Resale value sih tetep penting, kecuali kalau yg sudah sangat tajir. Itulah kenapa ada merk2 yg laris manis tapi ada juga yg susah lakunya. Menurut gue, bukan mikirin pembeli berikutnya, tapi mikirin diri sendiri untuk kedepannya terkait dengan kocek, nah kalo beli mahal trus harga resale jeblok kan nangis bombaymadcat015 wrote:ferryset wrote:kan mobil Indonesia disesuaikan dengan kantong orang indo misalnya dilakukan down grade misalnya untuk jenis mobil yang sama di luar negeri mobil tersebut ada airbag, abs, ebd sedang di Indonesia tidak ada karena menyesuaikan dengan keuangan konsumen di Indonesia sehingga harga yang ditawarkan menjadi lebih murah. sebab kalau misal mengikuti spek luar negeri mungkin mobil tersebut bisa jadi ngga laku. bener ga sih pendapat saya? ayo pada komen donx
hehehehehheSetuju, untuk mobil mainstream jaman duo kaleng maut.y_anjasrana wrote:high tech = high cost. orang sini milih yg pasti2 aja dehh.... klu bikin stress saat maintenance ya pasti ditinggalkan..
Sekarang kayaknya uda ada pergeseran paradigma, ga cuman mikir murah doang (meskipun purna jual dan harga seken mantab). Contoh, Suzuki Ertiga. 28 Maret 2012 lalu ane dipanggil bos Suzuki A Yani, Surabaya, ada Ertiga baru mendarat di parking lot. Disuruh kasi verdict awal. Ane liat spek, harga, tampilan luar dan dalam, mesin (ga boleh TD, foto aja ga boleh). Ane cuman bilang "Ce, kalo supply oke, ni mobil bisa menandingi duo kaleng. Untuk jadi no. 1, ane belum bisa kasi verdict karena tergantung 2 hal: konsumen dan Suzuki sendiri. Kalo Suzuki purna jualnya bagus, trus memperhatikan konsumen 1st car buyer, ane rasa amunisi Ertiga jauh lebih baik".
Akhirnya, tuh Ertiga berhamburan di jalan. Bos Suzuki A Yani telp nawarin "Nyo, ga ambil satu?"Ane sudah ada SX-4.
Lagian, merek2 non top brand (Chevy, Ford, Mazda) uda mulai dilirik konsumen. Memang purna jual bisa dikatakan masih di bawah rata2 tapi ga sampe bikin eneg (pengalaman pribadi ane di Mazda). Bagaimanapun juga, sebagian besar konsumen pasti berpikir apakah uang yang dikeluarkan sebanding dengan mobilnya... Harga mahal tapi fitur dan kenyamanan di bawah standar? Untuk konsumen yang masih mikir resale value hal tadi ga penting karena mereka bakal takut harga jual jatuh, tapi untuk konsumen yang sudah mengerti arti mobil dan excitementnya bakal milih pilihan yang lebih baik. Istilahnya, beli mobil buat dipakai sendiri ngapain mikirin orang lain (pembeli mobil berikutnya).
Just sharing my thoughts though...
mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
Penikmat_Kopi
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1372
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
-
VanzMatic
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Pergeseran paradigma sih iya. Tapi kalau persentasenya masih kecil (paradigma nya), saya rasa sih engga signifikan.
Mostly, kalau ada model baru, wajar aja kalau kemudian menjadi terlihat jamak di jalanan, sama saja kayak dulu jamannya avania pertama keluar, langsung menjamur.
Wajar.
Untuk diketahui saja, fitur2 tambahan sebagai tambahan amunisi, BUKAN sebagai alat keselamatan pasif utama. Misalnya Airbag.
Sudah jelas jelas dari namanya saja SRS (supplementary restraining System).
Mau dipasang airbag ampe sepuluh biji juga, kalau kesadaran memakai sabuk pengaman aja masih senen kemis melulu, tetep percuma aja. Yang ada malah jadi cidera parah karena malah orangnya bakal tertampar hebat dari akibat letupan airbag.
