Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 9:13
blloewy wrote:Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa :big_peace:
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om? :big_think:
Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).

Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.

Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
Nah ini dia...kl ada info begini khan bisa saya share ke ownernya.
Skrg sich dia mikirmya aman2 aja pake oli LM sampe 10k km bahkan lebih.
Mesin no sludge tp varnish nya ada dan ngga tau dech kl pemakaian olinya msh 10k km atau lbh apakah efeknya ke engine itu varnish :ungg: :big_think:
nubie in all things - still need to learn
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

blloewy wrote: Sun May 31, 2020 11:26
benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 9:13
blloewy wrote:Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa :big_peace:
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om? :big_think:
Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).

Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.

Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
Nah ini dia...kl ada info begini khan bisa saya share ke ownernya.
Skrg sich dia mikirmya aman2 aja pake oli LM sampe 10k km bahkan lebih.
Mesin no sludge tp varnish nya ada dan ngga tau dech kl pemakaian olinya msh 10k km atau lbh apakah efeknya ke engine itu varnish :ungg: :big_think:
10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..

Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem

Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
gaspol resing tim
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

rendr wrote: Sun May 31, 2020 11:39
blloewy wrote: Sun May 31, 2020 11:26
benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 9:13 Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).

Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.

Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
Nah ini dia...kl ada info begini khan bisa saya share ke ownernya.
Skrg sich dia mikirmya aman2 aja pake oli LM sampe 10k km bahkan lebih.
Mesin no sludge tp varnish nya ada dan ngga tau dech kl pemakaian olinya msh 10k km atau lbh apakah efeknya ke engine itu varnish :ungg: :big_think:
10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..

Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem

Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
Wadeh...kondisi saya itu om...
Jalan 15 km aja butuh sejam krn macet...
Ada kemungkinan fuel dilution penyebab varnish kl gt.
Oli HDEO oli apaan om?
High Deterjent Engine Oil maksudnya Om?
nubie in all things - still need to learn
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Givrun »

rendr wrote: Sun May 31, 2020 11:39
blloewy wrote: Sun May 31, 2020 11:26
benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 9:13 Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).

Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.

Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
Nah ini dia...kl ada info begini khan bisa saya share ke ownernya.
Skrg sich dia mikirmya aman2 aja pake oli LM sampe 10k km bahkan lebih.
Mesin no sludge tp varnish nya ada dan ngga tau dech kl pemakaian olinya msh 10k km atau lbh apakah efeknya ke engine itu varnish :ungg: :big_think:
10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..

Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem

Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
Metode flush dgn hdeo ini .. yg murah2 apa ya? .. yg sering d sarankan om turbo ptt semy sinth 10w30 api ci-4.. nah apa ada syarat khusus utk viskositas dan api rating nya ini terkait kinerja nya, mana yg lebih baik pakai petronas 15w40 api ci-4 atau mitsubishi 10w30 Api cf-4 .. pakai 2000 km lalu drain ? Range harga sama 40-50 ribuan perliter.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

Givrun wrote: Sun May 31, 2020 12:02
rendr wrote: Sun May 31, 2020 11:39
blloewy wrote: Sun May 31, 2020 11:26
Nah ini dia...kl ada info begini khan bisa saya share ke ownernya.
Skrg sich dia mikirmya aman2 aja pake oli LM sampe 10k km bahkan lebih.
Mesin no sludge tp varnish nya ada dan ngga tau dech kl pemakaian olinya msh 10k km atau lbh apakah efeknya ke engine itu varnish :ungg: :big_think:
10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..

Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem

Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
Metode flush dgn hdeo ini .. yg murah2 apa ya? .. yg sering d sarankan om turbo ptt semy sinth 10w30 api ci-4.. nah apa ada syarat khusus utk viskositas dan api rating nya ini terkait kinerja nya, mana yg lebih baik pakai petronas 15w40 api ci-4 atau mitsubishi 10w30 Api cf-4 .. pakai 2000 km lalu drain ? Range harga sama 40-50 ribuan perliter.
Saya pernah nanya om ke om turbo pertanyaan yg sama. Dijawab beliau pakai oli CI-4 apa aja bebas yg penting olinya asli. Viskositasnya ngikutin req enjin ajah
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Givrun »

yanuarra wrote: Sun May 31, 2020 12:30
Givrun wrote: Sun May 31, 2020 12:02
rendr wrote: Sun May 31, 2020 11:39

10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..

Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem

Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
Metode flush dgn hdeo ini .. yg murah2 apa ya? .. yg sering d sarankan om turbo ptt semy sinth 10w30 api ci-4.. nah apa ada syarat khusus utk viskositas dan api rating nya ini terkait kinerja nya, mana yg lebih baik pakai petronas 15w40 api ci-4 atau mitsubishi 10w30 Api cf-4 .. pakai 2000 km lalu drain ? Range harga sama 40-50 ribuan perliter.
Saya pernah nanya om ke om turbo pertanyaan yg sama. Dijawab beliau pakai oli CI-4 apa aja bebas yg penting olinya asli. Viskositasnya ngikutin req enjin ajah
Siap om , thanks info nya..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

yanuarra wrote: Sun May 31, 2020 12:30
Givrun wrote: Sun May 31, 2020 12:02
rendr wrote: Sun May 31, 2020 11:39

10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..

Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem

Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
Metode flush dgn hdeo ini .. yg murah2 apa ya? .. yg sering d sarankan om turbo ptt semy sinth 10w30 api ci-4.. nah apa ada syarat khusus utk viskositas dan api rating nya ini terkait kinerja nya, mana yg lebih baik pakai petronas 15w40 api ci-4 atau mitsubishi 10w30 Api cf-4 .. pakai 2000 km lalu drain ? Range harga sama 40-50 ribuan perliter.
Saya pernah nanya om ke om turbo pertanyaan yg sama. Dijawab beliau pakai oli CI-4 apa aja bebas yg penting olinya asli. Viskositasnya ngikutin req enjin ajah
PTT commonrail mestinya bisa ya om?
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Escaflowne »

Turboman wrote:
Escaflowne wrote:Halo om, mau tanya, sekarang ini oli kendall utk motor kok jarang yang jual ya baik di blib*i ato online shop lainnya. Kalau di toko ijo kebanyakan untuk mobil adanya. Ada update info mengenai oli ini, apa sudah diskontinyu di Indonesia?
Udah The End......gak ikut SNI

kalo ada seller yg punya stok, beli aja
Thank u om infonya.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

blloewy wrote: Sun May 31, 2020 12:02
rendr wrote: Sun May 31, 2020 11:39
blloewy wrote: Sun May 31, 2020 11:26
Nah ini dia...kl ada info begini khan bisa saya share ke ownernya.
Skrg sich dia mikirmya aman2 aja pake oli LM sampe 10k km bahkan lebih.
Mesin no sludge tp varnish nya ada dan ngga tau dech kl pemakaian olinya msh 10k km atau lbh apakah efeknya ke engine itu varnish :ungg: :big_think:
10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..

Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem

Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
Wadeh...kondisi saya itu om...
Jalan 15 km aja butuh sejam krn macet...
Ada kemungkinan fuel dilution penyebab varnish kl gt.
Oli HDEO oli apaan om?
High Deterjent Engine Oil maksudnya Om?
jadi oli ini ada 2... tipe lha ya

HDEO = Heavy Duty Engine Oil
Oli diesel tulen macem mesran, rimula, delvac dll.
approvalnya ada API CH/CI/CJ/CK, MB 228.xx, ACEA E series dll.

PCMO = Passanger Car Motor Oil
Oli mesin ringan biasa dipake mesin bensin
approvalnya ada API SJ/SL/SM/SN, ACEA A1/A3/A5 MB 229.xx
adalagi PCMO diesel ini biasa approval B1/B4/B5 dll.

adalagi Mixed Fleet yg dia cover ke dua approval,tp salah satunya bersifat sekunder
cth : SN/CF, ACEA A1/B1, CI-4/SL, CJ-4/SN

kebetulan oli HDEO ini kadar detergent nya lebih tinggi dari oli PCMO pada umumnya...

boleh baca2 tulisan serta bahasan om turboman dan suhu2 lain di trit oli sebelumnya..

