Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ok om turbo, perlu coba rasain yg 0w30 gmn bedanya krn pake hx8 5w30 ini agak gmn gitu bawanya trus kyk boros gitu brio saya klo bandingin brio lain pas baca2 thread komunitas brio. Pdhl situasi pandemi jalanan renggang tp tetep aja kerasa boros untk sekelas brio.
Apa krn olinya jg kali ya...klo bbm pertamax dr awal
Bedanya PTT Performa Synthetic Plus Sae 5W30 Api SP dengan PTT Performa Super Synthetic Sae 0W30 Api SP apa ya om? (Lg kepincut salah satu ini untuk gantiin hx8)
Trus klo flushing engine pake yg punya PTT FLUSHING OIL aman ga om? Ato tetep flushing pake oli murah...mana lebih aman, makasi
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).
maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A
soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)
klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.
cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
ada yg lebih resing dari Nissan Lipindut ternyata
push and glide itu model gas trs netral ya?
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).
maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A
soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)
klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.
cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
om surya, mau tanya
1). itu oli mesrannya langsung tuang ketika oli lama tinggal netes, atau
2). ketika oli lama tinggal netes baut pembuangan di tutup dulu baru oli mesrannya di tuang terus buka bautnya lagi
Ok om turbo, perlu coba rasain yg 0w30 gmn bedanya krn pake hx8 5w30 ini agak gmn gitu bawanya trus kyk boros gitu brio saya klo bandingin brio lain pas baca2 thread komunitas brio. Pdhl situasi pandemi jalanan renggang tp tetep aja kerasa boros untk sekelas brio.
Apa krn olinya jg kali ya...klo bbm pertamax dr awal
Bedanya PTT Performa Synthetic Plus Sae 5W30 Api SP dengan PTT Performa Super Synthetic Sae 0W30 Api SP apa ya om? (Lg kepincut salah satu ini untuk gantiin hx8)
Trus klo flushing engine pake yg punya PTT FLUSHING OIL aman ga om? Ato tetep flushing pake oli murah...mana lebih aman, makasi
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).
maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A
soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)
klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.
cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
Ok om turbo, perlu coba rasain yg 0w30 gmn bedanya krn pake hx8 5w30 ini agak gmn gitu bawanya trus kyk boros gitu brio saya klo bandingin brio lain pas baca2 thread komunitas brio. Pdhl situasi pandemi jalanan renggang tp tetep aja kerasa boros untk sekelas brio.
Apa krn olinya jg kali ya...klo bbm pertamax dr awal
Bedanya PTT Performa Synthetic Plus Sae 5W30 Api SP dengan PTT Performa Super Synthetic Sae 0W30 Api SP apa ya om? (Lg kepincut salah satu ini untuk gantiin hx8)
Trus klo flushing engine pake yg punya PTT FLUSHING OIL aman ga om? Ato tetep flushing pake oli murah...mana lebih aman, makasi
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).
maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A
soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)
klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.
cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
ada yg lebih resing dari Nissan Lipindut ternyata
push and glide itu model gas trs netral ya?
gas tipis2, trus lepas.
eco driving style
jgn netral, bahaya, apalagi klo ada turun gunung, bs overheat disc brakenya, gak ada engine brake
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).
maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A
soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)
klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.
cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
om surya, mau tanya
1). itu oli mesrannya langsung tuang ketika oli lama tinggal netes, atau
2). ketika oli lama tinggal netes baut pembuangan di tutup dulu baru oli mesrannya di tuang terus buka bautnya lagi
klo sy pribadi, dua2nya Ok
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).
maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A
soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)
klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.
cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
ada yg lebih resing dari Nissan Lipindut ternyata
push and glide itu model gas trs netral ya?
gas tipis2, trus lepas.
eco driving style
jgn netral, bahaya, apalagi klo ada turun gunung, bs overheat disc brakenya, gak ada engine brake
Suryaputra wrote: Thu Oct 22, 2020 5:26
iseng nubie bantu jawab.
sepengalaman nubie miara brio dulu, ni mobilnya demennya nenggak bensin oktan tinggi (v power, total 95, pertamax turbo).
maklum, kompresi tinggi dgn powah terbesar di kelas mesin 1200cc N/A
soal bbm boros, coba cek:
- tekanan ban (klo pk nitrogen set aja rata depan blkg di 34-35 psi)
- filter udara, busi
- klo isi pertamina, cari spbu COCO kode 31- atau setidaknya kode 33-
- gak perlu push and glide, bawanya biasa aja, ngirit2 nge-gas malah bisa carb fouling loh, dan ujung2nya malah susah cold start dan bbm malah boros beneean (pengalaman dr suhu omnibus)
klo flush oil, pakai PTT flush oil aman banget krn basenya emang oli mesin beneran dan ramah dgn internal seal mesin.
