jangan lupa cek busi jg om, dulu pengalaman di L10 saya, coil bocor ehhh ga ampun kena ke busi nya jg, bagian keramik nya ada yg gosong retak kecil banget.. begitu dganti coil baru, pas mesin di bejeg atau pas ac nyala lg jalan langsam pasti ada brebet sikit , busi nya malah jd bocor arus sikitHerman7103 wrote: Sat Apr 09, 2022 22:55Iya Om, setelah 8 tahun pelihara Grand Livina, ini pengalaman saya pertama kali mengalami koil bocor,blloewy wrote:Wkwkwkwk sdh diduga kl kena 1 mitosnya ganti semua.Herman7103 wrote: Sat Apr 09, 2022 10:46 Update kemarin pas isteri antar jemput anak anak pergi ke sekolah,
tiba tiba isteri laporan ke saya yg lagi kerja di kantor bahwa mobil ANGL 1.5 SV CVT yg dia bawa ndut ndutan atau brebet wkwkwk, padahal minggu lalunya baru ganti 1 koil di beres Nissan. Jadi sabtu pagi saya ke bengkel Jauhari Motor di Jln Tj. Api-Api, Kebun Bunga, Kec. Sukarami, Kota Palembang untuk ganti 3 koil lainnya (masa pemakaian 8 tahun) dengan koil yg saya beli online di tokopexxx serta saya minta montir bengkel untuk kuras tangki bensinnya karena.selama 8 tahun pemakaian mobil belum pernah dikuras dan dibersihkan wkwkwk. Masuk bengkel jam 8 pagi dan jam 10.30 WIB bayar tagihan ganti koil serta kuras dan bersihkan tangki bensin mobil All New Grand Livina tahun 2014 sebesar Rp 250 ribu. Setelah semua koil diganti dan tangki bensin dikuras dan dibersihkan lalu saya menuju SPBU untuk isi BBM pertalite sebesar Rp 274 ribu dan kondisi mobil ANGL sudah normal, nyaman dan tidak ada ndut ndutan atau brebet. Jadi untuk User Grand Livina kalau koil bocor atau mesin brebet / Ndut ndutan karenanya gantilah sekaligus keempat koil sekaligus biar tidak perlu 2X ke bengkel untuk ganti koil wkwkwk.MVIMG_20220409_174316.jpgMVIMG_20220409_174414.jpg
Tp ajaibnya di Livina ipar saya di Lampung aman sentosa cukup gantj 1 koil aja.
Padahal ganti pake merk aftermarket.
Akhirnya dikuras juga itu tanki setelah 8 tahun
mula mula bocor 1 lalu minggu berikut yang lain nya menyusul wkwkwk jadi sampai 2 X ke bengkel. Kalau saya tahu begitu mending ganti koil sekaligus langsung keempatnya sekaligus kayak ganti busi. Untung jasa ganti koil dan kuras tangki bensin di bengkel mobil non beres murah dan harga koil nya di online shop sekarang murah wkwkwk jadi ngak berasa memberatkan biayanya. Ngak mahal sekarang maintenance Grand Livina. Senang rasanya.
Grand Livina Users..! - PART 06
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
mbah, mo liat iridium palsu nggak? mau gak? mau? enggak? nggak mau? maumau enggak?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
coba post di marih mbah
penasaran
btw oot sikit mbah
itu si 1KR-GTE super twin quad cam turbo intercooler mbah kl ac nyala, nah pas lg jalan trus ngerem perna berasa geter2 ga mesin nya ??
ini kita orang punya koq agak geter2 yah, pengen semprot2 carb kliner ke TB tp takut kena ISC atau TPS nya neh
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
DOHC wrote: Sun Apr 10, 2022 15:53
coba post di marih mbah
penasaran
btw oot sikit mbah
itu si 1KR-GTE super twin quad cam turbo intercooler mbah kl ac nyala, nah pas lg jalan trus ngerem perna berasa geter2 ga mesin nya ??
