Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

iwing wrote: Sun Mar 14, 2021 11:00
Suryaputra wrote: Sun Mar 14, 2021 3:55
adiyamake wrote: Sun Mar 14, 2021 2:35

Selain itu ada ga ya om? Soalnya rekomendasi dari Suzuki API SL, SM dan SN. Mana sekarang pakai Kerang HX5 lagi
itu mesin jaman now :upss: :mky_03:
klo kekentalan, pakai 0w20 atau w30 paling kentel.

API SP itu lbh baik dibanding SN.
SN dalam wkt bbrp tahun ke depan bakal obsolete.

jadi berurut dari yg sertifikasi lama ke baru
API SL < SM < SN < SN plus < SP
om mau tanya. misal ada 2 oli beda merk (merk A dan merk B). keduanya sama2 semi sintetis. merk A api SN dan merk B api SL. dari sisi proteksi, merk A lebih baik ya dibanding merk B..?? btw sblm ada api SN, kan ada api SM dan itu jelek buat mesin (dibanding api SL). jadi api terbaru blm tentu lbh baik dari api sebelumnya kan ya..?? :ungg:
balik lg om.
lihat brand dan kelasnya.

itu kan disertifikasi oleh lembaga tertentu, jika prsh oli mencapai standard minimal yg sudah ditentukan oleh lembaga tsb.

contoh ada brand A, dpt sertifikasi API SN plus, tapi setelah ditest lab, diestimasi jauh melampaui standard minimal API SP.

dan ada brand B tapi pas2an dapat minimal standard API SP.. ya brand A lbh baik proteksi nya.

& lagi.. sertifikasi lendir gak hanya API (american petro institute) saja,
selain itu ada: GM Dexos, ACEA, mercedes, bmw LL, ford, vw, dsb.
Last edited by Suryaputra on Sun Mar 14, 2021 13:02, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by severmaya »

blloewy wrote: Sat Mar 13, 2021 5:02 Update PTT 0W-30 API SP di Lipindut Resing HR15 Single Injector Tumble Flaps Intake..
Setelah jalan 2500 km mulai nguap.
Level di disptick mulai mendekati 3/4 full dari sebelumnya pas di garis batas atas full.
Terakhir nyoba jalan 230 km di speed 100-140 kpj rpm sekitar 3500-4000.
Pemakaian baru 3 bln.
Menunggu lanjutan aja ntar di 8 bln pemakaian sekitar 5000 km apakah msh nguap lagi atau ngga.
Resing Lipindut gt loh...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
Mesin nissan ini emang doyan yang panas-panas om.
T30 saya aja pernah oli dah di ujung paling bawah, dulu ga ketauan karena dipakai sama ortu.
Malah ada rencana mau ganti satu thermostat sama yang bukaan 70 an, agak aneh sih nih mobil bukaan thermostat paling rendah 80 an padahal panas gini.
Sekarang masih pakai 0W30 ptt, besok rencana mau ganti 10w30 ams xl pengen tau beda apa ngga. :big_grin:
Sebelum pakai 0w30 ptt pakai oli diesel 0w30 chevron buat nyuci mesin 3000 km ga kerasa bedanya :big_dunno:
Imhenryd
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Oct 16, 2015 16:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Imhenryd »

kejar effisiensi bbm kali om, emg didesain begitu. cmiiw
b3rez
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Nov 05, 2016 17:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by b3rez »

blloewy wrote: Sat Mar 13, 2021 5:02 Update PTT 0W-30 API SP di Lipindut Resing HR15 Single Injector Tumble Flaps Intake..
Setelah jalan 2500 km mulai nguap.
Level di disptick mulai mendekati 3/4 full dari sebelumnya pas di garis batas atas full.
Terakhir nyoba jalan 230 km di speed 100-140 kpj rpm sekitar 3500-4000.
Pemakaian baru 3 bln.
Menunggu lanjutan aja ntar di 8 bln pemakaian sekitar 5000 km apakah msh nguap lagi atau ngga.
Resing Lipindut gt loh...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
kebetulan kalo pengalaman saya malah beda, pakai PTT 0w30 API SN super syntetic botol gold di HR15DE L11 2013 km 95rb ongoing, tidak ada penguapan dari 0-5000km.

