Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
plaque89 wrote: Sun May 05, 2024 14:47
Suhu2 mohon pencerahan dong sy baru angkat Veloz 3SZ-VE 2012, sebulan lalu. Odometer 125ribuan. Begitu dapet langsung ganti oli dan mulai baca2 forum ini yg banyak banget ilmunya . Dan pas saya buka tutup oli begini penampakannya
Kondisi sludge sperti ini kira2 bisa di flushing aja atau perlu overhaul ya. Rencana mau coba pake PTT flushing oil kalo bisa flushing aja
Terima kasih suhu2 semuanya
buka tutup deksel, ama buka oil pan dari bawah, serok kerak2 nya pelan2 pake stik kayu eskrim
modalin kuas dan solar buat usap2 komponen
trakir, masupin oli mesran dan jalanin mesin sekira 100 km
cara d atas ga berlaku kl kerak ud kena ring bilas piston
wkwkwk DIYer cara murmer. cuma kuar wang buat beli gasket valve cover. kuncinya teliti jangan ampe kerokan komedo malah jatoh nyumbat lubang olinya
nah itu koentji nya mbah, makanya wajip buka oil pan bawah
jd pas selsai korek2 komedo, bisa sirem oli dari lobang2 oli di deksel, nah ntar komedo2 pd luruh ke bak oli
tp bengkel2 dokter dokteran sepit sepit enjinering enjinering resing resing an mana mau ngerjain gtuan, ga enak buat ngecuan ngibulin kastemer nya
Supersedan wrote: Sat May 04, 2024 11:22
Baru nyampe filternya, tapi masih bingung pake oli apa. Tadinya mau ambil LM special tech AA 0-20 tapi gak jadi padahal udah di keranjang
Udah berapa kali pake ptt filter ini puas liat build qualitynya
izin nanya mbah, kalo buat suzuki grand vitara 2.0 pake kode seri yang brp ya?
plaque89 wrote: Sun May 05, 2024 14:47
Suhu2 mohon pencerahan dong sy baru angkat Veloz 3SZ-VE 2012, sebulan lalu. Odometer 125ribuan. Begitu dapet langsung ganti oli dan mulai baca2 forum ini yg banyak banget ilmunya . Dan pas saya buka tutup oli begini penampakannya
Kondisi sludge sperti ini kira2 bisa di flushing aja atau perlu overhaul ya. Rencana mau coba pake PTT flushing oil kalo bisa flushing aja
Terima kasih suhu2 semuanya
Coba dari yang termurah dahulu :
1. Pakai PTT flushing oil, jangan lupa ganti filter oli setelahnya.
2. Seperti yang om gwsecretc sarankan,
gwsecretc wrote:
pake oli diesel yg jg ada sertifikasi utk mobil bensin, misal ptt dyn commonrail 10w30 api ci4/sl, bardahl c7 5w30 dsb.. olinya pakai aja 2-3 rb km setelah itu intip dari lubang oli, kalo masi banyak sludge ya ulangi lagi.. filter oli jg jgn lupa ganti pas ganti oli..
Saran yg turun mesin dan lain lain itu terakhir saja kalau cara paling murah itu tdk bisa dan mesin ada gejala tidak normal
Supersedan wrote: Sat May 04, 2024 11:22
Baru nyampe filternya, tapi masih bingung pake oli apa. Tadinya mau ambil LM special tech AA 0-20 tapi gak jadi padahal udah di keranjang
Udah berapa kali pake ptt filter ini puas liat build qualitynya
izin nanya mbah, kalo buat suzuki grand vitara 2.0 pake kode seri yang brp ya?
5w30
0w30
pas buat GV RWD
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
buka tutup deksel, ama buka oil pan dari bawah, serok kerak2 nya pelan2 pake stik kayu eskrim
modalin kuas dan solar buat usap2 komponen
trakir, masupin oli mesran dan jalanin mesin sekira 100 km
cara d atas ga berlaku kl kerak ud kena ring bilas piston
wkwkwk DIYer cara murmer. cuma kuar wang buat beli gasket valve cover. kuncinya teliti jangan ampe kerokan komedo malah jatoh nyumbat lubang olinya
nah itu koentji nya mbah, makanya wajip buka oil pan bawah
jd pas selsai korek2 komedo, bisa sirem oli dari lobang2 oli di deksel, nah ntar komedo2 pd luruh ke bak oli
tp bengkel2 dokter dokteran sepit sepit enjinering enjinering resing resing an mana mau ngerjain gtuan, ga enak buat ngecuan ngibulin kastemer nya
pernah dikasihtau supir angkot yg pake panther lama tp mesinnya alus n larinya masih jos, caranya masukin solar sesuai kapasitas oli mesin nyalain 1 menitan dilakukan 2x buat ngelunturin kotoran2 d dlm mesin
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
pernah beli disitu, untuk batch number dan tanggal produksi sih seragam dan lihat kemasan dan labelnya bisa dibilang sama dengan produk Q8 yg pernah saya beli di toko lain. cuman waktu itu kalau lihat tanggal produksinya sih sekitar 1 tahun dari tanggal saya beli.
Apakah asli? saya ga bisa jawab itu asli atau ngga karena tidak saya cek lab, beneran iseng aja beli karena harga murah
kalau mau beli juga do it at your own risk
terakhir sih saya beralih ke Kixx 5W30 aja biar lebih murah untuk 1NZ saya yg sudah varnish itu, budget Q8nya saya alihin beli Q8 0W-20 untuk 3ZR aja
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
wkwkwk DIYer cara murmer. cuma kuar wang buat beli gasket valve cover. kuncinya teliti jangan ampe kerokan komedo malah jatoh nyumbat lubang olinya
nah itu koentji nya mbah, makanya wajip buka oil pan bawah
jd pas selsai korek2 komedo, bisa sirem oli dari lobang2 oli di deksel, nah ntar komedo2 pd luruh ke bak oli
tp bengkel2 dokter dokteran sepit sepit enjinering enjinering resing resing an mana mau ngerjain gtuan, ga enak buat ngecuan ngibulin kastemer nya
pernah dikasihtau supir angkot yg pake panther lama tp mesinnya alus n larinya masih jos, caranya masukin solar sesuai kapasitas oli mesin nyalain 1 menitan dilakukan 2x buat ngelunturin kotoran2 d dlm mesin
bgitulah
pantesan aliran migor jd olmes tumbuh subur di konoha sini
nah itu koentji nya mbah, makanya wajip buka oil pan bawah
jd pas selsai korek2 komedo, bisa sirem oli dari lobang2 oli di deksel, nah ntar komedo2 pd luruh ke bak oli
tp bengkel2 dokter dokteran sepit sepit enjinering enjinering resing resing an mana mau ngerjain gtuan, ga enak buat ngecuan ngibulin kastemer nya
pernah dikasihtau supir angkot yg pake panther lama tp mesinnya alus n larinya masih jos, caranya masukin solar sesuai kapasitas oli mesin nyalain 1 menitan dilakukan 2x buat ngelunturin kotoran2 d dlm mesin
bgitulah
pantesan aliran migor jd olmes tumbuh subur di konoha sini
nanggung mbah, sekalian aja bensin
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Efek2 yg dirasakan :
- Tarikan sedikit lebiih enteng (Stop & Go jadi lebih enak)
- Selip kopling berkurang (sgt membantu saat mobil full penumpang dan di jalanan nanjak panjang )
- Penyaluran daya mesin lebih optimal
Doping ini sgt berguna bagi user2 pengguna ATF TMO T-4 / T-WS atau ATF lain kelas ekonomis semisal Aisin AFW+ / KIXX ATF Multi / KIXX D-VI dan yg sekelas
Pastikan ATF TMO nya ASELI ! (saya beli ATF TMO di Shop N Drive)
Lalu dari 1 botol doping, kasi 2 Oz ke Power steer, dan setir jadi sedikit lebih enteng.
14 Oz nya tuang semua ke matik.
Demikian report
* Bukan ajakan beli *
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02
Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.
