Ini pengalaman saya juga. Mobil saya setelah body repair & "dibantu poles" dibengkel klaim asuransi malah keluar dari bengkel catnya berhologram semua (micro-marring). Sempat komplain dan dikerjakan ulang tapi sama aja hasilnya.josomba wrote: Mon Sep 09, 2019 10:37Mobil A most likely akan Wet and deep gloss bebas orange peel.htk wrote: Mon Sep 09, 2019 8:30 mau tanya,
contoh kasus, dengan 2 orang yang berbeda ya
si A : mobil nya coating beserta perawatannya, habis nya jutaan, anggap 5 juta..
si B : tiap tahun claim asuransi cat ulang seluruh body mobil, bayar OR saja, anggap 2 juta ..
kalo di hitung2, lebih hemat si B dengan hasil yang sama..
ada yang bisa jelasin ke saya ?
trimakasih
Mobil B mostly high swirls, orange peel everywhere (khususnya karena klaim asuransi), keliatannya cerah tapi buat yg matanya aware tetap akan terlihat dull. Sering foam pad sudah kotor dan lap2 ngasal saja, obat yg dipakai juga seringnya cuman ivory tanpa ditimpa wax karena mobil abis repaint memang tidak boleh diberi wax dulu.
CMIIW. Ini berdasarkan pengalaman nubie poles mobil orang ya, yg biasa dateng ke saya karena abis bawa ke body repair....selesai body repair, biasa malah kusam dan banyak excess paint jadi kulit jeruk-kasar.
Car Detailing Lounge - PART 07
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Biasa yg itu owe pake sih um....yg penting non-ammonia soalnya buat kaca film. Ini juga saya pake buat bersihin laptop dan hape juga.indeskey wrote: Thu Sep 12, 2019 7:49 om, yuri multipurpose cleaner ini penampakannya gimana ya? ini merk yuri yg biasa buat rumah tanggak?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Noted makasih om.
josomba wrote:Biasa yg itu owe pake sih um....yg penting non-ammonia soalnya buat kaca film. Ini juga saya pake buat bersihin laptop dan hape juga.indeskey wrote: Thu Sep 12, 2019 7:49 om, yuri multipurpose cleaner ini penampakannya gimana ya? ini merk yuri yg biasa buat rumah tanggak?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
kalo di bengkel asuransi dengan tarif asuransi ya ga heran om...2012 terakhir saya kerja di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..saturday wrote: Thu Sep 12, 2019 8:01Ini pengalaman saya juga. Mobil saya setelah body repair & "dibantu poles" dibengkel klaim asuransi malah keluar dari bengkel catnya berhologram semua (micro-marring). Sempat komplain dan dikerjakan ulang tapi sama aja hasilnya.josomba wrote: Mon Sep 09, 2019 10:37Mobil A most likely akan Wet and deep gloss bebas orange peel.htk wrote: Mon Sep 09, 2019 8:30 mau tanya,
contoh kasus, dengan 2 orang yang berbeda ya
si A : mobil nya coating beserta perawatannya, habis nya jutaan, anggap 5 juta..
si B : tiap tahun claim asuransi cat ulang seluruh body mobil, bayar OR saja, anggap 2 juta ..
kalo di hitung2, lebih hemat si B dengan hasil yang sama..
ada yang bisa jelasin ke saya ?
trimakasih
Mobil B mostly high swirls, orange peel everywhere (khususnya karena klaim asuransi), keliatannya cerah tapi buat yg matanya aware tetap akan terlihat dull. Sering foam pad sudah kotor dan lap2 ngasal saja, obat yg dipakai juga seringnya cuman ivory tanpa ditimpa wax karena mobil abis repaint memang tidak boleh diberi wax dulu.
CMIIW. Ini berdasarkan pengalaman nubie poles mobil orang ya, yg biasa dateng ke saya karena abis bawa ke body repair....selesai body repair, biasa malah kusam dan banyak excess paint jadi kulit jeruk-kasar.
IMG-20190712-WA0024.jpg
IMG-20190712-WA0025.jpg
moles body paling umum ya pake rubbing compound putih yang bau minyak tanah itu, abis itu di wax.
nyuci mobil juga untung kalo dikasi shampoo...banyak yang pake sabun colek
kalo masalah kulit jeruk...pengalaman saya itu dari tukang cat-nya, kemungkinan stelan angin vs cat/vernis yg disemprot ga imbang..memang butuh jam terbang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.MSU wrote: Fri Sep 13, 2019 2:30
kalo di bengkel asuransi dengan tarif asuransi ya ga heran om...2012 terakhir saya kerja di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..
moles body paling umum ya pake rubbing compound putih yang bau minyak tanah itu, abis itu di wax.
nyuci mobil juga untung kalo dikasi shampoo...banyak yang pake sabun colek
kalo masalah kulit jeruk...pengalaman saya itu dari tukang cat-nya, kemungkinan stelan angin vs cat/vernis yg disemprot ga imbang..memang butuh jam terbang
Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.
Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Kulit jeruk itu sebenernya natural dalam proses repainting, sesudah repainting ada wetsand dulu ini yg kadang bodyshop suka buru2 (yah namanya juga body repair, wajar sih butuh perputaran mobil lebih cepat).evanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40
Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.
Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.
Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
![]()
Biasa kalau owe mau ngurangin kulit jeruk (ga 100% hilang ya, paling berkurang 50%) sih pake denim pad + rotary. Wetsand malas, jadi kotor n lama. hehe.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
josomba wrote: Fri Sep 13, 2019 3:31Kulit jeruk itu sebenernya natural dalam proses repainting, sesudah repainting ada wetsand dulu ini yg kadang bodyshop suka buru2 (yah namanya juga body repair, wajar sih butuh perputaran mobil lebih cepat).evanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40
Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.
Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.
Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
![]()
Biasa kalau owe mau ngurangin kulit jeruk (ga 100% hilang ya, paling berkurang 50%) sih pake denim pad + rotary. Wetsand malas, jadi kotor n lama. hehe.
pernah dapet info, bisanya jadi kulit jeruk karena tekanan angin terlalu tinggi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Kalau karena ditempelin kulit jeruk beneran, ada mbah?marmut wrote: Fri Sep 13, 2019 3:37
pernah dapet info, bisanya jadi kulit jeruk karena tekanan angin terlalu tinggi.



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
tapi balik lagi ke mata yang lihat. kalau umum saya rasa ga berasa, paling yg bawel saja = tidak banyak. karena ini banyak pedege hobi kok "siram" mobilMSU wrote: Fri Sep 13, 2019 2:30 kalo di bengkel asuransi dengan tarif asuransi ya ga heran om...2012 terakhir saya kerja di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..
moles body paling umum ya pake rubbing compound putih yang bau minyak tanah itu, abis itu di wax.
nyuci mobil juga untung kalo dikasi shampoo...banyak yang pake sabun colek
kalo masalah kulit jeruk...pengalaman saya itu dari tukang cat-nya, kemungkinan stelan angin vs cat/vernis yg disemprot ga imbang..memang butuh jam terbang


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Yep, tepat sekali. Tariffnya 350 ribu/panelMSU wrote: Fri Sep 13, 2019 2:30 di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..
Itu pad yang buat mesin poles dah item busuk. Kemarin pas bawa repair karena komplain, saya melotot pas dia ngebuff wax yang kering dengan kain kotor dan bekas serbuk-serbuk hasil poles belum diseka bersih.
Mertua saya beli Venturer baru, pas datang juga mobilnya catnya kulit jeruk semua. Bonus kali dikasih jeruk biar manis bayar cicilannyaevanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40 Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.
Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
![]()
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Sun Jul 14, 2019 13:51
- Daily Vehicle: X3 BMW
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Si Ahtk wrote: Mon Sep 09, 2019 8:30 mau tanya,
contoh kasus, dengan 2 orang yang berbeda ya
si A : mobil nya coating beserta perawatannya, habis nya jutaan, anggap 5 juta..
si B : tiap tahun claim asuransi cat ulang seluruh body mobil, bayar OR saja, anggap 2 juta ..
kalo di hitung2, lebih hemat si B dengan hasil yang sama..
ada yang bisa jelasin ke saya ?
