JESKONENG wrote:sedangkan behel variasi yang pernah kupakai, patah sbelah kanan saat diangkat ujungnya oleh tukang parkir saat dia mau merapikan jajaran motor di parkiran kafe-net Emporium Jogja... hehehe.. si tukang parkir wajahnya langsung memucat, terbata2 minta maaf, aku ketawa aja, wong memang behel variasi itu kopong dalemnya (harganya 60 ribu + 20 ribu bikin 1 lobang baut baru / gerinda), bukan solid kayak punya tiger / P200..
Temen kerja gw naik bebek, behelnya keren model tigirevo.
Eh, pas di parkiran dia angkat bebeknya, Takk.. patah tuh behel.
Dia bilang itu behel variasi alias bikinan temennya sendiri.
"Oooww.. pantesan kok tipis banget besinya.." batin gw.
Bro Jes, kok gak beli behelnya tigirevo aja sekalian?
kan tambah garang tuh Pulsar itemnya..
Gw pengen juga sih ganti behelnya tigirevo, cuman males banget klo gak plugnplay.
Tentang Speed
Sejauh gw baca forum dan milis tentang Pulsar200. Speed tertinggi yg pernah dicapai adalah 127kpj by bro Benny.
Dan itupun keadaan standar pabrik abis turun dari mobil pick-up.
betul bro Benny?
Panas Mesin
IME (in my exp), Pulsar tu motor cepet panas dan lama panasnya deh. Walau hanya jalan puter perumahan aja +/- 15 menit 10kpj.
Mungkinkah ini karena ketebalan besi yg dipakai? Logikanya, semakin tebal besi semakin lama pelepasan panas, betul?
Solusi sederhana, kalau motor masih panas, mending taruh di halaman rumah dulu biar cepet dingin kena angin. Jangan lupa kunci stang
Tentang Oli
Turun dari pick-up, besoknya gw geber tuh Veejay. Baik accl maupun deaccl-nya.
Sepulang pemanasan dapet 20KM, langsung gw kuras dan ganti olinya dengan Enduro 4T.
Karena isinya kebanyakan, yg berakibat tarikan mesin jadi berat, -baru tau setelah esoknya tanya2 di milis. Sorenya gw kurangi sebatas sesuai di manual-booknya :
Di mesin sebelah kanan (posisi naik motor) di jendela olinya kan ada macam besi kawat berbentuk huruf "C"
Nah, oli yg diisi jangan sampai melebihi batas atas dan juga tidak kurang dari batas bawah. Patokannya adalah ujung "C" atas dan bawah.
Service pertama gw 800KM, untungnya BERES juga pakai oli Enduro 4T.
Tentang Accu
Denger dari banyak orang, accu motor baru terisi saat motor jalan pada rpm tinggi dan jarak jauh.
Dan menurut penjual accu, accu basah kalau disimpan lama maka dayanya lama2 habis, maka musti recharge lagi. Beda dengan accu kering, 1 tahun tak terpakai dayanya awet tersimpan.
*
menurut brosurnya*
"Trus, kalo cuman puter2 kampung dan speed rpm rendah terus apa lama2 menyebabkan strum accu drop?"
Jawab : Gw gak tau..
Tentang Karbu
Huh! siapa bilang Pulsar irit?
Dari awal beli sampe kemarin (+/- 1bulan 1,800KM), rekor gw hanya 1:36, pake premium murni.
1:36 ini dengan setelan karbu 4.0 putaran dari mentok kanan.
Baru pagi ini setelah tanki gw isi 70rb premium, setelan karbu gw ganti jadi 2.5 putaran dari mentok kanan.
Apa yg terjadi?
mesin jadi lama stabil idle-nya saat start pertama. setting baut idle-gas nya musti gw naikkan (putar kekanan)
Artinya, semakin kecil angka putaran dari mentok kanan semakin kecil bensin yg mengalir.
Betulkah pemahaman gw ini?
Setelah setting 2.5 putaran ini, pagi tadi
berangkat kerja kayaknya mesin kedengaran halus (
emang ada hubungannya?)
Jalan 74kpj di gigi4 @6K RPM tau2 dari belakang ada GL kepancing.
---
Gw kenal boncengernya, teman kerja gw. Suaminya (sang rider) konon terkenal tukang ngebut-ngawur. Minggu lalu abis jatoh, yg gw tau dengkul sang istri lecet2. Kabarnya sang suami kepancing dan akhirnya tarik2an yg berakhir jatoh tsb.
---
Lanjut, GL itu tau2 brrmm... lewat kanan gw. Yadah, gw jadi penasaran pengen tau seberapa cepat motor ybs kok terkenal ngebutnya.
Gw tambah gas, gigi4 gw biarin dulu sampe RPM 7K baru masuk gigi 5
gw buntuti terus tuw GL kecepatan @90-an kpj di speedo Pulsar.
Sampai akhirnya track finish, karena ada belokan masuk ke komplek industri.
Yg mengagetkan saat hendak belok, "Duaarrr!!".
Hah! suara apa tuh?
Gw tanya istri, "Pulsarnyakah?" soalnya deket banget.
"Bukan,.. ya itu didepan"
Memang sang rider memperlambat kecepatannya terlalu dekat dengan belokan. Jadi deaccelerationnya mendadak banget dibarengi pijakan rem yg dalem.
Itukah yg namanya knalpot nembak?
Sorry panjang nulisnya, rekapan beberapa minggu gak posting
