Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mo numpang nanya niy... sudah ada yang pake thermostat modifikasi kah untuk blazernya...?? terutama untuk konsumsi bbm nya, karena yang saya perhatiin di montera saya, jika si kebo sering berada pada suhu 100 derajat maka konsumsi bbm nya akan menggila... hehehe...
ini contohnya :
Jalan tol temp. 80 dan dibawah 100 kondisi cuaca normal = 1:9,4
Jalan kota (sedikit macet) kombinasi tol cuaca normal = 1:7,9
Jalan kota (macet) kondisi cuaca normal temp. 85 kadang 100 = 1:6,8
Jalan kota (macet) kondisi cuaca panas terik temp. sering 100 = 1:5,6
Jika dibaca dimanual booknya working engine temp. hanya 82 derajat, kira2 apakah bisa diatasi dengan thermostat modifikasi agar suhu mesinnya di range 80-90....?? mungkin jika bisa konsumsi bbm nya bisa lebih irit lagi....
salam kenal bro mico, utk thermostat bisa dimodif dengan memasang tambahan alat adaptor thermostat, Di BD sdh disiapkan ada 2 pilihan tergantung kebo kita sering kana macet2 apa lbh sering dipake ke luarkota dari situ nanti diseting suhu mesin selalu stabil disuhu yg dinginkan, utk detailnya coba aja tanya ke BD .
mo numpang nanya niy... sudah ada yang pake thermostat modifikasi kah untuk blazernya...?? terutama untuk konsumsi bbm nya, karena yang saya perhatiin di montera saya, jika si kebo sering berada pada suhu 100 derajat maka konsumsi bbm nya akan menggila... hehehe...
ini contohnya :
Jalan tol temp. 80 dan dibawah 100 kondisi cuaca normal = 1:9,4
Jalan kota (sedikit macet) kombinasi tol cuaca normal = 1:7,9
Jalan kota (macet) kondisi cuaca normal temp. 85 kadang 100 = 1:6,8
Jalan kota (macet) kondisi cuaca panas terik temp. sering 100 = 1:5,6
Jika dibaca dimanual booknya working engine temp. hanya 82 derajat, kira2 apakah bisa diatasi dengan thermostat modifikasi agar suhu mesinnya di range 80-90....?? mungkin jika bisa konsumsi bbm nya bisa lebih irit lagi....
Kalau saya malah ngerasa kalo dingin lebih boros. Dulu pernah make thermostat yg paling dingin, selalu nempel di 80 derajat. Nggak pernah naik2. Konsumsi bbm nya malah 1:7 an di jalan tol.
Topik : "opel blazer sip deh"
Pengirim : mubas, tanggal 11/09/2008
Mobil blazer emang diakui oleh kalangan orang ptnya bln menengah ke atas,n org yg hobby mbl uero. waktu 6 bulan kemarin, tptnya bln maret 08, saya kecelakaan parah tp terselamatkan ya...berkat Allah swt, n utg saya bawa opel blazer sohc 01,rasanya wakty kecelakaan tu di dlm mobl sprt ada perrr jd benar2x terlindungi.... saya tabrakan dengan truck. wah jd yg parah bagian depan mobil. dan skr alhamdxxx udah balik lagi sprt baru beli....dan biayanya tdk mahal cuman 5juta . coba kenyamanan minibus opel blazer,pasti untung n jd jth cinta ma mbl itu... salam ama yg poenya mbl opel blazer seluruh nusantara.
Any comments SMer.....
Jadi teringat dulu ada sharing di milist dari salah satu Kapolsek (or Kapolres ? Lupa gw) di Sumbar, yg nggak bisa melepas blazer nya walaupun sudah susah dirawat karena dipindah tugaskan dari Jawa ke daerah (Sumbar). Karena (atas izin dan rahmat dari Yang Maha Kuasa) konstruksi yg kokoh dari opel blazer sudah beberapa kali menyelamatkan beliau dan keluarganya dari kecelakaan fatal. Ntah kalo naik mobil lain.
uch wrote:
Kalau saya malah ngerasa kalo dingin lebih boros. Dulu pernah make thermostat yg paling dingin, selalu nempel di 80 derajat. Nggak pernah naik2. Konsumsi bbm nya malah 1:7 an di jalan tol.
pa' uch.... kl blh tau suhu atas sm bawahnya yang dipake di thermostatnya berapa y? memang untuk mobil ini suhu kerjanya 82 derajat. jd kl kurang dari 82 sensornya akan memerintahkan untuk menambah suplai bbm, jadinya malah boros.
kalo sekarang masih pake thermostat apa sudah kembali ke asalnya...?