ini kita orang punya koq agak geter2 yah, pengen semprot2 carb kliner ke TB tp takut kena ISC atau TPS nya neh
besok saya post di trit husus busi.
ngerem berasa geter? udah cek bohlam sen blakang kiri? mungkin putus.
kalo semprot kliner mending buka TB sekalian mbah, kan gampang banget itu sambil merem juga bisa. dibersihin sekalian ISC-nya.
yang susah itu bongkar TB sambil as kopelnya diservis.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
yg geter2 justru enjin nya mbah , bukan dr pedal rem nyamarmut wrote: Sun Apr 10, 2022 16:13DOHC wrote: Sun Apr 10, 2022 15:53
coba post di marih mbah
penasaran
btw oot sikit mbah
itu si 1KR-GTE super twin quad cam turbo intercooler mbah kl ac nyala, nah pas lg jalan trus ngerem perna berasa geter2 ga mesin nya ??
ini kita orang punya koq agak geter2 yah, pengen semprot2 carb kliner ke TB tp takut kena ISC atau TPS nya neh
besok saya post di trit husus busi.
ngerem berasa geter? udah cek bohlam sen blakang kiri? mungkin putus.
kalo semprot kliner mending buka TB sekalian mbah, kan gampang banget itu sambil merem juga bisa. dibersihin sekalian ISC-nya.
yang susah itu bongkar TB sambil as kopelnya diservis.
servis as kopel ?? linda mana linda, wen2 jg mana sini..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
tadi buka puasa over portion kayanya nih ...marmut wrote: Sun Apr 10, 2022 16:13DOHC wrote: Sun Apr 10, 2022 15:53
coba post di marih mbah
penasaran
btw oot sikit mbah
itu si 1KR-GTE super twin quad cam turbo intercooler mbah kl ac nyala, nah pas lg jalan trus ngerem perna berasa geter2 ga mesin nya ??
ini kita orang punya koq agak geter2 yah, pengen semprot2 carb kliner ke TB tp takut kena ISC atau TPS nya neh
besok saya post di trit husus busi.
ngerem berasa geter? udah cek bohlam sen blakang kiri? mungkin putus.
kalo semprot kliner mending buka TB sekalian mbah, kan gampang banget itu sambil merem juga bisa. dibersihin sekalian ISC-nya.
yang susah itu bongkar TB sambil as kopelnya diservis.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Noted Om, thank you atas informasinya.DOHC wrote:jangan lupa cek busi jg om, dulu pengalaman di L10 saya, coil bocor ehhh ga ampun kena ke busi nya jg, bagian keramik nya ada yg gosong retak kecil banget.. begitu dganti coil baru, pas mesin di bejeg atau pas ac nyala lg jalan langsam pasti ada brebet sikit , busi nya malah jd bocor arus sikitHerman7103 wrote: Sat Apr 09, 2022 22:55Iya Om, setelah 8 tahun pelihara Grand Livina, ini pengalaman saya pertama kali mengalami koil bocor,blloewy wrote: Wkwkwkwk sdh diduga kl kena 1 mitosnya ganti semua.
Tp ajaibnya di Livina ipar saya di Lampung aman sentosa cukup gantj 1 koil aja.
Padahal ganti pake merk aftermarket.
Akhirnya dikuras juga itu tanki setelah 8 tahun
mula mula bocor 1 lalu minggu berikut yang lain nya menyusul wkwkwk jadi sampai 2 X ke bengkel. Kalau saya tahu begitu mending ganti koil sekaligus langsung keempatnya sekaligus kayak ganti busi. Untung jasa ganti koil dan kuras tangki bensin di bengkel mobil non beres murah dan harga koil nya di online shop sekarang murah wkwkwk jadi ngak berasa memberatkan biayanya. Ngak mahal sekarang maintenance Grand Livina. Senang rasanya.

HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Elmu baru ini kl ngerem berasa geter trs cek lampu sen belakang kiriOmnibus wrote: Sun Apr 10, 2022 16:24tadi buka puasa over portion kayanya nih ...marmut wrote: Sun Apr 10, 2022 16:13DOHC wrote: Sun Apr 10, 2022 15:53
coba post di marih mbah
penasaran
btw oot sikit mbah
itu si 1KR-GTE super twin quad cam turbo intercooler mbah kl ac nyala, nah pas lg jalan trus ngerem perna berasa geter2 ga mesin nya ??
ini kita orang punya koq agak geter2 yah, pengen semprot2 carb kliner ke TB tp takut kena ISC atau TPS nya neh
besok saya post di trit husus busi.
ngerem berasa geter? udah cek bohlam sen blakang kiri? mungkin putus.
kalo semprot kliner mending buka TB sekalian mbah, kan gampang banget itu sambil merem juga bisa. dibersihin sekalian ISC-nya.
yang susah itu bongkar TB sambil as kopelnya diservis.![]()

Btw kl engine geter apa bukan artinya idle nya kerendahan ya?
Tp apa hubungan idle engine turun rendah pas ngerem ya?
Ah pusing nubie


nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Kl menurut mbah Omni lbh baik ganti busi dari ganti koilDOHC wrote: Sun Apr 10, 2022 14:05
jangan lupa cek busi jg om, dulu pengalaman di L10 saya, coil bocor ehhh ga ampun kena ke busi nya jg, bagian keramik nya ada yg gosong retak kecil banget.. begitu dganti coil baru, pas mesin di bejeg atau pas ac nyala lg jalan langsam pasti ada brebet sikit , busi nya malah jd bocor arus sikit

Oleh karena itu kemaren pas km 95 rebu langsung ganti busi baru 4 sebelum koilnya kena...
Kayanya dulu mbah omni pernah share kenapa koil.bisa mati.
Selain krn selongsong jelek dan kena air juga krn percikan api busi yg ngga stabil...
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Nah kl ini bener dah selongsong koil 40 rebu.Herman7103 wrote: Sun Apr 10, 2022 11:45
Eh om seriusan beli koil harga 40 rebu?
unquote
Selomgsongnya koil nya bukan koil assy harganya Rp 40 ribu. Kalau beli
assy 1 set koil di beres hampir 1 juta . Jadi ganti aja selongsong koil nya yang berisi per dan sekring di mobil saya pakai 3 buah selongsong koil X Rp 40 ribu dan JCAP Ignition Coil Rp 350 ribu. Ngak mahal juga wkwkwk.
IMG_20220410_182521.jpgMVIMG_20220409_174414.jpgSAVE_20220410_184353.jpg
Ama Koil KW 350 rebu.
Tp kl sdh 350 rebu knp ngga ambil Koil Nissan March aja di Beres kena 550 sdh ama PPN.

Next time ganti koil lagi cobain pake March aja Om Herman

nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Noted Om. Terima kasih atas informasinya.blloewy wrote:Nah kl ini bener dah selongsong koil 40 rebu.Herman7103 wrote: Sun Apr 10, 2022 11:45
Eh om seriusan beli koil harga 40 rebu?
unquote
Selomgsongnya koil nya bukan koil assy harganya Rp 40 ribu. Kalau beli
assy 1 set koil di beres hampir 1 juta . Jadi ganti aja selongsong koil nya yang berisi per dan sekring di mobil saya pakai 3 buah selongsong koil X Rp 40 ribu dan JCAP Ignition Coil Rp 350 ribu. Ngak mahal juga wkwkwk.
IMG_20220410_182521.jpgMVIMG_20220409_174414.jpgSAVE_20220410_184353.jpg
Ama Koil KW 350 rebu.
Tp kl sdh 350 rebu knp ngga ambil Koil Nissan March aja di Beres kena 550 sdh ama PPN.![]()
Next time ganti koil lagi cobain pake March aja Om Herman

HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Mesin racing lipindut pan ganti businya di BeRes pas KM diatas 100 ribu++ yah? Katanya itu busi mahal gitu.blloewy wrote:Kl menurut mbah Omni lbh baik ganti busi dari ganti koilDOHC wrote: Sun Apr 10, 2022 14:05
jangan lupa cek busi jg om, dulu pengalaman di L10 saya, coil bocor ehhh ga ampun kena ke busi nya jg, bagian keramik nya ada yg gosong retak kecil banget.. begitu dganti coil baru, pas mesin di bejeg atau pas ac nyala lg jalan langsam pasti ada brebet sikit , busi nya malah jd bocor arus sikit![]()
Oleh karena itu kemaren pas km 95 rebu langsung ganti busi baru 4 sebelum koilnya kena...
Kayanya dulu mbah omni pernah share kenapa koil.bisa mati.
Selain krn selongsong jelek dan kena air juga krn percikan api busi yg ngga stabil...
Dulu ane jg pernah nanya mau ganti busi gegara nglitik terus, mana tau itu businya sdh kotor atau sdh payah gitu... ehh jawabannya yah gitu deh.
Mungkin sengaja kali yah biar pd ganti busi + ama koil2nya sekalian hahahaha... apalagi isi bbm nya premium or pertalit sdh bs 8 taon sih sdh bagus itu busi + koilnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Kl yg denso bawaan dia emang mahal Om.benzz89 wrote: Mon Apr 11, 2022 4:27Mesin racing lipindut pan ganti businya di BeRes pas KM diatas 100 ribu++ yah? Katanya itu busi mahal gitu.blloewy wrote:Kl menurut mbah Omni lbh baik ganti busi dari ganti koilDOHC wrote: Sun Apr 10, 2022 14:05
jangan lupa cek busi jg om, dulu pengalaman di L10 saya, coil bocor ehhh ga ampun kena ke busi nya jg, bagian keramik nya ada yg gosong retak kecil banget.. begitu dganti coil baru, pas mesin di bejeg atau pas ac nyala lg jalan langsam pasti ada brebet sikit , busi nya malah jd bocor arus sikit![]()
Oleh karena itu kemaren pas km 95 rebu langsung ganti busi baru 4 sebelum koilnya kena...
Kayanya dulu mbah omni pernah share kenapa koil.bisa mati.
Selain krn selongsong jelek dan kena air juga krn percikan api busi yg ngga stabil...
Dulu ane jg pernah nanya mau ganti busi gegara nglitik terus, mana tau itu businya sdh kotor atau sdh payah gitu... ehh jawabannya yah gitu deh.
Mungkin sengaja kali yah biar pd ganti busi + ama koil2nya sekalian hahahaha... apalagi isi bbm nya premium or pertalit sdh bs 8 taon sih sdh bagus itu busi + koilnya.
250-350 rb per pcs skrg di Beres dan Beres jg ngga nyetok katanya.
Memang busi denso yg itu bs tahan min 80 rb km lah.
Kl di Beres mah ngikut SOP mereka.
Tp kl kita ngotot bisa kok minta ganti krn skrg sdh fleksibel mereka ngga kaku lagi.
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
ANGL L11 ini sudah dilengkapi cabin filter dari pabrik belum ya?
Apakah ada perbedaan parts kaki2 antara L10 dan 11?
Apakah ada perbedaan parts kaki2 antara L10 dan 11?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
ANGL L11 sudah dilengkapi dengan filter kabin yang berfungsi memfiltrasi udara yang masuk kabin. Letaknya dibawah Glovebox.mike22 wrote:ANGL L11 ini sudah dilengkapi cabin filter dari pabrik belum ya?
Apakah ada perbedaan parts kaki2 antara L10 dan 11?
Setahu saya sih untuk part kaki kaki
ada beberapa perbedaan (improvement) part kaki kaki di Grand Livina L11 dari pengalaman saya belanja part part yg mengandung rubber di bagian kaki kaki grand livina L11 sekitar 3 minggu. lalu belanja part part yg mengandung rubber untuk peremajaan part part tsb yg pecah atau getas. Usia part part bawaan pabrik setelah pemakaian dari Mei 2014 sampai april 2022 adalah 8 tahun terlampir di foto foto yang saya posting di thread ini 3 minggu lalu.