Givrun wrote: Sun May 31, 2020 12:02
rendr wrote: Sun May 31, 2020 11:39
blloewy wrote: Sun May 31, 2020 11:26
Nah ini dia...kl ada info begini khan bisa saya share ke ownernya.
Skrg sich dia mikirmya aman2 aja pake oli LM sampe 10k km bahkan lebih.
Mesin no sludge tp varnish nya ada dan ngga tau dech kl pemakaian olinya msh 10k km atau lbh apakah efeknya ke engine itu varnish :ungg: :big_think:
10rb km kalo dlm waktu 2 bulan ya bisa2 aja...
Jgn liat jarak tempuhnya aja, waktu juga dipertimbangkan..

Varnish tanda fuel dilution, mungkin kebanyakan kena macet/mesin nyala kondisi diem

Kasih oli HDEO full syn aja buat bersihin varnishnya pelan2..
Metode flush dgn hdeo ini .. yg murah2 apa ya? .. yg sering d sarankan om turbo ptt semy sinth 10w30 api ci-4.. nah apa ada syarat khusus utk viskositas dan api rating nya ini terkait kinerja nya, mana yg lebih baik pakai petronas 15w40 api ci-4 atau mitsubishi 10w30 Api cf-4 .. pakai 2000 km lalu drain ? Range harga sama 40-50 ribuan perliter.
kalo saya sendiri tergantung untuk di mesin apa dan kondisi nya bagaimana, setelah baca2 trit oli dari jilid2 sblmnya
ada beberapa hal yg perlu diperhatikan, diantaranya :
1. jika mesin dengan timing chain, disarankan tidak menggunakan oli HDEO dengan kadar zinc (ZDDP) diatas 1400 ppm dan TBN lebih dari 12 karena sifatnya sudah korosif.
2. sesuaikan viscosity yg dianjurkan di manual book. kalo ideal minta buntut 30, jangan terlampau jauh. mesin2 modern biasa sudah minta oli2 low visco, jalur sempit, kalo dikasih oli kental, justru akan menimbulkan keasuan akibat gesekan fluida itu sendiri.
3. CI-4 ini punya rating detergent yg paling tinggi dibanding CJ-4/CK-4 yg udh menyesuaikan standar euro yg lebih tinggi, solar dengan sulfur lbh rendah, sehingga oli CJ/CK ini sudah hampir mirip dengan oli PCMO.

dari bbrp poin diatas, wajar kalo direkomendasikan oli untuk flushing sambil jalan ini seperti PTT 10w30, Kendall sdxa 10w30, karena disatu sisi visco nya tidak terlalu kental dan juga by data sheet pun mendukung untuk digunakan flushing di mesin bensin tanpa mengorbankan fuel efficiency.

Banyak oli2 diesel mixed fleet contoh nya PTT 10w30 crdi, Q8 FT8700..


kalo ada koreksi monggo...
gaspol resing tim
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 10:28
DOHC wrote:
benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 9:13 Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).

Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.

Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
Anuu, kapasitas nya cuman 3 liter ud penuh om, 3.5 liter ntar beleber kmana2

Btw, dl saya pake oli 5-30 gonta ganti merek aj ga ampe varnish kaya gt.. 10rebu klamaan itu, 7000an aj

Pliara mobil resing harus brani kuar duit lebih
Maaf Om Kelep, sudah lupa ane ama kapasitas oli si raja ngelitik. 3 liter ama filter yah, pantes dulu kaga pernah nenteng oli lebih dari beres kalau ganti oli.

Solusi varnish ini bijimane Om Kelep? Kasih Amsoil SS Diesel 5W -30 pake 10 ribu KM langsung bersih kali yah itu varnish?

