Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by blloewy »

Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26
yuga164 wrote: Wed Oct 21, 2020 22:00
Turboman wrote: Wed Oct 21, 2020 18:44 Utk tambahan info

PTT 0W30 API SP boleh coba test simulasi beli dr Shopee krn ongkir nya lebih murah drpd Bli2

Ini official store juga

PTT Lubricants Performa Super Synthetic Sae 0W30 Api Sp [4 L] seharga Rp540.000. Dapatkan sekarang juga di Shopee! https://shopee.co.id/product/120280808/ ... 03305702.9
Ok om turbo, perlu coba rasain yg 0w30 gmn bedanya krn pake hx8 5w30 ini agak gmn gitu bawanya trus kyk boros gitu brio saya klo bandingin brio lain pas baca2 thread komunitas brio. Pdhl situasi pandemi jalanan renggang tp tetep aja kerasa boros untk sekelas brio.
Apa krn olinya jg kali ya...klo bbm pertamax dr awal

Bedanya PTT Performa Synthetic Plus Sae 5W30 Api SP dengan PTT Performa Super Synthetic Sae 0W30 Api SP apa ya om? (Lg kepincut salah satu ini untuk gantiin hx8)

Trus klo flushing engine pake yg punya PTT FLUSHING OIL aman ga om? Ato tetep flushing pake oli murah...mana lebih aman, makasi :big_peace:
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).

maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A :mky_04:

soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)

klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.

cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
ada yg lebih resing dari Nissan Lipindut ternyata :big_cry:
push and glide itu model gas trs netral ya?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by doko86 »

Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).

maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A :mky_04:

soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)

klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.

cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
om surya, mau tanya
1). itu oli mesrannya langsung tuang ketika oli lama tinggal netes, atau
2). ketika oli lama tinggal netes baut pembuangan di tutup dulu baru oli mesrannya di tuang terus buka bautnya lagi
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by yuga164 »

Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26
yuga164 wrote: Wed Oct 21, 2020 22:00
Turboman wrote: Wed Oct 21, 2020 18:44 Utk tambahan info

PTT 0W30 API SP boleh coba test simulasi beli dr Shopee krn ongkir nya lebih murah drpd Bli2

Ini official store juga

PTT Lubricants Performa Super Synthetic Sae 0W30 Api Sp [4 L] seharga Rp540.000. Dapatkan sekarang juga di Shopee! https://shopee.co.id/product/120280808/ ... 03305702.9
Ok om turbo, perlu coba rasain yg 0w30 gmn bedanya krn pake hx8 5w30 ini agak gmn gitu bawanya trus kyk boros gitu brio saya klo bandingin brio lain pas baca2 thread komunitas brio. Pdhl situasi pandemi jalanan renggang tp tetep aja kerasa boros untk sekelas brio.
Apa krn olinya jg kali ya...klo bbm pertamax dr awal

Bedanya PTT Performa Synthetic Plus Sae 5W30 Api SP dengan PTT Performa Super Synthetic Sae 0W30 Api SP apa ya om? (Lg kepincut salah satu ini untuk gantiin hx8)

Trus klo flushing engine pake yg punya PTT FLUSHING OIL aman ga om? Ato tetep flushing pake oli murah...mana lebih aman, makasi :big_peace:
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).

maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A :mky_04:

soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)

klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.

cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
Mantap om surya infonya, makasi :big_exellent:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 5:54
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26
yuga164 wrote: Wed Oct 21, 2020 22:00

Ok om turbo, perlu coba rasain yg 0w30 gmn bedanya krn pake hx8 5w30 ini agak gmn gitu bawanya trus kyk boros gitu brio saya klo bandingin brio lain pas baca2 thread komunitas brio. Pdhl situasi pandemi jalanan renggang tp tetep aja kerasa boros untk sekelas brio.
Apa krn olinya jg kali ya...klo bbm pertamax dr awal

Bedanya PTT Performa Synthetic Plus Sae 5W30 Api SP dengan PTT Performa Super Synthetic Sae 0W30 Api SP apa ya om? (Lg kepincut salah satu ini untuk gantiin hx8)

Trus klo flushing engine pake yg punya PTT FLUSHING OIL aman ga om? Ato tetep flushing pake oli murah...mana lebih aman, makasi :big_peace:
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).

maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A :mky_04:

soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)

klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.

cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
ada yg lebih resing dari Nissan Lipindut ternyata :big_cry:
push and glide itu model gas trs netral ya?
gas tipis2, trus lepas.
eco driving style :upss:

jgn netral, bahaya, apalagi klo ada turun gunung, bs overheat disc brakenya, gak ada engine brake :mky_03:



doko86 wrote: Thu Oct 22, 2020 6:20
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).

maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A :mky_04:

soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)

klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.

cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
om surya, mau tanya
1). itu oli mesrannya langsung tuang ketika oli lama tinggal netes, atau
2). ketika oli lama tinggal netes baut pembuangan di tutup dulu baru oli mesrannya di tuang terus buka bautnya lagi
klo sy pribadi, dua2nya Ok :D
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
chrisha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Thu Sep 03, 2020 2:32
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: Nissan X-Trail T31 CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by chrisha »

Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 7:20
blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 5:54
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26

iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).

maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A :mky_04:

soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)

klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.

cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
ada yg lebih resing dari Nissan Lipindut ternyata :big_cry:
push and glide itu model gas trs netral ya?
gas tipis2, trus lepas.
eco driving style :upss:

jgn netral, bahaya, apalagi klo ada turun gunung, bs overheat disc brakenya, gak ada engine brake :mky_03:



doko86 wrote: Thu Oct 22, 2020 6:20
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).

maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A :mky_04:

soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)

klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.

cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
om surya, mau tanya
1). itu oli mesrannya langsung tuang ketika oli lama tinggal netes, atau
2). ketika oli lama tinggal netes baut pembuangan di tutup dulu baru oli mesrannya di tuang terus buka bautnya lagi
klo sy pribadi, dua2nya Ok :D
Iyess, udah lakuin jg, hehe 2 2 nya :big_grin:
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by doko86 »

Di pilih2.... Mumpung masih promo

#bukan sales oli#
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by doko86 »

chrisha wrote: Thu Oct 22, 2020 7:38
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 7:20
blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 5:54
ada yg lebih resing dari Nissan Lipindut ternyata :big_cry:
push and glide itu model gas trs netral ya?
gas tipis2, trus lepas.
eco driving style :upss:

jgn netral, bahaya, apalagi klo ada turun gunung, bs overheat disc brakenya, gak ada engine brake :mky_03:



doko86 wrote: Thu Oct 22, 2020 6:20

om surya, mau tanya
1). itu oli mesrannya langsung tuang ketika oli lama tinggal netes, atau
2). ketika oli lama tinggal netes baut pembuangan di tutup dulu baru oli mesrannya di tuang terus buka bautnya lagi
klo sy pribadi, dua2nya Ok :D
Iyess, udah lakuin jg, hehe 2 2 nya :big_grin:
Siaaap om... :big_deal:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Nahh bagi pecinta DGO

Ini baru yg namanya diskon

Kl yg cuman sekedar 50 persen mah ud sering
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kibo66
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 24, 2019 4:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kibo66 »

Mau tanya, disini pernah ada yang coba ganti oli jazz pake punya mitsu 5w-30 ? gimana untuk performa nya ? mau coba ganti mitsu karena murmer wkwkwk. ane biasa ganti oli per 5rb km. posisi km sekarang di angka 64rb. makasih
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 7:20
-

jgn netral, bahaya, apalagi klo ada turun gunung, bs overheat disc brakenya, gak ada engine brake :mky_03:




-


mungkin maksudnya engine break?




























:ngacir:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by josomba »

[emo-mark-A]
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 9:49 Mau tanya, disini pernah ada yang coba ganti oli jazz pake punya mitsu 5w-30 ? gimana untuk performa nya ? mau coba ganti mitsu karena murmer wkwkwk. ane biasa ganti oli per 5rb km. posisi km sekarang di angka 64rb. makasih
Nah itu DGO lg masa2 sangat murmer gamau disikat?

Atpm jepun mirip2 bae lah 5w-30nya .... Kelas2 goceng buang ...
Image
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 12:16
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 7:20
-

jgn netral, bahaya, apalagi klo ada turun gunung, bs overheat disc brakenya, gak ada engine brake :mky_03:




-


mungkin maksudnya engine break?




























:ngacir:
:upss: :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kibo66
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 24, 2019 4:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kibo66 »

josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 12:19 [emo-mark-A]
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 9:49 Mau tanya, disini pernah ada yang coba ganti oli jazz pake punya mitsu 5w-30 ? gimana untuk performa nya ? mau coba ganti mitsu karena murmer wkwkwk. ane biasa ganti oli per 5rb km. posisi km sekarang di angka 64rb. makasih
Nah itu DGO lg masa2 sangat murmer gamau disikat?

Atpm jepun mirip2 bae lah 5w-30nya .... Kelas2 goceng buang ...
DGO apa om ? hehe. bisa bisikin kah linknya. untuk performa gimama ?
Last edited by kibo66 on Thu Oct 22, 2020 13:20, edited 1 time in total.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 13:18
josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 12:19 [emo-mark-A]
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 9:49 Mau tanya, disini pernah ada yang coba ganti oli jazz pake punya mitsu 5w-30 ? gimana untuk performa nya ? mau coba ganti mitsu karena murmer wkwkwk. ane biasa ganti oli per 5rb km. posisi km sekarang di angka 64rb. makasih
Nah itu DGO lg masa2 sangat murmer gamau disikat?