HR15DE 2014
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Jan 08, 2021 7:00
- Location: JKT
- Daily Vehicle: 2NR-VE - HR15DE
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Mbah pengguna Livina disini, mau sharing dan nanya sedikit disini dong buat HR15 Resing thn 2014 ane yg posisi km saat ini di 52k
Jadi sabtu kemarin ini, ane baru aja gantol + filter, dan engine belt buat livina ane (oli pake 5w30). Namun karena montir yg masang beltnya ga bener blas (skip 1 alur keluar), pas boilnya dipake ortu di hari minggu, belt nya akhirnya seperti ke parut dan akhirnya lepas pas lagi jalan di tol
, dan sama ortu ane mobilnya sempet dibiarinin jalan sampe hampir overheat (mnrt beliau, temp nya sampai 2 bar di bawah H sblm akhirnya stop dan di tow ke bengkel utk diganti lagi belt nya
). Setelah belt diganti lagi, mnrt beliau kendaraan berjalan dengan normal (tidak ada keanehan)
Skip ke pagi ini, pas ane mau pake dan coba cold start, mesin menyala tapi diiringi suara seperti ngetok pintu dari arah mesin secara terus menerus
. Tapi anehnya, pas mobil sedikit di gerakan, bunyi tetap ada namun samar samar dan pas di shift ke N lagi, bunyi bisa hilang sesaat sebelum terdengar lagi (jadi agak random kapan bunyi nya)
Kira-kira, apakah suara itu datang akibat mesin yg dipake sampai hampir overheat, atau something else? Besok sih rencana ane mau bawa ke bengkel nissan yang sudah terkenal di forum ini
Sorry kalau bahasanya berantakan and mohon advicenya kira-kira apa sih root causenya ini.
Thank youu in advance
Jadi sabtu kemarin ini, ane baru aja gantol + filter, dan engine belt buat livina ane (oli pake 5w30). Namun karena montir yg masang beltnya ga bener blas (skip 1 alur keluar), pas boilnya dipake ortu di hari minggu, belt nya akhirnya seperti ke parut dan akhirnya lepas pas lagi jalan di tol


Skip ke pagi ini, pas ane mau pake dan coba cold start, mesin menyala tapi diiringi suara seperti ngetok pintu dari arah mesin secara terus menerus

Kira-kira, apakah suara itu datang akibat mesin yg dipake sampai hampir overheat, atau something else? Besok sih rencana ane mau bawa ke bengkel nissan yang sudah terkenal di forum ini

Sorry kalau bahasanya berantakan and mohon advicenya kira-kira apa sih root causenya ini.
Thank youu in advance

