Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maskopat »

kykyhalim4 wrote:
AD74YA wrote:Agak ndut-ndutan di kondisi stop and go, kalau dalam kondisi stop, terus langsung bejek gas..
Hmm... sudah tidak terasa seperti itu lg bro.. hanya lambat saja (ada delay yg lumayan), kebetulan unit saya sudah diupgrade softwarenya.. dari testi pemakai tsi memang dng upgrade sw ini terasa lebih smooth dsg nya ketika jalan stop and go
ane masih bingung dengan kelambatan golf tsi untuk maju dg segera agar tidak diserobot mobil dari samping... gimana ya? seperti throttle delay? atau shift down yang lama?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by AD74YA »

kykyhalim4 wrote:
AD74YA wrote:Agak ndut-ndutan di kondisi stop and go, kalau dalam kondisi stop, terus langsung bejek gas..
Hmm... sudah tidak terasa seperti itu lg bro.. hanya lambat saja (ada delay yg lumayan), kebetulan unit saya sudah diupgrade softwarenya.. dari testi pemakai tsi memang dng upgrade sw ini terasa lebih smooth dsg nya ketika jalan stop and go
Ooohh.... Ada upgrade software toh... Pantesan,,,
maskopat wrote:
ane masih bingung dengan kelambatan golf tsi untuk maju dg segera agar tidak diserobot mobil dari samping... gimana ya? seperti throttle delay? atau shift down yang lama?
Lebih ke arah throttle delay oom...

Kalau kata Jeremy Clarkson itu cenderung "wooley".. Kita injek, ada distinct delay, dan kadang mobil bereaksi tidak sesuai ekspektasi.. Kadang pada injekan tertentu dia hentakan mulus maju kedepan, kadang pada kondisi yang sama dia hentakan kasar.. Ciri khas DSG "konvensional" memang seperti ini...

Tapi tampaknya kalau upgrade software di ECU beda cerita ni..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maskopat »

okay, paham... thanks om helm... :cupss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by AD74YA »

maskopat wrote:okay, paham... thanks om helm... :cupss:
ai lap yu too :cupss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by kykyhalim4 »

AD74YA wrote:
kykyhalim4 wrote:
AD74YA wrote:Agak ndut-ndutan di kondisi stop and go, kalau dalam kondisi stop, terus langsung bejek gas..
Hmm... sudah tidak terasa seperti itu lg bro.. hanya lambat saja (ada delay yg lumayan), kebetulan unit saya sudah diupgrade softwarenya.. dari testi pemakai tsi memang dng upgrade sw ini terasa lebih smooth dsg nya ketika jalan stop and go
Ooohh.... Ada upgrade software toh... Pantesan,,,
maskopat wrote:
ane masih bingung dengan kelambatan golf tsi untuk maju dg segera agar tidak diserobot mobil dari samping... gimana ya? seperti throttle delay? atau shift down yang lama?
Lebih ke arah throttle delay oom...

Kalau kata Jeremy Clarkson itu cenderung "wooley".. Kita injek, ada distinct delay, dan kadang mobil bereaksi tidak sesuai ekspektasi.. Kada pada injekan tertentu dia hentakan mulus maju kedepan, kadang pada kondisi yang sama dia hentakan kasar.. Ciri khas DSG "konvensional" memang seperti ini...

Tapi tampaknya kalau upgrade software di ECU beda cerita ni..
Iya bro maskopat and bro ad74ya... memang delay yg berasal dari dsg... dan untuk hentakan2 tsb telah diperbaiki pada update software dsg and ecu untuk tsi ini.. kurang lebih kesimpulannya nih mobil kurang enak dibawa pelan.. mau nya lari mulu.. hehe..
User avatar
daeng_if
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by daeng_if »

jadi ga ada yg mobil sempurna ya. jadi mobil apa dong yg enak dipake dalam kota dan jadi raja di tol? betul diskusi yg ber bobot.

btw balik ke topik berapa fc real untuk dalkot, tol dan kombinasi os ini bedasarkan pengalaman om sibeng dan claude or rekan2 yg dah terima unit?

btw suhu om helm dan om maskopat udah pada test drive ga focus baru. kalo ga salah dsg + dgi sayang ga turbo ecoboot?
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by kykyhalim4 »

Mobil yg enak dipakai dalam kota dan raja di tol.. tanpa memperhitungkan fc dan harga ya pakai aja bmw 335i yg baru.. bukan raja lagi tapi setan tol itu.. wkwk..

