Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Di kemasan botolnya cm tertera dexos 1, API SN, ILSAC GF-5 om Turbo...Saya browsing ke web Q8 jg ga ada yg kemasan nya G/D1, ada nya D1 doang...Masa iya di web nya ga ada , tapi ada yg jual?
Coba baca lagi baik - baik kemasannya.
Q8 oil bikin oli khusus untuk certified dexos yang diberi label Formula Special G.
Ada yang certified dexos1 dan dexos2.
Q8 oil yang khusus untuk certified VW diberi label Formula V.
Sudah dikonfirmasi oleh sellernya, standar oli tsb msh dexos 1 tp belum gen 2...Saya coba cari merk Q8 di web dexos nya, yg diakui dexos 1 gen 2 cm Q8 special D1, dmn di kemasan jg sudah ada logo dexos 1 gen 2 nya...Utk dexos 1 gen 2 apa benar udh ada ramuan/formula utk LSPI nya? krn saya lihat beberapa merk oli yg udh dexos 1 gen 2 di pds nya pasti ada sn plus spt unil opal longlife dex 1.2 FE, schaeffers n Q8 special D1...
Valvoline ternyata jg udh support SN Plus n dex 1 gen 2 ya oms...Gmn PDS nya mnrt oms ?
Valvoline SynPower.png
Ca 0,211 mah bukan SN+ dong ah.......
SN+ kadar Ca max 0,12 alias 1200 ppm (digeber di Mg nya)
lain2 nya ok
Ketinggian ya oms ca nya sampai 2000 an ppm...Barusan ketemu yg jual special Q8 D1, cm harga nya masih over budget hehehe...Kl di mulya oil shop ada yg udh pernah order kah?
Luther wrote:
Valvoline ternyata jg udh support SN Plus n dex 1 gen 2 ya oms...Gmn PDS nya mnrt oms ?
Valvoline SynPower.png
Ca 0,211 mah bukan SN+ dong ah.......
SN+ kadar Ca max 0,12 alias 1200 ppm (digeber di Mg nya)
lain2 nya ok
Ketinggian ya oms ca nya sampai 2000 an ppm...Barusan ketemu yg jual special Q8 D1, cm harga nya masih over budget hehehe...Kl di mulya oil shop ada yg udh pernah order kah?
ya skrg balik lagi om luther.. mobilnya butuh requirement SN+ atau Dexos 1 Gen 2 ?
API dan Dexos itu, standard requirement nya beda.
klo SN+ kadar Ca kan gak boleh tinggi2, tp dia geber aditif yg lain nya sbg substitusi.
SN biasa, ya emang rata2 Ca tinggi.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Turboman wrote: Thu Dec 26, 2019 1:36
Ca 0,211 mah bukan SN+ dong ah.......
SN+ kadar Ca max 0,12 alias 1200 ppm (digeber di Mg nya)
lain2 nya ok
Ketinggian ya oms ca nya sampai 2000 an ppm...Barusan ketemu yg jual special Q8 D1, cm harga nya masih over budget hehehe...Kl di mulya oil shop ada yg udh pernah order kah?
ya skrg balik lagi om luther.. mobilnya butuh requirement SN+ atau Dexos 1 Gen 2 ?
API dan Dexos itu, standard requirement nya beda.
klo SN+ kadar Ca kan gak boleh tinggi2, tp dia geber aditif yg lain nya sbg substitusi.
SN biasa, ya emang rata2 Ca tinggi.
asal jgn api SM aja om, lg an kl Ca vs Mg lbh mewah Mg kan kelas nya?
Luther wrote: Thu Dec 26, 2019 1:55
Ketinggian ya oms ca nya sampai 2000 an ppm...Barusan ketemu yg jual special Q8 D1, cm harga nya masih over budget hehehe...Kl di mulya oil shop ada yg udh pernah order kah?
ya skrg balik lagi om luther.. mobilnya butuh requirement SN+ atau Dexos 1 Gen 2 ?
API dan Dexos itu, standard requirement nya beda.
klo SN+ kadar Ca kan gak boleh tinggi2, tp dia geber aditif yg lain nya sbg substitusi.
SN biasa, ya emang rata2 Ca tinggi.
asal jgn api SM aja om, lg an kl Ca vs Mg lbh mewah Mg kan kelas nya?
Ya sesuaikan kebutuhan aja om.
Dan klo mintanya juga Dexos 1 g2, ya kasih ajah dexos 1 g2.
Mau dpt SN+ sm dexos 1 g2, unil opaljet dex fe 1.2 udah fulfill tuh klo lihat PDS nya.
Yg penting oli asli dari official / trusted seller, dan punya reputasi yg Ok.