2x saya pakai surabaya-jakarta pp lewat tol, mantab. dari dulu selalu 5000km pemakaian oli ganti (oli juga beli diskonan bli2 ptt official store)

Cuman aneh nya, kebetulan saya pakai ptt terus dari dulu, mulai dari 5w30 sn, lalu 0w30 sn super syn. Kalo pas 5w30, kenapa kok ngelitik di rpm 2000-3000 ya? kalo pakai 0w30 tidak ada ngelitik, ini sudah 2x tap pakai 0w30 aman. balik lagi ke 5w30 jadi ngelitik rpm 2000-3000.

mohon pencerahannya, thanks
Arsilham899
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Mon Mar 15, 2021 3:38
Location: Central Java
Daily Vehicle: Honda Jazz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Arsilham899 »

Permisi om, maaf numpang tanya maklum anggota baru hehe.

Saya pakai gk5 sekarang sudah 30rb km, terakhir pakai ptt syn eco 0w-20 sekarang sudah jalan 5000 km, rencana mau ganti beberapa list dibawah :
1. Ams ss 0w-20
2. Q8 D1 fe 0w-20
3. Ptt super syn 0w-20
4. Motul Hi Tech plus
5. Ravenol 0w-20

Untuk penggunaan dalam kota aja tapi jarang kena macet, sebulan sekali longtrip luar kota via toll, kira2 rekomended yg mana ya om? Terimakasih
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Arsilham899 wrote: Mon Mar 15, 2021 4:23 Permisi om, maaf numpang tanya maklum anggota baru hehe.

Saya pakai gk5 sekarang sudah 30rb km, terakhir pakai ptt syn eco 0w-20 sekarang sudah jalan 5000 km, rencana mau ganti beberapa list dibawah :
1. Ams ss 0w-20
2. Q8 D1 fe 0w-20
3. Ptt super syn 0w-20
4. Motul Hi Tech plus
5. Ravenol 0w-20

Untuk penggunaan dalam kota aja tapi jarang kena macet, sebulan sekali longtrip luar kota via toll, kira2 rekomended yg mana ya om? Terimakasih
yg sekarang cukup.
yg ptg ganti jgn lbh dr 5rb km or 6 bulan.

klo ke luar kota lbh sering dgn rpm cenderung tinggi, pakai Ams Ss atau Q8 D1 0w20.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MemberBaru2020
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Sep 03, 2020 22:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by MemberBaru2020 »

permisi om, nubi mau tanya nih,
sy baru ambil mobkas okt 20 lalu, xenia 2017 odo 28k
di 30k servis di beres pake dgo 5w30, (nov 20)
di 35k sy ganti pake fastron eco 0w20, (feb 21)
skrg tarikannya jauh lebih responsif dan jauh lebih irit,
tapi setelah sy cek dipstick di 37k, olinya kira2 tinggal 85%, beda pas pakai 5w30 berkurangnya ga sampai segitu.

pertanyaan sy:
1. apakah wajar oli 0w20 berkurang segitu?
2. kalo mobil parkir di luar terus, pengaruh ga ya ke penguapan olinya?
3. rencana ganti sih ke ptt eco 0w20 / shell eco 0w20 / aisin green 0w20 (yg under 300k), better mana ya utk pemakaian 5k per 3 bulan? dengan kondisi ga pernah ketemu macet, sering rpm tinggi pas long trip lintas sumatera, dan kalo bisa yg ngga gampang menguap.


Terima kasih. :big_smile]
Last edited by MemberBaru2020 on Mon Mar 15, 2021 6:03, edited 2 times in total.
Darrenheinrich
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Dec 10, 2020 2:38
Daily Vehicle: f30 n20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Darrenheinrich »

oci mah bnyk variabel..
dr cara pake mbl ny spt apa (short or long trip, driving style), bbm, iklim dll.

full synth mah 1thn or 8-10rb hajar aja
cmiiw
more thicker more better, more protection

best oil is fresh oil :big_smoking:
Arsilham899
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Mon Mar 15, 2021 3:38
Location: Central Java
Daily Vehicle: Honda Jazz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Arsilham899 »

Oke siap om terimakasih, lalu apakah ams oil ss dan Q8 d1 fe bisa untuk long drain om? Kira2 sampai 20rb km kuat ngga ya?