Nah, kalau bicara pasar Indonesia, berarti bicara SELURUH wilayah NKRI. SUDAHKAH saudara saudara kita yang lain punya kesadaran tinggi untuk pakai sabuk keselamatan?
Fasilitas ABS+EBD, kalau mental supirnya masih mental angkot tembak, jadilah jalanan adalah ajang adu kebut nyali, karena PASTI dalam benak mereka, mereka ngandelin,"Tenaaaaangng, ada ABS, ngga bakal nge-lock remnya, walaupun gue bejek mendadak"
Mental udah beres belum???
Hanya sedikit sharing aja kok..
Be honest..

Mostly, kalau ada model baru, wajar aja kalau kemudian menjadi terlihat jamak di jalanan, sama saja kayak dulu jamannya avania pertama keluar, langsung menjamur.
Wajar.
Untuk diketahui saja, fitur2 tambahan sebagai tambahan amunisi, BUKAN sebagai alat keselamatan pasif utama. Misalnya Airbag.
Sudah jelas jelas dari namanya saja SRS (supplementary restraining System).
Mau dipasang airbag ampe sepuluh biji juga, kalau kesadaran memakai sabuk pengaman aja masih senen kemis melulu, tetep percuma aja. Yang ada malah jadi cidera parah karena malah orangnya bakal tertampar hebat dari akibat letupan airbag.
Nah, kalau bicara pasar Indonesia, berarti bicara SELURUH wilayah NKRI. SUDAHKAH saudara saudara kita yang lain punya kesadaran tinggi untuk pakai sabuk keselamatan?
Fasilitas ABS+EBD, kalau mental supirnya masih mental angkot tembak, jadilah jalanan adalah ajang adu kebut nyali, karena PASTI dalam benak mereka, mereka ngandelin,"Tenaaaaangng, ada ABS, ngga bakal nge-lock remnya, walaupun gue bejek mendadak"
Mental udah beres belum???
Hanya sedikit sharing aja kok..
Be honest..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
nugroho bagor
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5508
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D Matic
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Om saya numpang berteduh yam4rio wrote:itu yang lelucon innova yang gk bis apindah ke gigi 2 itu kalo gk salah pernah baca deh versi kijang kapsulnya...
dengan jawaban
kijang memang tiada duanya..
bener gk ya yg ane mksd itu??
-
asudarsono
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Nggak mungkin lah kijang ada dua. Lha wong satu aja udah muat sekeluarga koq !!!
-
marama
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 935
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
mgkn agk melenceng topik, tp knp ya proyek IMV toyota bs smp 1 dekade kmgkn br gnt model total major change, contohnya innova kluar pertama 2004 september, kmgkn bsr taun ini blm kluar all new,jd itungan kasar nya plg cpt taun dpn br major change (10 th brarti), itu asumsi plg cpt
Ap krn penjualannya msh kencang ya, atau krn innova superior g ada lawan berarti di segmennya
Ap krn penjualannya msh kencang ya, atau krn innova superior g ada lawan berarti di segmennya
-
ZombiEE
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
hiii,,, trit lama bangkit dari kubur

-
datsu
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
hii.. nubie brondok z...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
Hansen
- Member of Mechanic Master

- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
htannis
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Betul sekali!!!
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
nugroho bagor
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5508
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D Matic
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Emang sdh gak jualan
-
andy1800
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
htannis
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Kata om bagorandy1800 wrote:kata siapa ?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
c_adhi_k
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2199
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
OOT tak berujung......
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
nugroho bagor
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5508
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D Matic
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Badak di ujung kulon omc_adhi_k wrote:OOT tak berujung......
-
c_adhi_k
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2199
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
badaknya siapa om yang ada disana?nugroho bagor wrote:Badak di ujung kulon omc_adhi_k wrote:OOT tak berujung......