Luther wrote: Thu Dec 26, 2019 3:55
Wah, pembuktian yg nyata ini ya om, lbh dr 1 thn jg oli nya masih layak pakai, mungkin kah pengaruh dr kualitas BBM nya jg?
Iya om kualitas bbm juga pengaruh selain dr cara mengemudi dan medan jalan yg dilalui.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ya skrg balik lagi om luther.. mobilnya butuh requirement SN+ atau Dexos 1 Gen 2 ?
API dan Dexos itu, standard requirement nya beda.
klo SN+ kadar Ca kan gak boleh tinggi2, tp dia geber aditif yg lain nya sbg substitusi.
SN biasa, ya emang rata2 Ca tinggi.
asal jgn api SM aja om, lg an kl Ca vs Mg lbh mewah Mg kan kelas nya?
Ya sesuaikan kebutuhan aja om.
Dan klo mintanya juga Dexos 1 g2, ya kasih ajah dexos 1 g2.
Mau dpt SN+ sm dexos 1 g2, unil opaljet dex fe 1.2 udah fulfill tuh klo lihat PDS nya.
Yg penting oli asli dari official / trusted seller, dan punya reputasi yg Ok.
Luther wrote: Thu Dec 26, 2019 3:55
Wah, pembuktian yg nyata ini ya om, lbh dr 1 thn jg oli nya masih layak pakai, mungkin kah pengaruh dr kualitas BBM nya jg?
Iya om kualitas bbm juga pengaruh selain dr cara mengemudi dan medan jalan yg dilalui.
Iya om, thn dpn bln januari estimasi sampai di Medan nya itu schaeffer n unil opal
Auanz wrote: Thu Dec 26, 2019 6:36
Hallo. Barusan aja service 1000 mobcin yg lg tenar itu.
Sambil tanya2 spek oli CVT nya. SA nya blg standar oli nya standar oli CVT honda.
Nah spek oli cvt bagus nya pakai apa ya om yg meet and exceed oli cvt honda crv.
Hmmm kok aneh yaa
Honda CVT fluid ada 2 macam,
- CTVF (untuk cvt honda model lama)
- HCF-2 (untuk cvt honda model baru / CVT Gen-2)
coba cek manual book, pakainya yg mana spec CVT fluid untuk mobil nya ?
Klo emang bisa CVT honda, Untuk daily use, ya pakai aja Genuine Honda, beli di bengkel resmi, murah dan pasti asli.
Cth : Honda HCF-2 gak sampai 350rb / 3,5 liter
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
di buku manual ga ada spek nya gan. hahaha makanya om turbo jg kemaren saya tanya binggung. tp cuman barusan tadi service 1000 sekalian tanya. SA nya ngm standarnya oli CVT CRV turbo yang plg baru. bukan yang model lama.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Auanz wrote: Thu Dec 26, 2019 7:18
di buku manual ga ada spek nya gan. hahaha makanya om turbo jg kemaren saya tanya binggung. tp cuman barusan tadi service 1000 sekalian tanya. SA nya ngm standarnya oli CVT CRV turbo yang plg baru. bukan yang model lama.
i see.
pakai spec Honda CVT HCF-2.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Auanz wrote: Thu Dec 26, 2019 7:18
di buku manual ga ada spek nya gan. hahaha makanya om turbo jg kemaren saya tanya binggung. tp cuman barusan tadi service 1000 sekalian tanya. SA nya ngm standarnya oli CVT CRV turbo yang plg baru. bukan yang model lama.
i see.
pakai spec Honda CVT HCF-2.
Hahaha siap gan. Ane siap jd percobaan. Gantinya jg nanti akan di bengkel resminya sih.
Auanz wrote: Thu Dec 26, 2019 7:18
di buku manual ga ada spek nya gan. hahaha makanya om turbo jg kemaren saya tanya binggung. tp cuman barusan tadi service 1000 sekalian tanya. SA nya ngm standarnya oli CVT CRV turbo yang plg baru. bukan yang model lama.
i see.
pakai spec Honda CVT HCF-2.
Hahaha siap gan. Ane siap jd percobaan. Gantinya jg nanti akan di bengkel resminya sih.
ada2 aja ya, specnya API SL 2100.
baru denger
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Auanz wrote:di buku manual ga ada spek nya gan. hahaha makanya om turbo jg kemaren saya tanya binggung. tp cuman barusan tadi service 1000 sekalian tanya. SA nya ngm standarnya oli CVT CRV turbo yang plg baru. bukan yang model lama.
SL 2100 kl gak salah merk shell ada "Shell cvtf sl 2100
Auanz wrote:di buku manual ga ada spek nya gan. hahaha makanya om turbo jg kemaren saya tanya binggung. tp cuman barusan tadi service 1000 sekalian tanya. SA nya ngm standarnya oli CVT CRV turbo yang plg baru. bukan yang model lama.