Terus di cakra motor ada ams ss 0w-30 nih om, cuma 125rb, stok 2010 tapi [emoji28], gimana kira2 om? Trims
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

gak semua label full synth bisa hajar 1 thn.
sesuaikan dgn harga nya.

OCI cost vs engine cost..

better safe than sorry.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Darrenheinrich
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Dec 10, 2020 2:38
Daily Vehicle: f30 n20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Darrenheinrich »

Suryaputra wrote: Mon Mar 15, 2021 6:18 gak semua label full synth bisa hajar 1 thn.
sesuaikan dgn harga nya.

OCI cost vs engine cost..

better safe than sorry.
yup, hrg ga bisa boong.
more thicker more better, more protection

best oil is fresh oil :big_smoking:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Darrenheinrich wrote: Mon Mar 15, 2021 6:02 oci mah bnyk variabel..
dr cara pake mbl ny spt apa (short or long trip, driving style), bbm, iklim dll.

full synth mah 1thn or 8-10rb hajar aja
cmiiw
Full synth jg ada gradenya loh om, aditif dll. Hahahaha.

Kalau full synt tapi eco, mending semi tapi keraton.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

severmaya wrote: Sun Mar 14, 2021 13:01
Mesin nissan ini emang doyan yang panas-panas om.
T30 saya aja pernah oli dah di ujung paling bawah, dulu ga ketauan karena dipakai sama ortu.
Malah ada rencana mau ganti satu thermostat sama yang bukaan 70 an, agak aneh sih nih mobil bukaan thermostat paling rendah 80 an padahal panas gini.
Sekarang masih pakai 0W30 ptt, besok rencana mau ganti 10w30 ams xl pengen tau beda apa ngga. :big_grin:
Sebelum pakai 0w30 ptt pakai oli diesel 0w30 chevron buat nyuci mesin 3000 km ga kerasa bedanya :big_dunno:
Wah ini mah naek kelas Om :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Nah kl ganti thermos ke yg suhu lbh rendah menarik disimak nanti bagaimana efisiensi mobil dan tarikannya.
Krn engine ini emang doyan di suhu tinggi sich :big_cry:
Ganti thermos nya pake merk apa nanti Gan?



b3rez wrote: Sun Mar 14, 2021 14:30
kebetulan kalo pengalaman saya malah beda, pakai PTT 0w30 API SN super syntetic botol gold di HR15DE L11 2013 km 95rb ongoing, tidak ada penguapan dari 0-5000km.

2x saya pakai surabaya-jakarta pp lewat tol, mantab. dari dulu selalu 5000km pemakaian oli ganti (oli juga beli diskonan bli2 ptt official store)

Cuman aneh nya, kebetulan saya pakai ptt terus dari dulu, mulai dari 5w30 sn, lalu 0w30 sn super syn. Kalo pas 5w30, kenapa kok ngelitik di rpm 2000-3000 ya? kalo pakai 0w30 tidak ada ngelitik, ini sudah 2x tap pakai 0w30 aman. balik lagi ke 5w30 jadi ngelitik rpm 2000-3000.

mohon pencerahannya, thanks
Ini beda om yg API SN kl ngga salah di V100 nya lbh kentel dari API SP.
Kl ngelitik emang iya kl API SN tp tergantung kondisi engine dan BBM yg dipake juga.
Klaim nya sich API SP itu ada LSPI nya yg lbh mengurangi ngelitiks nya engine ini.
Coba aja pake yg API SP baik yg 0W-30 atau 5W-30.
nubie in all things - still need to learn
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Arsilham899 wrote: Mon Mar 15, 2021 4:23 Permisi om, maaf numpang tanya maklum anggota baru hehe.

