Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

benzz89 wrote:
Suryaputra wrote:
Nando93 wrote: Sun May 31, 2020 21:11 Halo om om..
Mau mnta rekomendasi oli utk boil ane dong..Nissan grand livina xgear th 2013, km.115rb an.
Kira kira oli apa yg cocok ya om? 10w-30 / 10w-40 / 5w-40?? N merk apa ya kira" yg rekomen n harga bersahabat ?? Hehe
Gnti oli terakhir ane pake ravenol 10w-30
schaeffer supreme 9000 5w30 (om turbo jual tuh).
kelas keraton itu, harga worth banget krn stok lama.
Sudah paling bener pakai ini oli buat mesin racing lipindut... Schaeffer 5W-30, oli keraton harga kaki lima. Barang antik ini, last order PM Om Turbo, siapa cepat dia dapat.

PS: Bukan sales Om Turbo or sales oli Schaeffer.
Engine oil Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W30 API SN sudah saya gunakan di Nissan ANGL CVT tahun 2014
resultnya ok banget utk oli seharga 120 ribu per liter utk mesin HR15DE Twin VTC , saat Italian tune up di toll kayu agung ke lampung ngak kesulitan nyampai speed 175 km padahal pedal gas belum nyampai ke floor (istri di bangku samping sudah nyubit) jadi lepas pedal gas deh padahal mobil bbm nya cuma premium ron 88 wkwkwk. Cuma saat mobil jalan dengan oli ini 2000 KM, masih tetap harus top up oli mesinnya wkwkwk. Sekarang di garasi masih ada stock oli ini dan oli motul H-Tech 100 5W30 API SN.
IMG_20191211_175359.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Mon Jun 01, 2020 6:59
benzz89 wrote:
Suryaputra wrote:
schaeffer supreme 9000 5w30 (om turbo jual tuh).
kelas keraton itu, harga worth banget krn stok lama.
Sudah paling bener pakai ini oli buat mesin racing lipindut... Schaeffer 5W-30, oli keraton harga kaki lima. Barang antik ini, last order PM Om Turbo, siapa cepat dia dapat.

PS: Bukan sales Om Turbo or sales oli Schaeffer.
Engine oil Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W30 API SN sudah saya gunakan di Nissan ANGL CVT tahun 2014
resultnya ok banget utk oli seharga 120 ribu per liter utk mesin HR15DE Twin VTC , saat Italian tune up di toll kayu agung ke lampung ngak kesulitan nyampai speed 175 km padahal pedal gas belum nyampai ke floor (istri di bangku samping sudah nyubit) jadi lepas pedal gas deh padahal mobil bbm nya cuma premium ron 88 wkwkwk. Cuma saat mobil jalan dengan oli ini 2000 KM, masih tetap harus top up oli mesinnya wkwkwk. Sekarang di garasi masih ada stock oli ini dan oli motul H-Tech 100 5W30 API SN.IMG_20191211_175359.jpg
Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Mon Jun 01, 2020 6:59
benzz89 wrote: Sudah paling bener pakai ini oli buat mesin racing lipindut... Schaeffer 5W-30, oli keraton harga kaki lima. Barang antik ini, last order PM Om Turbo, siapa cepat dia dapat.

PS: Bukan sales Om Turbo or sales oli Schaeffer.
Engine oil Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W30 API SN sudah saya gunakan di Nissan ANGL CVT tahun 2014
resultnya ok banget utk oli seharga 120 ribu per liter utk mesin HR15DE Twin VTC , saat Italian tune up di toll kayu agung ke lampung ngak kesulitan nyampai speed 175 km padahal pedal gas belum nyampai ke floor (istri di bangku samping sudah nyubit) jadi lepas pedal gas deh padahal mobil bbm nya cuma premium ron 88 wkwkwk. Cuma saat mobil jalan dengan oli ini 2000 KM, masih tetap harus top up oli mesinnya wkwkwk. Sekarang di garasi masih ada stock oli ini dan oli motul H-Tech 100 5W30 API SN.IMG_20191211_175359.jpg
Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.

Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Mon Jun 01, 2020 8:24
blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Mon Jun 01, 2020 6:59 Engine oil Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W30 API SN sudah saya gunakan di Nissan ANGL CVT tahun 2014
resultnya ok banget utk oli seharga 120 ribu per liter utk mesin HR15DE Twin VTC , saat Italian tune up di toll kayu agung ke lampung ngak kesulitan nyampai speed 175 km padahal pedal gas belum nyampai ke floor (istri di bangku samping sudah nyubit) jadi lepas pedal gas deh padahal mobil bbm nya cuma premium ron 88 wkwkwk. Cuma saat mobil jalan dengan oli ini 2000 KM, masih tetap harus top up oli mesinnya wkwkwk. Sekarang di garasi masih ada stock oli ini dan oli motul H-Tech 100 5W30 API SN.IMG_20191211_175359.jpg
Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.

Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan :big_cry:
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.

Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Mon Jun 01, 2020 8:24
blloewy wrote: Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.

Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan :big_cry:
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.

Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg :big_peace:
Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by dieselman228 »

halooo

mau tanya suhu" disini terkait penggantian oli mesin , transimisi manual dan gardan

kondisinya seperti dibawah

1. oli mesin pakai ptt 10w30 pakai baru 7k km trkhr penggantian bulan mei 2019

2. oli trsmisi manual pakai sinopec mtf gl4 75w90 wuling punya ganti di januari 2019

3. oli gardan pakai sinopec gl5 75290 wuling punya juga ganti di januari 2019


menurut temen" semua udah perlu diganti belum ya untuk oli mesin, oli transmisi dan oli gardan?
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »


Herman7103 wrote:
blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Mon Jun 01, 2020 8:24 Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.

Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan :big_cry:
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.

Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg :big_peace:
Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).

CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.

Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).

CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

benzz89 wrote: Mon Jun 01, 2020 10:35
Herman7103 wrote:
blloewy wrote: Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan :big_cry:
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.

Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg :big_peace:
Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).

CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.

Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).

CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
ane ganti oli di pan AT setiap 20rb KM pake oli beres
malah prnh 10rb ane udh ganti
flush di 40rb.. KM SX4 udh 105rb, tp klo masuk D kok ada suara halus ngeeeenggg gtu yah? kyk kopling manual lg stengah kopling.. hentakan ato yg aneh2 sih ga ada..

prlu ganti merk ATF kah??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

ViPerRed wrote:suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
Seffer 5W30 sold out

Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)

utk paket 4 L kalo ga salah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

benzz89 wrote:
Herman7103 wrote:
blloewy wrote: Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan :big_cry:
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.

Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg :big_peace:
Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).

CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.

Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).

CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
Nanti kita lihat aja om seberapa kuat CVT X-Tronic Nissan ini,bulan Mei 2014 saat odo keluar dari dealer XX Km dan sekarang 1 June 2020 odonya hampir 82 ribu Km CVT Transmission still smooth, no worry at all. Nanti saya update lagi jangka panjangnya karena memang mau di keep terus he..he..he..
:glodak:
HR15DE 2014
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »

ViPerRed wrote:
benzz89 wrote: Mon Jun 01, 2020 10:35
Herman7103 wrote:Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).

CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.

Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).

CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
ane ganti oli di pan AT setiap 20rb KM pake oli beres
malah prnh 10rb ane udh ganti
flush di 40rb.. KM SX4 udh 105rb, tp klo masuk D kok ada suara halus ngeeeenggg gtu yah? kyk kopling manual lg stengah kopling.. hentakan ato yg aneh2 sih ga ada..

prlu ganti merk ATF kah??
Sorry Om sebelum disentil momod lebih baik back to topik, ini kamar tentang oli permesinan, jadi nyasar ke bahas oli ATF. Ane yang oot duluan, minta maaf.

Om bisa bahas di trit oli ATF aja yah di kamar sebelah [emoji120]
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

benzz89 wrote: Mon Jun 01, 2020 11:33
ViPerRed wrote:
benzz89 wrote: Mon Jun 01, 2020 10:35

IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).

CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.

Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).

CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
ane ganti oli di pan AT setiap 20rb KM pake oli beres
malah prnh 10rb ane udh ganti
flush di 40rb.. KM SX4 udh 105rb, tp klo masuk D kok ada suara halus ngeeeenggg gtu yah? kyk kopling manual lg stengah kopling.. hentakan ato yg aneh2 sih ga ada..

prlu ganti merk ATF kah??
Sorry Om sebelum disentil momod lebih baik back to topik, ini kamar tentang oli permesinan, jadi nyasar ke bahas oli ATF. Ane yang oot duluan, minta maaf.

Om bisa bahas di trit oli ATF aja yah di kamar sebelah [emoji120]
lah iya juga ya
ga tau ada thread yg bahas ATF
siap saran diterima
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

Turboman wrote: Mon Jun 01, 2020 10:58
ViPerRed wrote:suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
Seffer 5W30 sold out

Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)

utk paket 4 L kalo ga salah
okehh om
ane pantau dlu klo emg diskon nya masih masuk budget.. tq om..
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Turboman wrote: Mon Jun 01, 2020 10:58
ViPerRed wrote:suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
Seffer 5W30 sold out

Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)

utk paket 4 L kalo ga salah
ini tadi pagi promo di blibli 4 L jadi 500 rebu
diliat kok botolnya beda ya ama yg 5W-30 PTT Full Syn warna botol bukan emas dan ada EURO nya.
Bedanya apa itu om ama yg non EURO PTT 5w-30 Full Syn? :big_think:
nubie in all things - still need to learn
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »


dieselman228 wrote:halooo

mau tanya suhu" disini terkait penggantian oli mesin , transimisi manual dan gardan

kondisinya seperti dibawah

1. oli mesin pakai ptt 10w30 pakai baru 7k km trkhr penggantian bulan mei 2019

2. oli trsmisi manual pakai sinopec mtf gl4 75w90 wuling punya ganti di januari 2019

3. oli gardan pakai sinopec gl5 75290 wuling punya juga ganti di januari 2019


menurut temen" semua udah perlu diganti belum ya untuk oli mesin, oli transmisi dan oli gardan?
1. Oli mesin sebaiknya ganti aja mengingat udah 1 tahun itu usia nya, meskipun secara jarak tempuh baru 7rb

2&3. Kalo saya ganti oli transmisi&gardan tiap 20rb KM atau tiap 1 tahun. Cuma selama ini sih selalu nyampe 20rb KM duluan meskipun belom setahun
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Givrun »

evanbngdor wrote: Mon Jun 01, 2020 11:59
dieselman228 wrote:halooo

mau tanya suhu" disini terkait penggantian oli mesin , transimisi manual dan gardan

kondisinya seperti dibawah

1. oli mesin pakai ptt 10w30 pakai baru 7k km trkhr penggantian bulan mei 2019

2. oli trsmisi manual pakai sinopec mtf gl4 75w90 wuling punya ganti di januari 2019

3. oli gardan pakai sinopec gl5 75290 wuling punya juga ganti di januari 2019


menurut temen" semua udah perlu diganti belum ya untuk oli mesin, oli transmisi dan oli gardan?
1. Oli mesin sebaiknya ganti aja mengingat udah 1 tahun itu usia nya, meskipun secara jarak tempuh baru 7rb

2&3. Kalo saya ganti oli transmisi&gardan tiap 20rb KM atau tiap 1 tahun. Cuma selama ini sih selalu nyampe 20rb KM duluan meskipun belom setahun
Klo olmes ane maks 1 tahun ..
Klo Oli gardan/transmisi 20.000 km/ 2tahun maks.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

blloewy wrote:
Turboman wrote: Mon Jun 01, 2020 10:58
ViPerRed wrote:suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
Seffer 5W30 sold out

Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)

utk paket 4 L kalo ga salah
ini tadi pagi promo di blibli 4 L jadi 500 rebu
diliat kok botolnya beda ya ama yg 5W-30 PTT Full Syn warna botol bukan emas dan ada EURO nya.
Bedanya apa itu om ama yg non EURO PTT 5w-30 Full Syn? :big_think:
Euro Syn ada PAO nya