Atpm jepun mirip2 bae lah 5w-30nya .... Kelas2 goceng buang ...
DGO apa om ? hehe. bisa bisikin kah linknya. untuk performa gimama ?
daihatsu genuine oil.

om kelep (DOHC), pengguna loyal tuh, per 3rb Km dibuang :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

MarYuko wrote: Thu Oct 22, 2020 3:26
DOHC wrote: Tue Oct 20, 2020 7:57
Kl rutin ganti tiap goceng, dan mobil doyan jalan jauh mah, djamin aman om dr sludge.. mobil2 saya jg smua ukur jalan mulu, gantol pun di 7000 km.. ga perna ad yg sludge, varnish pun ga ad

Top up nya lmayan jg, kl pagi cold start dr knalpot bau nya tajem ga ? Trus ud perna intip klep intake, ad meler oli ga tuh dsana ?
klep intake blum pernah liat mbah, sama kalo pagi ada asap tipis aja pas manasin, trus kalo jalan ya hilang sudah...

kalo bau tajam kayaknya gk ada dh, bau” asap knalpot biasa gitu

cuman kalo pas idle lama sekitar stgh jam kalo pas bawa anak sama bini jalan ngadem di toko ada asap keluar sebentar pas digas mau jalan, abis tu asapnya hilang gk ada sama skali...
Kalau boleh tau warna asapnya apa ? Kalau warnanya biru, keluar bentar pas parkir / lamer digas asap hilang bisa jadi seal klep (valve seal) bocor.

Kebocoran seal klep asapnya beda dgn bocor di ring piston, walaupun sama-sama bakar oli. Kalau ring piston bocor asap birunya digas sepanjang jalan ngebul asap biru
kibo66
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 24, 2019 4:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kibo66 »

Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 13:43
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 13:18
josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 12:19 [emo-mark-A]

Nah itu DGO lg masa2 sangat murmer gamau disikat?

Atpm jepun mirip2 bae lah 5w-30nya .... Kelas2 goceng buang ...
DGO apa om ? hehe. bisa bisikin kah linknya. untuk performa gimama ?
daihatsu genuine oil.

om kelep (DOHC), pengguna loyal tuh, per 3rb Km dibuang :mky_02:
pertanyaan terakhir om, mending pake yang 0-20 atau 5-30 ya galau nih. di toped lebih murah lagi diskonnya wkwkwk. mobil jarang di pake, sesekali di pakai kerja dan weekend.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 14:24
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 13:43
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 13:18

DGO apa om ? hehe. bisa bisikin kah linknya. untuk performa gimama ?
daihatsu genuine oil.

om kelep (DOHC), pengguna loyal tuh, per 3rb Km dibuang :mky_02:
pertanyaan terakhir om, mending pake yang 0-20 atau 5-30 ya galau nih. di toped lebih murah lagi diskonnya wkwkwk. mobil jarang di pake, sesekali di pakai kerja dan weekend.
jalan santai / normal, ada PTT 0w20 Eco API SP, murah 3 liter cuman 250-260rb an,
tinggal tambah lg beli seliter klo kurang.

DGO ?
pakai 3rb km buang :big_biglaugh:

hobi ngebut di tol, 0w20 kelas amsoil signature atau Q8 formula D1 Fe 0w20 :emo-big_love:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MarYuko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by MarYuko »

Or4cle wrote: Thu Oct 22, 2020 13:58
Kalau boleh tau warna asapnya apa ? Kalau warnanya biru, keluar bentar pas parkir / lamer digas asap hilang bisa jadi seal klep (valve seal) bocor.

Kebocoran seal klep asapnya beda dgn bocor di ring piston, walaupun sama-sama bakar oli. Kalau ring piston bocor asap birunya digas sepanjang jalan ngebul asap biru
sepertinya agak kebiruan mbah, brarti fix seal valve ya..

kalo jalan gk ada asap keluar, sudah dikonfirm pas saya iringin jalan diblkg mobil...
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

MarYuko wrote: Thu Oct 22, 2020 21:50
Or4cle wrote: Thu Oct 22, 2020 13:58
Kalau boleh tau warna asapnya apa ? Kalau warnanya biru, keluar bentar pas parkir / lamer digas asap hilang bisa jadi seal klep (valve seal) bocor.