Kalo oli2 Low SAPS biasanya syarat kualitas Base Oil nya lebih tinggi drpd oli Full SAPS sebagai kompensasi kadar Zn yg dikurangi
Contoh std ACEA C3 syarat base oil lebih tinggi drpd oli ACEA B4
juga oli utk API CK-4 syarat Base oil lebih tinggi drpd CJ-4 krn std CK-4 ada test thd Oxidasi oli yg lebih extreme drpd std CJ-4
pernah baca ya spt itu
IMO & CMIIW
*Btw bisnis automotive lubricant ini menjelang sunset dgn naiknya trend EV, di Thailand sbg kiblat otomotif Indo, masy nya udah cukup byk yg beralih ke EV, terutama EV merek Cina.
PTT sebagai operator SPBU terbesar di sana skg rencana mau bangun SPKLU secara massif / besar2-an
Turboman wrote: Tue May 07, 2024 14:51
*Btw bisnis automotive lubricant ini menjelang sunset dgn naiknya trend EV, di Thailand sbg kiblat otomotif Indo, masy nya udah cukup byk yg beralih ke EV, terutama EV merek Cina.
PTT sebagai operator SPBU terbesar di sana skg rencana mau bangun SPKLU secara massif / besar2-an
Bersiap utk Disrups / perubahan
Di Indo kok kyknya masih lama ya transisi ke listriknya. Kykyna 15 tahun lagi juga belum tentu cukup banyak SPKLU yang dibangun.
Di amerika sama Eropa sekarang penjualan EV udah berkurang growthnya, pada nunggu teknologi yang lebih matang dan harga yang lebih murah lagi, Segmen atas udah mulai tersaturasi.
So far setelah liat beberapa mobcin EV setelah tabrakan, ane jadi tambah ragu sih reliability kalo dipakai 10-15 tahun kedepan gimana. Sweetspotnya sepertinya Plug in Hybrid/Hybrid biar gak usah bawa² batere berat kemana mana dan overall lebih praktis.
melson wrote: Tue May 07, 2024 18:25
ijin nanya barangkali ada yg pernah pake oli adnoc yg gold 5w30? atau ada uoa nya kah? soalnya cari2 gak ketemu...
Ga pernah pakai yang gold, tapi yang silver 10W40 pernah, gass pol aja om kalo mau pakai itu.
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02
Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.
intinya ga usah di tambahin additif macem2 yah, buang2 duit, percaya aja sama racikan nya produsen oli yg terpercaya
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02
Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.
intinya ga usah di tambahin additif macem2 yah, buang2 duit, percaya aja sama racikan nya produsen oli yg terpercaya
Iya
Terbukti dr hasil uoa saya di Q8 dan mbah saturday di oli mainstream.
aditif oli Buang duit dan no efek.
Di case saya malah bikin q8 jd short drain
Mending buat isi pertamax or makan pagi sore
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02
Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.
intinya ga usah di tambahin additif macem2 yah, buang2 duit, percaya aja sama racikan nya produsen oli yg terpercaya
Yoi, kalo olinya perlu ditambah tambahin sesuatu baru jadi mendingan, berarti salah pilih
Ane sih tetep paling percaya oli yang ada official approval tapi harus melakukan engine testing karena itu susah, mahal, dan membutuhkan effort luar biasa. Kalo cuma bikin oli sekedar pas pasan pasti gak berani mengajukan untuk approval karena kalo gagal ya sia sia. Makanya paling anti kalo liat oli botolnya cuma API SN / SP dan Ilsac gf5/gf6.
BMW, VW, sama Mercy itu makin lama makin susah pengujiannya. Contoh spek oli BMW LL-04 2004 itu berjibun, Spek BMW LL-04 2018 cuma ada 5 yang lulus (di Indonesia) dan 2 diantaranya produk baru kita Q8 Special RN 5w30 dan Q8 Prestige V 5w30.
