inoz wrote:yaa monggo mudik dolo ke smg met jalan
sdh ada tuh di bandung janda new santa fe 08 km 2500, siapa yg mo beli ada dimuat di Pikiran Rakyat, aku lupa no tel nta.
mhn saran neh santiku ban blakang kanan agak miring kedalam sb kmarin spooring gak bisa dilaksanakan tetep aja gak lurus
sebab baut yg nempel ke gardan sdh dol katanya tkng ban, yaa gak tahu namanya spt besi panjang gitu yg megang gab bwh shockbreaker, jd skarang miring dan kedengaran spt tawon klo di tol
apa mesti ke BERES, ane pernah nanya ke bengkel hyundai non beres gak ada pak mesti ke beres katanya, yaaa ane blum sempet aja kesana, kira2 bahaya gak yaa klo gak lurus dgn roda depan, pasti ada dampaknya pd keausan ban dan lakher kali yaaa
mhn saran para suhu neh
scr umum masih enak kok santiku.

sorry....baru bisa absen di dini, mohon dimaafkan dan dimaklumi
besi panjang itu, saya juga lupa namanya pak...

itu semacam stabilizer dan pengatur sudut camber, yang jelas itu bukan nempel ke gardan....secara santi kita enggak punya gardan...kan tipenya FWD
besi itu fungsinya sebagai stabilizer, pemegang, pengatur chamber ato apalah namanya...yg jelas dia diikatkan ke dudukan suspensi kita yg tipenya disebut "double-wishbone-suspension"
sudah jelas, kalau bautnya dol, tentu sangat bahaya pak...terutama bagi yg suka ngebut

secar dia ini yg mengatur sudut roda dan kestabilan
sesuai saran pak andra...mohon segera diperbaiki
coba ingat2 lagi pak inoz, kapan dan dimana terakhir kali/beberapa kali setel balancing dan spooring (alignment)? bisa jadi dol-nya baut pengikat ini gara2 mekaniknya yg spooring ceroboh...bukan menuduh loh...tapi yg biasa otak-atik disitu ya bengkel spooring
atau mungkin pernah saat kecepatan tingggi, numbuk lubang dalam atau mengalami benturan keras...
saran saya, teratur spooring pak...maks 10.000Km sekali, manfaatnya banyak dengan spooring (asal spooringnya bener loh

)
1. Ban jadi awet (tetapi kalo dirotasi, sekali ganti ban harus 4 biji

)
2. Kestabilan mobil terjaga
3. Periksa kondisi roda, suspensi dan kaki kaki, terutama karet boot CV-nya, murah tapi kalo sobek bisa fatal akibatnya buat as penggerak
4. Periksa kondisi drivetrain (penggerak)
5. Periksa kolong mobil
Mobil yg roda dan kaki-nya bermasalah, dapat dikatakan tdk bisa di-spooring... Jadi kalo santi saya masih bs di spooring, berarti roda+kaki masih sehat
