mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by Penikmat_Kopi »

madcat015 wrote:
ferryset wrote:kan mobil Indonesia disesuaikan dengan kantong orang indo misalnya dilakukan down grade misalnya untuk jenis mobil yang sama di luar negeri mobil tersebut ada airbag, abs, ebd sedang di Indonesia tidak ada karena menyesuaikan dengan keuangan konsumen di Indonesia sehingga harga yang ditawarkan menjadi lebih murah. sebab kalau misal mengikuti spek luar negeri mungkin mobil tersebut bisa jadi ngga laku. bener ga sih pendapat saya? ayo pada komen donx
hehehehehhe
y_anjasrana wrote:high tech = high cost. orang sini milih yg pasti2 aja dehh.... klu bikin stress saat maintenance ya pasti ditinggalkan..
Setuju, untuk mobil mainstream jaman duo kaleng maut.

Sekarang kayaknya uda ada pergeseran paradigma, ga cuman mikir murah doang (meskipun purna jual dan harga seken mantab). Contoh, Suzuki Ertiga. 28 Maret 2012 lalu ane dipanggil bos Suzuki A Yani, Surabaya, ada Ertiga baru mendarat di parking lot. Disuruh kasi verdict awal. Ane liat spek, harga, tampilan luar dan dalam, mesin (ga boleh TD, foto aja ga boleh). Ane cuman bilang "Ce, kalo supply oke, ni mobil bisa menandingi duo kaleng. Untuk jadi no. 1, ane belum bisa kasi verdict karena tergantung 2 hal: konsumen dan Suzuki sendiri. Kalo Suzuki purna jualnya bagus, trus memperhatikan konsumen 1st car buyer, ane rasa amunisi Ertiga jauh lebih baik".

Akhirnya, tuh Ertiga berhamburan di jalan. Bos Suzuki A Yani telp nawarin "Nyo, ga ambil satu?" :mrgreen: Ane sudah ada SX-4.

Lagian, merek2 non top brand (Chevy, Ford, Mazda) uda mulai dilirik konsumen. Memang purna jual bisa dikatakan masih di bawah rata2 tapi ga sampe bikin eneg (pengalaman pribadi ane di Mazda). Bagaimanapun juga, sebagian besar konsumen pasti berpikir apakah uang yang dikeluarkan sebanding dengan mobilnya... Harga mahal tapi fitur dan kenyamanan di bawah standar? Untuk konsumen yang masih mikir resale value hal tadi ga penting karena mereka bakal takut harga jual jatuh, tapi untuk konsumen yang sudah mengerti arti mobil dan excitementnya bakal milih pilihan yang lebih baik. Istilahnya, beli mobil buat dipakai sendiri ngapain mikirin orang lain (pembeli mobil berikutnya).

Just sharing my thoughts though... :mrgreen:
Resale value sih tetep penting, kecuali kalau yg sudah sangat tajir. Itulah kenapa ada merk2 yg laris manis tapi ada juga yg susah lakunya. Menurut gue, bukan mikirin pembeli berikutnya, tapi mikirin diri sendiri untuk kedepannya terkait dengan kocek, nah kalo beli mahal trus harga resale jeblok kan nangis bombay :big_peace:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by VanzMatic »

Pergeseran paradigma sih iya. Tapi kalau persentasenya masih kecil (paradigma nya), saya rasa sih engga signifikan.
Mostly, kalau ada model baru, wajar aja kalau kemudian menjadi terlihat jamak di jalanan, sama saja kayak dulu jamannya avania pertama keluar, langsung menjamur.
Wajar.

Untuk diketahui saja, fitur2 tambahan sebagai tambahan amunisi, BUKAN sebagai alat keselamatan pasif utama. Misalnya Airbag.
Sudah jelas jelas dari namanya saja SRS (supplementary restraining System).
Mau dipasang airbag ampe sepuluh biji juga, kalau kesadaran memakai sabuk pengaman aja masih senen kemis melulu, tetep percuma aja. Yang ada malah jadi cidera parah karena malah orangnya bakal tertampar hebat dari akibat letupan airbag.