@ bro Riadi
Bener bro.... memang ada dua jenis, dengan thermostat modifikasi (versi ini pun bisa dipilih suhu atas dan bawahnya) dan dengan jumpering langsung (ini versi yang paling dingin karena selalu hidup)
uch wrote:Tapi punya saya belum aktif tuh heaternya. Dulu banget, katanya ECU nya nggak mendukung. Sayang juga.
kebo sw udah diaktifken heaternya dgn memasang switch tambahan spt yg punya DOHC, konon katanya tdk ada hubungan antara heater dgn ECU, dan yg sdh2 dipasang dimontera ok2 aja, itu penuturan p.rasim mentari motor.
Mungkin sekarang sudah ditemukan "shortcut" nya pak Agri. Diambil dari jalur antifog nya kaca belakang seperti yg dibilang Deden Pogansip.
Tapi kalo jalur asli nya, dulu mekaniknya sempat nyoba, tapi proses heating nya nggak mau berhenti. Sampe panas dan warna pinggir kaca spion berubah. Kalo dilanjutkan kaca nya bisa pecah. Tapi nggak tau juga sih, mungkin dulu mekaniknya belum secanggih sekarang ngotak ngatik blazer...
uch wrote:
Kalau saya malah ngerasa kalo dingin lebih boros. Dulu pernah make thermostat yg paling dingin, selalu nempel di 80 derajat. Nggak pernah naik2. Konsumsi bbm nya malah 1:7 an di jalan tol.
pa' uch.... kl blh tau suhu atas sm bawahnya yang dipake di thermostatnya berapa y? memang untuk mobil ini suhu kerjanya 82 derajat. jd kl kurang dari 82 sensornya akan memerintahkan untuk menambah suplai bbm, jadinya malah boros.
kalo sekarang masih pake thermostat apa sudah kembali ke asalnya...?
@ bro Riadi
Bener bro.... memang ada dua jenis, dengan thermostat modifikasi (versi ini pun bisa dipilih suhu atas dan bawahnya) dan dengan jumpering langsung (ini versi yang paling dingin karena selalu hidup)
thx,
Sekarang pake yg maks nya sekitar 95 derajat. Bawahnya mungkin sekitar 80. Kalo dulu maksnya emang dibawah 80.
uch wrote:Tapi punya saya belum aktif tuh heaternya. Dulu banget, katanya ECU nya nggak mendukung. Sayang juga.
kebo sw udah diaktifken heaternya dgn memasang switch tambahan spt yg punya DOHC, konon katanya tdk ada hubungan antara heater dgn ECU, dan yg sdh2 dipasang dimontera ok2 aja, itu penuturan p.rasim mentari motor.
Mungkin sekarang sudah ditemukan "shortcut" nya pak Agri. Diambil dari jalur antifog nya kaca belakang seperti yg dibilang Deden Pogansip.
Tapi kalo jalur asli nya, dulu mekaniknya sempat nyoba, tapi proses heating nya nggak mau berhenti. Sampe panas dan warna pinggir kaca spion berubah. Kalo dilanjutkan kaca nya bisa pecah. Tapi nggak tau juga sih, mungkin dulu mekaniknya belum secanggih sekarang ngotak ngatik blazer...
kayaknya dari dulu juga sdh bisa ko bro , sebab waktu pasang ini heater p.rasim keluarin buku skematic jalur2 kabel cara pemasangannya, trus yg bikin on off otomatis dari switch nya itu punyanya DOHC.
next progress buat siBoyot pasang/modif termostat, saat ini masih standar?, fan nyala bila sudah 95deg, dan turun kalo dah 110deg. NORMAL kah? kalo pake AC sih manteng di 80deg, tapi masalahnya switch blowernya "ngaco" lagi (padahal baru ganti bulan lalu resistornya) di level 3 baru keluar angin.........any advice please!!?
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
@bro asepkadek , kl blower AC idup hanya pada level 3 apa gak brisik bro suaranya gak nyaman gitulah, coba periksa switch levelingnya kyknya ada yg gak beres dibagian itu, kebo gw juga pernah mengalami hal yg ampir mirip sama, level 2 & 3 sama kecengnya , setelah diganti udah normal lg.
informasi : website http://www.bic.or.id sdh aktif lg silahken dimanfaatken forum tanya jawabnya
riadi33b wrote:@bro asepkadek , kl blower AC idup hanya pada level 3 apa gak brisik bro suaranya gak nyaman gitulah, coba periksa switch levelingnya kyknya ada yg gak beres dibagian itu, kebo gw juga pernah mengalami hal yg ampir mirip sama, level 2 & 3 sama kecengnya , setelah diganti udah normal lg.
informasi : website http://www.bic.or.id sdh aktif lg silahken dimanfaatken forum tanya jawabnya
Maaf Bro Riadi
Web Bic masih pre launch
Sudah sekitar 80% progressnya....tapi karena kemarin banyak request dan masukan teman teman didewan pengurus meminta ditambah feature feature seperti pendaftaran online, memasang foto diri sendiri di profile, rubrik konsultasi dengan memasang gambar blazer serta nanti tinggal di click bagian bagian yang ingin dikonsultasikan, akibatnya project web ini molor lagi...
