Udah ada yg pernah coba masukin Aisin AFW+ untuk replace ATF nya Mazda FZ (CX-5, 3, Biante Skyactiv)?
Dari segi warna aja Mazda punya FZ kan warna nya biru, Aisin AFW+ merah, gpp ya kalo dicampur2 gitu?

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Omnibus wrote: Thu Mar 03, 2022 6:10oiya tentu om kl bandingannya itu. sy jg pasti pilihnya oe.omnyanaira wrote: Thu Mar 03, 2022 4:32maaf om, izin nimbrung. Tp klo amsoil oe 0w20 dibandingkan kelas seperti fastron gold, hx8, ptt super syntetic non eco sepertinya lumayan bisa diadu yaa om. VI nya lumayan 169 dan Tbn di 8, buat kelas 7-8rb km masih oke kyaknya yaa om. Soalnya q8 pun VI nya di 170 dan Tbn sekitar 6.9 atau 7an lah yaa sesuai hasil VOA om surya. Jd ga jelek2 amat lah ya om amsoil oe nyaOmnibus wrote: Mon Feb 28, 2022 13:44
Cut ------
Soalnya kl ams oe kelasnya msh biasa aja kl baca2 di forum luar. cuma yg ss yg terasa bedanya.(edisi menghibur diri krn mampunya cm smpai budget amsoil oe)
yg kemaren itu kan sy krn dibandingin vs q8 d1 fe yg sdh dipakai di altisnya om marvelio. ini yg ga tau sih sebab kata mbah surya d1fe saingannya sama ams ss.
nah kl d1fe vs oe ini krn harganya mepet .... hmm mungkin hrs diadu nih hahahaha au ah gelap.![]()
kita tau siapa ini yg dikamsud org pusatnya ....Suryaputra wrote: Thu Mar 03, 2022 6:23seller td motor udah naek d1 feOmnibus wrote: Thu Mar 03, 2022 6:10oiya tentu om kl bandingannya itu. sy jg pasti pilihnya oe.omnyanaira wrote: Thu Mar 03, 2022 4:32
maaf om, izin nimbrung. Tp klo amsoil oe 0w20 dibandingkan kelas seperti fastron gold, hx8, ptt super syntetic non eco sepertinya lumayan bisa diadu yaa om. VI nya lumayan 169 dan Tbn di 8, buat kelas 7-8rb km masih oke kyaknya yaa om. Soalnya q8 pun VI nya di 170 dan Tbn sekitar 6.9 atau 7an lah yaa sesuai hasil VOA om surya. Jd ga jelek2 amat lah ya om amsoil oe nya(edisi menghibur diri krn mampunya cm smpai budget amsoil oe)
yg kemaren itu kan sy krn dibandingin vs q8 d1 fe yg sdh dipakai di altisnya om marvelio. ini yg ga tau sih sebab kata mbah surya d1fe saingannya sama ams ss.
nah kl d1fe vs oe ini krn harganya mepet .... hmm mungkin hrs diadu nih hahahaha au ah gelap.![]()
cek aja jd 185rb seliter.
kena tegur sm pusat katanya wkwkwkw![]()
Omnibus wrote: Thu Mar 03, 2022 6:25kita tau siapa ini yg dikamsud ....Suryaputra wrote: Thu Mar 03, 2022 6:23seller td motor udah naek d1 feOmnibus wrote: Thu Mar 03, 2022 6:10
oiya tentu om kl bandingannya itu. sy jg pasti pilihnya oe.
yg kemaren itu kan sy krn dibandingin vs q8 d1 fe yg sdh dipakai di altisnya om marvelio. ini yg ga tau sih sebab kata mbah surya d1fe saingannya sama ams ss.
nah kl d1fe vs oe ini krn harganya mepet .... hmm mungkin hrs diadu nih hahahaha au ah gelap.![]()
cek aja jd 185rb seliter.
kena tegur sm pusat katanya wkwkwkw![]()
![]()
Aisin AFW+ emangnya bisa buat Mazda FZ? Mazda FZ kan pakenya low viscosity yang sekelas dextron 6.limsandy wrote: Thu Mar 03, 2022 6:23 Maaf sedikit OT nanya tentang ATF yaa.....
Udah ada yg pernah coba masukin Aisin AFW+ untuk replace ATF nya Mazda FZ (CX-5, 3, Biante Skyactiv)?