1 Decene Homo
Screenshot_2020-06-01-19-24-25-976_com.google.android.apps.docs.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by dieselman228 »

evanbngdor wrote: Mon Jun 01, 2020 11:59
dieselman228 wrote:halooo

mau tanya suhu" disini terkait penggantian oli mesin , transimisi manual dan gardan

kondisinya seperti dibawah

1. oli mesin pakai ptt 10w30 pakai baru 7k km trkhr penggantian bulan mei 2019

2. oli trsmisi manual pakai sinopec mtf gl4 75w90 wuling punya ganti di januari 2019

3. oli gardan pakai sinopec gl5 75290 wuling punya juga ganti di januari 2019


menurut temen" semua udah perlu diganti belum ya untuk oli mesin, oli transmisi dan oli gardan?
1. Oli mesin sebaiknya ganti aja mengingat udah 1 tahun itu usia nya, meskipun secara jarak tempuh baru 7rb

2&3. Kalo saya ganti oli transmisi&gardan tiap 20rb KM atau tiap 1 tahun. Cuma selama ini sih selalu nyampe 20rb KM duluan meskipun belom setahun
siaaap om tks infonya
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Turboman wrote: Mon Jun 01, 2020 12:24
blloewy wrote:
Turboman wrote: Mon Jun 01, 2020 10:58 Seffer 5W30 sold out

Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)

utk paket 4 L kalo ga salah
ini tadi pagi promo di blibli 4 L jadi 500 rebu
diliat kok botolnya beda ya ama yg 5W-30 PTT Full Syn warna botol bukan emas dan ada EURO nya.
Bedanya apa itu om ama yg non EURO PTT 5w-30 Full Syn? :big_think:
Euro Syn ada PAO nya

1 Decene Homo

Screenshot_2020-06-01-19-24-25-976_com.google.android.apps.docs.jpg
Berarti ini ngga rekomen u Long Drain ya Om krn based nya PAO meskipun pasti ngga murni PAO krn ada tambahan lain?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 15:37
Berarti ini ngga rekomen u Long Drain ya Om krn based nya PAO meskipun pasti ngga murni PAO krn ada tambahan lain?
PAO ga mungkin 90% dr total oli.. MSDS oli kebanyakan cuman 10-30% memang. PAO terlalu banyak juga bahaya buat seal. Cmiiw om turbo.

Tp kalau dikaitkan dengan long drain. PAO based jelas long drain. Ambil contoh amsoil 0-20, itu TBN pada >10 dan NOACK (penguapan) yg rendah...

Coba oom baca2 BITOG atau Machinery Lubrication mengenai oli2 mulai dr vhvi, pao, ester...
Image
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

josomba wrote: Mon Jun 01, 2020 15:56
blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 15:37
Berarti ini ngga rekomen u Long Drain ya Om krn based nya PAO meskipun pasti ngga murni PAO krn ada tambahan lain?
PAO ga mungkin 90% dr total oli.. MSDS oli kebanyakan cuman 10-30% memang. PAO terlalu banyak juga bahaya buat seal. Cmiiw om turbo.

Tp kalau dikaitkan dengan long drain. PAO based jelas long drain. Ambil contoh amsoil 0-20, itu TBN pada >10 dan NOACK (penguapan) yg rendah...

Coba oom baca2 BITOG atau Machinery Lubrication mengenai oli2 mulai dr vhvi, pao, ester...
Itu dia maksud saya Om.
Kl.pure PAO aja malah ngga bisa long drain krn sifat dan karakteristik PAO sendiri.
Kl dicampur ama Ester atau VHVI iya bisa long drain.
Intinya sich emang ngga ada yg pure PAO.
Saya baca disini sich om ngga tau msh valid atau ngga.
https://kupasmotor.wordpress.com/2016/0 ... -tidak/amp

