Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
beli di onlen, semua pasti aseliiiii, yg penting muraahhh, murmerceeennggg, hepiiii, dompet tetap tebaalll, makan respanggg, makan reskooorrr korean bbq. busi jebol bodo amaattt besok beli mobil baruuuu ....
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
beli di onlen, semua pasti aseliiiii, yg penting muraahhh, murmerceeennggg, hepiiii, dompet tetap tebaalll, makan respanggg, makan reskooorrr korean bbq. busi jebol bodo amaattt besok beli mobil baruuuu ....
skrg saatnya ngibrit
...
Jangan mau diperbudak mobil..
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
beli di onlen, semua pasti aseliiiii, yg penting muraahhh, murmerceeennggg, hepiiii, dompet tetap tebaalll, makan respanggg, makan reskooorrr korean bbq. busi jebol bodo amaattt besok beli mobil baruuuu ....
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
beli di onlen, semua pasti aseliiiii, yg penting muraahhh, murmerceeennggg, hepiiii, dompet tetap tebaalll, makan respanggg, makan reskooorrr korean bbq. busi jebol bodo amaattt besok beli mobil baruuuu ....
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
waduhh bsa kjadian kaya gt ya mbah
tp kita orang ga tralu kaget sehh, karena kejadian jg di mobil kita orang, kapan ari kan kita orang perna blg ganti busi si ribon dr yg bawaan pake twin tip iridium diganti jadi yg single tip iridium, ini baru jalan 20an rebu, yg bagian iridium tip nya gapapa, tp yg kemakan malah negatip electrode nya kekikis (ini bahan nikel) , kl diukur pake feelergauge, itu gap bahkan smuanya lebi gede dari blaat 1 mili , pantesan misfiring mulu kl dibejeg
Mau tanya smers dimari.. Kalau kondisi busi seperti ini bagaimana ya? Busi dipakai di mesin k15b bbm pertalite, sudah running sekitar 16rb km. Mohon penjelasannya.
IMG_20220623_090112.jpg
IMG_20220623_090105.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
wicaksono99 wrote: Thu Jun 23, 2022 2:09
Mau tanya smers dimari.. Kalau kondisi busi seperti ini bagaimana ya? Busi dipakai di mesin k15b bbm pertalite, sudah running sekitar 16rb km. Mohon penjelasannya.
IMG_20220623_090112.jpg
IMG_20220623_090105.jpg
silenzo wrote: Tue Aug 31, 2021 9:07
Mohon info. Sedang mencari busi pengganti untuk Camry 2.4V 2007 (XV40). Tolong diberikan masukan dan jika ada toko online yang recommend, tolong dibisikin juga.
Thanks.
Buka di buku manualnya gan, ada kok kode businya. Atau mau aman yah beli di toyota langsung pasti cucok dan aman.
free2d wrote: Mon Sep 27, 2021 7:14
Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres
free2d wrote: Mon Sep 27, 2021 7:14
Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres
Iya, yang box/packing honda
Klo box/packing NGK bisa sedikit lebih murah
Emang overkill ini hondut ngasi standar busi bawaan (CRV RM)
Klo CRV RE K24 masih busi nickel biasa yang 15-20k / pcs
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
free2d wrote: Mon Sep 27, 2021 7:14
Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres
wicaksono99 wrote: Thu Jun 23, 2022 2:09
Mau tanya smers dimari.. Kalau kondisi busi seperti ini bagaimana ya? Busi dipakai di mesin k15b bbm pertalite, sudah running sekitar 16rb km. Mohon penjelasannya.
IMG_20220623_090112.jpg
IMG_20220623_090105.jpg
Kalo coklat biasanya pembakaran oke
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg
Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
wicaksono99 wrote: Thu Jun 23, 2022 2:09
Mau tanya smers dimari.. Kalau kondisi busi seperti ini bagaimana ya? Busi dipakai di mesin k15b bbm pertalite, sudah running sekitar 16rb km. Mohon penjelasannya.
IMG_20220623_090112.jpg
IMG_20220623_090105.jpg
Kalo coklat biasanya pembakaran oke
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg
Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya.
Mending pake yg standar tadi om, ga cucok sama bosch deh kayanya
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 6:04
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg
Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya.
bentukan-nya mirip si brisk premium evo itu ya. Ini multispark juga ya cara kerjanya om?
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg
Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya.
Mending pake yg standar tadi om, ga cucok sama bosch deh kayanya
Yang sebelumnya juga busi murmer om.. Busi bosch super plus made in china (harga 17rban per buah), yg super 4 ini buatan jerman. Apa 1000km belum bener2 kebaca yah kondisi pembakarannya?
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 6:04
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg
Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya.
bentukan-nya mirip si brisk premium evo itu ya. Ini multispark juga ya cara kerjanya om?
Iya om.. Multispark dalam artian tergantung kondisi campuran udara dalem ruang bakar kaya gimana, nanti percikannya keluar dari salah satu ground elektrodanya nyesuiakan sama kondisi udaranya.. Akan selalu berubah2 tapi sekali percik hanya dari 1 elektroda saja, gak semua.
