Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5999
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by sintoni »

Makasih infonya om2.
mkamil wrote: Sun Aug 24, 2025 10:04
MSU wrote: Mon Aug 25, 2025 0:48
djam33
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Oct 15, 2025 5:39
Location: kudus
Daily Vehicle: innova reborn 20v matic tahun 2016

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by djam33 »

maaf mau tanya dong,sya pengguna anki bensin 2016 sudah sekitar 2 tahun,nah yang saya mau tanyakan seputar ac,akhir2 in cuaca super panas diluar,,saya barusan servis ac penggantian freon+oli+filter kondensor+katup ekspansi. yang mau saya tanyakan apakah kalau mobil dijemur lama jadi gak mau cut off ya?barusan sya jemur mobil diluar kebetulan sudah beli termometer ac yang nancep di kisi2 ac,suhu di termo cm mentok di 14,2 lalu perlahan naik ke 14,9 terus turun lagi ke 14,8 trus akhirnya naik ke 15,2. nah apakah memang seperti itu?apakah sudah ad yang pernah coba tes kondisi ekstrim?mohon masukannya om,soalnya saya cek visco fan diputer pake tangan masih seret belum enteng..makasih om2 semua
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2130
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by alvin23 »

djam33 wrote: Wed Oct 15, 2025 5:54 maaf mau tanya dong,sya pengguna anki bensin 2016 sudah sekitar 2 tahun,nah yang saya mau tanyakan seputar ac,akhir2 in cuaca super panas diluar,,saya barusan servis ac penggantian freon+oli+filter kondensor+katup ekspansi. yang mau saya tanyakan apakah kalau mobil dijemur lama jadi gak mau cut off ya?barusan sya jemur mobil diluar kebetulan sudah beli termometer ac yang nancep di kisi2 ac,suhu di termo cm mentok di 14,2 lalu perlahan naik ke 14,9 terus turun lagi ke 14,8 trus akhirnya naik ke 15,2. nah apakah memang seperti itu?apakah sudah ad yang pernah coba tes kondisi ekstrim?mohon masukannya om,soalnya saya cek visco fan diputer pake tangan masih seret belum enteng..makasih om2 semua
AC kalau gamau cut off pasti ada yg salah, sebaiknya cek aja. Atau bisa juga tes malem2, kl pas malem bisa cut off tp pas siang nggak, mungkin ada yg perlu dibersihin
Rocky R ADS CVT 2021
djam33
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Oct 15, 2025 5:39
Location: kudus
Daily Vehicle: innova reborn 20v matic tahun 2016

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by djam33 »

alvin23 wrote: Wed Oct 15, 2025 6:51
djam33 wrote: Wed Oct 15, 2025 5:54 maaf mau tanya dong,sya pengguna anki bensin 2016 sudah sekitar 2 tahun,nah yang saya mau tanyakan seputar ac,akhir2 in cuaca super panas diluar,,saya barusan servis ac penggantian freon+oli+filter kondensor+katup ekspansi. yang mau saya tanyakan apakah kalau mobil dijemur lama jadi gak mau cut off ya?barusan sya jemur mobil diluar kebetulan sudah beli termometer ac yang nancep di kisi2 ac,suhu di termo cm mentok di 14,2 lalu perlahan naik ke 14,9 terus turun lagi ke 14,8 trus akhirnya naik ke 15,2. nah apakah memang seperti itu?apakah sudah ad yang pernah coba tes kondisi ekstrim?mohon masukannya om,soalnya saya cek visco fan diputer pake tangan masih seret belum enteng..makasih om2 semua
AC kalau gamau cut off pasti ada yg salah, sebaiknya cek aja. Atau bisa juga tes malem2, kl pas malem bisa cut off tp pas siang nggak, mungkin ada yg perlu dibersihin
Kalau malem diluar ruangan aman sih om cut off normal,in td emang penasaran aja bner2 mobil berhenti dijemur dibawah terik matahari jam 12 siang..suhunya mungkin sekitar 38an..kalau mobilnya om pernah coba dijemur ttp mau cut off kah?kalau suhu yang keluar dri kisi ac sih 14an derajat masih dingin..cuma ya itu gak mau cutoff
Dreamdriver
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Mar 03, 2016 4:53