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Wew...ini artinya water pump sempat tidak jalan waktu belt lepas?grey569 wrote: Mon Apr 25, 2022 14:26 Mbah pengguna Livina disini, mau sharing dan nanya sedikit disini dong buat HR15 Resing thn 2014 ane yg posisi km saat ini di 52k
Jadi sabtu kemarin ini, ane baru aja gantol + filter, dan engine belt buat livina ane (oli pake 5w30). Namun karena montir yg masang beltnya ga bener blas (skip 1 alur keluar), pas boilnya dipake ortu di hari minggu, belt nya akhirnya seperti ke parut dan akhirnya lepas pas lagi jalan di tol, dan sama ortu ane mobilnya sempet dibiarinin jalan sampe hampir overheat (mnrt beliau, temp nya sampai 2 bar di bawah H sblm akhirnya stop dan di tow ke bengkel utk diganti lagi belt nya
). Setelah belt diganti lagi, mnrt beliau kendaraan berjalan dengan normal (tidak ada keanehan)
Skip ke pagi ini, pas ane mau pake dan coba cold start, mesin menyala tapi diiringi suara seperti ngetok pintu dari arah mesin secara terus menerus. Tapi anehnya, pas mobil sedikit di gerakan, bunyi tetap ada namun samar samar dan pas di shift ke N lagi, bunyi bisa hilang sesaat sebelum terdengar lagi (jadi agak random kapan bunyi nya)
Kira-kira, apakah suara itu datang akibat mesin yg dipake sampai hampir overheat, atau something else? Besok sih rencana ane mau bawa ke bengkel nissan yang sudah terkenal di forum ini![]()
Sorry kalau bahasanya berantakan and mohon advicenya kira-kira apa sih root causenya ini.
Thank youu in advance![]()
Waktu dipake jalan kondisi indikator overheat nyala ngga Om?
Krn L11 dikasi penunjuk suhu sich sebelum lampu merah itu nyala.
Coba cek aja dulu ke spesialis...
nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Jan 08, 2021 7:00
- Location: JKT
- Daily Vehicle: 2NR-VE - HR15DE
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Kemungkinan besar sih gitu Om water pump nya ga ke tarik belt nya lagi, krn temprature naik pas masih jalan.blloewy wrote: Mon Apr 25, 2022 14:54 Wew...ini artinya water pump sempat tidak jalan waktu belt lepas?
Waktu dipake jalan kondisi indikator overheat nyala ngga Om?
Krn L11 dikasi penunjuk suhu sich sebelum lampu merah itu nyala.
Coba cek aja dulu ke spesialis...
Mengenai indikator overheat, Kalau dari pengakuan beliau sih cuman bar temprature paling tinggi 2 bar under H (asumsi ane berarti udah titik kritis sblm red area, blm sampe warning overheat nyala)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
mana ada yg bisa kasih petunjuk kan ga liat mobilnya langsung, emang kita fortune teller.grey569 wrote: Mon Apr 25, 2022 15:35Kemungkinan besar sih gitu Om water pump nya ga ke tarik belt nya lagi, krn temprature naik pas masih jalan.blloewy wrote: Mon Apr 25, 2022 14:54 Wew...ini artinya water pump sempat tidak jalan waktu belt lepas?
Waktu dipake jalan kondisi indikator overheat nyala ngga Om?
Krn L11 dikasi penunjuk suhu sich sebelum lampu merah itu nyala.
Coba cek aja dulu ke spesialis...
Mengenai indikator overheat, Kalau dari pengakuan beliau sih cuman bar temprature paling tinggi 2 bar under H (asumsi ane berarti udah titik kritis sblm red area, blm sampe warning overheat nyala)

hehehe bercanda om, jangan stres2 ntar cepet ubanan. kl bokap bilang ga sampe region merah n itu betul, besar kemungkinan ga ada masalah sm engine nya. meskipun engine itu kl ga salah inget agak2 sensi sm overheat, dikit aja panas langsung KO.
kemungkinan yg lain, auto tensioner belt nya yg sdh ga bagus kerjanya. mungkin pulley nya sdh oblak. atau ada pulley lain yg juga oblak. kl ganti belt salah, dr awal udah snap kaya gitu ga usah nunggu mobil keluar bengkel, dr di gas msh di bengkel jg udah lepas atau putus.
mudah2an suara knocking itu cuma dr pulley oblak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
coba aja di cek bearing2 pulleynya, bunyinya emang mengerikan banget sih. idle aja kayanya bunyinya udah kaya mau rontok mesin
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Jan 08, 2021 7:00
- Location: JKT
- Daily Vehicle: 2NR-VE - HR15DE
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Hheheehe ane sih ngga stress kok Om Omni, cuman pusing aja tadi bokap ngomel di servis kok malah makin rusakOmnibus wrote: Mon Apr 25, 2022 15:41 mana ada yg bisa kasih petunjuk kan ga liat mobilnya langsung, emang kita fortune teller.
hehehe bercanda om, jangan stres2 ntar cepet ubanan. kl bokap bilang ga sampe region merah n itu betul, besar kemungkinan ga ada masalah sm engine nya. meskipun engine itu kl ga salah inget agak2 sensi sm overheat, dikit aja panas langsung KO.
kemungkinan yg lain, auto tensioner belt nya yg sdh ga bagus kerjanya. mungkin pulley nya sdh oblak. atau ada pulley lain yg juga oblak. kl ganti belt salah, dr awal udah snap kaya gitu ga usah nunggu mobil keluar bengkel, dr di gas msh di bengkel jg udah lepas atau putus.
mudah2an suara knocking itu cuma dr pulley oblak.

