Resale value sih tetep penting, kecuali kalau yg sudah sangat tajir. Itulah kenapa ada merk2 yg laris manis tapi ada juga yg susah lakunya. Menurut gue, bukan mikirin pembeli berikutnya, tapi mikirin diri sendiri untuk kedepannya terkait dengan kocek, nah kalo beli mahal trus harga resale jeblok kan nangis bombaymadcat015 wrote:ferryset wrote:kan mobil Indonesia disesuaikan dengan kantong orang indo misalnya dilakukan down grade misalnya untuk jenis mobil yang sama di luar negeri mobil tersebut ada airbag, abs, ebd sedang di Indonesia tidak ada karena menyesuaikan dengan keuangan konsumen di Indonesia sehingga harga yang ditawarkan menjadi lebih murah. sebab kalau misal mengikuti spek luar negeri mungkin mobil tersebut bisa jadi ngga laku. bener ga sih pendapat saya? ayo pada komen donx
hehehehehheSetuju, untuk mobil mainstream jaman duo kaleng maut.y_anjasrana wrote:high tech = high cost. orang sini milih yg pasti2 aja dehh.... klu bikin stress saat maintenance ya pasti ditinggalkan..
Sekarang kayaknya uda ada pergeseran paradigma, ga cuman mikir murah doang (meskipun purna jual dan harga seken mantab). Contoh, Suzuki Ertiga. 28 Maret 2012 lalu ane dipanggil bos Suzuki A Yani, Surabaya, ada Ertiga baru mendarat di parking lot. Disuruh kasi verdict awal. Ane liat spek, harga, tampilan luar dan dalam, mesin (ga boleh TD, foto aja ga boleh). Ane cuman bilang "Ce, kalo supply oke, ni mobil bisa menandingi duo kaleng. Untuk jadi no. 1, ane belum bisa kasi verdict karena tergantung 2 hal: konsumen dan Suzuki sendiri. Kalo Suzuki purna jualnya bagus, trus memperhatikan konsumen 1st car buyer, ane rasa amunisi Ertiga jauh lebih baik".
Akhirnya, tuh Ertiga berhamburan di jalan. Bos Suzuki A Yani telp nawarin "Nyo, ga ambil satu?"Ane sudah ada SX-4.
Lagian, merek2 non top brand (Chevy, Ford, Mazda) uda mulai dilirik konsumen. Memang purna jual bisa dikatakan masih di bawah rata2 tapi ga sampe bikin eneg (pengalaman pribadi ane di Mazda). Bagaimanapun juga, sebagian besar konsumen pasti berpikir apakah uang yang dikeluarkan sebanding dengan mobilnya... Harga mahal tapi fitur dan kenyamanan di bawah standar? Untuk konsumen yang masih mikir resale value hal tadi ga penting karena mereka bakal takut harga jual jatuh, tapi untuk konsumen yang sudah mengerti arti mobil dan excitementnya bakal milih pilihan yang lebih baik. Istilahnya, beli mobil buat dipakai sendiri ngapain mikirin orang lain (pembeli mobil berikutnya).
Just sharing my thoughts though...
