Crv re r20 emang getar nya parah om, tapi hanya saat ac on saja. Kalo ac off mah anteng” aja. Crv k20 sama 1.5 turbo masih jauh lebih halus buat saya untuk masalah getaran mesin..josomba wrote: Thu Jul 01, 2021 8:08oww crv re ini memang "penyakit umum" ya rpm drop sampe 600an kalau idle gitu?ariswp wrote: Thu Jul 01, 2021 7:41 Engine mounting di saya aman om, memang sepertinya penyakitnya R20A generasi awal, idle upnya gak jelas, hahaha, di grup crv juga banyak yg ngeluh hal ini dan biasanya engine mounting yg jadi kambing hitam (yah meskipun juga tergolong lemah sih engine mounting RE ini)
rpm klo ac nyala bisa turun ke 650-700 (rendah sekali), tapi dulu masi mending di busi NGK, paling dropnya geter2 dikit gak sampe kayak panther, kalo TB belom ngecek juga sih, umur segini mungkin udah saatnya sekalian bersihkan MAF sensor dan (terutama) EGR valvenya, sempat ada user crv di grup yg komen klo penyakit rpm drop geter ini auto hilang setelah bersihkan TB (wajib idle learning colok scan) sama bersihkan EGR valvenya yg dibuka udah kayak jelaga solid numpuk
Punya mertua, odo masih 30k umur mobil 9 tahun seh juga kek gitu. Dah ane bersihin TB-nya masih aja goyang dombret. Intip2 mounting sebisanya sih belum retak tp karetnya keknya kalau dipegang kek dah keras.
Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 318
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: Serba Serbi Busi
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: AVS
Re: Serba Serbi Busi
Om2 suhu2, kalo utk 3SZ-VE busi yang paling ok apa ya?
Terus kalo ciri ciri busi udh jelek atau gapnya udh ga sesuai dgn rekomendasi pabrikan apa ya?
Terima kasih [emoji1317]
Terus kalo ciri ciri busi udh jelek atau gapnya udh ga sesuai dgn rekomendasi pabrikan apa ya?
Terima kasih [emoji1317]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Serba Serbi Busi
Pemakaian 3 tahun dr barublloewy wrote: Thu Jul 01, 2021 3:07ini pemakean berapa lama om?trebla88 wrote: Thu Jul 01, 2021 1:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
Ini berasa boros ngga om mobilnya?
Servis dkk masi tanggungan auto2000
Paling bayar part filter oli filter ac filter udara
Oli bawa sendiri
1:15-17 terakhir bolak balik tol dipakai oleh adik(liat dr odometer)
Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 8:44
Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm
ambil dongkrak di bagasi, dongkrak sisi yang shock-nya bocor.
tetesin oli mesin bekas yang udah dicampur atf bekas di pangkal shock. kira-kira saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.
selamat mencoba.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
udah tau kenapa bisa lendir oli begitu drat nya om?trebla88 wrote: Thu Jul 01, 2021 1:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
nah ini bener juga kemungkinan EGR nya hrs dibersihin krn kl odo udah tinggi bisa aja dia ga ketutup sempurna krn ada jelaga itu, sementara pada saat idle egr valve seharusnya fully closed, tp krn keganjel jelaga bisa jd agak kebuka.ariswp wrote: Thu Jul 01, 2021 7:41 Engine mounting di saya aman om, memang sepertinya penyakitnya R20A generasi awal, idle upnya gak jelas, hahaha, di grup crv juga banyak yg ngeluh hal ini dan biasanya engine mounting yg jadi kambing hitam (yah meskipun juga tergolong lemah sih engine mounting RE ini)
rpm klo ac nyala bisa turun ke 650-700 (rendah sekali), tapi dulu masi mending di busi NGK, paling dropnya geter2 dikit gak sampe kayak panther, kalo TB belom ngecek juga sih, umur segini mungkin udah saatnya sekalian bersihkan MAF sensor dan (terutama) EGR valvenya, sempat ada user crv di grup yg komen klo penyakit rpm drop geter ini auto hilang setelah bersihkan TB (wajib idle learning colok scan) sama bersihkan EGR valvenya yg dibuka udah kayak jelaga solid numpuk
kl punya scan tool (yg agak bisa ini itu) bisa ditest tuh. dia auto ngetes dlm bbrp posisi masih masuk spek ngga. nanti keluar hasilnya disuruh bersihin atau egr msh ok. sy sering ngetest begitu di GK5 sy. TB juga ada test serupa nya.
prinsip yg sy anut kl mobil dari barunya bisa halus idle nya berarti ga ada penyakit salah desain. kl setelah dipakai bbrp saat jd kaya gitu berarti seharusnya bisa direstore spt semula. cuma hrs dicari aja bagian mana yg hrs di servis.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Serba Serbi Busi
Ah ya bener jg idenyamarmut wrote: Fri Jul 02, 2021 8:49trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 8:44
Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm
ambil dongkrak di bagasi, dongkrak sisi yang shock-nya bocor.
tetesin oli mesin bekas yang udah dicampur atf bekas di pangkal shock. kira-kira saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.
selamat mencoba.
Ditambahin meler ya biar jadi 10cm lbih
Tp keburu da ganti kayaba excel G di Shopndrive
Bawaan asal yg rusak made in Indonesia,yg beli baru buatan jepang
Moga awet deh kali ini