Nah, kalau bicara pasar Indonesia, berarti bicara SELURUH wilayah NKRI. SUDAHKAH saudara saudara kita yang lain punya kesadaran tinggi untuk pakai sabuk keselamatan?

Fasilitas ABS+EBD, kalau mental supirnya masih mental angkot tembak, jadilah jalanan adalah ajang adu kebut nyali, karena PASTI dalam benak mereka, mereka ngandelin,"Tenaaaaangng, ada ABS, ngga bakal nge-lock remnya, walaupun gue bejek mendadak"

Mental udah beres belum???

Hanya sedikit sharing aja kok..

Be honest..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by nugroho bagor »

m4rio wrote:itu yang lelucon innova yang gk bis apindah ke gigi 2 itu kalo gk salah pernah baca deh versi kijang kapsulnya...
dengan jawaban
kijang memang tiada duanya..
bener gk ya yg ane mksd itu??
Om saya numpang berteduh ya
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by asudarsono »

Lho emang gak ada duanya kok. :big_weee:
Ready to Race
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by ilhami »

Nggak mungkin lah kijang ada dua. Lha wong satu aja udah muat sekeluarga koq !!!
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by marama »

mgkn agk melenceng topik, tp knp ya proyek IMV toyota bs smp 1 dekade kmgkn br gnt model total major change, contohnya innova kluar pertama 2004 september, kmgkn bsr taun ini blm kluar all new,jd itungan kasar nya plg cpt taun dpn br major change (10 th brarti), itu asumsi plg cpt

Ap krn penjualannya msh kencang ya, atau krn innova superior g ada lawan berarti di segmennya
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by ZombiEE »

hiii,,, trit lama bangkit dari kubur :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by datsu »

hii.. nubie brondok z...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by Hansen »

Sementara penjualan off dulu
Image
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by htannis »

Betul sekali!!!
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by nugroho bagor »

Emang sdh gak jualan
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by andy1800 »

kata siapa ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by htannis »

andy1800 wrote:kata siapa ?
Kata om bagor
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by c_adhi_k »

OOT tak berujung......
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by nugroho bagor »

c_adhi_k wrote:OOT tak berujung......
Badak di ujung kulon om
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by c_adhi_k »

nugroho bagor wrote:
c_adhi_k wrote:OOT tak berujung......
Badak di ujung kulon om
badaknya siapa om yang ada disana?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by g4ndalf »

marama wrote:mgkn agk melenceng topik, tp knp ya proyek IMV toyota bs smp 1 dekade kmgkn br gnt model total major change, contohnya innova kluar pertama 2004 september, kmgkn bsr taun ini blm kluar all new,jd itungan kasar nya plg cpt taun dpn br major change (10 th brarti), itu asumsi plg cpt

Ap krn penjualannya msh kencang ya, atau krn innova superior g ada lawan berarti di segmennya
Karena inova bukan produk yg secara global lakunya banyak, memang di indonesia + bbrp negara lakunya lumayan, tapi secara global jumlah lakunya relatif sedikit dibanding brand2 lain spt altis, camry, crv, civic, dll.

Dalam industri otomotif, salah satu biaya terbesar itu adalah biaya R&D (product development) utk bikin all new model diperlukan biaya yang sangat besar - tapi ini cuma sekali saja. Selanjutnya biaya tersebut ditutup dari hasil penjualan mobil, otomatis jenis2 mobil yg laku tentu akan lebih cepat balik modal biaya R&D nya utk bikin all new model.