Termasuk busi murah sih 56rb per buah buatan jerman.
NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres
Busi inofa rebon jg sgitu om, 1.2 jt 4 biji
Filter bensin nya aj skrg jd 550 rebu
Sungguh keterlaluan utk seekor kijang
Wah najong mahal bgt, itu harus pakai yang model iridium gitu yah om? Mesinnya sama kan masih 1TR? Apa udah beda konstruksi atau karena ngejar emisi atau gimana tuh yaa sampai harus pakai busi "premium"?
Kalo di grand livina kan emang konstruksinya mesin-nya ribet, jadi kalo mau ganti busi mesti copot intake manifold dulu, jadi pake yg iridium supaya masa pakainya lama dan kalo servis lebih cepet soalnya businya ga di cek/copot/bersihin. Di buku manual berarti ganti busi di 100rb km dong yah?
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg
Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya.
Mending pake yg standar tadi om, ga cucok sama bosch deh kayanya
Yang sebelumnya juga busi murmer om.. Busi bosch super plus made in china (harga 17rban per buah), yg super 4 ini buatan jerman. Apa 1000km belum bener2 kebaca yah kondisi pembakarannya?
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 6:04
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg
Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya.
bentukan-nya mirip si brisk premium evo itu ya. Ini multispark juga ya cara kerjanya om?
Iya om.. Multispark dalam artian tergantung kondisi campuran udara dalem ruang bakar kaya gimana, nanti percikannya keluar dari salah satu ground elektrodanya nyesuiakan sama kondisi udaranya.. Akan selalu berubah2 tapi sekali percik hanya dari 1 elektroda saja, gak semua.
Termasuk busi murah sih 56rb per buah buatan jerman.
Kalo saya sih percaya aja sama busi bawaan/oem nya, soalnya tuh insinyur2 jepang pas buat mesin pasti udah di test segala macamnya supaya mesinnya bekerja dengan baik termasuk pemilihan busi dari supliernya. Kalo Toyota biasanya denso, kalo suzuki pakai ngk yah?
Mending pake yg standar tadi om, ga cucok sama bosch deh kayanya
Yang sebelumnya juga busi murmer om.. Busi bosch super plus made in china (harga 17rban per buah), yg super 4 ini buatan jerman. Apa 1000km belum bener2 kebaca yah kondisi pembakarannya?
bentukan-nya mirip si brisk premium evo itu ya. Ini multispark juga ya cara kerjanya om?
Iya om.. Multispark dalam artian tergantung kondisi campuran udara dalem ruang bakar kaya gimana, nanti percikannya keluar dari salah satu ground elektrodanya nyesuiakan sama kondisi udaranya.. Akan selalu berubah2 tapi sekali percik hanya dari 1 elektroda saja, gak semua.
Termasuk busi murah sih 56rb per buah buatan jerman.
Kalo saya sih percaya aja sama busi bawaan/oem nya, soalnya tuh insinyur2 jepang pas buat mesin pasti udah di test segala macamnya supaya mesinnya bekerja dengan baik termasuk pemilihan busi dari supliernya. Kalo Toyota biasanya denso, kalo suzuki pakai ngk yah?
Suzuki pakai NGK om... Saya sih nyari replacement yg hemat dikantong.
Insinyur bukan orang yg serba bisa om, sejago2nya ilmu insinyurnya R&D tetep produknya gak akan tercipta kalau bagian produksi gak bisa mewujudkannya dengan efisien dan biaya yg realibel. Makanya banyak riset didevelop spek A setelah masuk produksi dan jadi produk bisanya jadi spek D (jaman skrng kalau buat produk keterlaluan awet & biaya mahal yah susah dapet untungnya). Yg pengalaman kerja di pabrik bagian produksi (gak cuma otomotif) pasti ngerti deh, produksi gak akan mau ngebuat barang yg susah/sering trouble di mesin produksinya apalagi waktu produksinya yg lama. Pasti orang R&D disuruh bikin yg lebih simpel. Itu baru produksi dengan R&D, belum sama QC, PPIC, QA, Maintenance, supplier, marketing dkk...wah banyak deh konfliknya
Justru konsumen yg jadi ujung tombak informasi untuk improvement selanjutnya karena konsumen yg sering pakai produknya. Tapi balik lagi, banyak konsumen berpikir insinyur pabrik udh riset segalanya pasti dong produk yg dilepas kepasar sudah sempurna.. Kalau kaya gitu semua, kasian perusahaannya.. Gak ada feedback untuk improve selanjutnya. (Walaupun bisa juga dimentahin lagi sama bagian manajemen atasnya.. Wkwkwk).
Eh malah ngomong kemana2 dari masalah busi
Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres
Busi inofa rebon jg sgitu om, 1.2 jt 4 biji
Filter bensin nya aj skrg jd 550 rebu
Sungguh keterlaluan utk seekor kijang
Wah najong mahal bgt, itu harus pakai yang model iridium gitu yah om? Mesinnya sama kan masih 1TR? Apa udah beda konstruksi atau karena ngejar emisi atau gimana tuh yaa sampai harus pakai busi "premium"?