Dari segi warna aja Mazda punya FZ kan warna nya biru, Aisin AFW+ merah, gpp ya kalo dicampur2 gitu?![]()
Not meOmnibus wrote: Thu Mar 03, 2022 6:25kita tau siapa ini yg dikamsud org pusatnya ....Suryaputra wrote: Thu Mar 03, 2022 6:23seller td motor udah naek d1 feOmnibus wrote: Thu Mar 03, 2022 6:10
oiya tentu om kl bandingannya itu. sy jg pasti pilihnya oe.
yg kemaren itu kan sy krn dibandingin vs q8 d1 fe yg sdh dipakai di altisnya om marvelio. ini yg ga tau sih sebab kata mbah surya d1fe saingannya sama ams ss.
nah kl d1fe vs oe ini krn harganya mepet .... hmm mungkin hrs diadu nih hahahaha au ah gelap.![]()
cek aja jd 185rb seliter.
kena tegur sm pusat katanya wkwkwkw![]()
![]()
Wahh gila aja beneran naik ke 185Suryaputra wrote: Thu Mar 03, 2022 6:23 seller td motor udah naek d1 fe
cek aja jd 185rb seliter.
kena tegur sm pusat katanya wkwkwkw![]()
iyaa om A3/B3/B4 ini kentel cP diatas 3.5 kalo A1/B1 sama A5/B5 dibawah 3.5 cP...Profith83 wrote: Wed Mar 02, 2022 6:18Setuju saya untuk yang ACEA C nurut saya kurang pas karena lebh ke arah low SAPS. Sedangkan di Indo yang cuaca lebih ke arah panas sehingga lebih cocok ke ACEA A5/B5.rendr wrote: Wed Mar 02, 2022 3:07sebelom pertanyaan no 1 dan 2, perlu dilihat itu buat 2GD yg standar euro 5 dan 6.. di indo kyknya belom sampe situ...Profith83 wrote: Tue Mar 01, 2022 10:27 Para senior dan sesepuh disini.
Mohon tanya tentang olie yang meet ACEA A5/B5. Beli PTT belum dipakai 5w30 a5/b5
Pakai bio, tutup EGR, blowby/asap buang luar.
https://zinref.ru/avtomobili/Toyota/003 ... al/156.htm
Oil grade yang diminta mesin 2GD oleh Toyota adalah ACEA C2 dari web diatas
Kalau check di Toyota dibutuhkan C2(mid SAPS)
C karena ada catalyst, abaikan Catalyst karena pakai DP yang plong. Berarti ambil angka 2 nya C2
Pertanyaan 1.
Kalau dari data dibawah ini harusnya sama untuk extend drain baik ACEA C2 maupun A5/B5. Viscosity nya juga range sama.
apakah C2 dan A5/B5 kekuatannya sama untuk menghadapi Bio Solar?
Maksudnya kalau sama kuat berarti pakai A5/B5 juga bisa.
Pertanyaan 2.
Apakah ACEA A5/B5 tergolong mid SAPS juga? seperti yang diminta spec C2 oleh Toyota yaitu mid SAPS.
https://www.oilspecifications.org/acea.php
ACEA C2 Stable, stay-in-grade Engine Oil with Mid SAPS-Level, intended for use as catalyst compatible Oil at extended Drain Intervals in Vehicles with all Types of modern Aftertreatment Systems and High Performance Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & DI Diesel Engines that are designed to be capable of using Low Viscosity Oils with a minimum HTHS Viscosity of 2.9 mPa*s.
ACEA A5/B5 Stable, stay-in-grade Engine Oil intended for use at extended Drain Intervals in Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & Diesel Engines designed to be capable of using Low Viscosity Oils with HTHS Viscosity of 2.9 to 3.5 mPa*s. These Oils are unsuitable for use in certain Engines - consult vehicle-OEM’s owner’s manual/handbook in case of doubt
There are ACEA specifications for passenges car motor oils (the A/B class) for catalyst compatible motor oils (the C class) and for heavy duty diesel engine oils (the E class). The classes are further devided into categories to meet the requirements of different engines. The A/B class's A5/B5 oils have lower HTHS viscosities, which means that they provide better fuel economy but they may not provide adequate protection in engines that are not designed for them. ACEA A3/B3 and A3/B4 on the other hand require oils with higher HTHS viscosities that may not provide as good fuel economy as an A5/B5 oil but may offer better engine protection in certain engine designs.
untuk di negara singapur misal nah pake oli ACEA C2 bisa, kalo di indo sih 2GD pakenya oli ACEA A5/B5 aja... jgn yg ACEA C series
mid saps nya ACEA C series sama A / B series juga beda... mid saps di C bisa masuk low saps di A/B...
kecuali mesin2 diesel eropa baru boleh lirik ACEA C series.. kyk PTT crdi yg DPF...