Focus baru memang sudah sampai indo ya?
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by claude_wallace »

focus baru keliatannya menarik..
apalagi kalau harga di bawah 300 jt seperti focus sebelumnya.
hahaha..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by AD74YA »

Belum ada yang bawa Focus baru, jadi belum bisa coba hehehe :weekk:

Mobil tidak ada yang sempurna.. Tapi pastinya ada yang paling pas buat kita. Sama seperti pasangan hidup, cari mobil nggak bisa lihat dari brosur saja.. Kita harus benar-benar kenal, tau sejarah nya, kelebihan dan kekurangannya, lalu enak nggak dibuat jalan bareng... Tentu saja perjalanan menemukan "pasangan hidup" ini tidak bisa cepat, harus ada proses... Nggak bisa hanya kenalan satu orang/produk untuk menentukan itu yang terbaik untuk kita.. Harus kenal banyak...

:big_smoking:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by esh »

AD74YA wrote:Belum ada yang bawa Focus baru, jadi belum bisa coba hehehe :weekk:

Mobil tidak ada yang sempurna.. Tapi pastinya ada yang paling pas buat kita. Sama seperti pasangan hidup, cari mobil nggak bisa lihat dari brosur saja.. Kita harus benar-benar kenal, tau sejarah nya, kelebihan dan kekurangannya, lalu enak nggak dibuat jalan bareng... Tentu saja perjalanan menemukan "pasangan hidup" ini tidak bisa cepat, harus ada proses... Nggak bisa hanya kenalan satu orang/produk untuk menentukan itu yang terbaik untuk kita.. Harus kenal banyak...

:big_smoking:
kecuali untuk om nescafe yang sudah ditakdirkan menjadi peternak honda. :big_peace:
User avatar
daeng_if
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by daeng_if »

Focus udah nyampe om, hari ini mau TD kemarin udah first impression.

Berikut first impreesion nubie
- model lebih bagus dari fiesta... Pastilah :)
- rim akar khas amerika. Liat foto biasa saja tapi kalo liat aslinya sangar banget rim 17 ban 215/50 type sport HB
- build interior mantap, kulit dan dashboard empuk dimana aja.
- mobil ini serasa gadget MID kayak HP baik di speedo maupun di tengah
- ada sunroof, headlamp washer, hid projector, auto on off lamp, auto rain sensor, active city stop, active grile, foglamp dpn blkng, sync bisa baca sms, voice command, semua kaca auto kyk bmw :), full air bag (7 biji), cruse control, esp, auto parking (ada sonar sekeliling mobil), tc, audio quility sama fiesta, ac climate, mirror fold (kayaknya ada fitur blind spot monitoring, besok cek lagi), kata sales ada torque vectoring monitor (tapi belum tau cara nguji fitur ini)
- reduced size spare tyre, belum capless kayak fiesta, lebih lapang dari fiesta :)
- mesin gdi (gasoline direct injection)
- transmisi matic (kalo ga salah) dsg, besok cek lagi. Ada fitur manual mode
- harga di bawah 350jt (lengkapnya ada di fjb kaskus)

Sory bajak treat alias oot krn treat ini seru , :
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by evolution21 »

sandaran jok enak?
yg baris kedua gimana? tegak dan sempit ga? biasanya mobil eropa gitu soalnya...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maxx »

AD74YA wrote: C 250 CGI misalkan, torsi besar, hp besar (well, lebih jauh dibanding OS), masih bisa dapet irit banget dengan eco driving, tapi disaat driving normal, mesinnya sangat responsif.. Ini maksud ane hp dan torsi irrelevan dengan FC.