Harga per liter 185 ribu x 3 liter gak sampe 600 ribu masih oke lah yah buat mesin racing, sing penting varnish lenyap... asal jangan nguapnya 1 liter itu mesin racing [emoji38]
Kl cuman varnish doank seh gapapa, ga perlu d risaukan

Spengalaman saya seh, mobil2 d rumah pake nya oli dgn embel2 full syn, merk apa aj, yg penting ganti per 7000 km, sejauh ini minim varnish seh

Ga ad ritual2 aneh2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Sun May 31, 2020 8:40 Kalau dilihat dari foto daleman Engine HR15DE nya di foto tsb clean no sludge. Sudah benar cara ownernya ganti oli mesinnya selama ini. Pakai oli mesin sesuai anjuran buku manualnya buntut W30 dan saya yakin itu mesin selama ini pakai oli synthetic. Good job.
Justru itu Om...sebelumnya dia pakainya ngawur olinya.
Dan skrg jg msh ngawur itu LM pakenya tp ya gt, interval ganti sesuka hati jd pas dibuka sdh ada bentuk lapisan kuning itu varnish ya namanya :big_biglaugh:
Di foto tsb belum ada sludge nya terbentuk masih aman, check aja fuel consumptionnya saat mobil dikendarai jarak jauh, kalau masih irit berarti mesin ngak ada sludge cara termudahnya. Mobil kalau mesinnya sudah ada sludge cenderung boros BBM om. Varnish mah lebih mudah dihilangkan dari pada sludge, tinggal cari oli mesin yg bagus dan imterval ganti oli mesin termasuk filternya diperpemdek gampang itu ngak merepotkan kok.
:glodak:
HR15DE 2014
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Givrun »

rendr wrote: Sun May 31, 2020 13:16 kalo saya sendiri tergantung untuk di mesin apa dan kondisi nya bagaimana, setelah baca2 trit oli dari jilid2 sblmnya
ada beberapa hal yg perlu diperhatikan, diantaranya :
1. jika mesin dengan timing chain, disarankan tidak menggunakan oli HDEO dengan kadar zinc (ZDDP) diatas 1400 ppm dan TBN lebih dari 12 karena sifatnya sudah korosif.
2. sesuaikan viscosity yg dianjurkan di manual book. kalo ideal minta buntut 30, jangan terlampau jauh. mesin2 modern biasa sudah minta oli2 low visco, jalur sempit, kalo dikasih oli kental, justru akan menimbulkan keasuan akibat gesekan fluida itu sendiri.
3. CI-4 ini punya rating detergent yg paling tinggi dibanding CJ-4/CK-4 yg udh menyesuaikan standar euro yg lebih tinggi, solar dengan sulfur lbh rendah, sehingga oli CJ/CK ini sudah hampir mirip dengan oli PCMO.

dari bbrp poin diatas, wajar kalo direkomendasikan oli untuk flushing sambil jalan ini seperti PTT 10w30, Kendall sdxa 10w30, karena disatu sisi visco nya tidak terlalu kental dan juga by data sheet pun mendukung untuk digunakan flushing di mesin bensin tanpa mengorbankan fuel efficiency.

Banyak oli2 diesel mixed fleet contoh nya PTT 10w30 crdi, Q8 FT8700..


kalo ada koreksi monggo...
Seri G suzuki om,, bisa hdeo murah donk nih .. :big_grin:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

bahas soal cuci daleman mesin

lah itu si PTT kan ud bkin oli special buat nge flush, beres, tinggal tuang ga pake binggung

Tp kl saya pribadi seh, stick dgn pake oli embel2 full syn, aseli, dan ganti tiap 7000 km, sejauh ini mesin amann
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Givrun »

DOHC wrote: Sun May 31, 2020 16:26 bahas soal cuci daleman mesin

lah itu si PTT kan ud bkin oli special buat nge flush, beres, tinggal tuang ga pake binggung

Tp kl saya pribadi seh, stick dgn pake oli embel2 full syn, aseli, dan ganti tiap 7000 km, sejauh ini mesin amann
Iya , sma om dohc mksd nya biar bersihin nya sambil pake gitu.. ptt kan langsung buang.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by exflowly »

