Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Nando93 wrote: Sun May 31, 2020 21:11
Halo om om..
Mau mnta rekomendasi oli utk boil ane dong..Nissan grand livina xgear th 2013, km.115rb an.
Kira kira oli apa yg cocok ya om? 10w-30 / 10w-40 / 5w-40?? N merk apa ya kira" yg rekomen n harga bersahabat ?? Hehe
Gnti oli terakhir ane pake ravenol 10w-30
schaeffer supreme 9000 5w30 (om turbo jual tuh).
kelas keraton itu, harga worth banget krn stok lama.
Sudah paling bener pakai ini oli buat mesin racing lipindut... Schaeffer 5W-30, oli keraton harga kaki lima. Barang antik ini, last order PM Om Turbo, siapa cepat dia dapat.
PS: Bukan sales Om Turbo or sales oli Schaeffer.
Engine oil Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W30 API SN sudah saya gunakan di Nissan ANGL CVT tahun 2014
resultnya ok banget utk oli seharga 120 ribu per liter utk mesin HR15DE Twin VTC , saat Italian tune up di toll kayu agung ke lampung ngak kesulitan nyampai speed 175 km padahal pedal gas belum nyampai ke floor (istri di bangku samping sudah nyubit) jadi lepas pedal gas deh padahal mobil bbm nya cuma premium ron 88 wkwkwk. Cuma saat mobil jalan dengan oli ini 2000 KM, masih tetap harus top up oli mesinnya wkwkwk. Sekarang di garasi masih ada stock oli ini dan oli motul H-Tech 100 5W30 API SN.
IMG_20191211_175359.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra wrote:
schaeffer supreme 9000 5w30 (om turbo jual tuh).
kelas keraton itu, harga worth banget krn stok lama.
Sudah paling bener pakai ini oli buat mesin racing lipindut... Schaeffer 5W-30, oli keraton harga kaki lima. Barang antik ini, last order PM Om Turbo, siapa cepat dia dapat.
PS: Bukan sales Om Turbo or sales oli Schaeffer.
Engine oil Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W30 API SN sudah saya gunakan di Nissan ANGL CVT tahun 2014
resultnya ok banget utk oli seharga 120 ribu per liter utk mesin HR15DE Twin VTC , saat Italian tune up di toll kayu agung ke lampung ngak kesulitan nyampai speed 175 km padahal pedal gas belum nyampai ke floor (istri di bangku samping sudah nyubit) jadi lepas pedal gas deh padahal mobil bbm nya cuma premium ron 88 wkwkwk. Cuma saat mobil jalan dengan oli ini 2000 KM, masih tetap harus top up oli mesinnya wkwkwk. Sekarang di garasi masih ada stock oli ini dan oli motul H-Tech 100 5W30 API SN.IMG_20191211_175359.jpg
Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
benzz89 wrote:
Sudah paling bener pakai ini oli buat mesin racing lipindut... Schaeffer 5W-30, oli keraton harga kaki lima. Barang antik ini, last order PM Om Turbo, siapa cepat dia dapat.
PS: Bukan sales Om Turbo or sales oli Schaeffer.
Engine oil Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W30 API SN sudah saya gunakan di Nissan ANGL CVT tahun 2014
resultnya ok banget utk oli seharga 120 ribu per liter utk mesin HR15DE Twin VTC , saat Italian tune up di toll kayu agung ke lampung ngak kesulitan nyampai speed 175 km padahal pedal gas belum nyampai ke floor (istri di bangku samping sudah nyubit) jadi lepas pedal gas deh padahal mobil bbm nya cuma premium ron 88 wkwkwk. Cuma saat mobil jalan dengan oli ini 2000 KM, masih tetap harus top up oli mesinnya wkwkwk. Sekarang di garasi masih ada stock oli ini dan oli motul H-Tech 100 5W30 API SN.IMG_20191211_175359.jpg
Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.
Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
Herman7103 wrote: Mon Jun 01, 2020 6:59
Engine oil Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W30 API SN sudah saya gunakan di Nissan ANGL CVT tahun 2014
resultnya ok banget utk oli seharga 120 ribu per liter utk mesin HR15DE Twin VTC , saat Italian tune up di toll kayu agung ke lampung ngak kesulitan nyampai speed 175 km padahal pedal gas belum nyampai ke floor (istri di bangku samping sudah nyubit) jadi lepas pedal gas deh padahal mobil bbm nya cuma premium ron 88 wkwkwk. Cuma saat mobil jalan dengan oli ini 2000 KM, masih tetap harus top up oli mesinnya wkwkwk. Sekarang di garasi masih ada stock oli ini dan oli motul H-Tech 100 5W30 API SN.IMG_20191211_175359.jpg
Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.
Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.
Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg
blloewy wrote:
Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.
Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.
Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg
Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
Herman7103 wrote: Mon Jun 01, 2020 8:24
Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.
Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.
Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg
Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).
CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.
Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).
CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
blloewy wrote:
Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.
Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg
Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).
CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.
Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).
CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
ane ganti oli di pan AT setiap 20rb KM pake oli beres
malah prnh 10rb ane udh ganti
flush di 40rb.. KM SX4 udh 105rb, tp klo masuk D kok ada suara halus ngeeeenggg gtu yah? kyk kopling manual lg stengah kopling.. hentakan ato yg aneh2 sih ga ada..
ViPerRed wrote:suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
Seffer 5W30 sold out
Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)
blloewy wrote:
Engine nya sdh beda Om.
Ini sdh L11 sdh tahan banting bbm jelek.
Suhu jg ngga sepanas L10 sdh tu sdh ngga pake EGR makanya bs minum ron 88-90 cukup dan ngga ngelitik.
Kl yg msh L10 awal 2007 ngga akan kuat dikasi ron 88-90, 92 aja kdg msh ngelitik. L11 sama MR18DE itu yg engine tahan bbm murmerceng...L10 mah ekperimen awal Nissan
Cuma hati2 cvt aja om krn kl kena bs sedih dompet.
Interval ganti oli CVT aja dipercepat kl L11 matic CVT Xtronic.
Motul 10W-30 msh segolongan lah ama 5W-30 dari segi viskositas kl kualitas saya ngga paham krn blm pernah make jg
Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).
CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.
Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).
CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
Nanti kita lihat aja om seberapa kuat CVT X-Tronic Nissan ini,bulan Mei 2014 saat odo keluar dari dealer XX Km dan sekarang 1 June 2020 odonya hampir 82 ribu Km CVT Transmission still smooth, no worry at all. Nanti saya update lagi jangka panjangnya karena memang mau di keep terus he..he..he..
Herman7103 wrote:Untuk CVT memang di buku maualnya tertera ganti di odo 100 ribu km atau saat deteriorate 210000 tapi saya pribadi saat odo mobil ANGL CVT saya di odo baru 48 ribu KM (30 ribu mile atau masa pakai tahun ke 4) sudah ganti oli CVT nya dan habis 8 ltr oli CVT Nissan. Jadi aman om ngak khawatir sama sekali karena selama dikendarai selama.6 tahun, belum pernah sekalipun ngalami transmisi CVT nya mengalami limp mode.
Harga transmisi 1 set gear box CVT Nissan All New Grand Livina Rp 45 juta saat saya dulu saya tanya harganya di beres wkwkwk memang ngak murah tapi berkat CVT ini hasilnya selama 6 tahun pakai mobil bensinnya masih lebih irit even dibanding pemakaian BBM mobil operasional kantor saya, padahal cuma engine 1 .3 L dan transmisi MT lagi wkwkwk. Saya tahu karena saya akuntan nya wkwkwk.
IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).
CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.
Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).
CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
ane ganti oli di pan AT setiap 20rb KM pake oli beres
malah prnh 10rb ane udh ganti
flush di 40rb.. KM SX4 udh 105rb, tp klo masuk D kok ada suara halus ngeeeenggg gtu yah? kyk kopling manual lg stengah kopling.. hentakan ato yg aneh2 sih ga ada..
prlu ganti merk ATF kah??
Sorry Om sebelum disentil momod lebih baik back to topik, ini kamar tentang oli permesinan, jadi nyasar ke bahas oli ATF. Ane yang oot duluan, minta maaf.
Om bisa bahas di trit oli ATF aja yah di kamar sebelah [emoji120]
IMHO yah om kalau mau lebih awet sih, ganti oli CVT di pan tiap 20 ribu KM (paling 4 liter) & full flush tiap 40 ribu KM (8 liter).