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
g4ndalf
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Karena inova bukan produk yg secara global lakunya banyak, memang di indonesia + bbrp negara lakunya lumayan, tapi secara global jumlah lakunya relatif sedikit dibanding brand2 lain spt altis, camry, crv, civic, dll.marama wrote:mgkn agk melenceng topik, tp knp ya proyek IMV toyota bs smp 1 dekade kmgkn br gnt model total major change, contohnya innova kluar pertama 2004 september, kmgkn bsr taun ini blm kluar all new,jd itungan kasar nya plg cpt taun dpn br major change (10 th brarti), itu asumsi plg cpt
Ap krn penjualannya msh kencang ya, atau krn innova superior g ada lawan berarti di segmennya
Dalam industri otomotif, salah satu biaya terbesar itu adalah biaya R&D (product development) utk bikin all new model diperlukan biaya yang sangat besar - tapi ini cuma sekali saja. Selanjutnya biaya tersebut ditutup dari hasil penjualan mobil, otomatis jenis2 mobil yg laku tentu akan lebih cepat balik modal biaya R&D nya utk bikin all new model.
Sebagai gambaran, cmiiw, pasar otomotif terbesar ada di amerika utara, eropa, dan jepang. Nah, di ketiga market tsb boleh dibilang inova gak laku. Memang di indonesia lumayan laku, tapi indonesia adalah pasar yg kecil, cmiiw lagi (karena sdh lama gak buka data) penjualan mobil penumpang di indonesia +- 1 jt unit / thn, sedangkan di australia yg relatif kecil marketnya (yg penduduknya cuma kira2 10% indonesia) itu sudah mencapai angka +- 2,5jt unit / thn - utk pasar amrik mungkin 10x nya australia, jadi indonesia itu cuma 1/25 nya amrik (cmiiw, ini sbg gambaran). Jadi kalau dibandingkan secara global, market otomotif indonesia itu relatif kecil. Suatu produk yg laku keras hanya di market yg kecil tapi di market yg besar gak laku, ya tetap saja secara global penjualannya jeblok.
-
kompresorz
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
seingat saya dulu baca berita waktu rumor kijang kapsul mau berganti model salah 1 petinggi toyota mengatakan untuk perubahan total membutuhkan biaya 1 triliun....
-
y_anjasrana
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 8857
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
weww.... masa semahal itu r&dnya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
nugroho bagor
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5508
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D Matic
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Masalah buat loe,wkwkwkwky_anjasrana wrote:weww.... masa semahal itu r&dnya?
-
MitshuToyo
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
nugroho bagor wrote:Masalah buat loe,wkwkwkwky_anjasrana wrote:weww.... masa semahal itu r&dnya?
Kalo Boyota mah gak nyampe segitu..
wong satu engine di pake bancakan sekaligus sedan-mpv-suv-truk
Untung Boyota gak bikin kapal.. pasti enginenya sama...
Lagi nginjek rem..
-
htannis
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Malah setir yd dipake di sedan model lamanya, pas ganti model setirnya dipake di model facelift SUV nyaMitshuToyo wrote:nugroho bagor wrote:Masalah buat loe,wkwkwkwky_anjasrana wrote:weww.... masa semahal itu r&dnya?
Kalo Boyota mah gak nyampe segitu..
wong satu engine di pake bancakan sekaligus sedan-mpv-suv-truk
Untung Boyota gak bikin kapal.. pasti enginenya sama...
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
MitshuToyo
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
Auww..
Btw bisa gak beli body cangkangnya doang untuk Innova-Hilux-Fortuner- Kijang kapsul ?
Trus beli chassis satu biji ?
Kan enak sesuai selera kalau bosen tinggal copot body cangkangnya trus bolt on ganti yg lain.. mesin kan 11-12 powernya...
:***&%@#%&.... Habis sudah.... #/#**&%!?
Btw bisa gak beli body cangkangnya doang untuk Innova-Hilux-Fortuner- Kijang kapsul ?
Trus beli chassis satu biji ?
Kan enak sesuai selera kalau bosen tinggal copot body cangkangnya trus bolt on ganti yg lain.. mesin kan 11-12 powernya...