Okeyy, besok coba tak minta cek pulley" and tensionernya hehe
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Hehe iya om, memang mesin yg 1 ini saking resingnya, bunyinya agak mengerikan, apalalgi pas extra fan nya nyalafajarrian wrote: Mon Apr 25, 2022 15:49 coba aja di cek bearing2 pulleynya, bunyinya emang mengerikan banget sih. idle aja kayanya bunyinya udah kaya mau rontok mesin

![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
hehe mari kita berharap itu cuma auto tensioner ya. atau salah satu pulley lah. diganti baru kelar masalah. krn mungkin dia juga yg jd penyebab belt nya snap.grey569 wrote: Mon Apr 25, 2022 16:06
Hheheehe ane sih ngga stress kok Om Omni, cuman pusing aja tadi bokap ngomel di servis kok malah makin rusak.
Okeyy, besok coba tak minta cek pulley" and tensionernya hehe![]()
besok kabarin ya apa sebenarnya yg terjadi. jangan biarkan kami penasaran.

mobil rencananya mau dipake mudik lebaran kah?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Jan 08, 2021 7:00
- Location: JKT
- Daily Vehicle: 2NR-VE - HR15DE
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Semoga ya Omm *fingers crossed . besok tak update apa yang sebenarnya terjadiOmnibus wrote: Mon Apr 25, 2022 16:37 hehe mari kita berharap itu cuma auto tensioner ya. atau salah satu pulley lah. diganti baru kelar masalah. krn mungkin dia juga yg jd penyebab belt nya snap.
besok kabarin ya apa sebenarnya yg terjadi. jangan biarkan kami penasaran.![]()
mobil rencananya mau dipake mudik lebaran kah?

Plan nya sih ni mobil cuman keliling Jakarta aja pas lebaran Om heheh

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Gmn om lipinanya?grey569 wrote: Mon Apr 25, 2022 17:16Semoga ya Omm *fingers crossed . besok tak update apa yang sebenarnya terjadiOmnibus wrote: Mon Apr 25, 2022 16:37 hehe mari kita berharap itu cuma auto tensioner ya. atau salah satu pulley lah. diganti baru kelar masalah. krn mungkin dia juga yg jd penyebab belt nya snap.
besok kabarin ya apa sebenarnya yg terjadi. jangan biarkan kami penasaran.![]()
mobil rencananya mau dipake mudik lebaran kah?![]()
Plan nya sih ni mobil cuman keliling Jakarta aja pas lebaran Om heheh![]()
Hari ini ada yg senewen ama Lipina soalnya dikerjain sejak sabtu msh aja ndangdutan dia...
Emang bener kata Mbah Rektor aka Mbah Klep...kudu semedi dulu di Gunung Kawi spy bisa menaklukkan Lipindut the resing car


nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
blloewy wrote: Thu Apr 28, 2022 13:48
Hari ini ada yg senewen ama Lipina soalnya dikerjain sejak sabtu msh aja ndangdutan dia...
Emang bener kata Mbah Rektor aka Mbah Klep...kudu semedi dulu di Gunung Kawi spy bisa menaklukkan Lipindut the resing car![]()
![]()
samasama senewen kalo gagang trelek kejepit sasis.....