Poin yang kedua, adalah basically ane mau ngomong kalau mobil yang disetting untuk hemat itu pada kondisi jalan normal, belum tentu hemat.. Much like Prius di video. Nah, ini ane cuman mau ngasih awareness aja ke OS owner agar jangan terlalu termakan marketing irit nya... Kalau mau irit ya harus disesuaikan driving style nya. Seperti yang ane tulis diatas:
karakter mesin aja di fokuskan u/ kondisi tertentu dimana dia bisa hemat FC, kalo si prius dan BMW M3 dijalan bukan circuit tanpa hambatan.. dimana kondisi dalam kota stop & go dan speed cuma max bisa 60 .. sptnya akan lebih irit prius dibanding BMW M3, jadi sebenarnya soal FC yg plg utama adalah tergantung sikon jalan dan kaki kanan pengemudi

yg saya tau u/ kondisi jalan jkt keseharian yg macet dan padat >> mesin 1200cc - 2000cc>> FCnya sehebat2nya eco driving tetap dalam range 1:9-10, .. kecuali pas lebaran gini kali ya.. jalan lenggang .. bisa cruising lancar tanpa sering2 injek rem spt hari normal jkt yg hiruk pikuk ramai.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by maxx »

daeng_if wrote:Focus udah nyampe om, hari ini mau TD kemarin udah first impression.

Berikut first impreesion nubie
- model lebih bagus dari fiesta... Pastilah :)
- rim akar khas amerika. Liat foto biasa saja tapi kalo liat aslinya sangar banget rim 17 ban 215/50 type sport HB
- build interior mantap, kulit dan dashboard empuk dimana aja.
- mobil ini serasa gadget MID kayak HP baik di speedo maupun di tengah
- ada sunroof, headlamp washer, hid projector, auto on off lamp, auto rain sensor, active city stop, active grile, foglamp dpn blkng, sync bisa baca sms, voice command, semua kaca auto kyk bmw :), full air bag (7 biji), cruse control, esp, auto parking (ada sonar sekeliling mobil), tc, audio quility sama fiesta, ac climate, mirror fold (kayaknya ada fitur blind spot monitoring, besok cek lagi), kata sales ada torque vectoring monitor (tapi belum tau cara nguji fitur ini)
- reduced size spare tyre, belum capless kayak fiesta, lebih lapang dari fiesta :)
- mesin gdi (gasoline direct injection)
- transmisi matic (kalo ga salah) dsg, besok cek lagi. Ada fitur manual mode
- harga di bawah 350jt (lengkapnya ada di fjb kaskus)

Sory bajak treat alias oot krn treat ini seru , :
specnya mantab nih... cuma kalo sekali error.. ford indo masih debil tar ga bisa benerin :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by kykyhalim4 »

maxx wrote:
daeng_if wrote:Focus udah nyampe om, hari ini mau TD kemarin udah first impression.

Berikut first impreesion nubie
- model lebih bagus dari fiesta... Pastilah :)
- rim akar khas amerika. Liat foto biasa saja tapi kalo liat aslinya sangar banget rim 17 ban 215/50 type sport HB
- build interior mantap, kulit dan dashboard empuk dimana aja.
- mobil ini serasa gadget MID kayak HP baik di speedo maupun di tengah
- ada sunroof, headlamp washer, hid projector, auto on off lamp, auto rain sensor, active city stop, active grile, foglamp dpn blkng, sync bisa baca sms, voice command, semua kaca auto kyk bmw :), full air bag (7 biji), cruse control, esp, auto parking (ada sonar sekeliling mobil), tc, audio quility sama fiesta, ac climate, mirror fold (kayaknya ada fitur blind spot monitoring, besok cek lagi), kata sales ada torque vectoring monitor (tapi belum tau cara nguji fitur ini)
- reduced size spare tyre, belum capless kayak fiesta, lebih lapang dari fiesta :)
- mesin gdi (gasoline direct injection)
- transmisi matic (kalo ga salah) dsg, besok cek lagi. Ada fitur manual mode
- harga di bawah 350jt (lengkapnya ada di fjb kaskus)