Semoga rekan rekan tetap sabar ya.
Kami di kepengurusan juga cukup suprise ternyata begitu banyak rekan rekan seluruh Indonesia yang relay web ini.
Atas nama pengurus BIC kami memohon maaf , jika effort yang kami berikan untuk komunitas ini masih belum memuaskan rekan rekan sekalian.
Maklumlah karena ternyata pekerjaan kami (mencari nafkah) menggangu hoby (yaitu ngurus BIC)..
wekss, tambah rame nih.. lam kenal buat aja buat bro micogilbert n bro gmx, en temen-temen laen yg dah gabung di thread kesayang qt ini ... , he he dah 53 halaman ternyata,, padahal pas ane baru join sekitar bulan februari kemaren baru 17 halaman. tob dah akselerasinya,,
sorry jg lg jarang nge-post lagi,,,, but,, wejangan-wejangan dari sesepuh blazer di sini tetep ane pantaw,,
lanjut ah..
Salam kenal semua...
Barusan saya ngambil Montera 2000, tadi pagi saya tune up di RJ Engineering (bengkelnya komunitas Blazer di Surabaya). Indikator tekanan oli bila pedal gas dilepas langsung drop kebatas minimum warna merah. Tetapi bila pedal gas di injak, indikator naik lagi di posisi 3/4 lebih dikit, demikian pula bila pagi hari saya start awal, posisinya langsung naik di 3/4 lebih dikit. Semula saya agak khawatir karena pernah dapat info, kondisi seperti itu menandakan sudah saatnya turun mesin.... Tetapi syukurlah setelah dicek oleh mas Hermawan (pakarnya Blazer), dengan menginjak pedal gas pelan-pelan dan memperhatikan pergerakan jarum indikator tekanan oli, beliau memvonis bahwa indikatornya yang bermasalah, bukan mesinnya. Kalau gak salah tadi relay-nya ya, tetapi harganya muahal banget 1,4jeti.
Saya tunda dulu penggantiannya, dan menurut mas Hermawan ndak apa-apa.
Apakah ada masukan atas keputusan saya ini, mengingat lebaran nanti si kebo mau tak bawa mudik ke Jogja. Trims
Mahal juga ya buat sensor/indikator nya. Kalo langsung ganti pompa oli berapa an Pak ? Kalo disini Jkt (dulu) denger2 sekitar Rp 600-700 ribu. Kalo harganya masih sekitar itu, gimana kalo langsung ganti pompa oli nya ? (sekaligus bersihin carter dan jalur oli ke atas, nggak usah bongkar mesin). Buat aman nya aja sih. Namanya jg beli mobil seken, siapa tau pemilik lama jarang maintenance. Kalo ada dana cadangan (biasanya kan ada tuh kalo beli mobil bekas.. ), mungkin ini pompa oli boleh masuk daftar. Saran doang dari jarak jauh, yg paling kompeten tentu mekanik yg nangani langsung.
Coba lihat2 di halaman2 sebelumnya dithreads ini, ada kasus yg mirip Pak. Bengkel Resmi memvonis hanya indikator oli yg ngaco. Pas dibawa jarak jauh (SBY-lombok), mesin kolaps diperjalanan karena oli nggak naik.
foto2 baksos HUT BIC ke 7 touring berikut kunjungan ke yayasan yatim piatu diplered dilanjutkan acara buka puasa bersama diwaduk jati luhur 20 Sept 2008.
line up posisition tol exit jati luhur
parkir area yayasan yatim piatu
kebo bro pogansip yang tengah
ditepian waduk jati luhur
buat yg penasaran sama wajahnya bro uch :diantara kebo riders bandung & jakarta
Ki-Ka: riadi33b, kang gajah dago, kang pogansip, bro Uch, kang Iwan tebar.
Akhirnya kita bisa mempertemukan 2 dukun kebo di forum ini (bro Uch + Bro Riadi) + team curutter Bandung anggota forum ini (Bro popo hansip pogansip + Gajah Dago).
Fotonya sudah di posting oleh Bro riadi.
Hitung hitung sebagai gathering pertama Forum SM ini. ...benar nggak bro ?.
Diharapkan semakin banyak teman teman disini berani kumpul kebo sama kita kita.
Salam
Tumis Keris
@bro Riadi
Foto gw mana yach ?, koq diskriminasi....
maaf Oom tumis bukannya diskrimininasi, tadi mau upload eh dicari2 ko gak ada ya di memory cardnya camera hik......hik.......hik......bukanya Oom tumis udah yg paling narsis diforum ini ........piis deh......
NB: RC touringnya ko nyasar melulu ya......siapa si yg jadi RC nya sekali lg piss deh buat Oom tumis .
@ bro gmx kapan2 kl ada touring lg boleh juga tuh mitsunya diajak gabung sama kita2, iring2an sama kebo asik juga kayaknya tuh .......