:***&%@#%&.... Habis sudah.... #/#**&%!?
Lagi nginjek rem..
-
newrubble
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 7646
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
kalo sy baca thread title nya ...sbtulnya brand principal membuat produk dgn standar mrk yg disesuaikan dengan aturan di tiap negara ...jika aturan di suatu negara (mis: indo) itu loose ya mrk akan menggunakan ruang yg tersedia dlm aturan tsb (mis: kalo tdk wajib airbag, utk apa ada ...kalo gap antar panel tdk diatur spt JDM (max 2 milimeter) buat apa hrs spt JDM, kalo tdk wajib sat-nav GPS spt standar UK, EU, US dan JDM ya buat apa di pasang) ...itu logika nya
bgt juga bila aturan suatu negara bgt strict ...mrk tdk bisa berbuat banyak selain hrs menyesuaikan (misalnya US safety std yg memisahkan tiap front seat hrs terpasang safety/seatbelt yg terpisah antara "lap-belt" yg menahan perut dan shoulder belt yg menahan salah satu bahu dari seat-occupant nya dimana shoulder-belt itu wajib terbaut di belt-attachment-track yg ada diatas frame kaca pintu dan otomatis belt-attachment tersebut tertarik kedepan bila pintu terbuka sehingga org bisa lsg keluar dan sebaliknya bila pintu ditutup)
bikin mobil maupun CKD di indo itu enaknya upah pekerja production line nya murah (dibanding jepang atau negri lain berkategori first-world) ...tdk enaknya adalah: 1.high-social cost (land delivery banyak pungutan tdk resmi); 2.regulasi yg berubah ubah n kerap perlu penafsiran "org dalam" utk sekedar mengerti maksud hal yg diaturnya (industrialist hrs kluar ongkos legal-consultant baik resmi atau tdk -resmi; 3.hrg per unit jadi bgt mahal akibat bgt banyak pungutan resmi dgn berbagai judul; 4.bahan baku besi mau tdk mau hrs impor n tergantung hrg biji-besi di global market krn hingga kini tdk ada aturan dari pemerintah ttg daur-ulang kend.bermotor dan tdk ada batas usia operasional yg hrs berahir di scrap; dan 5.wajib CKD atau wajib di produksi @ asean bila mau kena bea impor unit tsb 5% (meski kalo CKD jatuhnya secara pajak lbh mahal dr asean built-up outside indo krn CKD ada yg namanya bea-masuk komponen yg besarannya antara 5-10%)
mobil toyota buatan indo atau yg masuk platform global macam innova, avanza itu lifetime maturity nya bgt lama krn mmg standar ke-ekonomisan toyota u ganti model itu antara 1-juta hingga 1.5-juta unit bila dibuat diluar JDM (lihat prius yg sdh di produksi lebih dr 3-juta unit utk total 3 generasi). sehingga sebetulnya produksi di indo itu blm mencapai efisiensi yg optimal yg total installed production cap "cuma" 140-180ribu unit (kira-kira)
bgt juga bila aturan suatu negara bgt strict ...mrk tdk bisa berbuat banyak selain hrs menyesuaikan (misalnya US safety std yg memisahkan tiap front seat hrs terpasang safety/seatbelt yg terpisah antara "lap-belt" yg menahan perut dan shoulder belt yg menahan salah satu bahu dari seat-occupant nya dimana shoulder-belt itu wajib terbaut di belt-attachment-track yg ada diatas frame kaca pintu dan otomatis belt-attachment tersebut tertarik kedepan bila pintu terbuka sehingga org bisa lsg keluar dan sebaliknya bila pintu ditutup)