Blibet difoto dulu,diukur brp cm melernya,ajuin dulu ke principal,blm tentu diacc bilangnya-->jd beli sndiri di luar
Blm tahu, ni mau ganti busi dilihat dulu kalau masi ada lendir oli mungkin gasket atasnya kali ya uda getas. Tapi kan barun3 tahun km41rbOmnibus wrote: Fri Jul 02, 2021 9:02udah tau kenapa bisa lendir oli begitu drat nya om?trebla88 wrote: Thu Jul 01, 2021 1:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu

Oli jg bkn acdc sharusnya beli dari Bli2 langsung
Selama ini jg cek ga ada nguap oli. Lendir bgitu dr mn jg masih bingung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
perkiraan sy ga ada yg bocor. kl seal lubang busi yg bocor ga akan 4 4 nya basah. itupun bagian keramik atas pasti sdh penuh oli juga. lah ini kan bagus kering gitu.trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 9:59Ah ya bener jg idenyamarmut wrote: Fri Jul 02, 2021 8:49trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 8:44
Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm
ambil dongkrak di bagasi, dongkrak sisi yang shock-nya bocor.
tetesin oli mesin bekas yang udah dicampur atf bekas di pangkal shock. kira-kira saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.
selamat mencoba.
Ditambahin meler ya biar jadi 10cm lbih
Tp keburu da ganti kayaba excel G di Shopndrive
Bawaan asal yg rusak made in Indonesia,yg beli baru buatan jepang
Moga awet deh kali ini![]()
Blibet difoto dulu,diukur brp cm melernya,ajuin dulu ke principal,blm tentu diacc bilangnya-->jd beli sndiri di luar
Blm tahu, ni mau ganti busi dilihat dulu kalau masi ada lendir oli mungkin gasket atasnya kali ya uda getas. Tapi kan barun3 tahun km41rbOmnibus wrote: Fri Jul 02, 2021 9:02udah tau kenapa bisa lendir oli begitu drat nya om?trebla88 wrote: Thu Jul 01, 2021 1:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu![]()
Oli jg bkn acdc sharusnya beli dari Bli2 langsung
Selama ini jg cek ga ada nguap oli. Lendir bgitu dr mn jg masih bingung
kl valve seal yg bocor atau ring piston juga ga akan 4 4 nya dan itu elektrodanya juga pasti basah oli. nah itu elektroda nya bagus kering gitu.
dugaan sy, itu mekanik yg ngecek busi (atau buka busi) sengaja ngeleletin oli mesin tujuannya biar ga susah dibuka kedepannya. ide gila bener.

busi sdh coba diganti dgn yg baru kan om? tp apakah drat lubang busi yg di cylinder head nya sudah dibersihkan dr sisa2 oli lama itu? sebab kl engga jd percuma, gmn cara taunya nanti kl ternyata msh dr sisa oli lama yg msh nempel di lubang busi dan nempel lagi ke busi baru.
*btw sayang ga claim shock ke beres pdhl udah rajin servis disitu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Serba Serbi Busi
Wah ya bener jg
Jangan2 dilapisin oli biar ga susah dibukanya
Soalnya ujungnya masih kering begitu
Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol
Blm saya ganti, baru saya order businya
Ntar dicoba bersihin pakai kain untuk lubang dratnya
Kupon servisnya uda abis, saya pakai ada kecepatan di bln2 sebelumnya.
sy mau coba klaim berdasar umur blm 3 tahun/50rb km
Kata auto2000 masuk servis dulu bayar 800rb trus dicek,difoto baru diajukan klaim
Dan abis bayar servis belum tentu diacc,jadi mending bayar sndiri beli di luar
Jangan2 dilapisin oli biar ga susah dibukanya
Soalnya ujungnya masih kering begitu
Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol
Blm saya ganti, baru saya order businya
Ntar dicoba bersihin pakai kain untuk lubang dratnya
Kupon servisnya uda abis, saya pakai ada kecepatan di bln2 sebelumnya.
sy mau coba klaim berdasar umur blm 3 tahun/50rb km
Kata auto2000 masuk servis dulu bayar 800rb trus dicek,difoto baru diajukan klaim