Sebagai gambaran, cmiiw, pasar otomotif terbesar ada di amerika utara, eropa, dan jepang. Nah, di ketiga market tsb boleh dibilang inova gak laku. Memang di indonesia lumayan laku, tapi indonesia adalah pasar yg kecil, cmiiw lagi (karena sdh lama gak buka data) penjualan mobil penumpang di indonesia +- 1 jt unit / thn, sedangkan di australia yg relatif kecil marketnya (yg penduduknya cuma kira2 10% indonesia) itu sudah mencapai angka +- 2,5jt unit / thn - utk pasar amrik mungkin 10x nya australia, jadi indonesia itu cuma 1/25 nya amrik (cmiiw, ini sbg gambaran). Jadi kalau dibandingkan secara global, market otomotif indonesia itu relatif kecil. Suatu produk yg laku keras hanya di market yg kecil tapi di market yg besar gak laku, ya tetap saja secara global penjualannya jeblok.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by kompresorz »

seingat saya dulu baca berita waktu rumor kijang kapsul mau berganti model salah 1 petinggi toyota mengatakan untuk perubahan total membutuhkan biaya 1 triliun....
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by y_anjasrana »

weww.... masa semahal itu r&dnya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by nugroho bagor »

y_anjasrana wrote:weww.... masa semahal itu r&dnya?
Masalah buat loe,wkwkwkwk
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by MitshuToyo »

nugroho bagor wrote:
y_anjasrana wrote:weww.... masa semahal itu r&dnya?
Masalah buat loe,wkwkwkwk

Kalo Boyota mah gak nyampe segitu..
wong satu engine di pake bancakan sekaligus sedan-mpv-suv-truk
Untung Boyota gak bikin kapal.. pasti enginenya sama...

:big_weee:
Lagi nginjek rem..
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by htannis »

MitshuToyo wrote:
nugroho bagor wrote:
y_anjasrana wrote:weww.... masa semahal itu r&dnya?
Masalah buat loe,wkwkwkwk

Kalo Boyota mah gak nyampe segitu..
wong satu engine di pake bancakan sekaligus sedan-mpv-suv-truk
Untung Boyota gak bikin kapal.. pasti enginenya sama...

:big_weee:
Malah setir yd dipake di sedan model lamanya, pas ganti model setirnya dipake di model facelift SUV nya :big_weee: stock body sejak tahun 2004 belum habis, dipake terus :big_weee:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by MitshuToyo »

Auww..
Btw bisa gak beli body cangkangnya doang untuk Innova-Hilux-Fortuner- Kijang kapsul ?

Trus beli chassis satu biji ?

Kan enak sesuai selera kalau bosen tinggal copot body cangkangnya trus bolt on ganti yg lain.. mesin kan 11-12 powernya...

:***&%@#%&.... Habis sudah.... #/#**&%!? :ngacir:
Lagi nginjek rem..
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by newrubble »

kalo sy baca thread title nya ...sbtulnya brand principal membuat produk dgn standar mrk yg disesuaikan dengan aturan di tiap negara ...jika aturan di suatu negara (mis: indo) itu loose ya mrk akan menggunakan ruang yg tersedia dlm aturan tsb (mis: kalo tdk wajib airbag, utk apa ada ...kalo gap antar panel tdk diatur spt JDM (max 2 milimeter) buat apa hrs spt JDM, kalo tdk wajib sat-nav GPS spt standar UK, EU, US dan JDM ya buat apa di pasang) ...itu logika nya

bgt juga bila aturan suatu negara bgt strict ...mrk tdk bisa berbuat banyak selain hrs menyesuaikan (misalnya US safety std yg memisahkan tiap front seat hrs terpasang safety/seatbelt yg terpisah antara "lap-belt" yg menahan perut dan shoulder belt yg menahan salah satu bahu dari seat-occupant nya dimana shoulder-belt itu wajib terbaut di belt-attachment-track yg ada diatas frame kaca pintu dan otomatis belt-attachment tersebut tertarik kedepan bila pintu terbuka sehingga org bisa lsg keluar dan sebaliknya bila pintu ditutup)