CVT lebih sensitif banding gear A/T konvensional. Sekali rusak sudah gak ada ampun harus ganti assy (seglondongan). Gear A/T mungkin masih bisa direpair.
Gear A/T sih masih beranilah ganti full flushing tiap 40 ribu KM, tanpa harus ganti di pan tiap 20 ribu KM asal di kasih oli yang kelas keraton (kelas diatas standard pabrikan).
CVT ganti full di 48 ribu KM sih rada kejauhan yah menurut ane, apalagi oli bawaan pabrik biasanya oli "setandard" kaki lima, karena mau hemat cost juga kan itu pabrikan. CMIIW.
ane ganti oli di pan AT setiap 20rb KM pake oli beres
malah prnh 10rb ane udh ganti
flush di 40rb.. KM SX4 udh 105rb, tp klo masuk D kok ada suara halus ngeeeenggg gtu yah? kyk kopling manual lg stengah kopling.. hentakan ato yg aneh2 sih ga ada..
prlu ganti merk ATF kah??
Sorry Om sebelum disentil momod lebih baik back to topik, ini kamar tentang oli permesinan, jadi nyasar ke bahas oli ATF. Ane yang oot duluan, minta maaf.
Om bisa bahas di trit oli ATF aja yah di kamar sebelah [emoji120]
lah iya juga ya
ga tau ada thread yg bahas ATF
siap saran diterima
ViPerRed wrote:suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
Seffer 5W30 sold out
Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)
utk paket 4 L kalo ga salah
okehh om
ane pantau dlu klo emg diskon nya masih masuk budget.. tq om..
ViPerRed wrote:suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
Seffer 5W30 sold out
Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)
utk paket 4 L kalo ga salah
ini tadi pagi promo di blibli 4 L jadi 500 rebu
diliat kok botolnya beda ya ama yg 5W-30 PTT Full Syn warna botol bukan emas dan ada EURO nya.
Bedanya apa itu om ama yg non EURO PTT 5w-30 Full Syn?
ViPerRed wrote:suhu..
ane mau nanya nih..
schaeffer 5w30 sama Q8 5w30 special G/D1, kastanya tinggian mana yah? pgn Q8 tdnya untuk HR15 tp liat om turbo msh ada schaffer kok jd pengeennn..
Seffer 5W30 sold out
Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)
utk paket 4 L kalo ga salah
ini tadi pagi promo di blibli 4 L jadi 500 rebu
diliat kok botolnya beda ya ama yg 5W-30 PTT Full Syn warna botol bukan emas dan ada EURO nya.
Bedanya apa itu om ama yg non EURO PTT 5w-30 Full Syn?
Turboman wrote: Mon Jun 01, 2020 10:58
Seffer 5W30 sold out
Hari Jumat biasa si PTT promo Euro Syn 5W30 nya (ada PAO nya)
utk paket 4 L kalo ga salah
ini tadi pagi promo di blibli 4 L jadi 500 rebu
diliat kok botolnya beda ya ama yg 5W-30 PTT Full Syn warna botol bukan emas dan ada EURO nya.
Bedanya apa itu om ama yg non EURO PTT 5w-30 Full Syn?
blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 15:37
Berarti ini ngga rekomen u Long Drain ya Om krn based nya PAO meskipun pasti ngga murni PAO krn ada tambahan lain?
PAO ga mungkin 90% dr total oli.. MSDS oli kebanyakan cuman 10-30% memang. PAO terlalu banyak juga bahaya buat seal. Cmiiw om turbo.
Tp kalau dikaitkan dengan long drain. PAO based jelas long drain. Ambil contoh amsoil 0-20, itu TBN pada >10 dan NOACK (penguapan) yg rendah...
Coba oom baca2 BITOG atau Machinery Lubrication mengenai oli2 mulai dr vhvi, pao, ester...
blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 15:37
Berarti ini ngga rekomen u Long Drain ya Om krn based nya PAO meskipun pasti ngga murni PAO krn ada tambahan lain?
PAO ga mungkin 90% dr total oli.. MSDS oli kebanyakan cuman 10-30% memang. PAO terlalu banyak juga bahaya buat seal. Cmiiw om turbo.