Dan abis bayar servis belum tentu diacc,jadi mending bayar sndiri beli di luar

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Busi
Untuk rekomendasi saya serahkan ke mbah2 di marih.triport13 wrote: Fri Jul 02, 2021 7:34 Om2 suhu2, kalo utk 3SZ-VE busi yang paling ok apa ya?
Terus kalo ciri ciri busi udh jelek atau gapnya udh ga sesuai dgn rekomendasi pabrikan apa ya?
Terima kasih [emoji1317]
Saya sebagai nubie jawab yg kedua aja. Kalau model2 dirasa2 susah nih soalnya degradasinya busi gradual sekali. Kalau dah extreme salah satu busi rusak, mesin seperti brebet/pincang. Kalau busi copper juga paling 20-30k KM baikan ganti, iridium seh rerata bisa up to 100k KM baru ganti.
Paling bener dicopot n dilihat visualnya dulu, kalau terlihat baik2 sahaja cek gap-nya pake feeler gauge.
Demikian pendapat nubie


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 10:16
Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol
bisa.
saya pernah beberapa kali di auto 2000, tunas toyota, tunas daihatsu, dan nissan tb simatupang (awal livina baru keluar).
hanya saja kita musti tau diri, jaga jarak jangan seperti bocah pacaran empet-empetan. berdiri saja ambil jarak 5 meteran kan cukup.
kalau tidak boleh, tarik mobil, jangan mau bayar.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Serba Serbi Busi
Oo gitumarmut wrote: Fri Jul 02, 2021 12:39trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 10:16
Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol
bisa.
saya pernah beberapa kali di auto 2000, tunas toyota, tunas daihatsu, dan nissan tb simatupang (awal livina baru keluar).
hanya saja kita musti tau diri, jaga jarak jangan seperti bocah pacaran empet-empetan. berdiri saja ambil jarak 5 meteran kan cukup.
kalau tidak boleh, tarik mobil, jangan mau bayar.
Sy biasa di auto 2000 pluit ruang kerja di lt 2 sama ruang tunggunya, bingung akses masuk ke tempat kerjanya cuma bisa liatin dr kaca,sepengalaman sy d sana jg steril ga pernah liat customer masuk ke ruang kerjanya cuma di ruang tunggu aja

Ok deh jadiin pengalaman.thx u infonya om

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Serba Serbi Busi
Wah....saya waktu ganti kopling set di Nissan malah diajak ke dalam. Dianter ama SA ditunjukkan seal drive shaft sebelah kiri minta ganti...akhirnya saya minta ganti kanan dan kiri.trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 13:21Oo gitumarmut wrote: Fri Jul 02, 2021 12:39trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 10:16
Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol
bisa.
saya pernah beberapa kali di auto 2000, tunas toyota, tunas daihatsu, dan nissan tb simatupang (awal livina baru keluar).
hanya saja kita musti tau diri, jaga jarak jangan seperti bocah pacaran empet-empetan. berdiri saja ambil jarak 5 meteran kan cukup.
kalau tidak boleh, tarik mobil, jangan mau bayar.
Sy biasa di auto 2000 pluit ruang kerja di lt 2 sama ruang tunggunya, bingung akses masuk ke tempat kerjanya cuma bisa liatin dr kaca,sepengalaman sy d sana jg steril ga pernah liat customer masuk ke ruang kerjanya cuma di ruang tunggu aja![]()
Ok deh jadiin pengalaman.thx u infonya om![]()
Pas turun kopling si lipindut, saya minta ganti seal crankshaft depan sekalian malah ditolak krn ongkos kerjanya beda dan parts masih bagus blm ada kebocoran di sealnya.
Padahal mah bisa sekalian diganti justru pas turun transmisi u ganti kopling set

nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Serba Serbi Busi
enggak juga om. ane bandingin iridium (NGK LZFR6AI) vs iridium (Denso IKH20) kok.DOHC wrote: Wed Jun 30, 2021 15:42 ohhh ya ampun
saya baru baca lg
kl busi iridium Vs busi nikel... kl saya ga sala inget, perna dbahas d tret ini jg, mmg busi nikel pasti lebi enak om, krn hantaran listriknya lebi gede... cuman nikel kalah di umur aj, jd enak sesaat tp abis itu cepet aus ktimbang iridium
ini saya jg lg mo coba iseng beli denso KH20TT (nikel biasa) buat dipasang di inofa saya yg bawaannya FK20HR-A8 (iridium)... kl ternyata gapapa, kayanya saya mo coba pake yg nikel terus, toh murah ini , bonus tarikan enak...
cuma kebetulan sempet pake nikel NGK buat ujicoba murmer dan ternyata it works beautifully.
memang disini ada faktor yg beda, posisi spark IKH20 lebih deket ke atap cylinder head dibanding NGK. which may fail the comparison.
tapi menurut ane yg paling aneh itu di EJ20, ILFR6B (iridium needle-platinum pad) vs IKH20TT (double iridium needle)
posisi spark, heat range, gap udah sama. ILFR6B aman, tapi double iridium malah brebet2.
pernah baca di forum luar tentang spark yang 'ketiup' oleh boost.
di busi ILFR6B yang lama, positif dan ground korosinya ga parah, anehnya malah bagian ground electrode samping yg kemakan. gimana ceritanya itu ya?
apa jangan2 double needle iridium misfire gegara spark gak nemu jarak (hambatan) yg cukup deket (kecil) buat loncat?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Fri May 28, 2021 16:02
Re: Serba Serbi Busi
Mohon info. Sedang mencari busi pengganti untuk Camry 2.4V 2007 (XV40). Tolong diberikan masukan dan jika ada toko online yang recommend, tolong dibisikin juga.
Thanks.
Thanks.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56
Re: Serba Serbi Busi
Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Serba Serbi Busi
NGK ILZKR7B-11free2d wrote: Mon Sep 27, 2021 7:14 Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56
Re: Serba Serbi Busi
Denso ada yang bilang banyak tipe sampe bingung.
IK20TT, IK20L, VXUHC22G dll. Pusing
IK20TT, IK20L, VXUHC22G dll. Pusing
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Serba Serbi Busi
mbah mbah mau tanya,
kalo NGK ILFR5B-11 ini bisa pake apa ya gantinya?
kalo NGK ILFR5B-11 ini bisa pake apa ya gantinya?
gaspol resing tim
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Re: Serba Serbi Busi
para suhu minta masukan ni buat HRV E 2018 ane, kebetulan mau ganti busi standar ke OEM, kira2 yg enak buat harian dan aman buat pemakaian pake apa ya ? terima kasih buat yg sudah ngasi jawaban salam sukses
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
platinum (rp. 100rb/4bh)Krigger wrote: Mon Mar 21, 2022 14:49 para suhu minta masukan ni buat HRV E 2018 ane, kebetulan mau ganti busi standar ke OEM, kira2 yg enak buat harian dan aman buat pemakaian pake apa ya ? terima kasih buat yg sudah ngasi jawaban salam sukses
ZFR-6FGP
iridium ix (rp. 380rb/4bh)
ZFR6FIX-11
laser iridum (rp. 800rb/4bh)
IZFR6K-11S
*yg ini wajib beli di bengkel resmi krn banyak palsunya di pasaran dgn harga murah.
you're most welcome. salam sukses juga
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
husus buat mbah
ini dicoba pakai blatt 1mm :
yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
DOHC
ini dicoba pakai blatt 1mm :
yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Busi
seri buntut 11s.. itu better beli di beres,marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52 husus buat mbahDOHC
IMG20220411103916.jpg
IMG20220411104743.jpg
IMG20220411104814.jpg
ini dicoba pakai blatt 1mm :
IMG20220411104050.jpg
yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm
IMG20220411104427.jpg
IMG20220411104503.jpg
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
emang harganya jauh bedanya, tapi jaminan asli.
klo bedanya 10-20% masih masuk akal lah ya.
Seri IZFR6K-11S di marketplace rata2 jual 300-400rb dapat 4 biji

apakah acdc?

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Busi
Edannnnmarmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52 husus buat mbahDOHC
IMG20220411103916.jpg
IMG20220411104743.jpg
IMG20220411104814.jpg
ini dicoba pakai blatt 1mm :
IMG20220411104050.jpg
yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm
IMG20220411104427.jpg
IMG20220411104503.jpg
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Serba Serbi Busi
Yg pake ini mobil mewah kayanya sekelas Odysey..marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52 husus buat mbahDOHC
IMG20220411103916.jpg
IMG20220411104743.jpg
IMG20220411104814.jpg
ini dicoba pakai blatt 1mm :
IMG20220411104050.jpg
yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm
IMG20220411104427.jpg
IMG20220411104503.jpg
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
Odysey beli busi begini, jgn2 oli sama bbm nya ya alakadarnya juga.
Msh banyak ya yg tergiur busi murmer...untung ngga patah di dalam

nubie in all things - still need to learn