bikin mobil maupun CKD di indo itu enaknya upah pekerja production line nya murah (dibanding jepang atau negri lain berkategori first-world) ...tdk enaknya adalah: 1.high-social cost (land delivery banyak pungutan tdk resmi); 2.regulasi yg berubah ubah n kerap perlu penafsiran "org dalam" utk sekedar mengerti maksud hal yg diaturnya (industrialist hrs kluar ongkos legal-consultant baik resmi atau tdk -resmi; 3.hrg per unit jadi bgt mahal akibat bgt banyak pungutan resmi dgn berbagai judul; 4.bahan baku besi mau tdk mau hrs impor n tergantung hrg biji-besi di global market krn hingga kini tdk ada aturan dari pemerintah ttg daur-ulang kend.bermotor dan tdk ada batas usia operasional yg hrs berahir di scrap; dan 5.wajib CKD atau wajib di produksi @ asean bila mau kena bea impor unit tsb 5% (meski kalo CKD jatuhnya secara pajak lbh mahal dr asean built-up outside indo krn CKD ada yg namanya bea-masuk komponen yg besarannya antara 5-10%)

mobil toyota buatan indo atau yg masuk platform global macam innova, avanza itu lifetime maturity nya bgt lama krn mmg standar ke-ekonomisan toyota u ganti model itu antara 1-juta hingga 1.5-juta unit bila dibuat diluar JDM (lihat prius yg sdh di produksi lebih dr 3-juta unit utk total 3 generasi). sehingga sebetulnya produksi di indo itu blm mencapai efisiensi yg optimal yg total installed production cap "cuma" 140-180ribu unit (kira-kira)
Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by Jerome »

g4ndalf wrote: Karena inova bukan produk yg secara global lakunya banyak, memang di indonesia + bbrp negara lakunya lumayan, tapi secara global jumlah lakunya relatif sedikit dibanding brand2 lain spt altis, camry, crv, civic, dll.

Dalam industri otomotif, salah satu biaya terbesar itu adalah biaya R&D (product development) utk bikin all new model diperlukan biaya yang sangat besar - tapi ini cuma sekali saja. Selanjutnya biaya tersebut ditutup dari hasil penjualan mobil, otomatis jenis2 mobil yg laku tentu akan lebih cepat balik modal biaya R&D nya utk bikin all new model.

Sebagai gambaran, cmiiw, pasar otomotif terbesar ada di amerika utara, eropa, dan jepang. Nah, di ketiga market tsb boleh dibilang inova gak laku. Memang di indonesia lumayan laku, tapi indonesia adalah pasar yg kecil, cmiiw lagi (karena sdh lama gak buka data) penjualan mobil penumpang di indonesia +- 1 jt unit / thn, sedangkan di australia yg relatif kecil marketnya (yg penduduknya cuma kira2 10% indonesia) itu sudah mencapai angka +- 2,5jt unit / thn - utk pasar amrik mungkin 10x nya australia, jadi indonesia itu cuma 1/25 nya amrik (cmiiw, ini sbg gambaran). Jadi kalau dibandingkan secara global, market otomotif indonesia itu relatif kecil. Suatu produk yg laku keras hanya di market yg kecil tapi di market yg besar gak laku, ya tetap saja secara global penjualannya jeblok.
klo base on statistic, sampe May 2012, pasar mbl terbesar itu ada di
1. China (28.22%)
2. USA (21.26%
3. Japan (8.52%)
4. Germany (5.07%)
5. Rusia (4.59%)

http://saitam.hubpages.com/hub/Car-Sales-in-2012

sdgkan project IMV dr awal memang bkn ditujukan utk market US, EU bahkan JP, dan lbh menyasar ke new emerging market (negara berkembang) kyk Asia Pasific, Africa, Amerika Latin
Currently, the IMV series is manufactured in 11 locations, including four countries designated as global IMV supply bases: Thailand, Indonesia, Argentina and South Africa. These four bases provide vehicles to markets in Asia, Europe, Africa, Oceania, Central and South America, and the Middle East. Additionally, major components such as diesel engines produced in Thailand, gasoline engines produced in Indonesia and transmissions produced in the Philippines and India are distributed to IMV-producing countries.
http://www2.toyota.co.jp/en/news/12/04/0406_3.html

Toyota cukup "sadar" bhw IMV gak mgkn masuk ke pasar EU & US, makanya tidak dibuat dgn standard region tsb