Contoh apa yang harus dilewatin oli untuk dapet approval jerman
Contoh Q8:
Screenshot_20240508_091350.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by sahabatq8 on Wed May 08, 2024 2:19, edited 2 times in total.
melson wrote: Tue May 07, 2024 18:25
ijin nanya barangkali ada yg pernah pake oli adnoc yg gold 5w30? atau ada uoa nya kah? soalnya cari2 gak ketemu...
Yoi, kalo olinya perlu ditambah tambahin sesuatu baru jadi mendingan, berarti salah pilih
Ane sih tetep paling percaya oli yang ada official approval tapi harus melakukan engine testing karena itu susah, mahal, dan membutuhkan effort luar biasa. Kalo cuma bikin oli sekedar pas pasan pasti gak berani mengajukan untuk approval karena kalo gagal ya sia sia. Makanya paling anti kalo liat oli botolnya cuma API SN / SP dan Ilsac gf5/gf6.
BMW, VW, sama Mercy itu makin lama makin susah pengujiannya. Contoh spek oli BMW LL-04 2004 itu berjibun, Spek BMW LL-04 2018 cuma ada 5 yang lulus (di Indonesia) dan 2 diantaranya produk baru kita Q8 Special RN 5w30 dan Q8 Prestige V 5w30.
Contoh apa yang harus dilewatin oli untuk dapet approval jerman
Contoh Q8:
Screenshot_20240508_091350.jpg
Trend ke depannya
Interval oli lebih panjang, skg rata2 pabrikan dah set OCI 15 rb km dgn oli OEM pula (oli mesin)
HEV / PHEV mesin cc nya kecil2 jadi ukuran karter nya juga mengecil
Trend ini juga terjadi pada mesin2 industri, mesin2 industri yg high tech jaman now dibanding yg 30 tahun lalu, yg jaman now pake oli-nya lebih dikit / jauh lebih dikit, tapi spek oli tinggi jadi OCI nya bisa panjang2 (base on Hour)
ini semua terkait dgn program pengurangan emisi karbon, karena oli termasuk dr sumber non renewable dan ujung2 nya jadi limbah, jadi seiring dgn penerapan ESG penggunaan oli ditekan secara volume
kalo skg BBM aja "dipaksa" utk menggunakan sumber yg renewable (Avtur aja dipaksa utk pake HVO Avtur), bisa jadi oli ke depannya "dipaksa" menggunakan bahan2 renewable, either dari Daur ulang atau Plant based spt Castrol ada bikin oli yg mengandung 25% plant based base oil
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02
Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.
intinya ga usah di tambahin additif macem2 yah, buang2 duit, percaya aja sama racikan nya produsen oli yg terpercaya
Yoi, kalo olinya perlu ditambah tambahin sesuatu baru jadi mendingan, berarti salah pilih
Ane sih tetep paling percaya oli yang ada official approval tapi harus melakukan engine testing karena itu susah, mahal, dan membutuhkan effort luar biasa. Kalo cuma bikin oli sekedar pas pasan pasti gak berani mengajukan untuk approval karena kalo gagal ya sia sia. Makanya paling anti kalo liat oli botolnya cuma API SN / SP dan Ilsac gf5/gf6.
BMW, VW, sama Mercy itu makin lama makin susah pengujiannya. Contoh spek oli BMW LL-04 2004 itu berjibun, Spek BMW LL-04 2018 cuma ada 5 yang lulus (di Indonesia) dan 2 diantaranya produk baru kita Q8 Special RN 5w30 dan Q8 Prestige V 5w30.
Contoh apa yang harus dilewatin oli untuk dapet approval jerman
Contoh Q8:
Screenshot_20240508_091350.jpg
kalo BMW dan MB approval gitu liat list nya dimana om? kalo dexos kan ada tuh.
Di Costco juga oli harga miring2, cuman spt nya web Costco hrs akses pake VPN utk user dri Indo
yah ini sekedar gambaran aja
yg foto di bawah ini harga Wallmart cuman USD 24 per 5 quart di wallmart
(cuman di sana ongkos ganti oli bisa seharga oli-nya / lebih mahal..... ha ha)
Pennz = milik Shell
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.