trimakasih
melakukan hal yang semestinya dgn membeli membayar untuk mendapatkan sesuatu
Si B
melakukan hal yang tidak semestinya (melanggar hak etika dan moralnya bobrok) karena membeli asuransi adalah untuk kejadian tidak sengaja dan diluar dugaan
dalam kehidupan ini moral dan etika tergerus karena manusia terpengaruh lingkungan
manusia bisa menipu/membohongi orang2 dan dirinya sendiri tapi dia tidak bisa menipu/membohongi alam
A dan B akan menabur apa yang mereka tuai suatu hari nanti melalui kesehatan ketenangan keturunan dsb (tidak hanya melalui pemiskinan uang melalui bisnis ditipu mandek dsb)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
belon pernah liat.
tapi kalo nyuci mobil pake minyak tanah / solar, owe dah liat langsung. katanya biar air kalis sama kotoran ga gampang nempel.
formulanya : air seember + minyak tanah / solar seliter.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Nah tp kayaknya tekstur kulit jeruk toyota memang agak banyak ya, saya cb bandingin sama panel2 yg belom repaint sih bisa dibilang sama. Atau tergantung mobil apa yajosomba wrote: Fri Sep 13, 2019 3:31Kulit jeruk itu sebenernya natural dalam proses repainting, sesudah repainting ada wetsand dulu ini yg kadang bodyshop suka buru2 (yah namanya juga body repair, wajar sih butuh perputaran mobil lebih cepat).evanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40
Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.
Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.
Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
![]()
Biasa kalau owe mau ngurangin kulit jeruk (ga 100% hilang ya, paling berkurang 50%) sih pake denim pad + rotary. Wetsand malas, jadi kotor n lama. hehe.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
350rb itu juga kebanyakan asuransi adalah jasa flat om..jadi penyok lmyn parah vs penyok dent ya 350rb ituevanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.MSU wrote: Fri Sep 13, 2019 2:30
kalo di bengkel asuransi dengan tarif asuransi ya ga heran om...2012 terakhir saya kerja di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..
moles body paling umum ya pake rubbing compound putih yang bau minyak tanah itu, abis itu di wax.
nyuci mobil juga untung kalo dikasi shampoo...banyak yang pake sabun colek
kalo masalah kulit jeruk...pengalaman saya itu dari tukang cat-nya, kemungkinan stelan angin vs cat/vernis yg disemprot ga imbang..memang butuh jam terbang
Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.
Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
![]()
jaman dulu masih keuber pake cat & vernis kelas spies hecker, sikkens, dupont...lama2 ya mana keuber
kalo body repair resmi, memang tarifnya beda...seolah2 krn B2B
kalo tekstur kulit jeruk...yg saya blg tadi om..butuh jam terbang, nyetel antara angin vs bukaannya..kl mau bagus tukang cat mesti berani main "basah" yg kalo ga ati2 malah jadinya meler.
untuk ngalusin tekstur kulit jeruknya..biasa pas moles diamplas dl pake amplas 1500..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
orange peel itu kadang dibutuhkan kok, untuk refracating light, jadi kesannya permukannya agak doff cocok untuk warna2 yang agak gelap atau yang kadar metalik rendah. detailer zaman dulu si benci banget, karena nyusahin ketika selesai LSP hasilnya ga bisa glossy = mirror finish = flawless. makanya di-sanding saja, juga kerjaan detailer jadi cepet, karena sanding segala imperfection juga kekikis.
karena itulah orange peel dianggap jelek, padahal kata temen yang punya usaha detailer, pabrikan si pasti hasilnya orange peel, karena memang gitu. hanya bedanya orange peel pabrik itu rata satu panel ga ada gelombang sambungan dsb jadi enak dilihat dan di mobil yang sekian banyak panel mirip semua. jadi kalau orange peel dihilangkan sebenernya konsumen rugi banyak: rugi clear coat dibuang sekian mikron, rugi perawatan jadi mesti ekstra karena ada flaw sedikit akan jelas terlihat, rugi resiko sanding hasilnya akan beda2 antar panel.
