Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bembenk95 »

kalo mau lebih akurat untuk check temp air radiator, oli, exhaust. Ya paling awal pasang OBD Reader (kalo mobilnya dah ada ECU). Kalo mobilnya ngak ada sensor suhu, ya pasang sensor tambahan.

geber dah tuh engine dan amati hasil bacaan sensornya

gitu sih menurut nubie
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by limsandy »

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... -motor-1l/

Wew.... full PAO (group 4) base oil cuyyy! :emo-big_love:

Setau saya PAO base oil ngak murah lho... Ini oli motor tapi ada sertifikasi API SN nya juga.... Hmmm :mky_04:

Tapi yg pasti saya bakal tunggu sampe harganya turun sih. :wkkk:
streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Jul 27, 2018 7:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by streetrod60 »

josomba wrote: Fri Jun 14, 2019 8:23
streetrod60 wrote: Fri Jun 14, 2019 7:41
kalo upgrade Turbo & boost gede = angka buntut naik 1 tingkat<<< maksudnya angka buntut viskositas oli nya? misalnya normalnya 5w40 jadi ke5w50? saya awam banget beginian. Btw mobil ane masih Std sih, cuman nambah Tuning box aja. mekanik saya cuman bilang gitu pas saya mau ganti Oli yang biasanya 5W40. Soalnya pas dia saya tanya kenapa begitu, diem aj. Makin penasaran/

Berarti bener dong yak kata mekanik ane..soalnya selama ini logika saya, makin performa mesin/upgrade mesin dari mesin standar, butuh oli yang lebih encer, biar makin cepet sirkulasi nya. Kalo biasanya pake 5W40, jadi nya harus pake ke 5W30 biar encer dan oli makin cepet bersirkulasi<<<< gak gini yak? :D
Tuning box tuh apa ya om? Dastek gitu atau "alat" colok OBD?
iya, semacam Piggy back. Oia mobil saya bensin
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

streetrod60 wrote:
Turboman wrote: Fri Jun 14, 2019 7:28
streetrod60 wrote: Mungkin kurang jelas arah pertanyaan saya kenapa nanya gini, saya nanya gini karena kan aslinya mobil saya di manual book tertulis 5W40 (Buat mobil gak di modif). waktu mau ganti oli, ex mekanik bengkel resmi saya bilang: kalo buat mobil-mobil merk mobil saya yang udah di modif, sekarang merk castrol udah keluarin tipe oli yang sama dengan viskositas 5W 50.

Nah yang saya pahami dari viskositas oli kan misalnya 5W 40 = Kekentalan 5 ketika Winter, dan 40 ketika Mesin Panas? bener kan ya?
Makin tinggi angka berarti makin kental?

Nah kalo gitu, kalo mobil yang udah upgrade performa bukannya harus pake yang lebih encer? berarti harusnya 5W30? Kenapa mekanik saya sarankan untuk mobil yang udah upgrade performa nya pake nya malah 5W50 ya?
Mohon pencerahan dong om sekalian... :D
Kalo sering RPM tinggi = suhu oli makin panas

kalo upgrade Turbo & boost gede = angka buntut naik 1 tingkat

ini utk mesin Bensin / Diesel ?

Boost brp bar ?
kalo upgrade Turbo & boost gede = angka buntut naik 1 tingkat<<< maksudnya angka buntut viskositas oli nya? misalnya normalnya 5w40 jadi ke5w50? saya awam banget beginian. Btw mobil ane masih Std sih, cuman nambah Tuning box aja. mekanik saya cuman bilang gitu pas saya mau ganti Oli yang biasanya 5W40. Soalnya pas dia saya tanya kenapa begitu, diem aj. Makin penasaran/

Berarti bener dong yak kata mekanik ane..soalnya selama ini logika saya, makin performa mesin/upgrade mesin dari mesin standar, butuh oli yang lebih encer, biar makin cepet sirkulasi nya. Kalo biasanya pake 5W40, jadi nya harus pake ke 5W30 biar encer dan oli makin cepet bersirkulasi<<<< gak gini yak? :D
Tuning Box = light Tune