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Dreamdriver »

alvin23 wrote: Wed Oct 15, 2025 6:51
djam33 wrote: Wed Oct 15, 2025 5:54 maaf mau tanya dong,sya pengguna anki bensin 2016 sudah sekitar 2 tahun,nah yang saya mau tanyakan seputar ac,akhir2 in cuaca super panas diluar,,saya barusan servis ac penggantian freon+oli+filter kondensor+katup ekspansi. yang mau saya tanyakan apakah kalau mobil dijemur lama jadi gak mau cut off ya?barusan sya jemur mobil diluar kebetulan sudah beli termometer ac yang nancep di kisi2 ac,suhu di termo cm mentok di 14,2 lalu perlahan naik ke 14,9 terus turun lagi ke 14,8 trus akhirnya naik ke 15,2. nah apakah memang seperti itu?apakah sudah ad yang pernah coba tes kondisi ekstrim?mohon masukannya om,soalnya saya cek visco fan diputer pake tangan masih seret belum enteng..makasih om2 semua
AC kalau gamau cut off pasti ada yg salah, sebaiknya cek aja. Atau bisa juga tes malem2, kl pas malem bisa cut off tp pas siang nggak, mungkin ada yg perlu dibersihin
Mobil saya begini oom kalo siang terik kompresor gak mau cut off tp jalan pagi atau malem nyala mati. Kira2 apa aja penyebabnya oom? Buat prepare biaya kebengkel
djam33
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Oct 15, 2025 5:39
Location: kudus
Daily Vehicle: innova reborn 20v matic tahun 2016

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by djam33 »

Dreamdriver wrote: Wed Oct 15, 2025 12:22
alvin23 wrote: Wed Oct 15, 2025 6:51
djam33 wrote: Wed Oct 15, 2025 5:54 maaf mau tanya dong,sya pengguna anki bensin 2016 sudah sekitar 2 tahun,nah yang saya mau tanyakan seputar ac,akhir2 in cuaca super panas diluar,,saya barusan servis ac penggantian freon+oli+filter kondensor+katup ekspansi. yang mau saya tanyakan apakah kalau mobil dijemur lama jadi gak mau cut off ya?barusan sya jemur mobil diluar kebetulan sudah beli termometer ac yang nancep di kisi2 ac,suhu di termo cm mentok di 14,2 lalu perlahan naik ke 14,9 terus turun lagi ke 14,8 trus akhirnya naik ke 15,2. nah apakah memang seperti itu?apakah sudah ad yang pernah coba tes kondisi ekstrim?mohon masukannya om,soalnya saya cek visco fan diputer pake tangan masih seret belum enteng..makasih om2 semua
AC kalau gamau cut off pasti ada yg salah, sebaiknya cek aja. Atau bisa juga tes malem2, kl pas malem bisa cut off tp pas siang nggak, mungkin ada yg perlu dibersihin
Mobil saya begini oom kalo siang terik kompresor gak mau cut off tp jalan pagi atau malem nyala mati. Kira2 apa aja penyebabnya oom? Buat prepare biaya kebengkel
Kalau boleh tau mobilnya apa om?pke elektrik fan atau visco?kalau punya saya gak mau cut off kalau berhenti idle lama pas terik setengah jam lebih,kalau jalan mah aman2 aja
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by MSU »

djam33 wrote: Wed Oct 15, 2025 13:05
Dreamdriver wrote: Wed Oct 15, 2025 12:22
alvin23 wrote: Wed Oct 15, 2025 6:51

AC kalau gamau cut off pasti ada yg salah, sebaiknya cek aja. Atau bisa juga tes malem2, kl pas malem bisa cut off tp pas siang nggak, mungkin ada yg perlu dibersihin
Mobil saya begini oom kalo siang terik kompresor gak mau cut off tp jalan pagi atau malem nyala mati. Kira2 apa aja penyebabnya oom? Buat prepare biaya kebengkel
Kalau boleh tau mobilnya apa om?pke elektrik fan atau visco?kalau punya saya gak mau cut off kalau berhenti idle lama pas terik setengah jam lebih,kalau jalan mah aman2 aja
berarti suhu yang diharapkan belum tercapai..sehingga kompresor dikasi perintah jangan cut dulu...
cmiiw
perkiraan saya mesti cek ac-nya lagi...apa yang bikin kurang dingin
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by carlzeiss »

halo suhu suhu, sy mau tny dong :
saya pelihara reborn 2017 beli dari tahun 2022 tapi saya tidak pernah melakukan perawatan AC selain ganti rutin filter ac nya , sampe saat ini sih kondisi AC dingin normal dan tidak ada suara yang aneh aneh.