Saya pakai gk5 sekarang sudah 30rb km, terakhir pakai ptt syn eco 0w-20 sekarang sudah jalan 5000 km, rencana mau ganti beberapa list dibawah :
1. Ams ss 0w-20
2. Q8 D1 fe 0w-20
3. Ptt super syn 0w-20
4. Motul Hi Tech plus
5. Ravenol 0w-20

Untuk penggunaan dalam kota aja tapi jarang kena macet, sebulan sekali longtrip luar kota via toll, kira2 rekomended yg mana ya om? Terimakasih
mesin hondut ya... pake eneos 0w20 aja... di autobacs suka ada promo tuh...

atau unil opal...



kalo budget ada buat ams ss 0w20 di cakra sih best deal banget.. sikaaat
gaspol resing tim
b3rez
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Nov 05, 2016 17:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by b3rez »

blloewy wrote: Mon Mar 15, 2021 8:03
b3rez wrote: Sun Mar 14, 2021 14:30
kebetulan kalo pengalaman saya malah beda, pakai PTT 0w30 API SN super syntetic botol gold di HR15DE L11 2013 km 95rb ongoing, tidak ada penguapan dari 0-5000km.

2x saya pakai surabaya-jakarta pp lewat tol, mantab. dari dulu selalu 5000km pemakaian oli ganti (oli juga beli diskonan bli2 ptt official store)

Cuman aneh nya, kebetulan saya pakai ptt terus dari dulu, mulai dari 5w30 sn, lalu 0w30 sn super syn. Kalo pas 5w30, kenapa kok ngelitik di rpm 2000-3000 ya? kalo pakai 0w30 tidak ada ngelitik, ini sudah 2x tap pakai 0w30 aman. balik lagi ke 5w30 jadi ngelitik rpm 2000-3000.

mohon pencerahannya, thanks
Ini beda om yg API SN kl ngga salah di V100 nya lbh kentel dari API SP.
Kl ngelitik emang iya kl API SN tp tergantung kondisi engine dan BBM yg dipake juga.
Klaim nya sich API SP itu ada LSPI nya yg lbh mengurangi ngelitiks nya engine ini.
Coba aja pake yg API SP baik yg 0W-30 atau 5W-30.
sebelumnya pakai yg paling kiri, 10000km, 2x ganti oli @5000km, mesin gak ada ngelitik sama sekali. sebelumnya itu jg pakai PTT Performa Full Synthetic 5W30 API SN, mesin ngelitik rpm 2000-3000

sekarang pake yg tengah, ngelitik di rpm 2000-3000

next ganti oli pake yg paling kanan

oli diskonan semua neh dari official store bli2 & jingdong wkwkwk
WhatsApp Image 2021-03-15 at 16.32.38.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

ini bagus buat baca2.....mudah dipahami

penjelasan ttg API / ILSAC / ACEA dll

Hal 1 - 9 saja

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 5812565430
* Bukan ajakan Beli *
kudokun
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 29, 2014 11:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by kudokun »

Ke lipindut L10 masuk gak ya?
Udah masukin keranjang belom tak checkout. :big_childish:
Suryaputra wrote: Fri Mar 12, 2021 6:50
yuga164 wrote: Fri Mar 12, 2021 5:59
yanuarra wrote:
Nuang oli 10w40 nya baru aja om?

Rekomendasinya kan buntut 30 ya..Tp emang engga nyebutin range gitu om? Kalo nyebutin buntut 40 bisa pake, mending dipake dlu aja itu olinya..barang 1-3 bulan pake mah engga knp2 kok.. sayang2 udah dibeli..harus diberdayakan..wkwkw. imo yah.. :big_peace:

tp klo dah gatel mo ganti ya better ganti aja :big_biglaugh:
Apalagi rekomendasinya kan buntut 30.. :big_peace:
Klo menurut buku manual untuk SAE hanya ada 2 rekomendasi om yg 5w30 ama 10w30 doank...
Ini fotonya dr manual book:IMG_20210312_141327017~2.jpg
hajar om :big_grin:

ptt 5w30 api sp evotec

cmn 300rb an dpt 5 liter.
Arsilham899
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Mon Mar 15, 2021 3:38
Location: Central Java
Daily Vehicle: Honda Jazz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Arsilham899 »

Suryaputra wrote:
Arsilham899 wrote: Mon Mar 15, 2021 4:23 Permisi om, maaf numpang tanya maklum anggota baru hehe.