bikin mobil maupun CKD di indo itu enaknya upah pekerja production line nya murah (dibanding jepang atau negri lain berkategori first-world) ...tdk enaknya adalah: 1.high-social cost (land delivery banyak pungutan tdk resmi); 2.regulasi yg berubah ubah n kerap perlu penafsiran "org dalam" utk sekedar mengerti maksud hal yg diaturnya (industrialist hrs kluar ongkos legal-consultant baik resmi atau tdk -resmi; 3.hrg per unit jadi bgt mahal akibat bgt banyak pungutan resmi dgn berbagai judul; 4.bahan baku besi mau tdk mau hrs impor n tergantung hrg biji-besi di global market krn hingga kini tdk ada aturan dari pemerintah ttg daur-ulang kend.bermotor dan tdk ada batas usia operasional yg hrs berahir di scrap; dan 5.wajib CKD atau wajib di produksi @ asean bila mau kena bea impor unit tsb 5% (meski kalo CKD jatuhnya secara pajak lbh mahal dr asean built-up outside indo krn CKD ada yg namanya bea-masuk komponen yg besarannya antara 5-10%)
mobil toyota buatan indo atau yg masuk platform global macam innova, avanza itu lifetime maturity nya bgt lama krn mmg standar ke-ekonomisan toyota u ganti model itu antara 1-juta hingga 1.5-juta unit bila dibuat diluar JDM (lihat prius yg sdh di produksi lebih dr 3-juta unit utk total 3 generasi). sehingga sebetulnya produksi di indo itu blm mencapai efisiensi yg optimal yg total installed production cap "cuma" 140-180ribu unit (kira-kira)
-
Jerome
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 289
- Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49
Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?
klo base on statistic, sampe May 2012, pasar mbl terbesar itu ada dig4ndalf wrote: Karena inova bukan produk yg secara global lakunya banyak, memang di indonesia + bbrp negara lakunya lumayan, tapi secara global jumlah lakunya relatif sedikit dibanding brand2 lain spt altis, camry, crv, civic, dll.
Dalam industri otomotif, salah satu biaya terbesar itu adalah biaya R&D (product development) utk bikin all new model diperlukan biaya yang sangat besar - tapi ini cuma sekali saja. Selanjutnya biaya tersebut ditutup dari hasil penjualan mobil, otomatis jenis2 mobil yg laku tentu akan lebih cepat balik modal biaya R&D nya utk bikin all new model.
Sebagai gambaran, cmiiw, pasar otomotif terbesar ada di amerika utara, eropa, dan jepang. Nah, di ketiga market tsb boleh dibilang inova gak laku. Memang di indonesia lumayan laku, tapi indonesia adalah pasar yg kecil, cmiiw lagi (karena sdh lama gak buka data) penjualan mobil penumpang di indonesia +- 1 jt unit / thn, sedangkan di australia yg relatif kecil marketnya (yg penduduknya cuma kira2 10% indonesia) itu sudah mencapai angka +- 2,5jt unit / thn - utk pasar amrik mungkin 10x nya australia, jadi indonesia itu cuma 1/25 nya amrik (cmiiw, ini sbg gambaran). Jadi kalau dibandingkan secara global, market otomotif indonesia itu relatif kecil. Suatu produk yg laku keras hanya di market yg kecil tapi di market yg besar gak laku, ya tetap saja secara global penjualannya jeblok.
1. China (28.22%)
2. USA (21.26%
3. Japan (8.52%)
4. Germany (5.07%)
5. Rusia (4.59%)
http://saitam.hubpages.com/hub/Car-Sales-in-2012
sdgkan project IMV dr awal memang bkn ditujukan utk market US, EU bahkan JP, dan lbh menyasar ke new emerging market (negara berkembang) kyk Asia Pasific, Africa, Amerika Latin
http://www2.toyota.co.jp/en/news/12/04/0406_3.htmlCurrently, the IMV series is manufactured in 11 locations, including four countries designated as global IMV supply bases: Thailand, Indonesia, Argentina and South Africa. These four bases provide vehicles to markets in Asia, Europe, Africa, Oceania, Central and South America, and the Middle East. Additionally, major components such as diesel engines produced in Thailand, gasoline engines produced in Indonesia and transmissions produced in the Philippines and India are distributed to IMV-producing countries.
Toyota cukup "sadar" bhw IMV gak mgkn masuk ke pasar EU & US, makanya tidak dibuat dgn standard region tsb