Apakah perawatan ac ini harus dilakukan ? atau sbenernya tidak usah kalau normal ? saya baca baca kebelakang ada kekhawatiran saya bahwa komponen ac normal setelah di treatment berbagai macam malah jadi ada bocor atau tdk dingin atau apapun itu , jd saya agak bingung ni seharusnya perlu atau tdk ?

kalau perlu, apa saja basic yg dilakukan selain filter ac ini ?
rencana kalau perlu saya akan bawa ke bengkel denso yg di gading serpong
- yang kenceng kalah sama yang wet look
djam33
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Oct 15, 2025 5:39
Location: kudus
Daily Vehicle: innova reborn 20v matic tahun 2016

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by djam33 »

MSU wrote: Thu Oct 16, 2025 3:50
djam33 wrote: Wed Oct 15, 2025 13:05
Dreamdriver wrote: Wed Oct 15, 2025 12:22

Mobil saya begini oom kalo siang terik kompresor gak mau cut off tp jalan pagi atau malem nyala mati. Kira2 apa aja penyebabnya oom? Buat prepare biaya kebengkel
Kalau boleh tau mobilnya apa om?pke elektrik fan atau visco?kalau punya saya gak mau cut off kalau berhenti idle lama pas terik setengah jam lebih,kalau jalan mah aman2 aja
berarti suhu yang diharapkan belum tercapai..sehingga kompresor dikasi perintah jangan cut dulu...
cmiiw
perkiraan saya mesti cek ac-nya lagi...apa yang bikin kurang dingin
Kondisi gni klo bner2 cm dijemur berjam2 mobil idle sih,kalau sore atau malem atau pagi agak siang jam 10ab aman2 aja mau cut off normal..barangkali ada yang punya pengalaman yang sama..brusan yang saya lakuin itu penggantian oli visco fan,cm kok anehnya malah jd kenceng banget kipasnya padahal cm diisi 2 botol..
djam33
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Oct 15, 2025 5:39
Location: kudus
Daily Vehicle: innova reborn 20v matic tahun 2016

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by djam33 »

carlzeiss wrote: Thu Oct 16, 2025 6:20 halo suhu suhu, sy mau tny dong :
saya pelihara reborn 2017 beli dari tahun 2022 tapi saya tidak pernah melakukan perawatan AC selain ganti rutin filter ac nya , sampe saat ini sih kondisi AC dingin normal dan tidak ada suara yang aneh aneh.

Apakah perawatan ac ini harus dilakukan ? atau sbenernya tidak usah kalau normal ? saya baca baca kebelakang ada kekhawatiran saya bahwa komponen ac normal setelah di treatment berbagai macam malah jadi ada bocor atau tdk dingin atau apapun itu , jd saya agak bingung ni seharusnya perlu atau tdk ?

kalau perlu, apa saja basic yg dilakukan selain filter ac ini ?
rencana kalau perlu saya akan bawa ke bengkel denso yg di gading serpong
Sya juga awalnya gtu sih gan cm ganti filter ac aja,cm akhir2 in memang pgn tau performa ac innova saya sampai mana..akhirnya jam 12 siang2 terik berjemur aja..liat ac mau cut off apa gak,kalau mau cut off berarti masih aman om,,dan kalau bsa beli termometer ac yang nancep di kisi ac buat pantau suhunya,kalau kondisi idle panas terik ttp bsa cut off aman sih,jd konpresor sehat katup expansi normal,aliran kipas visco lancar dinginin kondensor..
danielkt
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Sun Aug 17, 2014 7:43

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by danielkt »

carlzeiss wrote: Thu Oct 16, 2025 6:20 halo suhu suhu, sy mau tny dong :
saya pelihara reborn 2017 beli dari tahun 2022 tapi saya tidak pernah melakukan perawatan AC selain ganti rutin filter ac nya , sampe saat ini sih kondisi AC dingin normal dan tidak ada suara yang aneh aneh.

