blloewy wrote: Sun May 31, 2020 12:02
rendr wrote: Sun May 31, 2020 11:39
blloewy wrote: Sun May 31, 2020 11:26
Nah ini dia...kl ada info begini khan bisa saya share ke ownernya.
Skrg sich dia mikirmya aman2 aja pake oli LM sampe 10k km bahkan lebih.
Mesin no sludge tp varnish nya ada dan ngga tau dech kl pemakaian olinya msh 10k km atau lbh apakah efeknya ke engine itu varnish
10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..
Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem
Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
Wadeh...kondisi saya itu om...
Jalan 15 km aja butuh sejam krn macet...
Ada kemungkinan fuel dilution penyebab varnish kl gt.
Oli HDEO oli apaan om?
High Deterjent Engine Oil maksudnya Om?
jadi oli ini ada 2... tipe lha ya
HDEO = Heavy Duty Engine Oil
Oli diesel tulen macem mesran, rimula, delvac dll.
approvalnya ada API CH/CI/CJ/CK, MB 228.xx, ACEA E series dll.
PCMO = Passanger Car Motor Oil
Oli mesin ringan biasa dipake mesin bensin
approvalnya ada API SJ/SL/SM/SN, ACEA A1/A3/A5 MB 229.xx
adalagi PCMO diesel ini biasa approval B1/B4/B5 dll.
adalagi Mixed Fleet yg dia cover ke dua approval,tp salah satunya bersifat sekunder
cth : SN/CF, ACEA A1/B1, CI-4/SL, CJ-4/SN
kebetulan oli HDEO ini kadar detergent nya lebih tinggi dari oli PCMO pada umumnya...
boleh baca2 tulisan serta bahasan om turboman dan suhu2 lain di trit oli sebelumnya..
Givrun wrote: Sun May 31, 2020 12:02
rendr wrote: Sun May 31, 2020 11:39
blloewy wrote: Sun May 31, 2020 11:26
Nah ini dia...kl ada info begini khan bisa saya share ke ownernya.
Skrg sich dia mikirmya aman2 aja pake oli LM sampe 10k km bahkan lebih.
Mesin no sludge tp varnish nya ada dan ngga tau dech kl pemakaian olinya msh 10k km atau lbh apakah efeknya ke engine itu varnish
10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..
Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem
Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
Metode flush dgn hdeo ini .. yg murah2 apa ya? .. yg sering d sarankan om turbo ptt semy sinth 10w30 api ci-4.. nah apa ada syarat khusus utk viskositas dan api rating nya ini terkait kinerja nya, mana yg lebih baik pakai petronas 15w40 api ci-4 atau mitsubishi 10w30 Api cf-4 .. pakai 2000 km lalu drain ? Range harga sama 40-50 ribuan perliter.
kalo saya sendiri tergantung untuk di mesin apa dan kondisi nya bagaimana, setelah baca2 trit oli dari jilid2 sblmnya
ada beberapa hal yg perlu diperhatikan, diantaranya :
1. jika mesin dengan timing chain, disarankan tidak menggunakan oli HDEO dengan kadar zinc (ZDDP) diatas 1400 ppm dan TBN lebih dari 12 karena sifatnya sudah korosif.
2. sesuaikan viscosity yg dianjurkan di manual book. kalo ideal minta buntut 30, jangan terlampau jauh. mesin2 modern biasa sudah minta oli2 low visco, jalur sempit, kalo dikasih oli kental, justru akan menimbulkan keasuan akibat gesekan fluida itu sendiri.
3. CI-4 ini punya rating detergent yg paling tinggi dibanding CJ-4/CK-4 yg udh menyesuaikan standar euro yg lebih tinggi, solar dengan sulfur lbh rendah, sehingga oli CJ/CK ini sudah hampir mirip dengan oli PCMO.
dari bbrp poin diatas, wajar kalo direkomendasikan oli untuk flushing sambil jalan ini seperti PTT 10w30, Kendall sdxa 10w30, karena disatu sisi visco nya tidak terlalu kental dan juga by data sheet pun mendukung untuk digunakan flushing di mesin bensin tanpa mengorbankan fuel efficiency.
Banyak oli2 diesel mixed fleet contoh nya PTT 10w30 crdi, Q8 FT8700..
kalo ada koreksi monggo...