SL 2100 kl gak salah merk shell ada "Shell cvtf sl 2100
Valvoline ternyata jg udh support SN Plus n dex 1 gen 2 ya oms...Gmn PDS nya mnrt oms ?
Valvoline SynPower.png
Ca 0,211 mah bukan SN+ dong ah.......
SN+ kadar Ca max 0,12 alias 1200 ppm (digeber di Mg nya)
lain2 nya ok
Maaf Om Turbo, dasarnya apa Ca max 1200 ppm?
Ada literatur nya?
API SN Plus sama sekali tidak mengatur chemical composition untuk menekan LSPI event.
API SN Plus mengatur di jumlah LSPI event pada mesin standar pengujian oli SN Plus, yaitu menggunakan mesin Ford 2012 in-line four cylinder engine with a displacement of 2.0 L, a compression ratio of 9.3:1.
Maksimal 5x terjadi LSPI dalam durasi 400 menit yang terbagi dalam 4x iterasi.
Masing - masing iterasi berdurasi 100 menit. https://www.intertek.com/automotive/sequence-ix/
Masalah chemical composition diserahkan ke masing - masing produsen oli, walaupun trend nya memang menggunakan pendekatan Ca turun Mg naik mengikuti eksperimen Infineum - GM.
Terlampir di bawah aturan/requirement API SN Plus.
Tidak ada sama sekali klausul Ca max 1200 ppm.
API SN+.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by dimasapri on Thu Dec 26, 2019 9:48, edited 5 times in total.
Angka Ca 1200 ppm yang beredar di website itu hasil rata - rata VOA yang dilakukan oleh PQIA pada 15 oli API SN Plus.
Itu bukan aturan API SN Plus.
PQIA pun tidak menyimpulkan Ca max 1200 ppm, cuma menyimpulkan trendnya Ca turun Mg naik.
Seberapa besar Ca turun, tiap perusahaan oli berbeda - beda pendekatan.
Mereka menguji 15 oli API SN+ dan membandingankannya dengan versi sebelumnya (API SN) pada oli yang sama.
Didapatkan hasil kadar Calcium pada rentang 720 - 1430 ppm (rata-rata 1217 ppm) pada API SN+, turun dari sebelumnya rata - rata 2060 ppm pada API SN.
Sebagai kompensasinya, kadar Magnesium naik menjadi rata - rata 691 ppm (372 - 1450 ppm) dibandingkan sebelumnya rata - rata hanya 22 ppm pada API SN.
Beda formulator (perusahaan oli), beda juga pendekatannya.
Ada yang secara signifikan menurunkan kadar Ca dan meningkatkan Mg secara drastis, tapi ada juga yang membuatnya lebih balance antara penurunan Ca dan penambahan Mg. (Saya pernah baca mengenai TBN retention. Hasilnya memang jauh lebih efektif Ca daripada Mg.)
Disebutkan juga kalau masih ada opsi lain untuk mengatasi LSPI, salah satunya dengan penggunaan Titanium dan Molybdenum.
Artikel tersebut ditutup dengan kesimpulan: "Although there are other formulation options available to address LSPI, the samples PQIA has examined to date indicate the preferred approach is by way of rebalancing the calcium and magnesium levels in favor of more magnesium and less calcium."
Jadi tidak bisa kita katakan API SN+ sudah pasti Calcium max 1200 ppm.
Tidak ada diatur dalam API SN+.
Angka itu adalah rata - rata dari hasil pengujian 15 sample oli oleh 3rd party.
Di luar 15 oli tsb, hasilnya bisa saja berbeda.
Tapi sepertinya trend nya adalah Ca turun, Mg naik.
Dengan perubahan tersebut (Ca turun, Mg naik), saya penasaran dengan laju penurunan TBN (TBN retention).
Apakah akan tetap sebaik API SN atau akan lebih mudah turun TBN nya, terutama jika menggunakan bbm dengan kadar sulfur tinggi seperti di negara kita.
Last edited by dimasapri on Thu Dec 26, 2019 9:41, edited 1 time in total.
Melakukan VOA dan UOA itu bagus sekali, tapi cara baca dan mengambil kesimpulannya juga harus komprehensif.
Jangan sepotong - sepotong.
Ibarat 4 orang buta yang mencoba mengetahui wujud gajah dengan merabanya.
Yang memegang belalainya mengira gajah itu adalah hewan yang panjang seperti ular.
Yang memegang telinganya mengira gajah itu adalah hewan yang sangat pipih dan lebar seperti ikan pari.
Yang memegang perutnya mengira gajah itu seperti bola raksasa.
Yang memegang kakinya mengira gajah itu seperti tiang listrik.