Kalau A3/B3 banding A5/B5 ?
A3/B3 saya baca lebih tinggi lagi HTHS nya
Cobain dua2 nya dan bandingin biar valid oom,omnyanaira wrote: Thu Mar 03, 2022 4:32maaf om, izin nimbrung. Tp klo amsoil oe 0w20 dibandingkan kelas seperti fastron gold, hx8, ptt super syntetic non eco sepertinya lumayan bisa diadu yaa om. VI nya lumayan 169 dan Tbn di 8, buat kelas 7-8rb km masih oke kyaknya yaa om. Soalnya q8 pun VI nya di 170 dan Tbn sekitar 6.9 atau 7an lah yaa sesuai hasil VOA om surya. Jd ga jelek2 amat lah ya om amsoil oe nyaOmnibus wrote: Mon Feb 28, 2022 13:44Cut ------marvelio wrote: Mon Feb 28, 2022 13:39
Well noted om. Yg sekarang pake D1 FE 0W-20
Saya bandinginnya wkt itu dengan V100 nya Ams OE, karena kalo kapasitas 4.2 liter pake Amsoil SS artinya harus beli 5 quartz alias 1 tiao lebih. Sedangkan saya cuma pakenya 6 bulanan aja. 150 x 5 masih masuk lah budgetnya![]()
Soalnya kl ams oe kelasnya msh biasa aja kl baca2 di forum luar. cuma yg ss yg terasa bedanya.(edisi menghibur diri krn mampunya cm smpai budget amsoil oe)
saya bertahun2 di nissan K13 pakai SHELL ASTRA LCGC 0w30 dan 5w30. tiap 5 ribu atau 10 bulan mana duluan ganti.trebla88 wrote: Thu Mar 03, 2022 8:54 Akhirnya ganti oli shell astra
Sebelumnya jd mobil kuli 7800km dalam 3 bln pakai unil opal 0w20
Produksi 2020 feb
Kalau shell lcgc eco 0w20 lebih fresh di des 2021![]()
Perasaan awal biasa aja, sperti unilopal dan ptt
Kmungkinan oli range harga 100rb/ltr mirip2![]()
Tinggal dilihat masih enak ga di 5000an km
Tp overall harga sgitu boleh deh buat coba2 selingan non acdc shell (ngeri beli oli shell banyak acdc, biasanya harga shell ga worthed krn kemahalan)
Ya murmer amat 234rb/4ltr 0w20 tinggal beli filter ama washernyakunaskun wrote: Thu Mar 03, 2022 9:03saya bertahun2 di nissan K13 pakai SHELL ASTRA LCGC 0w30 dan 5w30. tiap 5 ribu atau 10 bulan mana duluan ganti.trebla88 wrote: Thu Mar 03, 2022 8:54 Akhirnya ganti oli shell astra
Sebelumnya jd mobil kuli 7800km dalam 3 bln pakai unil opal 0w20
Produksi 2020 feb
Kalau shell lcgc eco 0w20 lebih fresh di des 2021![]()
Perasaan awal biasa aja, sperti unilopal dan ptt
Kmungkinan oli range harga 100rb/ltr mirip2![]()
Tinggal dilihat masih enak ga di 5000an km
Tp overall harga sgitu boleh deh buat coba2 selingan non acdc shell (ngeri beli oli shell banyak acdc, biasanya harga shell ga worthed krn kemahalan)
biar aman beli di Shop n Drive sekalian filter aspira juga, kalau keinget beli voucher dulu di blibli atau toped kadang promonya beda di toko.
daripada beli di luaran kena palsu atau spek bengkel resmi yg murmer ga jelas isinya apaan mendingan kerenan dikit.![]()
ya bener. saya selalu segituan juga belinya. filter aspira nissan 30 ribuan, washer 6 ribuan. puas bener.trebla88 wrote: Thu Mar 03, 2022 9:08 Ya murmer amat 234rb/4ltr 0w20 tinggal beli filter ama washernya
Ganti 6bln/5rb km ga pedih![]()
flter yg ini kah om? udah naek harganya jadi 45rb, S&D sini notanya tulis tangan om.