Gunakan aja oli sesuai rekomendasi manual book

ini mobil apa ya ? bensin / Diesel ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

sekedar ingpo

HX8 baru udah API SN+

menarik juga
IMG-20190614-WA0012.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bepe »

josomba wrote: Fri Jun 14, 2019 2:42
iwing wrote: Fri Jun 14, 2019 2:16 apa mungkin karena kisi2 radiator pada kotor ya sehingga suhu nya bisa sampe segitu. kalo cuci mobil mungkin sebaiknya kisi2 radiator di semprot air bertekanan (gak terlalu tinggi) dari arah depan. kali aja bisa turun suhu nya
Dulu sih mayan rajin bersihin kisi radiator n kondensor sih om.... tp entah kenapa lio ane kek gitu dulu. lio kawan sih 95-98 biasanya kalau siang2.
bepe wrote: Fri Jun 14, 2019 2:39 Cobain coolant nya dokter mobil, cukup signifikan di mobil sy.
Dari biasanya berapa jadi berapa om?


===Mohon maap untuk mbah moderator jadi ngomongin coolant sedikit.
Angkanya sih ga ada ya, cuma rasanya signifikan seperti ada yg hilang gitu, drop.

Mereka meracik sendiri coolant nya, coolant nya juga dipantau pake refraktometer. Ga nyesel deh.
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

Turboman wrote: Fri Jun 14, 2019 12:41 sekedar ingpo

HX8 baru udah API SN+

menarik jugaIMG-20190614-WA0012.jpeg
Iya om kmaren saya lg isi bensin di shell liat

Ada hx7 juga 5w40 full syn
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by josomba »

bepe wrote: Fri Jun 14, 2019 12:53
Angkanya sih ga ada ya, cuma rasanya signifikan seperti ada yg hilang gitu, drop.

Mereka meracik sendiri coolant nya, coolant nya juga dipantau pake refraktometer. Ga nyesel deh.
Kalau angkanya ndak ada, taunya dr mana dong drop? Indikator lebih ke arah C atau mesin dipegang lebih dingin atau merasakan hawa panas dr mesin apa gimana?

Angka minimal refrakto berapa?

:ungg:
Image
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by coklatMetalik »

Dokter mobil yg bengkel AC itu ya? :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rudyzanetti »

Dr hasil pengamatan baru di mobil sy xenia k3ve. Kl emg geber pol2an di tol, suhu oli pasti tembus ke 120°c.
Dl sih sempet kepikiran pasang oil cooler, tp ditahan dl.
Abis baca2 file pdf bukunya graham bell yg 4 stroke tuning( ini kl ga salah inget). Disitu ditulis butuh oil cooler, kl emang suhu oli nya sampe tembus 130°c.
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bembenk95 »

Tenaga drop, efeknya panas mesin juga drop
[emoji848]
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

Turboman wrote: Fri Jun 14, 2019 12:41 sekedar ingpo

HX8 baru udah API SN+

menarik jugaIMG-20190614-WA0012.jpeg
Ini si HX7 juga om.. 5w40 full syn pula..
1560528753322.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gaspol resing tim
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

coklatMetalik wrote:Dokter mobil yg bengkel AC itu ya? :ngacir:
Dr M yg sodaranya Bebonk ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by b8099ok »

Turboman wrote: Fri Jun 14, 2019 16:24
coklatMetalik wrote:Dokter mobil yg bengkel AC itu ya? :ngacir:
Dr M yg sodaranya Bebonk ?
Itu kakaknya beto,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by arief225 »

Nyari hx8 sn+ di online belum ada ya
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by zzzprince »

Daripada penasaran, akhirnya transaksi ptt 0w20 buat calya. Padahal udah stok 28 liter ptt 5w30 heheh.
IMG_20190615_010600.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bepe »

josomba wrote: Fri Jun 14, 2019 14:37
bepe wrote: Fri Jun 14, 2019 12:53
Angkanya sih ga ada ya, cuma rasanya signifikan seperti ada yg hilang gitu, drop.

Mereka meracik sendiri coolant nya, coolant nya juga dipantau pake refraktometer. Ga nyesel deh.
Kalau angkanya ndak ada, taunya dr mana dong drop? Indikator lebih ke arah C atau mesin dipegang lebih dingin atau merasakan hawa panas dr mesin apa gimana?