DOHC wrote:bahas soal cuci daleman mesin

lah itu si PTT kan ud bkin oli special buat nge flush, beres, tinggal tuang ga pake binggung

Tp kl saya pribadi seh, stick dgn pake oli embel2 full syn, aseli, dan ganti tiap 7000 km, sejauh ini mesin amann
Iya barusan pake oli flushing ini di boil teman 3x berturut2x, mayan juga ngebersininnya. Olinya clear, alias tak berwarna - encer. Pas didrain ya jadi item coklat gitu deh...
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12535
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Sun May 31, 2020 16:26 bahas soal cuci daleman mesin

lah itu si PTT kan ud bkin oli special buat nge flush, beres, tinggal tuang ga pake binggung

Tp kl saya pribadi seh, stick dgn pake oli embel2 full syn, aseli, dan ganti tiap 7000 km, sejauh ini mesin amann
yup agree.. lbh baik mencegah yaa.
sy jg klo ganti oli gak lbh dr 6000 KM malah :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nando93
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 31, 2020 21:05
Location: Kota Tangerang
Daily Vehicle: Grand Livina X-Gear

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Nando93 »

Halo om om..
Mau mnta rekomendasi oli utk boil ane dong..Nissan grand livina xgear th 2013, km.115rb an.
Kira kira oli apa yg cocok ya om? 10w-30 / 10w-40 / 5w-40?? N merk apa ya kira" yg rekomen n harga bersahabat ?? Hehe
Gnti oli terakhir ane pake ravenol 10w-30
Huda
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat May 16, 2020 4:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Huda »

minta saran om2, pemula br beli Suzuki Estilo 2011. Info dr pemilik sebelumnya olinya pakai Fastron 10w40, rencana mau ganti karena d manualnya pakai 5w30 atau 0w20. Sementara yg masuk list:
1. Oli standar SGO 5w30/0w20 API SL
2. Total Quartz 7000 Future
3. Fastron Eco Green
4. Castrol GTX Ultra Clean
5. Shell Helix Eco
Kira2 om2 yg punya Esti 11 atau yg punya mesin 1000cc, oli mana yg cocok dan recommended?
Last edited by Huda on Mon Jun 01, 2020 2:04, edited 1 time in total.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12535
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Nando93 wrote: Sun May 31, 2020 21:11 Halo om om..
Mau mnta rekomendasi oli utk boil ane dong..Nissan grand livina xgear th 2013, km.115rb an.
Kira kira oli apa yg cocok ya om? 10w-30 / 10w-40 / 5w-40?? N merk apa ya kira" yg rekomen n harga bersahabat ?? Hehe
Gnti oli terakhir ane pake ravenol 10w-30
schaeffer supreme 9000 5w30 (om turbo jual tuh).
kelas keraton itu, harga worth banget krn stok lama.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Nando93 wrote: Sun May 31, 2020 21:11 Halo om om..
Mau mnta rekomendasi oli utk boil ane dong..Nissan grand livina xgear th 2013, km.115rb an.
Kira kira oli apa yg cocok ya om? 10w-30 / 10w-40 / 5w-40?? N merk apa ya kira" yg rekomen n harga bersahabat ?? Hehe
Gnti oli terakhir ane pake ravenol 10w-30
Itu sdh pake Ravenol om.
10W-30 yg dipake semi syn atau full syn?
dan saat dipake bagaimana penguapan dan rasanya?
nubie in all things - still need to learn
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »


Suryaputra wrote:
Nando93 wrote: Sun May 31, 2020 21:11 Halo om om..
Mau mnta rekomendasi oli utk boil ane dong..Nissan grand livina xgear th 2013, km.115rb an.
Kira kira oli apa yg cocok ya om? 10w-30 / 10w-40 / 5w-40?? N merk apa ya kira" yg rekomen n harga bersahabat ?? Hehe
Gnti oli terakhir ane pake ravenol 10w-30
schaeffer supreme 9000 5w30 (om turbo jual tuh).
kelas keraton itu, harga worth banget krn stok lama.
Sudah paling bener pakai ini oli buat mesin racing lipindut... Schaeffer 5W-30, oli keraton harga kaki lima. Barang antik ini, last order PM Om Turbo, siapa cepat dia dapat.