Mantaptrebla88 wrote: Thu Mar 03, 2022 8:54 Akhirnya ganti oli shell astra
Sebelumnya jd mobil kuli 7800km dalam 3 bln pakai unil opal 0w20
Produksi 2020 feb
Kalau shell lcgc eco 0w20 lebih fresh di des 2021![]()
Perasaan awal biasa aja, sperti unilopal dan ptt
Kmungkinan oli range harga 100rb/ltr mirip2![]()
Tinggal dilihat masih enak ga di 5000an km
Tp overall harga sgitu boleh deh buat coba2 selingan non acdc shell (ngeri beli oli shell banyak acdc, biasanya harga shell ga worthed krn kemahalan)
Pake Aisin yg Dextron 6 aja.limsandy wrote: Thu Mar 03, 2022 6:23 Maaf sedikit OT nanya tentang ATF yaa.....
Udah ada yg pernah coba masukin Aisin AFW+ untuk replace ATF nya Mazda FZ (CX-5, 3, Biante Skyactiv)?
Dari segi warna aja Mazda punya FZ kan warna nya biru, Aisin AFW+ merah, gpp ya kalo dicampur2 gitu?![]()
Pernah ada yv post sih dulu, skyactiv dikasi AFW + berasa lemotlimsandy wrote: Thu Mar 03, 2022 6:23 Maaf sedikit OT nanya tentang ATF yaa.....
Udah ada yg pernah coba masukin Aisin AFW+ untuk replace ATF nya Mazda FZ (CX-5, 3, Biante Skyactiv)?
Dari segi warna aja Mazda punya FZ kan warna nya biru, Aisin AFW+ merah, gpp ya kalo dicampur2 gitu?![]()
Shell hongkongSuryaputra wrote: Thu Mar 03, 2022 9:54Mantaptrebla88 wrote: Thu Mar 03, 2022 8:54 Akhirnya ganti oli shell astra
Sebelumnya jd mobil kuli 7800km dalam 3 bln pakai unil opal 0w20
Produksi 2020 feb
Kalau shell lcgc eco 0w20 lebih fresh di des 2021![]()
Perasaan awal biasa aja, sperti unilopal dan ptt
Kmungkinan oli range harga 100rb/ltr mirip2![]()
Tinggal dilihat masih enak ga di 5000an km
Tp overall harga sgitu boleh deh buat coba2 selingan non acdc shell (ngeri beli oli shell banyak acdc, biasanya harga shell ga worthed krn kemahalan)
100rb an tp dah dex 1 gen2.
Btw bikinan mana itu mbah?
Manufactured in mana?
Shell indo atau thailand atau mana?
saya juga udah make nih om,trebla88 wrote: Thu Mar 03, 2022 8:54 Akhirnya ganti oli shell astra
Sebelumnya jd mobil kuli 7800km dalam 3 bln pakai unil opal 0w20
Produksi 2020 feb
Kalau shell lcgc eco 0w20 lebih fresh di des 2021![]()
Perasaan awal biasa aja, sperti unilopal dan ptt
Kmungkinan oli range harga 100rb/ltr mirip2![]()
Tinggal dilihat masih enak ga di 5000an km
Tp overall harga sgitu boleh deh buat coba2 selingan non acdc shell (ngeri beli oli shell banyak acdc, biasanya harga shell ga worthed krn kemahalan)
Wah good deh kalau tahan hajar ampe 12k pake pertaliteariswp wrote: Thu Mar 03, 2022 13:18saya juga udah make nih om,trebla88 wrote: Thu Mar 03, 2022 8:54 Akhirnya ganti oli shell astra
Sebelumnya jd mobil kuli 7800km dalam 3 bln pakai unil opal 0w20
Produksi 2020 feb
Kalau shell lcgc eco 0w20 lebih fresh di des 2021![]()
Perasaan awal biasa aja, sperti unilopal dan ptt
Kmungkinan oli range harga 100rb/ltr mirip2![]()
Tinggal dilihat masih enak ga di 5000an km
Tp overall harga sgitu boleh deh buat coba2 selingan non acdc shell (ngeri beli oli shell banyak acdc, biasanya harga shell ga worthed krn kemahalan)
made in hongkong punya
api sn plus, dexos1 gen2
tapi yg bikin tertarik sebenernya base oilnya
pureplus (gas to liquid)
bahan dasarnya dari gas alam murni, beberapa brand oli di us yg varian top tier juga pake bahan dasar LNG ini,
konon kastanya hampir setara PAO tapi juga mengeliminir batasan2 PAO
Feelnya awalnya biasa aja, tapi makin lama makin enak, digenjot 4000-5000rpm gak kasar, meskipun droptest sudah keruh di 6000an km
Sukses digenjot 12000km di R20A + bbm pertalite, sebelum drain cek dipstik masih di batas atas (minim penguapan)
nb : bukan seles, beli hanya pas promo buy2 get2 di SnD, no promo ya gak beli, balik ke eneos 0w20![]()