Bahkan disana bisa ksh MTBF nya lho u beberapa merk oli saat tulisan itu dibuat dgn mengacu ke penelitian salah satu dosen.
Koreksi kl salah ya om krn msh nubie bgt ttg oli. :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

blloewy wrote:
Turboman wrote: Mon Jun 01, 2020 12:24
blloewy wrote: ini tadi pagi promo di blibli 4 L jadi 500 rebu
diliat kok botolnya beda ya ama yg 5W-30 PTT Full Syn warna botol bukan emas dan ada EURO nya.
Bedanya apa itu om ama yg non EURO PTT 5w-30 Full Syn? :big_think:
Euro Syn ada PAO nya

1 Decene Homo

Screenshot_2020-06-01-19-24-25-976_com.google.android.apps.docs.jpg
Berarti ini ngga rekomen u Long Drain ya Om krn based nya PAO meskipun pasti ngga murni PAO krn ada tambahan lain?
Base oil yg semakin stabil pada suhu tinggi = semakin kuat utk Long Drain

Lalu tinggal didukung oleh additip package yg sesuai peruntukkan aja

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

blloewy wrote:
josomba wrote: Mon Jun 01, 2020 15:56
blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 15:37
Berarti ini ngga rekomen u Long Drain ya Om krn based nya PAO meskipun pasti ngga murni PAO krn ada tambahan lain?
PAO ga mungkin 90% dr total oli.. MSDS oli kebanyakan cuman 10-30% memang. PAO terlalu banyak juga bahaya buat seal. Cmiiw om turbo.

Tp kalau dikaitkan dengan long drain. PAO based jelas long drain. Ambil contoh amsoil 0-20, itu TBN pada >10 dan NOACK (penguapan) yg rendah...

Coba oom baca2 BITOG atau Machinery Lubrication mengenai oli2 mulai dr vhvi, pao, ester...
Itu dia maksud saya Om.
Kl.pure PAO aja malah ngga bisa long drain krn sifat dan karakteristik PAO sendiri.
Kl dicampur ama Ester atau VHVI iya bisa long drain.
Intinya sich emang ngga ada yg pure PAO.
Saya baca disini sich om ngga tau msh valid atau ngga.
https://kupasmotor.wordpress.com/2016/0 ... -tidak/amp

Bahkan disana bisa ksh MTBF nya lho u beberapa merk oli saat tulisan itu dibuat dgn mengacu ke penelitian salah satu dosen.
Koreksi kl salah ya om krn msh nubie bgt ttg oli. :big_peace:
Oli automotive rata2 kandungan PAO nya dari 7 - 30% lah

Yang base oil nya 100% PAO amat sgt jarang sekali, salah 1 nya PTT 4T racing oil yg 10W60 / 10W50 botol biru (kalo ga salah 70% PAO & 30% additip package di data MSDS nya)

Redline juga konon kandungan PAO nya tinggi

Btw pabrikan penghasil PAO juga tentu pasti akan terus menyempurnakan produk-nya, gak mungkin diam di tempat lah

Spt base oil Grup 2 & 3 pun skg ada Grup 2+ dan Grup 3+

Bahkan Grup 1 pun sudah ada Grup 1 Hydrotreated




* Bukan ajakan Beli *
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 16:20
Itu dia maksud saya Om.
Kl.pure PAO aja malah ngga bisa long drain krn sifat dan karakteristik PAO sendiri.
Kl dicampur ama Ester atau VHVI iya bisa long drain.
Intinya sich emang ngga ada yg pure PAO.
Saya baca disini sich om ngga tau msh valid atau ngga.
https://kupasmotor.wordpress.com/2016/0 ... -tidak/amp

Bahkan disana bisa ksh MTBF nya lho u beberapa merk oli saat tulisan itu dibuat dgn mengacu ke penelitian salah satu dosen.
Koreksi kl salah ya om krn msh nubie bgt ttg oli. :big_peace:
Waduh blog pecinta migor dan fans-nya om Sucahyo... :big_biglaugh:

Saya juga nubie kok tenang om...anyway...ya ga salah baca tu blog tp better crosscheck dengan web BITOG atau kalau mau bahasa planet lain dikit oilclub.ru... Disana kalau mau liat review spesifik oli, cari pembahasan yg sambil nunjukkin UOA juga, jd valid...
Image