sedangkan kalau orange peel body repair si ya resiko repaint di bengkel body repair rekanan asuransi, yg mana menurut saya itu bukan orange peel tapi kerjaan sejadinya
karena itulah orange peel dianggap jelek, padahal kata temen yang punya usaha detailer, pabrikan si pasti hasilnya orange peel, karena memang gitu. hanya bedanya orange peel pabrik itu rata satu panel ga ada gelombang sambungan dsb jadi enak dilihat dan di mobil yang sekian banyak panel mirip semua. jadi kalau orange peel dihilangkan sebenernya konsumen rugi banyak: rugi clear coat dibuang sekian mikron, rugi perawatan jadi mesti ekstra karena ada flaw sedikit akan jelas terlihat, rugi resiko sanding hasilnya akan beda2 antar panel.
sedangkan kalau orange peel body repair si ya resiko repaint di bengkel body repair rekanan asuransi, yg mana menurut saya itu bukan orange peel tapi kerjaan sejadinya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Lalu di top dengan Turtle Ice Paste Wax. Hasil jadinya saya suka tapi kenapa orange peelnya jadi kelihatan juga yah?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Cuci pake samphoo 3M yg galonan trus pake Quick Waxnya Meguaires... Hasilnya lumayanlah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Durabilitynya oke Megs Quick Wax? Itu 3M gallon beli dimana om?k1493nk wrote: Sat Sep 14, 2019 4:37 Cuci pake samphoo 3M yg galonan trus pake Quick Waxnya Meguaires... Hasilnya lumayanlah.20190914_113456.jpg20190914_113433.jpg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Dulu beli shampoo 3m online di web 3m... Sekarang kayaknya 3m ada official storenya di toko ijo. Quick wax hanya untuk maintenance setelah di poles. Bisa digunakan setiap hbs cuci mbl. Oh ya tu mbl terakhir dipoles kurleb 8bln yg lalu.saturday wrote:Durabilitynya oke Megs Quick Wax? Itu 3M gallon beli dimana om?k1493nk wrote: Sat Sep 14, 2019 4:37 Cuci pake samphoo 3M yg galonan trus pake Quick Waxnya Meguaires... Hasilnya lumayanlah.20190914_113456.jpg20190914_113433.jpg
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Apr 20, 2019 14:21
- Location: palembang
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
pengalaman pribadi:htk wrote: Mon Sep 09, 2019 8:30 mau tanya,
contoh kasus, dengan 2 orang yang berbeda ya
si A : mobil nya coating beserta perawatannya, habis nya jutaan, anggap 5 juta..
si B : tiap tahun claim asuransi cat ulang seluruh body mobil, bayar OR saja, anggap 2 juta ..
kalo di hitung2, lebih hemat si B dengan hasil yang sama..
ada yang bisa jelasin ke saya ?
trimakasih
si A: mobil coating beserta perawatan: 3,5 juta
si B: asuransi all risk: 4 juta plus biaya klaim cat ulang body: 350ribu per kejadian
kalo diitung2, tetap lebih hemat si A
terima kasih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya
rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
apa coatingnya terkikis karena pas perawatan di poles atau di compon lagi ya.
irdna wrote: Fri Sep 27, 2019 9:06
ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya
rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Pertanyaan terakhir, coatingnya dimana? S***o kah?irdna wrote: Fri Sep 27, 2019 9:06
ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya
rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
bukan di sc**ojosomba wrote: Fri Sep 27, 2019 9:58Pertanyaan terakhir, coatingnya dimana? S***o kah?irdna wrote: Fri Sep 27, 2019 9:06
ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya
rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus
yg sya mau tnya apa member2 sini yg coating bisa tahan lebih dari 1 thn?
krena pengalaman saya krg bagus dan dengan harga coating yg lumayan mahal jd ga worth it heheh
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Car Detailing Lounge - PART 07
Kalo saya daripada coating mendingan setiap bulan cuci + wax trus setiap tahun dimasukin ke salon aja. Kayaknya lebih murah yah dibandingkan dengan coating + perawatan.irdna wrote: Mon Sep 30, 2019 1:28bukan di sc**ojosomba wrote: Fri Sep 27, 2019 9:58Pertanyaan terakhir, coatingnya dimana? S***o kah?irdna wrote: Fri Sep 27, 2019 9:06
ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya
rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus
yg sya mau tnya apa member2 sini yg coating bisa tahan lebih dari 1 thn?
krena pengalaman saya krg bagus dan dengan harga coating yg lumayan mahal jd ga worth it heheh