Tp kalau dikaitkan dengan long drain. PAO based jelas long drain. Ambil contoh amsoil 0-20, itu TBN pada >10 dan NOACK (penguapan) yg rendah...
Coba oom baca2 BITOG atau Machinery Lubrication mengenai oli2 mulai dr vhvi, pao, ester...
Itu dia maksud saya Om.
Kl.pure PAO aja malah ngga bisa long drain krn sifat dan karakteristik PAO sendiri.
Kl dicampur ama Ester atau VHVI iya bisa long drain.
Intinya sich emang ngga ada yg pure PAO.
Saya baca disini sich om ngga tau msh valid atau ngga. https://kupasmotor.wordpress.com/2016/0 ... -tidak/amp
Bahkan disana bisa ksh MTBF nya lho u beberapa merk oli saat tulisan itu dibuat dgn mengacu ke penelitian salah satu dosen.
Koreksi kl salah ya om krn msh nubie bgt ttg oli.
blloewy wrote:
ini tadi pagi promo di blibli 4 L jadi 500 rebu
diliat kok botolnya beda ya ama yg 5W-30 PTT Full Syn warna botol bukan emas dan ada EURO nya.
Bedanya apa itu om ama yg non EURO PTT 5w-30 Full Syn?
blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 15:37
Berarti ini ngga rekomen u Long Drain ya Om krn based nya PAO meskipun pasti ngga murni PAO krn ada tambahan lain?
PAO ga mungkin 90% dr total oli.. MSDS oli kebanyakan cuman 10-30% memang. PAO terlalu banyak juga bahaya buat seal. Cmiiw om turbo.
Tp kalau dikaitkan dengan long drain. PAO based jelas long drain. Ambil contoh amsoil 0-20, itu TBN pada >10 dan NOACK (penguapan) yg rendah...
Coba oom baca2 BITOG atau Machinery Lubrication mengenai oli2 mulai dr vhvi, pao, ester...
Itu dia maksud saya Om.
Kl.pure PAO aja malah ngga bisa long drain krn sifat dan karakteristik PAO sendiri.
Kl dicampur ama Ester atau VHVI iya bisa long drain.
Intinya sich emang ngga ada yg pure PAO.
Saya baca disini sich om ngga tau msh valid atau ngga. https://kupasmotor.wordpress.com/2016/0 ... -tidak/amp
Bahkan disana bisa ksh MTBF nya lho u beberapa merk oli saat tulisan itu dibuat dgn mengacu ke penelitian salah satu dosen.
Koreksi kl salah ya om krn msh nubie bgt ttg oli.
Oli automotive rata2 kandungan PAO nya dari 7 - 30% lah
Yang base oil nya 100% PAO amat sgt jarang sekali, salah 1 nya PTT 4T racing oil yg 10W60 / 10W50 botol biru (kalo ga salah 70% PAO & 30% additip package di data MSDS nya)
Redline juga konon kandungan PAO nya tinggi
Btw pabrikan penghasil PAO juga tentu pasti akan terus menyempurnakan produk-nya, gak mungkin diam di tempat lah
Spt base oil Grup 2 & 3 pun skg ada Grup 2+ dan Grup 3+
blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 16:20
Itu dia maksud saya Om.
Kl.pure PAO aja malah ngga bisa long drain krn sifat dan karakteristik PAO sendiri.
Kl dicampur ama Ester atau VHVI iya bisa long drain.
Intinya sich emang ngga ada yg pure PAO.
Saya baca disini sich om ngga tau msh valid atau ngga. https://kupasmotor.wordpress.com/2016/0 ... -tidak/amp
Bahkan disana bisa ksh MTBF nya lho u beberapa merk oli saat tulisan itu dibuat dgn mengacu ke penelitian salah satu dosen.
Koreksi kl salah ya om krn msh nubie bgt ttg oli.
Waduh blog pecinta migor dan fans-nya om Sucahyo...
Saya juga nubie kok tenang om...anyway...ya ga salah baca tu blog tp better crosscheck dengan web BITOG atau kalau mau bahasa planet lain dikit oilclub.ru... Disana kalau mau liat review spesifik oli, cari pembahasan yg sambil nunjukkin UOA juga, jd valid...