cuman klo rajin ganti oli tiap 6-7 bln sekali, gak perlu diflush jg, mobil masih muda ini kan.
cukup tuang oli mesran/shell murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (buat buang sisa oli lama yg ngendap di oil-pan)
om surya, mau tanya
1). itu oli mesrannya langsung tuang ketika oli lama tinggal netes, atau
2). ketika oli lama tinggal netes baut pembuangan di tutup dulu baru oli mesrannya di tuang terus buka bautnya lagi
om surya, mau tanya
1). itu oli mesrannya langsung tuang ketika oli lama tinggal netes, atau
2). ketika oli lama tinggal netes baut pembuangan di tutup dulu baru oli mesrannya di tuang terus buka bautnya lagi
Mau tanya, disini pernah ada yang coba ganti oli jazz pake punya mitsu 5w-30 ? gimana untuk performa nya ? mau coba ganti mitsu karena murmer wkwkwk. ane biasa ganti oli per 5rb km. posisi km sekarang di angka 64rb. makasih
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 9:49
Mau tanya, disini pernah ada yang coba ganti oli jazz pake punya mitsu 5w-30 ? gimana untuk performa nya ? mau coba ganti mitsu karena murmer wkwkwk. ane biasa ganti oli per 5rb km. posisi km sekarang di angka 64rb. makasih
josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 12:19
[emo-mark-A]
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 9:49
Mau tanya, disini pernah ada yang coba ganti oli jazz pake punya mitsu 5w-30 ? gimana untuk performa nya ? mau coba ganti mitsu karena murmer wkwkwk. ane biasa ganti oli per 5rb km. posisi km sekarang di angka 64rb. makasih
josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 12:19
[emo-mark-A]
kibo66 wrote: Thu Oct 22, 2020 9:49
Mau tanya, disini pernah ada yang coba ganti oli jazz pake punya mitsu 5w-30 ? gimana untuk performa nya ? mau coba ganti mitsu karena murmer wkwkwk. ane biasa ganti oli per 5rb km. posisi km sekarang di angka 64rb. makasih
DOHC wrote: Tue Oct 20, 2020 7:57
Kl rutin ganti tiap goceng, dan mobil doyan jalan jauh mah, djamin aman om dr sludge.. mobil2 saya jg smua ukur jalan mulu, gantol pun di 7000 km.. ga perna ad yg sludge, varnish pun ga ad
Top up nya lmayan jg, kl pagi cold start dr knalpot bau nya tajem ga ? Trus ud perna intip klep intake, ad meler oli ga tuh dsana ?
klep intake blum pernah liat mbah, sama kalo pagi ada asap tipis aja pas manasin, trus kalo jalan ya hilang sudah...
kalo bau tajam kayaknya gk ada dh, bau” asap knalpot biasa gitu
cuman kalo pas idle lama sekitar stgh jam kalo pas bawa anak sama bini jalan ngadem di toko ada asap keluar sebentar pas digas mau jalan, abis tu asapnya hilang gk ada sama skali...
Kalau boleh tau warna asapnya apa ? Kalau warnanya biru, keluar bentar pas parkir / lamer digas asap hilang bisa jadi seal klep (valve seal) bocor.
Kebocoran seal klep asapnya beda dgn bocor di ring piston, walaupun sama-sama bakar oli. Kalau ring piston bocor asap birunya digas sepanjang jalan ngebul asap biru
DGO apa om ? hehe. bisa bisikin kah linknya. untuk performa gimama ?
daihatsu genuine oil.
om kelep (DOHC), pengguna loyal tuh, per 3rb Km dibuang
pertanyaan terakhir om, mending pake yang 0-20 atau 5-30 ya galau nih. di toped lebih murah lagi diskonnya wkwkwk. mobil jarang di pake, sesekali di pakai kerja dan weekend.
DGO apa om ? hehe. bisa bisikin kah linknya. untuk performa gimama ?
daihatsu genuine oil.
om kelep (DOHC), pengguna loyal tuh, per 3rb Km dibuang
pertanyaan terakhir om, mending pake yang 0-20 atau 5-30 ya galau nih. di toped lebih murah lagi diskonnya wkwkwk. mobil jarang di pake, sesekali di pakai kerja dan weekend.
jalan santai / normal, ada PTT 0w20 Eco API SP, murah 3 liter cuman 250-260rb an,
tinggal tambah lg beli seliter klo kurang.
DGO ?
pakai 3rb km buang
hobi ngebut di tol, 0w20 kelas amsoil signature atau Q8 formula D1 Fe 0w20
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle wrote: Thu Oct 22, 2020 13:58
Kalau boleh tau warna asapnya apa ? Kalau warnanya biru, keluar bentar pas parkir / lamer digas asap hilang bisa jadi seal klep (valve seal) bocor.