Sory bajak treat alias oot krn treat ini seru , :
specnya mantab nih... cuma kalo sekali error.. ford indo masih debil tar ga bisa benerin :D
Feature nya kaya bener yaa.. hp dan torsi brp bro? Bisa jadi direct competitor buat golf tsi nich :)
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by claude_wallace »

iya nih.. ford barang bagus, cuma kena atpm nya kurang meyakinkan.
ford escape tuh barang bagus padahal..
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by claude_wallace »

evolution21 wrote:sandaran jok enak?
yg baris kedua gimana? tegak dan sempit ga? biasanya mobil eropa gitu soalnya...
iya nih.. kyk fiesta tdk ? yg jok keduanya kurang nyaman..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by AD74YA »

maxx wrote:
karakter mesin aja di fokuskan u/ kondisi tertentu dimana dia bisa hemat FC, kalo si prius dan BMW M3 dijalan bukan circuit tanpa hambatan.. dimana kondisi dalam kota stop & go dan speed cuma max bisa 60 .. sptnya akan lebih irit prius dibanding BMW M3, jadi sebenarnya soal FC yg plg utama adalah tergantung sikon jalan dan kaki kanan pengemudi

yg saya tau u/ kondisi jalan jkt keseharian yg macet dan padat >> mesin 1200cc - 2000cc>> FCnya sehebat2nya eco driving tetap dalam range 1:9-10, .. kecuali pas lebaran gini kali ya.. jalan lenggang .. bisa cruising lancar tanpa sering2 injek rem spt hari normal jkt yg hiruk pikuk ramai.
Kalau ngomong Prius vs M3 di realita ga akan apple to apple.. Test yg ini sengaja dibuat hiperbola untuk memperlihatkan gimana pengaruh driving style..

Poin ane, lebih konkrit nya, adalah seperti bandingin i-dsi dan vtec di jaman City 2007...

Keduanya displacement sama, transmisi sama, hanya beda "settingan" performa. Yang satu buat irit (ngincer akselerasi spontan tapi nafas pendek), satu buat nafas panjang tapi tarikan bawah lebih lemot.

Logikanya i-dsi di kondisi stop and go lebih irit kan? Saya pernah test barengan (ane user i-dsi, yang vtec punya temen ane).. Dua2 nya ane reset, dan ane setirin dengan gaya yang sama. Hasilnya? FC sama saja.. Ujung-ujungnya malah nyesel kenapa ambil i-dsi untuk ngincer irit tapi nafasnya pendek banget kalau butuh ngebut..

Dari situ ane belajar bahwa banyak banget advertising mengenai mesin dan transmisi yang di setting irit itu overrated kalau realitanya mobil di setirin dengan gaya yang mix (kita gak mungkin 24/7 eco driving) dan kondisi lalu lintas kita.

Ane cuman pengen ngasih awareness aja.. Kalau buat mereka-mereka yang ngincer mobil karena advertising mobil itu eco lah, irit lah, apa lah.. Faktanya adalah mobil yang displacement nya sama, FC nya gak akan jauh beda.

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by AD74YA »

claude_wallace wrote:
evolution21 wrote:sandaran jok enak?
yg baris kedua gimana? tegak dan sempit ga? biasanya mobil eropa gitu soalnya...
iya nih.. kyk fiesta tdk ? yg jok keduanya kurang nyaman..
Bikin tret baru donk kalau dah TD oom
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
daeng_if
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by daeng_if »

sok om mood. thanks dah advice buat topic baru.
hari ini dah td nih mobil sama dengan gadget. tgg foto2 dan videonya
User avatar
daeng_if
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by daeng_if »

yg mau bahas 2013 ford focus ke mari http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 12&t=16802
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by claude_wallace »

IDSI dan Vtec itu bukannya mesin yg berbeda ya ? Walaupun displacementnya sama.