Angka minimal refrakto berapa?

:ungg:
Familinya detektif conan :frm_salut:

Kalo mo coba racik aja ndiri, pake prestone biang trus mix 70 : 30 air distilasi. Cuma jatonya malah lebih mahal.
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bepe »

zzzprince wrote: Fri Jun 14, 2019 18:06 Daripada penasaran, akhirnya transaksi ptt 0w20 buat calya. Padahal udah stok 28 liter ptt 5w30 heheh. IMG_20190615_010600.jpeg
28 liter... muahhahaha... emang buat brp mobil ???

Maniak diskon pasti ni...
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bepe »

Turboman wrote: Fri Jun 14, 2019 16:24
coklatMetalik wrote:Dokter mobil yg bengkel AC itu ya? :ngacir:
Dr M yg sodaranya Bebonk ?
Coklatmetalik : betul !

Turboman : kurang tau, mungkin bukan kl dilihat dr sofwer remapnya, beda soale.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by marmut »

josomba wrote: Fri Jun 14, 2019 14:37
Kalau angkanya ndak ada, taunya dr mana dong drop? Indikator lebih ke arah C atau mesin dipegang lebih dingin atau merasakan hawa panas dr mesin apa gimana?

Angka minimal refrakto berapa?

:ungg:

ngana tida perlu bimbang, percaya saja karena mereka lulusan dari perguruan sucahyo.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DOHC »

dokter mobil ya... hmm, percaya aj dehh, kan ud dokter..

tp berhubung mobil ane mobil rakyat jelata, jd yahh perawatan nya ga perlu dokter2an sgala :upss: :upss:

btw, mengenai coolant, utk kondisi tropis baik nya jgn kentel2 itu coolant concentrate nya.. 30% jg ud ckup, penghantar panas terbaik mah tetep air biasa, ntuh concentrate coolant macam Ethylene glycol, Rust inhibitor dkk ga perlu banyak2 ama heboh, kasian mesin nya ntar, ud cuaca panas kaya masi dipakein jaket tebel aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Jun 15, 2019 2:29
josomba wrote: Fri Jun 14, 2019 14:37
Kalau angkanya ndak ada, taunya dr mana dong drop? Indikator lebih ke arah C atau mesin dipegang lebih dingin atau merasakan hawa panas dr mesin apa gimana?

Angka minimal refrakto berapa?

:ungg:

ngana tida perlu bimbang, percaya saja karena mereka lulusan dari perguruan sucahyo.
kmaren ipah ane abis ngangkut ramuan cementitit di bagasi, knapa malah jd loyo yah mbah.. padahal cuman 5 zak semen ama paku 5 kilo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by sandal »

Ada apa dengan dokter mobil? :upss:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by coklatMetalik »

DOHC wrote: Sat Jun 15, 2019 3:09 dokter mobil ya... hmm, percaya aj dehh, kan ud dokter..

tp berhubung mobil ane mobil rakyat jelata, jd yahh perawatan nya ga perlu dokter2an sgala :upss: :upss:

btw, mengenai coolant, utk kondisi tropis baik nya jgn kentel2 itu coolant concentrate nya.. 30% jg ud ckup, penghantar panas terbaik mah tetep air biasa, ntuh concentrate coolant macam Ethylene glycol, Rust inhibitor dkk ga perlu banyak2 ama heboh, kasian mesin nya ntar, ud cuaca panas kaya masi dipakein jaket tebel aj
Sy malah pake aer akuades doang...
Abis blom sempet bongkar total sistem pendinginan buat bersihin karat & kerak2nya, takut malah rontok & mampet kalo pake coolant...
Tapi radiator tetep kudu sering dikuras :mky_01:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Jun 15, 2019 3:12
kmaren ipah ane abis ngangkut ramuan cementitit di bagasi, knapa malah jd loyo yah mbah.. padahal cuman 5 zak semen ama paku 5 kilo

pasti ngga pake minjak samtjan.... keempat roda juga musti percikin air mawar supaya kuat hajar lobang. plus shock blakang dioles minjak boeloes seminggu sekali supaya awet.