Kebocoran seal klep asapnya beda dgn bocor di ring piston, walaupun sama-sama bakar oli. Kalau ring piston bocor asap birunya digas sepanjang jalan ngebul asap biru
sepertinya agak kebiruan mbah, brarti fix seal valve ya..

kalo jalan gk ada asap keluar, sudah dikonfirm pas saya iringin jalan diblkg mobil...
Bukan mbah hanya sekedar cheerleaders asemreges ...
Asap biru artinya ada oli yang terbakar di combustion chamber. Biasanya bisa penyebabnya bisa antara ring piston aus / seal klep bocor / katup PCV rusak.

Untuk analisa selanjutnya, dipersilahkan dekan / wa-dekan / rektor institut vorsprung durch technik van asem reges le indonesie ikut comment ....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 17:40
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 14:24
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 13:43

daihatsu genuine oil.

om kelep (DOHC), pengguna loyal tuh, per 3rb Km dibuang :mky_02:
pertanyaan terakhir om, mending pake yang 0-20 atau 5-30 ya galau nih. di toped lebih murah lagi diskonnya wkwkwk. mobil jarang di pake, sesekali di pakai kerja dan weekend.
jalan santai / normal, ada PTT 0w20 Eco API SP, murah 3 liter cuman 250-260rb an,
tinggal tambah lg beli seliter klo kurang.

DGO ?
pakai 3rb km buang :big_biglaugh:

hobi ngebut di tol, 0w20 kelas amsoil signature atau Q8 formula D1 Fe 0w20 :emo-big_love:
Kl mobil buat simpen d gerasi doank, DGO jg bagus

Kan yg penting ad lendir melumasi.. dan encer
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Fri Oct 23, 2020 1:27
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 17:40
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 14:24

pertanyaan terakhir om, mending pake yang 0-20 atau 5-30 ya galau nih. di toped lebih murah lagi diskonnya wkwkwk. mobil jarang di pake, sesekali di pakai kerja dan weekend.
jalan santai / normal, ada PTT 0w20 Eco API SP, murah 3 liter cuman 250-260rb an,
tinggal tambah lg beli seliter klo kurang.

DGO ?
pakai 3rb km buang :big_biglaugh:

hobi ngebut di tol, 0w20 kelas amsoil signature atau Q8 formula D1 Fe 0w20 :emo-big_love:
Kl mobil buat simpen d gerasi doank, DGO jg bagus

Kan yg penting ad lendir melumasi.. dan encer
86 mbah suhu :mky_08:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
chrisha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Thu Sep 03, 2020 2:32
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: Nissan X-Trail T31 CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by chrisha »

Sepi nih, gak ada yg sale lagi ya per-oli-an :)
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by aldittodi »

Jadi, setelah kemarin minta saran dari teman-teman di forum SM ini dan juga rekomendasi beberapa teman, akhirnya memutuskan oli lama di jarak tempuh 5230 kilometer (baru setengah jarak tempuh dari yg diklaim oleh oli tersebut) dan diganti dengan Q8 Formula Special D1 5W-30. Impresi pertama setelah masukin oli ini, enaak banget. Enteng banget, suara mesin jadi lebih kalem, terutama saat coldstart. Harganya emang cukup bikin meringis, tapi worth lah untuk harganya. Jadi, terima kasih teman-teman SM atas sarannya :big_deal: :big_deal:



Next ada jadwal ganti oli matic, selama ini sih di mobil saya Jazz GE8 AT selalu pakai ATF Z1 dari Honda. Terus sempat ada yg bilang untuk coba ganti dengan PTT yg AT. Apakah cukup signifikan perbedaannya?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

doko86 wrote: Thu Oct 22, 2020 7:40 Di pilih2.... Mumpung masih promo

#bukan sales oli#
aduh ai kelewat mandi oli DGO nih






















:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
gaspol resing tim
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by sesame »

aldittodi wrote: Sun Oct 25, 2020 3:04 Jadi, setelah kemarin minta saran dari teman-teman di forum SM ini dan juga rekomendasi beberapa teman, akhirnya memutuskan oli lama di jarak tempuh 5230 kilometer (baru setengah jarak tempuh dari yg diklaim oleh oli tersebut) dan diganti dengan Q8 Formula Special D1 5W-30. Impresi pertama setelah masukin oli ini, enaak banget. Enteng banget, suara mesin jadi lebih kalem, terutama saat coldstart. Harganya emang cukup bikin meringis, tapi worth lah untuk harganya. Jadi, terima kasih teman-teman SM atas sarannya :big_deal: :big_deal:



Next ada jadwal ganti oli matic, selama ini sih di mobil saya Jazz GE8 AT selalu pakai ATF Z1 dari Honda. Terus sempat ada yg bilang untuk coba ganti dengan PTT yg AT. Apakah cukup signifikan perbedaannya?
Belinya di toko mana om? E-commerce? Ane liat kisaran harganya mirip2 PTT Super Syntetic.. apa salah barang? :ungg: