blm mau terjun langsung

Sekali merid, jarang2 ortu atw sodara2 pada ngumpul2.. Kalopun ngumpul2, s ortu atw sodara juga udh punya mobil ndiri atw nyewa mobil ndiri, atw berombongan jalan2 naek kereta atw other publik trasport services yang sangat bermutu.
So, pikir produsen mobil korea, ngapa juga ngebikin mobil 3 baris kalo sepi2 aja yang naik...?


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
mmg kl anyaran di atpm masih dijual bang?Abu2 wrote:payah bener nyari sekennya ...imsus2c wrote:kapan dong?Abu2 wrote:new santa fee
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
ada kok pak TM, masuk resmi ATPM, tapi yg varian atas, mesinnya V6-2700cc AWD,
kelengkapan standardnya (yg tidak terdapat di varian 2400 cc FWD):
- 4-speed matic steptronic
- Electric Sunroof
- Digital AC with climate control
- Dual SRS Airbag
- Leather seat
- Tyre= 225/70R16 (yg 2400 cc, 215/70R15)
Kebetulan salah satu member komunitas santier, pak Benny/vitaraman (Benyamin) yg juga salah satu dedengkot Suzuki VES (pak eljepe/pak uwo kenal dgn pak benyamin ini) punya santa fe gen1 yg varian ini.
Bisa dilihat di: http://www.cardomain.com/ride/3393388/2 ... i-santa-fe atau di http://vitaraman.multiply.com/
Tul, ada matik yang V6-2700 cc itu. Tapi harganya beda jauh ama yang 2400 cc. Baru maupun bekas ! Jadi saya ngak ambil. Pasti enak tuh. Matik !
kebetulan dari beberapa pengguna santi yg kumpul2 di FB/SM, rasanya belom pernah ada yg ganti flywheel, jd itu mungkin memang kejadian langka
salah satu yg diakui, perangkat elektroniknya lumayan rewel...tapi jangan salah, yg rewel2 itu malah kalau saya lihatin hampir semuanya bermerk BOSCH made in Germany (jd bukan buatan korea), saya sendiri pernah ganti sensor airflow
odometer santi saya saat ini diatas 175.000km and still rocking, di komunitas malah kalo ga salah ingat ada yg diatas 250.000km
Ternyata benar dugaan saya, itu kasus stalling ngak cuman langka, tapi di pemakai Santi di Indonesia pun saya salah satu yang kena. Ngak umum gitu. Seperti kasus accelerasi mendadak toyota, memang di akui ngak semua toyota kena. Cuman saya yakin kasus Santy saya lebih langka lagi.
Dan memang kalau mau salahkan kenapa partsnya rewel, jangan main asal nembak pabrik mobilnya yah ? Karena kadang yang ngak benar justru supplier yang bikin partsnya. Seperti hal kasus anda, ya yang salah Bosch, bukan Hyundai. Cuman memang Hyundai yang milih mereka. Tapi jika gitu terus, tinggal ganti supplier, urusan pasti selesai. Dan kasus anda mungkin juga extraordinary, karena Bosch bukan perusahaan sembarangan. Ngak ada perusahaan yang mendekati sempurna. Ngak bakal.
Dan buset, jika Santy tua aja bisa 175,000-250,000 km dan masih rocking, wow ! Ini udah bukti kuat bahwa Hyundai benar benar sudah BAGUS ! Karena dulu jaman Santy tua di bikin Hyundai belum sepintar sekarang. Gitu aja bisa 250,000 km, apalagi sekarang ?
Seperti saya bilang, jutaan orang manca negara yang sekarang beli Hyundai tiap tahun bukan orang bego. Ada alasan kenapa mereka bisa gede gitu dan tumbuh terus. Sayang orang Indonesia banyak yang tidak tau.....
jujur, saya pernah ganti AC, mungkin kombinasi dari kurang baiknya kompressor bawaan sama dgn kebiasaan buruk saya nyetir...suka nyetir sambil merokok, buka jendela tapi lupa matiin ac...dan tdk pernah service berkala ac-nya...akhirnya kompressor ngorok
ganti saat mobil berumur 10 tahun/sekitar 170.000km
kompressor genuine merk HCC (Halla), harga Rp. 2.5 juta
Ngak heran Pak. Santy tua bikinan jaman Hyundai belum sepintar sekarang, pasti ada kasus. Tapi yang penting adalah, spareparts yang di beli dan di pakai belakangan makin bagus ! Kan pelan pelan parts jaman dulu di ganti ama parts yang makin awet, otomatis mobilnya makin mantap ! Renewal gitu. Don't feel bad. Para pemakai crv pun juga ada berapa yang kena kompressor ACnya. Itu Honda lo !
Dan jika 10 tahun baru ganti kompressor, wah Pak ! Itu mah WAJAR SEKALI ! Mobil Jepang aja belum tentu semua bisa lolos 10 tahun kompressornya. Saya mah puas lagi kalau bisa tahan 10 tahun. Wong AC Panasonic saya di rumah aja cuman 1-2 tahun udah bikin capek.
ini salah satu komen dari vitaraman yg saya quote dari sebuah forum, "kalo habis test drive santi, handling CRV langsung berasa hambar"
(sorry, no offense ya ....) mungkin maksudnya adalah handling CRV generasi seangkatan santi gen 1
kebetulan vitaraman salah satu entusias otomotif dan punya workshop
X-Trail aja meskipun enak banget, tapi saya rasa Santy saya yang tua itu belum tentu kalah comfortnya ama X-Trail baru comfortnya. Cuman steering Santy agak sedikit terlalu enteng. Tapi itu Santy jadul ! Penasaran Santy baru gimana yah ?
Ah Pak, anda kalau kenal anggota Santy Club Indonesia, coba minta mereka komporin HMI untuk CKD Santy Baru, versi 3 baris. Lupakan yang 2 baris. Kalau harga bisa 300-320 jt, saya yakin salesnya akan meningkat !
Karena Captiva aja yang brand GM, juga GM di Indonesia belum sekuat Jepang aja, karena ada 3 baris, tuh lumayan laku kan ? Harganya juga ngak murah lagi. Juga sekarang makin banyak orang Indonesia keluar negeri, dan siapa tau di antara mereka, ada yang sadar, di luar negeri Hyundai itu udah jadi raksasa ! Siapa tau nanti ada Santy CKD ini, di antara mereka yang sudah kenal The Hyundai Today, akan beli ?
TOYOTA : The One You Ought To Avoid