Saya pakai gk5 sekarang sudah 30rb km, terakhir pakai ptt syn eco 0w-20 sekarang sudah jalan 5000 km, rencana mau ganti beberapa list dibawah :
1. Ams ss 0w-20
2. Q8 D1 fe 0w-20
3. Ptt super syn 0w-20
4. Motul Hi Tech plus
5. Ravenol 0w-20

Untuk penggunaan dalam kota aja tapi jarang kena macet, sebulan sekali longtrip luar kota via toll, kira2 rekomended yg mana ya om? Terimakasih
yg sekarang cukup.
yg ptg ganti jgn lbh dr 5rb km or 6 bulan.

klo ke luar kota lbh sering dgn rpm cenderung tinggi, pakai Ams Ss atau Q8 D1 0w20.
Oke siap om terimakasih
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by adityabp »

Test kedua GULF ULTRASYNTH X 5W-30 SN GF5.
Pemakaian 3 bln 6600km.
Kesimpulan : Kemahalan utk oli sintetik yg ganti per 5k-6k km. :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

adityabp wrote: Tue Mar 16, 2021 2:58 Test kedua GULF ULTRASYNTH X 5W-30 SN GF5.
Pemakaian 3 bln 6600km.
Kesimpulan : Kemahalan utk oli sintetik yg ganti per 5k-6k km. :big_biglaugh:
TBN nya menuju kritis
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
javieroargubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Sep 19, 2008 6:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by javieroargubi »

permisi kalau mau test oli used untuk melihat kondisi mesin dimana ya?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

javieroargubi wrote: Tue Mar 16, 2021 11:04 permisi kalau mau test oli used untuk melihat kondisi mesin dimana ya?
Copas dari om turbo alamat trakindo

+6282299493545
Pak Tangguh

Alamat

PT Trakindo Utama BSD
Jl. Kavling Komersial Taman Tekno Blok B No.1 Sektor XI, Ciater, Serpong, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
(021) 29058900
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by iwing »

btw kalo mau test oli (uoa), mungkin baiknya ambil dari filter oli kali ya, bukan karter. kuatirnya gram2 mesin pada nyantol di filter. jadi misal ambil dari karter dan test lab, hasil wear metal nya kelihatan bagus padahal gram2 mesin pada nyantol di filter oli. cmiiw
javieroargubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Sep 19, 2008 6:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by javieroargubi »

sintoni wrote: Tue Mar 16, 2021 11:22
javieroargubi wrote: Tue Mar 16, 2021 11:04 permisi kalau mau test oli used untuk melihat kondisi mesin dimana ya?
Copas dari om turbo alamat trakindo

+6282299493545
Pak Tangguh

Alamat

PT Trakindo Utama BSD
Jl. Kavling Komersial Taman Tekno Blok B No.1 Sektor XI, Ciater, Serpong, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
(021) 29058900

oke terima kasih infonya, biayanya kira2 berapa ya?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

adityabp wrote: Tue Mar 16, 2021 2:58 Test kedua GULF ULTRASYNTH X 5W-30 SN GF5.
Pemakaian 3 bln 6600km.
Kesimpulan : Kemahalan utk oli sintetik yg ganti per 5k-6k km. :big_biglaugh:
wow mantap ada UOA lagiii.....

wew Ca 2000an tapi jalan 6k/3 bulan aja TBN akhir udh masuk kepala 3 kecil... TBN awalnya musti cilik ini...

tapi mesin apa ini om? honda kah? filter oli pake apa?

metal wearnya mayan adem... additive package nya juga aman... tapi itu V100 lumayan kentel juga
gaspol resing tim