Apakah perawatan ac ini harus dilakukan ? atau sbenernya tidak usah kalau normal ? saya baca baca kebelakang ada kekhawatiran saya bahwa komponen ac normal setelah di treatment berbagai macam malah jadi ada bocor atau tdk dingin atau apapun itu , jd saya agak bingung ni seharusnya perlu atau tdk ?

kalau perlu, apa saja basic yg dilakukan selain filter ac ini ?
rencana kalau perlu saya akan bawa ke bengkel denso yg di gading serpong
Gak perlu kalo sy, selama normal yg perlu dilakukan adalah ganti filter ac rutin, dan kebersihan kabin.
Gak mau sampe bongkar2 dashboard utk bersihkan evap (ada yg kasih saran ini & dilakukan rutin)
djam33
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Oct 15, 2025 5:39
Location: kudus
Daily Vehicle: innova reborn 20v matic tahun 2016

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by djam33 »

danielkt wrote: Fri Oct 17, 2025 1:53
carlzeiss wrote: Thu Oct 16, 2025 6:20 halo suhu suhu, sy mau tny dong :
saya pelihara reborn 2017 beli dari tahun 2022 tapi saya tidak pernah melakukan perawatan AC selain ganti rutin filter ac nya , sampe saat ini sih kondisi AC dingin normal dan tidak ada suara yang aneh aneh.

Apakah perawatan ac ini harus dilakukan ? atau sbenernya tidak usah kalau normal ? saya baca baca kebelakang ada kekhawatiran saya bahwa komponen ac normal setelah di treatment berbagai macam malah jadi ada bocor atau tdk dingin atau apapun itu , jd saya agak bingung ni seharusnya perlu atau tdk ?

kalau perlu, apa saja basic yg dilakukan selain filter ac ini ?
rencana kalau perlu saya akan bawa ke bengkel denso yg di gading serpong
Gak perlu kalo sy, selama normal yg perlu dilakukan adalah ganti filter ac rutin, dan kebersihan kabin.
Gak mau sampe bongkar2 dashboard utk bersihkan evap (ada yg kasih saran ini & dilakukan rutin)
selama rajin ganti filter kabin sih harusnya aman2 aja ya,cm pernah baca kalau oli kompresor harus diganti tiap berapa tahun gitu,coba deh yang tau info validnya
Ivan123
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Ivan123 »

saya kemaren ada kejadia masuk bengkel AC, cuman minta kuras Freon eh dia malah ganti oli radiator sekalian. "ganti oli radiator" ini nih yang akal2an. sekrang air coolant kekuras abis. ada yang bisa kasi solusi ga, rencana ane mau kuras air radiator, bleeding radiator sekalian. ada yang pernah ngalamain ga "ganti oli radiator" ini benerinnya gmn, drpada dibawa kebengkel lagi. malas dikibulin kwakakkaak
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1166
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zonepublic »

Ivan123 wrote: Fri Nov 21, 2025 15:34 saya kemaren ada kejadia masuk bengkel AC, cuman minta kuras Freon eh dia malah ganti oli radiator sekalian. "ganti oli radiator" ini nih yang akal2an. sekrang air coolant kekuras abis. ada yang bisa kasi solusi ga, rencana ane mau kuras air radiator, bleeding radiator sekalian. ada yang pernah ngalamain ga "ganti oli radiator" ini benerinnya gmn, drpada dibawa kebengkel lagi. malas dikibulin kwakakkaak
Oli kondensor kali,ya bener kuras freon itu ganti filter ac/dryer yang nempel di kondensor dan diisi oli kompresor baru+freon baru,emang gitu prosedurnya karena radiator pakenya coolant ga pake oli
Ga ngibul itu,btw bentuk kondensor memang seperti radiator gitu
Biaya?diatas 500 ribu umumnya kalo kondensor dan kompresornya gede bisa sampe sejutaan karena kapasitas freon dan olinya beda
Soal kenapa coolant radiator abis bisa jadi karena letak dudukan kondensor terjepit di antara dudukan radiator dan bullhead jadi tukang ac nyopot radiator dulu yg otomatis membuat coolant keluar semua sampe habis
Ivan123
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Ivan123 »