Kebocoran seal klep asapnya beda dgn bocor di ring piston, walaupun sama-sama bakar oli. Kalau ring piston bocor asap birunya digas sepanjang jalan ngebul asap biru
sepertinya agak kebiruan mbah, brarti fix seal valve ya..
kalo jalan gk ada asap keluar, sudah dikonfirm pas saya iringin jalan diblkg mobil...
Or4cle wrote: Thu Oct 22, 2020 13:58
Kalau boleh tau warna asapnya apa ? Kalau warnanya biru, keluar bentar pas parkir / lamer digas asap hilang bisa jadi seal klep (valve seal) bocor.
Kebocoran seal klep asapnya beda dgn bocor di ring piston, walaupun sama-sama bakar oli. Kalau ring piston bocor asap birunya digas sepanjang jalan ngebul asap biru
sepertinya agak kebiruan mbah, brarti fix seal valve ya..
kalo jalan gk ada asap keluar, sudah dikonfirm pas saya iringin jalan diblkg mobil...
Bukan mbah hanya sekedar cheerleaders asemreges ...
Asap biru artinya ada oli yang terbakar di combustion chamber. Biasanya bisa penyebabnya bisa antara ring piston aus / seal klep bocor / katup PCV rusak.
Untuk analisa selanjutnya, dipersilahkan dekan / wa-dekan / rektor institut vorsprung durch technik van asem reges le indonesie ikut comment ....
om kelep (DOHC), pengguna loyal tuh, per 3rb Km dibuang
pertanyaan terakhir om, mending pake yang 0-20 atau 5-30 ya galau nih. di toped lebih murah lagi diskonnya wkwkwk. mobil jarang di pake, sesekali di pakai kerja dan weekend.
jalan santai / normal, ada PTT 0w20 Eco API SP, murah 3 liter cuman 250-260rb an,
tinggal tambah lg beli seliter klo kurang.
DGO ?
pakai 3rb km buang
hobi ngebut di tol, 0w20 kelas amsoil signature atau Q8 formula D1 Fe 0w20
pertanyaan terakhir om, mending pake yang 0-20 atau 5-30 ya galau nih. di toped lebih murah lagi diskonnya wkwkwk. mobil jarang di pake, sesekali di pakai kerja dan weekend.
jalan santai / normal, ada PTT 0w20 Eco API SP, murah 3 liter cuman 250-260rb an,
tinggal tambah lg beli seliter klo kurang.
DGO ?
pakai 3rb km buang
hobi ngebut di tol, 0w20 kelas amsoil signature atau Q8 formula D1 Fe 0w20
Kl mobil buat simpen d gerasi doank, DGO jg bagus
Kan yg penting ad lendir melumasi.. dan encer
86 mbah suhu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jadi, setelah kemarin minta saran dari teman-teman di forum SM ini dan juga rekomendasi beberapa teman, akhirnya memutuskan oli lama di jarak tempuh 5230 kilometer (baru setengah jarak tempuh dari yg diklaim oleh oli tersebut) dan diganti dengan Q8 Formula Special D1 5W-30. Impresi pertama setelah masukin oli ini, enaak banget. Enteng banget, suara mesin jadi lebih kalem, terutama saat coldstart. Harganya emang cukup bikin meringis, tapi worth lah untuk harganya. Jadi, terima kasih teman-teman SM atas sarannya
Next ada jadwal ganti oli matic, selama ini sih di mobil saya Jazz GE8 AT selalu pakai ATF Z1 dari Honda. Terus sempat ada yg bilang untuk coba ganti dengan PTT yg AT. Apakah cukup signifikan perbedaannya?
aldittodi wrote: Sun Oct 25, 2020 3:04
Jadi, setelah kemarin minta saran dari teman-teman di forum SM ini dan juga rekomendasi beberapa teman, akhirnya memutuskan oli lama di jarak tempuh 5230 kilometer (baru setengah jarak tempuh dari yg diklaim oleh oli tersebut) dan diganti dengan Q8 Formula Special D1 5W-30. Impresi pertama setelah masukin oli ini, enaak banget. Enteng banget, suara mesin jadi lebih kalem, terutama saat coldstart. Harganya emang cukup bikin meringis, tapi worth lah untuk harganya. Jadi, terima kasih teman-teman SM atas sarannya
Next ada jadwal ganti oli matic, selama ini sih di mobil saya Jazz GE8 AT selalu pakai ATF Z1 dari Honda. Terus sempat ada yg bilang untuk coba ganti dengan PTT yg AT. Apakah cukup signifikan perbedaannya?
Belinya di toko mana om? E-commerce? Ane liat kisaran harganya mirip2 PTT Super Syntetic.. apa salah barang?