IMHO, sisi irit itu penting, tentu dengan melihat gaya setir saya cocok dengan mesin dan transmisi yg mana.
Jadi advertising eco ataupun irit, tentu mengena bagi org2 yg memperhatikan sisi irit seperti saya.
Walaupun keputusan terakhir ada di testdrive dan pertimbangan2 lain, tdk peduli apa kata sales ataupun advertisingnya.
Seperti yaris dan jazz vtec. Dengan gaya menyetir saya, pernah pakai yaris dgn FC dalam kota bisa 1:12, sedangkan jazz vtec 1:10 (kebetulan dua mobil ini ada di garasi, jadi bisa dicoba2). Semua kondisi standar dan saya tau sejarahnya dari baru. Walaupun mesinnya sama2 1500cc. Menurut saya selisih 2 poin itu lumayan buat FC.
Tentu semua subyektif mengenai FC, prioritas apa yg dicari dalam mencari mobil dan pengalaman org thd suatu mobil juga berbeda2.
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by kykyhalim4 »

Oot dikit share info ttg golep tsi:

Beberapa hari yg lalu pada saat mobil diisi pertamax biasa (oktan 92) saya gas pol nih boil dkt rumah pada malam hari.. tuas transmisi di S.. awalnya akselerasi sgt hebat namun beberapa detik kemudian jantung saya langsung deg2an karena mobil langsung turun speednya diiringi dng suara mesin yg kasar dan getar2 hebat.. kecepatan tidak biza lebih dari 40 kmh.. dan di mid ada kata2 engine fault, safe mode.. langsung pelan2 saya bawa pulang kerumah dan sampai dirumah saya matikan mesin.. lemes rasanya.. wkwk.. beberapa menit kemudian saya coba nyalakan lg mesinnya ehhh.. mesin bekerja dng normal.. alus.. saya bawa putar2 keliling kompleks semuanya tampak normal.. lalu sy langsung konsultasi dng suhu tsi yaitu si bro clarxion (sepertinya dia ga ada di sm) dan ternyata.ecu membaca bahwa telah terjadi knocking akibat mungkin penggunaan pertamax biasa.. kesimpulannya pertamax plus harga mati buat nih boil.. klo terpaksa.pakai pertamax biasa maka.mobil ini jangan digeber2 terlalu.extrem..

esoknya karena memang bensin sudah mau E maka saya isi.full pertamax plus.. so far.aman.. geber2an ga ada problem.. dan setelah saya.lihat di tangki bensin disitu ada sticker dimana tulisannya rekomended oktan 98.. minimal 95.. hahaha.. parah bener ya...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by AD74YA »

claude_wallace wrote:IDSI dan Vtec itu bukannya mesin yg berbeda ya ? Walaupun displacementnya sama.

IMHO, sisi irit itu penting, tentu dengan melihat gaya setir saya cocok dengan mesin dan transmisi yg mana.
Jadi advertising eco ataupun irit, tentu mengena bagi org2 yg memperhatikan sisi irit seperti saya.
Walaupun keputusan terakhir ada di testdrive dan pertimbangan2 lain, tdk peduli apa kata sales ataupun advertisingnya.
Seperti yaris dan jazz vtec. Dengan gaya menyetir saya, pernah pakai yaris dgn FC dalam kota bisa 1:12, sedangkan jazz vtec 1:10 (kebetulan dua mobil ini ada di garasi, jadi bisa dicoba2). Semua kondisi standar dan saya tau sejarahnya dari baru. Walaupun mesinnya sama2 1500cc. Menurut saya selisih 2 poin itu lumayan buat FC.
Tentu semua subyektif mengenai FC, prioritas apa yg dicari dalam mencari mobil dan pengalaman org thd suatu mobil juga berbeda2.
Betul i-dsi dan vtec berbeda approach nya.. tapi mereka berdua deliver sifat yang sama. vtec basically merupakan teknologi vvt, i-dsi bukan. vtec pakai satu busi per silinder, i-dsi pakai dua, dll dsb. Tapi mereka berdua ini diciptakan untuk memiliki tujuan yang sama, well, basically i-dsi diciptakan untuk men-deliver performa yang mirip dengan teknologi vvt tapi menggunakan pendekatan yang berbeda. Dengan kata lain hasil eksperimental Honda. Sampai akhirnya diketahui bahwa potensi i-dsi terbatas untuk dikembangkan, mesin ini lebih irit dari teknologi vvt konvensional, tapi performanya terbatas, dan efisiensi aplikasinya hanya efektif di compact cars, Honda kemudian fokus mengembangkan vtec.

Bagi yang pengalaman menggunakan keduanya, pasti akan merasa bahwa kedua mesin ini memiliki karakter yang sama... Oleh karena itu secara singkat ane nulis beda "settingan" di post sebelumnya. (males jelasin panjang lebar kayak gini :mrgreen: ).

Kalau untuk versi yang baru dimana yaris pakai VVT-i dan ANJ pakai i-vtec ane gak pernah komparasi langsung, tapi dulu ane hidup dengan Toyota iST dan Honda Fit vtec berdampingan. Mesin yang basic nya sama, tapi settingan performa berbeda. Hasilnya seinget ane vvt Toyota juga lebih irit 1 km/L.. Well.. Bagi ane itu tidak signifikan, karena trade-off nya pada kondisi macet stop and go, Fit bisa lebih diandalkan untuk nyuri celah kosong antar kendaraan.. Kalau pakai iST, ada kemungkinan kepotong mobil.

NB : Well, tapi yang jelas ane tangkep menurut bro claude iklan irit itu bukan yang utama kan? hasil akhirnya ada di test drive? ya.. yang penting itu sih... Jangan sampai milih mobil karena iklan mobil itu irit, tanpa mengetahui realita di lapangan lebih irit mana mobil itu dibanding rival-rival nya dan apa saja trade-off nya...

Itu maksud inti ocehan saya... :thanks:
Last edited by AD74YA on Thu Aug 16, 2012 8:01, edited 2 times in total.
Reason: menambahkan NB di akhir postingan
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012

Post by AD74YA »

kykyhalim4 wrote:Oot dikit share info ttg golep tsi:

Beberapa hari yg lalu pada saat mobil diisi pertamax biasa (oktan 92) saya gas pol nih boil dkt rumah pada malam hari.. tuas transmisi di S.. awalnya akselerasi sgt hebat namun beberapa detik kemudian jantung saya langsung deg2an karena mobil langsung turun speednya diiringi dng suara mesin yg kasar dan getar2 hebat.. kecepatan tidak biza lebih dari 40 kmh.. dan di mid ada kata2 engine fault, safe mode.. langsung pelan2 saya bawa pulang kerumah dan sampai dirumah saya matikan mesin.. lemes rasanya.. wkwk.. beberapa menit kemudian saya coba nyalakan lg mesinnya ehhh.. mesin bekerja dng normal.. alus.. saya bawa putar2 keliling kompleks semuanya tampak normal.. lalu sy langsung konsultasi dng suhu tsi yaitu si bro clarxion (sepertinya dia ga ada di sm) dan ternyata.ecu membaca bahwa telah terjadi knocking akibat mungkin penggunaan pertamax biasa.. kesimpulannya pertamax plus harga mati buat nih boil.. klo terpaksa.pakai pertamax biasa maka.mobil ini jangan digeber2 terlalu.extrem..

esoknya karena memang bensin sudah mau E maka saya isi.full pertamax plus.. so far.aman.. geber2an ga ada problem.. dan setelah saya.lihat di tangki bensin disitu ada sticker dimana tulisannya rekomended oktan 98.. minimal 95.. hahaha.. parah bener ya...
Melanjutkan oot nya, kayaknya hal diatas salah satu yang menyebabkan teknologi TSI dihentikan.. Selain sangat mahal untuk dibuat, mesin ini emang menuntut spesifikasi yang tinggi, sehingga untuk dibuat sebagai produk universal masih banyak resistensinya...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...