zonepublic wrote: Fri Nov 21, 2025 19:19
Ivan123 wrote: Fri Nov 21, 2025 15:34 saya kemaren ada kejadia masuk bengkel AC, cuman minta kuras Freon eh dia malah ganti oli radiator sekalian. "ganti oli radiator" ini nih yang akal2an. sekrang air coolant kekuras abis. ada yang bisa kasi solusi ga, rencana ane mau kuras air radiator, bleeding radiator sekalian. ada yang pernah ngalamain ga "ganti oli radiator" ini benerinnya gmn, drpada dibawa kebengkel lagi. malas dikibulin kwakakkaak
Oli kondensor kali,ya bener kuras freon itu ganti filter ac/dryer yang nempel di kondensor dan diisi oli kompresor baru+freon baru,emang gitu prosedurnya karena radiator pakenya coolant ga pake oli
Ga ngibul itu,btw bentuk kondensor memang seperti radiator gitu
Biaya?diatas 500 ribu umumnya kalo kondensor dan kompresornya gede bisa sampe sejutaan karena kapasitas freon dan olinya beda
Soal kenapa coolant radiator abis bisa jadi karena letak dudukan kondensor terjepit di antara dudukan radiator dan bullhead jadi tukang ac nyopot radiator dulu yg otomatis membuat coolant keluar semua sampe habis
Terimakasih penjelasannya Om, bsok saya mw bleeding radiator dulu deh, siapa Tau solve masalahnya. Kyknya ada udara didalam radiator, makanya coolantnya abis, ato ga ada kebocoran. Saya liat si ada bocorntp bocornya karena tekanan Dr radiator karena ada udara di radiatornya. Kalo sudah bleeding, saya update lagi.
Ivan123
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Ivan123 »

Ivan123 wrote: Sat Nov 22, 2025 9:10
zonepublic wrote: Fri Nov 21, 2025 19:19
Ivan123 wrote: Fri Nov 21, 2025 15:34 saya kemaren ada kejadia masuk bengkel AC, cuman minta kuras Freon eh dia malah ganti oli radiator sekalian. "ganti oli radiator" ini nih yang akal2an. sekrang air coolant kekuras abis. ada yang bisa kasi solusi ga, rencana ane mau kuras air radiator, bleeding radiator sekalian. ada yang pernah ngalamain ga "ganti oli radiator" ini benerinnya gmn, drpada dibawa kebengkel lagi. malas dikibulin kwakakkaak
Oli kondensor kali,ya bener kuras freon itu ganti filter ac/dryer yang nempel di kondensor dan diisi oli kompresor baru+freon baru,emang gitu prosedurnya karena radiator pakenya coolant ga pake oli
Ga ngibul itu,btw bentuk kondensor memang seperti radiator gitu
Biaya?diatas 500 ribu umumnya kalo kondensor dan kompresornya gede bisa sampe sejutaan karena kapasitas freon dan olinya beda
Soal kenapa coolant radiator abis bisa jadi karena letak dudukan kondensor terjepit di antara dudukan radiator dan bullhead jadi tukang ac nyopot radiator dulu yg otomatis membuat coolant keluar semua sampe habis
Terimakasih penjelasannya Om, bsok saya mw bleeding radiator dulu deh, siapa Tau solve masalahnya. Kyknya ada udara didalam radiator, makanya coolantnya abis, ato ga ada kebocoran. Saya liat si ada bocorntp bocornya karena tekanan Dr radiator karena ada udara di radiatornya. Kalo sudah bleeding, saya update lagi.
Ternyata masalahnya di saluran coolant tank ada yg bocor, jadi selang overflow Dr radiator ke coolant tank ada yg getas karena Umur, ga keliatan awalnya, ternyata pas selang di lepas, dalemanya sudah ancur karena bertahun2 kena panas air radiator. Dan untung ada part radiator tank di toko ijo, jadi langsung ganti, Dan yg getas jg plastik yg nyambungin selang antara selang radiator ke selang overflow tanknya getas juga, beli lagi nepple sambungan yg nilon/plastik. Mobil yg umurnya sudah hampir 10 tahun Gini mesti diganti part-part yg plastik2.