PS: Bukan sales Om Turbo or sales oli Schaeffer.
Nando93
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 31, 2020 21:05
Location: Kota Tangerang
Daily Vehicle: Grand Livina X-Gear

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Nando93 »

blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 4:17
Nando93 wrote: Sun May 31, 2020 21:11 Halo om om..
Mau mnta rekomendasi oli utk boil ane dong..Nissan grand livina xgear th 2013, km.115rb an.
Kira kira oli apa yg cocok ya om? 10w-30 / 10w-40 / 5w-40?? N merk apa ya kira" yg rekomen n harga bersahabat ?? Hehe
Gnti oli terakhir ane pake ravenol 10w-30
Itu sdh pake Ravenol om.
10W-30 yg dipake semi syn atau full syn?
dan saat dipake bagaimana penguapan dan rasanya?
Semi syn om
Tarikan si oke om cuma utk pemakaian 5rb km mulai bnyak nguapnya ane cek di gipstick hehe
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12535
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Huda wrote: Mon Jun 01, 2020 2:00 minta saran om2, pemula br beli Suzuki Estilo 2011. Info dr pemilik sebelumnya olinya pakai Fastron 10w40, rencana mau ganti karena d manualnya pakai 5w30 atau 0w20. Sementara yg masuk list:
1. Oli standar SGO 5w30/0w20 API SL
2. Total Quartz 7000 Future
3. Fastron Eco Green
4. Castrol GTX Ultra Clean
5. Shell Helix Eco
Kira2 om2 yg punya Esti 11 atau yg punya mesin 1000cc, oli mana yg cocok dan recommended?
Klo daily driving, coba aja:
- PTT Eco 0w20
- Total Q8000 Eco 0w20
Cari harga paling murah dan lgs sikat :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12535
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Mon Jun 01, 2020 4:30
Suryaputra wrote:
Nando93 wrote: Sun May 31, 2020 21:11 Halo om om..
Mau mnta rekomendasi oli utk boil ane dong..Nissan grand livina xgear th 2013, km.115rb an.
Kira kira oli apa yg cocok ya om? 10w-30 / 10w-40 / 5w-40?? N merk apa ya kira" yg rekomen n harga bersahabat ?? Hehe
Gnti oli terakhir ane pake ravenol 10w-30
schaeffer supreme 9000 5w30 (om turbo jual tuh).
kelas keraton itu, harga worth banget krn stok lama.
Sudah paling bener pakai ini oli buat mesin racing lipindut... Schaeffer 5W-30, oli keraton harga kaki lima. Barang antik ini, last order PM Om Turbo, siapa cepat dia dapat.

PS: Bukan sales Om Turbo or sales oli Schaeffer.
yoi stok ajah 6 liter, jd bisa 2x ganti.
smoga masih ada stok.

oli keraton sih: never steered you wrong :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nando93
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 31, 2020 21:05
Location: Kota Tangerang
Daily Vehicle: Grand Livina X-Gear

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Nando93 »

Suryaputra wrote: Mon Jun 01, 2020 6:09
benzz89 wrote: Mon Jun 01, 2020 4:30
Suryaputra wrote:
schaeffer supreme 9000 5w30 (om turbo jual tuh).
kelas keraton itu, harga worth banget krn stok lama.
Sudah paling bener pakai ini oli buat mesin racing lipindut... Schaeffer 5W-30, oli keraton harga kaki lima. Barang antik ini, last order PM Om Turbo, siapa cepat dia dapat.

PS: Bukan sales Om Turbo or sales oli Schaeffer.
yoi stok ajah 6 liter, jd bisa 2x ganti.
smoga masih ada stok.

oli keraton sih: never steered you wrong :big_grin:

Kontak om turbo yg mana om? Maklum nih ane ank baru hahaha