Kalo di grand livina kan emang konstruksinya mesin-nya ribet, jadi kalo mau ganti busi mesti copot intake manifold dulu, jadi pake yg iridium supaya masa pakainya lama dan kalo servis lebih cepet soalnya businya ga di cek/copot/bersihin. Di buku manual berarti ganti busi di 100rb km dong yah?
yesss, mahal pake banget karena dipakein nya busi iridium twip tip pula, bukan yg single tip , makanya jd ampun2 mahal nya
enjin masi sama 1TR, dan kl mo dipakein busi nikel jg sebenernya bsa2 aj, cuman tarikan nya entah knapa terasa ada beda aj, terutama kl mo nyetir sruntulan, yg busi nikel berasa kaya kedodoran , mungkin di ECU nya ada tuning "special" yg mengharuskan pake busi mahal
Wah najong mahal bgt, itu harus pakai yang model iridium gitu yah om? Mesinnya sama kan masih 1TR? Apa udah beda konstruksi atau karena ngejar emisi atau gimana tuh yaa sampai harus pakai busi "premium"?
Kalo di grand livina kan emang konstruksinya mesin-nya ribet, jadi kalo mau ganti busi mesti copot intake manifold dulu, jadi pake yg iridium supaya masa pakainya lama dan kalo servis lebih cepet soalnya businya ga di cek/copot/bersihin. Di buku manual berarti ganti busi di 100rb km dong yah?
yesss, mahal pake banget karena dipakein nya busi iridium twip tip pula, bukan yg single tip , makanya jd ampun2 mahal nya
enjin masi sama 1TR, dan kl mo dipakein busi nikel jg sebenernya bsa2 aj, cuman tarikan nya entah knapa terasa ada beda aj, terutama kl mo nyetir sruntulan, yg busi nikel berasa kaya kedodoran , mungkin di ECU nya ada tuning "special" yg mengharuskan pake busi mahal
Tp busi 1,2 jt itu bisa dipake sampe 40rb km lebih kan mbah? Ya anggep aja impas lah sama harganya kalo bisa sampe segitu
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Wah najong mahal bgt, itu harus pakai yang model iridium gitu yah om? Mesinnya sama kan masih 1TR? Apa udah beda konstruksi atau karena ngejar emisi atau gimana tuh yaa sampai harus pakai busi "premium"?
Kalo di grand livina kan emang konstruksinya mesin-nya ribet, jadi kalo mau ganti busi mesti copot intake manifold dulu, jadi pake yg iridium supaya masa pakainya lama dan kalo servis lebih cepet soalnya businya ga di cek/copot/bersihin. Di buku manual berarti ganti busi di 100rb km dong yah?
yesss, mahal pake banget karena dipakein nya busi iridium twip tip pula, bukan yg single tip , makanya jd ampun2 mahal nya
enjin masi sama 1TR, dan kl mo dipakein busi nikel jg sebenernya bsa2 aj, cuman tarikan nya entah knapa terasa ada beda aj, terutama kl mo nyetir sruntulan, yg busi nikel berasa kaya kedodoran , mungkin di ECU nya ada tuning "special" yg mengharuskan pake busi mahal
Tp busi 1,2 jt itu bisa dipake sampe 40rb km lebih kan mbah? Ya anggep aja impas lah sama harganya kalo bisa sampe segitu
Lebih mbah, 60 an rebu kl make nya premium atau pertalit dan hobi geber2
Tp kl pake pertamak trus nyetir aliran siksa diri ketakutan injek gas, 100 rebu jg bsa kayanya
Izin nubi mau tanya, kalau 1 busi lebih "basah" sikit kek gini ada indikasi yg salah ga ya?
20221011_062107.jpg
20221011_064419.jpg
Jadi dr 4 busi kiri ke kanan ini, busi yg paling kanan menurut ane kok kek lebih basah ketimbang yg lain ya di bagian ground electrodenya.
2 mingguan terakhir nyoba balikin gap ke spek pabrik 1.1, tp malah agak ndut2an sikit alias misfire (tp ga sampe nyalain CE) kalau lg betot gas di tol. Jadi mau balikin ke spek 1.05mm lg.
Apa memang kurang cocok pake gap std oem ya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Izin nubi mau tanya, kalau 1 busi lebih "basah" sikit kek gini ada indikasi yg salah ga ya?
20221011_062107.jpg
20221011_064419.jpg
Jadi dr 4 busi kiri ke kanan ini, busi yg paling kanan menurut ane kok kek lebih basah ketimbang yg lain ya di bagian ground electrodenya.
2 mingguan terakhir nyoba balikin gap ke spek pabrik 1.1, tp malah agak ndut2an sikit alias misfire (tp ga sampe nyalain CE) kalau lg betot gas di tol. Jadi mau balikin ke spek 1.05mm lg.
Apa memang kurang cocok pake gap std oem ya?
Menurut nubie mungkin itu Busi yg basah mulai lemah syahwat Mbah...
Jadi pembakaran sisa dikit bbm nya.
Btw...knp ngga coba diganti busi baru mbah yg gap nya msh perawan 1,1.
Eh tp busi mobil langit harganya emang selangit ya mbah